BPBD Sidareja Pantau Terus Kondisi Pengungsi Banjir Cilacap

Bencana banjir kali ini, BPBD Cilacap menerapkan sistem dapur umum mandiri. BPBD menyuplai logistik dan menyiapkan alat masak.

Bahan mentah itu kemudian dimasak sendiri oleh para pengungsi. Menurut Agus, penerapan dapur mandiri ini memungkinkan para pengungsi memasak sesuai dengan kebutuhan.

Agus mengungkapkan, pada Kamis, jumlah desa yang terendam masih sama dengan hari Rabu, sembilan desa yang tersebar di empat kecamatan. Namun, jumlah rumah yang terdampak sudah berkurang kisaran 700 rumah.

Meski begitu, BPBD mewaspadai kemungkinan hujan lebat yang bisa memicu kembali naiknya ketinggian rendaman. Sebab, wilayah eks-Distrik Sidareja merupakan cekungan yang menampung seluruh air dari pegunungan di sekitarnya.

Terkait curah hujan yang meningkat pada awal Deseber 2018 ini, Prakirawan BMKG Pos Pengamatan Cilacap, Rendy Krisnawan mengemukakan, puncak musim penghujan di Jawa Tengah selatan diperkirakan memang terjadi pada Desember 2018 hingga Februari 2019 mendatang.

Sebab itu, ia mengimbau agar masyarakat di Jawa Tengah bagian selatan, terutama di Banyumas dan Cilacap, mewaspadai risiko potensi bencana yang meningkat pada puncak musim penghujan ini.

Berdasar pantauan di beberapa wilayah, sejak awal Desember intensitas dan durasi hujan semakin meningkat. Bahkan, beberapa di antaranya berkategori ekstrem, atau lebih dari 150 milimeter per hari.

Tak pelak, kondisi ini memicu puluhan bencana banjir dan longsor yang terjadi di Banyumas dan Cilacap. Salah satunya banjir di kawasan Sidareja yang kini masih berlangsung.

Sebab itu, ia pun mengimbau agar warga tetap mewaspadai kemungkinan bencana seturut puncak musim penghujan yang terjadi di dua daerah ini.

“Dampak lanjutan dari yang ditimbulkan akibat kondisi cuaca tersebut, seperti biasa mengakibatkan banjir, mengakibatkan tanah longsor, dan banjir bandang, terutama untuk daerah pegunungan,” ucap Rendy.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Ribuan Rumah di Cilacap Terendam Banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *