Bos BI Sebut Suku Bunga Acuan Hampir Capai Puncaknya

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memberikan sinyal jika suku bunga acuan BI sudah hampir mencapai puncaknya.

Hal tersebut dia sampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI.

Diketahui, saat ini suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI 7-Day Reverse Repo berada di posisi 6 persen. Tercatat selama 2018, suku bunga acuan BI sudah terkerek dari 4,25 persen ke 6 persen atau naik 175 basis poin.

“Tingkat suku bunga kami, BI 7 Day RR kami, pada saat ini sudah hampir mencapai puncaknya,” kata Perry, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan, BI akan terus berupaya menjaga stabilitas moneter melalui berbagai kebijakan.

“Untuk memperkuat stabilitas, mengendalikan inflasi, memang stance moneter yang pre-emptive dan ahead of the curve masih akan kami pertahankan,” ujar dia.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

BI Prediksi The Fed Naikkan Suku Bunga 3 Kali pada 2019

Sebelumnya, Bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (the Fed) menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) pada hari Rabu kemarin. Akan tetapi, The Fed menurunkan probabilitas atau proyeksi kenaikkan bunganya di 2019.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengungkapkan sebelumnya semua pihak memperkirakan The Fed atau bank sentral AS akan menaikkan suku bunganya sebanyak tiga kali di tahun depan. Namun prediksi tersebut berubah sejak pengumuman kenaikkan suku bunga The Fed kemarin.

“Sejumlah pelaku pasar mengestimasinya kalau tahun depan kalau FFR hanya naik satu kali, tapi kemarin probabilitasnya dua kali, itu kalau dari sisi pasar,” kata Perry di kompleks Gedung BI, Jumat 21 Desember 2018.

Dia mengungkapkan, kondisi tersebut menjadi faktor positif bagi iklim investasi di negara berkembang termasuk Indonesia. “Sehingga meningkatkan confident internasional dan inflow(aliran modal masuk) akan lebih besar,” ujarnya.

Sementara itu, dia menegaskan BI tetap pada perkiraan awal yaitu The Fed akan menaikkan suku bunganya sebanyak tiga kali.

“Kalau dari BI tetap memperkirakan kalau tahun depan tiga kali. Meskipun probabilitasnya mengarah dua kali, sebagaimana yang kita cermati dari pengumuman The Fed,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jurus Pemerintah Tekan Impor Migas

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk menekan impor terutama impor di sektor minyak dan gas (migas).

Meskipun demikian, dia mengakui impor migas Indonesia masih cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari impor minyak PT Pertamina yang tumbuh 13,5 persen.

“Jadi kita lihat beberapa langkah yang sudah kita lakukan memberikan dampak. Namun kelihatan bahwa impor kita masih cukup besar di beberapa kategori tadi, yang minyak, karena dalam catatan kita seperti Pertamina masih impornya growth-nya 13,5 persen,” kata dia, saat ditemui, di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk menekan impor migas yakni dengan terus mendorong implementasi B20.

“Kalau kita lihat instrumen yang kita lakukan untuk memperbaiki defisit neraca pembayaran, current account defisit (CAD) dan neraca perdagangan itu adalah dengan beberapa langkah yang sudah dilakukan. B20 karena dari sisi migas kita mencoba mengurangi dari sisi defisitnya,” ujar dia.

Pemerintah juga tentu akan mendorong Pertamina untuk terus mengimplementasikan kebijakan B20. Dengan demikian diharapkan impor migas dapat terus ditekan.

“Jadi impor minyak kita mungkin perlu melihat dari Pertamina implementasi dari B20. Sehingga dia bisa menekan dari sisi kebutuhan impor minyak itu. Dan sudah menggunakan biodiesel,” kata dia.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Di Atas Target, Penerimaan Migas 2018 Capai Rp 228 Triliun

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat penerimaan negara dari sektor minyak dan gas bumi (migas) hingga akhir Desember 2018 mencapai Rp 228 triliun. Angka ini setara dengan 182 persen dari target yang ditetapkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Penerimaan migas Rp 228 triliun atau 182 persen dari target APBN 2018,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, dalam konferensi pers, di Kantornya, Jakarta, Jumat 11 Januari 2019.

Djoko merincikan, dari total penerimaan tersebut sebanyak 72 persen atau Rp 163,4 triliun diperoleh dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara 28 persen sisanya atau Rp 64,7 triliun, merupakan pemasukan dari PPh Migas.

“Penerimaan migas lebih besar dari target APBN 2018. untuk PNPB Rp 163,4 triliun PPh Rp 64,7 triliun,” imbuhnya.

Dengan pencapaian ini pihaknya optimistis kinerja sektor migas ke depan akan lebih baik. Dengan begitu, penerimaan di sektor migas dapat meningkat dari tahun 2018.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Saham Netflix Bantu Penguatan Wall Street

Liputan6.com, Jakarta – Wall Street naik pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) Mendorong penguatan bursa saham di Amerika Serikat (AS) ini adalah saham-saham di sektor teknologi terutama saham Netflix.

Selain itu, rencana stimulus ekonomi yang akan dikeluarkan oleh pemerintah China juga meredam kekhawatiran investor sehingga ikut mendorong kenaikan Wall Street.

Mengutip Reuters, Rabu (16/1/2019), Dow Jones Industrial Average naik 155,75 poin atau 0,65 persen menjadi 24.065,59. Untuk S&P 500 naik 27,69 poin atau 1,07 persen menjadi 2.610,3. Sedangkan Nasdaq Composite menambahkan 117,92 poin atau 1,71 persen menjadi 7.023,83.

Saham Netflix melonjak 6,6 persen setelah perusahaan streaning video tersebut mengeluarkan pernyataan bahwa perusahaan akan menaikkan harga bagi para pelanggan yang ada di AS.

Saham-saham di sektoer teknologi lainnya seperti Alphabet Inc, Amazon.com Inc dan Apple Inc juga naik setelah pengumuman itu.

Indeks layanan komunikasi S&P 500 yang mencakup Netflix dan Alphabet naik 1,7 persen. Saham teknologi S&P 500 juga menguat 1,5 persen.

Selain itu, kenaikan Wall Street juga didorong oleh rencana China yang akan memberikan stimulus lebih banyak dalam waktu dekat sehingga meredakan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

“Secara keseluruhan, bursa saham AS mendapatkan kabar baik,” jelas chief market strategist TD Ameritrade, J.J. Kinahan.

“China membantu meredakan roller-coaster harian dan bahwa Netflix berpikir dapat menaikkan harga berlangganan juga sangat bagus.” lanjut dia.

Sebelumnya, langkah Wall Street tertahan setelah parlemen Inggris belum bisa membuat kesepakatan mengenai Brexit.

Penolakan kesepakatan itu dapat menyebabkan pembalikan keputusan yang dilakukan pada 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa.

2 dari 3 halaman

PM Inggris: Gagalnya Brexit Bisa Berakibat Bencana

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris, Theresa May mewanti-wanti Parlemen atas ketidaksepakatan yang berlarut di kalangan legislatif soal Brexit (keluarnya Inggris dari Uni Eropa), yang jika dibiarkan mungkin akan berujung pada kegagalan rencana itu.

Menulis di Sunday Express, PM May memohon kepada para anggota parlemen untuk mendukung perjanjian Brexit-nya dalam pemungutan suara di House of Commons (lower-houseParlemen Inggris) pada Selasa 15 Januari 2019 mendatang. Pemilihan itu akan menentukan persetujuan House of Commons terhadap paket Brexit versi PM May.

“Kegagalan untuk memberikan Brexit akan menjadi pelanggaran kepercayaan yang besar dan tak termaafkan dalam demokrasi kita”, Perdana Menteri Theresa May memperingatkan, seperti dikutip dari BBC, Minggu (13/1/2019).

“Tidak melakukan hal itu berisiko membuat Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan atau Brexit tidak terjadi sama sekali,” lanjutnya. 


May juga dikatakan khawatir tentang prospek anggota parlemen non-penjabat menteri yang berpeluang mengambil kendali Brexit jika sang PM kalah dalam pemungutan suara Selasa nanti.

The Sunday Times melaporkan rencana kelompok lintas partai anggota parlemen untuk mengubah aturan House of Commons untuk memungkinkan gerakan para backbencher(anggota parlemen non-penjabat menteri atau posisi strategis) untuk diutamakan atas bisnis pemerintah jika Brexit versi Theresa May gagal dalam pemungutan Selasa.

Itu akan memberikan anggota parlemen biasa, alih-alih anggota parlemen penjabat menteri, kontrol atas bisnis parlementer dan mengesampingkan perdana menteri.

Satu kemungkinan adalah bahwa para backbencher kemudian dapat secara hukum memaksa pemerintah untuk menunda Brexit di luar tanggal yang ditetapkan –sebuah proposal yang telah diminta oleh beberapa anggota parlemen, kata BBC.

Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret 2019 secara otomatis, terlepas apakah kesepakatan poin-poin negosiasi Brexit telah disahkan oleh anggota parlemen atau tidak.

Menulis di Sunday Express, PM May mengatakan House of Commons memberikan suara pada kesepakatan penarikan Brexit-nya yang akan menjadi “keputusan terbesar dan paling penting yang diminta oleh setiap anggota parlemen dari generasi kita”.

PM May secara luas diperkirakan akan kehilangan suara pada perjanjian penarikan yang dia capai dengan Uni Eropa, sesuatu yang beberapa menteri katakan akan menyebabkan Brexit “lumpuh”.

Sang PM berkata: “Ketika Anda memilih untuk memberikan suara dalam referendum, Anda melakukannya karena Anda ingin suara Anda didengar.”

“Beberapa dari Anda menaruh kepercayaan pada proses politik untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade. Kami tidak bisa – dan tidak boleh – mengecewakan Anda.”

“Melakukan hal itu akan menjadi pelanggaran kepercayaan dan bencana yang tak termaafkan dalam demokrasi kita.

“Jadi pesan saya ke Parlemen akhir pekan ini sederhana: Sudah waktunya untuk melupakan permainan dan melakukan apa yang benar untuk negara kita.”

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Debat Capres Cawapres Pengaruhi Suara Pemilih? Ini Kata Mahfud MD

Liputan6.com, Surabaya – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menanggapi kedua calon presiden (capres) jelang debat perdana yang mengusung tema Hukum, HAM, Terorisme, dan Korupsi yang akan dilaksanakan pada Kamis 17 Januari 2019.

Menurut Mahfud, debat itu sudah dipersiapkan dengan baik oleh kedua kubu oleh sebab itu hasilnya dipastikan memuaskan. Kemudian, tinggal masyarakat yang memilih dengan aspirasi masing-masing capres.

“Masyarakat harus mencermati strategi apa yang akan dipilih oleh calon presiden untuk memberantas korupsi. Karena kalau semua capres pasti ingin memberantas korupsi, tapi kita lihat strategi dan track record masing-masing calon,” tutur Mahfud usai memaparkan Gerakan Suluh Kebangsaan di Surabaya, Selasa (15/1/2019) malam.

“Karena dari track record masing-masing capres ini akan bisa diketahui siapa yang bisa bersungguh-sungguh dan siapa yang tidak, siapa yang mampu dan siapa yang tidak. Perangkat politiknya mendukung atau tidak, itu bisa dihitung sendiri-sendiri,” kata Mahfud.

Saat disinggung menganai pengaruh debat bagi masyarakat, Mahfud MD menjawab bahwa debat perdana itu pasti mempengaruhi masyarakat mestipun tidak banyak. Mahfud juga menilai bahwa hampir lebih dari separuh masyarakat di Indonesia sekarang ini sudah menentukan pilihannya sendiri-sendiri.

“Saya kira debat itu nanti juga akan mempengaruhi oleh sebab itu kedua calon itu tentu sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan sadar tentang pengaruhnya terhadap masyarakat,” ucap Mahfud.

“Tapi masyarakat juga harus kritis, mencermati sebaik-baiknya apa yang dijanjikan di dalam debat itu, dalam memberantas korupsi dan menyelesaikan kasus – kasus pelanggaran HAM di masa lalu dan terorisme juga,” ujar Mahfud.

2 dari 3 halaman

Rapor Jokowi-Prabowo

Saat ditanya mengenai rapot masing-masing calon presiden, Mahfud menyampaikan bahwa rapornya baik semua karena menurut ukuran konstitusi keduanya sudah memenuhi syarat berarti sudah bagus semuanya. “Tinggal yang lebih bagus yang mana itu nanti dulu saja biar masyarakat yang menilai,” kata Mahfud.

Ditanya menganai kisi-kisi yang sudah diberikan kepada masing-masing calon presiden, Mahfud mengatakan itu tidak masalah. Menurutnya, kisi-kisi tersebut diberikan atau tidak diberikan itu sama saja. Karena semua calon presiden sudah menyiapkan itu semua.

“Kita kalau mau ujian saja ada kurikulumnya, ada silabusnya, misalnya belajar sistem pemerintahan Indonesia, maka kalau di semester dua akan ada silabusnya,” ujar Mahfud.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Marak Berita Hoaks untuk Pecah Belah, Mahfud MD Dirikan Gerakan Suluh Kebangsaan

Liputan6.com, Surabaya – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD bersama sejumlah tokoh yaitu Alissa Wahid, Beny Susetyo dan Budi Kuncoro mendirikan Gerakan Suluh Kebangsaan.

Gagasan pendirian Gerakan Suluh Kebangsaan ini pun mendapatkan dukungan dari sejumlah tokoh yaitu Buya Syafii Maarif, KH Mustofa Bisri, Habib Luthfi, Shinta Nuriyah Wahid, Sri Sultan HB X, Franz Magnis Suseno, Garin Nugroho hingga tokoh muda seperti Innayah Wahid, Ari Kriting dan Savic Ali.

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Mahfud MD menuturkan, lahirnya gerakan tersebut karena adanya keprihatinan dalam memandang kondisi Indonesia belakangan ini. Menurut Mahfud belakangan ini banyak berita hoaks dan upaya pemecah belah bangsa yang terjadi.

“Polarisasi semakin tajam. Celakanya lagi ini disemarakkan dengan berita hoaks. Berita bohong yang dikapitalisasi sedemikian rupa. Berita hoaks juga diorganisir tampaknya,” tutur Mahfud di Surabaya, Selasa (15/1/2019) malam.

Mahfud MD mengungkapkan bahwa Gerakan Suluh Kebangsaan ini berusaha untuk menyebarkan optimisme di Indonesia. Selain itu Mahfud juga menyebut jika gerakan yang dipimpinnya ini berusaha menyebarkan keberagaman di Indonesia.

Anggota Dewan Penasihat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini mengungkapkan, bahwa keberagaman adalah sebuah kekuatan bangsa Indonesia. Mahfud menegaskan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia tidak untuk dipertentangkan.

“Perbedaan harus dirawat. Tidak usah dipertentangkan. Kalau dirawat keberbedaan itu menjadi padu dan saling menguatkan,” ucap Guru Besar UII ini.

2 dari 3 halaman

Fenomena Nurhadi Aldo

Saat ditanya mengenai fenomena munculnya Calon Presiden (Capres) nomor urut 10, Nurhadi Aldo, sang kreator yang menginginkan adanya kertas kosong pada kontestasi Pilpres, Mahfud menjawab bahwa secara konstitusional itu pasti tidak bisa dan itu hanya guyonan-guyonan saja.

“Tapi saya baca juga di media, karena itu ditafsirkan untuk mengajak orang golput, maka itu tidak boleh. Dan sang kreator sudah meminta maaf,” ujar Mahfud.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jalani Uji Laik, Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Tersambung Penuh

Liputan6.com, Jakarta Setelah beroperasi secara fungsional pada periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) menjalani uji laik pada tanggal 10 dan 11 Januari 2019. Uji laik ini merupakan kewajiban sebelum suatu ruas tol resmi beroperasi penuh.

Uji laik ini dilakukan sejumlah unsur terkait antara lain dari Ditjen Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Balai II Pengelola Transportasi Darat Medan, dan Korlantas.

“Meskipun ada beberapa hal kecil yang perlu disempurnakan yaitu perbaikan rounding, saluran air dan penambahan rumput di lereng jalan tol. Dan ini akan diselesaikan dalam waktu kurang dari dua minggu,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) Agus Suharjanto, Selasa (15/1/2019).

“Mudah-mudahan izin laik fungsi dan operasional segera kita dapatkan,” sambung dia.

Terbentang sepanjang 9,3 kilometer, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) merupakan seksi terakhir ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang telah selesai pembangunannya pada Desember 2018 lalu.

Sementara Seksi 2-6 (Kualanamu-Sei Rampah) telah dioperasikan sejak Oktober 2017 dan Seksi 1 (Tanjung Morawa-Parbarakan) telah dioperasikan sejak Agustus 2018. Keseluruhan ruas tol ini dikelola oleh PT JMKT yang merupakan kelompok usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Diharapkan, dalam Triwulan I 2019 ini, Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) dapat beroperasi penuh. Jika sudah dapat beroperasi penuh, keberadaan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dinilai dapat mempersingkat flat waktu tempuh Medan-Tebing Tinggi, dari 2-3 jam menjadi sekitar 1 jam.

Selain itu, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi juga diperkirakan bisa memperlancar arus transportasi dan logistik antara Kota Medan, Bandara Internasional Kualanamu, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke, dan Kawasan Pariwisata Danau Toba.

2 dari 2 halaman

Waskita Karya Targetkan Jual 5 Ruas Tol pada 2019

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) akan menawarkan 18 ruas tol miliknya kepada investor. Pada 2019, lima ruas tol ditargetkan bisa dijual kepada pihak swasta.

Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk, I Gusti Ngurah Putra mengatakan, langkah bisnis perseroan dengan menjual ruas tol sebagai salah satu langkah untuk menjaga keuangan Waskita Karya tetap sehat. Selain itu, bisnis utama dari Waskita sebenarnya yaitu sebagai kontraktor, bukan operator tol.‎

“Kami bicara institusi keuangan selalu bicara, bagaimana me-maintenance keuangan Waskita tetap sehat. Kalau divestasi enggak jalan, Waskita tak mampu lagi investasi karena strategi awal Waskita masuk tol bukan sebagian operator tol tapi developer maka Waskita terus me-leverage asetnya bukan sebagai operator,” ujar dia di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Namun, Putra belum bisa memastikan ruas tol mana saja yang akan dijual terlebih dulu. Menurut dia, ruas tol yang ditawarkan akan diprirotaskan pada tol yang sudah selesai pembangunannya.

“Terutama sudah operasi, sudah serah terima, sudah 100 persen, supaya tidak ada dispute. Kapan realisasinya saya juga enggak tahu,” kata dia. 

Sementara itu, Direktur Keuangan Waskita Karya Haris Gunawan menyatakan, pada tahun ini setidaknya ada 5 ruas tol yang dijual kepada investor. Untuk ruas tolnya, akan diserahkan kepada investor ingin membeli ruas tol yang mana sesuai dengan minat dan perhitungan bisnisnya.

“Kalau target cash belum bisa bicara. Tapi divestasi tahun ini targetnya 5 ruas tol yang ingin kita capai, kalau bisa lebih itu kita harapkan,” tandas dia.

Adapun 18 ruas tol Waskita Karya antara lain Depok-Antasari,‎ Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu,‎ Bogor-Ciawi-Sukabumi, Pemalang-Batang, Tol Krian Legundi-Bunder, ‎Kayu Agung-Palembang-Betung,‎ Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Medan-Kualanamu-Tebinggi Tinggi.

Selain itu, ada Tol Pejagan-Pemalang, Pasuruan-Probolinggo, Jakarta-Cikampek Elevated, Probolinggo-Banyuwangi, Cimanggis -Cibitung, Cibitung-Cilincing, Kanci-Pejagan, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Semarang-Batang.

Garuda dan Astindo Capai Kesepakatan soal Komisi Travel Agent

Liputan6.com, Jakarta – Setelah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari PT Garuda Indonesia Tbk (Garuda), Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) akhirnya menyepakati kebijakan perihal pembayaran komisi yang ditentukan Garuda terhadap para travel agent yang menjadi mitra perseroan.

Ketua Umum DPP Astindo Elly Hutabarat berharap, kesepakatan ini dapat memperbaiki hubungan bisnis antara Garuda dengan para travel agent-nya. Sebelumnya, ia menyatakan, pihaknya berulangkali telah menyampaikan keberatan atas rencana pemberlakuan penundaan pembayaran komisi ke travel agent.

“Astindo memilih untuk mengambil langkah berdiskusi dan bernegosiasi dengan Manajemen Garuda untuk mendapatkan win-win solution, hingga akhirnya Garuda selaku pembuat kebijakan, pada tanggal 10 Januari 2019 lalu telah menetapkan kebijakannya yang dapat diterima oleh para travel agent sebagai mitranya,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Minggu (13/1/2019).

Dia melanjutkan, hasil diskusi dan negosiasi tersebut membuahkan 4 kesepakatan yang bertujuan untuk memperbaiki ekosistem bisnis antara Garuda beserta travel agent. Antara lain:

1. Garuda tetap akan memberikan travel agent, service fee dan sales fee untuk penjualan tiket internasional dan service fee untuk penjualan tiket domestik. Besarnya sales fee tersebut akan diperoleh sesuai dengan pencapaian minimum penjualan yang telah ditargetkan Garuda kepada travel agent.

2. Garuda mengakomodir keberatan yang disampaikan Astindo, terutama mengenai pembayaran sales fee yang sedianya dibayarkan after segment flown berubah menjadi after ticket issued.

3. Garuda sedang mengajukan agar tidak ada minimum target penjualan untuk tiket domestik, sehingga setiap travel agent yang menjual akan tetap mendapatkan sales fee.

4. Garuda akan memfasilitasi pertemuan dengan Kementerian Keuangan dan BPK terkait dengan aturan tidak diperbolehkannya menambahkan service fee pada penjualan tiket yang dijual kepada instansi pemerintahan yang menjadi klien dari travel agent, mengingat margin dari penjualan tiket yang didapat travel agent relatif kecil ditambah periode pembayaran dari instansi pemerintahan yang cukup lama.

Adapun peraturan atas hasil kesepakatan tersebut berlaku setelah ada keputusan dari Forum Group Discussion (FGD) yang dilakukan Garuda dengan Astindo yang juga dihadiri asosiasi lainnya, yakni Asita.

Elly menyatakan, Astindo memberi masukan agar Garuda mengajak stakeholder-nya berdialog terlebih dahulu sebelum memutuskan kebijakan-kebijakan baru, sehingga dapat bersama-sama memutuskan yang terbaik di industrinya masing-masing.

“Kami berterimakasih kepada management Garuda yang membuka dialog dengan Astindo sebagai mitra dan tangan Garuda dalam memasarkan dan menjual produk-produk mereka,” ujar dia.

Aliran Dana Investor Asing Topang IHSG Sepekan

Liputan6.com, Jakarta – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lanjutkan kenaikan selama sepekan.Hal itu didorong dari nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat.

Penguatan IHSG juga ditopang dari aliran dana investor asing yang masuk pada periode 4 Januari-12 Januari. Tercatat aksi beli investor asing capai USD 173 juta atau sekitar Rp 2,43 triliun (asumsi kurs Rp 14.059 per dolar AS).

Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, IHSG menguat 1,39 persen dari posisi 6.274 menjadi 6.361 pada 4-11 Januari 2019.

IHSG yang menanjak tersebut juga didorong saham-saham masuk LQ45 naik 1,17 persen selama sepekan.

Di pasar obligasi, imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun naik menjadi 7,9 persen. Rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat ke posisi 14.048. Aliran dana investor asing yang masuk ke obligasi mencapai USD 893 juta atau setar Rp 12,55 triliun hingga perdagangan Kamis.

Sentimen-sentimen yang pengaruhi pasar keuangan global termasuk IHSG antara lain dari eksternal, perkembangan perang dagang masih menjadi sorotan pelaku pasar.

Para pejabat AS mengharapkan negosiasi perdagangan dapat dilanjutkan di Washington, AS. Diharapkan para negosiator dari China dapat hadir dalam pertemuan tersebut.

Hal ini menunjukkan kalau diskusi tingkat tinggi akan positif seperti pertemuan di Beijing, China.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Jerome Powell

Katalis positifnya juga ditopang dari pernyataan pimpinan the Federal Reserce Jerome Powell. Kemungkinan the Federal Reserve akan turunkan prediksi kenaikan suku bunga sebanyak dua kali pada 2019. Ini di tengah pasar keuangan yang bergejolak dan perlambatan ekonomi AS dan global.

“Selama tahun ini, kami akan melihat (ekonomi) dan kondisi keuangan yang lebih ketat dan kami akan turunkan jumlah suku bunga kami,” ujar Powell dalam sebuah acara di Economic Club.

Ia menambahkan, pihaknya akan fleksibel menetapkan kebijakan moneter terkait suku bunga. Pernyataan tersebut dinilai kalau the Federal Reserve akan bersabar untuk menaikkan suku bunga. Apalagi bila pasar keuangan terus bergejolak dan ekonomi melambat.

Selain itu, penutupan sebagian operasional pemerintahan AS juga masih jadi sorotan. Penutupan pemerintahan AS di bawah Presiden AS Donald Trump termasuk yang terpanjang dalam sejarah.

Pemerintahan AS pun sedang pertimbangkan keadaan darurat nasional yang mungkin akan meningkatkan sengketa kebijakan dengan partai Demokrai mengenai usulan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Hal itu menguji kekuatan presiden. Untuk menghindari perangkap politik yang dibuatnya sendiri, Trump mungkin menyatakan keadaan darurat sehingga dapat melewati kongres sehingga mendapatkan dana untuk membangun tembok yang merupakan janji dari kampanye pemilihan umum (Pemilu) 2016.

Trump menuntut agar kongres sediakan dana USD 5,7 miliar dari pembayar pajak untuk bangun tembok perbatasan dengan Meksiko.

Di Asia, China merilis data ekonomi indeks harga konsumen (IHK). Inflasi China melambat ke level terendah dalam enam bulan di 1,9 persen pada Desember 2018 dari posisi 2,2 persen.

Perlambatan inflasi terutama disebabkan oleh harga nonmakanan. Sedangkan inflasi pangan berada di level terendah dalam tiga bulan. Rata-rata tingkat inflasi di China 5,19 persen dari 1986-2018.

3 dari 3 halaman

Aliran Dana Investor Asing

Lalu hal apa yang dicermati ke depan?

Ashmore menyoroti soal aliran dana investor asing. Dilihat dari year to date, Ashmore melihat aliran dana investor asing masuk ke saham dan obligasi menyusul pernyataan the Federal Reserve yang cenderung kurang agresif pada akhir tahun 2018.

Investor asing pun masuk ke pasar saham. Pada Januari 2019, arus dana investor asing masuk ke pasar saham mencapai USD 213 juta atau sekitar Rp 3 triliun (asumsi kurs Rp 14.104 per dolar Amerika Serikat). Angka ini dua kali lebih cepat dari Januari 2018 sebesar USD 132 juta atau sekitar Rp 1,86 triliun.

Sementara itu di obligasi, aliran dana investor asing capai USD 897 juta. Sedangkan pada Januari 2018, aliran dana investor asing masuk ke obligasi capai USD 2,44 miliar.

Mengapa aliran dana investor asing itu menjadi penting?

Ashmore menilai, aliran dana investor asing menjadi katalis utama untuk penilaian pasar Indonesia. Salah satu alasan yang bisa mendorong arus dana investor asing masuk yaitu kinerja pertumbuhan laba bersih per saham atau earning per share (eps). Pada 2019, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan eps diperkirakan melebihi Amerika Serikat, negara berkembang dan Asia Pasifik.

Melihat kondisi itu usai koreksi di pasar saham pada 2018, penilaian pasar saham Indonesia lebih menarik dari pada akhir 2017.

“Pada akhir 2018, PER 16,1 kali adalah 12 persen lebih menarik dari pada akhir 2018 dengan PER 18,3 kali. Oleh karena itu, posisi asing sangat rendah di Indonesia ada potensi untuk memanfaatkan koreksi pada 2018, dan adanya pemilihan umum dapat menarik aliran dana investor asing lebih tinggi dan paling penting prospek moneter global yang menguntungkan,” tulis Ashmore.



Saksikan video pilihan di bawah ini:

Produksi Capai 216 Ribu, Blok Cepu Jadi Penghasil Minyak Terbesar di RI

Sebelumnya, VP Operasi SKK Migas, Avicenia Darwis mengatakan, selayaknya sumur migas yang sudah udzur, laju penurunan produksi juga dialami Blok Rokan.

Diperkirakan Blok Rokan ‎turun dari produksi saat ini sebesar 210 ribu bph, menjadi 160 ribu bph pada 2021. Hal itu terjadi ketika Pertamina resmi mengelola setelah masa kontrak operator sebelumnya, Chevron Pacific Indonesia.

“Kalau kita lihat secara alamiah diperkirakan decline (penurunan produksi) 2021 itu masih berharap diangka 160 ribu bph. Kira-kira kalau kita lihat trennya kan masih ada 3 tahun sekitar 160ribu,” kata Darwis.

Darwis menuturkan, penurunan produksi migas terjadi alamiah, bukan akibat pergantian oparator dari Chevron Pacific Indonesia ke Pertamina pada 2021 atau setelah masa kontrak perusahaan Amerika Serikat tersebut habis.

‎”Kita lihat kalau decline produksi secara alamiah diperkirakan 2021 itu 160 ribuan,” ujar dia.

Untuk diketahui, pada APBN 2019 lifting minyak ditargetkan 775 ribu barel per hari (bph), sedangkan gas 1,2 juta barel setara minyak per hari (Barel Oil Equivalent Per Day/BOEPD). Total target lifting migas tahun ini ‎sebesar 2 juta BOEPD.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pemerintah telah menetapkan PT Pertamina (Persero) sebagai pengelola blok minyak dan gas (migas) Rokan‎ setelah 2021. Keputusan ini merupakan kado pemerintah untuk rakyat Indonesia menjelang hari kemerdekaan ke-73.

Di Atas Target, Penerimaan Migas 2018 Capai Rp 228 Triliun

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat penerimaan negara dari sektor minyak dan gas bumi (migas) hingga akhir Desember 2018 mencapai Rp 228 triliun. Angka ini setara dengan 182 persen dari target yang ditetapkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Penerimaan migas Rp 228 triliun atau 182 persen dari target APBN 2018,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, dalam konferensi pers, di Kantornya, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Djoko merincikan, dari total penerimaan tersebut sebanyak 72 persen atau Rp 163,4 triliun diperoleh dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara 28 persen sisanya atau Rp 64,7 triliun, merupakan pemasukan dari PPh Migas.

“Penerimaan migas lebih besar dari target APBN 2018. untuk PNPB Rp 163,4 triliun PPh Rp 64,7 triliun,” imbuhnya.

Dengan pencapaian ini pihaknya optimistis kinerja sektor migas ke depan akan lebih baik. Dengan begitu, penerimaan di sektor migas dapat meningkat dari tahun 2018.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com