5 Trik Menyimpan Buah dan Sayur agar Tetap Segar Tanpa Kulkas

Liputan6.com, Jakarta – Untuk menjaga kesegaran buah dan sayur, menyimpannya di kulkas menjadi salah satu cara yang paling mudah. Tahukah Anda, tak hanya diletakkan di kulkas, namun ada cara lain untuk membuat sayur dan buah tetap segar.

Fimela.com merangkum selengkapnya lima trik yang dapat diterapkan menjaga kesegaran buah dan sayur tanpa menyimpan dalam kulkas. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Buang Bagian yang Busuk

Sayur dan buah yaang masih segar jika bercampur dengan yang busuk akan membuatnya juga cepat membusuk. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian buah dan sayur yang busuk lalu buang bagian tersebut.

2. Lapisi dengan Tisu atau Kertas

Kondisi lembap juga dapat mempercepat proses pembusukan sayur dan buah. Untuk menjaga kondisi agar tak mudah lembap, Anda dapat melapisi atau membungkusnya dengan tisu atau kertas.

Tak Melulu Wortel, Buah dan Sayur Ini Bisa Tingkatkan Fungsi Mata

Bayam

Mirip dengan kangkung, bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua anti-oksidan paling penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini bertindak sebagai perisai alami terhadap sinar UV, membantu mencegah kerusakan dan menyerap cahaya biru yang dapat merusak retina.

Brokoli

Sayuran ini mengandung banyak serat dan banyak phytocompounds yang mengurangi dampak kerusakan oksidasi pada mata. Selain itu, brokoli kaya akan vitamin B2 (riboflavin) yang mengurangi peradangan akibat kerusakan ringan. Kekurangan B2 dapat meningkatkan sensitivitas cahaya dan memiliki peran dalam pengembangan katarak.

Kangkung

Konsumsi kangkung secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Kangkung kaya akan puluhan nutrisi, termasuk banyak phytochemical, yang banyak di antaranya berperan dalam menjaga kesehatan mata Anda. Di antaranya adalah anti oksidan lutein dan zeaxanthin, yang perlu ditekankan yang super bermanfaat bagi kesehatan mata.

Selain mencegah AMD, kangkung juga mengurangi risiko katarak. Hanya dengan 100g porsi kangkung menghasilkan lebih dari asupan lutein 10mg yang direkomendasikan per hari, membantu Anda dengan mudah mencapai nutrisi baik untuk mata.

ISIS Klaim Jadi Dalang Pengeboman Pasar Buah Pakistan

Quetta – Kelompok radikal ISIS mengklaim bertanggung jawab atas bom bunuh diri di Quetta, Pakistan. Peristiwa yang terjadi pada Jumat (12/4) itu menewaskan 20 orang dan menyebabkan 48 orang luka-luka.

Dilansir AFP, Minggu (14/4/2019), ISIS menyiarkan foto dan nama pelaku bom bunuh diri tersebut pada Sabtu (13/4). ISIS menyatakan target pengeboman itu adalah kaum muslim Syiah.

Sementara itu, sebelumnya kelompok Taliban Pakistan mengaku menjadi dalang bom bunuh diri tersebut. Mereka mengaku berkolaborasi dengan Laskar e-Jhangvi, kelompok ekstrimis Sunni yang kerap mengotaki sejumlah serangan terhadap muslim Syiah di Pakistan.


Pemerintah Pakistan membantah ada ISIS di negara mereka. Namun, ISIS sempat beberapa kali mengklaim menjadi dalang sejumlah serangan di Pakistan.

Organisasi Amnesty International menyatakan peristiwa bom bunuh diri itu menjadi peringatan pedih terhadap sejumlah serangan kepada etnis Hazara–yang kebanyakan merupakan muslim Syiah–dalam beberapa tahun belakangan. Mereka pun meminta Perdana Menteri Pakistan Imran Khan memberikan perlindungan maksimal kepada kelompok etnis Hazara.

“Tiap saat mereka selalu dijanjikan akan lebih dilindungi, namun janji-janji itu tidak ditepati,” kata Wakil Direktur Amnesty International untuk Asia Selatan, Omar Waraich.
(tsa/eva)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Di Acara Prabowo, Gatot Buka-bukaan Soal Anggaran TNI dan Pencopotan Anak Buah

Jakarta – Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo hadir di acara pidato kebangsaan Prabowo Subianto. Mendapat kesempatan berbicara, mantan Panglima TNI ini menyampaikan keluh kesah.

“Saya datang ke sini tidak ada lain karena merah putih, karena negara dan bangsa memanggil untuk negara, bangsa, rakyat Indonesia. Angkat telepon dari beliau, Pak Prabowo meminta saya bicara masalah kebangsaan di sini,” ujar Gatot di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019).

Ada beberapa hal yang disampaikan Gatot dalam pidatonya. Ia berbicara soal masalah kebangsaan hingga masalah internasional. Menurut Gatot yang harus diwaspadai adalah soal global citizen.

“Siapapun bisa masuk ke negara lain, penduduk lain penduduk negara lain yang penting punya uang dan punya ide contoh singkat di Jatim, Kepanjen lah, dibuat superblock, mal, perum elite, setelah itu bupati naikin NJOP sehingga pajak naik. Kira-kira petani sanggup nggak? pergi dia ke pinggir. Penduduk negara lain datang ke situ,” kata Gatot.
“Contoh sekarang orang Betawi di mana ada di Menteng hanya beberapa gelintir saja, minggir. Contoh gampang saja Anda ke Singapura penduduk asli Singapura di mana tempatnya?” imbuhnya bertanya ke pendukung Prabowo.

Menurut Gatot, permasalahan tersebut harus diwaspadai, jika tidak maka masyarakat Indonesia selamanya akan menjadi pembantu asing. Bangsa Indonesia pun disebutnya juga bisa hilang.

“Kalau tidak waspada maka zaman penjajahan kita pembantu, kemerdekaan kita pembantu, sekarang pun pembantu, dan keturunannya pembantu. Ini yang harus diwaspadai. Negara Indonesia nggak akan hilang, tapi bangsa Indonesia yang bisa hilang,” tuturnya.

Gatot lalu berbicara soal kondisi nasional. Ada suatu hal yang menurutnya kritis yakni soal kekuatan TNI yang tidak didukung oleh pemerintah dari segi anggaran.

“Saat ini yang kritis adalah anggaran, saya tidak menyalahkan siapapun juga tapi saya harus sampaikan karena saya mantan Panglima TNI, agar rakyat bersatu jangan terpecah-pecah,” katanya.

“Saat saya menjabat Panglima TNI, saya sudah berusaha sekuat mungkin tapi saya tidak berdaya. APBN-P, TNI yaitu Dephan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU jumlah personilnya lebih dari 455 ribu mempunyai ratusan pesawat tempur, punya ratusan kapal perang, ribuan tank dan senjata berat. Anggarannya hanya Rp 6 T lebih. Sehingga Dephan dapat Rp 1 T, AD dapat 1 T lebih, AU 1 T lebih, AL dapat 1 T lebih Mabes TNI dapat Rp 900 miliar,” tambah Gatot.

Dia pun membandingkan anggaran TNI dengan salah satu institusi terkait pertahanan dan keamanan. Gatot juga membandingkan anggaran TNI dengan anggaran Polri.

“Tetapi ada institusi yang tidak punya pesawat tempur, senjatanya pendek, dan ada senjata panjang sedikit saja, dan jumlah personilnya tidak sampai 3 ribu tetapi anggarannya Rp 4 T dan kepolisan RI 17 T. Tidak ada yang salah, semua benar-benar saja tetapi ini dari segi anggaran mengecilkan TNI,” tuturnya.

Kemudian Gatot tampak memprotes mutasi personil TNI yang menurutnya dipangkas setelah ia tak lagi menjadi Panglima TNI. Ia menyebut sejumlah anak buahnya yang berprestasi dicopot dari jabatan strategi, termasuk yang berhasil membongkar kasus penyelundupan ribuan senjata dari luar negeri.

“Yang paling penting bagi tentara adalah semangat juang dan moralitasnya, ini pun dipaprasin. Begitu saya turun, maka semua yang terbaik dicabut. KaBAIS Mayjen TNI Ilyas, dia yang menyelesaikan Poso, silakan diskusi dengan siapapun siapa yang selesaikan Poso, tetapi dicopot sampai sekarang tanpa jabatan. Termasuk Direktur A komandan satuan tugas intelijen yang membongkar (penyelundupan) senjata sekarang pun dicopot tanpa jabatan,” beber Gatot.

“Investasi SDM di TNI itu adalah jabatan-jabatan tersebut. Panglima Divisi Infanteri I dan II dicopot sampai dengan sekarang tanpa jabatan. Komandan Jenderal Kopassus masuk Pangdam III langsung dicopot sampai sekarang tak ada jabatan dan orang-orang bermasalah menempati jabatan-jabatan strategis,” imbuhnya.

Di akhir pidatonya, Gatot lalu berbicara soal pentingnya persatuan di Pilpres ini. Ia menceritakan soal ada suami istri yang cerai karena beda pilihan capres.

“Jangan sampai rakyat Indonesia terpecah, harus bersatu. Jangan sampai hanya karena pilpres pecah. Jangan mempertajam, suami sitri ada yang sampai cerai. Dalam kondisi saat ini rakyat harus satu, dingin, jangan mau dipecah-pecah,” sebut Gatot.
(elz/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan Kencang

Jakarta – Malas konsumsi buah bisa membuat kulit kusam dan keriput. Kandungan vitamin dan mineral dari buah bisa bikin kulit sehat.

Tak harus mengeluarkan uang untuk membuat wajah sehat. Buah mengandung vitamin dan mineral alami ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dikutip dalam beberapa sumber, ini 9 jenis buah sehat yang dapat menjaga kulit agar terhindar dari keriput dan juga jerawat.

Baca Juga: Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Kulit Mulus dan Bersih

1. Delima

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: GettyImages

Jus delima punya manfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Jus ini dapat membantu samarkan garis dan bintik-bintik apabila dikonsumsi secara teratur.

Buah berwarna merah ini juga mengandung polifenol yang dapat melawan radikal bebas dan dapat meningkatkan aliran darah. Sehingga buah ini dapat membuat kulit sehat melalui proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Delima juga dapat mencegah serta mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Kulit buah ini juga dapat digunakan, untuk mendorong pertumbuhan sel dan menghambat keriput secara alami. Enzim yang memecah kolagen bisa membuat kulit terlihat awet muda.

2. Pisang

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Ternyata pisang mengandung asam amino yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. Buahnya juga mengandung zinc dan kalium. Zinc dapat melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium dapat menghidrasi kulit yang dehidrasi.

Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga bisa digosokkan ke wajah secara perlahan untuk membantu cerahkan kulit wajah.

3. Semangka

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Buah yang segar ini juga dapat menyegarkan kulit Anda. Buah ini mengandung zat yang secara alami dapat mengencangkan kulit. Ketika Anda sedang merasa lelah karena baru pulang setelah melakukan aktifitas di luar, maka sebaiknya Anda membersihkan wajah Anda dengan irisan buah ini.

Buah ini dapat mengontrol tanda-tanda penuaan karena kandungan karotennya. Ini juga dikenal untuk menyamarkan bekas luka pada kulit jika dioleskan secara teratur.

4. Pepaya

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Pigmentasi dapat diatasi dengan buah ini. pepaya yang dihaluskan dapat dijadikan masker untuk membantu haluskan kulit yang kasar.

Selain bisa dijadikan sebagai masker wajah. Buah pepaya juga sangat bagus untuk

Banyak yang sudah mencegah keriput pada usia dini. Maka Anda bisa mengaplikasikan masker pepaya supaya dapat mengendalikan kerutan.

5. Kiwi

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Kiwi dikenal mengandung asam lemak Omega-3. Asam lemak ini dapat melindungi kulit dari kuman. Kiwi dapat mencegah Anda dari infeksi kulit. Bahkan buah ini juga dapa menjaga kekencangan kulit. Kiwi juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu tingkatkan produksi kolagen.

6. Jeruk

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Jeruk sangat baik untuk menghilangkan komedo. Jus jeruk juga dikenal dapat mengurangi noda pada wajah dan mengobati jerawat. Serta mengkonsumsi buah atau jus jeruk secara teratur dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

7. Apel

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Apel baik untuk Anda karena dapat membantu cerahkan kulit . Apel dapat memberikan perlindungan pada kulit secara efektif dengan menghilangkan patogen dan minyak berlebih pada wajah. Buah apel juga mengandung antioksidan dan juga vitamin C yang dapat membantu kulit nampak sehat dan halus.

8. Anggur

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Anggur adalah sumber vitamin C. Antioksidan yang terkandung pada anggur juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas selama musim dingin. Anggur juga mengandung potasium yaitu agen penting yang dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan dapat mencegah keriput dan tanda penuaan.

9. Jambu biji

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Jambu biji adalah sumber Vitamin A, C, likopen, dan karoten yang baik. Semua kandungan ini dapat membantu mengurangi adanya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin K yang baik sehingga mampu mengobati jerawat, iritasi kulit dan kemerahan pada wajah.

Dengan konsumsi jambu biji setiap hari, dapat menghindari wajah dari garis-garis halus, kulit kering dan noda hitam. Jambu biji enak dimakan langsung atau dibuat menjadi smoothies dan jus. Namun jangan tambahkan gula karena bisa menambah kandungan kalori dan berujung pada kenaikan berat badan.

Baca Juga: Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Bantu Berat Badan (lus/lus)

Cara Mudah Membuat Pudding Buah yang Mudah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta – Ingin mencoba kreasi pudding buah lainnya? Kali ini Smart Mama akan memberikan satu resep Pudding buah yang pada setiap lapisannya akan mendapatkan sesuatu yang berbeda.

Seperti pada lapisan pertama pudding buah ini, menggunakan buah-buahan segar seperti kelengkeng, stroberi, jeruk, dan kiwi. Ditambah dengan agar-agar yang dimasak dengan sirup longan.

Di lapisan kedua, menggunakan santan sehingga memberikan sensasi rasa gurih pada pudding. Selanjutnya rasa manis dari jus manga akan menjadi lapisan terakhirnya.

Ingin tahu cara pembuatan resep pudding buah mudah yang bisa dipraktekan di rumah? Saksikan videonya di channel Smartmama di Vidio.com berikut ini.

Resep membuat pudding buah yang bisa dipraktekan di rumah

5 Buah Ini Sebaiknya Dihindari Setelah Minum Obat, Malah Menambah Penyakit

Jeruk juga merupakan salah satu buah-buahan yang sering dibawa ketika mengunjungi orang sakit. Sama juga seperti apel, jeruk sebaiknya dihindari ketika sedang minum obat, terutama jeruk bali.

Hanya dengan satu gelas jus jeruk dapat mengganggu enzim usus yang penting, akibatnya mengubah cara tubuh dalam metabolisme obat-obatan tertentu. Jeruk Bali sebaiknya dihindari oleh pasien yang menggunakan obat resep tertentu seperti statin, imunosupresan, penghambat saluran kalsium dan benzodiazepines. Bila Anda mengonsumsi jeruk bali ini, akan menyebabkan efek samping dari obat-obat tersebut menjadi semakin besar.

Jadi walaupun sebenarnya jeruk bali merupakan buah yang mengandung banyak sekali vitamin c dan serat, Anda harus menghindarinya ketika sedang mengonsumsi obat.

Anak Buah Penyuap Hakim Merry Divonis 4 Tahun Penjara

Jakarta – Pengusaha Hadi Setiawan divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan terkait kasus suap hakim ad hoc PN Tipikor Medan Merry Purba. Hadi terbukti membantu pengusaha Tamin Sukardi menyuap Merry untuk melancarkan perkaranya di Pengadilan Tipikor Medan.

“Menyatakan terdakwa Hadi Setiawan telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” kata hakim ketua Saifudin Zuhri saat membacakan amar putusan dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Hadi melanggar Pasal 6 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Kasus ini bermula ketika Tamin sudah berstatus terdakwa terkait perkara pengalihan tanah negara/milik PTPN II kepada pihak lain seluas 106 hektare eks HGU PTPN II Tanjung Morawa di Pasar IV Desa Helvetia, Kabupaten Deli Serdang.

Perkara itu diadili di PN Medan dengan susunan majelis Wahyu Prasetyo Wibowo sebagai ketua majelis dan dua hakim anggota atas nama Sontan Merauke Sinaga dan Merry Purba, serta panitera pengganti Wahyu Probo Julianto dan Helpandi.

Kemudian Hadi membantu Tamin memberikan suap kepada hakim PN Medan melalui panitera pengganti Helpandi sebesar SGD 280 ribu untuk dibagikan kepada Merry Purba dan hakim lainnya. Di mana uang tersebut dimaksudkan untuk mempengaruhi putusan Tamin agar bebas.

“Unsur memberikan sesuatu terbukti secara sah menurut hukum,” papar hakim.

Hakim juga meminta jaksa membuka pemblokiran rekening atasnama Hadi Setiawan karena tidak terkait dalam perkara ini.

Terkait hal yang memberatkan, Hadi disebut tidak ikut serta mewujudkan program pemerintah bersih korupsi, kolusi, dan nepotisme. Sedangkan hal yang meringankan adalah Hadi menyesali perbuatannya.

Atas vonis tersebut, Hadi Setiawan menerima putusan majelis hakim. Sedangkan jaksa KPK masih berfikir-fikir untuk mempertimbangkan mengajukan permohonan banding atau tidak atas vonis tersebut.
(fai/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tanam ‘Buah Surga’ di Belakang Rumah, Milenial Ini Raup Puluhan Juta

Karawang – Petani muda di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sukses memanfaatkan lahan terbatas menjadi mesin penghasil uang. Dengan jeli, ia mengubah sepetak tanah di belakang rumahnya menjadi kebun dan persemaian buah tin. Meski bertani di lahan sempit, kini ia bisa meraup untung hingga puluhan juta rupiah setiap bulan.

“Kebun ini hanya seluas 10 X 12 meter. Dulunya lahan tak terurus, penuh rumput dan semrawut. Daripada mubazir, lahan belakang rumah ini, saya buat kebun dan tempat persemaian buah tin,” kata Dede Abdul Halim (31), petani asal Desa Ciranggon, Kecamatan Majalaya Karawang, saat ditemui detikFinance di rumahnya, Kamis (4/4/2019).

Dede mengaku terdorong menanam buah tin karena buah itu disebut dalam kitab suci Al Quran. Selain itu, kata Dede, buah tin dikenal punya banyak manfaat kesehatan.

“Terlebih bisnis buah tin masih prospektif karena tergolong jarang, sedangkan peminat banyak,” ujar Dede.

Setiap bulan, kata Dede ia mendapat order paling sedikit seribu batang bibit buah tin. Dengan harga jual Rp 20 ribu per batang, Dede bisa meraup untung rata-rata Rp 20 juta setiap bulan.

“Saya kirim bibit buah tin ke Bandung, Purwakarta, Subang bahkan sampai ke Lombok,” tutur dia.

Keuntungan yang diraih Dede makin berlipat jika pohon tin berbuah. Di pasaran, kata Dede harga jual buah tin cukup tinggi. Untuk satu kilogram buah masak, bisa mencapai Rp 200 hingga Rp 300 ribu.

“Merawat pohon tin juga tidak merepotkan. Cuma perlu disiram dua hari sekali. Tidak perlu perawatan yang ribet,” katanya.

Dede Abdul Halim memperlihatkan bibit tin jenis Green Jordan. Dede Abdul Halim memperlihatkan bibit tin jenis Green Jordan. Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom

Keuntungan bisa berlipat ganda bagi yang mengulik bisnis pohon tin lebih dalam. Dede menuturkan untuk jenis pohon tin tertentu, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah per batang.

“Selalu saja ada kolektor yang mencari pohon tin langka. Biasanya menghasilkan buah dengan warna unik, ada garis – garisnya,” kata Dede.

Dede memulai bisnis buah tin empat tahun lalu. Lantaran memiliki urat petani dari ayahnya, ia memutuskan tak bekerja setelah kuliah jurusan pertanian.

“Saya memulai bisnis ini dengan modal dengkul. Ngumpulin informasi dan modal dari teman -teman komunitas petani buah tin,” tutur Dede.

Dede kemudian berkecimpung dalan jaringan komunitas petani tin dari wilayah Karawang, Purwakarta hingga Subang. Mereka kerap bertukar informasi dan seluk beluk tanaman tin. Kebanyakan, kata Dede anggotanya petani pemula usia muda.

“Kami berbagi banyak hal dan saling bantu satu sama lain,” tutur Dede.

Setelah empat tahun berjalan, bisnis Dede mulai berkembang. Dia menyediakan berbagai jenis tin seperti Brown Turkey, Green Jordan dan Purple Jordan. Untuk merawat tanaman-tanaman itu, Dede mempekerjakan empat pemuda. Salah satunya Cahya Ningrat (19).

“Di sini saya belajar sambil bekerja. Supaya tidak merepotkan orang tua,” kata lulusan smk jurusan mesin itu. Cahya mengaku harus menunda cita-citanya menjadi pegawai pabrik lantaran tak juga dipanggil bekerja.

(ang/ang)

Demi Pengobatan Istri, Kepala Desa di Gowa Tilap Uang Makan Anak Buah

Liputan6.com, Gowa – Kepala Desa Bategulung, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Muhammad Said, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana desa di tempatnya memerintah. Ia menyelewengkan dana desa Rp 531.168.459 sepanjang tahun 2015 hingga 2018.

“Pada pelaku ditemukan terjadinya penyalahgunaan anggaran lebih dari Rp 500 juta, yang diakui pelaku dilakukannya atas dasar faktor situasi yang membutuhkan ekonomi,” kata Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, Selasa (2/4/2019).

Shinto menyebutkan ihwal terungkapnya kasus penyelewengan dana desa ini berawal ketika pihak Kepolisian menerima laporan dari warga desa Bategalung. Selain itu, Polres Gowa juga mendapat laporan dari Satgas Dana Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Kita terima laporan dari masyarakat dan kementerian. Kita langsung tindak lanjuti, setelah ditelusuri dan ditemukan alat bukti ternyata benar dia korupsi,” jelasnya.

Shinto juga menyebutkan bahwa dana desa yang diselewengkan oleh Muhammad Said itu adalah anggaran dana desa pada tahun 2015 hingga 2018. Modusnya adalah dengan memalsukan nominal pada Rancangan Anggaran Belanja (RAB) proyek pembangunan desa yang menggunakan dana desa.

“Jadi dari hasil penyelidikan kita menemukan adanya pengerjaan proyek desa yang tidak sesuai RAB bahkan ada pekerjaan proyek yang sama sekali tidak dikerjakan,” dia menjelaskan.

Tak hanya itu, Muhammad Said bahkan mengambil anggaran penyelenggaraan pemerintah desa yang bertujuan untuk tunjangan, honor, uang makan dan minum, serta uang transportasi aparatur desa.

“Tersangka juga bermodus tidak menyerahkan dana BUMDes ke pengelola serta tidak menyetor ke rekening sehingga digunakan untuk kepentingan pribadi. Bahkan, ia juga tidak menyetorkan utang pajak sejak tahun 2016-2018 yang merupakan hak negara,” tambah Shinto Silitonga.

Sejumlah barang bukti berupa dokumen pun berhasil diamankan dari Muhammad Said, di antaranya dokumen APBD, laporan realisasi anggaran tahun 2015-2018, dokumen-dokumen pencairan dana desa, lembar kuitansi pengambilan dana serta laporan penghitungan keuangan kerugian negara dari Inspektorat Pemda.

“Kami yakin ini sebuah penyalahgunaan, oleh karena itu dilakukan penahanan terhadap pelaku guna mempertanggungjawabkan anggaran dana desa selama periode 2015-2018 dan akan terus melakukan pengembangan dan pendalaman lebih lanjut,” tukas Shinto.