Jumlah Pengungsi Banjir Bandang Sentani Capai 11.156 Orang

Jakarta – Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua, mencapai 11.156 orang. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan pengungsi tersebar di sejumlah lokasi pengungsian di Jayapura.

“Ada juga yang mengungsi ke rumah-rumah warga yang tidak terkena banjir,” kata Kamal, seperti dilansir Antara, Kamis (21/3/2019).

11.156 warga yang terdampak mengungsi di 28 lokasi pengungsian. Titik pengungsian itu antara lain, di Kompleks BTN Bintang Timur 600 orang, Komplkes BTN Gajah mada 1.450 orang, Kompleks Doyo Baru tepatnya di Gereja Advent 153 orang, Kompleks Doyo Lama 1.373 orang, di Kompleks HIS 600 orang, Kompleks Sil 1.000 orang, Kompleks Gunung Merah 1.453 orang, di Kompleks Permata Hijau 120 orang, Kompleks Asrama Himles 50 orang, di Panti Jompo 23 orang.

Selain itu, di Rindam 220 orang, Kampung Netar 43 orang, Kompi D 108 orang, Puspenka 200 orang, Yayasan Abdi Nusantara 900 orang, dI Kerto Sari 182 orang, Sabron Yaro 45 orang, di BTN Efata 121 orang, Pasar Baru 250 orang, Gereja Soar pasar lama 69 orang, BTN Sosial 150 orang, Gereja Yahim 170 orang, Kehiran 300 orang, Toladan 111 orang, Stikes 150 orang, di Belakang Balai Desa Advent 75 orang, Posko Pengungsian Bas Youwe 25 orang, dan Posko pengungsian Puspenka Hawai 1.215 orang.

Jumlah belasan ribu pengungsi ini dicatat per Kamis (21/3). Kamal juga menyebutkan, sebanyak 375 rumah rusak berat, empat jembatan rusat berat, 4 bangunan ibadah rusak berat, 8 sekolah rusak berat dan sebanyak 104 rumah toko juga tak luput kena banjir dan rusak berat.

Sementara mengenai nilai kerugian material, Kamal mengaku belum melakukan penghitungan karena masih fokus dalam pencarian, evakuasi dan penanganan penyembuhan trauma pasca banjir bandang kepada para pengungsi.
(idn/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wajib Pajak Pribadi Lapor SPT Capai 7,3 Juta hingga 19 Maret

Sebelumnya, irektorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan realisasi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan hingga pertengahan Maret 2019 telah mendekati 6 juta SPT, tepatnya 5,97 juta SPT.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Kemenkeu, Yon Arsal mengatakan, capaian ini tumbuh sebesar 10,7 persen juga dibanding dengan capaian periode tahun lalu yang mencapai 5,4 juta.

“Jumlah diterima sudah hampir enam juta yaitu 5,97 juta, atau meningkat dari 5,4 juta tahun lalu, dengan pertumbuhan agregat 10,7 persen,” kata dia, di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Kamis 14 Maret 2019.

Realisasi pertumbuhan terbesar, kata dia, berasal dari Wajib Pajak Orang Pribadi non karyawan yaitu mencapai 17 persen, meski masih terdapat penurunan dari penyampaian SPT Orang Pribadi karyawan.

Dia menyampaikan, salah satu alasan kenaikan pelaporan SPT ini berasal dari tingkat kepatuhan Wajib Pajak yang makin membaik, terutama para peserta yang telah mengikuti program pengampunan pajak.

“Kalau rata-rata WP non tax amnesty kepatuhannya 71 persen tahun kemarin, peserta tax amnesty kepatuhan formalnya lebih dari 90 persen. Ini kita jadikan benchmark bagi partisipan non tax amnesty untuk lebih baik kepatuhan formalnya,” ujar dia.

Selain itu, pihaknya pun juga sosialisasi maupun edukasi sehingga turut memberikan kontribusi terhadap peningkatan pelaporan SPT.

“Program edukasi telah ditonjolkan, makanya kemarin DJP mengirimkan email kepada WP. Ini sebagai best practice yang sudah dilakukan negara maju untuk mengingatkan WP segera jatuh tempo. Itu praktik yang lazim,” imbuh dia.

Yon menyakini, melalui upaya tersebut, jumlah penyampaian SPT Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan akan meningkat atau mendekati jumlah Wajib Pajak terdaftar wajib SPT pada 2019 sebesar 18,3 juta Wajib Pajak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pesan Sri Mulyani di Penghargaan Pajak

Total Aset Reksa Dana Syariah Capai Rp 37,3 Triliun

Bursa Efek Indonesia (BEI) menegaskan bahwa pasar modal syariah Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Menurut data World Bank, total penduduk Indonesia berjumlah 264 juta orang. Angka ini lebih besar dari jumlah penduduk di 8 negara yang memiliki aset kuangan syariah terbesar di dunia.

Dari 264 juta orang, 87 persen penduduknya merupakan muslim dan 64 persennya merupakan kelompok produktif. Hal ini lah yang membuat potensi pasar modal syariah di Indonesia begitu besar.

Ini dapat dibuktikan dari aset keuangan syariah Indonesia di pasar global berada di peringkat ke 7 mencapai USD 81 miliar pada 2017, mengalahkan Turki yang mencapai USD 49,5 miliar. 

“Indonesia peringkat ke 7 aset keuangan syariah di dunia 2017. Karna masih kecil maka ruang tumbuhnya begitu besar,” jelas Iwan Abdalloh, Kepala Divisi Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia, Senin (18/3/2019).

Adapun negara lain yang memiliki aset keuangan syariah tertinggi didunia pada 2017, Iran menduduki peringkat pertama dengan jumlah aset mencapai USD 545 miliar. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Saudi Arabia mencapai USD 472 miliar.

Sementara Malaysia menduduki peringkat ke tiga dengan jumlah aset USD 405 miliar. Posisi ke empat oleh Uni Emirat Arab mencapai USD 203 miliar. Dan posisi selanjutnya yaitu, Kuwait dengan USD 120 miliar, dan Bahrain mencapai USD 99 miliar.

Irwan menambahakan tingginya potensi pasar modal syariah di Indonesia juga didukung oleh milesstones lainnya. “Milestones ini udah ada dari lama kok, sudah ada sejak 1997,” ujarnya.

Adapun milestones yang menunjang pasar modal syariah yaitu, Reksa Dana Syariah yang ada sejak 1997, Indeks Saham Syariah sejak 2000, Sukuk pada 2002, Regulasi Pasar Modal Syariah sejak 2006, dan terakhir yaitu ETF Syariah yang ada sejak 2013.

Pembangunan Bendungan Sindangheula Banten Capai 98 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten saat ini dalam tahap penyelesaian akhir, dengan progres 98 persen.

Basuki mengatakan, Bendungan Sindangheula merupakan satu dari 49 bendungan baru yang dibangun Kementerian PUPR pada tahun 2015-2019, untuk mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional.

“Ini sudah selesai, tinggal ada 20 hektare lagi di daerah genangan dan saat ini dalam tahap konsinyasi. Pak Gubernur sudah meminta ditutup (saluran pengelak) sehingga penggenangan bisa dilakukan dan semoga bisa segera dimanfaatkan untuk masyarakat,” kata Basuki, di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Bendungan Sindangheula ini memiliki manfaat besar bagi masyarakat di Kabupaten Serang maupun Kota Serang, untuk irigasi di Daerah Irigasi Cibanten seluas 1.000 hektare, pengendalian banjir daerah hilir Kabupaten Serang dan Kota Serang dengan kapasitas tampung banjir 1,5 juta m3 dan akan menyuplai air baku 0,8 m3 per detik bagi Kabupaten dan Kota Serang.

Basuki pun meminta bendungan yang dibangun pada 2015 dengan anggaran sebesar Rp 432 miliar dari APBN tersebut, ke depan dapat dimanfaatkan sebagai kawasan wisata dan konservasi alam.

“Ini saya kira nanti akan jadi area wisata karena dekat sekali dengan Kota Serang. Mudah-mudahan dengan adanya tol dari Serang ke Panimbang pasti akan lebih mudah dijangkau,” tutur Basuki.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau, Ciunjung, Cidurian Tris Raditian mengatakan, Bendungan Sindangheula memiliki kapasitas tampung total sebesar 9,25 juta meter kubik dan luas genangan 115 ha.

“Bendungan ini airnya dari Sungai Cibanten. Selain untuk air baku, untuk irigasi juga untuk potensi tenaga pembangkit listrik 0,4 megawatt,” tandasnya.

Capai Penjualan 100 Ribu Unit, Mitsubishi Xpander Hanya Butuh 18 Bulan

Tampilan mobil standar bagi sebagian orang memang membosankan. Alhasil, dengan melakukan sedikit modifikasi ataupun menambahkan aksesori bisa menjadi solusi agar mobil kesayangan tampil beda.

Aksesori yang beredar di pasaran pun beragam. Tidak hanya untuk eksterior, aksesori untuk memberikan kesan beda pada kabin juga banyak tersedia.

Nah, bagi pemilik Mitsubishi Xpander yang ingin tunggangannya tampil keren bisa sedikit memberikan sentuhan. Dirangkum dari berbagai sumber, ada bebepa bagian dari Xpander yang bisa ditingkatkan.

Pelek

Ya, salah satu bagian luar yang bisa terlihat jelas perbedaannya adalah dengan mengganti pelek. Anda bisa mengganti dengan ukuran diameter yang lebih besar.

Saat ini banyak toko penjual pelek yang menawarkan paket beserta ban. Harganya mulai dari jutaan hingga belasan juta rupiah.

Jok Kulit

Bagi yang joknya berbahan fabric, bisa mengganti atau melapisinya dengan sarung jok bermaterial kulit. Jika kulit asli dirasa mahal, Anda bisa menggunakan kulit sintetis.

Soal harga, sarung jok ditawarkan dengan banderol bervariasi. Namun untuk kulit sintetis harga umumnya di bawah Rp 4 jutaan.

Sill Plate

Aksesori berupa lempengan ini biasanya ditempel di bawah bukaan pintu. Selain sebagai pemanis, fungsinya sebagai pelindung bodi mobil.

Posisinya yang di bawah rentan terinjak saat masuk mobil. Harga aksesori ini mulai dari Rp 300 ribuan.

Arm Rest

Konsol tengah Xpander mampu menampung empat botol air mineral berukuran kecil. Namun sayang tidak ada arm rest atau sandaran tangan untuk penumpang depan.

Nah, Anda bisa mengakalinya dengan memasang produk aftermarket yang bisa berfungsi sebagai arm rest tanpa mengurangi fungsi konsol boks. Harganya berkisar Rp 450 ribuan.

Alas Bagasi

Seperti diketahui, baris ketiga Xpander bisa dilipat dan difungsikan untuk menyimpan barang. Namun bagian belakang jok rentan kotor dan lusuh jika sering dipakai untuk menyimpan barang.

Solusinya dengan memberikan alas atau luggage mat. Aksesori ini bisa ditebus dengan banderol Rp 250 ribuan.

Kupas Tuntas Mitsubishi Xpander

Penghasilan Anya Geraldine Capai Rp 100 Juta Per Bulan?

Liputan6.com, Jakarta – Berawal dari seorang selebgram, Anya Geraldine kini sudah merambah layar kaca. Setidaknya cewek yang terkenal lewat gaya pacarannya itu sudah membintangi film Tusuk Jelangkung di Lubang Buaya dan Yowis Ben 2.

Saat ini, Anya Geraldine juga menjadi salah satu selebgram dengan penghasilan yang fantastis. Kabarnya penghasilan eks pacar Bio One itu mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

Salah satu dan menjadi pemasukan utama Anya Geraldine adalah dari endorsement. Berdasarkan informasi yang dapat dari akun Line Official @anyageraldine, harga endorse untuk satu barang di Instagram Anya adalah Rp 1,5 juta.

Sementara harga endorse untuk satu video adalah Rp 4,5 juta dengan durasi tayang di feed Instagram Anya Geraldine selama dua minggu.

Berbeda jika endorse lewat insta story yang dipatok harga 700 ribu hingga satu juta rupiah. Wow! Tinggal dikalikan berapa barang endorse yang dipajang dalam sebulan.

Bukan hanya Instagram, Anya juga memiliki akun YouTube. Saat ini, channel YouTube dengan nama Anya Geraldine tersebut telah memiliki 197 ribu subscribers. Dari empat sumber penghasilan Anya Geraldine yang telah dijelaskan di atas, ditambah honornya sebagai pemain film, model, dan bintang tamu, kira-kira berapa penghasilan Anya?

Inflasi Maret Diprediksi Capai 0,07 Persen Dipicu Harga Bawang

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengungkapkan hasil Survei Pemantauan Harga yang dilakukan bank sentral menunjukkan terjadi inflasi sebesar 0,07 persen pada Maret.

“Inflasi berdasarkan survei pemantauan harga minggu pertama di bulan Maret diestimasikan inflasi (mtm) 0,07 persen. Kalau (yoy) 2,44 persen,” kata Perry di Kompleks Gedung BI, Jumat (8/3/2019).

Kendati demikian, dia mengungkapkan kondisi harga komoditas pangan di pasar masih seperti bulan sebelumnya, yaitu cenderung turun.

“Sebagaimana bulan sebelumnya harga-harga pangan menujukkan kecenderungan menurun seperti daging ayam ras, cabai merah, telur ayam dan berbagai sayur mayuran,” jelas dia.

Akan tetapi, ada komoditas yang menunjukkan lonjakan harga, yaitu bawang merah dan bawang putih.

Harga kedua jenis bawang tersebut menjadi salah satu penyumbang inflasi, ditambah dengan harga tiket pesawat yang masih tinggi. “Yang sedikit meningkat bawang merah bawang putih dan angkutan udara,” ujar dia.

Namun, Perry menegaskan ekspektasi inflasi masih tetap terkendali dan menunjukan bahwa harga-harga masih tetap stabil.

“Ekspektasi inflasi terkendali, berarti harga-harga rendah dan terkendali. YoY lebih rendah dari Februari. Dan Insya Allah sebagaimana disampaikan bahwa akhir tahun ini inflasi dibawah 3,5 persen,” dia menandaskan.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Awan Panas Merapi Kembali Keluar Malam Ini, Semburan Capai 1,3 Km

JakartaAwan panas kembali keluar dari kawah Gunung Merapi malam ini. Jarak luncur awan panas tersebut 1,3 kilometer. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan aktivitas Merapi malam ini di akun Twitter resminya @BPPTKG.
Informasi mengenai semburan awan panas dicuitkan Jumat (8/3), pukul 00.17 WIB. Dalam cuitan tersebut dijelaskan Awan panas meluncur dari puncak gunung dalam waktu 130 detik ke arah hulu Kali Gendol pada pukul 23.30 WIB, Kamis (7/3).
BPPTKG menjelaskan jarak luncur masih dalam kategori aman rekomendasi. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang karena jarak luncur yang terbilang masih aman.

Sebelumnya BPPTKG juga melaporkan aktivitas serupa terjadi di puncak Gunung Merapi, kemarin siang. Adapun awan panas guguran siang kemarin berdurasi 97 detik dengan jarak luncur 1 kilometer. Berdasarkan pengamatan BPPTKG awan panas guguran mengarah ke tenggara.

(aud/rvk)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Investasi Jaringan Gas di Probolinggo Capai Rp 97,08 Miliar

Liputan6.com, Probolinggo – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) kembali bahu membahu dengan Kementerian ESDM untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan Jaringan Gas (Jargas) pada awal 2019.

Pada Maret 2019, Jargas Probolinggo yang bersiap dioperasikan guna menghubungkan layanan kepada masyarakat Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (5/3/2019). 

“Pembangunan Jargas Probolinggo ini merupakan proyek dari Kementerian ESDM, dengan investasi total proyek mencapai Rp 97,08 miliar,” tutur Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso. 

Untuk beroperasi sepenuhnya, Jargas Probolinggo akan melayani 5.088 Sambungan Rumah (SR). Jargas ini pun mencakup layanan bagi masyarakat di empat kelurahan, di Probolinggo, Jawa Timur.

Dia mengungkapkan selama tahun lalu, pemerintah mempercepat pembangunan jaringan gas di berbagai lokasi. Termasuk, katanya, memperluas cakupan layanan di wilayah Pasuruan dan Probolinggo di Jawa Timur.

“Kami mempunyai peran dan misi untuk memperluas layanan energi baik kepada masyarakat,” tutur dia.

Sementara itu, Wakil Kepala SKK Migas, Sukandar menyampaikan, pemerintah bersama PGN yang kini berstatus sebagai sub holding gas, mempunyai kewajiban menciptakan keadilan dan pemerataan energi yang efisien. 

“Lewat Jargas, kami menilai, masyarakat dapat menikmati aliran gas yang efisien dan mendapatkan banyak benefit, sehingga dengan terbangunnya Jargas, perekonomian masyarakat kian maju dan berkembang,” ujar dia.

Jargas Probolinggo yang dibangun sejak April 2018, akan memanfaatkan sumber gas yang berasal dari Husky CNOOC Madura Ltd. 

2 dari 2 halaman

Jaringan Gas di Daerah Lain

PGN juga bersiap mengoperasikan Jargas di Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara.  Total investasi tersebut hingga rampung sepenuhnya akan menelan dana sebesar Rp 123,64 miliar.

PGN pun telah berkomitmen melayani jaringan baru di Bogor, Serang, Cirebon dan Pasuruan. Dalam rencana pengoperasian, untuk Bogor, penambahan Jargas tersebut akan mengaliri sebanyak 5.120 SR, tepatnya di wilayah Kecamatan Cibinong dan Bojong Gede.

Total investasi proyek Jargas yang meliputi Bogor, Serang, dan Cirebon mencapai Rp 124,88 miliar.  Sedangkan di Pasuruan, terdapat 6.314 SR yang akan dialiri gas. 

Di sisi lain, PGN juga konsisten membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas bumi. Hingga kini, PGN tercatat mengelola jaringan infrastruktur pipa gas sepanjang 7.453 km.

Dari infrastruktur tersebut, PGN menyalurkan gas bumi ke 203.314 pelanggan dari berbagai segmen, seperti pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Selain itu, pelanggan rumah tangga yang tersebar di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gagal Capai Kesepakatan dengan AS, Kim Jong-un Segera Merapat ke Rusia?

Liputan6.com, Pyongyang – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan mengunjungi Rusia, menurut sekretaris pers presiden Rusia yang tidak berbagi tanggal atau rincian lain tentang rencana lawatan itu.

“Kunjungan semacam itu memang ada dalam agenda,” kata Dmitry Peskov. “Kami berharap tanggal dan tempat yang tepat akan ditentukan melalui saluran diplomatik dalam waktu dekat,” demikian seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (5/3/2019).

Belum jelas pula rencana lawatan itu akan termasuk tatap muka antara Kim Jong-un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun, mengingat keduanya sama-sama kepala negara, tatap muka itu diperkirakan akan terjadi.

Pengumuman dikeluarkan ketika Kim Jong-un telah kembali ke Pyongyang, menyusul pembicaraan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Vietnam pekan lalu, di mana kedua pihak gagal mencapai kesepakatan tentang denuklirisasi maupun pengurangan sanksi terhadap Korea Utara.

Pada hari Senin, laporan media Rusia mengatakan anggota kelompok parlemen Negeri Beruang Merah bidang hubungan Rusia dengan Korea Utara akan mengunjungi Pyongyang pada 12 April 2019 mendatang. Tidak jelas apakah lawatan itu menjadi ‘pembuka jalan’ jelang lawatan Kim Jong-un ke Moskow.


Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Korea Selatan Usulkan Dialog Tiga Negara, Plus China dan Rusia

Sementara itu, Korea Selatan telah mengusulkan perundingan tiga arah semi-resmi dengan Amerika Serikat dan Korea Utara saat mereka berusaha untuk mengembalikan diplomasi nuklir kembali ke jalur setelah runtuh pasca-KTT Korut-AS kedua di Hanoi, Vietnam.

Proposal untuk perundingan tersebut datang pada pertemuan Dewan Keamanan Nasional pada hari Senin, dipimpin oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang mengatakan itu adalah “prioritas utama” Seoul untuk mencegah mundurnya negosiasi nuklir antara AS dan Korea Utara.

Pada pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha mengatakan pembicaraan yang diusulkan itu, yang dapat mencakup para ahli sipil dari AS dan Korea Selatan, akan membantu menyelesaikan perbedaan tentang berapa banyak pecabutan sanksi yang harus diberikan Washington kepada Korea Utara dengan imbalan langkah-langkah pelucutan nuklir.

“Kita harus melihat apa dan bagaimana AS dan Korea Utara melihat situasi saat ini dan kami akan membuat langkah-langkah mediasi praktis,” kata Kang Kyung-wha.

“Kami akan membuat berbagai langkah untuk membuka kembali dialog antara AS dan Korea Utara. Selain itu, kami akan bekerja sama dengan negara-negara yang tertarik dengan masalah ini, seperti China dan Rusia, untuk membuka kembali dialog AS – Korea Utara sesegera mungkin.”

Korea Utara dan AS gagal mencapai kesepakatan dalam KTT di Vietnam setelah keduanya tidak menyetujui usulan yang diajukan oleh masing-masing pihak.

Kim Jong-un ingin agar AS mencabut sejumlah sanksi signifikan yang diterapkan kepada Korea Utara dengan tawaran bahwa Pyongyang akan menutup fasilitas nuklirnya di Yongbyon.

Di sisi lain, Donald Trump ingin agar Korut melucuti semua persenjataan dan fasilitas pengembangan nuklirnya, dengan imbalan AS akan mencabut sanksinya kepada negara tertutup itu.

Namun, keduanya tidak mencapai titik temu. Mereka meninggalkan Hanoi tanpa menyetujui kesepakatan apapun serta menjadikan dialog perdamaian menjadi berjalan di tempat sejak keduanya terakhir kali bertemu di Singapura pada Juni 2018.

Sementara itu, pemantau nuklir dunia meyakini bahwa Korea Utara memiliki situs-situs lain selain di Yongbyon yang memproduksi uranium tingkat senjata yang tersembunyi di seluruh negeri.