Bukan Cuma Ibu, Usia Ayah Juga Pengaruhi Kesehatan Bayi

Liputan6.com, Jakarta Salah satu artikel ilmiah yang dipublikasikan British Medical Journal Rabu lalu, bayi yang lahir dari ayah yang tua lebih mungkin mengalami masalah kesehatan. Mulai dari kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan masalah pernapasan.

Penelitian ini dilakukan oleh Direktur Reproduksi Pria dari Stanford University Medical Center, California, Amerika Serikat, Michael Eisenberg. Ia meneliti menggunakan data National Vital Statistics System terhadap 40 juta kelahiran di Amerika Serikat dari 2007 Р2016 seperti dilansir laman Time, Sabtu (3/11/2018).

Kemudian, ia membagi para ayah dalam lima kelompok usia. Yakni di bawah 25 tahun, 25 – 34, 35-44, 45-54 dan lebih tua dari 55 tahun. Peneliti juga memperhitungkan usia ibu juga dalam hal ini.

Hasilnya, semakin tua usia ayah semakin tinggi masalah kesehatan pada bayi. Bayi yang lahir dari ayah di atas 45 tahun dibandingkan dengan ayah berusia 25-34, kemungkinan anak lahir prematur 14 persen lebih tinggi.

Lalu, bayi yang lahir dari ayah 55 tahun memiliki skor yang rendah pada tes Apgar, ini adalah tes untuk mengukur kesehatan bayi baru lahir seperti denyut jantung, napas, dan refleks. Sehingga, berisiko 10 persen lebih tinggi membutuhkan bantuan pernapasan dan 28 persen kemungkinan dirawat di neonatal intensive care unit (NICU).

Saksikan juga video menarik berikut:

Cara menenangkan bayi laki-laki dari menangis sampai tertidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *