Bukan di Wakanda, Aubameyang Dikartu Kuning karena Topeng Black Panther

LondonPierre Emerick-Aubameyang berubah jadi Black Panther dan menjadi pahlawan untuk Arsenal. Tapi karena Emirates Stadium bukan Wakanda, dia dapat kartu kuning.

Aubameyang bikin dua gol saat Arsenal menang 3-0 atas Rennes di leg kedua babak 16 besar Liga Europa. Hasil laga tersebut meloloskan The Gunners ke babak delapan besar dengan keunggulan agregat 4-3.

Usai mencetak gol kedua, atau yang ketiga untuk Arsenal, Aubameyang mengambil topeng Black Panther di belakang gawang. Topeng yang sepertinya sudah disiapkan itu langsung dia pakai sambil merayakan gol.

Tapi striker asal Gabon itu dapat kartu kuning atas perayaan tersebut. Aubameyang dianggap menyalahi aturan FIFA lantaran aksinya masuk kategori ‘unsporting behaviour’.

“Jika seorang pemain menutupi wajahnya dengan topeng atau perlengkapan sejenis saat merayakan gol, itu adalah bentuk perayaan yang tidak perlu dan berlebihan,” demikian bunyi aturan resmi FIFA.

Perayaan gol lain yang bisa berujung kartu kuning adalah jika pemain mengangkat baju hingga menutupi kepala. Atau melepas jerseynya. FIFA secara tegas juga melarang pemain memanjat pagar atau membuat bahasa tubuh provokatif saat merayakan gol.

Untuk Aubameyang, saat masih memperkuat Borussia Dortmund dia kerap merayakan gol menggunakan topeng. Namun ketika itu dia memilih menjadi Spiderman.

(din/nds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *