Syal-syal Sepakbola Peninggalan Ronaldikin

BandungRonaldikin punya kecintaan dengan dunia sepakbola. Dia mengoleksi puluhan syal klub sepakbola lokal dan luar negeri.

Ronaldikin, yang memiliki nama asli Sodikin, punya paras mirip mantan pesepakbola Brasil dan Barcelona, Ronaldinho. Kini, sosok tersebut sudah meninggal dunia dalam usia 49 tahun.

Ronaldokin bukan cuma punya wajah yang mirip dengan Ronaldinho. Dia juga sangat menyukai sepakbola, terlebih kerap berada langsung di tribune stadion untuk menyaksikan pertandingan.


Selama menyaksikan pertandingan sepakbola, Ronaldikin kerap berinteraksi dengan berbagai kelompok suporter. Itu dia tunjukkan dengan koleksi syal-syal klub sepakbola, yang didapat dari sesama suporter.

Puluhan syal klub sepakbola itu disimpan dalam sebuah kantong plastik berukuran besar.

“Syalnya banyak, didapatkan pas nonton pertandingan sepakbola,” kata Husnu Bayanudin adik Sodikin saat ditemui di rumah duka yang berada di Kampung Langonsari, Desa Langonsari, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Bandung, Selasa (22/1/2019).

Syal tersebut beragam, ada syal Persib Badung klub yang dicintai Sodikin. Persija, Aerma, Persebaya dan syal klub Indonesia lainnya. Ada juga syal AC Milan, Inter Milan, AS Roma, dan Juventus. Ada juga syal Timnas Indonesia, Italy dan Brazil.

“Dari klub Indonesia sampai dunia juga ada, ” ujar Husnu.

Syal tersebut lebih banyak lagi, yang lainnya disimpan di tempat tinggal Ronaldikin yang ada di Jakarta. Bahkan menurut Husnu, syal tersebut jumlahnya terus dihitung sang kakak.

“Jumlahnya dihitung, diminta satu juga enggak boleh karena syal tersebut didapatnya hasil capek dan kenang-kenangan,” tambahnya.

Selain syal, Ronaldikin juga memiliki banyak jersey klub sepakbola. Jersey tersebut disimpannya di Jakarta.

(ran/ran)


HEADLINE: Maju Mundur Pembebasan Abu Bakar Baasyir

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Tim Pengacara Muslim, Achmad Michdan tak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Ia mengeluhkan sikap pemerintah yang tak satu kata dalam hal pembebasan narapidana terorisme Abu Bakar Baasyir.

“Ini bagaimana sih, urusan presiden (bilang) begini, terus bapak (Menkopolhukam) begini, enggak bertentangan apa dengan Presiden?” katanya ketika dihubungi Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Kabar pembebasan itu mulanya dibawa Kuasa Hukum Timses Jokowi-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra. Jumat (18/1/2019) lalu, pengacara kawakan ini berkunjung ke Lapas Gunung Sindur, tempat Baasyir dipenjara.

Pesan yang disampaikannya: Jokowi menyetujui pembebasan Baasyir. Di hari yang sama dengan kedatangan Yusril ke Lapas Gunung Sindur, Presiden mengamini kabar itu dalam sebuah kesempatan di Garut.

Belakangan, Kementerian Polhukam meralat. Pemerintah masih mengkaji permintaan pembebasaan Abu Bakar Baasyir.

Menurut Amidan–sapaan akrab Achmad Michdan, pengacara pada posisi pasif. Tawaran pembebasan justru datang dari Jokowi, yang diwakili Yusril. Pembela Abu Bakar Baasyir memang pernah mengajukan permohonan pembebasan.

Abu Bakar Baasyir, sesuai aturan, sudah bisa bebas bersyarat setelah menjalani 2/3 masa tahanan pada 13 Desember 2018 lalu. Dalam sidang Kamis (16 Juni 2011), di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, ia divonis hakim 15 tahun bersalah terlibat dalam pelatihan militer di Aceh.

“Hak pembebasan itu dari dulu, dan sudah kita urus, tapi terhambat syarat,” kata Amidan. Ini merujuk penolakan Abu Bakar Baasyir menyatakan ikrar setia kepada NKRI dan Pancasila.

Dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 3 tahun 2018 dijabarkan syarat bebas bersyarat bagi narapidana terorisme. Pasal 84 huruf d ayat (1) berbunyi, “Kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia secara tertulis bagi narapidana warga negara Indonesia.”

Satu syarat lagi adalah berjanji tak akan melakukan tindak pidana lagi. Abu Bakar Baasyir menolaknya lantaran selama ini tak mengakui terlibat latihan militer di Aceh.

Amidan mendapat kabar dari Yusril, Jokowi ingin menyampingkan syarat itu dengan pertimbangan kemanusiaan. Hal ini yang belakangan ditarik kembali oleh pemerintah melalui Menkopolhukam Wiranto.

Setelah tarik ulur ini, pengacara menunggu bagaimana tindak lanjut dari pemerintah. “Ini sebenernya bukan urusan kita, yang bebasin ini pemerintah,” Amidan berujar. “Kita cuma nunggu.”

Infografis Fakta-Fakta Pembebasan Abu Bakar Baasyir. (Liputan6.com/Triyasni)

Pakar Hukum Abdul Fickar Hajar menilai, Jokowi memang tak bisa gegabah memberi pembebasan kepada Abu Bakar Baasyir. Dasar hukum yang melandasi keputusan itu harus dibuat.

Bentuknya, kata Fickar, bisa berupa Perppu, Perpres atau Peraturan Menkum HAM. “Agar tidak menimbulkan kesan semaunya demi tujuan tertentu atau politik,” katanya kepada Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Keputusan pembebasan Abu bakar Baasyir tanpa landasan kuat akan mengacaukan sistem hukum. “Meski dengan pertimbangan kemanusiaan, tetap harus ada landasannya, jika tidak Presiden dapat dianggap mengangkangi konstitusi,” papar Fickar.

Ia mengingatkan, aturan umum pembebasan bersyarat merujuk KUHP Pasal 15, 16 dan 17. Jokowi tak bisa memberi pembebasan bersyarat dengan menabrak aturan tersebut.

Fickar menggarisbawahi beberapa pasal penting, seperti Pasal 15a ayat (1) KUHP, yang menyatakan syarat umum bebas bersyarat bahwa terpidana menyatakan tidak akan melakukan tindak pidana dan perbuatan yang tidak baik di kemudian hari. Baasyir sendiri menolak meneken pernyataan tersebut. 

Ia justru mempertanyakan pernyataan Yusril soal “bebas tanpa syarat”. Praktik semacam itu cuma lazim di negara kerajaan, sebagai bentuk pengampunan dari raja.

Dalam konteks Indonesia, mekanisme yang paling mendekati skema bebas tanpa syarat, adalah amnesti. Lembaga amnesti, menurut Fickar, bisa digunakan, tanpa permintaan narapidana.

“Presiden bisa mengampuni dengan amnesti membatalkan putusan yang telah ada, dan akibat hukumnya Abu Bakar Baasyir dianggap tidak bersalah,” kata Fickar.

2 dari 3 halaman

Berubah Setelah Ratas

Jokowi mengundang Menkopolhukam Wiranto dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly ke Istana Bogor, Senin (21/1/2019). Rapat terbatas itu kabarnya membahas soal pembebasan Abu Bakar Baasyir.

Memang belum ada konfirmasi resmi soal hal itu. Yang jelas, sepulang dari Bogor, Wiranto menggelar konfrensi pers terkait sikap pemerintah dalam pembebasan Abu Bakar Baasyir. Isinya justru bertentangan dengan apa yang disampaikan Yusril.

“Presiden kan tidak boleh grusa-grusu. Tidak serta merta ya membuat keputusan. Tapi perlu pertimbangan dari aspek-aspek lainnya,” ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin (19/1/2019).

Ia tak ingin muncul spekulasi soal Abu Bakar Baasyir. Mantan Panglima ABRI ini menegaskan pernyataannya resmi mewakili pemerintah. Sikap tersebut, katanya, diambil setelah melakukan koordinasi dengan pejabat terkait.

Jokowi pun akhirnya bicara. Ia memastikan, pembebasan Abu Bakar Baasyir, akan ikut sistem dan mekanisme hukum.

“Ada mekanisme hukum yang harus kita lalui. Ini namanya pembebasan bersyarat. Bukan pembebasan murni, pembebasan bersyarat,” ujar Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Artinya, Baasyir tetap harus memenuhi persyaratan bebas bersyarat dengan meneken ikrar setia pada NKRI dan Pancasila. Jokowi menegaskan tak mau menabrak undang-undang.

“Ada mekanisme hukum yang harus kita tempuh, saya justru nabrak kan enggak bisa. Apalagi ini situasi yang basic. Setia pada NKRI, setia pada Pancasila,” katanya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, aturan pembebasan bersyarat berlaku umum untuk semua narapidana. Abu Bakar Baasyir tak bisa mendapat perlakukan istimewa.

“Tentu tidak mungkin 1 orang dibikinkan peraturan untuk satu orang. Harus bersifat umum peraturan itu,” ucap Kalla.

Bila aturan formal tak terpenuhi, ia khawatir akan ada masalah yang mungkin muncul di kemudian hari.

“Kalau tak memenuhi aspek hukum ya minimal itu agak sulit juga (dibebaskan). Nanti di belakang hari orang gugat,” kata JK di kantornya, Selasa (22/1/2019).

Sebelumnya, kabar pembebasan Abu Bakar Baasyir memantik reaksi dunia. Adalah Perdana Menteri Australia Scott Morrison yang mengungkapkan kekecewaanya.

“Pemerintah Indonesia seharusnya menunjukan respek besar kepada Australia dalam persoalan ini,” katanya seperti dilansir BBC, Selasa (22/1/2019).

Pernyataan itu tak lepas dari insiden Bom Bali pada Oktober 2002. 202 orang tewas, 88 di antaranya merupakan warga negara Australia.

Pemerintah negeri Kangguru meyakini Abu Bakar Baasyir merupakan dalang di balik peristiwa tersebut. Padahal, Mahkamah Agung memutuskan Baasyir tak terlibat, setelah ia menghabiskan 26 bulan di penjara.

Rencana pembebasan mendapat pembelaan dari pasangan Jokowi di Pilpres 2019, Ma’ruf Amin. Australia dinilai tak punya kewenangan mencapuri urusan dalam negeri Indonesia.

“Itu urusan dalam negeri kita. Saya kira pemerintah punya kebijakan-kebijakan. Ada yang sifatnya penegakkan hukum dan ada sifatnya kemanusiaan dan Pak Jokowi sudah mengambil langkah itu,” ujar Ma’ruf di Bandung, Minggu (20/1/2019).

Dia meyakini, persoalan pembebasan Ba’asyir juga tak akan mempengaruhi hubungan diplomasi antara kedua negara. Masing-masing, menurutnya, punya kedaulatan.

“Tidak, kita masing-masing punya kedaulatan,” ungkap Ma’ruf.

Ketua Majelis Ulama Indonesia nonaktif ini pernah mengajukan permohonan grasi bagi Abu Bakar Baasyir. Namun, pihak keluarga tak setuju. Upaya itu mentok. 

Pasalnya, grasi mempersyaratkan pengakuan bersalah atas tindak pidana yang dikenakan. Abu Bakar Baasyir sendiri selama ini menolak disebut terlibat pelatihan militer di Aceh.

3 dari 3 halaman

Dukungan di Dalam Negeri

Di dalam negeri, dukungan sempat mengalir tatkala Jokowi dikabarkan memberikan pembebasan keapda Abu Bakar Baasyir. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut, kebijakan Jokowi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan tentu memiliki sebuah kebijakan-kebijakan yang didasarkan pada konstitusi yang didasarkan pada nilai Pancasila,” kata Hasto di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (19/1/2019).

Menurut dia, delapan partai koalisi pendukung Jokowi lainnya pun mendukung keputusan Jokowi membebaskan Abu Bakar Baasyir. Tak cuma dari partai pendukungnya, keputusan Jokowi juga menuai apresiasi dari kubu oposisi.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, misalnya, mendukung langkah itu. Tapi, dia berpesan agar tak ada bumbu politisasi dalam proses pembebasan. Setiap narapidana memiliki hak untuk bebas setelah menjalani hukuman.

“Saya apresiasi keputusan pemerintah dan berharap ini tidak dipolitisasi karena seluruh narapidana berhak dapat haknya,” ujar Mardani di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, wajar Abu Bakar Baasyir dibebaskan. Sehingga, Jokowi juga berhak memberi kesempatan untuk bebas bersyarat.

“Ustaz Abu Bakar Baasyir dari sudut lama waktunya sudah mendekati dua per tiga masa tahanan sehingga pemerintah punya hak untuk memberikan masukan termasuk ketika memang baik dia punya kesempatan bebas bersyarat,” kata Mardani.

Komentar lebih tajam terlontar dari Juru bicara badan pemenangan nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak. Ia menegarai pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir berbau politis.

Pemilihan waktu yang dekat pelaksanaan pemilu menjadi alasannya. “Publik pasti bisa menilai pasti ada kaitan dengan politik,” katanya di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Menurut Dahnil, umat Islam Indonesia pasti paham maksud pembebasan Baasyir itu. “Bagi umat Islam pasti paham bahwasanya selama ini stigma teroris itu Islam. Tiba-tiba jelang pemilu berbaik-baik,” ujarnya.

Meski demikian ia bersyukur Abu Bakar Baasyir dibebaskan dengan alasan kemanusiaan. “Pertama kami bersyukur ustaz Baasyir bebas, kedua memang sudah waktunya bebas, tahun lalu Desember menolak bebas karena bersyarat. Kalau orang Jawa bilang wis wayahnya,” katanya.

Tontowi/Liliyana Tak Akan Kasih Kendur Hadapi Hafiz/Gloria di Indonesia Masters

JakartaTontowi Ahmad/Liliyana Natsir melangkah mulus ke babak kedua Indonesia Masters 2019. Pemilik emas Olimpiade Rio de Janeiro itu mengalahkan Pranaav Jerry Chopra/Reddy N. Sikki dari India.

Dalam laga babak pertama di Istora, Senayan, Selasa (22/1), Tontowi/Liliyana menuai kemenangan atas Pranaav/Reddy dengan skor 21-15, 21-15. Mereka pun berhasil melaju ke babak 16 besar.

“Pertandingan tadi kami bermain pas dengan strategi kita. Di set kedua kami main terburu-buru memang. Tapi adaptasi lapangan sudah lumayan bagus,” kata Tontowi usai pertandingan.


“Kalau saya memang sudah beberapa bulan tak partner dengan Tontowi. Bukan kagok tapi kami memang mencari poinnya dari mana nih. Biasanya dari servis, atau bola 1, 2, dan 3. Nah bola 1, 2, dan 3 tadi memang agak hilang di gim kedua dan kurang antisipasi. Mungkin karena sudah lama tak partner. Ya sedikit ada penyesuaian dari kami,” Liliyana menimpali.

Kemenangan itu membuat mereka berjumpa dengan kompatriotnya, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja, yang lebih dulu mengantongi tiket 16 besar. Sebelumnya, Hafiz/Gloria menyatakan tak akan mengalah dari Owi/Butet.

“Saya rasa wajar untuk Hafiz/Gloria karena mereka juga proyeksi sampai nanti Olimpiade. Jadi, pasti mereka ingin hasil yang terbaik saat bertemu seniornya, pasti mau fight,” kata Butet, panggilan karib Liliyana Natsir.

“Mereka juga tahu saya dan Tontowi sudah lama tak latihan bersama. Saya juga tak seintens dulu latihan, jadi sedikit banyak mereka yakin. Cuma kami sebagai pemain senior tak mau kalah dan fight. Semoga besok kami bisa kasih hasil yang maksimal,” Butet mengharapkan.

(mcy/fem)

Ikhsan Leonardo, Idola Baru Badminton Lovers

Jakarta – Pebulutangkis tunggal putra, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, menjadi idola baru para pecinta bulutangkis di Indonesia Masters 2019. Dia menjadi atlet yang paling dicari oleh fans.

Ikhsan gagal ke babak utama Indonesia Masters. Dia disingkirkan pebulutangkis Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk 17-21, 21-19, 11-21 pada babak penentuan.

So, hari ini menjadi hari perdana dan terakhir penampilan Ikhsan di Indonesia Masters. Tak membuang kesempatan, fans Ikhsan sudah heboh menunggu Ikhsan turun dari lapangan dan berada di area mixedzone.

“Ikhsan… Ikhsan astaghfirullah hal adzim,” Sinta Snap, 22 tahun, berteriak setelah berhasil berswafoto dengan Ikhsan.

Sinta satu dari sejumlah penggemar yang bergantian foto dengan Ikhsan. Dia datang dari Bandung khusus untuk memberikan dukungan kepada pebulutangkis Indonesia, terutama Ikhsan.

Ikhsan Leonardo, Idola Baru Badminton LoversFoto: Mercy Raya/detikSport

“Saya suka Ikhsan dan Anthony Ginting. Saya suka Ikhsan saat World Junior Championship tahun lalu. Saat dia buka baju. Makanya, jauh-jauh dari Bandung datang ke sini untuk melihat dan foto bareng mereka,” kata Sinta.
Selain Ikhsan, Sinta juga mengidolai Anthony Ginting. Maka tak heran dia sampai rela menabung untuk membeli tiket nonton sampai Kamis (24/1). Untuk Indonesia Masters, dia harus mengeluarkan uang hampir Rp 1 juta.

“Nabung, mbak. Tiket juga dapatnya cuma sampai Kamis. Yang hari Jumat sampai Minggunya tidak dapat. Saya di sini menginap di salah satu penginapan Rawabelong (Jakarta Selatan),” ujar dia.

Sementara, Ikhsan mengaku senang bisa menjadi idola baru para pencinta bulutangkis. Tapi dia ingatkan penggemar agar tak hanya mendukung saat atlet sedang naik karirnya.

Ikhsan Leonardo, Idola Baru Badminton LoversFoto: Mercy Raya/detikSport

“Ya senang sih. Cuma saya harap mereka selalu mendukung, karena ada saja yang cuma bisa mennghakimi. Saya harap mereka bisa mengerti perjuangan kami, atlet,” kata Ikhsan.

“Ya ini jadi motivasi saya saja. Kalau nyinyirnetizen, saya sekadar baca tapi ya sudah. Saya berdoa semoga mereka mengerti perjuangan atlet bagaimana. Mereka cuma melihat kita di lapangan, tak melihat kami sehari-hari seperti apa,” ujarIkhsan.

(mcy/fem)

3 Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Tanpa Aplikasi, Gampang dan Nggak Perlu Pakai Uang

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sering kehabisan duit di akhir bulan karena kiriman nggak kunjung datang? Pengen pasang paket internet unlimited buat download game tapi nggak punya uang untuk membeli pulsa?

Ya namanya juga ekonomi, pasti ada pasang surutnya. Negara aja kadang harus utang dulu untuk membeli sesuatu, jadi sebagai anak bangsa yang baik, wajarlah mencari sesuatu yang gratisan.

Kamu tentu tahu, saat ini pulsa menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk pengguna HP dan juga smartphone. Sebab, tanpa menggunakan pulsa, para pengguna ponsel tak akan bisa menggunakan aktivitas untuk menelepon atau SMS.

Banyak juga operator di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Axis yang menawarkan promo menarik untuk para pengguna terkait dengan tarif pulsa.

Namun, banyak juga yang memilih membeli pulsa untuk bisa telepon, SMS, atau juga membeli paket internet. Tapi untuk membeli pulsa memang membutuhkan biaya yang tak sedikit karena harganya yang tak murah.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa memberikan kamu pulsa gratis secara cuma-cuma. Tapi aplikasi ini cuma dapat dipakai untuk smartphone tipe tertentu juga caranya yang terbilang rumit.

Seperti aplikasi penghasil pulsa Cashtree, Money Locker, Capsa Royale dan banyak lainnya. Untuk kamu yang nggak mau rumit mencari cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi.

Berikut telah liputan6 rangkum cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang aman Selasa (22/1/2019).

2 dari 4 halaman

1. Poin Web

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang pertama adalah Poin Web. Poin Web merupakan situs yang akan menawarkanmu kesempatan untuk bisa memperoleh banyak hadiah termasuk pulsa gratis.

Poin Web bisa diakses dengan android atau juga PC. Namun kamu harus terlebih dahulu melakukan registrasi dengan saat mengunjungi situs web tersebut.

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan Poin Web sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Poin Web dengan ponsel atau komputer. Kamu bisa langsung klik pada link yang sudah diisediakan.

2. Kemudian, kamu harus melakukan registrasi, bisa juga dengan menggunakan akun Facebook yang kamu miliki.

3. Isilah form identitas dengan benar seperti nama, TTL, alamat, kontak, dan sebagainya.

4. Lalu, kamu akan diminta untuk verifikasi dengan klik tautan yang sudah dikirimkan Poin Web padamu.

5. Kemudian, lakukanlah apa yang diminta oleh Poin Web agar kamu bisa memperoleh pulsa secara gratis.

6. Bila seluruh tugas yang diminta Poin Web sudah dilaksanakan, maka pulsa kan masuk secara otomatis pada nomor Hp yang telah kamu daftarkan.

Jadi dengan cara yang simpel ini, kamu tak perlu lagi mengunduh dan menginstall aplikasi di smartphonemu. Kamu akan menerima pulsa sesuai tugas yang telah kamu selesaikan.

3 dari 4 halaman

2. ssl.excite.co.id

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang kedua adalah ssl.excite.co.id. Hampir sama dengan Poin Web, ssl.excite.co.id merupakan situs cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan mengisi kolom yang pada web.

Berikut tutorial mengisi cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan ssl.excite.co.id

1. Kunjungi situ ssl.excite.co.id

2. ID Pelanggan: Masukan data sesuai dengan nama atau angka yang mudah anda ingat.

3. Kata Sandi: masukan kata sandi dengan password yang mudah diingat.

4. Pengulangan Kata Sandi: Masukan kembali kata sandi.

5. Nomor Telepon: Masukan nomor hp, misal 08125412xxxx

6. Jika sudah periksalah data yang ada masukan apakah sudah sesuai. Jika sudah yakin, silahkan klik DAFTAR

7. Kamu bisa melihat daftar yang telah kamu masukan, pastikan untuk mengingat kode tersebut, jika tidak yakin kamu bisa mengubahnya terlebih dahulu, jika tetapi yakin anda bisa klik OK.

8. Kode konfirmasi akan dikirimkan ke nomor hp kamu oleh pihak Excite Point. Setelah itu kamu akan menerima sms dari pihak web dan tinggal memasukan kode ke dalam kolom konfirmasi, dan klik OK.

9. Selesai. Saat kamu melakukan registrasi kamu telah mendapatkan point sebesar 3000 point.

10. Selanjutnya kita tinggal menukarkan point dengan pulsa gratis.

4 dari 4 halaman

3. Tukarkan dengan point yang telah kamu miliki

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang terakhir adalah point yang kamu miliki selama ini. Selama ini ketika kamu mengisi pulsa kamu akan memperoleh sejumlah poin.

Nantinya akumulasi poin yang sudah kamu dapat bisa ditukarkan dengan beraneka macam hadiah salah satunya adalah pulsa gratis atau hadiah berharga lainnya.

Biasanya kamu bisa menukar melalui operator masing masing kartu yang kamu miliki. Namun ada juga yang harus melalui format pengisian penukaran point.

1. Masuk pada halaman My Page akun kartu kamu masing dan klik Penukaran Point.

2. Cek berapa point yang kamu miliki. Kemudian klik pada tulisan Klik di sini untuk informasi selengkapnya

3. Kemudian pilihlah nominal pulsa yang kamu inginkan dengan klik tombol tukar.

4. Kemudian sekali lagi untuk konfirmasi dengan klik tukar.

5. Sekarang kamu bisa mengecek hp android anda masing–masing, pastikan bahwa pulsa gratis langsung dapat kamu nikmati.


Reporter: Heri Setiawan

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, AGK: Dari Dana Kampanye TKN

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mempertanyakan sumber dana yang dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memborong 100 ribu botol sabun cuci piring total senilai Rp 2 M dari salah satu pegiat UMKM. Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan sumber dana pembelian sabun tersebut bersumber dari Tim Kampanye Nasional (TKN).

“(Sumber) dari dana kampanye tim TKN. Itu program Pak Jokowi melalui TKN,” kata Agus, di Kelas Gabungan Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Ia mengatakan jangan dilihat dari jumlah pembelian sabun cuci tersebut. Melainkan dilihat dengan adanya program itu akan meningkatkan omzet pengusaha itu.
“Programnya itu jangan dilihat dari pembelanjaannya sabun itu sendiri, tapi ada nilai tambah. Nilai tambahnya itu si ibu ibu itu bisa langsung kalau istilahnya jalan tol, ada pengusaha yang nggak cuma pengusaha level grass root tapi dia bisa jadi berlevel mikro sehingga nanti kita bisa barengi dengan program UMKM. Dengan dia sudah mempunyai omzet yang cukup besar,” kata Agus.

Ia mengatakan nantinya ibu penjual sabun cuci itu juga akan didampingi Kemensos untuk mendapatkan pembinaan. “Itu contoh-contoh yang sangat positif yang ada di pikiran pak Jokowi. Ibu itu dalam pendampingan Kemensos, akan jadi pengusaha yang tingkat naik kelas. Selain dia berusaha sendiri bagus akan kami bina,” ujar politikus Golkar itu.

Sebelumnya, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana memborong 100 ribu botol sabun cuci piring saat meninjau pameran giat kewirausahaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Gedung Serbaguna Mandala, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Sabun cuci piring yang dibeli Jokowi itu merupakan produk dari salah satu stan yang dipamerkan dalam acara tersebut.

Sabun cuci piring yang diborong Jokowi milik pengusaha lokal Eli Liawati. Sabun itu diberi label ‘Sabun Cuci Padawangi’. Eli merupakan anggota kelompok usaha PKH Padawangi dari Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Garut.
(yld/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mengenali Ciri-Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Liputan6.com, Jakarta – Pasar otomotif khususnya roda empat di Tanah Air masih tergolong seksi hingga saat ini. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya model baru yang turut berlomba untuk dipilih menjadi kendaraan idaman. 

Tak cuma edisi baru saja yang diburu, mobil dengan status bekas juga terus banjir peminat, baik itu mobil merek Eropa atau pun Jepang. Meski demikian, calon pembeli sebaiknya waspada saat hendak membeli mobil bekas.

Meski sang pemilik atau dealer mengaku kendaraan bukanlah bekas tabrakan, calon pembeli sebaiknya memeriksa dengan teliti.

“Penting bagi calon pembeli memeriksa dengan baik kondisi mobil yang hendak dibeli. Jangan sampai nantinya meyesal karena ada kerusakan yang tidak diketahui saat melakukan transaksi,” kata Jeffrey Andika, CEO OtoSpector di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Jeffrey juga menjelaskan ada beberapa ciri mobil tersebut merupakan bekas tabrakan, salah satunya rangka san sasis telah mengalami perbaikan.

“Adanya perbaikan pada pilar mobil, kaca depan atau belakang tidak orisinil, terasa tidak stabil saat dikendarai,” katanya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Memeriksa kondisi mobil adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum ‘meminangnya’.

Karena itu, Jeffrey menghimbau calon konsumen mobil bekas untuk menggunakan jasa pemeriksaan dan mekanik mobil terpercaya.

“Kalau di kami, setelah inspeksi dilakukan, pengguna akan mendapatkan laporan yang berisi informasi detil mengenai mobil, serta skor atau nilai untuk kondisi interior, eksterior, mesin dan kaki-kaki, juga nilai secara keseluruhan untuk sebuah mobil. Terlebih lagi, laporan tersebut meliputi informasi bebas banjir dan tabrakan,” pungkasnya.

Gara-Gara Raline Shah, Berat Badan Millane Fernandez Naik

Liputan6.com, Jakarta – Raline Shah selama ini dikenal sebagai wanita yang memiliki bentuk tubuh ideal. Banyak perempuan yang berkeinginan untuk dapat memiliki tubuh seperti Raline Shah.

Di balik bentuk tubuhnya yang ideal, rupanya Raline Shah memiliki kebiasaan yang justru bertolak belakang dengan keindahan tubuhnya. Raline Shah disebut-sebut memiliki hobi jajan makanan yang jumlahnya tidak sedikit.

Hal itu dibocorkan oleh rekan Raline Shah selama di lokasi syuting film Orang Kaya Baru, Millane Fernandez.

“Ya ampun, dia (Raline Shah) beli makanan terus. Kalau cuma untuk dua orang okelah, ini beli makan buat diri sendiri tapi kayak 5-6 menu gitu,” kata Millane Fernandez saat ditemui dalam acara press screening film Orang Kaya Baru di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

2 dari 3 halaman

Berpengaruh

Kebiasaan Raline Shah tersebut tentu berpengaruh juga kepada rekan-rekannya di lokasi syuting tersebut, termasuk Millane Fernandez.

“Terus kan mau enggak mau kita bilang ‘enggak mau makan gituan ah’ kayak pisang goreng, ayam goreng, semua digoreng. Padahal aku sebagai penyanyi enggak bisa makan goreng-gorengan, tapi kalau sudah di depan mata enggak bisa bilang enggak,” aku Millane Fernandez.

3 dari 3 halaman

Semua Dimakan

Imbasnya, selama bermain dalam film Orang Kaya Baru, berat badannya langsung naik.

“Jadi semua dimakan, gendut lah. Setelah main film itu, di kamera ya ampun pipi banyak banget. Naik 2-3 kg. Buat kita-kita kan banyak itu,” tutup Millane Fernandez.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Liputan6.com, Jakarta Surat keterangan kerja merupakan surat yang sengaja dibuat oleh suatu perusahaan, instansi atau lembaga tertentu yang menunjukkan status seorang karyawan, bahwa benar-benar bekerja di tempat tersebut. 

Berbeda dengan surat lamaran kerja, loh, yang fungsinya untuk melamar pekerjaan. Surat keterangan kerja ini berfungsi sebagai salah satu persyaratan seseorang yang ingin melakukan kredit dalam jumlah cukup besar.

Pihak yang memberikan kredit ini ingin memiliki customer yang benar-benar bekerja, karena kalau tidak sungguh-sungguh ingin bekerja, mau membayar tagihan dengan apa?

Membuat surat keterangan kerja ini ternyata memiliki beberapa susunan yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Kop surat2. Judul surat3. Nomor surat4. Hal5. Isi (mencantumkan Nama, Jabatan, dan Lama Bekerja)6. Penutup7. Tanggal dan tempat pembuatan surat8. Tanda tangan pembuat surat9. Stempel perusahaan, instansi atau lembagaNah, setelah memahami apa itu surat keterangan kerja beserta bagaimana susunannya, selanjutnya akan dijelaskan tentang apa itu surat keterangan untuk KPR.

2 dari 4 halaman

Definisi dan susunan Surat Keterangan Kerja

Untuk surat keterangan kerja KPR sendiri adalah surat yang dibuat oleh perusahaan atau instansi terkait yang mana isinya untuk menerangkan sesorang bahwa orang tersebut benar-benar bekerja di perusahaan atau instansi tersebut yang digunakan untuk KPR.

KPR sendiri adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Biasanya, orang yang belum memiliki rumah atau baru berumah tangga akan membeli sebuah rumah yang akan ditinggalinya. Pembelian ini dapat dilakukan secara kredit maupun cash.

Kalau untuk kredit ini, bisa dilakukan dengan KPR, yang mana sudah banyak sekali bank atau pihak-pihak yang memfasilitasi KPR ini. Karena proses pembayarannya dilakukan secara kredit, maka pihak penyedia akan meminta jaminan untuk pembeli rumah.

Jaminan yang diberikan berupa surat keterangan kerja. Hal ini perlu dibuat agar pihak penyedia percaya bahwa pembeli mampu untuk mencicil uang kredit pembelian rumah tersebut. Melalui surat keterangan kerja ini, maka setidaknya pembeli diprioritaskan untuk mendapatkan fasilitas KPR ini.

Kalau dilihat secara fisik, surat keterangan kerja ini berbeda dengan kartu identitas yang sering dikalungkan dileher atau ditaruh dibaju saat bekerja, ya. Bukan hanya beda fisiknya, tapi juga kegunaannya. Kalau kartu identitas hanya berguna untuk melakukan tugas saja.

Sedangkan surat keterangan kerja berguna untuk diluar pekerjaan. Selain itu, surat keterangan kerja ini juga menjadi salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan.

Di dalam surat keterangan kerja akan menjelaskan tentang status dari seseorang di suatu perusahaan atau instansi tersebut. Menjadi karyawan tetap, karyawan kontrak, ataupun Cuma magang. Dilengkapi juga dengan posisi yang ditempati saat itu.

Setelah mengetahui susunan surat keterangan kerja yang benar serta penjelasan tentang pengertian surat keterangan kerja untuk KPR, berikut Liputan6.com, Senin (21/1/2019) akan berikan contoh surat keterangan kerja untuk KPR.

3 dari 4 halaman

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk BPR

(kop surat) 

PT. SINAR JAYA TOP

Jalan. Kusuma Ayu No 234 Karangrejo, Surakarta

Telp 0271 44545xx Fax. 0271 5343xx

Site: www.sinarjayatop.com | Email: info@sinarjayatop.com

SURAT KETERANGAN KERJA

No: 12/SKK/PT.SJT/03/2018

Saya yang bertanda tangan dibawah ini

Nama : Ferdinan Adi Saputra S.Kom

Jabatan : Branch Manager PT.Sinar Jaya Top Solo

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Syaiful Hidataullah

Alamat : Jln. Kedondong No234 Kota Surakarta

NIP : 98SJT082016

Jabatan : Staf Administrasi PT.Sinar Jaya Top

 

Dengan ini menerangkan bahwa saudara Syaiful Hidayatullah adalah benar-benar merupakan karyawan tetap kami yang bekerja di PT. Siantar Jaya Top hingga saat ini.

Surat keterangan kerja ini diterbitkan demi kubutuhan sebagai persyaratan KPR.

Demikain surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Hormat Kami

 

Branch Manager

PT.Sinar Jaya TopCabang Solo

 

Ferdinan Adi Saputra S.Kom

 




Itu tadi beberapa penjelasan singkat tentang surat keterangan kerja, yang disertai dengan contoh surat keterangan kerja untuk KPR.

4 dari 4 halaman

Manfaat serta keunggulan bagi masyarakat atau calon pembeli KPR:

1. Meningkatkan daya beli masyarakatdengan adanya sistem cicilan rumah dari KPR, membuat masyarakat yang memiliki pendapatan hanya 5 – 7 juta per bulannya mampu untuk memiliki rumah dengan harga 300 hingga 500 jutaan tanpa harus menunggu bertahun-tahun menabung.

2. Bunga rendah dan cicilan yang bisa dibayarkan selama lebih dari 10 tahunProgram KPR mampu memberikan manfaat cicilan yang rendah per bulannya, karena bisa dibayarkan selama lebih dari 10 tahun. 

3. Membantu masyarakat untuk memiliki hunian yang layakDengan adanya program KPR ini, maka akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memilki hunian yang lebih layak. Hanya dengan mencicil beberapa juta saja per bulannya, masyarakat sudah bisa memiliki rumah yang layak untuk dihuni, terhindar dari sistem kontrak rumah atau tinggal pada lingkungan hunian yang tidak layak. 

4. Tidak perlu menanbung terlalu lama untuk memiliki rumahDengan adanya KPR ini, maka anda akan terbantu untuk memiliki rumah tanpa harus menabung hingga 500 juta. Anda cukup menabung 30% dari harga rumah tersebut sebagai DP atau uang muka.  

5. Membantu pemilik rumah agar bisa mengatur keuangannya lebih baik lagiDengan mengikuti program KPR ini, maka anda akan terlatih untuk dapat mengatur keuangan anda dengan baik, sehingga sudah bisa menerapkan skala prioritas. 

6. Tidak perlu khawatir dengan harga beli property yang semakin naik tiap tahunnyaHarga property yang mengalami kenaikan setiap tahunnya, membuat KPR ini sangat bermanfaat sekali. Anda hanya tinggal memilih program KPR bank mana saja yang memiliki bunga flat alias tidak naik setiap tahunnya. Dengan demikian, kekhawatiran anda mengenai fluktuasi harga properti pun tidak akan mengganggu anda. 

7. Menghilangkan daerah pemukiman kumuhDengan adanya KPR, dimana banyak orang sudah bisa memiliki rumah tanpa harus menabung dengan biaya yang sangat besar, maka hal ini juga dapat berpotensi untuk menghilangkan dan juga mengurangi adanya lingkungan pemukiman kumuh. 

8. Mengurangi tuna wismaMemilih membeli rumah dengan KPR, maka akan membantu untuk menurunnkan jumlah tunawisma. Hal ini akan berdampak pada menurunnya kejahatan sosial, dimana beberapa tindakan kejahatan terjadi karena faktor ekonomi, salah satunya adalah tunawisma.



Reporter: Nisa Mutia sari