[Cek Fakta] Albert Einstein Mengatakan Perkembangan Teknologi Ciptakan Generasi Idiot?

Kutipan Albert Einstein dalam unggahan foto itu dalam Bahasa Inggris berbunyi, “I fear the day that technology will surpass our human interaction. The world will have a generation of idiots.”

Tak hanya di Indonesia, kutipan tersebut juga marak diunggah oleh warganet di belahan dunia lain. 

Situs media Inggris Daily Mail pada 28 Januari 2015 mengunggah artikel berjudul, Was Einstein right? Physicist once said he feared that technology would surpass human interaction – and these photos show that time may not be far off.

“Jauh sebelum era telepon seluler, Albert Einstein, salah satu orang sosok paling cerdas pada Abad ke-20, konon telah memprediksi, “Aku takut pada hari di mana teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.”

Namun, Daily Mail kemudian menambahkan, “Sejumlah sejarawan mendebat bahwa sosok besar itu pernah mengatakannya. Namun, apapun itu, ramalan tersebut mungkin terbukti.”

Masalahnya, benarkah Einstein mengungkapkan hal tersebut?

Berdasarkan penelusuran situs cek fakta, Snopes.com, kutipan tersebut bukan berasal dari Albert Einstein, setidaknya tak ada bukti sahih yang mendukung bahwa sang ilmuwan pernah mengatakan atau menuliskannya.

Bahkan, menurut Snopes.com, kutipan persis seperti itu tampaknya tak pernah dipublikasikan sebelum tahun 2012.

Kutipan serupa, namun lebih pendek, yang juga dikaitkan dengan Einstein dapat ditemukan di beberapa sumber, meskipun keasliannya juga dipertanyakan.

“Sangatlah jelas bahwa teknologi telah melampaui kemanusiaan kita.” (It’s become appallingly clear that our technology has surpassed our humanity).

Snopes menemukan kalimat tersebut diucapkan karakter dalam film Powder yang dirilis pada 1995. 

Seperti ini dialognya:

Donald Ripley:

“Sangatlah jelas bahwa teknologi telah melampaui kemanusiaan kita.”

Powder:

“Albert Einstein”

Donald Ripley:

“Aku melihatmu dan kupikir suatu hari kemanusiaan kita akan melampaui teknologi.”

Seperti dikutip dari laman Wikiquote, menurut Snopes, kutipan tersebut dikaitkan dengan Einstein dalam buku Voices of Truth: Conversations with Scientists, Thinkers, and Healers (2000) oleh Nina L. Diamond.

Juga tertera pada halaman 103 Mars/Earth Enigma: A Sacred Message to Mankind, oleh DeAnna Emerson yang terbit pada 1996.

Namun, kutipan tersebut belum ditemukan dalam buku manapun yang terbit sebelum film Powder dirilis.

Kutipan itu, versi pendek maupun lengkap, juga tak tercantum dalam buku The Ultimate Quotable Einstein, koleksi definitif kutipan Einstein yang diedit oleh Alice Calaprice yang dipublikasikan Princeton University Press pada 2010.

Situs Truth of Fiction, truthorfiction.com, juga pernah menguji kesahihan kutipan yang diatribusikan ke Albert Einstein.

Dalam artikel berjudul, Einstein Quote About Technology Making a Generation of Idiots-Fiction!, juga dipaparkan bahwa kutipan tersebut tak ada kaitannyad engan sang ilmuwan.

“Terlepas dari bagaimana Einstein berpikir teknologi akan membentuk masyarakat, kami menyatakan kutipan soal ‘generasi idiot’ adalah fiksi karena tak ada catatan bahwa ia pernah menyatakan hal tersebut.”

Dalam artikel berjudul, 7 Famous Quotes About the Future That Are Actually Fake, situs Gizmodo menguak bahwa tujuh kutipan yang mengandung ramalan soal masa depan, termasuk yang konon diutarakan Albert Einstein, adalah palsu belaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *