HEADLINE: Tarif Murah MRT Rp 8.500, Kurangi Mimpi Buruk Macet Jakarta?

Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta resmi melenggang membelah jalanan ibu kota, Minggu 23 Maret 2019. Ada yang melayang di atas, sebagian terbenam dalam terowongan bawah tanah Jakarta.

Total 13 stasiun tersedia di MRT fase I. Tujuh stasiun layang, yakni di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sisanya, stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia terbenam di bawah tanah.

Presiden Jokowi menyatakan, MRT merupakan budaya baru masyarakat Indonesia. Dia meminta agar masyarakat tertib serta menjaga kebersihan saat menggunakan transportasi masal tersebut.

“Ini adalah peradaban baru, kita harus yakin kita bisa mengubah masyarakat dari budaya lama ke budaya baru ini. Apa itu? Yang tadi saya sampaikan, antre kalau mau masuk ke MRT, jangan buang sampah sembarangan di stasiun MRT maupun di dalam MRT-nya,” ujar Jokowi saat peresmian, Minggu 24 Maret 2019.

Dia mengingatkan agar masyarakat disiplin, tidak berdesak-desakan saat naik MRT. Menurutnya, masyarakat harus bersama menjaga dan merawat transportasi baru ini.

“Kalau ini tidak dibudayakan, percuma kita memiliki MRT, artinya kita harus menjaga kita harus merawat MRT yang kita miliki ini,” ucap Jokowi.

MRT memang menjanjikan kenyamanan dengan kabin dan interior ruangan yang menawan. Lebih dari itu, MRT menjanjikan kecepatan dan efisiensi waktu. Hanya butuh 30 menit dari Lebak Bulus untuk tiba di Bundaran HI.

Sementara itu, Direktur MRT Jakarta William Sabandar optimistis, MRT akan mengubah arus lalu lintas di Jakarta. Mimpi buruk warga Jakarta akan kemacetan diyakini bakal berkurang.

“Inilah saatnya untuk mengubah Jakarta. Inilah saatnya untuk menjadikan Jakarta lebih baik dan bebas dari kemacetan,” kata Direktur MRT Jakarta William Sabandar, beberapa waktu lalu.

William tak main-main. Ada tiga moda transportasi berbasis rel yang mengepung Jakarta saat ini. Selain MRT yang baru resmi diluncurkan, sebelumnya sudah ada kereta rel listrik (KRL) dan light rail transit (LRT). Ketiga moda transportasi dengan sarana kereta tersebut diharapkan mampu melayani mobilitas warga Ibu Kota dalam beraktivitas sehari-hari, sekaligus memangkas kemacetan.

Meski terkesan sama, ketiga moda ini punya beberapa perbedaan baik dari perlintasan, kapasitas penumpang, dan rangkaiannya. LRT atau kereta api ringan, misalnya, mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat. Meskipun MRT dan KRL memiliki daya angkut lebih besar, LRT dapat memindahkan penumpang melalui rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasi LRT ini, sistem perlintasannya dibuat melayang sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL. Karenanya, headway atau jarak antarkereta dapat dipastikan waktunya.

Sedangkan commuter line atau KRL yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925 merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya. KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali mengalami konflik sebidang dengan penyeberangan jalur kendaraan mobil dan motor. Hal ini yang kerap menimbulkan kemacetan serta kecelakaan.

Kemudian MRT yang merupakan transportasi dengan transit cepat dan memiliki daya angkut yang lebih besar dari LRT. Perlintasannya dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang sama halnya dengan LRT.

William membeber spesifikasi teknis MRT. Dia mengatakan, kereta MRT Jakarta dibuat oleh perusahaan Nippon Sharyo asal Jepang. Posisi kemudi masinis berada di sisi sebelah kanan karena disesuaikan dengan arah jalur perjalanan kereta.

Seluruh kereta MRT Jakarta dibuat dari material stainless steel. Satu rangkaian kereta MRT Jakarta dapat menampung sebanyak 1.200 penumpang dan jika sangat padat dapat mencapai 1.950 penumpang. Satu unit kereta atau gerbong memiliki dua unit penyejuk ruangan.

Satu rangkaian kereta nantinya terdiri dari enam kereta. Pada kereta 1 dan 6 yang merupakan kereta dengan kabin masinis merupakan kereta tanpa motor penggerak atau disebut juga trailer car. Untuk kereta 2 hingga 5 yang merupakan kereta tanpa kabin masinis memiliki masing-masing 1 pantograf tipe single arm dengan motor penggerak.

Tite Sembur Pemain Brasil Setelah Main Buruk Lawan Panama

Liputan6.com, Porto – Brasil gagal meraih kemenangan pada laga persahabatan melawan Panama di Estadio Do Dragao, Minggu (24/3/2019) dini hari WIB. Pelatih Brasil, Tite menyebut anak asuhnya bermain buruk.

Pada laga tersebut, Brasil berhasil mencetak gol lebih dahulu pada menit ke-32 melalui Lucas Paqueta. Namun, empat menit berselang, Panama menyamakan kedudukan melalui Adolfo Machado.

Sayangnya, Selecao malah gagal mencetak gol, meski mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 72 persen. Roberto Firmino dan kawan-kawan mempunyak 18 sepakan, tapi hanya lima yang on target.

Tentunya, permainan buruk Brasil membuat sang pelatih, Tite naik pitam. Menurutnya, Brasil tampil di bawah ekspektasi.

“Tadi adalah sebuah penampilan yang buruk di babak pertama, di bawah ekspektasi,” kata Tite dikutip dari Four Four Two.

“Babak kedua biasa, dengan beberapa penyesuaian yang kami buat, pemain Brasil bermain dengan empat pemain di depan, kami merombak. Namun di babak pertama jelek, dan hasilnya juga jelek,” ujar Tite melanjutkan.

MU Punya Catatan Buruk, Solskjaer Sudah Gatal Tempur di Kandang Barcelona

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) akan menghadapi Barcelona di babak perempat final Liga Champions. Duel tersebut bakal dilangsungkan pada bulan April 2019.

Setan Merah, sebutan MU, memang sedang dalam rasa percaya diri tinggi setelah menyingkirkan tim kuat, Paris Saint-Germain (PSG). Sempat tertinggal 0-2 di Old Trafford, MU berhasil menang 3-1 pada leg kedua di kandang PSG.

Namun, di babak perempat final, MU tak boleh terlena dengan kemenangan atas PSG. Sebab, Barcelona bukanlah lawan sembarangan buat MU. Dari delapan pertemuan terakhir di kompetisi Eropa, MU hanya sekali mengalahkan Barcelona.

Bahkan, dalam dua pertemuan terakhir, keduanya di partai final Liga Champions, (2009, 2011) MU selalu menelan kekalahan dari Lionel Messi dan kawan-kawan.

Namun catatan buruk itu coba dihilangkan oleh manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer. Manajer MU berusia 46 tahun itu malah tidak sabar menghadapi Barcelona di Camp Nou.

Camp Nou merupakan tempat bersejarah untuk Solskjaer. Di kandang Barcelona itu, dia membawa MU menjuarai Liga Champions tahun 1999 setelah mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 2-1.

“Ya, ini seperti takdir! Saya mendapatkan banyak pesan dari teman-teman saya dan mereka mengatakan jika tahun ini adalah tahun di mana kami akan sukses karena ini tepat 20 tahun setelah tahun trebel kami di mana seorang pemain bernomor punggung 20 memastikan gelar di laga final yang berlangsung di Nou Camp,” kata Solskjaer, dikutip dari situs resmi MU.

“Saya akan mengunjungi Nou Camp lagi. Itu adalah malam terbesar dalam sejarah sepakbola saat itu. Buat kami semua yang berada dalam skuad trebel itu saat itu, kami merasakan malam yang fantastis. Nou Camp adalah stadion yang luar biasa. Kami pernah menghadapi mereka di fase grup tahun itu. Saya percaya laga nanti akan menarik,” ujar manajer MU berkebangsaan Norwegia itu.

Drawing Liga Champions: Berjumpa Barcelona, MU Punya Rekor Buruk

Jakarta – Manchester United (MU) berjodoh dengan Barcelona, di perempat final Liga Champions 2018-2019. Hal itu terungkap pada drawing Liga Champions, Jumat (15/3).

Bagi MU, duel ini menjadi tantangan berat karena kerap kesulitan saat berjumpa dengan El Barca.  

Pada undian fase perempat final Liga Champions, ada dua tim Inggris yang akan saling jegal, yaitu Manchester City kontra Tottenham Hotspur. 

Liverpool akan menghadapi klub Portuga, Porto, di babak delapan besar. Tim yang mendapat undian paling berat adalah Manchester United yang berjumpa Barcelona. 

Seperti dilansir Opta Joe, MU tercatat hanya menang sekali dalam delapan pertemuan kontra Barcelona di kancah Piala/Liga Champions. Tujuh pertandingan MU lainnya berkesudahan empat kali imbang, dan tiga kali kalah. 

Dua kekalahan terakhir Manchester United dari Barcelona terjadi di partai puncak Liga Champions, yaitu pada 2009 dan 2011. 

Adapun satu-satunya kemenangan MU atas Barcelona terjadi pada leg kedua semifinal Liga Champions 2017-2018 di Old Trafford. Saat itu menang 1-0 melalui gol Paul Scholes, kemudian MU menjadi juara setelah mengalahkan Chelsea di final. 

Leg pertama laga tersebut bakal digelar di Old Trafford pada 10 April. MU kemudian akan menjalani away leg kedua ke Camp Nou pada 16 April. 

Barcelona Tekuk Lyon, Coutinho Mengaku Tampil Buruk

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, mencetak satu gol saat Barcelona menjamu Lyon pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (14/3/2019). Meski demikian, mantan pemain Liverpool itu mengaku belum menemukan kembali permainan terbaiknya. 

Tampil di Camp Nou, Coutinho memaksimalkan kesempatannya dengan baik.  Coutinho mencetak satu gol pada pesta 5-1 Barca dan  membantu Barca melangkah ke perempat final.

Situasi Coutinho kian tidak kondusif dalam beberapa bulan terakhir. Dia jarang mendapatkan kesempatan bermain karena dinilai berada di bawah ekspektasi Barcelona. Sebab itu, Coutinho harus memanfaatkan kesempatan bermain sebaik-baiknya.

Meski tidak bermain penuh, Coutinho mendapatkan kesempatan bermain sejak menit awal pada pertandingan tersebut. Kesempatan ini sebenarnya juga disebabkan oleh cedera Ousmane Demblele, yang memaksa Valverde memercayai Coutinho.

Rumitnya situasi Coutinho ini berakibat pada kabar buruk bahwa dia akan segera dijual Barca. Dia sendiri mengakui performanya memang tidak maksimal, tapi Coutinho masih belum mau menyerah.

Dia datang ke Barcelona untuk memberikan yang terbaik, sebab itu dia ingin berusaha memaksimalkan potensinya dan menjawab kritik tersebut. Coutinho ingin terus berkembang dan mendapatkan kesempatan bermain lagi.

“Saya belum bermain baik dalam beberapa pekan atau bulan terakhir,” kata Coutinho kepada Marca. “Namun, saya ingin terus berkembang. Saya datang ke Barcelona untuk melakukan yang terbaik.”

Prediksi Real Valladolid Vs Real Madrid: Los Blancos Hadapi Situasi Buruk

Jakarta Real Madrid mencoba bangkit saat berhadapan dengan Real Valladolid dalam laga pekan ke-27 La Liga Spanyol, di Estadio Municipal Jose Zorrilla, Minggu (10/3/2019). Duel ini bakal menjadi penawar luka Madrid yang tengah terpuruk.

Hanya dalam kurun waktu satu minggu, Los Blancos disingkirkan Barcelona dari Copa del Rey dan dijungkalkan Ajax Amsterdam di Liga Champions.

Sementara itu di La Liga, peluang juara Real Madrid bisa dibilang hampir tidak ada. Pasalnya, saat ini mereka sudah tertinggal 12 poin di belakang sang pemimpin klasemen Barcelona.

El Real sedang berada di situasi yang sangat buruk, juga kehilangan sejumlah pemainnya untuk lawatan ke markas Valladolid. Lucas Vazquez, Dani Carvajal dan Vinicius Junior harus menepi.

Bek sekaligus kapten Sergio Ramos terkena akumulasi kartu kuning. Sementara itu, Gareth Bale dan bek sayap Sergio Reguilon kondisinya meragukan.

Melawan Valladolid, Isco sepertinya akan diberi kesempatan oleh pelatih Santiago Solari untuk main dari menit awal. Dia bakal bekerja sama dengan Marco Asensio dan Karim Benzema di lini serang.

Madrid sedang bermasalah. Meski begitu, Real Madrid diunggulkan meraih kemenangan, karena lawannya ini adalah tim papan bawah yang performanya tak kalah buruk.

Dalam tiga laga terakhirnya, Real Valladolid berturut-turut ditekuk Barcelona (0-1), Real Betis (0-2), dan Espanyol (1-3).

Pada pertemuan pertama musim ini, Madrid mengalahkan Valladolid di Bernabeu dengan skor 2-0. Real Madrid memenangi laga itu lewat gol Vinicius dan penalti Ramos.

Manajer MU Beri Kabar Buruk Soal Alexis Sanchez

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer memberikan kabar buruk soal kondisi Alexis Sanchez. Dia mengatakan Alexis bakal absen dalam waktu yang lama untuk MU karena mengalami cedera yang parah.

Alexis Sanchez sendiri belakangan ini menjadi pemain andalan Solskjaer. Sang winger mulai rutin bermain dalam beberapa minggu terakhir dikarenakan cedera yang dialami oleh Anthony Martial.

Namun pada akhir pekan kemarin, Sanchez juga mengalami cedera. Ia ditarik keluar di awal babak kedua saat MU menang dengan skor 3-2 lawan Southampton.

Dalam wawancaranya seusai laga itu, Solskjaer mengonfirmasi bahwa Sanchez masih butuh pemeriksaan yang lebih mendetail mengenai cedera tersebut. MU disebutnya harus siap kehilangan winger asal Chile ini untuk beberapa lama.

Seperti apa cedera yang dialami Alexis dan berapa lama absen di MU?



2 dari 3 halaman

Cedera Parah

Dalam konferensi persnya kemarin, Solskjaer mengungkapkan bahwa hasil pemeriksaan medis untuk Sanchez sudah keluar.

Ia menyebut bahwa winger Timnas Chile itu sepertinya akan menepi cukup lama untuk menyembuhkan cedera itu.

“Ya, sepertinya dia [Alexis] akan absen cukup lama dari tim kami,” ujar Solskjaer kepada situs resmi MU.

3 dari 3 halaman

Waktu Pemulihan

Solskjaer menyebut Sanchez mengalami cedera lutut yang cukup parah. Alhasil ia bisa absen sekitar hampir dua bulan untuk memulihkan cedera itu.

“Dia mengalami cedera lutut yang cukup parah. Jadi kami merasa dia akan absen sekitar empat sampai enam minggu.”

“Semoga saja dia bisa pulih lebih cepat.” tandasnya.

Solskjaer sendiri sudah menyiapkan pengganti Alexis Sanchez pada diri dua gelandang serang muda MU, Tahith Chong dan Angel Gomes.

Sumber: Bola.net

Punya Kebiasaan Tidur Mangap? Waspadai Berbagai Dampak Buruk Berikut

Jakarta – Kebiasaan tidur dengan mulut terbuka alias mangap tidak cuma jelek kalau dilihat. Bila tidak diatasi, dalam jangka panjang juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tidur dengan mulut terbuka kadang-kadang memang tidak bisa dihindari. Dalam kondisi kelelahan yang teramat sangat, ditambah dengan efek gravitasi, seringkali rahang sulit dipertahankan pada posisinya saat tertidur sehingga mulut akan menganga tanpa disadari.

Hati-hati, terlalu sering tidur dengan posisi mulut mangap bisa memicu beberapa dampak sebagai berikut.

1. Merusak gigi
Efek tidur dengan mulut mangap bahkan diklaim lebih merusak gigi dibanding efek minuman bersoda. Aliran udara pernapasan di mulut menyebabkan mulut kering, saliva atau liur tidak bsia melindungi gigi dari pertumbuhan bakteri merugikan.

2. Bau mulut
Mulut kering adalah penyebab utama halitosis, atau orang awam menyebutnya bau mulut.

3. Cepat letih
Pernapasan melalui mulut memberikan suplai oksigen lebih sedikit ke paru-paru. Dampaknya, tubuh jadi lebih mudah letih sepanjang hari meski tidurnya sudah cukup lama.

4. Bibir pecah-pecah
Berkurangnya kelembapan rongga mulut menyebabkan kulit bibir mudah retak atau pecah-pecah. Untuk mengunyah jadi tidak nyaman, lalu berdampak pada gangguan nutrisi.

5. Deformitas
Perubahan bentuk dan struktur rongga mulut merupakan dampak ekstrem dari kebiasaan tidur mangap yang berlarut-larut. Terus menerus mangap dalam waktu lama membuat posisi gigi dan rahang berubah, lalu berdampak pada struktur lidah maupun bibir.

(up/wdw)

4 Rekor Buruk Real Madrid Setelah Kalah dari Barcelona di El Clasico

Liputan6.com, Madrid – Real Madrid kembali kalah dalam duel jilid ketiga El Clasico musim ini. Kali ini, Los Blancos takluk 0-1 dari Barcelona dalam lanjutan Liga Spanyol pekan ke-26 di Santiago Bernabeu, Minggu (3/3/2019) dinihari WIB.

Kekalahan Real Madrid tentu saja sangat mengejutkan. Sebab, Los Blancos menelan kekalahan beruntun dari lawan yang sama dan di tempat yang sama selang beberapa hari saja.

Kekalahan pertama terjadi pada Kamis (28/2) lalu pada leg kedua semifinal Copa del Rey. Saat itu mereka takluk dengan skor cukup telak 0-3.

Madrid sejatinya punya kans yang besar untuk membalas kekalahan tersebut pada akhir pekan kemarin. Alih-alih menang, pasukan Santiago Solari itu justru keok dari gol tunggal Ivan Rakitic.

Madrid saat ini tertinggal 12 poin dari Barcelona. Selain gagal memangkas jarak dengan Barca di klasemen sementara La Liga, kekalahan itu membuat Madrid mencetak sejumlah rekor buruk.

Lalu rekor buruk apa saja yang diraih Real Madrid setelah kekalahan melawan Barcelona pada Minggu dini hari kemarin? Berikut ini daftarnya seperti dilansir Fox Sports Asia.

2 dari 5 halaman

Sergio Ramos Pemain Terbanyak Kalah di Duel El Clasico

Sergio Ramos mungkin merupakan salah satu bek terbaik di dunia dan sudah mendapatkan banyak penghargaan. Dia mungkin juga akan pensiun sebagai bek Spanyol paling sukses sepanjang masa.

Namun, Ramos juga punya catatan hitam dari daftar prestasinya. Setelah kekalahan Madrid dari Barcelona pada Miggu dini hari, Sergio Ramos kini menjadi pemain yang paling banyak menelan kekalahan dalam sejarah El Clasico.

Kapten Los Blancos itu sekarang sudah menderita 20 kekalahan dalam pentas El Clasico.

3 dari 5 halaman

Kalah Dua Kali Berselang 72 Jam

Ini cukup mengejutkan dan membutuhkan sedikit keberuntungan agar rekor ini bisa dipecahkan lagi tetapi Barcelona menjadi tim pertama dalam sejarah sepakbola yang berhasil mengalahkan Real Madrid di Bernabeu dua kali dalam waktu 72 jam.

Sepertinya Real Madrid sedang melalui fase yang sulit dan bahkan jadwal tidak menguntungkan mereka. Madrid menelan kekalahan 3-0 dari Barcelona dan tiga hari kemudian mereka kalah lagi dengan skor 0-1.

4 dari 5 halaman

Bernabeu Tuah Keberuntungan bagi Barcelona

Pertandingan kandang seharusnya lebih mudah bagi pihak tuan rumah. Namun, dalam kasus Real Madrid melawan Barcelona di Santiago Bernabeu, justru sebaliknya.

Terakhir kali Real Madrid menang melawan Barcelona dalam pertandingan liga di Santiago Bernabeu terjadi pada tahun 2014. Dengan kekalahan terakhir mereka, Madrid juga memberi Barcelona kehormatan menjadi tim tandang pertama yang memenangkan empat pertandingan berturut-turut di Santiago Bernabeu di semua kompetisi.

5 dari 5 halaman

Barcelona Unggul Rekor Pertemuan

Kemenangan Barcelona baru-baru ini melawan rival abadi mereka terasa sangat istimewa. Wajar jika mereka merasa istimewa setelah berhasil mengalahkan rival terbesarnya tetapi kemenangan ini mungkin lebih penting daripada kemenangan liga biasanya melawan Real Madrid.

Saat Barcelona meraih kemenangan terakhir, mereka menyalip Real Madrid dalam catatan head-to-head untuk pertama kalinya selama hampir 88 tahun. Barcelona sekarang mencatatkan 96 kemenangan dalam pertemuan head-to-head secara keseluruhan sementara Madrid meraih 95.

Sumber: Bola.net

Barcelona Bungkam Real Madrid Lagi, Sergio Ramos: Bukan Mimpi Buruk

Liputan6.com, Madrid – Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, menyebut Barcelona memang pantas menang dalam laga lanjutan Liga Spanyol, Minggu (3/3/2019) dini hari WIB di Santiago Bernabeu.

Barcelona mengalahkan Los Blancos berkat gol semata wayang Ivan Rakitic pada menit ke-26. Ramos merasa Real Madrid kesulitan mencetak gol ke gawang Marc-Andre ter Stegen.

“Ini bukan mimpi buruk bagi kami, tetapi memang benar bahwa suatu hari kami tidak bisa mengonversi peluang kami meskipun mendominasi dan sepak bola adalah tentang gol,” kata Ramos, seperti dilansir Tribal Football.

“Mereka (Barcelona) lebih efektif daripada kami dan sepakbola ditentukan oleh gol,” ucap pemain Timnas Spanyol ini.

Ramos tidak memungkiri banyak perbaikan yang perlu dilakukan Real Madrid. Dia juga mengomentari terkait Barcelona yang mampu dua kali mengalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu dalam kurun waktu sepekan.

“Yang bisa kami lakukan adalah memberi selamat kepada mereka, karena meski mendominasi pertandingan, itu belum cukup,” terang eks bek Sevilla ini.

2 dari 3 halaman

Laga Intens

“Itu dua pertandingan yang intens, dan penuh upaya sangat tinggi dari kami, jadi tidak ada alasan soal hasilnya,” papar Ramos.

Pemain berusia 32 tahun ini menyayangkan tidak ada gol yang tercipta dari pasukan Santiago Solari. Dia menyadari, itu satu-satunya penyebab Real Madrid kalah dari Barcelona.

3 dari 3 halaman

Tidak Cetak Gol

“Kami memiliki peluang kami, tetapi ketika Anda tidak mencetak gol, banyak hal akan menjauh dari Anda,” tutur Ramos.

Saksikan video pilihan di bawah ini