Buktikan Semut Setia Kawan, Dua Siswa Medan Terbang ke Jerman

Guru pendamping Nadya dan Zahra, Ipa Ratna Mutiara menjelaskan, sering melihat banyak semut yang berada di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah, menjadi alasan bagi uridnya menjadikan semut sebagai objek penelitian.

“Penelitian tentang semut awalnya bukan yang pertama dilakukan mereka. Awalnya mereka ingin membuat penelitian tentang warna papan tulis, apakah berpengaruh pada konsentrasi siswa,” ujar Ipa.

Tetapi setelah dikirim ke dewan juri, ternyata penelitian pertama tentang warna papan tulis mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Hal tersebut sempat membuat Nadya dan Zahra hampir putus asa. Kemudian mencoba lagi dengan mengangkat tema semut yang sebenarnya sudah ada di daftar rencana awal.

“Keduanya kemudian terus mencoba dan melakukan penelitian tentang semut tersebut. Ternyata masuk menjadi 20 besar. Saat dapat kabar masuk 20 besar, kami sangat senang dan langsung melakukan revisi, baik revisi penelitian maupun laporan dengan waktu yang ditentukan oleh juri. Alhamdulilah masuk final,” terang Ipa, guru bahasa di SMAN 1 Medan.

Ipa mengaku sempat merasa lucu, karena asumsi yang berkembang di masyarakat bahwa semut bergerombol menunjukkan mereka sangat kompak. Begitu juga ketika membawa makanan, semut akan terlihat sangat kompak.

Lalu saat Ipa melihat lagi tema dari kompetisi, dirinya merasa penelitian kedua muridnya sesuai, karena yang masuk 20 besar adalah penelitian yang tidak serius tetapi penelitian yang lucu.

“Ada pesan dari penyelenggara kepada peserta untuk jangan takut melakukan penelitian. Banyak hal yang ada di sekitar, yang bisa dijadikan sebagai bahan penelitian, tidak hanya melulu harus penelitian serius,” terangnya.

Dijelaskan Ipa, proses penelitian yang dilakukan Nadya dan Zahra dimulai dari akhir Desember 2018 hingga akhir Januari 2019 saat liburan sekolah. Ketika masuk sekolah, mereka telah mendapatkan hasil dan masuk 20 besar.

“Kemudian kita terbang ke Tangerang. Di sana mereka presentasi di depan dewan juri, dan berhasil keluar sebagai juara. Hadiahnya jalan-jalan ke Jerman, saya ikut mendapingi, karena kami sebagai tim,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Medan, Suhairi mengaku, keberhasilan dua pelajarnya dalam meraih juara adalah hal yang luar biasa, dan penghargaan yang tentunya berhasil mengharumkan nama sekolah.

“Kami (sekolah) memberikan apreasiasi setinggi-tingginya kepada keduanya. Mudah-mudahan prestasi ini dapat dicontoh siswa-siswa lain dan sekolah-sekolah lain,” harapnya.

TKN ke Poyuono: Buktikan Tuduhan Romahurmuziy Cari Duit untuk Jokowi!

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin tidak terima dengan pernyataan Waketum Gerindra Arief Poyuono yang curiga Ketum PPP Romahurmuziy ditangkap KPK saat sedang mencari uang untuk pemenangan sang capres-cawapres. TKN meminta Poyuono untuk membuktikan tudingannya.

“Pernyataan ini merupakan tuduhan serius yang harus dibuktikan oleh Arief Poyuono. Jika Arief tidak bisa membuktikan tuduhannya tersebut, maka dia harus mempertanggungjawabkan perkataannya tersebut di muka hukum,” kata anggota TKN Jokowi-Ma’ruf, Inas Nasrullah Zubir kepada wartawan, Jumat (15/3/2019).

Inas pun menyebut Poyuono bak katak dalam tempurung. Dia menegaskan Jokowi berkomitmen memberantas korupsi.
“Arief Poyuono seperti katak dalam tempurung saja yang buta informasi, padahal komitmen Jokowi dalam kebijakan pemberantasan korupsi sangat kuat,” tuturnya.

Inas membeberkan sejumlah langkah nyata Jokowi dalam upaya pemberantasan korupsi. Apa saja?

“Di antaranya adalah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, menolak dipermudahnya remisi koruptor, menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, dan meningkatkan jumlah penyidik dari 50 orang menjadi 200 orang,” jelas Inas.

Diberitakan sebelumnya, Waketum Gerindra Arief Poyuono menyalahkan Jokowi terkait penangkapan Romahurmuziy. Dia lalu curiga Rommy sedang mencari dana untuk Paslon 01 saat tertangkap KPK.

“Rommy bisa jadi ketangkap KPK sedang mencari dana untuk kampanye Joko Widodo- Maruf Amin ya, apalagi Rommy itu Paling loyal pada Joko Widodo dan dipercaya banget sama Joko Widodo. Saya harap KPK lebih mengeksplor ya apa tujuan Rommi terima uang,” kata Poyuono.
(tsa/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Xpander Mau Kalahkan Penjualan Avanza, Toyota: Buktikan Saja

Jakarta – Hadirnya Mitsubishi Xpander di segmen low MPV, makin membuat pasar ini semakin marak. Kompetisi di segmen ini pun semakin ketat, karena mobil sejuta umat Toyota Avanza sempat dikalahkan beberapa kali penjualannya oleh Xpander.

Meski hadir dengan wajah yang lebih baru, Xpander belum bisa mengalahkan data wholesales Avanza di tahun 2018. Menurut catatan Gaikindo Avanza model lama sukses terdistribusi sebanyak 86.167 unit, sementara Xpander terdistribusi 75.075 unit.

Dalam beberapa kesempatan, pihak PT MMKSI (Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia), selalu mengatakan bahwa penjualan Avanza terbantu dengan varian 1.300 cc nya, sementara Xpander hanya mengandalkan varian mesin 1.500 cc.

Menanggapi hal itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) pun angkat bicara.

“Sekarang kan gini, waktu dulu kan nggak ada bicara 1.300 cc dan 1.500 cc. Intinya bicara bahwa Xpander itu adalah Avanza killer. Dan sampai sekarang kan nggak di-kill-kill,” ujar Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Franciscus Soerjopranoto, di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Soerjo sendiri mengatakan jika pihak TAM melihat industri otomotif secara keseluruhan. “Saya bilang dari awal itu kami nggak mau ada kill meng-kill, karena kami melihatnya totally industri otomotif. Kalau bisa tetap jualan 6.000, 7.000 unit, Xpander bisa jualan 7.000, kita juga merasa udah untung,” lanjut Soerjo.

“Tapi kalau Xpander mau ngalahin Avanza ya dibuktikan saja. Jangan dibagi segmennya 1.300 cc – 1.500 cc. Jelas Avanza keunggulannya 1.300 G Manual Transmission itu yang paling besar. Kenapa? Disitulah kekuatannya. Powernya cukup dan bahan bakar lebih irit,” pungkasnya. (lua/lth)


Jaksa Siap Buktikan soal Keonaran akibat Hoax Penganiayaan Ratna Sarumpaet

Jakarta – Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan menyiapkan tanggapan terkait nota keberatan atau eksepsi Ratna Sarumpaet dalam perkara hoax penganiayaan. Jaksa meyakini perbuatan Ratna sudah menimbulkan keonaran.

“Iya (bantah eksepsi Ratna),” kata jaksa Sarwoto, lewat pesan singkat, Senin (11/3/2019).

Dalam persidangan sebelumnya, pengacara Ratna, Desmihardi, menegaskan dakwaan jaksa soal keonaran akibat hoax tidak tepat. Sarwoto mengaku siap membuktikan terkait keonaran yang diakibatkan oleh perbuatan Ratna.

“Menurut kami ada keonaran dan akan dibuktikan dalam materi pokok perkara,” ujar dia.

Sidang lanjutan perkara hoax Ratna Sarumpaet akan digelar di PN Jaksel pada hari ini. Agenda sidang kali ini adalah tanggapan jaksa terkait nota keberatan atau eksepsi yang disampaikan Ratna.

Tim pengacara Ratna Sarumpaet menegaskan dakwaan jaksa soal keonaran akibat hoax tidak tepat. Sebab, hoax penganiayaan disebut pengacara tidak menimbulkan keonaran di masyarakat.

“Bahwa rangkaian cerita bohong yang terdapat dalam cuitan Twitter Saudara Rizal Ramli dan Saudara Rocky Gerung, akun Facebook saksi Nanik Sudaryati serta konferensi pers Saudara Prabowo Subianto, orasi yang dilakukan oleh beberapa orang di Dunkin’ Donuts Menteng Jakarta Pusat yang mendukung pengakuan terdakwa mengenai cerita penganiayaan, serta aksi unjuk rasa Lentera Muda Nusantara yang dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2018 di Jalan Gatot Subroto, tidak dapat dikatakan sebagai keonaran, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat 1 UU No 1 Tahun 1946,” papar pengacara Ratna Sarumpaet membacakan nota keberatan (eksepsi) dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Rabu (6/3/2019).

Cuitan dan unjuk rasa yang muncul setelah beredarnya foto muka lebam dan bengkak Ratna Sarumpaet, disebut tim pengacara, bukan kategori kerusuhan.

“Karena cuitan dan aksi unjuk rasa tersebut bukanlah kerusuhan, keributan, atau keonaran yang telah terjadi di tengah masyarakat yang memerlukan tindakan kepolisian untuk menghentikannya,” tegas pengacara.

Kerusuhan yang dimaksud dalam keonaran sebagaimana Pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 Tahun 1946 versi pengacara adalah kerusuhan pada Mei 1998, kerusuhan Malari, dan kerusuhan 27 Juli 1996.

“Kerusuhan yang pada umumnya memerlukan tindakan kepolisian untuk menghentikannya,” tegas pengacara.

(knv/dwia)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 3: Deretan Chat Lucu Buktikan Cari Pasangan Itu Enggak Gampang

Liputan6.com, Jakarta – Terkadang terlalu lama menjomblo bisa membosankan dan bikin jenuh. Itu sebabnya sebagian besar orang berusaha mencari kekasih dengan berbagai cara. Satu di antaranya berkenalan dengan gebetan idaman.

Berbagai usaha pun dilakukan seseorang demi bisa mendapatkan hati gebetannya. Namun, ada saja tingkah unik, konyol bahkan nekat saat berusaha mengenal atau menembak gebetan.

Artikel tentang deretan chat lucu yang membuktikan cari pasangan itu enggak gampang terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni cara menyadarkan pasangan yang kurang peka.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah langkah jitu mengatasi bila terlalu posesif terhadap pasangan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Cari Pasangan Itu Enggak Gampang, 5 Chat Lucu Ini Buktinya

Chat Lucu Usaha Jomblo

Kadang dalam melakukan PDKT atau pendekatan, ada kalanya mengalami kegagalan. Namun begitu, biarkanlah para jomblo tersebut terus berusaha. Nah, penasaran bagaimana usaha kocak para jomblo untuk mendapatkan pasangan? Berikut deretan chatnya seperti melansir dari berbagai sumber.

Selengkapnya…

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ternyata para jomblo punya cara unik agar tak dibilang sendiri melulu. Nih buktinya!

PSI Tantang Politikus PAN Buktikan Polri Bentuk Pasukan Buzzer Jokowi

Liputan6.com, Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menantang politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Mustofa Nahrawardaya, untuk membuktikan tuduhannya bahwa Polri membentuk pasukan buzzer untuk mendukung pasangan capres cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin.

Tantangan ini disampaikan juru bicara PSI bidang Teknologi Informasi, Sigit Widodo, di Jakarta, Rabu (6/3/2019). 

Politikus PAN itu menyampaikan tuduhan tersebut secara pada sebuah dialog bertajuk “Penyebaran Hoaks Terorganisasi?” di sebuah televisi swasta, Selasa, 5 Maret 2019. 

Tuduhan Mustofa ini mengutip cuitan akun Twitter anonim @opposite6890 yang dia sendiri mengaku mengenal adminnya.

Sigit mencurigai tuduhan ini sebagai langkah sistematis dari pendukung pasangan capres 02 untuk mendelegitimasi lembaga-lembaga negara dalam Pemilu 2019.

“Setelah serangan ke KPU, sekarang mereka menyerang Polri. Polisi juga harus tegas membantah dan membuktikan bahwa mereka netral dan tidak mendukung salah satu pasangan calon dalam kontestasi Pilpres 2019,” ujar Sigit.

Sebelumnya, dalam cuitannya 3 Maret 2019 lalu, akun anonim @opposite6890 menuduh Polri telah membentuk tim buzzer beranggotakan 100 orang per Polres di Seluruh Indonesia.

“Akun opposite6890 menyebutkan tim ini menginduk pada akun @alumnisambhar dan menyebut ada aplikasi berbasis android yang bisa diunduh di situs mysambhar.com,” tutur Sigit.

Situs mysambhar.com sendiri saat ini sudah tidak bisa diakses. Akun @opposite6890 kemudian memberikan tautan untuk mengunduh aplikasi tersebut di filedropper.com.

“Opposite6890 kemudian menuduh keterlibatan Polri. Karena menurutnya, setelah dicek, ada kaitan ke jaringan milik Mabes Polri,” tambah jubir PSI untuk bidang Teknologi Informasi ini.  

2 dari 3 halaman

Klarifikasi

Terkait tuduhan tersebut, menurut Sigit yang pernah menjabat sebagai Direktur Operasional Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) ini menyebut ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi.

“Pertama, tuduhan domain mysambhar.com dimiliki Polri. Ketika saya cek, domain ini dilindungi layanan proteksi nama domain dari sebuah perusahaan di Panama. Jadi tidak mungkin Opposite6890 bisa membuktikan siapa pemilik nama domain tersebut,” katanya.

Yang kedua, Sigit mempertanyakan apakah benar file berjenis APK yang ada di filedropper.com benar-benar buatan Polri.

“Bisa saja dia buat sendiri, lalu mengunggahnya sendiri, kan? Ini juga harus dibuktikan,” tambahnya. 

Hal ketiga yang juga harus diklarifikasi adalah kaitan file APK itu dengan jaringan Mabes Polri.

“Opposite6890 menuduh ada link ke jaringan bernomor IP 120.29.226.193. Memang betul, menurut data APNIC nomor IP itu terdaftar atas nama Divisi Teknologi Informasi Mabes Polri. Tapi hubungannya seperti apa, itu harus dicek dengan kaidah-kaidah forensik TI yang valid,” ujar Jubir PSI bidang Teknologi Informasi ini. 

Meskipun argumen yang disampaikan terkesan cukup meyakinkan untuk sementara orang, Sigit mengaku tidak percaya dengan tuduhan tersebut.

“Kami yakin Polri netral di Pemilu 2019. Lagipula, masak Divisi TI Mabes Polri sebodoh itu membuat aplikasi rahasia yang dihubungkan ke jaringan resmi Mabes Polri?” ujar Sigit.

Sigit yang juga caleg DPR-RI ini mengaku sudah mencoba menginstal aplikasi tersebut. “Tapi aplikasi itu dilindungi dengan user name dan password sejak awal, jadi saya masih belum bisa melihat isi program Sambhar itu,” kata Sigit.

Dia menegaskan, jika Mustofa tidak dapat membuktikan tuduhannya, polisi harus bertindak tegas untuk membuktikan institusinya tidak bersalah.

“Polri juga harus meminta keterangan Mustofa Nahrawardaya, kalau perlu menahannya karena menyebarkan berita bohong yang meresahkan masyarakat,” tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

12 Kata-Kata Romantis untuk Menyatakan Cinta Pada Wanita, Buktikan Ketulusanmu

Liputan6.com, Jakarta Cinta merupakan sebuah perpaduan antara emosi, kasih sayang yang kuat serta ketertarikan pribadi. Filosofi cinta itu sendiri adalah sifat yang mewakili kebaikan, perasaan belas kasih dan juga kasih sayang.

Selain mengungkapkan rasa cinta dengan tindakan nyata atau kegiatan yang bisa mempererat hubungan, dengan kata-kata ternyata bisa juga membantu untuk mengeskpresikan betapa kamu sayang dengan pasanganmu.

Merupakan hal yang sangat personal, setiap lelaki tentu memiliki cara masing-masing untuk mengungkapkan betapa ia mencintai pasangannya. Mengungkapkan perasaan pada pasangan adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan.

Kadang, mengungkapkan perasaan untuk kekasih hati adalah hal yang sulit. Berikut kata-kata romantis untuk menyatakan cinta pada wanita yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2019).

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Romantis untuk Menyatakan Cinta

1. Aku cinta kamu, dan itu adalah awal serta akhir dari segalanya.

Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini bisa diberikan kepada orang yang kamu sayangi untuk menunjukkan ketulusanmu. Rasa cinta merupakan awal sekaligus akhir dari segalanya. Tak ada yang berhak menghancurkannya.


2. Aku melihat kesempurnaan pada dirimu, lalu aku jatuh cinta padamu. Kemudian, aku melihat ketidak sempurnaanmu, aku pun semakin jatuh cinta padamu.

Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini juga bisa kamu sampaikan kepada orang tersayang. Cinta tak selalu harus melihat kesempurnaan. Kasih sayang yang tulus adalah yang mampu menerima ketidaksempurnaan pasangan. Apapun kondisinya, akan selalu menjaganya baik suka maupun duka.


3. Aku jatuh cinta pada bening matamu. Tempat kutemukan miniatur taman surga.

Kata-kata romantis ini perihal keindahan dan kenikmatan. Cinta adalah anugerah yang sangat berarti. Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini merupakan inspirasi hidup untuk menjalani hubungan yang baik dengan pasangan sepanjang hayat. Sadar kalau ia adalah miniatur surga, berarti tak seharusnya kamu bisa menyia-nyiakannya.


4. Kepada ia yang kusebut kekasih, berumahlah di ketabahanku.

Kadang sebagai pasangan, kamu bukanlah orang yang sempurna. Masing-masing harus saling menguatkan. Ketika mengejar cinta, semua usaha akan dikerahkan.

Kesabaran dan ketabahan adalah makanan sehari-hari demi meraih hati seseorang. Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini mengajarkan bahwa kamu harus selalu senantiasa menghargai upaya keras dan perjuangan pasangan.

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Romantis untuk Menyatakan Cinta

5. Kamu adalah hal terindah yang pernah aku miliki.

Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta untuk pasanganmu. Ia akan merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling kamu prioritaskan dan kamu hargai.

Sejatinya, seseorang yang kamu pilih menjadi kekasih tentunya adalah orang yang paling membuatmu nyaman dan bahagia. Tak ada salahnya untuk memujinya dengan menyatakan perasaan jujurmu.


6. Aku mencintaimu, dan aku akan mencintaimu sampai mati. Jika ada kehidupan setelah itu, aku akan mencintaimu lagi.

Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini adalah bukti bahwa kamu sangat mencintainya dengan tulus. Kamu ingin selalu bersamanya sampai maut memisahkan.

Andai saja masih ada kehidupan setelah kematian, kamu pun tetap ingin bertemu dan mencintainya lagi dan lagi. Mencintainya sampai mati saja tak akan cukup.


7. Aku bersumpah, tak ada tempat teraman di dunia ini, kecuali denganku.

Kekasih adalah seseorang yang selalu membuat kamu merasa aman dalam kondisi apapun. Ia adalah pelipur lara ketika susah, penyemangat ketika putus asa, dan tempat kamu berkeluh kesah.

Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini mengajarkanmu untuk menjadi orang yang selalu memberi rasa aman pada pasangan. Dengan begitu, ia enggan kehilangan dan ingin selalu berada di sisimu.


8. Senyum dan tawamu menerangi seluruh duniaku.

Di dunia ini tak ada hal yang menenangkan selain melihat kebahagiaan orang yang kamu cintai. Senyum dan tawanya laksana cahaya yang dapat menerangi kehidupan dengan sempurna.

Ketika kamu melihatnya sedih dan kecewa, seakan-akan separuh hidupmu pergi. Buatlah pasanganmu selalu merasakan suka cita dan kebahagiaan bagaimanapun keadaannya.

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Romantis untuk Menyatakan Cinta

9. Kamu adalah satu-satunya cahaya yang aku lihat.

Ia selayaknya cahaya yang mampu menyinari kehidupanmu. Jika tak ada dirinya di sisimu, hidupmu akan terasa kurang dan hari hari yang kamu jalani terasa suram.


10. Sesuatu yang tidak ada artinya bagimu, bisa menjadi cinta bagiku.

Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini bisa kamu sampaikan kepada orang yang kamu sayang. Sesuatu yang ia anggap tidak berarti, justru bisa menjadi pupuk yang membuat hubungan ini tumbuh sempurna. Masalah tidaklah selalu buruk, ia bisa menjadi pengalaman berharga bagi kelangsungan hubunganmu dengannya.


11. Aku ingin mengatakan padamu bahwa di manapun aku berada, apapun yang terjadi, aku akan selalu memikirkanmu, dan waktu yang telah kita habiskan bersama adalah waktu yang paling membahagiakan.

Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini akan membuktikan bahwa ia selalu terlintas dalam pikiranmu. Di manapun kamu berada dan tak peduli apapun yang terjadi, pikiranmu selalu dipenuhi oleh dirinya. Ia akan merasa tersanjung karena kamu selalu memperhatikannya terus menerus.


12. Kamu adalah matahariku, rembulanku, dan seluruh bintangku.

Tanpa mempedulikan kekurangan maupun kelebihannya, ia adalah hal yang terpenting yang ada dalam hidupmu. Sampaikanlah kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini untuk pasanganmu. Maka, ia akan merasa bahwa kamu selalu menganggap dirinya adalah prioritas utamamu.

Isi Lengkap Surat Mandat SBY: AHY Pimpin Pemenangan, Ibas Keseimbangan PD

Jakarta – Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi mandat kepada putra sulungnya yang juga komandan Kogasma PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memimpin pemenangan pemilu partai berlambang mercy itu. Kabar tersebut disampaikan SBY ke para kadernya lewat sebuah surat.

Surat SBY tersebut dibacakan oleh Sekjen PD Hinca Pandjaitan, di Kantor DPP PD, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). SBY tidak bisa fokus dalam pemenangan PD di Pemilu 2014 karena harus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan melawan penyakit kanker darah di Singapura.

“Secara nasional komandan Kogasma saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019,” ujar SBY dalam suratnya.


Berikut isi surat SBY untuk para kader Demokrat yang berisi soal mandat kepada AHY dalam pemenangan Pemilu:

Surat ini adalah tentang surat keputusan dewan pimpinan pusat Partai Demokrat tentang peningkatan intensitas dan efektivitas kampanye pemenangan Pemilihan Umum tahun 2019 yang sekarang sedang berjalan.

1. Kampanye nasional dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh melibatkan seluruh komponen partai yang meliputi Komando Tugas Bersama (Kogasma) yang sudah kami bentuk sejak 2017 lalu, Komisi Pemenangan Pemilu, jajaran organisasi partai dari pusat hingga daerah dan para caleg. Jadi semuanya satu kesatuan, menyeluruh.

2. Secara nasional komandan Kogasma, saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019.

3. Dalam pelaksanaan tugasnya, Komandan Kogasma dibantu oleh koordinator kampanye wilayah timur, saudara Soekarwo, anggota majelis tinggi Partai Demokrat dan koordinator kampanye wilayah barat, saudara Nachrawi Ramli, anggota majelis tinggi Partai Demokrat.

4. Di samping membantu komandan Kogasma, para koordinator wilayah kampanye mengkoordinasikan kampanye yang dilakukan oleh jajaran dewan pimpinan daerah partai di wilayah tugasnya.

5. Wilayah timur kampanye Partai Demokrat meliputi provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan wilayah barat yang menjadi wilayahnya Pak Nachrawi Ramli meliputi provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

6. Selama kampanye tugas-tugas harian DPP Partai Demokrat dilaksanakan oleh Sekjen Partai Demokrat.

7. Ketua fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan, dengan tugas kampanye para anggota DPR RI dari Partai Demokrat, karena 61 anggota DPR RI partai saat ini adalah incumbent yang hampir semuanya adalah Caleg.

8. Setelah kampanye pemilu dilaksanakan seluruh jajaran partai tetap melakukan pengawalan dan pengamanan suara yang diperoleh, baik suara partai maupun suara caleg agar Partai Demokrat tak dirugikan pihak manapun.

9. Susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat tidak ada perubahan, dan semua tetap memiliki tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan. Ini perlu saya ulangi, susunan tidak ada perubahan.

10. Surat ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, Rabu 27 Februari 2019.

Selain surat kepada kadernya, SBY juga mengirimkan surat khusus kepada Hinca. Dalam suratnya, SBY meminta Hinca menjelaskan kepada kader dan media massa soal posisinya saat ini. Berikut isinya:

Surat ini ditujukan kepada Saudara Hinca.

Pak Hinca menyertai penjelasan Pak Hinca kepada media massa tentang peningkatan intensitas dan kapasitas kampanye Partai Demokrat 2019 ini tolong sampaikan hal hal berikut kepada para kader Demokrat di seluruh tanah air.

Pertama dengan tidak dapatnya saya berjuang secara fisik bersama caleg dan kader Demokrat dalam kampanye lanjutan Pemilu 2019 ini saya harap semangat para caleg Demokrat tidak berkurang. Pada hakikatnya hati saya tetap bersama kader dan caleg Demokrat dalam perjuangan maha penting ini.

Saya pribadi juga Ibu Ani yang tengah menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan tetap berdoa kepada Allah SWT semoga perjuangan mulia para kader dan caleg Partai Demokrat berhasil dengan baik. Saya tahu 2 bulan ini saat saat yang paling menentukan untuk partai dan caleg Demokrat. Seperti yang saya lakukan bersama Ibu Ani sebenarnya saya sangat ingin secara fisik berada di lapangan. Namun Allah tidak mengizinkan karena saya harus mendampingi pengobatan dan perawatan kesehatan Ibu Ani yang dilakukan intensif saat ini.

Pesan dan harapan saya terus berjuang secara gigih dan lakukan perjuangan itu dengan cara baik, cerdas dan tepat. Dengarkan harapan dan aspirasi rakyat kemudian perjuangkan dalam Pemilu 2019 ini. Jika kelak para caleg terpilih untuk DPR RI, DPRD dan DPD Kab/Kota, wujudkanlah dan buktikan semua yang dikampanyekan itu Insyallah saudara sekalian berhasil.

Meskipun secara fisik saya tidak bisa aktif dalam kampanye di lapangan, saya percaya Partai Demokrtat tetap memiliki, berpeluang besar untuk mencapai suara. Saya yakin instruksi yang saya keluarkan kepada jajaran partai untuk meningkatkan intensitas dan kapasitas akan dapat dijalankan dengan baik.

Komandan Kogasma AHY dan para koordinator wilayah kampanye saudara Soekarwo dan Nachrawi adalah pemimpin dan kader Demokrat yang tangguh, berkualitas, dan memiliki kemampuan tinggi untuk melaksanakan kampanye di tanah air. Di samping berjuang untuk calegnya di dapil masing-masing, yang lain memperjuangkan juga membantu penuh Kogasma secara nasional.

Saya juga yakin dengan strategi dan taktik pemenangan pemilu yang telah dibekalkan para caleg sukses akan dapat diraih. Di samping itu 14 prioritas sebagai program unggulan yang ditawarkan kepada rakyat akan diperjuangkan Partai Demokrat beserta pemerintah yang dipilihnya adalah jawaban yang diinginkan rakyat.

Saudara Hinca karenanya saya yakin Partai Demokrat bukan hanya siap memenangkan pemilu tapi atas izin Allah yang maha kuasa, Partai Demokrat akan sukses dengan gemilang, Demokrat tidak hanya pandai berjanji tapi pernah memberi bukti pada pemerintahan. Ke depan jajaran Partai Demokrat akan sukses karena semua kebijakan dan program merupakan aspirasi dari rakyat kita juga jawaban dan solusi dari permasalahan.

Ketiga atau terakhir, saya mengamati kontestasi pemilih 2019 ini utamanya pilpres lebih keras dibandingkan dengan pilpres era reformasi sebelumnya. Polarisasi nampak lebih tajam, disertai hubungan antar identitas semakin berjarak. Jika situasi ini berkembang lebih jauh dan melewati batasannya, saya kuatir kerukunan dan keutuhan kita sebagai bangsa akan retak. Ini yang harus kita cegah untuk tidak terjadi pada negeri ini. Untuk itu saya berpesan pada Partai Demokrat untuk turun agar pemilu berjalan damai, demokratis, jujur, dan adil.

Pemilu memang keras tapi tidak sepatutnya menimbulkan perpecahan dan disintegrasi. Diperlukan tanggung jawab dan jiwa kita semua, utamanya elit dan pemimpin bangsa. Semoga praktik berdemokrasi dengan baik dapat dijaga dan dilaksanakan kembali dalam Pemilu 2019 ini. Demikian.

Sampaikan salam hangat saya dan Ibu Ani kepada seluruh kader dan caleg Demokrat. Sampaikan pula salam sayang saya kepada saudara saya rakyat Indonesia Tercinta.

Singapura, 27 Februari 2019
SBY


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.

(elz/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dukung Petani, Ribuan Jus Buah Gratis Dibagikan di CFD Jakarta

Liputan6.com, Jakarta – Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) DKI Jakarta mengkampanyekan konsumsi buah lokal dengan cara berbagi jus buah naga dan buah apel gratis di acara Car Free Day (CFD), Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (24/2/2019).

Direktur Digital Repnas DKI Jakarta, Ardy Notowidigdo menyebutkan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendukung petani buah lokal agar harga jualnya tidak jatuh di pasaran saat sedang musim panen.

“Kita mau mendukung petani lokal Indonesia dan ini benar-benar buah lokal asli jadi kita juga campaign-nya bahwa buah lokal itu nomor satu, juga memang tidak kalah dengan buah impor. Dan ini bukti nyata bahwa kita membantu supprot petani – petani Indonesia,” kata dia saat ditemui di lokasi.

Dalam acara kali ini buah naga dan buah apel terpilih sebagai komoditas yang dibagikan sebab kedua jenis buah tersebut tengah memasuki panen raya nasional.

Ardy mengungkapkan, buah naga yang dibagikan berasal dari Banyuwangi yang dibeli langsung dari petani. Sementara buah apel dibeli dari petani buah di Pasuruan. Buah yang dibagikan adalah kualitas terbaik grade A.

“Apel ini ada 160 dus, yang buah naga ada 50 krat (peti). Buah naga tuh kan lagi panen nasional di Banyuwangi juga kebetulan lagi panen besar. Apel pasuruan karena apel kebetulan banget ini baru panen beberapa hari yang lalu langsung dibawa kesini,” ujarnya.

Ada sekitar 6 ton yang terdiri dari 36.000 biji buah apel yang dibagikan gratis hari ini. Sementara buah naga yang dibagikan sekitar 5.000 buah dan menjadi 4.000 gelas jus.

Dalam proses pembagiannya, ada sekitar 102 orang perwakilan dari UKM dan penjual buah di Ibu Kota yang juga ikut berpartisipasi.

“Blendernya kita kerjasama dengan UKM UKM dengan para penjual penjual buah yang ada di DKI. Jadi mereka kita ajak bareng – bareng kesini untuk kerjasama,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat menjadi lebih gemar mengkonsumsi buah lokal dibanding buah impor.

“Kita campaign untuk petani lokal kita buktikan komitmen kita untuk mendukung buah lokal tuh tidak kalah dengan buah impor. Kita ingin buah lokal ini menjadi nomor satu bisa bersaing di pasar Indonesia.”

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

Ridwan Kamil: 4 Juta Warga yang Tidak Pilih Jokowi, Sekarang Balik Kanan

Liputan6.com, Jakarta – Dewan Pengarah Teritorial Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin di Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengatakan elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 01 itu terus mengalami kenaikan.

Menurut pria yang biasa disapa Kang Emil ini, walau Jokowi kalah di Pilpres 2014 lalu, namun dia yakin, di Pilpres tahun ini, Jokowi mampu meraih suara besar di Jabar. 

Dia mengatakan, sejauh ini hasil survei mengindikasikan peraihan suara sudah hampir seimbang antara kedua paslon di Jawa Barat. Ridwan menyatakan, bahkan untuk beberapa survei sudah melebihi.

“Ini mengindikasikan berarti ada 4 jutaan warga yang dulu tidak memilih (Jokowi) sudah balik kanan. Meyakini kepada 01. Tentu keyakinannya harus kita buktikan secara faktual nanti di hari pencoblosan,” ujar Ridwan Kamis usai bertemu Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto di Bandung, Jumat, 22 Februari 2019.

Emil menilai, Jokowi-Ma’ruf Amin adalah kombinasi sosok yang pekerja keras dan bisa mengayomi, serta menjaga nilai-nilai keumatan.

“Inilah kondisi paling pas. Yang satu ngegas, yang satu ngerem. Ini pas, sudah jodohnya. Kami doakan nanti di hari pencobolosan bisa sangat maksimal dan bisa saya monitor,” ucap Gubernur Jawa Barat itu. 

 

2 dari 2 halaman

Didukung Tokoh Jabar

Sementara itu, Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto menambahkan, seluruh partai politik yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bersama relawan juga akan terus bekerja keras.

Apalagi, di Jawa Barat, ada dukungan dari tokoh seperti Ridwan Kamil, Agum Gumelar, Solichin GP, Deddy Mizwar, Tb Hasanuddin, dan Dedi Mulyadi.

“Seluruh tokoh itu sudah bergabung menyatukan diri dalam kepemimpinan Pak Jokowi dan Kyai Haji Ma’ruf Amin. Ini merupakan hal yang sangat positif dan sebagaimana disampaikan oleh Pak Ridwan Kamil tadi,” tandas Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: