4 Politikus Dunia Korban Edit Foto Gagal, Hasilnya Bikin Tepok Jidat

Liputan6.com, Jakarta – Bukan hanya orang biasa atau selebriti yang kerap melakukan proses edit foto untuk diunggah di dunia maya, sejumlah politikus dunia ternyata juga tak luput dalam aktivitas satu ini. Hasilnya, bikin geleng-geleng kepala dan bahkan ada yang terlihat kocak karena terlihat janggal atau aneh.

Siapa saja politikus dunia yang pernah jadi korban edit foto gagal dan justru di bully warganet? Berikut di antaranya yang Liputan6.com rangkum dari cracked.com, Minggu (17/2/2019):

4. Foto Pejabat China dan Seorang Wanita Tua

Di tengah banyaknya kasus korupsi dan skandal memalukan yang terkuak ke publik, sejumlah politukus China berupaya membangun citra diri sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat.

Mungkin dengan tujuan itu juga pihak Pemerintah Ningguo di China Timur merilis foto 4 politikus ‘turun ke bawah’, termasuk Wakil Wali kota Wang Jun, menyambangi rumah seorang nenek sepuh berusia 103 tahun, dilengkapi keterangan gambar: “Cinta dan pengertian pada orang tua adalah tradisi China yang dihargai. Mereka juga harus merasakan kehangatan partai dan pemerintah.”

Namun, aksi publisitas media demi mendongkrak cita itu justru jadi bumerang. Gara-gara foto yang ditampilkan. Saking amatirnya hasil editan photoshop, bisa bikin orang tepok jidat. Heran!

Foto empat politikus China yang terlihat diedit, namun hasilnya mengherankan. (Ningguo Civil Affairs Department)

Foto tersebut kemudian dihina ramai-ramai oleh para komentator dunia maya.

Bagaimana tidak, dalam gambar, empat pria menyeringai di atas perempuan 103 tahun, Cheng Yanchun — yang tampil dalam proporsi yang sama sekali tak seimbang. Sang nenek jadi mirip boneka mengerikan. Sementara, badan seorang politikus melayang mirip hantu. Bagian torso ke bawah hilang.

Gambar tersebut sama sekali tak membuat para pengguna situs mikroblog mirip Twitter, Weibo, terkesan.

“Staf propaganda yang tak punya otak itu mungkin dipecat bersama dengan para pejabat dalam foto,” kata salah satu pengguna, seperti dimuat Daily Mail, Kamis 31 Oktober 2013.

“Foto ini nyatanya menunjukkan jarak menganga antara para pemimpin dan rakyatnya di mata rata-rata pegawai pemerintahan. Menyedihkan,” kata pengguna lainnya.

Bahkan kantor berita milik pemerintah ikut memberitakannya. “Pejabat itu terlihat seperti melayang di udara. Ditambah lagi proporsi wanita tidak cocok dengan para pejabat. Bukti bahwa foto itu direkayasa,” demikian diberitakan Xinhua.

Sementara, para pejabat setempat kepada The Hong Kong Standard mengaku, mereka memang mengunjungi orang-orang tua selama festival China. Namun, pegawai mereka secara sembrono menggabungkan 2 foto dalam 1 frame. Dengan alasan, karena tata letak ruangan, fotografer tak bisa mengabadikan semua pejabat dan nenek Cheng dalam 1 jepretan.

“Nenek Cheng duduk di sebuah kursi di balkon, di bawah sinar matahari. Balkon tersebut sangat sempit sehingga lensa kamera tidak bisa mengabadikan semua orang di sana… Saat pegawai pemerintahan setempat menggunggah foto ke situs resmi, itu adalah gabungan 2 foto berbeda,” demikian penjelasan Pemerintah Ningguo.

“Kami menyatakan penyesalan mendalam bagi pengguna internet untuk pengaruh negatif yang diakibatkan foto tersebut… Kami akan belajar dari pengalaman, untuk meningkatkan kualitas kerja,” jelas pihak pemerintah.

Bukan kali pertamanya foto rekayasa bikin geger. Sebelumnya juga pernah dipublikasikan gambar 3 pejabat yang berdiri di atas ruas jalan baru yang mulus. Tapi, mereka tampak melayang, tidak menjejak tanah.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 4 halaman

3. Senator Kenya Bersama Nelson Mandela

Foto buram Nelson Mandela bersama senator dari Kenya, Mike Sonko. (Facebook/Mike Sonko)

Pada 5 Desember 2013 lalu, tokoh anti-apartheid Nelson Mandela meninggal dunia. Seluruh dunia berduka atas kepergiannya. Hampir semua politikus dunia berkabung untuknya dan mengenang jasa-jasanya.

Termasuk salah satunya seorang senator dari Kenya, Mike Sonko. Dalam momen duka tersebut, ia pun mencoba memberitahu khalayak bahwa betapa dekatnya dia dengan Nelson Mandela.

Namun cara yang dipilihnya bikin orang geleng-geleng kepala, dengan merilis foto bersama Mandela yang terlihat sekali hasil editannya.

 “Sungguh tragis, mungkin Anda akan mengatakan hal itu. Mandela menjadi orang yang begitu buram menjelang akhir hayatnya. Untungnya, jejak JPEG (format untuk mengompresi file gambar) bukan gejala penyakit Mandela, begitupun dengan “kepala besar” yang merupakan gejala kegilaan Mike Sonko,” komentar salah satu netizen.

Belakangan diketahui foto Mike Sonko adalah hasil edit dari potret asli Nelson Mandela bersama Muhammad Ali.

Setelah ulahnya diketahui warganet, bagaimana kira-kira langkah selanjutnya Mike Sonko untuk mengesankan para pemilihnya?

3 dari 4 halaman

2. Foto Rival Bersalaman dengan Obama

Foto yang diedit dan menuai hujatan netizen. (The Wire Screngrab)

Foto asli Barack Obama yang jadi korban edit. (Daily Dot).

Foto lain hasil edit yang bikin geleng-geleng kepala mengungkap anggota Kongres Texas Steve Stockman, yang saat ini tengah kampanye politik melawan sesama senator Republik John Cornyn. Ia merilis foto Cornyn dengan gembira berdiri di samping Presiden Barack Obama.

Jika diperhatikan lebih seksama, barulah disadari ada yang aneh dengen bagian kepala. Gambar aslinya bukan Obama dengan Cornyn, tetapi gubernur Florida Charlie Crist.

Gambar itu dengan cepat dihapus setelah Stockman dipanggil (meskipun tidak ada permintaan maaf setelahnya). Padahal banyak bukti yang mengarah pada aksi edit foto tersebut.

4 dari 4 halaman

1. Foto Skandal Seks Pejabat Tiongkok 

 Foto skandal seks pejabat China. (The Shanghaiist)

Tuduhan skandal seks sempat diajukan pejabat China bernama Du Weijun, yang mengklaim bahwa direktur Biro Budaya Kota Zhaoging menggelapkan dana negara untuk membantu membiayai kebiasaan judi dan membiayai sang kekasih.

Tuduhan itu disertai bukti foto yang kemudian bocor ke pers. Mungkin karena pencahayaannya, mungkin memang begitulah penampilan pria itu, tak butuh waktu lama bagi publikasi Tiongkok untuk memperhatikan bahwa kepala pria dalam foto terlihat terpotong. Sementara yang lain terlihat gradasi warna yang berbeda.

Ma’ruf Amin Terima Dukungan dari Pewaris Kesultanan Banten

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin menerima dukungan dari Kesultanan Banten di Pilpres 2019. Ma’ruf juga didoakan agar lancar dan selalu diberikan kesehatan dalam mengikuti gelaran pesta demokrasi tersebut.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Sultan Banten, Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni, saat berkunjung ke rumah Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019). Sultan Banten dan Ma’ruf Amin menggelar pertemuan pertutup selama kurang lebih satu jam.

“Yang saya hormati KH Ma’ruf Amin. Terimakasih atas penerimaannya kedatangan kami dari Kesultanan Banten. Saya selaku pewaris Kesultanan Banten, Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni. Kedatangan kami ke sini sebetulnya selain bersilaturahmi dengan saudara sendiri. Juga mendoakan niat pak kiai Ma’ruf Amin yang insya Allah ke depan ikut berpartisipasi terhadap kelangsungan Indonesia ini. Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah,” kata Bagus Hendra usai pertemuan.

Dukungan ini disampaikan sebab menurut Bagus Hendra seorang umara memerlukan pendamping ulama. Sosok Ma’ruf Ami dinilai cocok untuk mengisi peran tersebut.

“Kami dukung dari kesultanan. Karena umarah ini harus ada pendampingnya ulama. Seperti halnya dulu Kesultanan Banten, ada ulama, umaro dan Kesultanan Banten. Nah inilah sosok KMA perlu kita dukung,” ujarnya.

Dia berharap Ma’ruf Amin bisa menjadikan Indonesia semakin maju. Jika Ma’ruf terpilih, dia juga berharap pemerintah bisa mengakui total keberadaan Kesultanan Banten.

“Alhamdulillah beliau ini juga seorang ulama, ketua MUI. Kita tahu kadarnya, beliau tidak mungkin mau artinya disalahgunakan dan sebagianya oleh pihak lain. Beliau punya jati diri saya pahami itu. Oleh karenanya saya dukung dari Kesultanan Banten. Semoga nanti bisa menselaraskan posisinya sebagai wakil presiden bisa membawa bangsa ini tidak terperosok, tetap mengangkat akidah sesuai dengan al-quran dan sunah rasul. Semoga pemerintahan Indonesia ini nanti bisa total mengakui Kesultanan Banten sebagaimana dahulu kalanya,” paparnya.

Menerima dukungan tersebut, Ma’ruf Amin mengaku terkesan. Dia menyebut rombongan dari Kesultanan Banten merupakan kerabat dan keluarganya sendiri.

“Sore ini saya menerima Sultan Banten. Ratu Bagus Bambang Wisanggeni berkunjung ke tempat saya dan semua penggawanya. Setelah saya tadi pagi menghadiri harlah NU di Cipayung ke serang ada Banten bermunajat untuk keselamatan bangsa dan negara. Sore ini saya sudah di rumah, dan Alhamdulillah kemudian silaturahmi dengan Sultan Banten. Ini sebenarnya kita dalam kekerabatan ya, keluarga,” ujar dia.

Selain itu, pertemuan juga membahas terkait pengembangan ekonomi keumatan di bidang bambu. Ide itu disebut Ma’ruf sangat kreatif.

“Oleh karena itu saya sangat terkesan juga adanya ide kretif dari penggawa Banten dalam rangka menggembangkan ekonomi keumatan melalui bambu. Ini bambu, bukan kayu tapi diolah sedemikan rupa. Ini seperti kayu, jadi bambu ini bisa dibuat nanti… Bisa dijelaskan bisa dibuat apa saja, bisa digunakan untuk pembangunan rumah, nanti akan dijelaskan ahlinya,” imbuh dia.

(knv/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

De Jong Bakal Cocok di Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Frenkie De Jong akan bergabung dengan Barcelona musim depan. Pelatih Ernesto Valverde yakin sang pemain akan cocok dengan permainan Barcelona. 

Barcelona sudah mencapai kesepakatan untuk menggaet Frenkie De Jong dari Ajax. Bahkan raksasa La Liga itu harus membayar mahal untuk mendapatkan gelandang 21 tahun itu.

Mahar De Jong mencapai 65 juta pounds. Dengan transfer sebesar itu, Barca mampu mengalahkan banyak klub besar Eropa untuk mendapatkan tanda tangan De Jong.

Akan tetapi, pemain asal Belanda itu tidak langsung bergabung dengan rekan-rekan barunya di Camp Nou. De Jong baru akan bergabung dengan Barcelona mulai musim depan.

2 dari 2 halaman

Yakin

Valverde merasa cukup yakin dengan kemampuan yang dimiliki De Jong. Meski datang dari Belanda, sang pemain diyakini tak butuh waktu lama untuk bisa langsung klik dan memberikan yang terbaik di klub barunya.

“Dia adalah pemain yang berkomitmen, tidak pernah menyerah dengan bola, menghadapi lawan dengan baik, mengambil tanggung jawab penting mengingat betapa muda dia. Saya pikir dia akan sangat cocok di klub,” kata Valverde kepada Barca Blaugranes.

Sumber Bola.net

KTM Kecam Keputusan Honda Depak Pedrosa

Liputan6.com, Wina – CEO KTM, Stefan Pierer tak habis pikir dengan sikap Repsol Honda yang mendepak Dani Pedrosa dari jajaran pembalap di MotoGP 2019. Kini, KTM menampung Pedrosa sebagai pembalap penguji.

Repsol Honda lebih memilih untuk merekrut Jorge Lorenzo sebagai tandang Marc Marquez. Pierer sangat mengecam keputusan Honda yang tidak menghargai loyalitas Pedrosa selama 14 tahun.

“Tidak seperti orang Jepang, kami menganggap (gagasan) keluarga secara harfiah. Kami berdiri di sisi orang-orang kami pada masa yang baik dan buruk. Ketika seorang pembalap cedera, Anda berdiri di sampingnya,” ujar Pierer seperti dikutip Motorsports.

“Anda harus membayangkan Dani Pedrosa didepak semalam setelah 14 tahun dengan Honda. Betapa piciknya Anda? Dia adalah pahlawan! Dia adalah duta besar!”

Dia mengatakan Pedrosa memilih pindah ke KTM karena kebersamaan di tim ini. “Apa yang orang lain lakukan dengan uang, saya berusaha untuk mencapainya dengan keluarga,” ujar Pierer.

“Banyak pembalap saya sekarang dalam manajemen. Lihatlah (juara dunia motocross, sekarang KTM Motorsports Director) Pit Beirer. Itulah yang membuat kami istimewa.”


2 dari 3 halaman

Absen Tiga Bulan

Menjalani operasi bahu, Pedrosa harus absen tes pramusim Sepang. Bahkan ia juga dihadapkan proses pemulihan yang kemungkinan memakan waktu hingga tiga bulan.

Meski begitu, Manajer Tim KTM, Mike Leitner gembira atas masukan The Little Samurai pada RC16 usai uji coba privat di Jerez tahun lalu.

“Saya rasa dia akan benar-benar fit pada akhir April atau awal Mei, jika semuanya berjalan seperti yang dikatakan para dokter,” ucap mantan kepala mekanik Pedrosa itu.

“Dia telah memenangi Grand Prix yang tak terhitung jumlahnya dan telah berada di MotoGP selama bertahun-tahun. Dia dapat membantu kami di mana-mana.”

3 dari 3 halaman

Perspektif Lain

Leitner menambahkan, memiliki perspektif dari sang mantan pembalap Honda akan berguna. Apalagi jika melihat Pol Espargaro, Johann Zarco dan Hafizh Syahrin yang semuanya berasal dari pabrikan garpu tala.

“Itu tidak direncanakan, tetapi banyak pembalap kami datang dari Yamaha. Itu sebabnya sangat menyegarkan untuk mendapatkan pembalap dari pabrikan lain, karena dia melihat dan menjelaskan berbagai hal secara berbeda,” terangnya.

Mengenai fisik Pedrosa yang kelewat mungil, Leitner menyangkal hal tersebut bakal membuatnya tak cocok dalam menjalankan peran penguji.

Jelang Debat Soal Pangan: Prabowo ‘Gerakan Emas’, Jokowi ‘Manusia Unggul’

Jakarta – Salah satu tema yang akan diangkat di Debat Capres kedua Pilpres 2019 adalah soal pangan. Lantas seperti apa program andalan yang dimiliki kedua capres ini?

Sejak Pilpres 2014 lalu, Prabowo Subianto memiliki program pemberian susu kepada anak-anak yang diberi nama ‘Revolusi Putih’. Di Pilpres 2019 ini, program tersebut berganti nama menjadi ‘Generasi Emas’ yang fokusnya melebar tidak hanya pemberian susu kepada anak.

“Gerakan Emas itu gerakan emak-emak dan anak minum susu. Jadi orientasinya pada penyediaan protein buat anak dan ibu miskin ya, karena ada tantangan serius buat masa depan Indonesia yaitu stunting growth itu,” ungkap Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzhar Simanjuntak, (17/10/2018).

Orientasi dari Gerakan Emas bukan hanya sekedar meminum susu, tapi kecukupan protein bagi anak. Program ini nantinya akan melibatkan masyarakat sehingga menjadi gerakan bersama. Gerakan Emas juga ditujukan terhadap sang ibu dan adanya keterlibatan masyarakat dalam penyediaan protein tersebut.
“Beliau ingin menjadi gerakan baik pada saat beliau menjadi presiden atau sebelum beliau menjadi presiden, beliau ingin dorong semua komponen masyarakat, untuk terlibat dalam menyiapkan kecukupan protein bagi keluarga-keluarga yang tidak,” tutur Dahnil.

Dari program ini, diharapkan muncul hubungan keluarga angkat. Bagi mereka yang mampu, akan bisa membantu masyarakat dari kalangan yang kesulitan. Gerakan Emas juga akan diperluas menjadi sebuah kebijakan utama dalam pemerintahan Prabowo-Sandi jika terpilih pada Pilpres 2019 mendatang.

“Kalau dulu koperasi itu ada bapak angkat, nah sekarang bahkan nanti ada keluarga, relawan-relawan yang berasal dari orang-orang mampu, mampu secara intelektual, mampu secara keuangan itu juga bisa menjadi saudara yang memberikan edukasi. Jadi basis kita gerakan ini kan sudah dimulai oleh Pak Prabowo melalui partainya tapi akan diperluas menjadi suatu gerakan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat,” kata Dahnil.

“Menjadi salah satu kebijakan utama untuk mengatasi stunting growth, dan masalah sosial yang lainnya. Jadi tahapannya gitu. Awalnya revolusi putih berhenti pada susu, kemudian menjadi gerakan gotong royong, saling bersaudara, kemudian ketika Pak Prabowo jadi presiden akan jadi kebijakan,” sambung Ketum PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Program Prabowo-Sandiaga ini mendapat kritik dari kubu Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Alasannya, penyediaan susu memerlukan impor dan belum tentu cocok bagi semua orang mengingat demografi warga Indonesia yang cukup beragam.

Terkait isu stunting, Jokowi disebut lebih mengutamakan local wisdom. Tak hanya susu, masyarakat akan diajak untuk mengkonsumsi makanan penuh protein yang sesuai dengan masing-masing daerah.

“Kalau kita mengedepankan local wisdom. Mereka yang tinggalnya dekat laut kita dorong untuk makan ikan, ada yang mungkin kacang-kacangan, potensi alam kita begitu besar. Kalau susu, selain mahal belum tentu cocok bagi semua orang,” kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin.

Jokowi-Ma’ruf menyorongkan program ‘Manusia Indonesia Unggul’. Dalam proses pembentukan generasi emas nanti, TKN Jokowi-Ma’ruf Amin menilai tidak cukup hanya sekedar fokus pada asupan.

“Di tim Jokowi-Ma’ruf ini bahwa gerakan membangun manusia Indonesia yang unggul, unggul itu harus komprehensif. Tidak boleh hanya satu bagian saja mulai dari kita harus memperhatikan dan fokus bagaimana mengurangi stunting, gagal tumbuh, ini salah satu yang kita lakukan,” sebut Karding.

“Penting untuk mempercepat memberikan jaminan gizi sejak dalam kandungan. Pola asuh keluarga harus kita perbaiki, memperbaiki fasilitas air bersih, sanitasi, dan lingkungan yang mendukung tumbuh-kembang anak. Di samping itu, reformasi kesehatan kita perlu diperbaiki,” sambung politikus PKB itu.

Program Manusia Unggul ini tak hanya berfokus pada masalah asupan semata. Jokowi-Ma’ruf juga mementingkan program promotif dan preventif agar masyarakat di Indonesia mau hidup dalam lingkungan yang sehat. Fasilitas yang memadai dinilai menjadi salah satu unsur untuk membentuk manusia unggul.

“Percepatan pemerataan infrastruktur dasar, apa sanitasi, kemudian rumah tangga yang sehat, memiliki jamban, warga miskin juga harus dijamin. Aksesnya ke seluruh pelosok urusan kesehatan, seperti KIS. Pemerataan fasilitas dan pemerataan pelayanan kesehatan baik di daerah tertinggal terdepan, dan terluar. Kalau kita kasih makan, asupan saja, tapi sistem kesehatan nggak dipikirkan, ya nggak bisa,” tutur Karding.

Debat Pilpres 2019 kedua akan diselenggarakan pada hari Minggu, 17 Februari 2019. Debat ini mengusung tema lingkungan hidup, infrastruktur, energi, pangan, dan sumber daya alam. Hanya capres yang akan mengikuti debat kedua tersebut.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Skutik BMW C 400 X Hadir di Indonesia, Harganya Rp250 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta – PT Maxindo Moto Nusantara sebagai agen pemegang merek (APM) BMW Motorrad di Indonesia resmi meluncurkan skuter matik (skutik) anyar, C 400 X. Model ini cocok untuk pecinta moge, yang menginginkan motor untuk digunakan di perkotaan ataupun touring.

Dijelaskan CEO BMW Motorrad Indonesia, sejak pertama kali diperkenalkan di ajang EICMA 2017, banyak negara yang sudah bertanya, kapan skutik ini bisa didapatkan dan diluncurkan di berbagai negara.

“Akhirnya, Indonesia bisa dapat produk ini dan di market diharapkan model ini bisa menarik minat konsumen karena menurut saya produk ini cukup menarik,” jelas Joe Frans di sela-sela peluncuran BMW C 400 X di BMW Motorrad Flagship Store, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

BMW C 400 X ini melengkapi jajaran produk dari pabrikan asal Jerman tersebut di Indonesia. Satu fitur yang menjadi ciri khas dari model ini, adalah adanya fitur BMW Motorrad connectivity yang memungkinkan pengendara untuk menyambungkan smartphone dengan motor dan helm via Bluetooth.

Fitur ini didukung dengan layar display TFT berukuran 6,5 inci dan multi controller di bagian kiri handlebar sebagai standar. Dan aplikasinya sendiri, bisa diunduh secara gratis di App Store untuk IOS dan Google Play untuk Android.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dilihat dari desainnya, BMW C 400 X ini memiliki garis bodi yang cukup futuristik, dengan lampu yang mirip dengan varian GS yang sudah dilengkapi LED DRL. Bagian buritan, model ini memiliki desain minimalis, dengan cluster lampu belakang yang kecil, dan juga lampu LED.

Untuk mesinnya, BMW C 400 X ini dipersenjatai unit satu silinder berkapasitas 350 cc. Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghembuskan daya hingga 34 Tk pada 7.500 rpm, dengan torsi 35 Nm pada 600 rpm.

Tersedia dalam tiga varian warna, zenith blue metallic, alpine white, dan black storm. Harganya, motor ini dibanderol Rp 259 juta off the road.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ragam Acara Menarik dan Menambah Wawasan di Hijab Celebration Day

Liputan6.com, Jakarta – Acara Hijab Celebration Day kembali digelar tahun ini di Bintaro X-Change pada Minggu, 17 Februari 2019 dengan lebih meriah. Event yang digelar untuk memperingati Movement world hijab day tiap 1 Februari ini akan menampilkan rangkaian acara menarik, berfaedah dan menambah wawasan.

Acara yang digelar HIJUP berkolaborasi dengan Islamic Nexgen Fest ini digelar sejak pukul 05.30-20.00 WIB. Ada berbagai aktivitas yang dapat menginspirasi muslimah milenial untuk mengembangkan diri.

Acara akan diawali dengan Fun Run 5k dan Family Run 3k serta Epic Aerobic pada pagi hari yang akan dibuka oleh Chief Executive Officer HIJUP Diajeng Lestari dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Selanjutnya, acara akan resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno yang membahas The Future of Indonesian Halal Industry. Untuk memeriahkan acara, RAN akan menyuguhkan pertunjukan spesial di pagi hari serta Vidi Aldiano yang akan menutup acara.

Ada sejumlah acara menarik yang sayang untuk dilewatkan. Seperti acara talkshow Hijab Celebration Day dengan narasumber favorit milenial.

Mereka adalah Rachel Vennya (beauty influencer), Diandra Gautama (automotive influencer), Arief Muhammad (youtuber), Ria Ricis (youtuber), Andanu Prasetyo (Owner Kopi Tuku), Chiki Fawzi (artist), Bahjatina (HIJUP Model Look), Anisa Rahma (selebriti), dan masih banyak lagi.

Berbagai pembahasan menarik dan berguna seperti cara mudah punya rumah, memulai bisnis sendiri, cara menabung smart, serta berbagai isu milenial lainnya akan dibahas, dengan menghadirkan para expert.

Kalau Anda tertarik ikutan rangkaian talkshow-nya, ikuti terus perkembangannya di media sosial @HIJUP. Selain itu, Hijab Celebration Day 2019 juga menyajikan beragam makanan dan produk pilihan di bazar curated halal industry.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak yang Sukses Berkarier di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Usaha startup kini tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Dengan adanya usaha ini, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk berbelanja online sehingga tak perlu repot keluar rumah. 

Salah satunya adalah startup Bukalapak yang namanya sangat familiar di Indonesia. ‘From zero to hero’ mungkin jadi predikat yang cocok untuk Achmad Zaky sebagai pendiri salah satu startup terbesar di Indonesia.

Lantas, sebenarnya apa alasan predikat tersebut pantas untuk disematkan di nama Achmad Zaky, yang kesuksesannya kini menjadi inspirasi banyak muda-mudi di Indonesia?

Yuk simak selengkapnya profil pendiri Bukalapak yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/2/2019).

2 dari 7 halaman

Kehidupan Pribadi Achmad Zaky

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986 ini mewarisi darah Jawa yang kental akan budayanya. Di usianya yang ke 32 ini, pencapaian Achmad Zaky bukanlah tanpa sebab. Kesuksesannya sekarang tak lain dan tak bukan adalah berkat kedua orangtuanya yang senantiasa mendukung langkahnya.

Di samping itu, di balik keberhasilannya, ada seorang wanita yang berkontribusi siang dan malam untuk dirinya. Dia adalah Diajeng Lestari, wanita yang menjadi tambatan hati Zaky yang mengakhiri masa lajangnya pada 17 Oktober 2010 silam.

Keduanya pun berkarier di bidang yang sama dengan memanfaatkan internet untuk berbisnis. Tak mau kalah dari suaminya, pada tahun 2011, Diajeng mencoba peruntungan dengan mendirikan hijup.com. Dari pernikahannya itu, Laiqa Anzani datang untuk melengkapi manisnya kehidupan rumah tangga Achmad Zaky dan istri.

3 dari 7 halaman

Riwayat Pendidikan

Ketertarikan Achmad Zaky dengan dunia teknologi rupanya sudah tumbuh sejak dirinya menggeluti buku-buku pemrogaman yang dibelikan oleh pamannya, yaitu pada tahun 1997 silam. Pada saat itu, di usianya yang baru 11 tahun, Zaky sudah bisa mengoperasikan komputer berkat kontribusi pamannya.

Karena ketekunannya itu, saat menduduki bangku sekolah menengah atas di sebuah sekolah di Solo, Zaky berhasil meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer. Bahkan, dirinya menang hingga tingkat nasional.

Ingin menyelami bakatnya lebih dalam di dunia komputer, pada tahun 2004 Zaky pun melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung, tepatnya di jurusan Teknik Informatika. Usut punya usut, Zaky sempat mendapat IPK sempurna di semester pertamanya, lho.

Kesuksesan akademisnya itu tidak Zaky raih semata-mata hanya dengan belajar. Pasalnya, Zaky menyempatkan waktunya selama kuliah untuk mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di kampusnya. Zaky berkontribusi dalam menggagas ShARE Global Student Think-Tank bersama teman-temannya yang lain.

Tak hanya itu, dia juga mendirikan Entrepreneur Club ITB yang sekarang lebih dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Serta, aktif dalam organisasi Amateur Radio Club (ARC) ITB.

4 dari 7 halaman

Prestasi Achmad Zaky saat Kuliah

Prestasi yang ditorehkan Zaky selama berkuliah juga tidak kalah cemerlangnya. Dirinya sering menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional. Misalnya, pada tahun 2007 Zaky berhasil menyabet juara II dalam perlombaan yang diadakan salah satu operator seluler Indonesia, yaitu Indosat Wireless Innovation Contest.

Dalam ajang tersebut, Zaky menciptakan perangkat lunak yang ia juluki MobiSurveyor, yang berfungsi untuk mempermudah aktivitas manusia khususnya dalam perhitungan survei secara cepat. Berkat kreativitasnya itu, Zaky dianugerahi Merit Award dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.

Tak ketinggalan, Zaky juga sempat mengenyam pendidikan di Oregon State University selama dua bulan berkat beasiswa yang dia dapat dari pemerintah Amerika Serikat. Selang satu tahun, suami dari Diajeng Lestari ini kembali terbang ke Amerika Serikat untuk mewakili kampus tercintanya dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

5 dari 7 halaman

Perjalanan Karier

Bakat dan prestasi yang Achmad Zaky peroleh sewaktu mengenyam pendidikan mengantarnya pada kesuksesannya sekarang ini. Ayah satu anak ini mulai merintis kariernya dengan membentuk sebuah usaha startup dengan harapan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

Lantas, Zaky mulai mencoba peruntungan dengan mendirikan usaha Bukalapak yang secara resmi dibuka tahun 2011. Zaky cukup percaya diri meskipun dia harus membangun usahanya dari bawah. Awal berdirinya usahanya itu mungkin tidaklah begitu pesat. Namun, kepercayaan dirinya membuahkan hasil yang luar biasa.

“Jujur saya memang resah saat mau mendirikan Bukalapak. Orang-orang kira saya bakal gelar lapak di pinggir pasar. Saya sih, enggan bilang ke keluarga, apalagi orangtua saya itu guru. Nah, saya di situ coba untuk lawan, makin percaya diri. Tidak apa-apa gagal, yang penting prosesnya,” ujar Zaky.

6 dari 7 halaman

Melihat Peluang

Zaky awalnya mengajak para pedagang di mall untuk bergabung dengan Bukalapak. Namun, saat itu usaha startup yang terhitung masih belum familiar rupanya sedikit menyulitkan Zaky. Klien pertama yang ia dapat hanyalah pedagang kecil yang mengaku dagangannya di toko kurang laku.

Pada akhirnya, Zaky mulai melihat peluang dari pedagang yang usahanya belum berkembang untuk bergabung di Bukalapak. Alhasil, berkat boomingnya internet pada saat itu, startup Zaky yang pada awalnya hanya dia rintis di mall menjadi semakin berkembang dengan banyaknya minat investor untuk menanamkan modalnya.

7 dari 7 halaman

Masuk Daftar Pemuda Terkaya di Indonesia

Bukalapak menjadi satu dari beberapa startup unicorn di Indonesia. Tentunya, hal ini tidak lepas dari kerja keras sang pendiri sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky. Pada pertengahan tahun 2018, majalah Globe Asia mempublikasikan daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Kerja keras Achmad Zaky menuntunnya masuk sebagai satu dari beberapa anak muda pendiri startup yang ada di daftar tersebut.

Mengutip dari daftar yang dibuat Globe Asia, jumlah harta kekayaan Zaky diperkirakan sebanyak US$ 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun saat daftar itu dibuat. Nggak kebayang kan, berapa kekayaan Zaky di tahun 2019 ini?

Terlebih lagi, Zaky sempat tercatat masuk dalam jajaran 10 pengusaha muda berusia di bawah 30 tahun paling berpengaruh di Asia Tenggara periode tahun 2015 yang dibuat oleh media online Tech in Asia.

Hobi Belanja Online? Lakukan Ini agar Tak Kecewa

Liputan6.com, Jakarta – Tak dimungkiri, belanja via online saat ini telah menjadi gaya hidup, utamannya masyarakat di perkotaan, seperti Jakarta. Selain lebih praktis, belanja online juga lebih hemat karena hemat tenaga dan waktu serta biaya, ditambah lagi dengan pilihan harga dan barang bervariatif.

Cukup bermodalkan handphone dengan layanan internet, Anda pun sudah bisa memesan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, makanan, keperluan rumah tangga, hingga transportasi, dan masih banyak lagi.

Karena jumlahnya ratusan bahkan ribuan, sering kali kita kesulitan memilih barang yang berkualitas dan tak jarang justru kecewa lantaran barang yang diharapkan tidak sesuai ekspektasi.

Lalu, bagaimana agar hobi belanja ini tetap bisa dilakukan tapi terhindar dari rasa kecewa? Ikuti tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ingat, Tak Selamanya Tampilan yang Bagus Punya Kualitas Bagus Juga

Namanya juga online, maka produk yang dijual pun ditawarkan melalui bentuk foto yang diunggah dalam situs atau media sosial. Dengan teknik fotografi yang canggih, maka foto produk pun akan terlihat sangat menarik.

Untuk itu, jangan pernah hanya terkecoh ingin membeli produk karena gambarnya yang bagus. Anda tetap harus memerhatikan bahan atau material yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut.

Dengan demikian, Anda tidak akan dikecewakan begitu barang diterima. Jangan pernah melewatkan membaca deskripsi produk dan tanya langsung pada penjual jika ada hal-hal yang ingin diketahui namun tidak tercantum pada deskripsi produk.


2 dari 4 halaman

2. Perhatikan Merek dan Harga Jual Barang yang Ditawarkan

Belanja via online terbilang cukup tricky mengingat merek yang tersedia cukup banyak dari yang belum memiliki merek terkenal hingga brand mahal. Jika Anda hendak membeli produk baru, pastikan Anda telah meakukan riset terhadap produk yang hendak dibeli.

Perhatikan harga jual produk dengan merek yang tertempel. Biasanya, produk yang branded, harga jualnya juga sesuai alias lebih mahal.

Jika ada produk yang dijual sangat murah namun memiliki merek terkenal, Anda perlu mewaspadainya. Sebab bisa jadi produk itu adalah palsu alias barang KW.

3. Baca Ulasan Produk yang Ada di Fitur E-Commerce

Biasanya, platform e-commerce dilengkapi dengan fitur review (ulasan) produk dari para pembelinya. Nah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui kualitas barang yang ingin dibeli maupun pelayanan dari penjualnya, apakah respons dan pengirimannya cepat atau tidak.

Tentu saja, hal ini akan membantu dan membuat Anda terhindar dari belanja online yang mengecewakan. Karena biasanya pembeli akan dengan senang hati berbagi informasi dari produk yang telah mereka beli.

3 dari 4 halaman

4. Ketahui Ukuran yang Sesuai dengan Kondisi Badan

Nah, mengetahui ukuran badan sendiri penting diperhatikan dan berlaku bila Anda ingin membeli pakaian, sepatu, maupun aksesoris, dan lainnya. Dengan mengetahui ukuran diri sendiri, maka barang yang dibeli pun akan muat alias tidak kekecilan atau kebesaran.

Dan Anda pun tidak perlu repot-repot menukarkannya kembali. Terlebih lagi bila ternyata penjual tidak memberikan layanan penukaran produk. Bisa-bisa Anda malah merugi, bukan?

5. Pahami Bentuk Tubuh Anda

Memahami bentuk tubuh sendiri ini penting bila Anda ingin membeli pakaian dan semacamnya. Sebab, pakaian yang dikenakan para foto model itu belum tentu cocok bila Anda yang mengenakannya.

Ada banyak faktor yang membuat pakaian itu bisa cocok digunakan oleh pemakainya. Mulai dari bentuk tubuh, hingga tinggi badan.

Jangan sampai Anda sudah membeli baju yang kelihatannya bagus saat dipakai foto modelnya, ternyata tidak cocok atau malah kesempitan karena baju tersebut hanya muat dipakai orang dengan perawakan ramping.

4 dari 4 halaman

6. Pilih Ukuran Berdasarkan Tabel Ukuran

Jika Anda masih ragu untuk memilih ukuran pakaian, pastikan Anda telah memilih ukuran berdasarkan size chart. Di dalam size chart biasanya terdapat ukuran bahu, dada dan lingkar perut. Hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan ukuran pakaian yang hendak Anda pilih.

Jadilah Konsumen yang Cerdas saat Belanja Online

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin belanja online agar tidak kecewa. Jeli dan teliti terhadap produk yang akan dibeli akan membuat Anda puas dengan produk yang dibeli secara daring itu. Oleh karena itu, jadilah konsumen cerdas saat belanja online.

Kerennya Seorang Freelancer (2)

Jakarta – Dalam tulisan sebelumya sudah dibahas secara singkat keuntungan dan kekurangannya bila anda bekerja menjadi seorang freelancer atau pekerja paruh waktu. Nah, kali ni kita akan bahas 8 fakta dan tips keuangan untuk pekerja lepas itu?

Penghasilan
Pekerja lepas, memiliki pendapatan yang tidak tetap atau fluktuasi, kadang banyak, kadang sedikit. Untuk standard hidup, maka yang digunakan adalah penghasilan rata-rata per bulan. Rataan bisa diperoleh dari histori rata-rata penghasilan dalam setahun atau lebih akan lebih baik.

Misal penghasilan dari Januari sampai dengan Desember 2018 naik turun dengan total sebesar Rp 240 juta, maka rata-rata pendapatan per bulan sebesar Rp 20 juta. Angka inilah yang dijadikan dasar, dianggap sebagai pendapatan per bulan.

Pengeluaran Bersifat Tetap
Meski pekerja lepas memiliki penghasilan yang tidak tetap, tetapi pengeluaran bersifat tetap, mulai dari pengeluaran sosial, rumah tangga, konsumsi, transportasi, telekomunikasi, dll.

Budgeting
Budgeting pengeluaran per bulan didasarkan pada income rata-rata per bulan, untuk contoh di atas, maka anggaran pengeluaran per bulan lebih kecil dari Rp 20 Juta. Ingat bahwa cash flow harus positif, artinya, setiap bulan harus ada sisa.

Rekening
Jumlah rekening seorang pekerja lepas setidaknya ada 4, untuk penerimaan dan pengeluaran yang berhubungan dengan pekerjaan, untuk penerimaan dan pengeluaran rumah tangga, dan untuk debit investasi dan penyimpanan dana darurat, serta rekening sisa pendapatan, saat memperoleh income di atas rata-rata per bulan.

Dana Darurat
Dana darurat pekerja lepas karena kondisi income yang fluktuasi dan tidak adanya tunjangan, maka tentu berbeda dengan dana darurat karyawan pada umumnya. Dana darurat seorang freelancer setidaknya 2 kali dana darurat pada umumnya.

Misal jika karyawan single belum ada tanggungan, jumlah dana daruratnya 4 kali pengeluaran, maka seorang pekerja lepas setidaknya 8 kali pengeluaran.

Asuransi
Pada umumnya karyawan akan mendapat fasilitas asuransi kesehatan dari tempat ia bekerja, pekerja lepas harus menyediakan sendiri asuransi kesehatan ini dilengkapi dengan asuransi atau proteksi income dan proteksi aset.

Pinjaman
Pekerja lepas sebaiknya menghindari memiliki cicilan bulanan. Pembelian barang dibeli secara tunai, pembayaran tagihan kartu kredit juga dibayar lunas, hindari menggunakan fasilitas cicilan tetap, ataupun cicilan 0%.

Investasi
Strategi investasi tujuan keuangan, baik dana pensiun, dana pendidikan maupun lainnya, perlu strategi khusus, tidak bisa menggunakan strategi seperti kebanyakan orang yang memiliki penghasilan tetap, baik jumlah maupun tanggal.

Jika yang berpendapatan tetap dapat menggunakan semua strategi penempatan investasi, berkala, maupun sekaligus, pekerja lepas mungkin hanya bisa menggunakan strategi penempatan sekaligus, sekaligus yang dibertahapkan.

Kewajiban
Utama dan pertama dari semua tips di atas adalah meski anda seorang freelancer, tetap harus mengeluarkan hak Allah, berupa zakat bagi yang muslim, atau porsi sosial seperti derma atau perpuluhan, setiap menerima pembayaran, dan diberikan kepada yang berhak. Dalam Islam ada 8 golongan yang berhak akan zakat.

Penting bagi seorang feelancer untuk bisa mengatur keuangan serta berinvestasi, mengingat penghasilan yang belum tentu stabil setiap bulan. Hal-hal di atas bisa anda belajar melalui kelas atau workshop Perencanaan Keuangan dan Investasi yang dilaksanakan oleh tim ARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik di sini.

Nah, demikian sekilas tentang keuangan freelancer atau pekerja lepas. Semoga bermanfaat. Salam financial!

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)