Ragam Celana Jeans yang Harus Diketahui agar Tidak Salah Beli

Liputan6.com, Jakarta – Tak lekang oleh waktu sepertinya merupakan istilah yang pas untuk disematkan kepada jeans. Bagaimana tidak, sejak awal ditemukannya celana jeans pada 1873, garmen ini masih banyak digemari dan dipakai oleh setiap kalangan.

Persoalannya, orang sering salah kaprah dalam membeli celana jeans. Padahal pakaian yang dijual di pasaran memiliki ragam jenis dan gaya. Ada pula celana jeans yang dibuat lebih ketat atau lebih longgar sesuai dengan minat pasar.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis dan ragam celana  jeans sebelum membelinya. Dilansir dari cosmopolitan.com, ada lima gaya celana jeans yang harus Anda tahu.

Skinny Jeans

Skinny jeans merupakan jenis celana jeans yang ketat dan membentuk bagian kaki Anda. Celana ini bagian yang ketat di celana ini dimulai dari pinggang hingga mata kaki. Namun, celana jeans ini justru lebih longgar di bagian pergelangan kaki sehingga kaki Anda bisa masuk dengan pas ke dalam celana ini.

Flare Jeans

Bentuknya yang lebar di bagian bawahnya membuat celana jeans ini disebut juga dengan celana lonceng. Biasanya, celana tipe ini dihiasi dengan rumbai-rumbai. Celana ini sempat populer di era 1970-an dan menjadi salah satu referensi untuk gaya bohemian.

2 dari 3 halaman

Cigarette Jeans

Ciri-ciri jeans ini, celana hanya ketat di bagian paha kemudian longgar di bagian betis. Biasanya panjang celana ini hanya mencapai dua hingga lima sentimeter di atas pergelangan kaki. Anda bisa memadukan celana ini dengan sandal bertali agar menghasilkan kesan yang stylish.

Wide Leg Jeans

Bentuk celana ini mirip dengan kulot, hanya saja terbuat dari bahan jeans. Celana ini menjadi populer beberapa tahun belakangan ini karena tidak ketat dan nyaman dipakai. Biasanya, celana ini hadir dengan bagian pinggang yang sedikit tinggi dan dilengkapi dengan ikat pinggang dari bahan yang sama.

3 dari 3 halaman

Boyfriend Jeans

Bentuknya yang fit namun tidak terlalu ketat membuat celana ini dianggap memberikan kesan nyaman ketika dipakai. Bagian bawah celananya pun kadang dijahit dengan gaya tergulung. Celana ini bisa menghasilkan kesan yang kasual namun tetap terlihat chic.

High Rise Jeans

Celana ini pernah menjadi tren di kalangan ibu-ibu di era 1980-an. Sekarang, celana jeans ini tampil dengan lebih modis dan bisa dipadukan dengan atasan seperti crop top atau sweater. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan Anies

JakartaJembatan Penyeberangan Orang (JPO) dengan desain artistik di GBK dan Bunderan Senayan siang tadi resmi dibuka Gubernur DKI Anies Baswedan. Seperti apa ‘sensasinya’ saat menjajal JPO yang instagramable ini?

Sekitar pukul 18.00 WIB, Kamis (28/2/2019), lampu warna-warni di JPO GBK sudah menyala. Warna hijau, ungu, merah, hingga kuning menyala bergantian membuat JPO itu jadi menarik perhatian.

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Beberapa pejalan kaki yang melintas di trotoar di sisi GBK asyik berfoto dengan latar belakang JPO yang dibangun menggunakan koefisien luas bangunan (KLB) tersebut. Sementara itu, pelican crossing yang tadinya ada saat JPO direvitalisasi, kini sudah ditutup.

Penyeberang jalan dan pengguna TransJakarta sekarang sudah bisa melintasi JPO yang tetap mempertahankan jalur landai. Kini ada papan petunjuk di jalan masuk JPO yang berisi hal-hal yang boleh dan dilarang dilakukan. Beberapa di antaranya adalah pengguna dilarang merokok, wajib melipat sepeda, hingga pemberitahuan bahwa JPO dilengkapi dengan CCTV. Ada juga larangan bersandar dan memanjat di JPO.

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Naik ke JPO, jalur landainya kini bukan lagi besi. Di antara pengguna yang lalu lalang, ada beberapa orang yang asyik menikmati JPO baru ini dengan cara berfoto. Ada yang selfie dengan ponsel, ada pula yang membawa kamera dan berpose di tengah JPO.

Lima orang petugas Satpol PP tampak lalu lalang di JPO. Sejauh mata memandang, tidak ada pedagang kaki lima di JPO ini. Tempat sampah tersedia di beberapa pojok.

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Ada papan di salah satu sisi JPO yang berisi pesan dari Anies dan makna dari desain JPO tersebut. Begini isinya:

Atas berkat rahmat Allah SWT, Jembatan Penyeberangan Orang ini diresmikan.

“Berjalan kaki, termasuk di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) bukanlah sekadar menuju pekerjaan, mencari penghidupan, atau menuju pulang dan menunggu hari kerja berikutnya.

Berjalan kaki bukanlah sekadar perjalanan, nanun juga harus menjadi pengalaman. Itulah gagasan yang menjadi dasar mengapa jembatan penyeberangan orang dan trotoar perlu dirancang dengan desain yang unik.”

Anies Rasyid Baswedan, Ph.D
(Gubernur DKI Jakarta)

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Gelora

Simbolisasi dari gejolak dan semangat bangsa Indonesia untuk terus maju dan berkembang.

Representasi dari semangat olahraga yang menjadi ciri khas kawasan area Senayan.

Cincin gelora berupa bidang-bidang pipih berwarna putih dipilih selain untuk optimalisasi cahaya matahari yang dipantulkan ke atas jembatan, juga untuk menangkap transformasi cahaya yang dinamis dari pagi sampai sore hari, hingga munculnya pencahayaan buatan di koridor Sudirman

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

(imk/imk)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Begini Cara Identifikasi Awal 5 Penyakit Berbahaya yang Sulit Diobati

Liputan6.com, Jakarta – Datangnya penyakit ditandai oleh perubahan di tubuh. Seperti suhu tubuh yang meningkat, dan tenaga yang terkuras, mengakibatkan si penderita lemas.

Namun, penyakit bukan hanya ditandai oleh gejala yang membuat Anda tidak berdaya. Kadang-kadang, perubahan kecil bisa mengindikasikan ada yang tak beres dengan sistem di tubuh Anda.

Ada sejumlah penyakit berbahaya yang kerap menyerang dan dialami oleh manusia. Beberapa penyakit ini sebenarnya dapat diindetifikasi lebih awal sebelum akhirnya menyebar dan membahayakan tubuh.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (25/2/2019), berikut 5 cara identifikasi awal sejumlah penyakit yang membahayakan tubuh:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi akibat tingginya kadar gula (glukosa). Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Untuk mendeteksi penyakit ini, seseorang bisa melakukan identifikasi. Beberapa gejala awal bisa Anda amati sehingga bisa melakukan tindakan awal.

Ciri-ciri tersebut di antaranya, sering buang air kecil, penurunan atau kenaikan berat badan, tanpa alasan, penglihatan kabur, tingkat kehausan yang intens, kelaparan konstan, memar dan luka yang perlahan sembuh, kelelahan dan mati rasa serta rasa sakit di tangan.

3 dari 6 halaman

2. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa dan melanosit.

Gejala kanker kulit yang paling umum adalah:

– Kulit tebal dan merah dengan bercak keperakan

– Kemerahan pada wajah dan leher

– Mengalami penyakit kuning

– Munculnya tahi lalat baru

4 dari 6 halaman

3. Penyakit Otot dan Sendi

Terkadang, penyakit otot atau nyeri sendiri bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, penyakit semacam ini tidak dapat disepelekan.

Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka bisa berbahaya. Karena dapat terjadi konstan dan terus menerus.

Gejala penyakit sendi atau otot adalah:

– Nyeri otot yang konstan

– Mati rasa atau kesemutan

– Pembengkakan, peradangan, kaku, atau kemerahan di dalam atau di sekitar sendi

– Berkurangnya rentang pergerakan sendi

5 dari 6 halaman

4. Penyakit Paru-Paru

Ada sejumlah jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Mulai dari kanker, bronkitis hingga paru-paru basah. Sejumlah penyakit ini bisa diidentifikasi dengan sejumlah cara.

Mulai dari:

– Batuk darah- Batuk kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

– Sulit bernafas

– Sesak napas

– Nyeri dada kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

– Produksi lendir kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

6 dari 6 halaman

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit mematikan yang menyerang wanita ataupun juga pria. Di Indonesia sendiri kanker payudara juga jadi ancaman.

Berikut tanda-tanda awalnya:

– Nyeri atau nyeri payudara yang tidak biasa

– Perubahan kulit puting atau payudara

– Penebalan di dekat atau di payudara

– Penebalan di area ketiak

Memahami Ciri Gaya 4 Personel BLACKPINK yang Sering Bikin Salah Fokus

Liputan6.com, Jakarta – Berbicara tentang K-POP tidak dapat melewatkan mode yang digunakan para member BLACKPINK. Dikenal karena gerakan tarian yang selaras dengan lagu-lagu yang menarik. Tak terlewatkan juga gaya busana yang mencolok.

Melansir dari laman star2.com, penampilan para member BLACKPINK Lisa, Jisoo, Jenny, dan Rose selalu membuat terpana. Salah satu akun Instagram yang memberikan info mengenai fashion yang digunakan BLACKPINK adalah @blackpinkcloset.

Dalam akun tersebut memberikan beberapa fakta mengenai busana yang digunakan BLACKPINK. Seperti yang dikatakan Stylist Choi Kyoung-won, “Grup ini lebih disukai oleh orang-orang yang mengikuti mode. Mereka untuk gadis yang tahu.”

Berikut penampilan member BLACKPINK yang memiliki perbedaan. Style model masing-masing dari mereka di sesuaikan dengan kepribadian.

2 dari 5 halaman

Jennie

Dikenal sebagai “manusia Chanel” karena kecintaannya pada merek ternama dan kerjasamanya dengan brand tersebut, Jennie memiliki fashion kelas atas terlihat sangat baik. Meski begitu, ia juga dikenal memiliki kemampuan memadukan merek-merek fashion atas dengan busana streetwear,

Yang paling tidak terlupakan dari Jennie adalah memiliki sekitar 22 perubahan kostum dalam waktu kurang dari tiga menit?  Ya, itu adalah jumlah pakaian yang berbeda yang dia miliki untuk perilisan single pertamanya Solo.

3 dari 5 halaman

Jisoo

Dikenal sebagai Miss Korea oleh para Blinks (fans dari BLACKPINK), Jisoo adalah visual dari grup. Dengan jenis penampilan yang disukai oleh orang Korea Selatan, Jisoo selalu tampil seperti pahlawan wanita dalam drama atau sebagai ratu kecantikan. Gaya busananya manis dan feminim semanis kepribadiannya.

4 dari 5 halaman

Rose

Vokalis utama BLACKPINK, Rose mungkin memiliki gaya yang paling relatable. Penampilannya cenderung lebih kasual dan minimalis. Warna-warna monokrom dan aksesori sederhana akan meringkaskan penampilannya. Dia tidak takut menggunakan baju dengan model aneh dan motif bunga. Walau begitu, Rose juga sering tampil klasik.

5 dari 5 halaman

LISA

Anggota termuda BLACKPINK dan berasal dari Thailand adalah Lisa. Perempuan yang memiliki nama lengkap Lalisa Manoban memiliki jumlah pengikut Instagram paling banyak, yaitu 15 juta. Gayanya yang sedikit boyish dengan celana kargo, baju crop, topi dan sejumlah rantai dapat dilihat di pakaian Lisa. Ini tidak berarti dia tidak mengenakan gaun, dia bisa memakai dress mini berpotongan sequinned dan gaun. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah

Offroad, Wisata Kuliner, dan Bakti Sosial Jadi Kisah Seru IOX 2019 Andalas

Liputan6.com, Bukittinggi – Indonesia Off-road eXpedition (IOX) 2019 ketujuh yang berlangsung 16 hari, dari 9 hingga 24 Februari 2019, menempuh jarak 1.400 Km dari Medan ke Bukit Tinggi. Event ini kembali berjalan sukses selama waktu penyelenggaraan.

Setelah sebelumnya di hadapkan dengan rute ekstrem di Sumatera Utara, para peserta IOX 2019 Andalas langsung mendapatkan keramahan masyarakat serta kuliner saat memasuki wilayah Sumatera Barat.

Tim peserta IOX 2019 Andalas menjadikan Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai basecamp. Lokasi itu base camp tim yang terakhir sebelum semua peserta yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat masuk ke garis finis di Bukittinggi.

Selama perjalanan dari Sumatera Utara ke Sumatera Barat, para peserta IOX 2019 Andalas merasakan sekali perbedaan budaya diantara kedua provinsi tersebut, termasuk kulinernya. Setelah menikmati keindahan alam Lembah Harau, peserta kembali digiring Syamsir Alam, Team Leader IOX 2019 Andalas memasuki trek super ekstrim ke Buluh Kaso dan Taram.

Walau trek pendek namun tingkat tantangannya termasuk tinggi karena harus melalui tanjakan tajam dan rawa yang dalam. Trek ini ternyata tidak mudah dilalui peserta. Banyak peserta yang rontok karena mengalami kerusakan baik winch dan mesin. Beberapa kendaraan rusak tidak bisa jalan akibat terendam air rawa yang dalam.

Selain melakukan petualangan off-road, IOX 2019 Andalas tidak melupakan bakti sosial ke lingkungan terpilih yang terpencil yang dilaluinya . Bekerja sama dengan Kodam Bukit Barisan, IOX melakukan bakti sosial pada beberapa sekolah dan juga pengobatan yang disediakan oleh Kodam Bukit Barisan. Peserta IOX juga secara spontan membantu pembangunan kembali sebuah masjid tua yang runtuh di Payakumbuh.

2 dari 3 halaman

Dapat Pujian

Seluruh peserta off-road IOX 2019 Andalas, yang terdiri dari 81 kendaraan 4×4 dan 73 motor dirt bike, direncanakan finis di area Jam Gadang, yang baru direnovasi, di Bukit Tinggi pada hari Minggu (24/2/2019), mengakhiri petualangan off-road dan wisata sejak 16 hari yang lalu.

IOX 2019 Andalas mendapat pujian dari jurnalis asing media kelas dunia yang ikut meliput event sejak start di Medan. Fred M Krijsman, yang menjadi kontributor media otomotif dunia seperti Autobild Jerman dan Landmag Perancis sekaligus pengelola situs www.xtreme-adventure, mengaku puas mengikuti event IOX 2019 Andalas. “IOX 2019 Andalas mampu menjaga standard yang tinggi atas pelaksanaan event off-road super ekstrim yang selama ini menjadi ciri khas IOX” kata Fred M Krijsman, jurnalis asal Belanda ini.

3 dari 3 halaman

Pemandangan Alam

“Trek dan pemandangan alam Sumatera yang indah, budaya lokal Sumatera Utara dan Barat yang berbeda dan menarik serta penduduk lokal dan peserta IOX yang menyenangkan membuat perjalanan 16 hari ini terasa menyenangkan,” ungkap Fred yang telah meliput event IOX sejak 2012.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Operasi Penyelamatan Pahu di Kalimantan

Liputan6.com, Balikpapan – Pagi-pagi, Pahu (20) terlihat bersemangat menapaki sekeliling boma, kandang buatan hutan Kelian Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim). Sesekali badak betina seberat 356 kilogram ini mengendus sekaligus menukil tanah mempergunakan moncongnya di kubangan lumpur.

Hewan mamalia besar bernama latin decerorhinus sumatrenis ini sepertinya sedang mencari sisa makanan.

“Pagi hari memang merupakan jadwalnya masuk kandang rawat untuk meminta makan,” kata Koordinator Tim Rescue Badak Kalimantan, Arif Rubianto, beberapa waktu lalu.

Rutinitas Pahu memang seperti itu setiap paginya. Badak Sumatra ini gemar menikmati ragam pakan dedaunan dan buah buahan khas Kalimantan. Satwa langka yang ditemukan di Kubar ini menyukai tiga jenis makanan, yakni rumpun semak, akar pohon (liana), dan buah nangka.

Kedatangan pawang sembari membawa keranjang pakan pun tidak luput perhatiannya. Salah seorang keeper tim rescue ini cukup mencicit menirukan bunyi persis disuarakan badak. Suaranya persis lumba-lumba yang dibunyikan terus menerus.

“Kadang kala suaranya seperti kicauan burung,” papar Arif.

Seolah paham panggilan makan, Pahu setengah berlari memasuki kandang. Badak Sumatra ini lahap menikmati pakan segar kegemarannya.

Kala badak asyik bersantap dimanfaatkan tim medis mengobservasi kesehatan fisiknya. Seluruhnya diperiksa, mulai ujung kepala hingga setiap pangkal buku kakinya.

Kesimpulannya, badak Pahu dalam kondisi prima. Kesehatannya terus membaik terlihat dari peningkatan signifikan berat badannya menjadi 356 kilogram. “Berat badan badak semula hanya 320 kilogram.  Sekarang sudah naik dan kesehatannya normal,” ungkap Arif.

Selama tiga bulan terakhir, Pahu memperoleh penanganan khusus dari tim medis maupun pawang. Tidak sembarang orang diperkenankan berinteraksi dengan badak yang statusnya sangat terancam ini. Salah satu alasannya, menjaga agar badak tidak berlaku jinak terhadap manusia.

“Nantinya badak akan dilepaskan di alam liar. Hanya keeper khusus yang boleh memberi makan mempergunakan tangan. Petugas lainnya dilarang mendekati pagar perawatan,” ujar Arif.

Selesai memperoleh perawatan, Pahu lantas dibiarkan kembali ke kandang utamanya berukuran 50 x 80 meter. Tempat dimana ia menghabiskan waktunya seharian bermalasan.

2 dari 3 halaman

Badak di Belantara

Kegiatan badak terbilang monoton, berkubang dalam lumpur, menggosok badan, makan siang, berendam air, tidur siang, makan sore, tidur malam hingga dilanjutkan pagi harinya.  

“Seluruh aktifitasnya terekam dalam cctv di pagar kandang,” ungkap Arif.

Selama itu pula, mereka mengidentifikasi ciri fisik badak setinggi 101 centimeter dan berat 356 kilogram. Ukuran badannya terbilang kerdil bila dibandingkan sejawatnya badak sumatra berukuran lebih kekar setinggi 145 centimeter dan berat 800 kilogram.

Selain itu, gigi seri badak kalimantan saat dihitung sebanyak empat buah, sedikit lebih banyak dari badak sumatra hanya dua buah.

Uniknya lagi, ciri fisik badak kalimantan pun berbeda dengan kerabat dekatnya, badak di Sabah Malaysia. Badak negeri jiran sedikit lebih besar dengan tinggi 120 centimeter dan berat 550 kilogram.

Hanya memang, kajian genetiknya menempatkannya dalam rumpun populasi badak sumatera. Soal keberadannya ribuan kilometer di Kalimantan masih misteri. Belum ada penjelasan ilmiah keberadaan badak Sumatera di Kalimantan.

Pahu sendiri terperangkap lubang jebakan tim rescue di sekitar Sungai Kedang Pahu Kabupaten Kubar Kaltim, November lalu. Lokasi penemuan badak berdekatan dengan Sungai Pahu yang merupakan salah satu anakan Sungai Mahakam.

Nama sungai ini lantas diabadikan sebagai nama temuan badak kalimantan.

Penangkapannya merupakan prestasi sendiri mengingat tim berjibaku memburu badak kalimantan sejak tiga tahun terakhir. Mereka awalnya hanya menelusuri mitos soal keberadaan satwa langka badak di belantara.

Selama bertahun tahun, masyarakat Kaltim mendengar rumor kawanan badak. Informasinya bersumber dari warga adat dan pegawai perkebunan. Sayangnya memang belum ada bukti otentik keberadaannya.

Titik terang fakta keberadaannya mulai terkuak dua tahun silam, bulan Maret 2016. Tim rescue mendapati badak berusia 10 tahun terjerat senar jebakan pemburu. Badak malang lantas di evakuasi ke kantong populasi I Kubar.

Sayangnya, badak dinamai Najag ini gagal bertahan hidup. Badak sumatra ini menderita infeksi akut di kaki kirinya dimana terdapat luka jeratan sedalam 1 centimeter.

Peristiwa ini sepertinya menjadi pembelajaran tim rescue badak. Mereka akhirnya extra hati hati dalam penyelamatan penanganan badak yang populasinya diperkirakan tersisa tiga ekor di Kalimantan.

“Petugas rescue ada 40 orang yang mengawasi aktifitas badak selama 24 jam,” tutur Arif.

3 dari 3 halaman

Mencarikan Jodoh Pahu

Tim rescue ini pun akhirnya memperluas area pemantauan hingga masuk perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Kerja kerasnya terjawab dengan ditangkapnya Pahu di suatu kawasan di Kalbar.

Saat bersamaan, penggiat lingkungan sedang mengupayakan aktifasi pembangunan suaka badak seluas 6.700 hektare berlokasi di Kelian Kubar. Lokasi suaka ini nantinya bisa menjadi pusat perkembangbiakan satwa badak di Kalimantan.

“Temuan Pahu menjadi awal pembibitan badak,” ungkap Arif.

Sementara ini, sudah tersedia sarana kandang khusus perawatan, pembibitan, dan infrastruktur tim rescue lapangan. Secepatnya akan ditambah sarana baru seperti pedok, kandang rawat, karantina, klinik satwa, pondok pawang, pembibitan pakan, dan infrastruktur.  

Manusia harus campur tangan aktif dalam upaya penyelamatan keberlangsungan badak di Kalimantan. Proses perkembangbiakan diupayakan dengan mengawinkan spesies badak yang sama. Tugas utama adalah mencarikan badak jantan dijodohkan dengan Pahu.

“Ini program jangka panjang yang akan berlangsung selama 25 hingga 100 tahun kedepan,” tegasnya.

Tim rescue mencari kelompok kawanan Pahu yang masih tersisa. Bukan perkara gampang mengingat luasnya medan harus dijangkau. Apalagi mereka mengejar waktu dengan para pemburu liar.

Tim rescue memasang lubang jebakan di sejumlah lokasi perlintasan badak. Pemasangan jebakan diperluas hingga memasuki wilayah perbatasan di Kaltara dan Kalteng. “Kalau ada badak pejantan akan dikawinkan dengan Pahu,” sebutnya.

Di sisi lain, tim pun berjibaku membaca berbagai informasi dari camera trap sudah terpasang. Petugas melawan berbagai kendala seperti faktor cuaca, sulitnya medan hingga non teknis. “Sebelum turun di lapangan ada pelatihan dulu bagi pemula,” tuturnya.

Kalimantan Program Director WWF Indonesia Irwan Gunawan mengabarkan, Pahu merupakan sub spesies badak baru dunia. Badak ini memiliki kekerabatan yang erat dengan badak sumatra. Uji tes DNA sedang dilakukan guna memperkuat teori genetik badak ini.

“Ada kecenderungan temuan sub genetis spesies baru badak,” ungkapnya.

Irwan mengatakan, keberadaan badak kalimantan terungkap berkat masifnya eksploitasi sumber daya alam di Kalimantan. Sejumlah wilayah jelajah badak sudah beralih rupa menjadi kawasan terbuka seperti pemukiman warga, pertambangan, dan perkebunan.

Hanya saja memang populasi badak ini berada dalam ambang gawat nyaris punah. Soal ini, WWF menjadi salah satu non goverment organization (NGO) yang mendorong realisasi pembentukan lokasi suaka di Hutan Restorasi Kelian Kubar.

Pihak pemerintah, dalam hal ini Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Sunandar tetap menguatarakan optimisnya dalam upaya penyelamatan badak. “Populasi kemungkinan badak masih tersisa 10 hingga 12 ekor. Keberadannya tersebar merata di seluruh hutan Kalimantan,” sebutnya.

Lokasi dugaan kuat perlintasannya sudah diketahui, hanya belum bisa di publikasi. Khawatirnya merangsang pihak lain melakukan perburuan.

Seluruh badak badak nantinya akan direlokasikan ke Hutan Kelian Kubar. Hutan ini menjadi pusat perkembangbiakan berkelanjutan badak kalimantan. Campur tangan manusia diharapkan mendorong populasinya menjadi 20 ekor.

Langkah terakhir adalah menetapkan lokasi hutan tempat pelepasliaran kawanan badak. BKSDA Kaltim menghubungi sejumlah daerah yang menyatakan kesediannya menjadi lokasi pelepasliaran badak. “Ada beberapa daerah bersedia menjadi lokasi pelepas liaran badak,” tegasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Titik Terang Penemuan Jasad Perempuan dalam Karung di Perairan Jepara

Liputan6.com, Kendal – Polisi memastikan jasad perempuan dalam karung yang ditemukan di sekitar perairan Teluk Awur, Kabupaten Jepara, Jumat (22/2), sebagai Sri Setijawati (48), korban pembunuhan yang dibuang ke Sungai Kalibodri Kendal.

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappita mengatakan, hal tersebut dibuktikan dengan pemeriksaan sidik jari korban yang dicocokkan dengan data kependudukan.

Dalam pencocokan sidik jari tersebut, lanjut dia, terdapat 18 titik persamaan yang disimpulkan identik dengan korban Sri Setijawati. Adapun dari ciri-ciri fisik didapati bakas luka tusuk di leher serta pinggang. Diduga korban pembunuhan.

Korban sendiri sempat di bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Semarang untuk diautopsi, sebelum akhirnya diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan, Sabtu (23/2/2019) dilansir Antara.

Sebelumnya diberitakan, sesosok jasad perempuan dalam karung yang ditemukan di sekitar perairan Teluk Awur, Kabupaten Jepara, Jumat (22/2).

Sri Setijawati warga Kota Semarang, diduga dibunuh oleh Ashar warga Perumahan Witjitraland, Kabupaten Kendal pada 13 Februari 2019.

Belum diketahui pasti alasan pelaku menghabisi korban di rumahnya dengan menusuk lehernya.

Korban sendiri sempat disimpan di sebuah rumah kosong selama tiga hari sebelum akhirnya dibuang ke sungai. Pelaku pembunuhan sendiri menyerahkan diri dengan di antar keluarganya ke polisi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

JK: Negeri Aman Jika Pemerintah Tak Otoriter dan Nepotisme

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan suatu negara akan hancur jika memiliki ciri yang otoriter dan nepotisme. Tetapi JK bersyukur Indonesia tidak ada kedua ciri tersebut. Sebab, dia menjelaskan, semasa menjabat bersama Presiden Joko Widodo selama 4 tahun, segala sesuatu dirapatkan terlebih dahulu.

“Jadi insyallah, negeri ini akan aman apabila ini pemerintahan berlanjut tanpa dengan tadi ciri-ciri. Apabila ada ciri-ciri yang ingin nepotisme dan dengan otoriter itu awal kebangkrutan suatu negara,” kata JK di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/2/2019).

Dia menceritakan, selama bersama Jokowi tidak pernah berbicara pribadi terkait proyek. Artinya, kata JK, pemerintahannya dilakukan secara demokratis. Tidak ada kepentingan satu sama lain.

“Kita tahu semua, anaknya tidak ada yang bekerja untuk katakanlah proyek-proyek pemerintah. Yang satu bicara tentang berdagang pisang, yang satu berusaha di bidang martabak. Berbeda dengan zaman dahulu, punya proyek ini, punya proyek itu. Beliau tidak,” kata JK.

2 dari 2 halaman

Kasus Venezuela

Dia pun bersyukur Indonesia tidak seperti Venezuela yang otoriter, korupsi dan nepotisme. Sebab apa pun itu, kata JK selalu diputuskan bersama-sama.

“Kita Alhamdullilah, kita tidak selalu bicara otoriter karena segala selalu harus dirapatkan terlebih dahulu,” kata JK.

Dia menjelaskan Venezuela dulu sangat kaya tetapi memiliki pemerintahan yang otoriter dan nepotisme membuat inflasi 1,5 juta pertahun. Ingin membeli roti pun kaya JK dibutuhkan uang satu karung.

“Seperti itu, kita maksimal di waktu krisis 70 persen. Ini satu juta persen. Inilah yang menggambarkan bahwa insyallah kita akan mengalami situasi yang lebih baik. Apabila kita konsekuen untuk memilih pemimpin yang tidak otoriter dan tidak nepotisme,” ungkap JK.

Hal itu kata JK yang menjadi pegangan Indonesia. Dan tidak akan terulang seperti zaman Presiden ke-2 RI Soeharto.

“Itu yang menjadi pegangan kita semua, sebagai contoh daripada bagaimana Pak Harto jatuh. Akibat hal-hal tersebut,” ungkap JK.


Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Luhut Sindir Prabowo Soal Harga Telur, BPN: Nggak Ada yang Mustahil

Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyindir soal sosok yang mau menurunkan harga beras hingga telur dalam kurun 100 hari. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyindir balik Luhut.

“Makanya nggak bisa asal kerja. Nggak bisa tuh, cuma kerja, kerja, kerja saja. Kita tuh harus kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas. Kalau cuma asal kerja ya, nggak terarah,” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade kepada wartawan, Jumat (22/2/2019).

Semboyan ‘kerja, kerja, kerja’ merupakan ciri khas Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Andre, Jokowi bekerja tanpa kreativitas.
“Kerja harus mikir dikit. Kalau nggak mikir ya, nggak ada kreativitas,” ujarnya.

Andre mengatakan penurunan harga beras hingga telur dalam kurun 100 hari tak mustahil. Ia menyebut Sandiaga pernah berhasil menjaga stabilitas harga telur di DKI Jakarta saat menjabat sebagai wakil gubernur.

“Nggak ada yang mustahil. Semuanya bisa dilakukan asal pemerintah mau kerja keras. Dulu Sandi sudah pernah melakukan hal itu di DKI Jakarta. Ingat nggak, ketika di beberapa tempat harga telur di atas Rp 30 ribu, tapi Jakarta bisa tetap Rp 19 ribu per kilo. Waktu itu Sandi melakukan terobosan jemput bola. Bahwa rantai distribusi itu dari produsen telur itu dibikin distribusi sederhana, transparan, dan berkeadilan sehingga harga terjaga,” ucap Andre.

“Nah, itu akan kita adopsi supaya bisa berjalan di seluruh Indonesia. Di Jakarta kami buktinya mampu. Makanya, ini lho jangan asal kerja,” imbuh dia.

Sebelumnya, Luhut menyinggung tokoh yang berjanji akan turunkan harga beras hingga telur dalam waktu 100 hari. Dia menilai justru yang terpenting adalah titik keseimbangan.

Luhut mengatakan, jika harga bahan pangan dipaksa untuk diturunkan, maka nasib petani dan peternak justru akan tertekan. “Orang bilang mau nurunin beras, beras diturunin beras, gula diturunin, telur murah, lah petaninya? Kalau berasnya terlalu murah ya costnya ada,” ujar Luhut di Auditorium Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta.

Janji itu disampaikan capres nomor Urut 02 Prabowo Subianto. Dia berjanji akan menurunkan harga telur di program 100 hari kerja jika terpilih jadi Presiden 2019-2024.

Hal itu diutarakannya di hadapan emak-emak yang tergabung dalam Forum Komunikasi Majelis Ta’lim (FKMT) serta relawan Aliansi Pencerah Indonesia (API).

“Kita akan bekerja untuk emak-emak semuanya. Insyaallah kalau hitungan saya harga daging, harga telur, harga ayam, bisa kita turunin dalam 100 hari pertama. Harga beras saya juga feeling hitungan saya bisa kita turunkan,” tegas Prabowo di Desa Bojong Koneng, Bukit Hambalang, Babakan Madang, Bogor, Jumat (8/2).
(tsa/elz)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>