Cara Download Game PPSSPP dan Rekomendasi Game Terbaik yang Wajib Dimainkan

Liputan6.com, Jakarta PPSSPP adalah sebuah emulator PSP (PLAYSTATION Portabel) yang bisa menjalankan mayoritas game yang dibuat untuk konsol portabel buatan Sony. Dirilis pada tahun 2004, PSP merupakan konsol permainan genggam yang dirilis oleh Sony untuk menyaingi Game Boy milik Nintendo. 

Yang namanya konsol, pasti memiliki batas usia pemakaian. Oleh karena itu, kehadiran emulator mutlak dibutuhkan bagi pecinta game game PSP. Salah satu emulator yang paling sering digunakan adalah PPSSPP yang bisa memainkan game PSP yang bertipe iSO. Jika iSO tidak sesuai maka pemasanganpun tidak bisa dilakukan.

PPSSPP terbagi menjadi 2 golongan: PPSSPP GOLD dan PPSSPP Biasa. Keduanya tersedia di Playstore namun yang gold berbayar, jika kalian ingin mendapat kan secara gratis banyak bertebaran di Google. Jika kalian telah mendownload PPSSPP itu hanya sebuah emulator di dalamnya tidak terdapat game. Game tersebut di download secara terpisah. 

Berikut liputan6.com telah rangkum cara download game PPSSPP yang mudah dan gratis.

2 dari 4 halaman

Perhatikan perangkat computer atau android yang kamu miliki

Memang kamu hanya butuh komputer atau smartphone dan internet untuk mendapatkan game PSP gratis. Namun, untuk mendownload melalui android kamu harus memilki sistem operasi yang minimalnya ginger bread dan lebih bagus lebih baik.

Ukuran RAM maksimal 512mb, bahkan untuk RAM dibawahnya 290 pun sudah bisa. Tapi jika kamu memaksakan maka kualitas game dan Lagg akan sering kamu temui. Disarankan kamu memasang Game PPSSPP yang memilki RAM diatasnya saja dan processor mempunyai kecepatan sebesar 1Ghz.

3 dari 4 halaman

Cara download game PPSSPP

1. Cara download game PPSSPP yang pertama adalah carilah link atau situs yang menyediakan  game PPSSPP seperti www.pspshare.org atau situs lainnya yang menyediakan layanan game PPSSPP seperti  coolrom.com.

2. Cara download game PPSSPP yang kedua adalah tuliskan judul game yang ingin kamu mainkan di ROM Search, contoh Harvest Moon boy & girl. Klik tanda pencarian.

3. Cara download game PPSSPP yang ketiga adalah kamu akan diberikan beberapa game dengan keyword pencarian yang sejenis, pilih judul yang paling netral seperti gambar di bawah.

4. Cara download game PPSSPP keempat adalah kamu akan masuk ke halaman deskripsi game, kamu dapat melihat gambar preview dan ukuran data game.

5. Cara download game PPSSPP yang kelima adalah geser layar ke bawah hingga kamu menemukan tulisan Download Now seperti gambar di bawah. Lalu klik Download Now. Mungkin kamu akan diberikan opsi unduh dari smartphone kamu, klik unduh atau download.

6. Cara download game PPSSPP yang keenam adalah file yang kamu unduh akan berbentuk zip atau 7z, kamu harus membukanya untuk mendapat file iSO di dalamnya. Caranya dengan menggunakan aplikasi RAR yang dapat kamu unduh di bawah ini.

7. Cara download game PPSSPP yang ketujuh adalah setelah file zip atau 7z kamu tebuka, masuk ke aplikasi PPSSPP lalu buka folder kamu yang berisi file game dengan format iSO.

8. Cara download game PPSSPP yang delapan adalah jika game kamu terasa lemot atau patah-patah, coba untuk masuk ke Setting lalu ke bagian Graphics. Sesuaikan setting performance sesuai dengan gambar di bawah. Catatan: turunkan Rendering Resolution dan Display Resolution ke 1x PSP jika masih mengalami lag.

9. Cara download game PPSSPP yang kesembilan adalah setelah menyesuaikan performa grafis, geser layar ke bawah hingga kamu menemukan Overlay Information. Sesuaikan Show FPS counter ke FPS agar kamu bisa melihat berapa fps yang kamu dapat saat bermain game. Turunkan konfigurasi grafis jika fps yang kamu dapat kurang dari 30 fps.

10. Cara download game PPSSPP yang terakhir adalah Nah, kamu sudah bisa menikmati game PPSSPP dengan baik.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi game PPSSPP terbaik 2019

1. God Of War: Ghost of Sparta

2. Metal Gear Solid: Peace Walker

3. Crisis Core: Final Fantasy VII

4. Grand Theft Auto: Vice City Stories

5. Kingdom Hearts: Birth by Sleep

6. Naruto Shippuden: Kizuna Drive

7. Tomb Raider: Anniversary

8. Tomb Raider: Legend

9. Tekken

10. Prince Of Persia Revelations

11. Hellboy

12. Harvest Moon: Hero Of Leaf Valley

13. The Sims

14. Dante’s Inferno

15. Monster Hunter Freedom Unit

16. The God Father: Mob Wars

17. Assassin’s Creed: Bloodlines

18. PES 2018

19. Gran Turismo

20. The Warriors

21. Manhunt 2

22. Grand Theft Auto: Liberty City Series

23. Need for Speed

24. Dragon Ball

25. Yu – Gi – Oh!

26. Shin Megami Tensei Persona 3

27. 3rdBirthday

28. Sword Art Online (SAO) Infinity Moment

29. Burnout: Legends

30. Castlevania: Dracula X Chronicles

31. Daxter

32. Digimon World Re Dijitize

33. Persona 3 Portable

34. Spider Man 3

35. Crash of The Titans

36. Fate/ Unlimited Codes

37. Soulcalibur: Broken Destiny

BPN Prabowo: Sandiaga Tak Khawatir Ma’ruf Bawa Ayat di Panggung Debat

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin akan membawa ayat Alquran dalam debat ketiga Pilpres 2019 yang dihelat 17 Maret. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menyebut cawapres Sandiaga Uno tidak khawatir akan strategi Ma’ruf.

“Sandi itu sangat siap dengan debat yang akan datang. Kami tidak ada kekhawatiran sedikit pun terkait masalah itu,” ujar Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Jumat (22/2/2019) malam.

Saleh mengatakan, Ma’ruf Amin ditantang untuk mengeluarkan kemampuannya agar masyarakat bisa menilai siapa cawapres yang pantas menjadi pemimpin bangsa. Ia menyebut Ma’ruf Amin ditantang untuk menjelaskan persoalan bangsa dengan bahasa agama.

Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay.Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay. (Foto: dok. pribadi)

“Namun perlu diketahui, bahasa agama biasanya bicara secara umum pada level moral. Sementara, pada level teknis, agama tidak akan bicara secara detail. Nah, persoalan bangsa ini tidak hanya bisa diselesaikan dengan pendekatan hal yang bersifat umum. Banyak persoalan yang butuh diselesaikan secara teknis operasional,” kata Saleh.

Saleh meyakini Sandiaga akan menguasai tema debat ketiga yang mengangkat isu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. Pengalamannya selama berkampanye diyakini akan dipaparkan Sandiaga selama debat.

“Sandiaga diyakini punya pengetahuan yang cukup soal kehidupan sosial di tanah air. Selain dari hasil pengamatan langsung di masyarakat, Sandi dikenal sosok yang sangat rajin berkunjung dan bersilaturahim dengan organisasi sosial dan kemasyarakatan. Dari pertemuan itu tentu banyak masukan dan pengetahuan yang bermanfaat dalam mengatasi berbagai persoalan sosial di masyarakat,” ujar politikus asal PAN ini.

Sebelumnya, Ma’ruf dinilai kurang aktif dalam debat Pilpres perdana dan capres Joko Widodo dianggap lebih dominan. Dalam debat capres ketiga yang menghadirkan cawapres saja, Ma’ruf Amin diyakini bakal lebih leluasa menjawab pertanyaan dan berargumen.

Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong mengatakan bukan tak mungkin Ma’ruf Amin akan melengkapi jawaban dan argumennya dengan sejumlah ayat. Meski begitu, Ma’ruf dinilai tak akan memaksakan diri apabila memang tak ada ayatnya.

“Kita ingin menjadikan Pak Kiai (Ma’ruf Amin) sebagai dirinya sendiri. Sebagai kiai, dia saya kira otomatis, dia ngomong di mana-mana, ngomong sama saya pun kemarin, ayat-ayat itu pun keluar, yang relevan tentu saja, namanya kiai, kita biarkan beliau seperti itu sejauh itu relevan, kan tidak ada larangannya juga,” ujar Usman, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/2).

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/eva)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Italia: Milan Hantam Empoli 3-0

MilanAC Milan menuai hasil bagus di lanjutan Liga Italia. Rossoneri menghantam Empoli dengan skor meyakinkan tiga gol tanpa balas.

Milan menjamu Empoli di San Siro, Sabtu (23/2/2019) dini hari WIB, kubu tuan rumah langsung tampil menekan. Rossonerri sudah mampu membobol gawang Bartlomiej Dragovsky pada menit ke-10 lewat Lucas Paqueta.

Namun wasit menganulir gol tersebut usai berkonsultasi dengan Video Assistant Referee (VAR). Paqueta terlihat berada dalam posisi offside saat menyambar umpan Ricardo Rodriguez menjadi gol.

Di menit ke-21, Samu Castillejo mencoba peruntungannya lewat sepakan dari tepi kotak penalti. Upaya pemain asal Spanyol ini masih mampu ditepis Dragowsky.

Sepanjang babak pertama Milan mendominasi laga dengan penguasaan bola sebesar 60 persen dibanding 40 persen milik Empoli. Walau begitu mereka gagal mengkonversi hal tersebut menjadi gol. Ini membuat skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Milan tak lagi mengulangi kesalahan mereka di paruh pertama. Baru tiga menit laga kembali berjalan mereka sudah unggul melalui Krzysztof Piatek.

Gol pembuka Rossonerri di laga ini bermula dari kerja sama Frank Kessie dan Hakan Calhanoglu di sisi kanan. Nama terakhir lalu menyodorkan umpan menyusur tanah ke depan gawang Empoli. Piatek berada dalam posisi tepat kemudian menyontek bola tersebut menjadi gol.

Il Diavolo tak butuh waktu lama untuk menggandakan kedudukan. Hanya selang dua menit dari gol Piatek, Kassie menggentarkan jala Empoli.

Pemain Pantai Gading ini memanfaatkan umpan terobosan Samu Cestellijo dari sisi kanan. Sebelum ia menchip bola yang memperdayai Dragowski.

Sisi kanan benar-benar menjadi tumpuan serangan Milan di laga ini. Gol ketiga skuat asuhan Gennaro Gattuso kembali berawal dari posisi ini.

Bek kanan Rossonerri, Andrea Conti naik membantu serangan kemudian melepas umpan silang ke tiang dekat. Bola disambar Castillejo untuk mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-67.

Di sisa babak kedua tak ada gol tambahan dari kedua tim yang tersisa. Skor 3-0 untuk Milan menutup laga di San Siro.

Dengan kemenangan ini, Milan kini duduk di posisi keempat klasemen dengan raihan 42 poin. Mereka tertinggal empat angka dari Inter Milan yang menempati posisi ketiga.

Sementara bagi Empoli kekalahan di San Siro membuat mereka tertahan di posisi ke-17 dengan 21 poin.

Susunan pemain

AC Milan : Donnarumma; Conti, Musacchio, Romagnoli, Rodríguez; Kessie, Bakayoko (Biglia 80′), Paqueta (Borini 69′); Castillejo,Calhanoglu, Piatek (Cutrone 69′).

Empoli : Dragowski; Veseli, Silvestre, Dell’Orco; Di Lorenzo, Krunic, Bennacer, Acquah (Ucan 66′), Pasqual (Pajac 74′); Farias (La Gumina 66′),Caputo.
(cas/cas)

Kultur Gonta-Ganti Manajer Chelsea Bikin Guardiola Terkejut

ManchesterChelsea sering mengganti manajer di tengah musim saat pada era Roman Abramovich. Kultur itu membuat terkejut manajer Manchester City, Josep Guardiola.

Chelsea sedang tampil naik-turun bersama Maurizio Sarri. Dalam enam pertandingan terakhir, The Blues membukukan tiga kemenangan dan tiga hasil imbang.

Karena performa seperti roller coaster itu, masa depan Sarri dispekulasikan. Memang, sejak dimiliki Abramovich, Chelsea sudah 13 kali mengganti manajer.

Manajer terakhir yang kena pecat, Antonio Conte. Italiano itu sebenarnya memberi sumbangan trofi Liga Inggris dan Piala FA.

Guardiola mengomentari kultur itu menjelang laga City melawan Chelsea pada final Piala Liga Inggris di Wembley, Minggu (24/2/2019).

“Saya terkejut saat (Antonio) Conte memenangi gelar juara dan mereka kalah satu atau dua pertandingan awal pada musim (berikutnya), lalu semua orang bilang dia akan dipecat,” kata Guardiola di Sky Sports.

“Saya bilang, ‘Wow, tapi dua atau tiga bulan lalu mereka memenangi Premier League’. Tapi menurut pendapat mengenai Sarri dan tim asuhannya selalu menilai tinggi. Saat kita melihat kembali laga melawan kami, mungkin orang-orang tak percaya pada saya, tapi mereka melakukan suatu hal yang luar biasa,” dia menambahkan.

Guardiola juga mengungkapkan perbedaan situasi musim pertamanya di City dengan yang dialami Sarri.

“Situasinya sedikit berbeda. Pada tahun pertama saya, klub tak pernah meragukan saya. Tak pernah ada kabar di media bahwa saya akan dipecat andai mereka kalah laga ini atau laga lainnya. Itu tak pernah terjadi,” kata eks manajer Barcelona dan Bayern Munich itu.

“Terkadang situasinya sulit dan butuh waktu. Musim pertama bersama Sarri juga sama. Anda butuh waktu, tapi semua orang di sini mendukung saya,” dia menambahkan.

(cas/cas)

HEADLINE: MRT Jakarta, Ikon Baru yang Terwujud Setelah Penantian 34 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK tampak semringah. Tiba di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu 20 Februari 2019 pukul 10.30 WIB, JK dan rombongan langsung naik kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta menuju Stasiun Lebak Bulus. Sepanjang perjalanan, JK tampak menikmati moda transportasi baru Ibu Kota ini.

Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, JK tak hanya menjajal rasanya jadi penumpang. JK yang mengenakan batik panjang dan bertopi hitam itu juga duduk di kursi masinis saat kereta kembali menuju Stasiun Bundaran HI.

“Sistem ini cocok kalau untuk Jakarta, (karena) penduduknya 10 juta. Pokoknya 10 tahun minimum 200 kilometer harus jadi, baru Jakarta akan bersaing sebagai kota metropolitan,” ujar JK usai mencoba moda transportasi yang diberi nama Ratangga oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.

Ratangga atau MRT Jakarta memang belum beroperasi secara reguler, namun terus melakukan uji coba setiap harinya hingga diresmikan pada akhir Maret mendatang. Uji coba itu pun belum bisa mengikutkan warga Ibu Kota.

“MRT baru beroperasi penuh antara tanggal 24 Maret dan 31 Maret. Minggu depan uji coba penuh (full trial run), tapi masih belum bisa melibatkan publik. Publik baru bisa mencoba tanggal 12 Maret dan harus mendaftar melalui website MRT,” terang Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamalludin kepada Liputan6.com, Jumat (22/2/2019).

Usai melakukan pendaftaran, nantinya masyarakat akan mendapatkan quick response (QR) code atau bukti pendaftaran yang perlu dicetak. Bukti itu nantinya perlu dibawa pada saat mau menjajal naik MRT. Masyarakat yang ingin naik Ratangga secara gratis itu pun tak dibatasi oleh kuota.

Selama masa uji coba tersebut, lanjut dia, masyarakat yang akan menggunakan MRT tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Di sisi lain, jumlah kereta yang disediakan masih dibatasi karena belum diluncurkan secara resmi.

“Nanti prosedurnya masih kita susun, dan batas (jumlah masyarakat) masih kita tentuin, kemudian aksesnya dari stasiun mana dulu. Ini juga belum langsung serempak 13 stasiun langsung full pelayanan, kan masih belum bayar, masih gratis, makanya kita atur dulu,” jelas Muhammad Kamalludin.

Pada Fase I ini, MRT Jakarta memiliki 13 stasiun. Tujuh di antaranya adalah stasiun layang yang berada di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan stasiun bawah tanah berada di Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Jika sudah beroperasi penuh dan semua stasiun telah dibuka untuk melayani jalur perjalanan sepanjang 15,7 kilometer, pihaknya meyakini Ratangga bisa membawa 130 ribu penumpang setiap harinya. Namun, bukan hanya jumlah penumpang yang menjadi perhatian PT MRT Jakarta, melainkan adanya perubahan budaya warga Ibu Kota.

“Kita tentunya ingin mengembangkan budaya mengantre dengan tertib dan teratur, untuk kemudian beralih ke moda lain seperti bus umum dan kendaran pribadi maupun online di tempat yang sudah ditentukan secara disiplin,” ujar Muhammad Kamalludin.

Hanya saja, dia belum mengetahui tarif atau ongkos yang akan dikenakan bagi penumpang Ratangga nantinya. “Tarif akan diumumkan Pemprov DKI,” pungkas dia.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya sedang melakukan kajian final untuk menghitung tarif MRT Jakarta. Dia menyebutkan, kajian tarif MRT Jakarta bakal dihitung berdasarkan jarak per kilometer.

“Tinggal diumumkan, sebelum data lengkap saya tidak akan umumkan (angkanya),” kata Anies saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Oktober 2018 lalu, PT MRT Jakarta mengajukan tarif jarak terjauh, Stasiun Lebak Bulus-Hotel Indonesia sebesar Rp 13 ribu. Usulan tarif ini sudah diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk diputuskan.

Angka tersebut berasal dari kajian tentang kesanggupan masyarakat membayar ongkos perjalanan MRT. Hasilnya, masyarakat akan membayar Rp 8.500 untuk 10 kilometer pertama. Sedangkan untuk rute selanjutnya, formulasi biaya yang dibebankan adalah Rp 700 per kilometer.

Sementara pada peninjauan November tahun lalu, Presiden Jokowi memperkirakan tarif perjalanan menggunakan Ratangga paling tinggi Rp 9.000.

“Tarifnya Rp 8.000 sampai Rp 9.000,” kata Jokowi di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

2 dari 3 halaman

Melayang Bisa, Masuk Terowongan Ayo

Mimpi buruk warga Jakarta akan kemacetan yang setiap hari terpampang di depan mata agaknya bakal segera berkurang. Mulai Maret mendatang, Jakarta akan memiliki sistem transportasi mass rapid transit (MRT) yang diharapkan pemerintah menjadi langkah pertama menghapus kemacetan di Ibu Kota.

Sarana transportasi yang kini juga populer dengan istilah Moda Raya Terpadu itu diyakini bakal membuat warga pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan MRT Jakarta. Alasannya, moda ini bebas macet, cepat dan modern.

“Inilah saatnya untuk mengubah Jakarta. Inilah saatnya untuk menjadikan Jakarta lebih baik dan bebas dari kemacetan,” kata Direktur MRT Jakarta William Sabandar, beberapa waktu lalu.

Ucapan William tak main-main. Ada tiga moda transportasi berbasis rel yang akan mengepung Jakarta di masa depan. Yakni kereta rel listrik (KRL), light rail transit (LRT) dan MRT. Ketiga moda transportasi dengan sarana kereta tersebut diharapkan mampu melayani mobilitas warga Ibu Kota dalam beraktivitas sehari-hari, sekaligus memangkas kemacetan.

Meski terkesan sama, ketiga moda ini punya beberapa perbedaan baik dari perlintasan, kapasitas penumpang, dan rangkaiannya. LRT atau kereta api ringan, misalnya, mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat. Meskipun MRT dan KRL memiliki daya angkut lebih besar, LRT dapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasi LRT ini, sistem perlintasannya dibuat melayang sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL. Karenanya, headway atau jarak antarkereta dapat dipastikan waktunya.

Sedangkan commuter line atau KRL yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925 merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya. KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali mengalami konflik sebidang dengan penyeberangan jalur kendaraan mobil dan motor. Hal ini yang kerap menimbulkan kemacetan serta kecelakaan.

Kemudian MRT yang merupakan transportasi dengan transit cepat dan memiliki daya angkut yang lebih besar dari LRT. Perlintasannya dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang sama halnya dengan LRT.

Ketika tahap pertama mulai beroperasi pada Maret mendatang, 14 rangkaian kereta MRT akan digunakan untuk layanan harian mulai pukul 05.00 pagi hingga tengah malam. Sementara dua lainnya tetap disiagakan jika terjadi keadaan darurat. Rute ini membentang sejauh 15,7 kilometer antara Lebak Bulus di pinggiran selatan dan Bundaran Hotel Indonesia.

Lebak Bulus adalah lingkungan perumahan yang padat penduduk. Dengan transportasi umum lainnya, dibutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk menempuh perjalanan menuju Bundaran HI. Tetapi, dengan MRT waktu perjalanan akan menjadi satu jam lebih pendek atau hanya sekitar 30 menit.

“Kita bersama-sama mencoba MRT dari Bunderan HI sampai di Lebak Bulus sepanjang 16 KM. Ini uji coba terus dan saat tadi kita naik dengan kecepatan 60 km per jam, suaranya dapat dikatakan tidak ada bisingnya, tidak terdengar, menurut saya sangat bagus sekali,” puji Presiden Jokowi usai menjajal MRT di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar juga memaparkan spesifikasi teknis moda yang diberi nama Ratangga ini. Dia mengatakan, kereta MRT Jakarta dibuat oleh perusahaan Nippon Sharyo asal Jepang. Posisi kemudi masinis berada di sisi sebelah kanan karena disesuaikan dengan arah jalur perjalanan kereta.

Seluruh kereta MRT Jakarta dibuat dari material stainless steel. Satu rangkaian kereta MRT Jakarta dapat menampung sebanyak 1.200 penumpang dan jika sangat padat dapat mencapai 1.950 penumpang. Satu unit kereta atau gerbong memiliki 2 unit penyejuk ruangan.

Satu rangkaian kereta nantinya terdiri dari 6 kereta. Pada kereta 1 dan 6 yang merupakan kereta dengan kabin masinis merupakan kereta tanpa motor penggerak atau disebut juga trailer car. Untuk kereta 2 hingga 5 yang merupakan kereta tanpa kabin masinis memiliki masing-masing 1 pantograf tipe single arm dengan motor penggerak atau disebut juga motor.

Dengan semua keunggulan itu, MRT ternyata tak hanya diperuntukkan bagi warga Jakarta. Paling tidak menurut Presiden Jokowi, moda transportasi jenis ini akan terus digeber di kota-kota lain yang memiliki problem serupa dengan Ibu Kota.

“Memang harus berani memulai seperti di sini. Jakarta sudah memulai. Palembang memulai. Nanti Bandung mulai, Surabaya mulai, Medan mulai. Saya kira memang transportasi massal ini adalah masa depan transportasi kita untuk menghindari kemacetan di kota mana pun,” ujar Jokowi.

Pertanyaan sekarang, apakah proses pembangunan moda MRT di kota-kota lain juga akan memakan waktu yang lama seperti di Jakarta?

3 dari 3 halaman

Mimpi Habibie yang Terwujud di Era Jokowi

Keinginan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang modern, khususnya dari sisi moda transportasi, sudah tercetus sejak lama. Puluhan tahun lalu, banyak sudah studi yang mempelajari pengembangan sarana transportasi modern di Ibu Kota.

Bahkan, sejak 1980 lebih dari 25 studi subjek umum dan khusus telah dilakukan terkait dengan kemungkinan membangun sistem mass rapid transit (MRT) di Jakarta. Sementara dari sisi pemikiran, ide awal transportasi massal ini sudah dicetuskan sejak 1985 oleh Bacharuddin Jusuf Habibie yang ketika itu menjabat Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Tak sekadar mencetuskan gagasan, Habibie juga mendalami berbagai studi dan penelitian tentang MRT. Namun, semua gagasan itu tak kunjung terwujud. Salah satu alasan utama yang membuat rencana itu tertunda adalah krisis ekonomi dan politik pada 1997-1999.

Selepas krisis, Jakarta yang ketika itu dipimpin Gubernur Sutiyoso melanjutkan studi sebelumnya. Selama 10 tahun pemerintahan Sutiyoso (1997-2007), setidaknya ada dua studi dan penelitian yang dijadikan landasan pembangunan MRT.

Pada 2004, Sutiyoso mengeluarkan keputusan gubernur tentang pola transportasi makro untuk mendukung skenario penyediaan transportasi massal, salah satunya angkutan cepat terpadu yang akan digarap pada 2010.

Dilanjutkan Agustus 2005, sub Komite MRT dibentuk untuk mendirikan perusahaan operator MRT. Pada 18 Oktober 2006, dasar persetujuan pinjaman dengan Japan Bank for International Coorporation dibuat.

Perlu dua tahun kemudian atau setahun setelah Fauzi Bowo menggantikan posisi Sutiyoso menghuni Balai Kota Jakarta, PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) berdiri pada 17 Juni 2008. Berbentuk badan hukum perseroan terbatas dengan mayoritas saham dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta 99.98% dan PD Pasar Jaya 0.02%)​.

Dikutip dari laman www.jakartamrt.co.id, PT MRT Jakarta memiliki ruang lingkup kegiatan di antaranya untuk pengusahaan dan pembangunan prasarana dan sarana MRT, pengoperasian dan perawatan prasarana dan sarana MRT, serta pengembangan dan pengelolaan properti/bisnis di stasiun dan kawasan sekitarnya, serta depo dan kawasan sekitarnya.

Pada tahun yang sama, perjanjian pinjaman untuk tahap konstruksi ditandatangani, termasuk pula studi kelayakan pembangunan MRT. Pada 31 Maret 2009, perjanjian kredit pertama dengan jumlah 48,150 miliar Yen untuk membangun Sistem MRT Jakarta ditandatangani Pemerintah Indonesia dan Japan International Corporation Agency (JICA) di Tokyo, Jepang. Secara keseluruhan, paket pinjaman dari JICA untuk pengembangan sistem MRT Jakarta bernilai total ¥ 120 miliar Yen.

Namun, semua itu tak membuat pembangunan MRT dimulai yang berarti janji Fauzi Bowo di masa kampanyenya Pilgub 2007 tak bisa dipenuhi. Pada Pilgub DKI Jakarta 2012, dia berjanji lagi bakal mengembangkan dan mengerjakan MRT jika kembali terpilih. Namun, dia kalah dari Joko Widodo atau Jokowi yang kemudian memimpin Ibu Kota.

Pengerjaan desain dasar untuk tahap pertama proyek MRT yang dibuat pada akhir 2010 dilanjutkan. Proses tender berlangsung pada akhir 2012 ketika gubernur baru Jakarta itu tiba-tiba mengatakan ingin meninjau kembali proyek MRT Jakarta. Jokowi juga mengumumkan bahwa proyek ini akan dilanjutkan sebagai salah prioritas dalam anggaran tahun 2013.

Butuh waktu setahun bagi Jokowi memutuskan pembangunan proyek MRT akan mulai dikerjakan. Pembahasan ini juga sempat alot ketika Jokowi rapat dengan warga Fatmawati yang terkena imbas proyek. Pada 28 November 2012, sang gubernur bahkan sempat keluar ruangan lantaran ada kericuhan dan protes warga yang menolak proyek MRT.

Namun, mimpi itu akhirnya mulai diwujudkan. Pada Kamis 10 Oktober 2013, pengerjaan proyek ini resmi dimulai dengan peletakan batu pertama di atas lahan yang rencananya berdiri Stasiun MRT Dukuh Atas, salah satu kawasan paling sibuk di Jakarta Pusat.

“(Sudah) 24 tahun warga Jakarta ini mimpi pengen punya MRT, mungkin juga sudah banyak yang mimpinya sudah hilang karena kok nggak dimulai-dimulai. Alhamdulillah pada pagi hari ini dimulai,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Lebih dari lima tahun setelah proyek ini mulai dikerjakan, MRT yang kini juga disebut dengan Moda Raya Terpadu itu akan segera diresmikan untuk beroperasi secara penuh. Jokowi yang kini menjabat sebagai Presiden RI direncanakan meresmikan moda transportasi yang diberi nama Ratangga oleh Gubernur Anies Baswedan itu pada Maret mendatang.

Namun, Ratangga dengan rute Lebak Bulus-Bundaran HI bukanlah akhir mimpi Jokowi. Dia juga sudah meminta agar tahun ini juga pembangunan MRT Jakarta tahap kedua, yakni rute Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan (Ancol) segera dimulai. Demikian pula pembangunan MRT koridor East-West.

“Kita harapkan nanti pada tahapan kedua, HI sampai ke Ancol. Tahun depan plus kita harapkan yang East-West,” kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Selasa 6 November 2018.

Jadi, selamat datang Ratangga dan Jakarta yang makin modern.

MotoGP di Mandalika, Gubernur NTB: Turis Naik, Rakyat Sejahtera

Lombok – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyambut antusias kepastian MotoGP 2021 dihelat di Mandalika. MotoGP bisa meningkatkan jumlah kedatangan turis, yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

“Peningkatan tourism di NTB, maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” kata Zulkieflimansyah, Jumat (22/2/2019).

Soal biaya lisensi penyelenggaraan MotoGP, Zulkieflimansyah menyebut butuh kerja sama banyak pihak. Pembahasan soal ini akan dibicarakan juga dengan legislator.

“Nanti akan ada bahasan tentang hal tersebut karena kita juga harus bicarakan dengan Dewan provinsi (DPRD) dan Kabupaten Lombok Tengah juga,” ujarnya.

Rencananya, sirkuit Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start dan finis. Sirkuit akan terdiri atas 18 tikungan.

Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton.

“Bukan hanya kita akan berbicara tentang NTB lagi, tapi dunia akan datang menyapa kita semua secara langsung,” tutur Zulkieflimansyah.
(fdn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Satgas Antimafia Bola Kejar Pengakuan Tersangka dan Saksi di Mata Najwa

Liputan6.com, Jakarta – Satgas Antimafia Bola Polri akan menindaklanjuti keterangan tersangka dan saksi yang diungkap di acara Mata Najwa yang disiarkan pada Rabu 20 Februari 2019 malam. Keterangan dari para narasumber akan dijadikan sebagai bukti petunjuk dalam mengusut skandal pengaturan skor sepakbola Indonesia.

“Itu petunjuk-petunjuk yang nantinya bisa didalami dan diselidiki oleh Satgas Antimafia Bola,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Dalam acara bertajuk ‘PSSI Bisa Apa Jilid 4’ yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta itu, sopir Jokdri, Dani buka-bukaan soal perintah bosnya. Dani mengaku beberapa kali diperintah mentransfer sejumlah uang oleh Jokdri, paling besar mencapai nominal Rp 5 miliar.

Tersangka pengaturan skor, Dwi Irianto alias Mbah Putih juga buka-bukaan dengan jurnalis senior Najwa Shihab dalam sebuah wawancara eksklusif. Menurutnya, semua manajer klub pasti menjalin komunikasi dengan wasit.

Bukan hanya tersangka, Najwa juga menghadirkan keterangan saksi dari perangkat pertandingan yang identitasnya dirahasiakan. Menurut saksi, hampir semua pertandingan sepakbola sudah diatur. PSSI juga memiliki peran penting dalam skandal match fixing.

“Semua itu petunjuk. Itu nilainya satu kalau pengakuan saja. Kita butuh bukti dokumen yang menguatkan petunjuk itu,” tutur Dedi.

2 dari 2 halaman

Dibutuhkan Penyidik

Tidak menutup kemungkinan, informasi di Mata Najwa akan ditindaklanjuti oleh penyidik dan dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Sehingga keterangan tersebut memiliki pertanggungjawaban hukum.

“Tentunya sangat terkait kalau itu nanti dibutuhkan penyidik dalam rangka untuk mengungkap match fixing di beberapa liga, tentu arahnya ke sana (di-BAP),” ucap Dedi.


Saksikan video pilihan di rumah ini:

Buntut Salam 5 Jari, Presiden Atletico Kurangi Gelar Liga Champions Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta Kekalahan Juventus atas Atletico Madrid Rabu lalu berbuntut panjang. Tensi panas pertandingan telah menyisakan drama yang terus bergulir hingga laga berakhir. Salah satu yang paling menyita perhatian, yakni aksi 5 jari Cristiano Ronaldo ke arah suporter Atletico. 

Wanda Metropolitano memang tidak ramah bagi Ronaldo yang bertandang ke sana bersama Juventus, Rabu lalu. Kedua tim bertemu pada babak 16 besar Liga Champions 2018/19.

Sepanjang laga, suporter tuan rumah mengolok-olok pemain asal Portugal tersebut. Mereka bahkan meneriaki eks pemain Real Madrid dan Manchester United itu sebagai pemerkosa. Tujuannya tentu saja untuk melemahkan mental CR7 selama bertanding lawan Atletico. 

Tidak tahan dengan perlakuan tuan rumah, Ronaldo pun membalas. CR7 memberi salam lima jari sebagai tanda bahwa dia telah merebut lima gelar Liga Champions. 

Juventus sendiri akhirnya kalah 0-2 pada laga ini. Gol dari Jose Gimenez dan Diego Godin memaksa skuat Si Nyonya Tua pulang dengan tangan hampa dari Wanda Metropolitano. 

Ronaldo pertama kali merebut gelar Liga Champions saat masih memperkuat Manchester United (2007/08). Sedangkan empat lainnya diraih bersama Real Madrid. Dari empat gelar tersebut, dua di antaranya diraih dengan mengalahkan Atletico Madrid di babak final. 

Menanggapi salam lima jari Ronaldo, Presiden Atletico Madrid, Enrique Cerezo, justru menyampaikan pernyataan aneh saat meladeni wawancara radio Italia,  Radio CRC . Menurutnya, gelar Liga Champions yang diraih Ronaldo bukan lima, tapi tiga saja.

“Bagi saya, Cristiano tidak punya 5 gelar Liga Champions. Dia punya tiga dan untuk satu alasan yang sangat simpel. Dia tidak memenangkan dua kali melawan Atletico. Lalu siapa yang merebutnya? Itu akan kita bahas dalam wawancara selanjutnya,” kata Cerezo. 

2 dari 2 halaman

Gol Morata

Sementara itu, saat berbicara kepada Radio Kiss Kiss Napoli, Cerezo, sempat menyinggung gol Alvaro Morata menit 70 yang dianulir wasit setelah melihat tayangan ulang melalui VAR. Wasit membatalkan gol itu karena menganggap Morata lebih dulu menjatuhkan Chiellini. 

“Itu benar-benar gol bersih. Saya pikir Anda harus mendorong dengan sangat keras untuk menjatuhkan Chiellini. Anda butuh mesin derek,” kata Enrique Cerezo. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:




Aturan THR Dipercepat, BPN Prabowo: Jangan Diralat dan Ditarik Lagi

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berharap pemerintah konsisten dengan kebijakan pemberian THR 2019 dan gaji ke-13 untuk PNS yang pengumuman aturannya dipercepat sebelum pilpres. BPN meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak meralat dan menarik kebijakan tersebut.

“Kaji ulang dulu dengan jelas dan detail. Jangan sampai, aturannya keluar, lalu karena kurang pertimbangan ditarik, diralat, dan direvisi lagi. Jadi, tidak ada kepastian hukum. Ini menurunkan state credibility. Orang makin-makin tidak percaya pemerintah karena suka grasak-grusuk,” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Faldo Maldini kepada wartawan, Jumat (22/2/2019).

Menurut Faldo, Jokowi memang butuh kebijakan populis seperti itu demi ‘menarik hati’ ASN. Sebab, menurut dia, kebanyakan ASN mendukung Prabowo-Sandiaga.
“Kita tunggu saja, acara petahana lagi bagi-bagi THR. Beliau memang butuh kebijakan seperti itu, karena di beberapa survei memperlihatkan ASN memberikan banyak dukungan kepada capres kami. Realistis saja sih, itu menurut kami,” ujar politikus PAN itu.

Faldo mengatakan kebijakan Jokowi itu tak melanggar aturan. Namun, dia mengingatkan agar pemerintah memastikan uang untuk THR itu ada.

“Tidak ada yang salah secara legal dan aturan. Tetapi, jangan sampai karena kebutuhan jelang pemilu ini, uangnya malah tidak ada. Kan pernah kejadian tahun lalu itu, Bu Risma di Surabaya marah-marah, ternyata alokasi THR-nya diminta ke pemerintah daerah. Beberapa kepala daerah mengeluh dan konsultasi kepada kami terkait aturannya,” ucap Faldo.

“Saran kami, aturan itu harus dibicarakan dengan Kementerian Keuangan secara detail. Sekaligus, minta pendapat dari kepala-kepala daerah. Aturan ini kan berlaku nasional. Jangan sampai, beda-beda malah jadi beban buat yang mau menjalankannya. Setelah pemilu, malah ricuh,” lanjut dia.

Penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR 2019 dan Gaji ke-13 untuk PNS atau ASN ditargetkan rampung sebelum pemilihan presiden (pilpres) 2019. Dengan begitu, THR akan cair Mei 2019.

Pemerintah, dalam surat keterangan tersebut berupaya agar PP tersebut bisa ditetapkan sebelum Pilpres yang berlangsung pada 17 April 2019. THR bagi ASN pun akan cair usai Pilpres yakni pada bulan Mei–satu bulan sebelum Idul Fitri yang jatuh pada Juni 2019.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin meminta agar kubu Prabowo tak selalu mengaitkan segala sesuatunya dengan politik. Timses pasangan nomor urut 01 itu menegaskan komitmen Jokowi bagi kesejahteraan masyarakat.

“Pembayaran THR sesuatu yang sudah terjadwal tiap tahun, ada atau tidak ada pilpres. Jika dibayar lebih cepat tentu saja lebih baik, ASN dan PNS dapat mempersiapkan hari raya lebih awal,” kata Direktur Program TKN Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima kepada wartawan, Jumat (22/2).

“Harusnya ini disambut gembira karena pemerintah mampu untuk memberikan THR dan Gaji ke-13 untuk ASN. Ini membuktikan pemerintahan Pak Jokowi mampu menjaga keuangan negara dengan baik, realistis dan kredibel,” sambung politikus PDIP itu.
(tsa/elz)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

7 Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Memiliki buah hati menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, bagi pasangan suami istri. Ada perasaan bahagia yang terus menyelimuti pasangan suami istri. Namun, saat hamil sebagian kaum Hawa bermasalah dengan stretch mark.

Stretch mark adalah salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh para wanita yang sedang hamil atau selesai melahirkan.

Garis-garis yang membandel ini bisa dibilang dapat mengganggu penampilan hingga menurunkan kepercayaan diri. Tidak sedikit wanita yang setelah melahirkan memiliki stretch mark di badannya. Tentu ini menjadi pikiran bagi para wanita yang mengidamkan kulit tampak bersih.

Tampilan stretch mark berupa guratan berwarna putih atau merah ini memang bisa membuat kulit terlihat tidak mulus lagi. Walaupun timbulnya pada bagian tubuh yang ditutupi seperti pantat, paha, atau perut, tetap saja stretch mark bisa mengganggu rasa percaya diri.

Tak heran, banyak wanita yang melakukan berbagai cara menghilangkan stretch marks. Nah, berikut LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan agar kulitmu nampak mulus lagi.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan ada dua, yaitu cara menghilangkan stretch mark secara alami dan secara medis.

Secara alami bisa dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan yang sudah banyak tersedia di alam. Secara medis bisa dengan menggunakan salep atau krim yang bisa mengurangi atau menyamarkan stretch mark.

Nah, cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan secara alami bisa menggunakan bahan alami berikut ini.

1. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit . Selain itu minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan oleskan pada stretch mark. Ini adalah salah satu cara menghilangkan stretch mark secara mudah.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang mudah untuk ditemukan. Anda pun juga bisa menanamkannya di rumah. cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya alami secara rutin pada stretch mark akan membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

Tidak hanya untuk menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit terbakar.

Caranya pun mudah saja:

– Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.

– Lalu oleskan secara merata pada stretch mark.

– Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Putih Telur

Telur tentu ada di dapur rumah Anda, tidak hanya bisa dimakan. Putih telur dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan dan mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien.

Caranya:

– Gunakanlah putih telur sebagai lotion kulit alami.

– Untuk menghindari bau amis, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon.

3 dari 3 halaman

Bahan alami untuk menghilangkan stretch mark

4. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar membantu regenerasi kulit. Adanya kandungan anti-oksidan dapat membantu menghilangkan stretch mark.

Cara penggunaannya:

– Tumbuk halus kentang yang telah direbus.

– Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.

– Oleskan pada stretch mark.

– Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Lemon

Lemon memang menjadi buah yang cukup dikenal akan banyak manfaatnya. Lemon yang kaya akan vitamin C berguna sebagai antioksidan.

Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada stretch mark, proses regenerasi kulit agar terpicu sehingga stretch mark cepat hilang.

6. Cocoa butter

Kandungan cocoa butter telah terbukti baik untuk kulit sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark secara alami dan mudah. Kandungan zat alaminya yakni kalsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Oleskan cocoa butter pada sctretch mark dua kali sehari.

7. Bubuk Coklat

Sama halnya dengan cocoa butter, bubuk coklat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Caranya adalah:

– Buat pasta dari bubuk coklat yang diberi sedikit air.

– Oleskan pada sctretch mark dua kali sehari.

Dengan 7 cara diatas mampu cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan secara alami. Tentu butuh kesabaran dalam menghilangkan stretch mark pada kulit Anda.

Selain mengikut cara diatas, jangan lupa untuk selalu minum air mineral 8 gelas sehari. Minum air minelas 8 gelas sehari bisa membantu mencegah penurunan elastisitas kulit dan mempercepat proses regenerasi pada kulit, sehingga mempercepat proses penghilangan stretch mark.