Tim Panel Dugaan Pencabulan Staf Dewas BPJS TK Disetop, Ade Armando Curiga

Jakarta – Kelompok Pembela Korban Kekerasan Seksual (KPKS) mencurigai langkah Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menghentikan Tim Panel dugaan pencabulan yang dilakukan mantan anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Syafri Adnan Baharuddin (SAB) kepada stafnya. Tim Panel itu disetop setelah SAB diberhentikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini sungguh mencurigakan. DJSN menghentikan kerja Tim Panel yang sudah hampir rampung mengumpulkan bukti dan mewawancarai para saksi dan ahli. Tim Panel sudah akan mengumumkan hasil kerja mereka tentang perilaku Syafri pada awal pekan besok, dan tiba-tiba saja DJSN menghentikannya. Saya curiga DJSN sudah terbeli atau tunduk pada kepentingan Syafri,” ujar Koordinator KPKS, Ade Armando dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/1/2019).

Meski demikian, Ade berharap tim panel yang dibentuk akhir Desember 2018 itu tetap mengumumkan temuan tentang dugaan asusila yang melibatkan SAB dengan staffnya berinisial RA.

“Mudah-mudahan Tim Panel tidak ragu untuk menuntaskan kewajibannya, karena ini menyangkut integritas sebuah lembaga yang dibiayai uang rakyat tentang perilaku seorang pejabat nesagara yang dibiayai uang rakyat,” kata Ade.

Disetopnya kerja tim panel lantaran Presiden Jokowi sudah mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan SAB yang mengajukan permohonan pengunduran diri pada 30 Desember 2018. Menurut Ade, DJSN seharusnya tidak melakukan intervensi karena mengundurkan diri.

“Ini tentu dua hal yang berbeda. Tim panel ini dibentuk untuk menyimpulkan apakah perilaku Syafri masuk dalam kategori perilaku tidak pantas atau tidak. Tim sudah bekerja. Seharusnya DJSN tidak mengintervensi hanya karena Syafri mengundurkan diri,” kata Ade.

Proses kerja tim panel, kata Ade sudah mengumpukan beberapa bukti dari saksi-saksi. Saksi dalam penuturan Ade, menyajikan bukti chat WA SAB ke RA berupa kata-kata rayuan. Dia melanjutkan, disetopnya tim panel oleh DJSN menunjukkan ada ketidakobjektifan dan indikasi tidak ingin melindungi pekerja perempuan.

“Tapi ini bukan cerita baru. Dua tahun yang lalu sejumlah deputi di BPJS TK juga melaporkan perilaku tidak pantas oleh Syafri. Tim panel sudah dibentuk dan merekomendasikan penghentian Syafri. Tapi ternyata tidak pernah ditindaklanjuti. Bayangkan, ini semua terjadi karena terduga pelaku dibiarkan bertahun-tahun oleh sesama Dewan Pengawas BPJS TK dan kini juga dilindungi oleh DJSN yang seharusnya berpihak pada korban,” ujar Ade.

Sebelumnya, DJSN memaparkan bahwa Presiden RI melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2019 tertanggal 17 Januari 2019 telah memberhentikan dengan hormat saudara SAB dengan mengacu pada Surat Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Nomor 01/DP/012019 tanggal 2 Januari 2019 dan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan dan Penetapan Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi serta Calon Pengganti Antarwaktu Dewan Pengawas dan Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

“Dengan adanya Surat Keputusan Presiden tersebut, proses Tim Panel dihentikan dan selanjutnya DJSN akan mengusulkan pada Presiden, untuk membentuk panitia seleksi untuk pengisian jabatan anggota Dewas BPJS Ketenagakerjaan yang kosong,” kata Plt Ketua DJSN, Andi Zainal Abidin Dulung dalam keterangan tertulis.
(idn/imk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Inspirasi Kata-Kata Lucu Buat Status Facebook, Receh Parah

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini kehadiran media sosial mempermudah komunikasi dengan keluarga, sahabat, dan pacar. Selain itu, media sosial juga digunakan untuk mencari hiburan di kala pikiran sedang penat. Facebook adalah salah satu media sosial yang kerap digunakan orang-orang untuk berkomunikasi satu sama lain.

Facebook menyediakan platform bagi penggunanya untuk berbagi pendapat melalui status, atau hanya sekedar membagi kabar bahagia sehingga membawa pengaruh positif kepada yang membaca status tersebut. Tak hanya itu, melalui Facebook penggunanya juga bisa melakukan telepon antar kota, negara, maupun benua.

Selain digunakan untuk berkomunikasi, pengguna Facebook biasanya menggunakan akunnya untuk mencari informasi. Bisa seputar kejadian yang sedang viral, atau bisa juga untuk mengikuti tren fashion yang sedang hits dan kekinian.

2 dari 7 halaman

Manfaat Facebook

Selama ini, beberapa pihak sering mengaitkan Facebook dengan dampak buruk terhadap kehidupan sosial orang-orang. Namun nyatanya, Facebook juga memberikan beberapa manfaat tak terduga bagi kehidupan seperti Liputan6.com lansir dari Live Science berikut ini, Sabtu (19/1/2019).

1. Menyediakan lapangan pekerjaan

Sudah banyak orang yang menggunakan Facebook untuk membantu melancarkan usaha atau bisnis mereka. Facebook memang merupakan salah satu media pemasaran yang mudah, murah, dan efektif.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Sebuah penelitian dari Cornell University menyatakan dengan memperhatikan tampilan dinding akun Facebook, maka seseorang akan lebih percaya diri. Hal tersebut disebabkan oleh segala bentuk tampilan terbaik seseorang benar-benar dimaksimalkan ketika diposting dalam dinding Facebook. Contohnya, menciptakan kata-kata lucu buat status Facebook sehingga membuat orang yang membacanya terhibur.

3. Meningkatkan harga saham

Bagi orang-orang yang sudah memiliki bisnis besar, memiliki akun Facebook dan aktif menggunakannya juga bisa membantu meningkatkan harga saham perusahaan yang mereka miliki. Sebab Facebook secara tidak langsung meningkatkan nama besar perusahaan seseorang dan dirinya sendiri.

4. Meningkatkan produktivitas

Sebuah studi dari University of Melbourne, sudah pernah membuktikan para karyawan yang diberikan kesempatan untuk mengakses Facebook selama 10 menit saja ketika bekerja akan meningkatkan produktivitas mereka.

5. Membantu menemukan jodoh

Manfaat terakhir dari Facebook bagi kehidupan sosial adalah membantu menemukan jodoh yang selama ini dicari-cari. Hal ini karena Indonesia adalah pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia. Oleh karena itu, melalui Facebook, kamu mungkin dapat menemukan jodoh asal tidak salah pilih.

3 dari 7 halaman

Status Facebook Saat Galau

Berikutnya, Liputan6.com turut memberikan inspirasi kata-kata lucu buat status Facebook yang bisa kamu gunakan untuk menghibur teman-temanmu seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

– Dan sebenarnya, pacar orang adalah pacar kita juga, karena kita juga kan orang.

– Sudah tiga hari nggak makan apa apa. Soalnya nggak ada yang ngingetin aku makan.

– Jika suatu hari aku lihat kamu pake mobil mewah, aku paling cuma bisa nunduk. Karena aku… pakai helikopter.

– Apa aku harus chat Assalamualaikum biar kalau nggak kamu balas, kamu yang dosa?

– Tikungan itu ada dua, ke kanan dan ke kiri. Nikung juga ada dua, ke teman dan sahabat sendiri.

– Kamu mah enak LDR beda kota, beda negara, lah aku beda perasaan.

4 dari 7 halaman

Status Facebook Saat Jatuh Cinta

– Kalau naik motor sama kamu pasti ditilang polisi deh. Soalnya kita selalu bertiga, aku, kamu, dan cinta.

– Cinta aku ke kamu bagaikan ban kereta api yang nggak mungkin kempes.

– Dunia ini cuma milik kita berdua, sayang. Yang lainnya cuma ngontrak.

– Kenapa kamu macarin sepeda? Karena dia bike.

5 dari 7 halaman

Status Facebook Dijamin Ngakak

– Jangan pernah kasih izin orang lain panggil kamu ‘Say’. Karena itu bisa jadi bukan sayang, tapi Sayton.

– Sayang, bekerjalah seperti tuyul. Nggak kelihatan, nggak perlu pujian, nggak cari perhatian, tapi hasil jelas.

– Jatuh cinta hanya pada pandangan pertama, illfeel pada pandangan berikutnya.

– Sukses itu dimulai dari diri sendiri. Bukan dari ‘0’. Memangnya isi bensin.

6 dari 7 halaman

Buat Status Facebook Tentang Kehidupan

– Saya bekerja keras karena sadar kalau uang nggak punya kaki buat jalan sendiri ke kantong saya.

– Kenapa sih perempuan kalau lihat tas di toko selalu bilang ‘ih tasnya lucu’ , padahal tasnya diam saja nggak lagi ngelawak.

– Pertanyaan bertahun-tahun yang sampai sekarang masih belum ditemukan jawabannya: “Nanti mau makan apa?”

– Uang memang tak menjamin kebahagian seseorang. Tapi kalau tak punya uang, kebahagiaanmu lebih tak terjamin lagi.

– Pengen jadi orang kaya biar kalau pengen makanan bilangnya vegetable mix with peanut sauce bukan gado-gado.

– Pada update ucapan Selamat Hari Ibu. Giliran disuruh ibu beli tempe ke warung saja malas-malasan.

7 dari 7 halaman

Buat Status Facebook Receh

– Permasalahan hidup: pas mau tidur susah, pas bangun tidur lebih susah.

– Apa benar kalajengking kalau menikah istrinya jadi kalajengqueen?

– A: Malem minggu kok nggak keluar, mblo?

  B: Keluar kok malem minggu doang, miskin?

– Lihat orang nguap, langsung nguap juga. Tapi kenapa liat orang kaya saya tidak kaya juga?!

– Buat kamu yang sering dipanggil ‘beb’ sama dia. Mungkin maksudnya adalah ‘beban’.

– Apa benar kalau orang Batak nikah sama orang Bogor anaknya jadi batagor?

– DJ apa yang bikin nyesek? Djadiin temen doang kagak lebih.



Reporter: Yunisda Dwi Saputri

35 Kata-kata Buat Mantan Terindah yang Sulit untuk Dilupakan

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan tentu ingin memiliki hubungan yang berjalan baik-baik saja tanpa harus mengakhiri di tengah jalan. Namun, kalau memang suatu hubungan sudah tidak lagi baik untuk dilanjutkan, maka mengakhiri adalah jalan yang terbaik.

Saat menjalin suatu hubungan, kamu harus siap dengan segala kemungkinannya, bisa menjadi manten atau malah berakhir jadi mantan. Kalau berjodoh, pada akhirnya tentu saja melanjutkan ke jenjang pernikahan. Kalau tidak, berarti memang harus terima nasib hanya sebagai mantan saja.

Dengan mengakhiri sebuah hubungan, di situlah statusmu maupun dia akan berganti menjadi mantan. Namanya putus cinta memang menyakitkan, kadang masih ada perasaan ingin kembali merajut hubungan karena masih cinta.

Tak selalu bisa kembali merajut hubungan yang dulu pernah terjalin, kamu merasa dirinya adalah mantan terindah. Ya, karena sosok dirinya lah yang sehari-hari memberikan momen terindah dalam hidupmu.

Itu sebabnya, terkadang kamu masih mengingat tentang dirinya. Di masa-masa baru mengakhiri hubungan, atau bahkan sudah lama, biasanya ada saja kenangan indah yang tiba-tiba muncul begitu saja jika masih ada kaitan dengan dirinya. Baik itu parfumnya, tempat favorit makan atau sesuatu yang bisa membangkitkan memorimu dengan dirinya.

Nah, kalau kamu masih suka memikirkan mantan, atau ingin memulai obrolan dengannya, mungkin dengan mengirimkan kata-kata buat mantan ini bisa digunakan. Kata-kata buat mantan ini bisa kamu gunakan untuk memulai obrolan di chat lho. Berikut kata-kata buat mantan terindah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/1/2019).

2 dari 3 halaman

Sudah Mantan Tapi Masih Sayang

1. Cinta memang layak diperjuangkan, tapi menjadi tak layak jika kamu memperjuangkannya sendirian.

2. Biarkanlah hubungan itu pergi, simpanlah pelajarannya.

3. Terkadang kamu harus melupakan apa yang kamu rasakan dan mengingat apa yang pantas kamu dapatkan.

4. Luka hati mungkin tak akan bisa sembuh. Tapi, kita tidak bisa hanya duduk dan memandangi luka itu selamanya. –Haruki Murakami

5. Bertahan artinya Anda percaya akan masa lalumu. Melepaskan artinya Anda percaya akan adanya masa depan yang baru. –Dephne Rose Kingma

6. Memang harus kuakui, aku sangat merindukanmu. Dunia ini terasa begitu sepi tanpa adanya dirimu di dekatku. –Lemony Snicket

7. Perpisahan begitu menyakitkan ketika cerita belum usai, tapi kita harus menutup bukunya.

8. Aku dan dia pernah membangun mimpi bersama. Kami akan mmewujudkan mimpi itu bersama juga, kan? Iya, seharusnya. –Dwitasari

9. Kenanganku begitu mencintaimu, bahkan ia selalu bertanya tentangmu.

10. Dia tak akan pernah kembali, bisik pikiranku. Harusnya ia kembali, jerit hatiku. –Rupi Kaur

11. Seandainya aku bisa, aku akan mencintaimu untuk kembali kepadaku sekarang juga.

12. Saya tidak memaksa untuk kau menyayangi saya lagi, tapi saya menuntunmu untuk kembali menyayangiku seperti dulu tapi sepertinya sia-sia.

13. Jika kamu bahagia bersamanya aku rela, tapi saat kamu menangis olehnya, ingat! Aku orang yang pertama menghapus air matamu.

14. Aku tak akan mampu membencimu, karena rasa sayang ini lebih besar dari apapun.

15. Aku merindumu seperti ini, seperti seekor kupu kupu yang terbang ke sana kemari, mencari kelopak bunga matahari, namun tak jua ditemui.

3 dari 3 halaman

Merelakan Mantan Terindah

1. Dia dulu mencintaiku, tapi sekarang sudah tidak lagi. Dan dunia pun tak berakhir karenanya. –Jennifer Weiner

2. Tangannya menjadi pengganti tanganku untuk menuntunmu. Pundaknya menjadi pengganti pundakku untukmu bersandar. Biarlah gemercik gerimis, carik senja, secangkir teh, dan bait lagu menjadi penggantimu.

3. Tidak menahanmu pergi bukan berarti tidak cinta lagi. Hanya saja, terkadang lebih baik melepaskan dari pada memaksa terus bersama. –Boy Chandra

4. Banyak orang yang tidak sadar apa yang mereka punya sampai ia kehilangan. Tapi, itu bukan berarti mereka harus mendapatkannya kembali. –Stephan Labossiere

5. Berhentilah menyebrangi lautan untuk orang yang bahkan tak mau melompati genangan air untukmu.

6. Memang sakit untuk melepaskan, tapi akan lebih sakit lagi jika terus bertahan. 7. Suatu hari nanti, hatiku tak akan sakit saat mendengar namamu.

8. Semua kenangan-kenangan itu hadir kembali, tapi kutahu kamu tidak akan pernah.

9. Dan sekarang, kamu hanyalah orang asing yang tahu segala rahasia-rahasiaku.

10. Kita bermula dari sebuah kata ‘halo’ yang sederhana, tapi berakhir dengan perpisahan yang begitu rumit.

11. Melupakannya sama saja dengan mencoba mengingat seseorang yang belum pernah kamu temui. –Taylor Swift

12. Karena sesuatu yang telah kau pinta untuk kuakhirkan, tak sepantasnya kau mohon kembali untuk kuawalkan. Demikian.

13. Hai mantan, selamat hari kemerdekaan ya. Ohya, kamu tahu? Aku sudah merdeka setelah kepergianmu!

14. Kangen? Iya. Kangen banget malahan. Tapi nggak bisa apa-apa. Selain dipendam dan dipendam.

15. Aku tersenyum di depanmu, bukan berarti aku tidak mau terlihat rapuh, tapi aku hanya ingin kamu tenang melihatku tampak sudah move on.

16. Dulunya kita saling mempertahankan, sampai pada akhirnya kita harus saling melepaskan.

17. Kadang, kita memang harus melepaskan orang yang kita cintai. Demi menjaga hati agar tetap bisa bertahan tanpa rasa sakit.

18. Aku tetap tidak menyesal walau seperti ini akhirnya. Aku ditinggalkan olehmu. Karena dulu, mencintaimu adalah pilihanku.

19. Aku dapat tetap bahagia saat melihatmu bahagia bersamanya. Namun di saat aku mengingat lagi masa itu, tiba-tiba saja aku merasa terluka.

20. Kamu yang dulu begitu aku banggakan, yang begitu aku puja, ternyata sekarang kau yang menoreh luka dalam.



Reporter: Nisa Mutia Sari

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak Lemot

Jakarta – Sebagai layanan pesan populer, khususnya di Indonesia, sangat mungkin WhatsApp menjadi aplikasi yang paling sering dilirik pengguna smartphone setiap harinya.

Nah, yang terkadang jadi perkara adalah bahwa spesifikasi ponsel pun beda-beda, secara khusus dalam hal memori atau kapasitas penyimpanannya. Riwayat chat dan file WhatsApp yang sudah menumpuk bisa saja bikin HP jadi lemot.

Untuk mengecek berapa penyimpanan WhatsApp memakan kapasitas di ponselmu, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini:
Ketuk titik tiga di WhatsApp lalu secara bertahap pilih > settings/setelan > data and storage usage/penggunaan data dan penyimpanan > storage usage/penggunaan penyimpanan.

Di bagian ini storage usage/penggunaan penyimpanan itu kamu akan melihat riwayat chat kamu dibagi berdasarkan seberapa besar penyimpanan WhatsApp. Jika sering berbagi video atau foto, khususnya di grup, jangan kaget jika ternyata ukurannya cukup besar.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET

Setelah mengetahui besaran penyimpanan WhatsApp masing-masing chat secara umum, setelah ini kamu juga bisa melihat satu per satu riwayat chat tersebut. Khususnya jika kamu mau menghapus file-file chat itu sekaligus banyak.

Untuk itu, masuk saja ke salah satu chat. Di sini akan muncul rincian antara lain jumlah text messages/pesan teks antara kamu dengan teman chatmu/grup itu, juga seberapa banyak kalian berbagi stiker WhatsApp, file foto, GIF, video dan lain-lain.

Di bagian paling bawah kamu akan menemukan tulisan manage messages/kelola pesan. Mengetuk tulisan tersebut akan memunculkan opsi untuk menghapus file chat sekaligus banyak berdasarkan kategorinya.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET

Dengan cara ini maka kamu, misalnya, bisa sekaligus menghapus seluruh file chat WhatsApp berupa GIF dan stiker WhatsApp di salah satu chat/grup, tetapi tetap menyimpan percakapan itu dan foto-fotonya.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET

(krs/afr)

Jawaban Vanessa Angel soal Kabar Berkali-kali Transaksi

Jakarta – Dari komentar Polda Jatim, Vanessa Angel sudah beberapa kali transaksi dengan pria hidung belang. Tapi apa kata pihak Vanessa Angel?

“Dulu 15 sekarang 9, Okelah polisi punya hak mungkin ada transferan itu dari data bank Siska, Vanessa belum karena belum sempat di printnya (buku tabungan) nanti diminta dari Vanessa soal bukunya. 9 transaksi dari mana belum ada pernyataan dari Vanessa,” bela Milano pengacara Vanessa Angel di kantornya, Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

“Kemarin baru tiga transaksi yang ditanyakan, belum bisa jawab karena datanya tidak ada. Hanya keterangan dari penyidik baru tiga transaksi belum ada keterangannya itu dia dalam keadaan sakit bilang tidak ingat. Hanya disebutkan tanggal sekian, jumlah sekian, transaksi apa, makanya kita coba untuk print dulu,” kata Milano lagi.

Milano juga membantah adanya transaksi Vanessa yang ada di Singapura.

“Gini, tidak ada. Maksudnya transaksi itu belum ditanyakan kepada kita, justru itu pernyataan, kami anggap itu masih bagian dari penyidikan, tapi belum sampai di kita pertanyaan itu. Jadi terlalu cepat juga keluar kemarin itu masalah Singapura segala macam, karena pertanyaan itu belum ada sampai di situ,” tegas Milano.

“Begitu juga dengan chat pribadi, video dan foto seks yang juga telah beredar. Tidak ada,” tegasnya.

Vanessa pun juga tak mau menjawab lebih jauh. Ia sendiri menyebut Sisca hanya sebatas teman.

“Nggak ada bahas apa-apa sih. Cuma ya ngobrol biasa aja. Nggak ada, temenan biasa aja,” timpal Vanessa.

(fbr/nu2)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Pihak Artis VA Anggap Polda Jatim Terlalu Buru-buru Menetapkan Tersangka

Liputan6.com, Jakarta – Polda Jatim telah menetapkan artis VA sebagai tersangka dalam kasus dugaan prostitusi online. Sayangnya, penetapan status tersangka terhadap artis VA ini dinilai terburu-buru oleh kuasa hukum artis VA, Milano.

Menurutnya, mengacu kepada pemeriksaan terakhir terhadap artis VA masih sebatas keterangan saksi. Hal itu disampaikan oleh Milano saat ditemui di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

“Kemarin artis VA dipanggil jadi saksi. Terkait pemeriksaan tambahan dari BAP pertama. Isinya soal chat dengan saudara Siska. Hanya sebatas itu,” ungkap Milano.

2 dari 3 halaman

Sakit

Ia melanjutkan, “Kemudian berlanjut dengan masalah transfer itu belum selesai. Penyidik baru sampai tiga transferan kemudian VA sakit. Jadi ditunda sampai pulih.”

3 dari 3 halaman

Terlalu Dini

Untuk itu pihaknya beranggapan bahwa penetapan tersangka atas artis VA masih terlalu dini.

“Sampai saat ini belum ada makanya kita menganggap Polda Jatim terlalu terburu-buru menetapkan VA tersangka. Konten itu belum ditanyakan kepada kita,” kata Milano.

Dewas BPJS TK Sudah Tahu Hubungan Khusus SAB dan RA

Jakarta – Kasus dugaan pemerkosaan yang melibatkan mantan anggota Dewan BPJS Ketenagakerjaan (TK) Syafri Adnan Baharuddin (SAB) disesalkan oleh Dewas BPJS TK sendiri. Meski tak mengiyakan ada pemerkosaan, Dewas tahu bahwa SAB dan pelapor dengan inisial RA memiliki hubungan khusus.

Kasus ini pertama kali mencuat saat RA menggelar konferensi pers pada Desember 2018. Belakangan rupanya Dewas BPJS TK telah mengetahui dan mendapatkan konfirmasi mengenai hubungan khusus antara SAB dan RA sejak pengaduan pertama kali yakni pada 28 November 2018.

“Pas saya di rumah, saya mendapatkan WA dari SAB. WA itu menyatakan… SAB bahwa menyatakan langsung merujuk pada postingan-postingan tersebut, SAB mengakui terjebak dalam hubungan khusus,” kata Ketua Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Ketenagakerjaan Guntur Witjaksono dalam jumpa pers, Jumat (11/1/2019).

Sebelum mendapat WhatsApp dari SAB, Guntur menyatakan didatangi RA dan mengadukan adanya kekerasan yang diterimanya dari SAB pada 28 November 2018.

“Pada saat kejadian tanggal 28 November, dia ke saya, dan saya akan rapat dengan waktu yang sangat singkat, dengan menangis menyatakan dirinya dimarahi dengan keras oleh SAB sampai mau dilempar gelas dan sebagainya,” tutur Guntur.

Guntur menyatakan dalam rapat Dewan Pengawas, SAB kembali mengakui ada hubungan khusus dengan RA. Bahkan SAB juga menyampaikan permintaan maafnya kepada para Dewas.

“Kemudian kita rapat Dewas lagi tanggal 30, SAB sudah datang (dari Singapura), pada saat itu kita klarifikasi ke SAB, ada kejadian demikian, dan memang diakui seperti dalam WA ada hubungan khusus dan minta maaf kepada kami-kami semua. Sudah, seperti ini saya pikir memang betul-betul terjadi,” tutur Guntur.

Pihak RA Bantah Soal SAB ‘Terjebak’

Ketua Kelompok Pembela Korban Kejahatan Seks (KPKS) Ade Armando heran dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa SAB yang disebut mengaku terjebak hubungan khusus dengan asisten pribadinya, RA. Ade menyebut pernyataan itu tak masuk akal.

“Coba saja kita baca chat-chat WA SAB ke RA, sangat jelas di sana bahwa SAB bukanlah pihak yang terjebak melainkan terus berusaha mendesak RA untuk membangun hubungan khusus,” kata Ade, Jumat (11/1).

Dalam jumpa pers 28 Desember 2018, RA sempat menyampaikan bahwa Dewas BPJS TK malah membela SAB ketika dia melaporkan apa yang terjadi.

“Ternyata Dewan Pengawas justru membela perilaku bejat itu. Hasil rapat Dewan Pengawas pada 4 Desember justru memutuskan untuk mengeluarkan perjanjian bersama yang isinya mem-PHK saya sejak akhir Desember 2018. Saya menolak menandatangani itu,” tutur RA, Jumat (28/12/2018).

Kasus dugaan pemerkosaan oleh SAB ini bergulir di kepolisian atas laporan RA. Sebaliknya, SAB juga telah melaporkan balik RA karena dianggap telah mencemarkan nama baik.

Syafri Membantah Memperkosa

Syafri telah menyampaikan bantahannya melakukan pemerkosaan. Bahkan Syafri telah melaporkan balik stafnya ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

“Berbagai tuduhan yang ditujukan kepada saya tidak benar adanya dan bahkan merupakan fitnah yang keji,” kata Syafri di kesempatan yang sama.

Syafri juga menyatakan sendiri mengundurkan diri agar bisa fokus ke penanganan masalah yang dialaminya.

“Agar saya dapat fokus dalam rangka menegakkan keadilan melalui jalur hukum. Saat ini juga surat kepada Presiden RI sedang diupayakan sampai. Kepada Ibu Menteri Keuangan, Bapak Menteri Tenaga Kerja, kepada Ketua Dewan Jaminan Nasional, kepada Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, kepada Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan,” kata SAB, Minggu (30/12).
(rna/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ade Armando: SAB Tak Terjebak, Dia Paksa Hubungan Khusus dengan RA

Jakarta – Kelompok Pembela Korban Kejahatan Seks (KPKS) heran dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Syafri Adnan Baharuddin (SAB) yang disebut mengaku terjebak hubungan khusus dengan asisten pribadinya, RA. Koordinator KPKS Ade Armando menyebut pernyataan itu tak masuk akal.

“Coba saja kita baca chat-chat WA SAB ke RA, sangat jelas di sana bahwa SAB bukanlah pihak yang terjebak melainkan terus berusaha mendesak RA untuk membangun hubungan khusus,” kata Ade Armando kepada wartawan, Jumat (11/1/2019).

Adalah Ketua Dewas BPJS TK, Guntur Witjaksono yang menyebut SAB mengaku terjebak hubungan khusus dengan RA. Menurut Ade, pernyataan Guntur amat tak masuk akal.
Bagi Ade, SAB merupakan orang yang berkuasa atas RA karena menjadi atasan langsung RA. Dia heran bagaimana bisa SAB terjebak oleh RA.

“SAB adalah seorang pria 59 tahun yang sangat dominan, sangat ditakuti di Dewas BPJS TK dan sangat menentukan nasib pekerjaan RA. Lalu bagaimana caranya RA menjebak SAB?” kata Ade.

“Sementara itu, kalau kita membaca chat-chat WA SAB kepada RA, kita akan menemukan berbagai bentuk rayuan global, desakan untuk menikah, ataupun ucapan-ucapan mesum dari SAB kepada RA,” ujar Ade.

Ade berharap Dewas BPJS TK tidak begitu saja percaya pada penjelasan SAB yang menurutnya mengada-ada. Meski demikian, Ade senang bahwa SAB mengakui ada hubungan khusus dengan RA.

“Dewas BPJS TK seharusnya mempelajari secara serius apa yang sesungguhnya terjadi di lingkungan kerja mereka. Dewas BPJS TK turut bersalah bila mengabaikan dan membiarkan terjadinya kejahatan seksual di sana. Paling tidak dia (SAB) sudah mengakui bahwa dia sudah melakukan perilaku tidak patut sebagai pejabat negara dengan bawahannya sehingga layak diberhentikan dari Dewas BPJS TK. Berikutnya, baru perlu dibuktikan bahwa hubungan itu terjadi akibat pemaksaan,” jelas Ade.

Syafri Adnan Bantah Tuduhan Stafnya

Syafri telah menyampaikan bantahannya melakukan pemerkosaan. Bahkan Syafri telah melaporkan balik stafnya ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

“Berbagai tuduhan yang ditujukan kepada saya tidak benar adanya dan bahkan merupakan fitnah yang keji,” kata Syafri di kesempatan yang sama.

Syafri juga menyatakan sendiri mengundurkan diri agar bisa fokus ke penanganan masalah yang dialaminya.

“Agar saya dapat fokus dalam rangka menegakkan keadilan melalui jalur hukum. Saat ini juga surat kepada Presiden RI sedang diupayakan sampai. Kepada Ibu Menteri Keuangan, Bapak Menteri Tenaga Kerja, kepada Ketua Dewan Jaminan Nasional, kepada Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, kepada Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan,” kata SAB, Minggu (30/12).
(gbr/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Alasan WhatsApp Bukan Pesan Instan Terbaik

Jakarta – Dengan lebih dari 1 miliar pengguna, WhatsApp mendominasi sebagai aplikasi pesan instant. Begitu banyak orang bergantung pada WhatsApp untuk berkomunikasi.

Jadi tak heran, ketika terjadi gangguan pada WhatsApp, banyak yang menjerit, seolah tak bisa hidup tanpa WhatsApp.

Apakah WhatsApp aplikasi pesan instan terbaik? Jawabannya, tidak. Masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dari WhatsApp.

Berikut adalah 5 kelemahan WhatsApp jika dibandingkan dengan para pesaingnya, seperti dikutip detikINET dari Business Today, Jumat (11/1/2019)

Menurunkan Kualitas Foto

Salah satu alasan utama di balik kesuksesan WhatsApp adalah kemampuannya untuk bisa mengirim foto secara langsung.

WhatsApp bisa melakukannya dengan melakukan compressing (kompresi) terhadap konten. Kompresi ini sebenarnya tidak merusak file gambar.

Namun setelah sejumlah update, dalam beberapa kasus, foto-foto yang dikirim lewat WhatsApp menjadi blur, tidak jelas bahkan pecah.

Sebelumnya, foto yang dikirim lewat WhatsApp dikurangi resolusinya menjadi 1024×768 pixel atau 1600×900 dari resolusi aslinya.

Kini, foto dengan aspek rasio 16:9 diturunkan kualitasnya menjadi sekitar 800×450 pixel, dan foto dengan aspek rasio 4:3 punya resolusi maksimal 800×600 pixel.

Privasi

Perlu diingat, WhatsApp membuat nomor telepon kita bisa terakses publik dan memunculkan sejumlah masalah terkait privasi.

Dengan demikian, mudah bagi sembarang orang untuk mendapatkan nomor telepon pribadi kita melalui WhatsApp.

Akan lebih baik jika WhatsApp menggunakan nama pengguna dan menghubungkannya dengan nomor telepon, seperti cara DNS bekerja.

5 Alasan WhatsApp Bukan Pesan Instan Terbaik Foto: Getty Images

Hanya Bisa Diaktifkan di Satu Perangkat

Buat kalian yang punya dua smartphone, tablet atau PC, in akan menyulitkan, karena WhatsApp hanya bisa diaktifkan di satu perangkat.

Keberadaan WhatsApp web terbilang sia-sia, karena keterbatasan ini juga berlaku di WhatsApp untuk perangkat laptop tersebut.

Bandingkan dengan Facebook atau Hangouts milik Google, keduanya bisa digunakan di beberapa perangkat sekaligus secara independen.

Telegram lebih unggul dalam hal ini. Aplikasi messenger ini bisa digunakan di semua perangkat kalian secara bersamaan, sehingga pesan tersinkronisasi dengan mulus ke semua perangkat.

Chat Log Tidak Aman

Chat log atau transkrip percakapan WhatsApp disimpan di SD card dan bisa dengan mudah dibaca aplikasi lain, mengingat sebagian besar orang akan memberikan akses ke semua aplikasi di ponsel mereka.

Perlu diketahui, database WhatsAppp adalah database SQLite3 yang bisa diubah ke format Excel untuk lebih mudah diakses.

Belakangan, WhatsApp menggunakan enkripsi untuk mengubah database, sehingga tidak bisa lagi dibuka dengan SQLite. Namun, database itu masih bisa dibuka menggunakan sederet script python sederhana.

Tidak ada lock/unlock

Ketika kalian memberikan ponsel ke seseorang, tidak ada jaminan orang itu tidak akan kepo pesan WhatsApp di ponsel kalian, termasuk foto pribadi (jika ada)

Banyak aplikasi pesan instan yang sudah membenamkan otorisasi sidik jari, namun fitur ini belum tersedia bagi pengguna WhatsApp.

Namun kabarnya, baru-baru ini WhatsApp Beta untuk iOS sudah punya fungsi otentikasi dengan sidik jari. Jika fungsi ini nantinya ada untuk semua pengguna WhatsApp, maka kelemahan yang terakhir ini terjawab oleh WhatsApp. (rns/fyk)

Video Si Juki Dipakai Kampanye, Kreator Minta PKS Beri Penjelasan

Jakarta – Pencipta karakter komik Si Juki, Faza Meonk, meminta penjelasan dari PKS soal video Si Juki yang dipakai dan diedit menjadi materi kampanye dan sempat beredar di media sosial. Penggunaan video itu tanpa izin kepada Faza.

Protes ini awalnya disampaikan Faza lewat Twitter. Saat dihubungi, Faza menjelaskan soal video Si Juki yang dipakai jadi materi kampanye PKS itu.

“Konten video yang diedit itu di bagian akhir. Jadi sebenarnya memang ada konten video Si Juki menjelaskan tentang Pemilu, tentang pemilih pemula, bagaimana mengikuti pemilu. Nah, endingnya video ini dipelintir dengan konten PKS, ada pernyataan ‘pilih PKS’. Suaranya juga di-dubbing, untuk konten kampanye ini lumayan niat,” kata Faza saat dihubungi, Minggu (6/1/2018).

Sebagai pemilik hak cipta, Faza kaget ketika pertama kali mengetahui konten Si Juki dipakai untuk kampanye. Dia kemudian mencari kontak beberapa petinggi PKS dan menghubungi mereka. Di Twitter, Faza mengunggah penggalan chat WA dengan politikus PKS, Nasir Djamil dan Mardani Ali Sera.

Kini, video-video si Juki yang mengandung unsur kampanye PKS sudah dihapus. Faza mengatakan ada pula seorang pengguna Facebook yang mengaku sebagai pengedit video itu lalu meminta maaf.

“Kalau saya pribadi, ketika saya bikin tweet, banyak yang bilang, banyak karya seniman Indonesia dipakai caleg tanpa izin. Banyak caleg yang ingin kelihatan kreatif tapi hanya catut yang menarik di internet. Concern saya jadi berubah,” ucapnya.

“Kenapa saya ingin ada klarifikasi dari PKS. PKS sbnrnya, mereka tidak mengakui itu official dari mereka. Oh itu bikinan luar pks. Ketika saya blow up, ini ada yang lain mengadu. Concern saya, partai harusnya bisa edukasi para calegnya. Kampanye kreatif seharusnya bikin sendiri. Yang ada di internet bukan berarti gratis,” sambung Faza.

Faza berharap partai-partai, termasuk PKS, juga mengedukasi caleg-calegnya soal hak cipta. Pernyataan resmi dari PKS, diharapkan Faza, juga bisa memperjelas masalah ini.

“Kalau itu bukan anggota PKS (yang membuat), buat saja pernyataan resminya. Kalau PKS ada pernyataan resmi, jadi clear semua,” ujarnya.

detikcom telah menghubungi Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera terkait hal ini, namun Mardani meminta hal itu ditanyakan ke Ketua DPP PKS Dedi Supriyadi. Dedi belum menjawab telepon ataupun membalas pesan singkat dari detikcom.
(imk/dhn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>