Cara Menghasilkan Banyak Santan dari Parutan Kelapa

Liputan6.com, Jakarta – Santan termasuk salah satu bahan masakan wajib bagi orang Indonesia. Masakan bersantan khas Indonesia memang jadi favorit banyak orang.

Sebut saja rendang, gulai, opor, sampai dessert seperti bubur dan banyak lagi. Santan memang memberikan rasa gurih pada masakan. Saat ini memang sudah banyak santan instan dijual di pasaran, meski begitu masih cukup banyak yang memeras sendiri santan dari kelapa parut.

Untuk memeras santan ini ternyata ada trik tersendiri agar santan yang dihasilkan banyak. Rahasianya adalah pada parutan kelapa. Kelapa ternyata memiliki serat, dari serat inilah nanti saat diperas akan menghasilkan santan.

Pastikan arah parutan bergerak memotong serat kelapa saat Anda memarut kelapa. Parut kelapa dengan gerakan dari atas ke bawah. Jika memotong searah ruas daging kelapa, biasanya tak semua santan bisa keluar maksimal.

Setelah itu, tambahkan sedikit air matang pada parutan kelapa dan peras. Hasil santan pun akan lebih banyak. Mudah bukan? Selamat mencoba.  (Ivana Okta)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Selain lebih sehat, rasa makanan dijamin akan tetap enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *