[Cek Fakta] Karni Ilyas Dipanggil ke Istana karena TV One Tayangkan Reuni 212?

Ternyata kabar pemanggilan Karni Ilyas oleh pihak Istana tidak benar. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Karni Ilyas usai memandu tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa 4 Desember 2018 malam.

Karni mengaku mendapat ratusan pesan di akun media sosialnya perihal pemanggilan dirinya oleh pihak Istana.

“Saya mendapat lagi ratusan twitter, WA, dan macam-macam, telepon langsung, Yang menanyakan langsung apa saya dipanggil ke Istana,” kata Karni seperti yang dikutip dari akun youtube Indonesia Lawyers Club pada Rabu (5/12/2018).

Menurut Karni, kabar mengenai pemanggilan dirinya oleh pihak Istana adalah tidak benar alias hoaks. Ia bahkan mempertanyakan sumber dari informasi tersebut.

“Dan segera saya jawab bahwa itu hoax. Kalau saya dipanggil kan saya duluan yang tahu. Saya enggak mengerti dari mana sumber beritanya. Mana pula presiden mengurusi hal-hal semacam itu,” terang Karni.

Dengan adanya isu tersebut, Karni pun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah percaya dengan sebuah berita apalagi yang tidak logis.

“Betapa dahsyatnya hoaks di negeri kita. Percayalah demokrasi masih hidup di negara kita, termasuk kebebasan berbicara, menyatakan pendapat, dan saya kira reuni 212 Minggu kemarin, bukti bahwa demokrasi masih ada,” ucap Karni.

Terkait dengan keputusan Tv One yang menyiarkan langsung reuni 212, Karni membeberkan alasannya. “Sebenarnya yang kami lakukan itu hanyalah menjalankan tugas jurnalistik, yaitu menyiarkan atau memberitakan peristiwa yang terjadi di ruang publik, tidak lebih dari itu,” kata Karni.

Karni Ilyas mengklarifikasi perihal kabar yang menyebut bahwa dirinya dipanggil pihak Istana usai Tv One menyiarkan langsung Reuni 212.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *