[Cek Fakta] Hoaks Bahaya Makan Nasi yang Dipanaskan dari Rice Cooker

Liputan6.com, Jakarta – Kabar tentang bahaya mengonsumi nasi setelah dipanaskan dari rice cooker, viral di media sosial. Kabar ini beredar dalam sebuah pesan berantai.

Dalam pesan tersebut, disebutkan bahwa nasi yang sudah dimasak kemudian dipanaskan di rice cooker akan berbaya bila dikonsumsi. Misalnya, nasi semacam itu bisa menimbulkan penyakit diabetes.

Pesan berantai ini kemudian diunggah oleh akun facebook bernama Bob Sadino pada Sabtu 20 Juli 2019 lalu. Berikut narasinya:

RACUN DARI NASI

Keluarkan nasi dari rice cooker kalau sdh matang. Kalau lebih dari 12 jam menjadi pemicu diabetes.

Kebiasaan yang Jadi Pemicu Anak Menderita Kanker dan Diabetes

Hari ini saya cukup Shock. Bagaimana tidak, karena ternyata kebiasaan yang selama ini saya anggap sepele, merupakan perbuatan berbahaya untuk anak anak saya. Istilahnya, saya sayang anak tapi saya pula yang setiap hari memberi anak racun. Dengan info ini, saya sangat berterima kasih pada sekolah Zara (anak saya yang masih TK) karena telah mendatangkan seorang konsultan kesehatan, Pak Anto dari Lembaga Konsultan Kanker Indonesia.

Ia sempat menjelaskan bedanya Myom, Tumor, Kista dan Kanker. Tapi saya di artikel ini hanya ingin menceritakan ulang penjelasan Pak Anto yang membuat saya shock.

BAHAYA NASI DARI MAGIC COM

Ini adalah fakta pertama yang membuat saya shock. Tapi syukurlah kalimat tersebut hanya kalimat pembuka Pak Anto saja. Karena nyatanya nasi dari magic com boleh dimakan. Namun dengan syarat, tidak boleh lebih dari 12 jam di dalam magic com dengan kondisi terus terusan dihangatkan.

“Karena nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 12 jam ia akan berubah menjadi racun”, kata Pak Anto memperingatkan. Sehingga ketika memasak nasi dan sudah matang, ia menyarankan untuk mengeluarkan nasi tersebut dari magic com dan dipindahkan saja di tempat nasi.

Ia melanjutkan, “Nasi yang baik adalah nasi yang dimakan saat sudah dingin, bukan nasi hangat. Karena nasi dingin memiliki kadar gula yang lebih rendah.”. Inilah mengapa sekarang banyak anak menderita diabetes. Karena mereka terbiasa makan nasi hangat dari magic com. Beda dengan orang zaman dahulu yang dimasak di langseng kemudian jika sudah matang akan diletakkan di tempat nasi. Dengan demikian nasi tidak terus menerus dihangatkan.

Saya dan keluarga sering makan di luar. Jadi kadang masak nasi tapi ngga ada yang makan, so magic com jalan teruuus. Besoknya kadang nasi baru terjamah. Hm … yang jelas saya sering sekali meletakkan nasi di magic com lebih dari 12 jam.Sekarang sejak penataran, seusai nasi matang, magic com langsung saya matikan dan nasi saya dinginkan.

Semoga bermanfa’at.BATASI NASI DAN GULA ARTINYA BATASI PENYAKIT DI MASA TUA.

“KARBOHIDRAT DAN GULA ADALAH IBU DARI SEGALA PENYAKIT.”(JOHAN YAN)

ANDA MUNGKIN TIDAK MENDUGA BAHWA DISAMPING PERUT BUNCIT, ASUPAN BERLEBIH NASI DAN GULA AKAN MEMBUAT TUBUH ANDA KELEBIHAN :

1. TRIGLISERIDA, 2. KOLESTEROL,3. HIPERTENSI,4. JANTUNG KORONER HINGGA …5. DIABETES MELITUS …

DR YU ZONGXIAN MENEKANKAN, KALAU SAJA ORANG YANG MENERIMA BERITA INI BISA LANJUT MENGIRIMKAN KPD 10 ORANG LAIN, MAKA SETIDAKNYA ADA SATU NYAWA YG BISA TERSELAMATKAN …

AKU SUDAH MELAKUKAN TUGASKU, SEMOGA KAMU JUGA BISA MEMBANTU MELAKUKAN TUGASMU.TERIMA KASIH !!!

Jangan disimpan ya, gak ada gunanya jg disimpan. Siapa tau bisa menyelamatkan sahabat, teman dan saudara2 kita 👍🌈👍 mudah-mudahan bermanfaat ❤❤

Sumber : @Calvin Hartono———————————————-✔Info ribuan kontak +alamat supplier bisa dilihat disini > alamatsupplier.com ✔

#adminfanspage.

Konten yang diunggah akun facebook bernama Bob Sadino telah 1.900 kali dibagikan dan mendapat 123 komentar warganet.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang bahaya mengonsumsi nasi yang dipanaskan dari rice cooker ternyata tidak benar.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari situs Liputan6.com dengan judul artikel “Makan Nasi yang Dihangatkan Bisa Beracun?“.

Liputan6.com, Jakarta-Sebuah pesan singkat kembali menjadi pembicaraan di media sosial. Dalam keterangan tersebut disebutkan kalau mengonsumsi nasi dari Magic Com bisa membahayakan kesehatan.

Berikut isi pesan tersebut:

Hari ini saya cukup Shock !!! Bagaimana tidak, karena ternyata kebiasaan yang selama ini saya anggap sepele, merupakan perbuatan berbahaya untuk anak anak saya. Istilahnya, saya sayang anak tapi saya pula yang setiap hari memberi anak racun. Dengan info ini, Saya sangat berterima kasih pada sekolah Zara (anak saya yang masih TK). Karena mau mendatangkan seorang konsultan kesehatan untuk kami para orang tua dengarkan. Pak Anto dari Lembaga Konsultan Kanker Indonesia adalah pembicaranya.

Ia sempat menjelaskan bedanya Myom, Tumor, Kista dan Kanker. Tapi soal ini tampaknya bisa di search di Google ya. Saya diartikel ini hanya ingin menceritakan ulang penjelasan Pak Anto yang membuat saya shock.

BAHAYA NASI DARI MAGIC COM

Ini adalah fakta pertama yang membuat saya shock. Tapi syukurlah kalimat tersebut hanya kalimat pembuka Pak Anto saja. Karena nyatanya nasi dari magic com boleh dimakan. Namun dengan syarat, tidak boleh lebih dari 12 jam di dalam magic com dengan kondisi terus terusan dihangatkan.

“Karena nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 12 jam ia akan berubah menjadi racun”, kata Pak Anto memperingatkan. Sehingga ketika memasak nasi dan sudah matang , ia menyarankan untuk mengeluarkan nasi tersebut dari magic com dan dipindahkan saja di tempat nasi.

Ia melanjutkan, “Nasi yang baik adalah nasi yang dimakan saat sudah dingin, bukan nasi hangat. Karena nasi dingin memiliki kadar gula yang lebih rendah.”. Inilah mengapa sekarang banyak anak menderita diabetes. Karena mereka terbiasa makan nasi hangat dari magic com. Beda dengan orang zaman dahulu yang dimasak di langseng kemudian jika sudah matang akan di letakkan di tempat nasi. Dengan demikian nasi tidak terus menerus dihangatkan.

Saya ??? Wooww, saya dan keluarga sering makan di luar. Jadi kadang masak nasi tapi ngga ada yang makan, so magic com jalan teruuus. Besoknya kadang nasi baru terjamah. Hm … yang jelas saya sering sekali meletakkan nasi di magic com lebih dari 12 jam. Sekarang,… sejak ditatar Pak Anto, saya mulai melakukan : usai habis matang, magic com langsung saya matikan dan nasi saya dinginkan.

Menanggapi hal tersebut, staf Divisi Metabolik Endokrin Departemen Fakultas Kedokteran Unversitas Indonesia (FKUI), Dr. Em Yunir, mengatakan hal ini belum ada data penelitiannya, sehingga belum diketahui kebenarannya.

“Kalau (nasi) dipanasin apa tidaknya itu relatif ya. Saya tidak terlalu punya datanya, apa benar kalau dipanasin jadi racun?” ujarnya saat dihubungi oleh Health-Liputan6.com, Kamis (20/10/2016).

Hal yang sama pun dikatakan juga pakar gizi klinik dari RS Medistra, Dr. Cindiawaty Pudjiadi, yang menyebut bahwa ia juga belum menemukan penelitian tentang hal ini.

“Mungkin saja sesudah 12 jam tidak ada pemanasnya lagi, sehingga kemungkinan terkontaminasi bakteri bisa saja. Namun saya belum menemukan penelitian tentang hal ini,” ujarnya saat dihubungi di hari yang sama.

Em Yunir mengatakan, berita tersebut kurang bisa dipercaya, karena tidak ada penelitian yang mendasarinya, dan hanya berupa testimoni dari seseorang, sehingga bersifat subjektif.

“Hal ini tidak perlu ditakuti masyarakat. Yang penting dalam mengonsumsi nasi, masyarakat sadar dan menyesuaikan dengan kebutuhannya, sehingga tidak berlebihan,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama jumlah nasi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan, maka sebenarnya aman saja.

Selain itu, fakta lainnya juga bisa dilihat di situs klikdokter.com. Dalam situs itu, ada seorang warganet yang bertanya langsung kepada dr. Anita Amalia Sari terkait efek nasi terlalu lama di dalam penanak nasi.

Tidak ada batasan lama penyimpananan nasi di dalam magic com dan secara umum tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Nasi yang dihangatkan memang memiliki kadar indeks glikemiks yang lebih tinggi, namun tidak terlalu banyak dibandingkan nasi dingin.

Indeks Glikemik (Glycemic Index/GI) adalah ukuran pengaruh suatu makanan yang mengandung karbohidrat terhadap kenaikan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi menaikkan kadar gula darah lebih banyak dibandingkan makanan dengan GI rendah atau sedang.

Demikian semoga bermanfaat

salam,” tulis dr. Anita Amalia Sari.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Memakan nasi yang dihangatkan dari rice cooker nyatanya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kabar yang menyebut memakan nasi yang dihangatkan di rice cooker berbahaya adalah tidak benar. Narasi itu tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *