Kemendagri Pastikan Plastik yang Ditemukan Warga di Depok Bukan Bagian E-KTP

Liputan6.com, Jakarta – Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, plastik yang ditemukan warga di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, bukan merupakan bagian dari e-KTP.

Dia menjelaskan, blangko e-KTP asli yang digunakan pemerintah selalu dalam bentuk kepingan yang sudah dipreperso. Lembaran plastiknya tidak terpisah seperti KTP lama.

“Seperti e-KTP yang ada di dompet kita masing-masing,” ucap Zudan dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/3/2019).

Dia memastikan, material mirip lapisan e-KTP yang ditemukan bukan bersumber dari titik pelayanan Dinas Dukcapil.

“Terdapat banyak titik pembeda. Tidak cukup dengan kasat mata menentukan asli atau tidak. Namun yang pasti bukan properti atau sarana pelayanan administrasi kependudukan di Indonesia,” kata Zudan.

Sementara itu, Direktur Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Akhmad Sudirman Tavipiyono saat mendatangi Polres Depok memastikan, yang ditemukan bukan blanko e-KTP. Saat ini, bahan pembuatan e-KTP yang sudah reject itu diamankan di Polres Depok untuk selanjutnya dimusnahkan.

Sebelumnya, kejadian berawal ketika sejumlah warga Harjamukti, Cimanggis, Depok, melakukan kerja bakti, Senin, 18 Maret 2019. Di sebuah bedeng lahan kosong yang tidak berpenghuni di Komplek DDN Harjamukti, warga menemukan 3 karung kecil bahan baku KTP yang tercetak ganda (bolak-balik) dan dalam keadaan rusak. Warga lalu menyerahkannya ke Satpol PP Cimanggis.

“Informasi warga menyebutkan lahan itu tempat pembuangan dan pengelolaan sampah plastik, namun sejak tahun 2017 pengelola limbah sudah pergi dan meninggalkan sampah-sampah plastik termasuk lembaran plastik yang ditemukan,” ujar Zudan.

Selanjutnya, pada Jumat, 22 Maret 2019, personel Satpol PP Cimanggis bernama Nayasri menyerahkan blangko reject tersebut ke Polsek Cimanggis disertai berita acara serah terima.

Polsek Cimanggis kemudian melakukan tindakan pengamanan.

“Semalam saya dapat informasi ditemukan 1 karung lagi. Jadi semuanya ada 4 karung. Semuanya sudah dilakukan pengamanan oleh Polsek Cimanggis”, ungkap Zudan.

 

Viral Dul Nangis Nyanyi ‘Cinta Kan Membawamu’, Ternyata Bukan untuk Ahmad Dhani

Jakarta – Video Dul Jaelani yang menangis saat membawakan ‘Cinta Kan Membawamu’ dalam konser ‘Dewa 19’, di Malaysia sempat viral. Banyak yang menyebut tangisan itu wujud kesedihan Dul terhadap nasib sang ayah, Ahmad Dhani di penjara.

Namun siapa sangka. Ternyata faktanya bukan itu.

“Waktu saya bawa ‘Cinta Kan Membawamu’, saya menangis sebenarnya bukan menangis karena ayah saya, saya menangisi mantan saya,” ujar Dul saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2019).

Kata Dul, penghayatan yang dilakukan para penyanyi wajar terjadi. Hal itu pun berlaku pada tangisan Mulan Jameela yang pecah dalam acara penangguhan penahanan Ahmad Dhani.

“Oh nangis, nggak lihat aku. Ya namanya seniman kan menghayati wajar lah ya, kayak saya di KL nangis karena menghayati,” ujarnya.

“Ya jadi itu saya rasa hal yang wajar untuk seniman yang menghayati,” ungkapnya.

Dul Jaelani dan Mulan Jameela tampil bersama Al Ghazali dalam acara Gempita Indonesia (Gelar Musik Pencipta Lagu Indonesia) Episode Ahmad Dhani.

Dalam acara tersebut, sebanyak 300 alumni Trisakti menandatangani petisi untuk penangguhan penahanan bagi Ahmad Dhani.
(hnh/nkn)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Sandiaga Pastikan Mobil Pelat TNI di Kampanye Prabowo Bukan dari BPN

Jakarta – Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memastikan pengguna mobil pelat TNI di acara kampanye relawan Prabowo-Sandiaga bukan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN). BPN Prabowo-Sandiaga diminta untuk tidak menggunakan fasilitas negara.

“Menurut saya harus diklarifikasi, betul tidak BPN. Tapi menurut saya, BPN tidak akan menggunakan kendaraan milik fasilitas negara karena itu arahan kita tidak ingin membebani dan menggunakan fasilitas negara,” ucap Sandiaga kepada wartawan di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2019).

Sandi lalu kembali bercerita alasan dia mundur sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk maju dalam Pilpres 2019. “Saya mundur dari Wagub karena tidak ingin menggunakan fasilitas negara. Buat saya itu esensi,” kata Sandiaga.

Sandiaga meminta kepada pihak berwajib, baik TNI maupun Bawaslu untuk bertindak jika ada pelanggaran.

“Kita ikuti peraturan kalau sampai ada pelanggaran segera ditindak lanjuti,” ucap Sandiaga.

Sebelumnya, video sebuah mobil berpelat dinas TNI mengangkut logistik di acara relawan paslon Prabowo-Sandiaga viral di media sosial. Dalam video berdurasi 1 menit itu tampak satu unit mobil Mitsubishi Pajero membawa logistik.

Pihak TNI melakukan penyelidikan. Diketahui, mobil tersebut bukan milik anggota TNI aktif, tapi purnawirawan.

“Setelah melakukan penyelidikan awal di lingkungan internal TNI, POM TNI mengembangkan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini,” kata Kabidpenum Puspen TNI Letkol Inf Abidin Tobba dalam keterangan tertulis.

Abidin menjelaskan pemilik mobil berpelat dinas TNI itu berinisial RAT. Saat pensiun, RAT tidak mengembalikan pelat mobil dinas TNI yang digunakannya semasa aktif.

“Diketahui bahwa pemilik mobil Pajero berpelat nomor dinas TNI 3005-00 adalah seorang Purnawirawan TNI, pensiun tahun 2001, berinisial RAT,” jelas Abidin.

“Pada saat pensiun, yang bersangkutan mengembalikan mobil dinas, namun pelat nomor dinasnya tetap dipegang yang bersangkutan,” imbuhnya.

(aik/knv)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi: Pemilu itu Bukan Perang!

Denpasar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemilu bukanlah peperangan. Menurutnya, pemilu adalah pesta demokrasi.

“Saya ingin menyampaikan pemilu itu bukan perang. Bukan. Pemilu itu adalah pesta demokrasi untuk memilih pemimpin kita yang terbaik,” kata Jokowi saat menyapa tokoh dan masyarakat Bali di Ardha Chandra, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019) malam.

Jokowi mengatakan pemilu harus disambut dengan suka cita. Dia tak mau ada pihak yang menakut-nakuti di pemilu 2019 ini.
“Karena itu pesta demokrasi harus kita sambut dengan riang gembira, jangan sampai ada yang menakuti nankuti. Apalagi menebar ancaman,” kata Jokowi.
Dia juga mengatakan, pesta demokrasi itu harus dilakukan dengan cara beradab dan beretika. Apalagi Indonesia dikenal dengan negara yang penuh dengan tata krama dan berbudaya baik.

“Jangan justru menyemburkan hoaks, menyemburkan kabar bohong, menyemburkan fitnah, karena mengganggu persaudaraan kerukunan kita,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat Indonesia haris optimis dalam menatap masa depan. “Sebagai bangsa besar kita harus menatap ke depan ini dengan penuh optimis. Bangsa ini bangsa besar, kapalnya kapal besar, persoalan besar itu harus dihadapi bersama,” kata Jokowi.
(jor/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fabio da Silva: Cristiano Ronaldo Bukan Pemain Egois

Liputan6.com, Manchester – Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo selama ini dianggap pemain yang individualis dan egois. Namun hal itu tak berlaku bagi mantan rekannya di Manchester United (MU), Fabio da Silva.

Alih-alih menyebut Cristiano Ronaldo egois, Fabio justru menyebut Ronaldo pemain yang peduli kepada rekan setim. “Saya dengar Cristiano Ronaldo disebut egois, tetapi dia memberi kami saran baik di dalam atau di luar lapangan tanpa henti,” ujar Fabio seperti dilansir Sportskeeda.

Fabio da Silva pernah bermain bagi MU dari 2008 hingga 2014. Sayangnya, ia gagal menembus skuat utama Setan Merah -julukan MU.

Fabio pun dilepas ke Queens Park Rangers (QPR) hingga akhirnya kini bermain di Nantes. Di klub Liga Prancis itu, Fabio telah bermain 11 kali.

“Ketika saya debut melawan Tottenham. Saya bermain di sisi yang sama dengannya. Cristiano Ronaldo meminta saya jangan mengambil risiko di daerah pertahanan sendiri karena dia mungkin tidak bisa membantu saya,” ujar Fabio.

Cristiano Ronaldo menerima tuduhan atas kasus pemerkosaan yang terjadi 2009 lalu. Untuk pertama kalinya, Ronaldo angkat bicara.

Pemain Terbaik MU Ternyata Bukan Ronaldo, tapi…

Kendati demikian, terlepas dari semua kehebatan Ronaldo, Giggs menjelaskan bahwa pemain terbaik MU bukanlah Ronaldo, melainkan Paul Scholes. Dia menyoroti satu kemampuan utama Scholes adalah kecerdikannya.

“Paul Scholes sangat cerdas. Dia tidak terlalu cepat tetapi dia tahu ke mana bola akan mendarat dan dia tahu apa yang akan dia perbuat begitu bola datang padanya,” tutup Giggs.

Sayangnya, kecerdasan Scholes itu tampaknya tidak berlaku di dunia kepelatihan. Hingga kini Scholes lebih sering jadi kritikus sepak bola, dia beberapa kali gagal saat menjajal jadi pelatih.

Sumber: Bola.net

Emery Bukan Suksesor Pilihan Wenger, Lalu Siapa?

NaplesUnai Emery menjadi manajer Arsenal yang menggantikan Arsene Wenger setelah mundur. Rupanya Emery bukan manajer penerus yang dipilih Wenger. Lalu siapa?

Wenger menyudahi 22 tahun kariernya melatih the Gunners usai mundur pada akhir musim 2017/18. Si Profesor meninggalkan warisan berupa tiga titel Premier League, tujuh Piala FA, dan torehan invincible yang sampai saat ini belum bisa disamai tim manapun.

Emery kemudian ditunjuk sebagai suksesor Wenger setelah menyepakati kontrak selama dua tahun dengan Arsenal. Namun, jurnalis Ciro Venerato mengungkapkan bahwa Carlo Ancelotti lah yang diharapkan Wenger untuk menjadi manajer Arsenal selanjutnya.


Di sisi lain, Ancelotti menyudahi masa rihatnya usai dipecat Bayern Munich pada September 2017 dengan berlabuh ke Napoli. Pelatih top Italia itu menggantikan Maurizo Sarri, yang hijrah ke Chelsea.

Kini, Arsenal dan Napoli akan saling sikut di Liga Europa setelah terundi berjumpa di perempatfinal. Meriam London akan lebih dahulu menjadi tuan rumah di leg pertama sebelum gantian melawat ke Napoli di leg kedua pada April mendatang.

“Arsenal-Napoli?” kata Venerato tentang laga Liga Europa berikutnya. “Saya akan mengatakan kepada Anda sebuah cerita di balik layar pada musim panas lalu ketika Arsene Wenger mengindikasikan Carlo Ancelotti sebagai penerus potensial dirinya dan suksesor di bangku cadangan Arsenal.”

“Carlo Ancelotti, Anda tahu, istri dia kan orang Kanada dan seluruh keluarga mereka tinggal di London. Jadi dia tertarik,” ucap dia kepada CalcioNapoli24 yang dikutip Mirror.

“Arsenal kemudian memilih Unai Emery dan saat itu Carlo Ancelotti bergabung Napol, tapi dia tidak lupa bahwa Arsenal telah menoak dia,” kata si jurnalis. (rin/yna)


‘Boh’, Ini Bahasa Aceh untuk Telur Bukan Alat Kelamin

Liputan6.com, Aceh – Bahasa memiliki beberapa ciri umum, salah satunya keunikan. Keunikan bahasa dapat ditemukan pada bahasa apa saja, termasuk bahasa Aceh.

Liputan6.com mengulas selapis keunikan bahasa Aceh. Ulasan mencakup penggolongan kata, termasuk hitungan, penyebutan bisul dan bau tak sedap.

Pertama, kata penggolongan ‘ekor’, misal satu ekor atau seekor. Orang Aceh tidak menyebut ‘iku’ atau ‘ekor’ tetapi ‘boh’ yang mewakili kata ‘buah’ dalam bahasa Indonesia, misal, sa boh manok, berarti satu ekor ayam.

Perlu diketahui, orang Aceh tidak punya penyebutan khusus untuk ‘telur’. Telur digantikan ‘boh‘ atau ‘buah’, misal boh manok berarti telur ayam, atau sa boh boh manok berarti satu butir telur ayam.

Menariknya, ‘boh’ juga berarti penis. Sementara pelir disebut kréh, dan boh kréh mencakup keduanya.

“Bahkan semua yang agak lonjong di bagian fisik manusia disebut buah, contoh boh idong hidung, boh mieng pipi. Demikian juga buah-buah juga di sebut ‘boh’ dalam bahasa Aceh. Contoh boh mamplam berarti mangga,” jelas Hamdani Mulya, guru yang menulis buku ‘Bahasa Indatu Nenek Moyang Ureueng Aceh’ kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Sejatinya, ‘boh’ sebagai kata penggolong digunakan hampir untuk semua hitungan. Namun, untuk hitungan daun, pohon, dan biji-bijian, penyebutannya berbeda, misal satu helai atau sehelai daun disebut si oen bukan sa boh oen.

Untuk pohon, penyebutannya ‘bak’ atau batang dalam bahasa Indonesia, misal satu batang pohon disebut si bak sementara cabang pohon disebut krek atau si krek berarti satu cabang. Untuk bij-bijian, kacang, misalnya, digunakan are, contoh, si are berarti satu bambu.

Kata ‘si’ dalam kata ‘si oen, si bak, atau si are’ adalah bentuk terikat ‘se’ dalam bahasa Indonesia. Kata si-oen atau si-bak, dan pelbagai turunannya, seperti si-uroe, si-buleuen, si-thon, yang artinya satu hari, satu bulan, dan satu tahun, sejatinya ditulis terikat.

Contoh, sioen, sibak, siuroe, sibuleuen, dan sithon, jika pun dalam bahasan sebelumnya ditulis dengan bentuk tidak terikat, tujuannya agar lebih mudah diketahui mana pewatas dan mana inti frasa.

Ada baiknya pelajari bilangan dalam bahasa Aceh agar bahasan di atas bisa dipraktikkan. Bilangan satu sampai sepuluh dalam bahasa Aceh adalah, sa, dua, lhee, peut, limong, nam, tujoh, lapan, sikureueng, dan siploh, selanjutnya, ploh untuk puluhan, blah untuk belasan, reutoh untuk ratusan, dan ribee untuk ribuan.

Anies: Yang Harus Dipikirkan Produksi Air Bersih, Bukan Air Beralkohol

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menyinggung soal saham perusahaan bir PT Delta Djakarta Tbk, ketika membuka kegitan Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang di kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Awalnya Anies mengatakan minimnya air bersih merupakan salah satu masalah dasar di Jakarta Utara. Lalu dia menyatakan pemerintah seharusnya lebih fokus dalam mengatasi hal itu ketimbang produksi alkohol.

“Karena itu berkali-kali saya katakan pemerintah seharusnya memikirkan produksi air bersih, bukan air beralkohol,” kata Anies, Selasa (19/3/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, pembangunan pipa dapat dijadikan solusi untuk pendistribusian air bersih. Anies Baswedan juga menyebut uang hasil penjualan saham perusahaan bir sebanding dengan pembangunan pipa.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan uang dari negara seharusnya dapat dimanfaatkan dalam program pembangunan.

“Saya belum pernah mendengar sedikit pun yang bisa menunjukkan argumen bahwa memproduksi minuman beralkohol bagian dari pembangunan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah berjanji akan melepaskan saham perusahaan PT Delta Jakarta, yang hingga saat ini rencana itu belum terealisasi.

Janji untuk menjual saham PT Delta ini diungkapkan Anies-Sandi saat maju Pilgub Jakarta. Pada April 2018, pasangan Gubernur DKI Jakarta sudah sepakat dan sudah memulai proses penjualan kepemilikan saham tersebut. Namun, hingga kini saham belum resmi dijual.

‘De Jong ke Barcelona Bukan untuk Uang’

AmsterdamFrenkie De Jong akan berseragam Barcelona musim depan. Gelandang muda Belanda itu diklaim pindah bukan demi uang semata.

De Jong resmi direkrut Barcelona pada bursa transfer Januari, dengan dibeli seharga 75 juta euro atau Rp 1,2 triliun. Saat ini, ia masih dipinjamkan di Ajax Amsterdam hingga akhir musim.

De Jong, yang baru berusia 21 tahun, baru saja tampil oke saat Ajax menyingkirkan Real Madrid dari Liga Champions. Pemain berposisi gelandang jangkar itu menuntaskan permintaan Barcelona, yang disebut meminta dirinya mendepak Los Blancos.

Sang ibu, Marjon Schuchhard, mengatakan De Jong pindah bukan ke Barcelona untuk uang semata. Ia menilai, sang anak pindah karena sudah memikirkan masa depannya dengan cermat.

“Bahkan di Barcelona, dia akan terus menjadi anak lelaki normal. Frenkie tenang dan bijaksana, saya bangga padanya. Dia tidak membuat keputusan tanpa berpikir,” kata Schuchhard kepada De Telegraaf, seperti dilansir Marca.

“Frenkie tidak membuat keputusan demi uang. Dia selalu memikirkan langkah yang akan diambilnya beberapa kali,”

“Sangat penting bahwa dia adalah pemain sepak bola yang baik, tetapi yang lebih penting adalah dia orang yang baik. Kami membesarkannya agar tenang dan sopan,” jelasnya.

Schuchhard juga menjelaskan, De Jong sudah berjanji tidak akan merajah tato. Seperti diketahui, tubuh pemain muda tersebut masih bersih dari rajahan tinta, tidak seperti kebanyakan pemain sepakbola.

“Banyak pemain punya tato. Saya bilang ke Frenkie bahwa tato itu akan terlihat kurang bagus sudah tua. Dia menertawakannya dan mengatakan tidak berniat membuatnya,” ungkap Schuchhard.

(yna/rin)