California Dilanda Kebakaran, Trump: Pengelolaan Hutan Buruk

Washington DC – Kebakaran hutan dahsyat yang melanda California, Amerika Serikat (AS) telah menewaskan 9 orang. Presiden AS Donald Trump menyalahkan pengelolaan hutan yang buruk sebagai pemicu kebakaran itu.

Tidak hanya itu, Trump juga mengancam akan menarik dana federal untuk negara bagian California jika pengelolaan tidak diperbaiki. Seperti dilansir Reuters, sabtu (10/11/2018), komentar Trump itu disampaikan dalam kicauan via Twitter pada Sabtu (10/11) pagi waktu setempat.

“Tidak ada alasan untuk kebakaran hutan yang besar-besaran, mematikan dan memicu kerugian di California ini kecuali bahwa pengelolaan hutan sangat buruk,” sebut Trump via Twitter.

“Miliar dolar diberikan setiap tahunnya, dengan begitu banyak nyawa melayang, semua karena salah pengelolaan hutan yang tidak bisa diterima. Perbaiki sekarang atau tidak ada lagi dana Federal,” imbuhnya.

Setidaknya ada dua kebakaran hutan dahsyat, yakni Camp Fire dan Woolsey Fire, yang sedang melalap California bagian utara dan selatan saat ini.

Camp Fire yang melalap wilayah California bagian utara telah menewaskan sedikitnya 9 orang di dalam dan sekitar kota Paradise. Lebih dari 6.700 rumah dan pusat bisnis di kota tersebut hangus akibat kebakaran ini.

Jenazah lima korban ditemukan di dalam atau sekitar mobil-mobil yang hangus terbakar. Tiga korban tewas lainnya ditemukan di luar rumah mereka dan satu korban lainnya ditemukan di dalam rumah mereka.

Sedikitnya 35 orang lainnya dilaporkan masih hilang. Sementara tiga petugas pemadam kebakaran mengalami luka-luka saat menjalankan tugasnya.

Menurut Departemen Kehutanan dan Kebakaran California, Camp Fire merupakan salah satu kebakaran paling destruktif dalam sejarah California. “Peristiwa ini merupakan skenario terburuk. Itu merupakan peristiwa yang kita takutkan sejak lama. Sangat disesalkan, tidak semua orang berhasil menyelamatkan diri,” ucap Sheriff Butte County, Kory Honea.

Woolsey Fire telah menghanguskan area lebih dari 14 ribu hektare di Los Angeles County, California bagian selatan. Kebakaran ini mengancam 75 ribu rumah dan lebih dari 200 ribu warga diperintahkan mengungsi hingga Sabtu (10/11) waktu setempat.

(nvc/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *