Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan usus kotor diperlukan bagi kamu yang memiliki gangguan atau masalah pada usus. Usus bisa menjadi kotor karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari. Ya, usus menyimpan sisa-sisa makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Disini usus tidak mengeluarkan semua sisa-sisa makanan dalam bentuk tinja, namun sisa-sisa tersebut akan menempel pada usus dan jika didiamkan akan menumpuk kemudian akan menyebabkan masalah penyakit lainnya. Makanan yang mengendap di dalam usus akan menjadi racun yang akan bercampur dengan makanan yang kamu konsumsi pada sistem pencernaan sedang berlangsung.

Nah, jika kotoran ini terus menempel di usus, maka lama-kelamaan kotoran dan limbah tersebut akan bereaksi dengan zat lain seperti racun dan akan menimbulkan berbagai penyakit serta mengganggu sistem pencernaan tubuh. Untuk itu, kamu perlu cara membersihkan usus kotor.

Berikut Liputan6.com, Jumat (23/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membersihkan usus kotor secara alami yang sangat ampuh dan tentunya aman.

2 dari 4 halaman

Penyebab Usus Bisa Kotor

– Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, MSG, pemanis buatan, processed food.

– Terlalu sering terpapar udara kotor, zat kimia, dan polusi.

– Pola diet yang salah (seperti diet tanpa olahraga, diet hanya makan buah, dan lain sebagainya).

– Stres berlebihan dan tidur tidak teratur sehingga membuat mudah lapar.

3 dari 4 halaman

Gejala Usus Kotor

Menurut para peneliti, usus yang kotor dapat memicu banyak sekali jenis penyakit bermunculan dan bisa mengganggu kesehatan tubuh. Beragam gangguan kesehatan bisa muncul akibat usus kotor.

Berikut ada tanda-tanda usus kotor yang diakibatkan adanya sisa makanan yang menempel di dinding usus dan berubah menjadi racun yang kemudian mengganggu sistem pencernaan seseorang.

Aroma Mulut Tidak Sedap

Tanda kamu sedang mengalami usus kotor pertama adalah bau mulut. Ya, hal ini disebabkan oleh kondisi usus yang kotor akibat adanya berbagai sisa makanan yang bisa menghasilkan gas dalam perut. Gas tersebut berbau tidak sedap dan naik ke atas sehingga menyebabkan bau mulut.

Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar atau sembelit menandakan kalau usus kamu penuh dengan sisa-sisa makanan. Makanan yang tidak sehat, stres, serta sering mengonsumsi obat-obatan dapat mengakibatkan usus tidak memproduksi banyak lendir.

Padahal, lendir ini memiliki fungsi untuk melancarkan saluran di dalam usus, dan sampah-sampah makan tersebut mudah dikeluarkan dari perut.

Mudah Lelah

Seseorang dengan kondisi usus kotor akan sangat rentan kelelahan dan tidak bergairah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa terjadi karena racun dari sisa-sisa makanan bisa membuat usus menjadi kotor. Racun ini kemudian masuk ke dalam darah melalui saluran limfa.

Kondisi inilah yang mengakibatkan kamu mudah lelah. Selain itu, sistem kekebalan tubuh kamu juga menjadi menurun, dan berisiko mengalami penyakit infeksi.

Mudah Sedih dan Merasa Kurang Berenergi

Usus merupakan pusat emosi dan energy. Usus memiliki tanggung jawab untuk memproduksi 90 persen hormone bahagia tubuh atau serotonin. Nah, apabila usus kamu penuh dengan racun maka dapat menyebabkan sulit melepaskan hormone ini. Lain halnya dengan usus yang bersih, maka akan membuat mental seseorang lebih baik dan berenergi.

Sistem Kekebalan Tubuh Buruk

Apabila kamu sering sakit, ini merupakan salah satu tanda ada masalah pada usus kamu. Pasalnya, bagian tubuh yang satu ini bertanggung jawab sebesar 80 persen terhadap kekebalan tubuh seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga usus agar tetap sehat.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami

Konsumsi Air Putih

Pada kondisi usus yang dehidrasi dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan sembelit. Kondisi ini akan berujung dengan penumpukan racun di dalam usus besar. Untuk itu, pastikan kamu selalu teratur minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Kamu juga bisa menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis sebagai penambah rasa. Tetapi pastikan kamu tidak memiliki masalah pada lambung dan kamu memang suka dengan rasanya.

Konsumsi Aneka Macam Teh

Selain air putih, cara membersihkan usu kotor adalah dengan mengonsumsi teh juga bisa membuang racun dari tubuh. Khususnya apabila kamu menginsumsi teh hijau yang dikenal kaya akan antioksidan dan mampu meningkatkan fungsi usus dengan membantu membersihkan usus.

Selain itu, ada juga yogurt dan kefir yang merupakan salah satu produk difermentasi yang mengandung oligosaccharides untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi Buah-buahan

Selanjutnya, cara membersihkan usus kotor bisa dengan mengonsumsi aneka buah-buahan. Ya, buah kaya akan nutrisi memang sangat bermanfaat bagi tubuh kamu. Ada beberapa buah yang dapat membersihkan usus, seperti:

– Lemon: memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya dengan antioksidannya yang tinggi. Kedua senyawa ini mampu menetralisir racun dan membuat tubuh segera mengeluarkannya.

– Alpukat: buah ini sangat kaya akan omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah perkembangan racun di dinding usus sehingga semua sisa makanan dapat luruh.

– Apel: buah ini memiliki sifat menenangkan, antiinflamasi, dan kaya serat. Terutama jika kamu memakan dengan kulitnya, yang kaya akan pectin dan antioksidan.

– Pisang: pada buah ini mengandung antacid alami yang mampu menjaga kotoran dan racun yang menempel di usus. Pisang kaya akan kalium, mineral penting untuk usus dan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan potasium pada pisang mampu meningkatkan pencernaan dan mengurangi rasa sakit serta peradangan yang terkait dengan diare dan masalah lainnya.

Konsumsi Sayur-sayuran

Cara membersihkan usus kotor selanjutnya adalah dengan mengonsumsi aneka sayur-sayuran. Jenis sayuran seperti brokoli, kangkung, dan kol memiliki tekstur yang kaya akan serat dan dapat membantu membersihkan usus dari racun serta kotoran yang menempel di dinding usus.

Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang membantu melindungi diri dari racun. Untuk menjaga kandungan nutirisinya agar tidak hilang, kamu disarankan untuk memasak sayur dengan cara direbus. Apabila kamu ingin menumisnya, gunakanlah minyak zaitun agar dapat menambah nutrisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *