Pertamina Mulai Transisi Pengelolaan Blok Rokan

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) memulai masa transisi pengolahan Blok Rokan di Riau untuk menjaga tingkat produksi minyak. Transisi dilakukan sebelum Pertamina resmi ‎menjadi operator pasca kontrak Chevron Pacific Indonesia habis pada 2021.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan, perusahaan sudah membuat anak usaha untuk mengelola Blok Rokan pada 22 Desember 2018, serta menandatangani ketentuan dimulainya masa transisi dengan Chevron Pacific Indonesia.

‎”Jadi sudah terjadi penandatanganan transisi antara Pertamina dan Chevron,”‎ kata Dharmawan, saat menghadiri Workshop Media 2019, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dia menyebutkan, dalam masa transisi Pertmina akan melakukan peremajaan ruas pipa Minas-Duri-Dumai, Balam-Bangko-Dumai. Pipa tersebut diganti lebih awal sebelum 2021, untuk menghindari penghentian kegiatan operasi saat Pertamina sudah menjadi operator.

Saat ini Pertamina sedang melakukan kajian untuk penggantian pipa, sehingga proyek tersebut bisa diesekusi pada tahun ini. Namun dia belum bisa menyebutkan investasinya.

“Harus diganti sebelum 2021 karena memang sudah harus diganti, tetapi kalau harus menunggu 2021 pipa itu bisa berhenti produksi harus dirawat,” tutur dia.

Dia melanjutkan, dalam masa transisi Pertamina juga melakukan pengeboran sumur di Blok Rokan. Hal ini untuk mempertahankan tingkat produksi minyak dari Blok Rokan yang menjadi andalan produksi nasional.

“Kedua adalah program pengeboran yang memungkinkan Pertamina partisipasi, ini tidak sederhanan karena secara legal masih dikelola Chevron‎,” tuturnya.

Menurut Dharmawan, dalam masa transisi akan dilakukan transfer pengetahuan pengelolaan Blok Rokan‎ dari pihak Chevron Pacific Indonesia.‎”Tindak lanjut komite dilakukan secara periodik, untuk mendesain rencana. Ini sebuah model sangat baik,” tandasnya.



2 dari 2 halaman

Pertamina Incar Beli 30 Ribu Barel Minyak Mentah Blok Cepu

PT Pertamina (Persero) terus melakukan negosiasi untuk meningkatkan penyerapan minyak bagian Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS). Negosiasi antara lain dilakukan kepada Exxon Mobile Limited selaku operator Blok Cepu.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, dari‎ seluruh produksi minyak Blok Cepu di atas 200 ribu barel per hari (bph), 180 ribu antaranya sudah dipasok ke dalam negeri.

Namun masih ada 30 ribu bph yang belum dijual ke dalam negeri.”180 ribuan sekian sudah ke domestik kan,” kata Djoko, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Menurut Djoko, saat ini sedang dilakukan negosiasi, agar 30 ribu bph minyak dari Blok Cepu yang sebelumnya diekspor, dapat dibeli Pertamina untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. “Tinggal 30 ribu kan lagi negosiasi. Siapa bilang batal,” tutur Djoko.

Penjualan minyak bagian KKKS ke [Pertamina]( 3867699 “”) diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri yang mulai berlaku pada 5 September 2018.

Pertamina telah sepakat melakukan pembelian minyak bagian PT Chevron Pacific Indonesia dari Blok Rokan sebanyak 2,5 juta barel per bulan.

Pertamina juga telah melakukan kesepakatan dengan KKKS lainnya seperti ; RH Petrogas Limited, PT SPR Langgak, PetroChina International Jabung Ltd, PT Bumi Siak Pusako, SAKA Pangkah Indonesia Ltd, PT Energi Mega Persada Tonga, Petronas Carigali Ketapang I Ltd, Husky CNOOC Madura Ltd dan PT Energi Mega Persada Tbk.

Seluruh upaya ini dapat mengurangi import minyak mentah dan kondensat sekitar 115.000 barrels per hari dan diharapkan dapat mengurangi pembelian impor menjadi 250 ribu barel per hari.

14 Kata-kata Bijak Singkat Penuh Makna, Bisa untuk Motto Hidup

Liputan6.com, Jakarta Hidup memang tidak selalu berjalan sesuai kemauan. Saat sudah membuat rencana A, ada saja masalah yang membuat pindah rencana B. Semua masalah yang mengganggu terkadang membuat kamu menganggap Tuhan tidak adil. Rasanya kamu ingin mengulang waktu dan memperbaiki keputusan yang kamu ambil sebelumnya.

Terkadang, kamu juga menganggap bahwa hidup orang lain terlihat lebih baik ketimbang hidupmu sendiri. Hal itulah yang membuat kepercayaan dirimu menyublim seperti kapur barus yang lama kelamaan habis. Meskipun demikian, merasa down ataupun kurang motivasi adalah hal yang wajar dialami manusia tanpa memperhatikan gender, karena hidup itu seperti roda yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah.

Oleh karena itu, jalani saja apa yang di hadapanmu karena badai tidak berlangsung selamanya. Ingat ya, Tuhan tidak memberi cobaan melebihi kemampuan umatnya. Untuk menambah motivasi, terkadang kita butuh masukan dari kata-kata bijak singkat penuh makna agar bisikan-bisikan negatif enggan mampir ke hidupmu.

Nah, agar bisa menghadapi hari-harimu dengan optimis, berikut Liputan6.com siapkan deretan kata-kata bijak singkat penuh makna yang dapat kamu gunakan untuk motto hidup, atau kamu bagikan untuk keluarga, sahabat, teman, atau pacar, Rabu (16/1/2019).

2 dari 3 halaman

Kata-kata Bijak Singkat Penuh Makna

1. “Don’t use the past as an excuse to miss out on your future.” (Alan Cohen Ogress)

Kata-kata bijak singkat yang pertama ini cocok untuk kamu yang masih terpaku dengan masa lalu. Apa yang terjadi di masa lalu jangan sampai membuatmu enggan untuk bangkit menghadapi masa depan. Gunakan masa lalu sebagai pembelajaran di masa depan agar dapat menjalani hidup lebih baik lagi.

2. “Jika hati kamu adalah gunung berapi, bagaimana mungkin kamu mengharapkan bunga untuk tumbuh mekar.” (Anonim)

Agar kamu bisa memiliki hari yang menyenangkan, mulailah dari rajin menyirami dirimu sendiri agar bisa menumbuhkan bunga. Karena gunung berapi yang panas serta gersang tidak akan mampu menuntunmu untuk berjalan di kebun berbunga.

3. “No sweet without sweat.” (Anonim)

Kata sweet dan sweat adalah dua hal yang berbeda tapi bisa mendukung satu sama lain. Intinya, jangan berharap kamu akan meraih hal-hal manis jika kamu tidak mau berkeringat untuk berlari mengejar impian manismu itu.

4. “Sebelum menjadi kupu-kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong.” (Aiman Bagea)

Bahkan kupu-kupu yang indah pun punya masa lalu yang suram. Ketika ia dihalangi oleh kepompong, berubah menjadi ulat dengan bentuk yang aneh, kemudian bisa terbang dengan sayapnya yang indah yang memukau hati yang melihatnya.

5. “Sunsets are proof that endings can be beautiful.” (Buddha)

Setelah menyinari bumi dengan sinarnya yang benderang, saat hendak terbenam pun matahari tetap menunjukkan keindahannya kepada para pengisi bumi. Sehari tanpa sinar matahari pun, manusia pasti segera merindukan terangnya yang ia bagikan.

6. “Sehari selembar benang, lama-lama jadilah selembar kain” (Anonim)

Kata-kata berikut hampir sama dengan pepatah berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Kain yang kamu pakai itu bukanlah apa-apa tanpa penjahitnya. Awalnya, dia hanyalah seuntai benang yang kurus, lemah tak berdaya. Namun dengan kasih sayang sang penjahit, kreasi untaian benang itu bisa kamu pakai untuk menghangatkan tubuhmu.

7. “Bila anda belum siap untuk bisa menerima kritikan, maka anda belum siap untuk dipuji.” (Anonim)

Setiap insan harus menerima kritikan yang dilontarkan seseorang, karenanya itu adalah tanda perhatian yang didapatkan agar potensi diri bisa berkembang.

3 dari 3 halaman

Kata-kata Bijak Singkat Penuh Makna

8. “Be loyal to yourself first.” (Kevin Gates)

Nggak usah lirik-lirik orang lain karena yang utama adalah mengembangkan kualitas dirimu sendiri. Dengan menghargai dirimu sendiri, kamu akan bisa menghargai orang lain.

9. “Kamu tahu? Skill terhebat dalam hidup adalah pantang menyerah.” (Bryant McGill)

Seperti lirik lagu “Hidup tiada mungkin tanpa perjuangan tanpa pengorbanan”, saat rasanya sulit untuk bangkit, ingat bahwa kamu punya dua kaki yang menopang satu sama lain.

10. “Just because you’re correct does not mean that you’re right.” (Anonim)

Berkata sesuai kenyataan bukan berarti kamu sudah benar. Tidak semua orang memiliki pendapat yang sama. Maka, selalu koreksi diri, jangan mudah merasa puas, karena di atas langit masih ada langit.

11. “Kebencian adalah penyakit yang akan mematikan kebaikan.” (Anonim)

Jangan sirami hidupmu dengan kebencian karena itu adalah penyakit yang mematikan kebaikan. Obatilah dengan merasa cukup dan menerima keadaan, namun tetap mencoba berusaha yang terbaik agar tidak menyesal nantinya.

12. “Sebagian orang memimpikan sukses, sementara yang lainnya bangun dan kerja keras untuk sukses.” (Anonim)

Saat punya keinginan, jangan biarkan hasrat itu hanya mengendap dalam mimpi. Tapi bangun dan kejarlah agar tidak berakhir menjadi mimpi buruk.

13. “Suatu pekerjaan yang paling tak kunjung bisa diselesaikan adalah pekerjaan yang tak kunjung pernah dimulai.” (Anonim)

Jangan berharap pekerjaanmu akan selesai dengan sendirinya karena kamu bukanlah tumbuhan yang bisa menciptakan makanan sendiri. Maka segera selesaikan pekerjaanmu tanpa harus menunda-nunda.

14. “Failure is a bruise. Not a tattoo.” (Jon Sinclair)

Kegagalan bukanlah tato yang tidak bisa hilang. Kegagalan hanyalah sebuah luka memar yang akan sembuh bahkan bekasnya akan hilang jika diobati dengan usaha.


Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Jurus Pemerintah Tekan Impor Migas

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk menekan impor terutama impor di sektor minyak dan gas (migas).

Meskipun demikian, dia mengakui impor migas Indonesia masih cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari impor minyak PT Pertamina yang tumbuh 13,5 persen.

“Jadi kita lihat beberapa langkah yang sudah kita lakukan memberikan dampak. Namun kelihatan bahwa impor kita masih cukup besar di beberapa kategori tadi, yang minyak, karena dalam catatan kita seperti Pertamina masih impornya growth-nya 13,5 persen,” kata dia, saat ditemui, di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk menekan impor migas yakni dengan terus mendorong implementasi B20.

“Kalau kita lihat instrumen yang kita lakukan untuk memperbaiki defisit neraca pembayaran, current account defisit (CAD) dan neraca perdagangan itu adalah dengan beberapa langkah yang sudah dilakukan. B20 karena dari sisi migas kita mencoba mengurangi dari sisi defisitnya,” ujar dia.

Pemerintah juga tentu akan mendorong Pertamina untuk terus mengimplementasikan kebijakan B20. Dengan demikian diharapkan impor migas dapat terus ditekan.

“Jadi impor minyak kita mungkin perlu melihat dari Pertamina implementasi dari B20. Sehingga dia bisa menekan dari sisi kebutuhan impor minyak itu. Dan sudah menggunakan biodiesel,” kata dia.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Di Atas Target, Penerimaan Migas 2018 Capai Rp 228 Triliun

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat penerimaan negara dari sektor minyak dan gas bumi (migas) hingga akhir Desember 2018 mencapai Rp 228 triliun. Angka ini setara dengan 182 persen dari target yang ditetapkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Penerimaan migas Rp 228 triliun atau 182 persen dari target APBN 2018,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, dalam konferensi pers, di Kantornya, Jakarta, Jumat 11 Januari 2019.

Djoko merincikan, dari total penerimaan tersebut sebanyak 72 persen atau Rp 163,4 triliun diperoleh dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara 28 persen sisanya atau Rp 64,7 triliun, merupakan pemasukan dari PPh Migas.

“Penerimaan migas lebih besar dari target APBN 2018. untuk PNPB Rp 163,4 triliun PPh Rp 64,7 triliun,” imbuhnya.

Dengan pencapaian ini pihaknya optimistis kinerja sektor migas ke depan akan lebih baik. Dengan begitu, penerimaan di sektor migas dapat meningkat dari tahun 2018.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

4 Macam-macam Ekosistem di Indonesia yang Harus Dijaga Demi Kelangsungan Hidup

Liputan6.com, Jakarta Di Bumi yang luar biasa, tinggal bermacam-macam makhluk hidup didalamnya. Ada manusia, hewan, tumbuhan, dan semua hidup di habitatnya masing-masing. Semua makhluk hidup saling membutuhkan, dan berinteraksi sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya masing-masing.

Dalam kehidupan ini ada hubungan timbal balik antara manusia, tumbuhan, dan tempat tumbuhnya. Interaksi atau hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang membentuk suatu sistem ekologi inilah yang disebut dengan ekosistem.

Cobalah kamu lihat disekeliling, kamu tentu menyadari bahwa ada banyak sekali macam-macam ekosistem yang ada di sekitar kita. Nah, dalam setiap ekosistem terdapat 2 jenis komponen, yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (makhluk tak hidup) yang berinteraksi.

Faktanya, makhluk hidup manapun nggak dapat lepas dari lingkungannya, baik itu makhluk hidup lainnya (biotik) maupun makhluk tak hidup (abiotik). Sumber utama ekosistem adalah cahaya matahari. Dengan interaksi antara kedua komponen tersebut, macam-macam ekosistem akan selalu tumbuh berkembang sehingga menimbulkan perubahan ekosistem. Kalau kamu pergi ke gunung, maka kamu akan menemukan ekosistem gunung. Di danau, kamu akan menemukan ekosistem danau. Intinya, macam-macam ekosistem yang ada di bumi tersusun atas makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Sebagai contoh, ekosistem sungai terdiri atas hewan dan tumbuhan yang hidup bersama-sama. Pada ekosistem sungai ada ikan-ikan kecil, ular sawah, rumput di tepian sungai, dan sebagainya.

2 dari 4 halaman

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi dan membentuk hubungan timbal balik. Oleh karena itu, ekosistem disebut juga sistem lingkungan. Misalnya komunitas ikan air tawar selalu berhubungan dengan kolam ikan, air, udara, tanah dan sinar matahari.

Ekosistem mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Ekosistem yang kecil akan membentuk ekosistem yang lebih besar. Seluruh ekosistem di muka bumi ini akan membentuk satu ekosistem yang lebih besar yang disebut biosfer.

Berdasarkan proses terjadinya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk karena pengaruh alam sekitar dan bukan karena campur tangan manusia, contohnya, sungai, laut, dan gunung, sedangkan ekosistem buatan adalah ekosistem yang dibentuk oleh manusia, contohnya, kolam ikan, akuarium, waduk, dan sawah.

Berikut ini Liputan6.com rangkum macam-macam ekosistem di Indonesia yang harus dijaga demi keberlangsungan hidup yang lebih baik, Rabu (16/1/2019).

3 dari 4 halaman

Macam-macam ekosistem di Indonesia

1. Hutan hujan tropis yang menjadi ciri khas

Macam-macam ekosistem di Indonesia yang pertama adalah hutan hujan tropis. Dilintasi garis khatulistiwa membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang dianugerahi hutan hujan tropis yang subur. Bukan sebatas flora, faunanya pun juga beragam. Itulah sebabnya Indonesia kerap menjadi sentra biodiversitas dunia. Salah satu buktinya bisa dilihat dengan banyaknya ekowisata yang belakangan mulai ramai dijadikan destinasi liburan favorit. Selain punya panorama yang menawan, keindahan ekowisata ini bahkan punya citarasa berkelas dunia. Hutan hujan banyak terdapat di Sumatera, Kalimantan dan Papua.

2. Hutan sabana yang membentang

Macam-macam ekosistem di Indonesia yang kedua adalah hutan sabana. Hutan adalah area yang ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan-tumbuhan lainnya. Hutan merupakan bagian penting dari ekosistem. Selain berfungsi sebagai paru-paru dunia yang menyediakan cadangan air dan oksigen, hutan juga menjadi habitat bagi flora dan fauna.

Hutan sabana terletak pada daerah yang beriklim tropis. Di Indonesia hutan sabana terdapat di Nusa Tenggara Timur dan Papua. Ekosistem ini didominasi oleh rumput dengan semak-semak akasia. Curah hujan yang ada di sabana berkisar antara 95 hingga 150 cm per tahun. Jenis hewan yang hidup di sabana antara lain gajah, kuda, macan tutul, singa, atau jenis- jenis hewan pengerat.

4 dari 4 halaman

Gunung dan laut

3. Pergunungan yang menjulang

Macam-macam ekosistem di Indonesia yang ketiga adalah pergunugan. Ekosistem pegunungan di Indonesia merupakan kawasan yang memiliki karakteristik yang khas, ditandai oleh ketinggian dari permukaan laut (dpl) yang besar, memberikan suhu yang sejuk, lereng yang curam, curah hujan yang relatif tinggi, dan rawan bencana terutama longsor dan letusan gunungapi.

Sebagian besar kawasan pegunungan memiliki ekosistem yang khas dan kemudian dikonservasikan dalam berbagai bentuk kawasan lindung seperti Taman Nasional, Hutan Lindung, dan Kawasan Rawan Bencana serta kawasan hulu Daerah Aliran Sungai (DAS).

4. Laut yang luas

Macam-macam ekosistem di Indonesia yang keempat adalah laut. Garis pantai di Indonesia yang begitu panjang membutuhkan perhatian khusus demi kelangsungan ekosistem laut dan pantai. Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 85 Tahun 2015 tentang Komite Nasional Prakarsa Segitiga Karang Untuk Terumbu Karang, Perikanan, dan Ketahanan Pangan atau disebut Komite Nasional CTI-CFF Indonesia.

Kerja sama ini bertujuan untuk mengatasi ancaman pada ekosistem laut, pesisir dan pulau-pulau kecil dalam wilayah segitiga karang dunia melalui percepatan dan tindakan kolaboratif, dengan pertimbangan partisipasi berbagai pemangku kepentingan dalam lingkup negara-negara di kawasan segitiga karang dunia. Ekosistem laut di dekat pantai: terumbu karang, plankton, tanaman pinggir pantai, kepiting.


Reporter: Heri Setiawan

Prabowo Sebut Cadangan BBM 20 Hari, Ini Respons Kementerian ESDM

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian ESDM angkat bicara mengenai sindiran calon presiden nomor urut 2 Prabowo, terkait cadangan bahan bakar nasional yang hanya 20 hari.

Lalu apakah besaran cadangan tersebut cukup ‎memenuhi kebutuhan nasional?

Direktur ‎Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) , Djoko Siswanto mengatakan, pasokan Bahan bakar masih cukup meski hanya memiliki cadangan 20 hari. Hal ini terbukti saat libur panjang sehingga konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) meningkat.

“Natal, Tahun Baru kemarin 20 hari? aman enggak? Aman? Yah sudah,” kata Djoko, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Djoko mengungkapkan, cadangan BBM Indonesia saat ini masih lebih sedikit dibanding negara lain. Hal ini disebabkan anggaran yang terbatas untuk meningkatkan cadangan dengan membangun tangki penyimpanan.

“Karena kita itu perlu infrastruktur, perlu anggaran. Nah sudah begitu saja,”‎ tuturnya.

Djoko menuturkan, saat ini pemerintah berupaya meningkatkan ketahanan energi nasional. Dengan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) melalui program pencampuran 20 persen biodiesel dengan solar (B20), mendorong penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG), membangun dan meremajakan kilang, serta mendorong penggunaan kendaraan listrik.

“Sekarang kita punya program kendaraan menggunakan yang lebih ramah. Itu kita mau studi dulu. Nanti kalau kita bangun kilang besar-besar,” ujar dia.

2 dari 2 halaman

PLTU Masih Jadi Andalan, Jonan Pastikan RI Tetap Kembangkan Energi Baru

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) masih menjadi tulang punggung sumber pasokan listrik Indonesia selama 10 tahun ke depan.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, PLTU masih memegang peran utama memasok kelistrikan di Indonesia. Hal ini terlihat dalam bauran energi nasional dengan menetapkan porsi PLTU sebesar 50 persen sampai 55 persen.

“Kalau menurut saya 10 tahun ke depan PLTU kalau dari bauran energi PLTU itu sekitar 55 persen paling minim 50 persen pasti masih menjadi andalan,” kata dia di Jakarta, Rabu 9 Januari 2019.

Dia melanjutkan, negara lain pun‎ masih mengandalkan PLTU sebagai tulang punggung sumber pasokan listrik. Sebut saja negara di Eropa dan Amerika Serikat.

“Di negara Eropa misalnya Polandia juga penggunaan batu bara masih sekitar 60 persen, AS mungkin sudah sedikit di bawah 40 persen tapi masih ada kok,” tutur dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pertamina Incar Beli 30 Ribu Barel Minyak Mentah Blok Cepu

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) terus melakukan negosiasi untuk meningkatkan penyerapan minyak bagian Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS). Negosiasi antara lain dilakukan kepada Exxon Mobile Limited selaku operator Blok Cepu.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, dari‎ seluruh produksi minyak Blok Cepu di atas 200 ribu barel per hari (bph), 180 ribu antaranya sudah dipasok ke dalam negeri.

Namun masih ada 30 ribu bph yang belum dijual ke dalam negeri.”180 ribuan sekian sudah ke domestik kan,” kata Djoko, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Menurut Djoko, saat ini sedang dilakukan negosiasi, agar 30 ribu bph minyak dari Blok Cepu yang sebelumnya diekspor, dapat dibeli Pertamina untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. “Tinggal 30 ribu kan lagi negosiasi. Siapa bilang batal,” tutur Djoko.

Penjualan minyak bagian KKKS ke [Pertamina]( 3867699 “”) diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri yang mulai berlaku pada 5 September 2018.

Pertamina telah sepakat melakukan pembelian minyak bagian PT Chevron Pacific Indonesia dari Blok Rokan sebanyak 2,5 juta barel per bulan.

Pertamina juga telah melakukan kesepakatan dengan KKKS lainnya seperti ; RH Petrogas Limited, PT SPR Langgak, PetroChina International Jabung Ltd, PT Bumi Siak Pusako, SAKA Pangkah Indonesia Ltd, PT Energi Mega Persada Tonga, Petronas Carigali Ketapang I Ltd, Husky CNOOC Madura Ltd dan PT Energi Mega Persada Tbk.

Seluruh upaya ini dapat mengurangi import minyak mentah dan kondensat sekitar 115.000 barrels per hari dan diharapkan dapat mengurangi pembelian impor menjadi 250 ribu barel per hari.

2 dari 2 halaman

Transisi Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina Segera Dimulai

PT Pertamina (Persero) segera melakukan transisi pengolahan Blok Rokan, sebelum resmi mengelolanya mulai 9 Agustus 2021. Saat ini, pengelolaan Blok Rokan masih berada di tangan PT Chevron Pacific Indonesia.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, Pertamina segera menanamkan investasi ke Blok Rokan setelah ditandatanganinya kontrak kerja sama bagi hasil gross split.

“Segera setelah ditandatanginya kontrak, Insha Allah secepatnya. Pertamina juga sudah melaporkan sumur-sumur mana yang akan dibor di Blok Rokan,” kata Arcandra dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Rbu (16/1/2019).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik Dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengungkapkan, sejak Desember 2018 Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bergerak cepat agar proses transisi berjalan dengan baik.

Kerjasama kelompok kerja dari SKK Migas, PT Pertamina (Persero) dan Chevron Pacific Indonesia pun telah dimulai.

Hal ini dilakukan untuk membahas persiapan alih kelola, yang secara intensif bekerja menganalisis aspek keteknikan, legal dan komersial untuk berupaya menjaga tingkat produksi Blok Rokan dapat dipertahankan dan di optimalkan, hingga nanti pengelolaan beralih ke Pertamina di tahun 2021.

“Belajar dari pengalaman transisi Blok Mahakam, pembahasan dan persiapan transisi Blok Rokan, dilakukan lebih awal, lebih intensif namun tetap efektif, sehingga diharapkan akan mempercepat proses transisi dengan hasil yang lebih baik,” papar Agung.

78.216 Rumah Akan Menikmati Gas Bumi pada 2019

Liputan6.com, Jakarta – 78.216 rumah akan menikmati gas bumi sebagai bahan bakar, seiring dengan pembangunan jaringan gas rumah tangga yang dilakukan pada 2019.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto mengatakan, tahun ini akan dilakukan pembangunan 78.216 sambungan rumah tangga jaringan gas di 17 kabupaten dan kota. Anggaran pembangunan tersebut sebesar Rp 799,96 miliar‎.

“Total jumlah sambungan adalah 74.216 SR,” ‎ kata Djoko, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/1/2018).

Djoko menuturkan, berdasarkan rencana awal tahun ini Kementerian ESDM akan membangun jaringan gas rumah tangga di 18 kabupaten, tapi satu dihilangkan yaitu Bojonegoro. Kemudian pembangunannya akan dilakukan pada 2020.

“Kita mundurkan karena kajian belum selesai, nanti akan dimasukkan ke anggaran tahun depan,” tutur Djoko.


2 dari 2 halaman

17 Kabupaten dan Kota yang Jadi Target

Adapun 17 kabupaten kota yang akan menjadi target pembangunan di antaranya adalah kabupaten Aceh Utara sebanyak 5 ribu SR, kota Dumai 4.300 SR, lalu kota Jambi 2 ribu SR. Berikutnya adalah kota Palembang 6 ribu SR, kota Depok 6.230 SR, kota Bekasi 6.720 SR.

Kabupaten Karawang 2.681 SR, kabupaten Purwakarta 4.180 SR, kabupaten Cirebon 6.105 SR lalu kabupaten Lamongan 4 ribu SR kemudian ada kabupaten dan kota Mojokerto masing-masing 4 ribu SR. ‎

Berikutnya adalah kebupaten Pasuruan 4 riu SR‎, kabupaten Probolinggo 4 ribu SR, kabupaten Banggai 4 ribu SR, kabupaten Wajo 2 ribu SRserta kabupaten Kutai Kertanegara 5 ribu SR.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

5 Destinasi Wisata Keren di Indonesia yang Patut Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Indonesia punya begitu banyak destinasi wisata keren. Beribu-ribu pulau terhampar bagaikan untaian “ratna mutu manikam”, untaian permata di sepanjang garis khatulistiwa. Selalu menggoda untuk dieksplorasi. Pemandangan laut, gunung berapi yang masih aktif, serta keberagaman budaya Indonesia, menjadi alasan banyak wisatawan asing dan domestik untuk berlibur di negeri ini.

Lima destinasi wisata keren berkelas dunia di Indonesia ini dapat Anda pertimbangkan untuk mengisi waktu liburan. Yuk lihat destinasi apa saja, dan mana yang paling pas buat anggaran Anda, sebagaimana direferensikan oleh situs HaloMoney.co.id.

1. Wakatobi

Tak salah bila Wakatobi dijuluki The Little Paradise in the World. Gugusan pulau –Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko– dengan biota laut yang kaya, membuat Wakatobi patut ditempatkan di peringkat teratas destinasi wisata keren di Indonesia. Bahkan, di kelas dunia.

Betapa tidak. Ada sekitar 750 jenis spesies koral dan karang laut, atau 90 persen dari seluruh jenis karang laut di dunia, yang dapat ditemukan di Taman Nasional Wakatobi.

Selain itu, juga beraneka biota laut, seperti belut pita, scorpionfish, ikan pipa bersayap, cowrie spindle, karpet udang anemon, dan ikan keeling rockmover.

Sejumlah spot selam, sebutlah Blade Dive Site, Dunia Baru, Mari Mabuk, Coral Garden, Teluk Maya, Fan 38, Ali Reef, dan Roma Dive Site, akan memberikan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Letaknya di pusat Segitiga Karang Dunia (Indonesia-Filipina-Kepulauan Solomon), menjadikan destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu sebagai surga bagi para penyelam dan snorkeling.

Selain itu, ada beberapa tempat yang Instagramable. Misalnya, mercusuar peninggalan Belanda, goa Mata Air Kontamale, dan pantai Mata Air Seratus. Lalu atraksi lumba-lumba, pemandangan sunrise dan sunset di pantai, serta kilau sinar bintang bertaburan di langit saat malam juga akan menambah pengalaman menakjubkan. Oh ya, Anda pun dapat berkenalan dengan penduduk Suku Bajo yang tinggal di rumah-rumah apung di atas air laut.

2 dari 8 halaman

Transportasi ke Wakatobi

Wakatobi dapat dicapai melalui rute udara dan laut. Penerbangan dari berbagai kota akan transit dulu ke Kendari, ibukota Sultra, sebelum melanjutkan penerbangan sekitar 50 menit menuju Bandara Matahora yang terletak di Pulau Wangi-Wangi, pulau terbesar, dan merupakan ibukota Kabupaten Wakatobi.

Sedangkan rute laut, ditempuh lewat dermaga Pangulubelo di Wangi-Wangi, atau belasan dermaga kecil yang tersebar di sana. Perjalanan laut dari pelabuhan Makasar ke Wangi-Wangi ditempuh dalam waktu 10 jam. Setelah tiba di Wangi-Wangi, banyak tersedia ojek, angkot, dan taksi.

Bujet

– Tiket pesawat Jakarta – Wangi-Wangi sekitar Rp 2 jutaan.

– Akomodasi di Wakatobi per malam berkisar Rp 200 ribu – Rp 500 ribu.

– Rental taksi per hari berkisar Rp 250 – Rp 400 ribu.

– Paket pemandu, perlengkapan selam, kapal, dan penginapan berkisar Rp 1 juta per orang per hari.

Dengan bujet Rp 6 juta – Rp 10 jutaan, destinasi wisata kelas dunia itu dapat Anda nikmati selama 2-3 hari. Gunakan kartu kredit yang menawarkan best deals supaya lebih berhemat.

3 dari 8 halaman

2. Mengejar Sunrise di Gunung Bromo

Gunung Bromo jelas salah satu favorit di dunia. Keindahan pemandangannya tak kalah dengan Pegunungan Himalaya di Nepal. Kesan tersebut terungkap dari pengalaman wisatawan asing yang dituangkan dalam tulisan di blog Travelhysteria.

Tempat ini (Bromo) jelas merupakan salah satu tempat favorit kami di bumi, sama dengan pemandangan Himalaya di Nepal… Kami telah melihat banyak tempat yang menakjubkan tetapi Bromo jelas merupakan salah satu favorit kami,” ungkap Enrico dan Zuzana, pasangan travelers asing campuran Italia – Slowakia tersebut.

Menyaksikan sunrise dari puncak bukit Pananjakan akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. Lalu ketika matahari mulai naik, berdirilah di Bukit Cinta. Maka akan terlihat puncak Bromo dan dua gunung berapi yang berjajar di dekatnya -Semeru dan Tengger- tampak berada di bawah kaki kita. Dan kabut awan yang menyelimuti puncak gunung-gunung tersebut, serasa membuat kita seperti sedang berada di negeri di atas awan.

Pasir berbisik, bukit savana hijau seperti di film anak-anak Teletubies terhampar indah. Selanjutnya, kawah Bromo. Naiklah, lalu dengarkan gemuruh suara kawah gunung berapi aktif tersebut. Tapi ingat, jangan sekali-kali turun mendekati dasar kawah. Berbahaya!

Spot-spot di atas sangat Instagramable. Spot lainnya, adalah Bukit Kingkong, Bukit Widodaren, Pura Luhur Poten, Bukit B29 Argosari Lumajang, Desa Ranu Pane, Air Terjun Coban Pelangi (dari rute Tumpang Malang), dan Air Terjun Madakaripura (Rute Probolinggo).

Mobil jeep hardtop dengan pengemudi yang punya skill tingkat dewa dapat Anda sewa untuk berkeliling ke spot-spot tersebut. Kapasitas penumpang maksimum 6 orang. Harga rental mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan, bergantung pada spot-spot yang akan dikunjungi.

4 dari 8 halaman

Rute ke Bromo

Bromo dikelilingi oleh empat kota: Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Namun, untuk mencapai Bromo, rute paling populer wisatawan dari luar wilayah Jawa Timur adalah lewat Surabaya ke Probolinggo lalu dilanjutkan ke desa Cemoro Lawang.

Di desa terdekat dengan Gunung Bromo tersebut, banyak homestay yang bisa disewa untuk menunggu saat datangnya matahari terbit. Terus terang, ketinggalan menyaksikan sunrise di Bromo akan membuat perjalanan terasa sia-sia.

5 dari 8 halaman

3. Derawan

Destinasi wisata keren di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau Kalimantan Timur ini menawarkan pengalaman menikmati pemandangan laut yang biru, dengan pasir pantai yang putih, dan pohon-pohon nyiur melambai tertiup angin, serta spot-spot untuk kegiatan penyelaman dan snorkeling.

Empat pulau wajib dikunjungi, yakni, Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Pulau Maratua, seperti Derawan, menawarkan pemandangan pantai yang bersih, resort, dan penginapan serta resto di atas laut. Wisatawan mancanegara lebih suka di sini. Sedangkan Kakaban, menawarkan spot berenang di antara ubur-ubur yang tidak menyengat. Lalu penangkaran penyu dapat dilihat di Sangalaki.

Berbagai penginapan tersebar di Kepulauan Derawan. Anda yang punya bujet kecil, pilih homestay dengan harga mulai dari Rp 125 ribu hingga Rp 400 ribu per malam. Sedangkan untuk resort, atau hotel bintang tiga, harga per kamar per malam dibanderol di atas Rp 1 jutaan.

6 dari 8 halaman

Rute ke Derawan

Untuk ke Berau, harga tiket pesawat dari Jakarta berkisar Rp 2 jutaan. Ibukota Kabupaten Berau berada di Tanjung Redeb. Kota ini merupakan kota terdekat dari Kepulauan Derawan. Dari pusat kota ke dermaga penyeberangan Tanjung Batu menempuh 2,5 jam perjalanan darat, dengan ongkos Rp 400 ribuan untuk menyewa mobil. Untuk ongkos mobil yang lebih murah, harganya Rp 50 ribu – Rp 70 ribu. Tapi, dengan catatan sharing bersama penumpang lain dan menunggu muatan penuh.

Transportasi berikutnya menggunakan speedboat. Ongkos speedboat dari dermaga Tanjung Batu menyeberang ke Pulau Derawan Rp 100 ribu per orang, bila sharing dengan penumpang lain. Namun, bila sendirian, bisa sampai Rp 300 ribu ongkosnya. Sedangkan untuk mendatangi spot-spot di Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, perlu sewa speedboat, dengan ongkos sewa berkisar Rp 1,2 juta sampai Rp 1,5 juta.

7 dari 8 halaman

4. Bali

Daya tarik Bali bukan hanya pada Pantai Kuta. Ada banyak spot wisata keren. Sekurangnya, terdapat 20 destinasi wisata kece yang Istagenic untuk liburan ala anak hits. Ada Tirta Gangga, warisan kerajaan yang epic banget di Jalan Abang, Amlapura Karangasem. Pura Lempuyangan di Bunutan, Abang. Kemudian Chocolate Factory di Pantai Jasri, Pertima. Pantai dengan suasana tenang, jauh dari hiruk pikuk kota, juga dapat ditemui di Pantai Karma Kandara di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Lalu ada Hidden Canyon Beji Guwang di Jalan Sahadewa, Kabupaten Gianyar, Bali. Ngarai super indah ini gak cuma menarik perhatian wisatawan domestik, tapi juga para turis mancanegara.

Nah, yang terbaru adalah Air Terjun Aling-Aling di Jalan Raya Desa Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Suasananya private karena sunyi dan jarang dijajaki pengunjung. Air terjun setinggi 12 meter ini dikelilingi tebing serta rimbunnya pepohonan, dan airnya jernih dan menyegarkan.

Lalu ada Taman Safari Bali di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, 17 kilometer dari Denpasar. Dan masih ada destinasi wisata keren lainnya seperti Gemitir Garden, Sharma Springs Bamboo, Tegalalang Rice Terrace, Pasar Tradisional Ubud, The Chedi Club, Taman Nasional Bali Barat, Yellow Bridge Nusa Lembongan, Dream Museum Zone, Double Six Beach, The Secret Garden, Nusa Ceningan, pulau kecil di Kepulauan Nusa Penida.

8 dari 8 halaman

5. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota dengan spot-spot wisata yang Istagramable. The World Landmarks Merapi Park menjadi surga spot selfie yang paling kekinian di KM 25 Jalan Kaliurang, Desa Pakembinagun, Sleman. Untuk keindahan laut dan snorkeling, ada Pantai Nglambor.

Wahana air Jogja Bay Waterpark dan Umbul Ponggok Klaten, kolam natural dengan air biru jernih di Klaten yang dilengkapi aneka properti untuk foto keren di dasar air juga bisa menjadi pilihan. Atau Tebing Breksi, destinasi wisata Jogja terpopuler dengan keindahan tebing berukir yang fotogenik. Tebing batuan breksi ini terbentuk sejak jutaan tahun lalu.

Selain itu, wisata murah Jogja lainnya adalah Jurang Tembelan, Gunung Api Purba Nglanggeran, Candi Ijo, Pantai Jogan Jogja, Alun-Alun Kidul, Taman Pelangi Monjali, Bukit Bintang Patuk, Jalan Prawirotaman, Wisata Jogja dekat stasiun, Malioboro, Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Titik Kilometer O Jogja, Taman Pintar (Tampin), Taman Budaya Yogyakarta.

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata keren dan menakjubkan. Agar setiap perjalanan Anda berkesan tapi tak menguras dompet, maksimalkan penggunaan kartu kredit terbaik yang memberikan keuntungan.

Kesaksian Dua Guru Ngaji Tentang Bacaan Alquran Jokowi

Jakarta – Dari Bumi Serambi Mekah, Aceh tantangan itu datang. Dua calon presiden ditantang uji membaca ayat suci Alquran. Semestinya tes membaca kitab suci itu digelar Selasa kemarin di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh. Namun dua kubu belum mencapai kata sepakat.

Ikatan Dai Aceh (IDA) yang punya gagasan akan menjadwalkan ulang tes tersebut. Apalagi Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan isyarat mendukung gagasan tersebut. Lalu seperti apa kemampuan dua calon presiden baik Joko Widodo (Jokowi) mau pun Prabowo Subianto dalam membaca Alquran?

Selasa kemarin detikcom menurunkan wawancara Ekslusif dengan Ustaz Ansufri Idrus Sambo, guru mengaji Prabowo calon presiden nomor urut 02. Tim detikcom juga menemui dua guru ngaji Jokowi, Capres 01 di kota Sukoharjo dan Solo. Mereka adalah Ustaz Mudhakir dan KH Abdul Karim Ahmad (Gus Karim). Ustaz Mudhakir adalah guru ngaji yang pada 2001 didatangkan keluarga Jokowi untuk mengajar membaca Alquran dengan metode Iqra. Jokowi yang ketika itu belum menjadi Wali Kota Solo belajar dari Iqra 1 sampai 5.

“Insyaallah Kalau seseorang belajar Iqra sampai jilid 5 akan mampu sebenarnya membaca Alquran, tentu ketika seseorang belajar melalui metode Iqra harus ada tindak lanjutnya,” kata Ustaz Mudhakir kepada Tim detikcom.

Kesaksian Dua Guru Ngaji Jokowi Ustaz Mudhakir, Guru Ngaji Iqra Jokowi (Foto: Okta Marfianto/detikcom)

Sementara Gus Karim merupakan salah satu guru ngaji Jokowi di bidang fiqih. Dia salah satu guru pengajian di Majelis Bening Ati yang diikuti Jokowi sejak 2001.

Di Majelis Bening Ati, Jokowi bersama sejumlah pengusaha muda Solo ketika itu antara lain belajar tentang zakat, shodaqoh, dan infaq. “Yang mana ini kebutuhan seorang pengusaha supaya zakatnya benar, shodaqohnya benar, infaqnya tidak salah tujuan,” tutur Gus Karim.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Quraniy Azzayadiy itu juga memberi kesaksian tentang bacaan Alquran Jokowi. Menurut dia, Jokowi bisa membaca Alquran dengan lancar. Gus Karim pun yakin, Jokowi mampu dan lolos jika mengikuti tes membaca Alquran yang digelar Ikatan Dai Aceh.

Selengkapnya Wawancara Eksklusif Ustaz Mudhakir dan KH Abdul Karim (Gus Karim), Kesaksian Guru Ngaji Jokowi saksikan di detikcom, Rabu 16 Januari 2019 pukul 13.00 WIB.
(erd/jat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tes Capres Baca Quran Gagasan Dai Didukung MUI

JakartaIkatan Dai Aceh (IDA) ingin ada tes baca Alquran bagi kedua pasangan calon di Pilpres 2019, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Aspirasi tersebut mendapat dukungan dari Majelis Ulama Islam (MUI).

Undangan tes baca Alquran kepada Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga disampaikan IDA pada 29 Desember 2018 lalu. Rencananya tes membaca Alquran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, hari ini, Selasa (15/1/2019).

Ketua IDA, Tgk Marsyuddin Ishak menyebut banyak masyarakat Aceh menagih kedua paslon soal tes baca Alquran. Menurut dia, tes baca Alquran untuk capres-cawapres sangat penting bagi masyarakat Aceh sebagai salah satu tolok ukur kepantasan menjadi pemimpin.

“Apalagi tes ini sudah didukung oleh Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, dan partai pengusung masing-masing calon di Aceh,” kata Marsyuddin.
Namun karena IDA belum mendapat jawaban dari Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiga, tes baca Alquran tidak jadi digelar hari ini. Jika keduanya bersedia, pelaksanaan tes akan disesuaikan dengan jadwal kedua paslon.

“Jadwal ini masih tentatif masih kemungkinan bisa berubah. Karena kami sadar betul apa kesibukan Pak Jokowi, Kiai Ma’ruf, Pak Prabowo sama Bang Sandi. Jadi ya kita tunggu aja. Terkait waktu kalaupun memang jadi, ikut waktunya kita sesuaikan,” ujar Marsyuddin.

IDA juga telah menyambangi kantor pemenangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga. Kunjungan itu dalam rangka menagih jawaban atas undangan tes baca Alquran di bumi Serambi Mekah.

Secara lisan Tim Kampanye Nasional (TKN) menyatakan kesanggupan Jokowi dan Ma’ruf Amin untuk datang. Sedangkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno menyatakan hanya akan datang jika ada kewajiban dari KPU berkaitan dengan acara itu.

Mengenai usulan tes baca Alquran, IDA mendapat dukungan dari MUI. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM) MUI, Lukmanul Hakim saat IDA datang berkunjung.

“Kami dari Majelis Ulama Indonesia mengapresiasi ide tersebut. Saya kira ini kan menjadi pemimpin bangsa. Alquran itu kami orang Islam tentu menjadi satu hal yang esensial, mendasar,” jelas Lukmanul.

Dia berharap tes baca Alquran tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi bangsa dan negara ke depan. Terutama dalam memilih pemimpin.

“Terutama untuk yang berikutnya dan juga yang sekarang. Kalau kita memang mengharapkan pemimpin itu yang beragama Islam secara esensial dia mengetahui dan bisa mempraktikkan dan mengimplementasikan ajaran-ajaran Islam itu,” ujar Lukmanul.

Sementara itu, terkait permintaan rekomendasi penguji, MUI mengaku siap memfasilitasinya.

“Ya mereka tadi meminta juga dari MUI untuk jadi tim juri atau jadi tim evaluasilah ya. Evaluasilah ya, bukan juri. Karena ini bukan lomba baca Alquran. Ya kita tentu adalah orang-orang itu. Kita siap saja memfasilitasi itu,” sebut Lukmanul.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan ide tes baca Alquran bagi capres-cawapres yang dicetuskan Ikatan Dai Aceh (IDA) tidak diatur dalam UU Pemilu maupun Peraturan KPU (PKPU). KPU menyerahkan ke pasangan calon untuk mengikuti ajakan tes itu atau tidak.

“Sikap KPU kami mempersilakan kepada masing-masing paslon untuk merespons apakah akan mengikuti atau tidak mengikuti. KPU tidak bisa mengatur itu, kami kembalikan kepada pasangan calon masing-masing,” ungkap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.
(elz/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>