Daftar 10 Kota Terkuat di Dunia, Mana Saja?

Liputan6.com, New York – Ada kota-kota yang ternyata lebih “powerful” ketimbang kota lain. Mereka memiliki kekuatan menarik modal, bisnis, serta khalayak. 10 kota ini berada di puncak Global Power City Index (GPCI) edisi 2019.

Dilansir dari World Economic Forum, kota-kota tersebut dipilih karena memiliki skor tinggi dalam enam kategori: ekonomi, penelitian dan pengembangan (research and development), interaksi budaya, kualitas hidup kota (livability), lingkungan, dan aksesibilitas.

Londinium, atau yang sekarang dikenal sebagai London, berada di posisi puncak negara paling kuat. Sumber kekuatan London ada pada kategori ekonomi, interaksi budaya, dan kualitas hidup kota.

Menyusul di posisi kedua adalah New York. Tak mengejutkan melihat kota itu unggul di sektor ekonomi mengingat Wall Street dan Nasdaq berpusat di sana. Empire State Building, Frick Collection, The The Met Museum, Trump Tower, Central Park, semua berdiri di kota ini sehingga menarik peminat bisnis maupun seni.

Tokyo muncul di posisi tiga mewakili Asia. Walau kota metropolitan dengan populasi sebesar Jakarta, kota tersebut mendapat predikat tinggi dalam kualitas hidup. Kota negara tetangga, Singapura, muncul di posisi 5. Tokyo dan Singapura bahkan mengalahkan Berlin, Amsterdam, dan Sydney.

Globalisasi menjadi faktor yang akan memperkuat kota-kota kuat ini. Sebab, orang-orang dan modal yang menyambangi kota tersebut akan menjadi magnet lebih banyak orang dan kekayaan.

“Maka, kota-kota yang berusaha menyajikan lingkungan urban yang menarik dan ramah bagi rakyat akan mendapat jaminan terbaik untuk sukses sebagai kota-kota global yang kuat,” tulis laporan itu.

Berikut daftar 10 besar kota paling kuat di dunia:

2 dari 2 halaman

10 besar

Lima besar dalam peringkat ini tidak berubah posisi dari tahun sebelumnnya. Terdapat empat kota Asia yang masuk daftar ini.

Tidak ada kota dari wilayah timur tengah maupun India yang menembus 10 besar. Kota-kota Nordik pun juga tidak masuk 10 besar, padahal negara-negara Nordik sering tampil teratas di beragam indeks yang bersifat positif, seperti negara paling bahagia.

1. London

2. New York

3. Tokyo

4. Paris

5. Singpaura

6. Amsterdam

7. Seoul

8. Berlin

9. Hong Kong

10. Sydney

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *