Operasi Penyelamatan Pahu di Kalimantan

Liputan6.com, Balikpapan – Pagi-pagi, Pahu (20) terlihat bersemangat menapaki sekeliling boma, kandang buatan hutan Kelian Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim). Sesekali badak betina seberat 356 kilogram ini mengendus sekaligus menukil tanah mempergunakan moncongnya di kubangan lumpur.

Hewan mamalia besar bernama latin decerorhinus sumatrenis ini sepertinya sedang mencari sisa makanan.

“Pagi hari memang merupakan jadwalnya masuk kandang rawat untuk meminta makan,” kata Koordinator Tim Rescue Badak Kalimantan, Arif Rubianto, beberapa waktu lalu.

Rutinitas Pahu memang seperti itu setiap paginya. Badak Sumatra ini gemar menikmati ragam pakan dedaunan dan buah buahan khas Kalimantan. Satwa langka yang ditemukan di Kubar ini menyukai tiga jenis makanan, yakni rumpun semak, akar pohon (liana), dan buah nangka.

Kedatangan pawang sembari membawa keranjang pakan pun tidak luput perhatiannya. Salah seorang keeper tim rescue ini cukup mencicit menirukan bunyi persis disuarakan badak. Suaranya persis lumba-lumba yang dibunyikan terus menerus.

“Kadang kala suaranya seperti kicauan burung,” papar Arif.

Seolah paham panggilan makan, Pahu setengah berlari memasuki kandang. Badak Sumatra ini lahap menikmati pakan segar kegemarannya.

Kala badak asyik bersantap dimanfaatkan tim medis mengobservasi kesehatan fisiknya. Seluruhnya diperiksa, mulai ujung kepala hingga setiap pangkal buku kakinya.

Kesimpulannya, badak Pahu dalam kondisi prima. Kesehatannya terus membaik terlihat dari peningkatan signifikan berat badannya menjadi 356 kilogram. “Berat badan badak semula hanya 320 kilogram.  Sekarang sudah naik dan kesehatannya normal,” ungkap Arif.

Selama tiga bulan terakhir, Pahu memperoleh penanganan khusus dari tim medis maupun pawang. Tidak sembarang orang diperkenankan berinteraksi dengan badak yang statusnya sangat terancam ini. Salah satu alasannya, menjaga agar badak tidak berlaku jinak terhadap manusia.

“Nantinya badak akan dilepaskan di alam liar. Hanya keeper khusus yang boleh memberi makan mempergunakan tangan. Petugas lainnya dilarang mendekati pagar perawatan,” ujar Arif.

Selesai memperoleh perawatan, Pahu lantas dibiarkan kembali ke kandang utamanya berukuran 50 x 80 meter. Tempat dimana ia menghabiskan waktunya seharian bermalasan.

2 dari 3 halaman

Badak di Belantara

Kegiatan badak terbilang monoton, berkubang dalam lumpur, menggosok badan, makan siang, berendam air, tidur siang, makan sore, tidur malam hingga dilanjutkan pagi harinya.  

“Seluruh aktifitasnya terekam dalam cctv di pagar kandang,” ungkap Arif.

Selama itu pula, mereka mengidentifikasi ciri fisik badak setinggi 101 centimeter dan berat 356 kilogram. Ukuran badannya terbilang kerdil bila dibandingkan sejawatnya badak sumatra berukuran lebih kekar setinggi 145 centimeter dan berat 800 kilogram.

Selain itu, gigi seri badak kalimantan saat dihitung sebanyak empat buah, sedikit lebih banyak dari badak sumatra hanya dua buah.

Uniknya lagi, ciri fisik badak kalimantan pun berbeda dengan kerabat dekatnya, badak di Sabah Malaysia. Badak negeri jiran sedikit lebih besar dengan tinggi 120 centimeter dan berat 550 kilogram.

Hanya memang, kajian genetiknya menempatkannya dalam rumpun populasi badak sumatera. Soal keberadannya ribuan kilometer di Kalimantan masih misteri. Belum ada penjelasan ilmiah keberadaan badak Sumatera di Kalimantan.

Pahu sendiri terperangkap lubang jebakan tim rescue di sekitar Sungai Kedang Pahu Kabupaten Kubar Kaltim, November lalu. Lokasi penemuan badak berdekatan dengan Sungai Pahu yang merupakan salah satu anakan Sungai Mahakam.

Nama sungai ini lantas diabadikan sebagai nama temuan badak kalimantan.

Penangkapannya merupakan prestasi sendiri mengingat tim berjibaku memburu badak kalimantan sejak tiga tahun terakhir. Mereka awalnya hanya menelusuri mitos soal keberadaan satwa langka badak di belantara.

Selama bertahun tahun, masyarakat Kaltim mendengar rumor kawanan badak. Informasinya bersumber dari warga adat dan pegawai perkebunan. Sayangnya memang belum ada bukti otentik keberadaannya.

Titik terang fakta keberadaannya mulai terkuak dua tahun silam, bulan Maret 2016. Tim rescue mendapati badak berusia 10 tahun terjerat senar jebakan pemburu. Badak malang lantas di evakuasi ke kantong populasi I Kubar.

Sayangnya, badak dinamai Najag ini gagal bertahan hidup. Badak sumatra ini menderita infeksi akut di kaki kirinya dimana terdapat luka jeratan sedalam 1 centimeter.

Peristiwa ini sepertinya menjadi pembelajaran tim rescue badak. Mereka akhirnya extra hati hati dalam penyelamatan penanganan badak yang populasinya diperkirakan tersisa tiga ekor di Kalimantan.

“Petugas rescue ada 40 orang yang mengawasi aktifitas badak selama 24 jam,” tutur Arif.

3 dari 3 halaman

Mencarikan Jodoh Pahu

Tim rescue ini pun akhirnya memperluas area pemantauan hingga masuk perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Kerja kerasnya terjawab dengan ditangkapnya Pahu di suatu kawasan di Kalbar.

Saat bersamaan, penggiat lingkungan sedang mengupayakan aktifasi pembangunan suaka badak seluas 6.700 hektare berlokasi di Kelian Kubar. Lokasi suaka ini nantinya bisa menjadi pusat perkembangbiakan satwa badak di Kalimantan.

“Temuan Pahu menjadi awal pembibitan badak,” ungkap Arif.

Sementara ini, sudah tersedia sarana kandang khusus perawatan, pembibitan, dan infrastruktur tim rescue lapangan. Secepatnya akan ditambah sarana baru seperti pedok, kandang rawat, karantina, klinik satwa, pondok pawang, pembibitan pakan, dan infrastruktur.  

Manusia harus campur tangan aktif dalam upaya penyelamatan keberlangsungan badak di Kalimantan. Proses perkembangbiakan diupayakan dengan mengawinkan spesies badak yang sama. Tugas utama adalah mencarikan badak jantan dijodohkan dengan Pahu.

“Ini program jangka panjang yang akan berlangsung selama 25 hingga 100 tahun kedepan,” tegasnya.

Tim rescue mencari kelompok kawanan Pahu yang masih tersisa. Bukan perkara gampang mengingat luasnya medan harus dijangkau. Apalagi mereka mengejar waktu dengan para pemburu liar.

Tim rescue memasang lubang jebakan di sejumlah lokasi perlintasan badak. Pemasangan jebakan diperluas hingga memasuki wilayah perbatasan di Kaltara dan Kalteng. “Kalau ada badak pejantan akan dikawinkan dengan Pahu,” sebutnya.

Di sisi lain, tim pun berjibaku membaca berbagai informasi dari camera trap sudah terpasang. Petugas melawan berbagai kendala seperti faktor cuaca, sulitnya medan hingga non teknis. “Sebelum turun di lapangan ada pelatihan dulu bagi pemula,” tuturnya.

Kalimantan Program Director WWF Indonesia Irwan Gunawan mengabarkan, Pahu merupakan sub spesies badak baru dunia. Badak ini memiliki kekerabatan yang erat dengan badak sumatra. Uji tes DNA sedang dilakukan guna memperkuat teori genetik badak ini.

“Ada kecenderungan temuan sub genetis spesies baru badak,” ungkapnya.

Irwan mengatakan, keberadaan badak kalimantan terungkap berkat masifnya eksploitasi sumber daya alam di Kalimantan. Sejumlah wilayah jelajah badak sudah beralih rupa menjadi kawasan terbuka seperti pemukiman warga, pertambangan, dan perkebunan.

Hanya saja memang populasi badak ini berada dalam ambang gawat nyaris punah. Soal ini, WWF menjadi salah satu non goverment organization (NGO) yang mendorong realisasi pembentukan lokasi suaka di Hutan Restorasi Kelian Kubar.

Pihak pemerintah, dalam hal ini Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Sunandar tetap menguatarakan optimisnya dalam upaya penyelamatan badak. “Populasi kemungkinan badak masih tersisa 10 hingga 12 ekor. Keberadannya tersebar merata di seluruh hutan Kalimantan,” sebutnya.

Lokasi dugaan kuat perlintasannya sudah diketahui, hanya belum bisa di publikasi. Khawatirnya merangsang pihak lain melakukan perburuan.

Seluruh badak badak nantinya akan direlokasikan ke Hutan Kelian Kubar. Hutan ini menjadi pusat perkembangbiakan berkelanjutan badak kalimantan. Campur tangan manusia diharapkan mendorong populasinya menjadi 20 ekor.

Langkah terakhir adalah menetapkan lokasi hutan tempat pelepasliaran kawanan badak. BKSDA Kaltim menghubungi sejumlah daerah yang menyatakan kesediannya menjadi lokasi pelepasliaran badak. “Ada beberapa daerah bersedia menjadi lokasi pelepas liaran badak,” tegasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

BCA Targetkan Proses Akuisisi Bank Rampung pada 2019

Liputan6.com, Jakarta – Manajemen PT Bank Central Asia (BCA) akan merampungkan proses akuisisi satu bank kategori bank buku I pada 2019. Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja.

Dia menjelaskan, pihaknya  meminta persetujuan para pemegang saham terkait rencana akuisisi tersebut pada Rapat umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) yang akan diselenggarakan pada Juni 2019.

Sebenarnya BCA akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada April 2019. Namun, menilik proses akuisisi masih belum akan rampung pada April, pihaknya akan melakukan RUPS-LB.

“RUPS kita April. Tapi tidak akan selesai April. Mungkin RUPS-LB kita rencanakan sekitar Juni. RUPS selesai, disetujui kita annouce,” kata dia, saat ditemui, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (23/2/2019).

Jahja menuturkan, akuisisi tersebut memang perlu mendapatkan persetujuan pemegang saham. Sebab aksi korporasi tentu akan memberi dampak pada perusahaan, salah satunya terhadap harga saham BCA.

“Relatif material. Material itu bukan dari segi value ya. Material itu kalau sampai mempengaruhi saham. Nah kita tidak tahu, waktu kita announce BCA terpengaruh apa tidak. Jadi kita tidak berani ambil risiko. Sebab itu kita harus persetujuan RUPS dulu, baru sesudah itu kita announce ke market,” ujar  dia.

Dia mengatakan, pasca akuisisi bank tersebut tidak akan tetap berdiri sendiri  alias tidak dimerger dengan anak usaha BCA. Sementara untuk lini bisnis yang akan digarap bank bersangkutan, masih sedang dikaji.

“Kita belum tentukan, bisa digital, bisa well management, bisa mikro bisa UKM. Pokoknya kita akan pilih salah satu fokus, saya belum mau komen,” ungkapnya.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

BCA Alokasikan Rp 5,2 Triliun buat Investasi Digital pada 2019

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyediakan dana sekitar Rp 5,2 triliun untuk investasi digital banking di 2019. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan ATM, server serta EDC agar menyamai laju pengembangan fintech di Indonesia.

“Banyak, tapi termasuk ATM, EDC, sekitar Rp 5,2 triliun tahun depan. Enggak kalah sama fintech. Untuk yang sudah ada di manintenance, pengembangan nambah EDC, ATM, server,” ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmaja di JCC Senayan, Jakarta, Selasa 27 November 2018.

Jahja mengatakan, BCA juga akan melakukan transformasi aplikasi yang saat ini belum menggunakan QR (Quick Response) code. Sehingga ke depan, lebih digital dan tingkat kepatuhan terhadap penggunaan QR code meningkat.

“Kemudian transformasi dari aplikasi kita kan yang lama belum ada QR sekarang ada transformasi supaya lebih digital dan complience. Risiko itu harus diinvstasikan, dijaga supaya tetap compli dan sesuai ketentuan,” kata dia.

Jahja menambahkan, tahun ini pihaknya sebenarnya sudah mencanangkan penggunaan QR code untuk tranfer dana. Di mana pedagang di sosial media dapat melakukan transfer sebesar Rp 100 juta per hari.

“Kita kan habis perkenalkan QR untuk meudahkan orang transfer dan bisa sampai Rp 100 juta per hari. Buat yang jualan IG, FB, itu gampang enggak perlu ketik nomor rekening kan takut salah, dengan QR bisa jalan,” ujar dia.

“Ini perlu disosialisasi saya kira, produk baru enggak boleh dalam waktu dekat bersamaan kita keluarkan. Yang penting educate customer, yang penting kesulitan kita punya melalui halo BCA bisa support bantu beri penjelasan edukasi nasabah,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ada Koleksi 40 Senapan dan Barang yang Tak Akan Dijual di Rumah Parto Patrio

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu grup lawak yag pernah melambung namanya adalah Patrio, terutama di akhir 90-an dan awal 2000-an. Grup yang beranggotakan Parto, Akri dan Eko termauk laris dan sering tampil di televisi.

Program Ngelaba yang mereka bawakan di sebuah stasiun televisi sempat jadi hits selama bertahun-tahun. Namun beberapa tahun belakangan, grup Patrio sudah vakum karena kesibukan masing-masing personilnya.

Akri sibuk dengan kegiatan dakwah, Eko di dunia politik sedangkan Parto Patrio tetap konsisten tampil di televisi. Bahkan acara OVJ (Opera Van Java) yang dibawakannya sukses besar dan melambungkan nama pemainnya, ternasuk Andre Taulany, Sule dan Azis Gagap.

Konsistensi Parto dalam dunia komedi berbuah manis, ia kini mempunyai sebuah rumah yang megah. Baru-baru ini Andre Taulany berkunjung ke rumahnya yang berkonsep minimalis tapi terdapat ruang yang spesial.

Ruangan tersebut digunakan Parto Patrio untuk menyimpan koleksi senapannya yang beragam. Selain itu masih ada sejumlah barang yang dikoleksi komedian yang punya nama asli Eddy Supono ini. Seperti apa rumah Parto yang megah bisa dilihat di Youtube di akun Taulany TV, Jumat, 22 Februari 2019.

Andre memperlihatkan ruang tamu rumah Parto yang bergaya minimalis dan dilengkapi dengan hiasan dinding warna-warni. Di rumah yang terdiri dari dua lantai, ada tempat khusus untuk menyimpan beberapa koleksi barang.

Ada koleksi topi dan buku komik cerita rakyat dan daerah yang dipajang di sebuah lemari khusus. Di lantai dua rumahnya, juga ada satu ruangan khusus untuk menyimpan koleksi senapan. Parto memang dikenal hobi mengkoleksi senjata baik berupa pistol maupun senjata api ukuran besar yang jumlahnya sekitar 40-an buah.

2 dari 2 halaman

Senapan Angin dan Karaoke

Meski begitu semuanya merupakan senapan angin dan hanya sesekali dipakai untuk menyalurkan hobi menembaknya. “Ini semua senapan angin dan masih termasuk ukuran standar yang nggak perlu ijin khusus untuk dibeli dan dikoleksi, jadi aman semua,” ucap Parto.

Pria yang sering disebut mirip dengan Ariel Noah ini biasanya menggunakan senapan untuk berburu, terutama untuk menumpas hama sepert tikus. Tempat koleksi senapan itu ternyata di desain oleh istri Parto.

“Jadi istri saya yang bikin konsepnya, dan setelah saya setuju kita panggil Yang Maha Kuasa, eh maaf salah hehehe, maksudnya kita panggil ahlinya untuk mengerjakan konsep desain dari istri saya,” tutur Parto dengan logat khasnya yang medok.

Di ruangan tersebut juga ada koleksi korek api gas merek Zippo yang cukup banyak. Meski jarang merokok, Parto mengaku suka mengkoleksi Zippo sejak lama.

Bagian lain yang diperlihatkan adalah dapur yang bernuansa hitam putih yang bersih dan terlihat elegan. Dan ternyata Parto sudah menyiapkan makanan untuk tamunya.

“Wah memang enak kalo ke rumah mas Parto, rumahnya keren dan bagus, terus dikasih salah satu koleksinya eh dikasih makan pula, kayaknya mesti sering-sering mampir nih,” canda Andre.

Satu lagi ruangan yang diperlihatkan adalah ruang keluarga dengan fasiilitas karaoke dengan layar besar. Di ruangan yang dipenuhi gambar komik ini juga terdapat peralatan band. Salah satunya adalah organ yang ternyata sudah dimilik Parto sejak belasan tahun lalu.

“Organ ini banyak kenangannya, jadi nggak akan pernah saya jual. Ini program lagunya sudah diisi lagu dangdut semua. Nyanyi sambil main organ ini kegiatan favorit saya di rumah,” pungkas Parto Patrio yang kemudian bernyanyi bareng Andre Taulany.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

BPN: Eks Panglima NATO Isi Kuliah di Rumah Prabowo, Tak Terkait Pilpres

Jakarta – Mantan Panglima North Atlantic Treaty Organization (NATO), Wesley Kanne Clark Sr diundang capres Prabowo Subianto untuk mengisi kuliah umum di kediamannya di Hambalang. BPN Prabowo-Sandi menegaskan kehadiran Clark tidak terkait Pilpres 2019.

“Nggaklah, ini forum akademis rutin tiap bulan. Jadi nggak ada urusan dengan Pilpres,” ujar Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade kepada wartawan, Jumat (22/2/2019) malam.

Andre mengatakan, kapasitas Prabowo mengundang Clark selaku Ketua Yayasan Pendidikan Kebangsaan Republik Indonesia. Pesertanya pun, kata Andre, adalah mahasiswa Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI).

Jubir BPN Prabowo, Andre Rosiade.Jubir BPN Prabowo, Andre Rosiade. (Foto: Dok Pribadi).

Prabowo diketahui memiliki teater mini di Hambalang yang digunakan untuk berbagai acara. Dari undangan yang diperoleh, acara itu diadakan Institut Kajian Strategis Universitas Kebangsaan Republik Indonesia.

“Pak Prabowo kan punya Universitas Kebangsaan Republik Indonesia. Pesertanya itu teman-teman Universitas Kebangsaan Republik Indonesia itu lalu ada tokoh nasional, mantan menteri, dan lain-lain,” ujarnya.

“Jadi sekali sebulan kita ada mengadakan lecture di Hambalang. Yang memberikan lecture kali ini General Clark dan Muhammad Azumi Bin Muhamad, mantan Panglima AD Malaysia,” kata Andre.

Andre menambahkan, materi yang diberikan Clark mengenai geopolitik internasional, khususnya di Asia. “Soal geopolitik, khususnya di Asia,” tuturnya.

Clark diketahui pernah mencalonkan diri jadi kandidat capres dari Partai Demokrat di Amerika Serikat. Kini, dia juga merupakan penulis buku.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/eva)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

BPN Prabowo: Motif Jokowi Cairkan PKH Jelang Pilpres Perlu Ditelusuri

Jakarta – Badan Pemenangan Prabowo-Sandi menilai Presiden yang juga capres Joko Widodo (Jokowi) kejar tayang menyalurkan sejumlah bantuan sosial jelang Pilpres 2019. BPN Prabowo-Sandi mengatakan, motif Jokowi membagikan sejumlah bantuan tersebut patut ditelusuri.

“Walau percepatan pencairan itu disenangi masyarakat, tapi motif percepatan pencairan itu perlu ditelusuri. Apakah murni sesuai dengan agenda program atau ada motif politik di baliknya,” ujar Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Jumat (22/2/2019) malam.

Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay.Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay. (Foto: Dok. Pribadi)

Yang terbaru, Jokowi menjanjikan pemerintah akan mencairkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) yang digagas Kemensos pada awal April 2019. Menurut BPN Prabowo-Sandi, bukan dana PKH saja yang akan dibagikan Jokowi jelang Pilpres.
“Selain PKH, bantuan beasiswa, BPJS kesehatan, Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan masih banyak lagi,” kata Saleh.
Saleh mengatakan, dana yang dikeluarkan untuk bantuan berasal dari APBN, bukan kocek pribadi Jokowi. Saleh berharap masyarakat tidak merasa berutang budi pada bantuan yang diberikan pemerintahan Jokowi.

“Masyarakat perlu diberi pencerahan soal bantuan sosial seperti ini. Mereka harus tahu bahwa bantuan sosial itu adalah dari APBN, bukan dari presiden Jokowi secara personal. Itu pakai uang negara. Jangan sampai masyarakat merasa berhutang budi dengan bansos-bansos tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya Jokowi berjanji, penyaluran dana PKH 2019 tahap kedua akan dilakukan pada awal April 2019. Jokowi berpesan agar dana tersebut dimanfaatkan dengan tepat, terutama untuk keperluan keluarga.

“Karena tahapan kedua akan dicairkan awal bulan April. Diingat-ingat, awal bulan April. Jadi sebulan lebih lagi. Yang penting anggaran PKH itu sudah ada, nanti akan dikirimkan terus sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk beli buku sekolah, keperluan sekolah, tas sekolah, telur, untuk gizi anak kita,” ujar Jokowi di gedung Laga Tangkas Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/2).

Jokowi juga berjanji akan meningkatkan lagi jumlah dana yang akan diterima masyarakat. Untuk tahun 2018, total dana yang digelontorkan Rp 19 triliun. Sedangkan untuk tahun 2019 akan dinaikkan jumlahnya dua kali lipat.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/eva)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menyalakan Lentera Literasi Lewat Perpustakaan Keliling

Liputan6.com, Jakarta – Walau sudah banyak ditinggalkan sebagai sumber bacaan, nyatanya keberadaan perpustakaan tetap dibutuhkan. Gudang ilmu itu diperlukan agar literasi tetap menyala, terutama di pelosok.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan perpustakaan keliling untuk menjangkau masyarakat yang sulit mengakses perpustakaan yang menetap. Penggiatnya termasuk Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) yang berdiri sejak 2017.

Kota pertama yang ditargetkan adalah Tulungagung. Berawal dari tiga kecamatan, perpustakaan keliling berwujud Mobil Pustaka Pintar itu kini sudah melayani 22 sekolah dan 10 tempat publik. Keanggotaannya mencapai 3.170 anak.

Perpustakaan keliling tidak saja melayani peminjaman buku, tapi juga berbagai kegiatan atau aktivitas yang akan terus berkembang upaya untuk mencerdaskan masyarakat,” kata Direktur Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, Trini Hariyanti saat konferensi pers di Gedung Teater Perpustakaan Nasional Republik Indoneia, Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019.

Menurut Trini, angka buta huruf dan penggangguran masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan. Ia berharap program literasi melalui keberadaan perpustakaan keliling bisa menekan angka tersebut.

“Maka sejak dini, masyarakat sudah harus didekatkan akses membaca, akses buku, sehingga pengetahuannya meningkat,” ujarnya.


Tahun ini, program Mobil Pustaka Pintar meluaskan program yang mencakup penambahan 2000 koleksi buku. Perpustakaan itu tetap memfokuskan operasi di Tulungagung, Jawa Timur, karena memiliki angka pekerja migran yang tinggi dan kesejahteraan warga yang belum terpenuhi dengan baik. (Indah Permata Niska)


Saksikan video pilihan di bawah ini :



Dua Kali Diperiksa, Joko Driyono Jawab 40 Pertanyaan Penyidik

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Tim Satgas Mafia Bola telah melakukan pemeriksaan terhadap Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono, tersangka kasus perusakan dokumen. Meski sudah menjalani pemeriksaan selama dua kali, penyidik merasa masih belum tuntas memeriksa Joko Driyono.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Joko Driyono telah menjawab sebanyak 40 pertanyaan dari penyidik. Sebelumnya penyidik menyiapkan 32 pertanyaan.

“Jadi yang bersangkutan sudah diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya, dan sekitar 40 pertanyaan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (22/2).

“(Pertanyaannya?) Sama masih seputar berkaitan dengan keterangan formil dan materiil sebagian,” sambungnya.

Menurut Argo, Joko Driyono kembali akan menjalani pemeriksaan pada 27 Februari mendatang. Pasalnya, penyidik mengaku belum tuntas memeriksa Jokdri.

2 dari 3 halaman

Minta Banyak Keterangan

“Pemeriksaan kemarin, belum semuanya tertuang di dalam berita acara. Tentunya penyidik ingin menggali kembali yang lebih banyak keterangannya, berkaitan dengan barang bukti yang disita. Jadi belum semuanya terverifikasi barang bukti-bukti tersebut, misalnya seperti ada barang bukti transfer, ada buku tabungan, dan sebagainya itu belum terverifikasi semuanya,” ujarnya.

Argo menjelaskan hingga pukul 17.30 WIB, penyidik telah melayangkan 32 pertanyaan dalam proses pemeriksaan. “Sampai saat ini, tersangka masih dalam pemeriksaan, tersangka diberikan sekitar 32 pertanyaan terkait kasus tersebut, nanti jumlahnya bisa mengembang atau tidak ya,” kata Argo, di Mapolda Metro Jaya.

3 dari 3 halaman

Terobos Garis Polisi

Menurut Argo, garis besar dari 32 pertanyaan tersebut penyidik menanyakan perihal bagaimana cara tersangka memerintahkan anak buahnya menerobos garis polisi yang telah dilarang. “Jadi garis besar dari pertanyaan itu ialah, yang bersangkutan menyuruh pada staffnya untuk mengambil suatu barang yang sudah dalam situasi police line,” kata Argo.

Selain itu, lanjut Argo, penyidik juga menanyakan dokumen-dokumen yang dicurigai, yang disita Tim Satgas Mafia Bola saat melakukan penggeledahan di beberapa tempat. “Selain itu juga nanti akan dipertanyakan dokumen-dokumen yang disita di kantor ataupun di rumah,” ujarnya.


Reporter: Ronald

Prabowo Ajak Mantan Panglima NATO AS Ceramah di Hambalang

Jakarta – Capres Prabowo Subianto mengundang purnawirawan tentara Amerika Serikat, Wesley Kanne Clark Sr, ke kediamannya di Hambalang. Di sana, Wesley Clark menjadi pembicara saat ceramah.

“Mereka diundang untuk ceramah tadi pagi. Ceramah tentang pertahanan dan tren global,” kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani saat dimintai konfirmasi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Prabowo diketahui memiliki teater mini di Hambalang yang digunakan untuk berbagai acara. Dari undangan yang diperoleh, acara itu diadakan Institut Kajian Strategis Universitas Kebangsaan Republik Indonesia.

Kedatangan Wesley Clark juga diungkapkan Waketum Gerindra Fadli Zon. Dia mengunggah foto bersama Clark.

“Pagi tadi bersama Jenderal Wesley Clark, mantan Panglima NATO dan Panglima AD Amerika Serikat sebelum ceramah di Padepokan Garuda Yaksa,” tulis Fadli Zon.

Wesley Clark diketahui pernah mencalonkan diri jadi kandidat capres dari Partai Demokrat di Amerika Serikat. Kini, dia juga merupakan penulis buku.

(imk/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Zulkifli Hasan Tanya ‘Soal Presiden’, Massa Munajat 212 Jawab ‘Nomor Dua’

Jakarta – Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan memberi sambutan dalam acara Munajat 212. Zulkifli menyinggung soal gelaran Pemilu 2019.

Zulkifli mengatakan agar gelaran Pemilu 2019 dilaksanakan dengan jujur dan adil. Zulkifli sempat pula menyinggung agar para penyelenggara pemilu dari KPU, Bawaslu, dan aparat penegak hukum untuk menciptakan pemilu yang damai.

“Ini perintah konstitusi, perintah UUD,” ucap Zulkifli sembari membawa buku UUD 1945 dari atas panggung Munajat 212 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019).

Dia juga sempat menyinggung tentang posisi Gubernur DKI Jakarta yang saat ini diemban Anies Baswedan. “Kita punya gubernur yang menang gubernurnya 212. Coba kalau yang menang yang itu, kita boleh nggak kumpul di sini?” imbuh Zulkifli.

Zulkifli kemudian menyebut rakyat harus menyadari bila kedaulatan negara dipegang rakyat. Untuk itu dia meminta agar rakyat tidak menyerahkan kedaulatan begitu saja demi sembako atau nasi kotak. Setelahnya dia menyinggung soal persatuan dan presiden.

“Persatuan nomor satu, soal presiden…,” ucap Zulkifli.

“Nomor dua!” jawab massa menimpali.

“Persatuan nomor satu, soal presiden…,” ucap Zulkifli untuk kedua kalinya.

“Nomor dua!” timpal massa lagi.

“Persatuan nomor satu, soal presiden…,” ucap Zulkifli untuk ketiga kalinya.

“Nomor dua!” timpal massa lagi.

(dhn/tor)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Equilibre, Koleksi Kolaboratif Apik dari 3 Penjuru Industri Fashion

Liputan6.com, Jakarta – Industri fashion Indonesia saat ini semakin berkembang ke arah yang lebih dinamis. Hal ini dapat kita ketahui dari beberapa indikasi yang terjadi, misalnya lahirnya berbagai lembaga pendidikan fashion dan atau mata kuliah fashion di beberapa universitas ternama.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, hal itu membuat PT. Lucky Print Abadi yang tergabung di Lucky Textile Group melihat sebuah potensi kebangkitan di balik belum adanya sinergi yang berkesinambungan antara pelaku industri fashion dengan pelaku industri tekstil.

Karena itu, mereka mendirikan Lucky Design Studio, salah satu divisi dari PT. Lucky Print Abadi yang terdiri dari para desainer kreatif yang setia mengikuti perkembangan Trend Textile dan Fashion baik dari Asia, Eropa maupun Amerika, dimana setiap tahunnya mengeluarkan dua kali Trend Fabric Forecast (Spring Summer dan Fall Winter).

Lucky Trend Book adalah salah satu cara untuk mempromosikan Lucky Print Abadi, baik lokal maupun internasional. Buku tren itu setidaknya dipromosikan dalam empat pameran internasional selama setahun, yakni New York, Paris, Shanghai dan Vietnam.

Pada awal tahun ini, Lucky Textile berkolaborasi dengan Phangsanny untuk mempersembahkan sebuah pagelaran busana bertema Equilibre (keseimbangan – keharmonisan) di Royal Jakarta Golf Club, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada 19 Februari 2019. Tema itu diangkat untuk mengingatkan agar manusia selalu menjaga keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan antara teknologi dan alam, dengan sub tema konsep: Soulmatra, Creativolution, dan Ecomorphosa.

Pagelaran tersebut juga berkolaborasi dengan Sekolah Mode Esmod dan Binus Northumbria. Sebanyak empat siswa Esmod Jakarta yang berpartisipasi, membawakan 15 koleksi yang proses pengerjaannya dimulai dari Januari lalu.

Yang pertama ada Indira Febriany. Terinspirasi dari permainan paintball yang dimainkan di hutan, Indira menerapkan gaya safari dengan percikan warna pada koleksinya. Lalu, ada Yolivia Krisdianti, yang menggambarkan hubungan antara binatang dan habitatnya.

Selanjutnya ada Ayu Dinda Wijayanti yang terinspirasi dari hukum kehidupan di hutan, di mana semua yang terjadi berakibat pada keseimbangan alam. Terakhir adalah Rizka Riani Putri yang mengaplikasikan harmonisasi warna alam dan sekitarnya ke koleksinya. 

2 dari 2 halaman

Karya Busana Apik BNSD

Sementara itu, para mahasiswa Binus Northumbria School of Design (BNSD) diberikan kebebasan dalam berkarya asal sesuai dengan tema Equilibre yang berarti menyatu dengan alam.

Koleksi Real Eyes, misalnya, terinspirasi dari hubungan antara alam semesta dan kehidupan manusia. Mengambil warna-warna yang sedikit lebih berani yang terinspirasi oleh matahari, laut, bunga, bumi dan manusia, masing-masing diterjemahkan ke dalam coretan abstrak yang membentuk desain tercetak.

Koleksinya menawarkan suasana santai namun santai yang hadir dalam bentuk kimono dan siluet flowy. Berwarna-warni, muda dan modern adalah kata kunci dari koleksi Real Eye yang diciptakan Katarina Laurensia dan Sintia Agustine.

Sementara, Victoria Budiman Nadya Driane mengusung tema Prevailing Harvester. Terinspirasi oleh konsep Lucky Print tahun ini, hubungan dengan alam ini adalah salah satu yang paling penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Diilustrasikan dengan indah, hasil panen ini merangkul konsumen dengan pakaian, seperti halnya alam. Dengan koleksi ini, keduanya membungkus pemanen dengan ilustrasi bunga dan tanaman hijau di bumi untuk mengingatkan pada betapa melimpahnya alam sebenarnya.

Sementara, Anya Annastasya mengusung koleksi Mini yang terinspirasi dari keharmonisan alam dan budaya Shinto di Jepang. Memahami bahwa esensi dari keyakinan itu adalah menghormati dan menghormati alam, ia mengambil kimono yang modern dan kasual sebagai siluet utama.

Saksikan video pilihan di bawah ini: