Daihatsu Tanggapi Isu Setop Produksi Avanza-Xenia

Liputan6.com, Jakarta – Daihatsu dikabarkan menghentikan produksi Avanza-Xenia model sekarang. Sebelum isu ini membesar, kabar itu langsung dibantah pabrikan.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan pihaknya hanya mengurangi volume produksi. Meski tak menyebut besarannya.

“Itu kemarin ada berita Xenia stop produksi. Kami bantah yang itu. Jadi Xenia sampai Desember 2018 nanti, masih ada produksinya. Untuk diketahui, sampai akhir tahun kami masih produksi dan tetap menyuplai Xenia yang sekarang ini,” paparnya, usai pembukaan Daihatsu Dress-up Challenge di Istora Senayan (1/12).

Saat dikonfirmasi soal Xenia baru, ia tak mau berkomentar banyak, namun menjelaskan alasan pengurangan produksi unit.

“Jumlahnya (produksi, Red) memang berkurang. Namun itu karena Desember. Kan menjelang libur akhir tahun, yang efektivitasnya beberapa hari saja. Jadi wajar saja. Kalau seputar Xenia baru, pastilah kami sampaikan tanggal mainnya,” imbuh Hendrayadi.

Namun kalau dilihat, penjualan model macam Xenia mulai turun. Maklum, saudara kembar Avanza ini sudah berkiprah selama 15 tahun di Indonesia. Harus ada penyempurnaan unit baru agar pasar tak terus turun.

Mobil LMPV ini hanya terjual sebanyak 25.728 unit pada periode Januari hingga Oktober 2018. Capaian turun sebesar 12,7 persen dibanding periode yang sama. Padahal tahun lalu penjualan Xenia mencapai 29.490 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *