Jadwal Liga Inggris Pekan ke-29: Derby London, Tottenham Hotspur vs Arsenal

Liputan6.com, Jakarta – Setelah disibukkan dengan pertarungan tengah pekan ini dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris pekan ke-28, tim-tim Liga Inggris sudah langsung dihadapkan kepadapekan ke-29 akhir pekan ini. Laga panas Tottenham Hotspur melawan Arsenal akan menjadi pertandingan pembuka.

Dalam Jadwal Liga Inggris, Tottenham akan menjamu Arsenal di Stadion Wembley, Sabtu (2/3/2019). Pertandingan sengit yang bertajuk derbi London ini akan memanaskan persaingan dalam perebutan posisi ketiga.

Kondisi Tottenham berbeda dengan lawannya, Arsenal. The Lily White harus menerima keunggulan tuan rumah, Chelsea dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris pekan ke-28. Anak asuh Mauricio Pochettino harus menelan kekalahan 2-0 dari The Blues. Dua gol Chelsea dicetak oleh Pedro dimenit 57 dan gol bunuh diri Kierran Tripier dimenit ke-84.

Di laga lainnya, dalam jadwal Liga Inggris pekan ke-29, pemimpin klasemen sementara Liga Inggris, Liverpool akan menjalani laga yang juga cukup sengit. Pasalnya, The Anfield Gank akan bertandang ke Godison Park, markas Everton.

Sementara, pesaing terdekat Liverpool, Manchester City harus menyambangi markas Bournemouth. Saat ini The Citizen memilik poin 68, hanya berselisih satu poin dengan Liverpool di posisi pertama.

Berikut Jadwal Liga Inggris Pekan ke-29:

2 dari 3 halaman

Sabtu, 2 Maret

19.30 WIB Tottenham Hotspurs vs Arsenal

22.00 WIB Birghton and Hove vs Huddersfield Town

22.00 WIB Bournemouth vs Manchester City

22.00 WIB Burnley FC vs Crystal Palace

22.00 WIB Manchester United vs Southampton

22.00 WIB Wolverhampton Wanderers vs Cardiff City



3 dari 3 halaman

Minggu, 3 Maret 2019

00.30 WIB West Ham vs Newcastle United

19.00 WIB Watford vs Leicester City

21.05 WIB Fulham vs Chelsea

23.15 WIB Everton vs Liverpool

Saksikan video pilihan di bawah ini

Crystal Palace vs MU: Diogo Dalot Kunci Kemenangan Setan Merah

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Soslkjaer menyebut nama Diogo Dalot sebagai salah satu kunci kemenangan atas Crystal Palace. MU menang atas tuan rumah Crystal Palace 3-1 dalam lanjutan Liga Inggris, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB.

Seperti dilansir Manchester Evening News, Solskjaer mengaku sebetulnya memilih Dalot karena terpaksa. Maklum, MU dihantam badai cedera dengan absenya Juan Mata, Ander Herrera, dan Marcus Rashford.

Namun keputusan memainkan Dalot ternyata tepat. Pasalnya, pemain asal Portugal itu turut membantu pertahanan MU.

“Anda bisa lihat dia punya kemampuan untuk maju ke depan. Tetapi tentu saj adia membantu (pertahanan, red). Zaha dan Van Aanholt bagus di sisi kiri untuk Palace,” kata Solskjaer.

Pertandingan Palace vs MU sendiri berlangsung di Selhurst Park, Romelu Lukaku menciptakan dua gol awal MU masing-masing pada menit 33 dan 52.

Palace sempat membalas berkat aksi Joel Ward di menit 66. Namun harapan Palace untuk menyamakan kedudukan pupus setelah Ashley Young menciptakan gol ketiga di menit 83.

2 dari 3 halaman

Membantu Ashley Young

Dalam pertandingan ini, Dalot dimainkan Solskjaer di sisi kanan untuk membantu Ashley Young. Keberadaan Dalot membuat Young tidak kerepotan menahan serangan sayap Palace yang dikenal berbahaya lewat Wilfried Zaha dan Andros Townsend.

“Mereka para pemain yang bagus, secara individu mereka mencoba masuk ke dalam dan melawan Anda satu lawan satu,” kata Solskjaer.

3 dari 3 halaman

Delapan Kemenangan

Hasil positif ini membuat MU menorehkan sejarah. Untuk pertama kalinya, MU menang dalam delapan laga tandang beruntun.

Kemenangan tandang pertama MU diraih saat melibas Cardiff City 5-1. Laga itu juga menjadi debut Solskjaer sebagai manajer sementara MU.

Hasil Liga Inggris: Lukaku 2 Gol, MU Atasi Palace 3-1

London – Angka penuh berhasil dibawa pulang Manchester United dari lawatannya ke markas Crystal Palace. Romelu Lukaku mencetak dua gol untuk memenangkan MU 3-1.

Pada lanjutan Liga Inggris, Palace menjamu MU di Selhurst Park, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB. The Red Devils mengungguli Palace di babak pertama berkat gol Lukaku.

Tiga gol tercipta di babak kedua. Lukaku memperbesar skor MU sebelum Palace menghidupkan asa dengan gol James Ward. Namun demikian, Ashley Young memastikan kemenangan MU dengan golnya pada 10 menit terakhir.

Kemenangan MU memanaskan persaingan finis empat besar di akhir musim. Dengan tiga angka tambahan, Setan Merah tetap di peringkat lima usai mengumpulkan 55 poin hasil 28 laga. MU berjarak satu poin dari Arsenal di atasnya dan unggul tiga poin dari Chelsea di bawahnya.

Sementara itu, Palace menempati peringkat 14 dengan 30 poin. The Eagles belum aman karena cuma unggul lima angka dari Cardiff City yang berada di zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Peluang berarti pertama diciptakan MU di menit kedelapan. Dari sepak pojok, Luke Shaw mengirim bola ke kotak penalti yang diterima Romelu Lukaku. Namun meski lepas dari kawalan pemain lawan, sepakan voli Lukaku masih melambung di atas mistar gawang.

Hanya berselang tiga menit, giliran Palace menciptakan peluang emas. James McArthur melewati Scott McTominay untuk melepaskan crossing kepada Andros Townsend di dekat tiang gawang. Dari sudut sempit sontekan Townsend juga masih melambung.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-33. MU mengungguli Palace 1-0 berkat gol Lukaku.

Shaw meliuk-liuk di sayap kiri untuk menembus pertahanan Palace sebelum mengirim operan pendek kepada Lukaku. Striker Belgia itu menuntaskan dengan sepakan mendatar terarah yang bersarang di sudut bawah gawang.

Palace hampir langsung mencetak gol balasan. Di menit ke-34, sundulan Jeffrey Schlupp melebar tipis setelah menerima crossing akurat Townsend di dalam kotak penalti.

Alexis Sanchez memperlihatkan manuver menjanjikan. Namun, sebelum bisa merangsek ke kotak penalti Palace, Martin Kelly sukses mengintersepsi untuk mencegah Sanchez melakukan tembakan dari posisi bagus.

Babak pertama berakhir. MU sementara unggul 1-0 atas Palace.

MU melewatkan peluang emas usai restart. Crossing Diogo Dalot menemui Paul Pogba, tapi sundulannya dari jarak dekat justru melambung.

Akhirnya MU memperoleh gol keduanya di menit ke-52. Diawali dari sepak pojok yang gagal diredam Palace, bola menemui Victor Lindelof untuk diteruskan kepada Lukaku di tiang jauh. Pemain yang disebut terakhir melesakkan tendangan kaki kiri guna menyarangkan bola ke sudut atas gawang. Kedudukan berubah menjadi 2-0.

David de Gea membuat penyelamatan untuk pertama kalinya di pertandingan ini. Wilfried Zaha mengalahkan Ashley Young kemudian mengirim bola silang kepada rekan setimnya di dekat tiang gawang MU. De Gea jatuh untuk menepis bola ke luar garis gawang.

Buruknya pertahanan MU mendapat hukuman. Di menit ke-66 Palace menciptakan gol balasan untuk menipiskan skor menjadi 1-2.

Kerjasama dengan Towsend diakhiri Schlupp dengan umpan silang ke arah tiang jauh yang dengan mudah disontek James Ward untuk menaklukkan penjagaan De Gea.

Setelah mencetak gol Palace menjadi lebih percaya diri untuk menyerang. Palace kemudian mendapatkan tendangan bebas dari posisi yang berbahaya. Meski begitu, sepakan Luka Milivojevic tak cukup melengkung sehingga bola gagal mengarah ke sasaran.

Giliran MU dihadiahi tendangan bebas. Pogba maju sebagai eksekutor tapi tembakannya bisa diselamatkan Guaita di sudut kiri bawah gawang.

MU akhirnya membunuh pertandingan di 10 menit terakhir. Bekerja sama dengan Lukaku di luar kotak penalti, Pogba mengirim bola terobosan kepada Ashley Young yang melakukan overlapping. Dari dalam kotak penalti, Young menceploskan sepakan mendatar ke gawang Palace.

Susunan Pemain

CRYSTAL PALACE: Guaita, Tomkins, Kelly, Ward, Van Aanholt (Kouyate 83′), Schlupp, McArthur (Meyer 61′), Townsend, Milivojevic, Zaha, Batshuayi (Benteke 78′)

MANCHESTER UNITED: De Gea, Young, Smalling, Lindelof, Shaw, Dalot (Bailly 77′), Pogba, Fred (Garner 90′), McTominay, Sanchez (Rashford 77′), Lukaku
(rin/raw)

Hasil Liga Inggris: Arsenal Perkasa

Liputan6.com, London – Pekan ke-27 Liga Inggris rampung pada Minggu (24/2/2019) malam WIB. Hasilnya, Arsenal paling menonjol dengan kemenangan atas Southampton.

The Gunners melibas Soton 2-0 di Emirates Stadium. Henrikh Mkhitaryan jadi bintang kemenangan tuan rumah di laga ini.

Arsenal langsung unggul cepat pada menit ke-6 melalui Alexandre Lacazette. Berawal dari umpan Mkhitaryan di kotak penalti, Lacazette sukses menyontek bola ke gawang Angus Gunn.

Menit 17, giliran Mkhitaryan yang mencatatkan namanya di papan skor. Melalui sepakan kaki kanan, pemain asal Armenia itu sukses menjebol gawang tim tamu.

Dengan hasil ini, Arsenal naik ke posisi empat klasemen Liga Inggris. The Gunners unggul satu angka atas Manchester United yang berada di bawahnya.

United sendiri gagal menaklukkan Liverpool di Old Trafford. Kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0.

Bagi Liverpool, hasil itu membuat mereka naik ke puncak klasemen Liga Inggris. The Reds unggul satu poin atas Manchester City di posisi kedua.

2 dari 2 halaman

Hasil Liga Inggris Pekan ke-27

(AFP/Oli Scarff)

Sabtu (23/2)

Cardiff City 1 – 5 Watford

West Ham United 3 – 1 Fulham

Burnley 2 – 1 Tottenham Hotspur

AFC Bournemouth 1 – 1 Wolverhampton Wanderers

Newcastle United 2 – 0 Huddersfield Town


Minggu (24/2)

Leicester City 1 – 4 Crystal Palace

Arsenal 2 – 0 Southampton

Manchester United 0 – 0 Liverpool


Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Cardiff Ceroboh, Uang Duka Emiliano Sala Terancam Tidak Cair

Liputan6.com, Jakarta Emiliano Sala telah dimakamkan di kampung halamannya, Argentina, akhir pekan lalu. Namun pihak keluarga terancam kehilangan uang pensiun Sala gara-gara kecerobohan Cardiff City.

Menurut Times, setiap pemain otomatis masuk dalam skema dana pensiun Asosiasi Pemain Profesional Britania Raya (PFA) saat pertama kali terdaftar di kompetisi papan atas. Dan besarnya uang duka yang disediakan oleh PFA mencapai angka 600 ribu euro atau setara Rp9.5 Miliar.

Dana ini juga berlaku bagi pemain non Premier League yang rutin membayar iuran kepada PFA.

Seperti diketahui, Sala tercatat sebagai pemain Cardiff City saat kecelakaan merenggut nyawanya. Pria berusia 28 tahun itu diboyong dari klub Prancis, Nantes dengan nilai transfer sebesar 15 juta poundsterling dan menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan klub asal Wales tersebut.

Namun seperti dilansir The Sun, Cardiff ternyata melakukan kesalahan saat perekrutan Sala. Ada berkas yang tidak lengkap saat mereka mendaftarkan pemain Argentina itu ke Premier League.

Cardiff kemudian diminta untuk memperbaikinya dan meminta tanda tangan Sala. Sayang, sebelum perbaikan dilakukan, Sala sudah keburu mengalami kecelakaan. Pesawat yang membawanya dari Nantes ke Cardiff, jatuh dan tenggelam di Selat Inggris, 21 Januari 2019 lalu.

Jenazah Sala sempat sulit ditemukan. Namun lewat pencarian tak kenal lelah dari tim pencari independen, jasad Sala pun akhirnya terdeteksi bersama puing pesawat yang ditemukan di dasar laut Selat Inggris. Setelah menjalani visum, jenazah dibawa ke Argentina dan dimakamkan di sana.

Kecerobohan Cardiff dalam melengkapi dokumen Sala membuat pihak keluarga terancam kehilangan uang duka dari PFA. Carfiff pun kabarnya tengah berusah memperbaiki kesalahan itu.


2 dari 2 halaman

Bantah Korupsi

Masalah lain juga muncul setelah kematian Sala. Beredar isu yang menyebutkan bahwa proses transfer yang dilakukan dari Nantes terindikasi korupsi. Namun hal ini segera dibantah oleh broker yang menjadi perantara transfer Emiliano Sala, Willie McKay. Menurutnya, transfer itu bersih.

Dia pun membela manajer Cardiff City, Neil Warnock. “Tidak ada yang kami sembunyikan. Rumor itu murahan, benar-benar murahan,” ujar McKay marah. “Saya sudah muak dengan itu. Saya heran orang-orang mengatakan ini. Saya menunggu telepon dari FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris).”

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-27: Duel Panas MU Vs Liverpool

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Liga Inggris pekan ke-27 akan diwarnai pertarungan sengit tim papan atas. Manchester United (MU), yang performanya kini tengah menanjak di liga domestik akan menjamu Liverpool, di Old Trafford.

Laga ini bagi MU dan Liverpool sangat krusial dalam menjaga persaingan di papan atas Liga Inggris. Liverpool membutuhkan kemenangan untuk merebut kembali puncak klasemen dari Manchester City.

Liverpool dan Manchester City sebenarnya mengoleksi poin yang sama, yakni 65 poin. Tapi, Liverpool berada di peringkat kedua karena kalah seilisih gol dari The Citizens. Liverpool baru mencetak 59 gol, sementara City 74 gol.

Kemenangan juga dibutuhkan MU yang sedang bersaing untuk finis di posisi empat besar Liga Inggris. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer berada di peringkat keempat dengan 51 poin.

2 dari 4 halaman

Tergantung Hasil MU

Selain duel menarik MU vs Liverpool, Liga Inggris juga akan menyajikan laga Arsenal vs Southampton. Bagi Arsenal, kemenangan menjadi hal penting.

Arsenal ingin mengambil alih lagi posisi empat besar dari MU. Pasalnya, MU hanya unggul satu poin dari Arsenal yang mengemas 50 poin. Tapi, hasil ini juga tergantung pertandingan MU kontra Liverpool.

Berikut jadwal Liga Inggris pekan ke-27

3 dari 4 halaman

Sabtu (23/2/2019)

02:45 WIB, Cardiff City vs Watford

02:45 WIB, West Ham United vs Fulham

19:30 WIB, Burnley vs Tottenham Hotspur

22:00 WIB, AFC Bournemouth vs Wolverhampton

22:00 WIB, Newcastle United vs Huddersfield

4 dari 4 halaman

Minggu (24/2/2019)

00:30 WIB, Leicester City vs Crystal Palace

21:05 WIB, Arsenal vs Southampton

21:05 WIB, Manchester United vs Liverpool

Gim Ini Bantu Ole Gunnar Solskjaer Bersinar di MU

Liputan6.com, Manchester – Football Manager ternyata menjadi salah satu alasan di balik kesuksesan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer interim Manchester United (MU).

Ditunjuk sebagai manajer interim menggantikan Jose Mourinho pada pertengahan Desember lalu, Solskjaer membawa MU meraih 10 kemenangan dan tidak terkalahkan pada 11 pertandingan.

Meski baru saja dikalahkan Paris-Saint Germain di Liga Champions, polesannya mengembalikan kinerja MU tetap dihargai. Pasalnya, sosok asal Norwegia ini berhasil memaksimalkan potensi skuat.

Solskjaer pun menyatakan Football Manager sudah membantunya ketika beralih profesi. “Permainan fantastis. Saya banyak belajar tentang sepak bola dari sana, terutama bakat muda,” kata Solskjaer, dilansir Manchester Evening News.

“Football Manajer sangat mirip dunia nyata. Sebab, banyak talenta yang tumbuh menjadi pemain bagus. Pengembang permainan itu sudah melakukan penelitian luar biasa,” lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Sudah Bermain Lama

Solskjaer mengaku sudah bermain Football Manajer sejak masih memperkuat MU. “Saya bermain untuk bersantai,” katanya.

“Saya menerapkannya seperti ketika bermain dulu. Sebagai manajer, saya memberi pemain muda kesempatan dan menyaksikan mereka berkembang,” sambung sosok berusia 45 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Bina Talenta Muda

Dengan pendekatan tersebut, Solskjaer mengaku enggan membeli pemain. Dia membuktikannya ketika tidak beraktivitas pada bursa transfer Januari 2019.

Mantan manajer Cardiff City itu mengoptimalkan lulusan akademi MU seperti Marcus Rashford, Jesse Lingard, dan Paul Pogba.

Roma vs Porto Masih Imbang Tanpa Gol di Babak Pertama

Roma – Babak pertama AS Roma vs FC Porto di leg pertama babak 16 besar Liga Champions sudah tuntas. Belum ada gol alias skor masih 0-0.

Laga dimulai dengan memberi tribute untuk Emiliano Sala, striker Cardiff City yang tewas akibat kecelakaan pesawat. Usai kick off dilakukan, laga di Stadio Olimpico, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB, berjalan cukup lambat.

Baik Roma dan Porto bermain dengan hati-hati. Roma dan Porto cukup kesulitan memasuki kotak penalti yang dituju. Crossing dari kedua tim sama-sama bisa dipatahkan.

Pada menit ke-27, percobaan dilakukan Lorenzo Pellegrini. Ia melepaskan sepakan ke gawang Porto, namun bolanya mendarat tepat di pelukan Iker Casillas.

Tiga menit berselang, Porto gantian mengancam. Melalui Fernando Santos, bola sepakannya juga masih bisa diredam kiper Roma Antonio Mirante.

Pada menit ke-37, peluang didapat Roma. Edin Dzeko nyaris membobol gawang Casillas, andai sepakannya yang meneruskan umpan Fazio tidak membentur mistar.

Hingga babak pertama tuntas, tidak ada gol tercipta. Sementara babak pertama Roma vs Porto berakhir imbang tanpa gol.

Susunan Pemain

AS Roma: Mirante, Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov, Pellegrini, De Rossi, Cristante, Zaniolo, El Shaarawy, Dzeko

FC Porto: Casillas, Telles, Pepe, Felipe, Militao, Hector, Danilo, Otavio, Brahii, Santos, Tiquinho
(yna/raw)


Ini Alasan Cardiff City Belum Bayar Cicilan Transfer Emiliano Sala

Jakarta Chairman Cardiff City, Mehmet Dalman, mengungkapkan alasan timnya belum membayar transfer Emiliano Sala kepada Nantes. Cardiff City sedang mengumpulkan informasi yang dibutuhkan sebagai syarat pembayaran transfer.

“Tentu saja, jika secara kontrak berkewajiban untuk membayar mereka maka tentu kami akan melakukannya. Kami adalah klub yang terhormat,” kata Dalman.

“Tetapi, jika kami tidak maka tentunya Anda akan mengharapkan saya sebagai petinggi dari kepentingan klub ini untuk melihat secara rinci dan memegang posisi kami? Itulah yang kami lakukan.”

“Kami masih dalam proses mengumpulkan informasi dan proses itu akan berlanjut. Ketika kami mencapai memiliki informasi yang cukup, saya yakin kami akan duduk bersama Nantes.”

Dalman melanjutkan, Nantes berhak mengambil tindakan hukum atas proses transfer itu. Namun, Cardiff City juga meminta pihak Nantes untuk bersabar karena ada musibah yang tidak diharapkan semua pihak.

“Mereka meminta apa yang diyakini sebagai uang mereka. Mereka telah memulai proses itu. Apa yang kami katakan adalah kami tidak setuju dengan proses itu mengingat peristiwa luar biasa yang telah terjadi dan keadaan tragis. Kami tidak membuat pernyataan positif atau negatif,” ujar Dalman.

“Kami hanya mengatakan, ‘Tolong mengerti ada banyak pertanyaan yang perlu dijawab dan itulah yang kami coba lakukan’,” tutur Dalman.

Cardiff City telah sepakat membeli Sala dari Nantes dengan biaya 15 juta poundsterling yang dicicil sebanyak tiga kali. Akan tetapi, The Bluebirds belum membayar cicilan pertama karena Sala diketahui meninggal dunia setelah pesawat yang ditumpanginya jatuh di Selat Inggris pada 21 Januari 2019.

Sumber: soccerway

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini: