Cara Membuat Sup Jagung Kental yang Enak, Gurih dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia. 

Bagian jagung yang biasa dimakan manusia adalah bijiannya, baik masih muda ketika isinya belum mengering maupun setelah tua dan mengering. Bijian kering dapat dihaluskan menjadi tepung jagung (maizena). Maizena merupakan bahan untuk berbagai kue dan penganan olahan serta untuk bahan baku pembuatan mie bihun.

Pecahan kasar bijian jagung diolah di Amerika Serikat sebagai makanan sarapan populer, corn flakes. Di Jawa Timur terutama, bijian jagung kering ditumbuk agak halus untuk mendapatkan beras jagung, yang setelah dikukus atau ditanak menjadi nasi jagung. Nasi jagung ini, murni atau bercampur nasi padi, umum sebagai makanan pokok terutama di wilayah Jatim yang mendapat pengaruh dari budaya Madura.

Bijian utuh jagung dapat dipanggang, disangrai, atau digoreng. Gorengan bijian kering jagung dikenal sebagai marning di Jawa Tengah. Dari bijian jagung kering varietas tertentu juga dapat dibuat brondong jagung.

Jagung muda biasanya dipasarkan secara utuh bersama tongkolnya. Jagung manis mengisi kebanyakan pangsa ini, meskipun jagung ladang dan jagung ketan juga dipanen dalam keadaan demikian. Tongkol direbus, dipanggang, atau dibakar. Beberapa masakan sayur, seperti sayur asam dan sayur bening dilengkapi dengan potongan tongkol jagung atau bijian muda yang sudah dipisahkan dari tongkolnya (dipipil). 

Dalam dunia kuliner pun, jagung kini menjadi salah satu bahan masakan yang selalu mengundang selera. Berbagai olahan dari jagung pun siap menggoyang lidahmu. Salah satunya dijadikan olahan sebagai sup. Cara membuat sup jagung sendiri terbilang sangat mudah. Kamu tentu tahu sajian sup cream jagung yang dijual oleh salah satu restoran cepat saji. Ya, cara membuat sup jagung dengan cream ini memang menjadi favorit banyak orang. Selain cream, cara membuat sup jagung kental dengan tekstur yang masih terasa juga disukai banyak orang.

Di saat musim hujan sudah mulai datang, sup jagung kental paling pas buat jadi kudapan lezat menghangatkan tubuh. Berikut cara membuat sup jagung kental yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/11/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *