Bawa Botol Minuman, Sandiaga Uno Boyong Kebiasaan Hidup Sehat ke Panggung Debat Cawapres

Liputan6.com, Jakarta – Sandiaga Uno tampaknya memboyong gaya hidup sehat saat tampil ke panggung Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu malam (17/3/2019). Begitu namanya dipanggil, Sandiaga yang memakai setelan jas deep blue, terlihat menenteng botol minum.

Tak lama, ia meletakkan botol minum warna hijau muda itu di meja. Bukan kali ini saja Sandiaga Uno tampak membawa botol minum. Saat dirinya dan Prabowo menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, ia juga tampak membawa barang tersebut.

Kebiasaan itu juga ia lakukan saat berolahraga, selaras dengan gaya hidup sehat Sandiaga yang selalu membawa dan mengonsumsi infused water. Ada banyak manfaat kesehatan dari air infus yang dibawa Sandiaga.

Melansir dari pvamu.edu, Minggu (17/3/2019), infused water sangat cocok menghalau rasa haus. Ramuan ‘air ajaib’ tersebut sangat cocok mempertahankan kekebalan tubuh, mencegah mulas, regulasi gula darah, dan manajemen berat badan.

Air infus yang jadi favorit Sandiaga adalah berisi perasan lemon. Air tersebut dapat menenangkan sakit kepala dan merupakan penyegar nafas yang sangat baik. Ini juga menguntungkan sistem pencernaan, melindungi sistem kekebalan tubuh, dan mendukung pembakaran lemak.

Selain itu, air lemon telah dikenal memberikan manfaat kecantikan yang besar, mendukung tekstur dan penampilan kulit yang sehat serta mengatur tingkat pH, mendukung kesehatan ginjal yang baik, memberikan dosis vitamin C yang baik dan mendukung perang melawan kanker.

Debat Cawapres yang dimulai pukul 20.00 WIB ini berlangsung maksimal sekitar 96 menit. Saat melangsungkan debat botol minuman milik Sandiaga Uno terpampang di mejanya. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Sandiaga Uno sampaikan visi misinya terkait tema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Budaya pada Debat Ketiga Capres 2019.

Dapat Potongan Harga, MU Berpeluang Boyong Alderweireld

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) berpeluang mendapat potongan harga Toby Alderweireld. Ini membuat peluang Setan Merah mendapatkan bek asal Belgia itu semakin terbuka lebar. 

Alderweireld sempat menjadi idaman bagi MUpada bursa transfer awal musim 2017/18 lalu. Saat itu, Jose Mourinho begitu ngebet untuk dibelikan eks pemain Southampton tersebut. Tapi, rencana MU terbentur harga yang mahal.

Ketika itu, Spurs hanya bersedia melepas Alderweireld dengan harga 70 juta pounds. Meskipun Mourinho memintanya, tapi direksi MU memutuskan untuk tidak membawanya ke Old Trafford karena harga yang mahal.

Toby Alderweireld masih punya kontrak di Tottenham Hotspur sampai 30 Juni 2020 mendatang. Namun, dalam kontrak itu ada sebuah klausul yang memungkinkan dia pindah pada awal musim 2019/20 dengan harga tertentu.

Dikutip dari The Mirror, pada musim panas mendatang, klausul buy out dalam kontrak Alderweireld akan aktif. Dan, nilai dalam klausul tersebut adalah 26 juta pounds atau sekitar Rp 491 miliar.

Harga tersebut jauh lebih murah dari yang pernah diminta oleh Spurs pada awal musim 2018/19 lalu. Tentu saja, kondisi tersebut jadi angin segar bagi Manchester United yang sudah lama membidik servis pemain berusia 30 tahun tersebut.

MU Siapkan Dana Fantastis Untuk Boyong Paulo Dybala dari Juventus

Liputan6.com, Turin – Manchesetr United (MU) dikabarkan tengah tertarik dengan striker milik Juventus, Paulo Dybala. Setan Merah mengincar pemain Argentina tersebut untuk mengantisipasi kepergian Romelu Lukaku musim panas nanti.

Pihak manajemen MU dikabarkan telah menyiapkan dana fantastis sebesar 120 juta poundsterling atau sekitar Rp 2,2 triliun untuk mengangkut Dybala. Di diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan tim guna mengejar titel juara Liga Inggris.

Juventus sebenarnya enggan melepas penyerang 25 tahun tersebut. Namun, apabila datang tawaran sebesar 120 juta pounds, mereka siap untuk melepas Dybala.

Oleh sebab itu pihak Manchester Merah telah menyiapkan dana tersebut untuk mendatangkan mantan pemain Palermo ini.

Dikabarkan juga, penyerang milik MU, Romelu Lukaku akan meninggalkan Old Trafford musim panas nanti. Juventus juga dikabarkan tertarik untuk mendatangkan pria Belgia ini.

I Bianconeri juga diutungkan, sebab, mantan pemain Chelsea ini lebih tertarik untuk pindah ke Juventus bila harus keluar dari MU.

2 dari 3 halaman

Karena Ronaldo

Cristiano Ronaldo menjadi alasan ketertarikan Lukaku untuk pindah ke Juventus. Dirinya adalah penggemar berat pemilik nomor tujuh itu. Dan ia juga ingin sekali bermain bersama bintang Timnas Portugal tersebut.

Selain Juventus, klub Serie A lainnya, Inter Milan juga menyatakan ketertarikannya dengan Lukaku. I Nerrazuri bersedia mengorbankan Mauro icardi untuk ditukar dengan penyerang Timnas Belgia tersebut.

3 dari 3 halaman

Meningkat

Penampilan Lukaku akhir-akhir ini tengah meningkat. Penyerang yang sempat membela Everton ini berhasil mencetak dua gol dalam pertandingan melawan Southampton akhir pekan lalu.

Pada musim ini, Lukaku telah mencatatkan 26 pertandingan dengan koleksi 12 gol. Ia dipersiapkan sebagi juru gedor dalam leg kedua Liga Champions melawan PSG dinihari nanti. Setan Merah wajib membalikan keadaan usai tertinggal dua gol di leg pertama lalu.

(Fatur Rahman/Mg)

Fabio Capello Larang Juventus Boyong Matthijs De Ligt

Liputan6.com, Turin – Ketertarikan Juventus terhadap bek Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt sudah menjadi rahasia umum. Namun, Fabio Capello menyarankan mantan klubnya untuk tidak merekrut pemain asal Belanda tersebut.

Sosok yang pernah membela dan melatih Juventus itu punya pertimbangan berdasar pengalaman. Dia mengaku tidak percaya terhadap bek dari Negeri Kincir Angin.

Capello menilai Juventus seharusnya mendahulukan produk Italia untuk mengisi sektor tersebut. “Saya tidak pernah suka bek Belanda. Mereka tidak punya kualitas sama seperti bek Italia,” ungkapnya, dikutip Calciomercato.

La Vecchia Signora siap bersaing dengan Barcelona dan Paris-Saint Germain demi mendatangkan De Ligt. Fabio Paratici bahkan memantaunya langsung saat Ajax menghadapi Real Madrid pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (13/2/2019).

Direktur Olahraga Juventus itu mencari darah segar untuk menggantikan Daniele Bonera (37 tahun), Giorgio Chiellini (34 tahun), dan Leonardo Bonucci (31 tahun).

2 dari 3 halaman

Alasan Capello

Capello punya dasar berdasar pengalamannya. Menangani Juventus, AC Milan, AS Roma, dan Real Madrid, dia kerap mempercayakan lini belakang ke pemain Italia.

Sosok yang juga pernah melatih Timnas Inggris dan Rusia itu bahkan mendatangkan Fabio Cannavaro Estadio Santiago Bernabeu pada 2006 agar pertahanan Real Madrid tidak mudah ditembus.

3 dari 3 halaman

Talenta Berbakat

Reputasi De Ligt meningkat setelah menembus tim utama Ajax pada musim lalu. Baru berusia 19 tahun, dia kemudian dipercaya menjadi kapten klub dan diandalkan timnas.

Momen 100 Tahun, Bentley Boyong Model Edisi Khusus ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Tahun ini salah satu merek mobil premium yang beroperasi di Tanah Air, Bentley siap meluncurkan berbagai model baru. Dengan memanfaatkan momen perayaan 100 tahun, pabrikan yang berada di bawah naungan PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) ini siap mengaspalkan beberapa model edisi khusus.

Dijelaskan Dhani Yahya, Brand Director PT WAE untuk Bentley Indonesia, menghadirkan beberapa model baru tahun ini, merupakan strategi untuk terus meningkatkan penjualan.

“Tahun ini sangat luar biasa untuk kami, karena berkaitan dengan 100 tahun extraordinary Bentley dari 1919 ke 2019. Jadi, semua mobil yang diproduksi tahun ini ada centenary specification, tidak limited dan tersedia untuk semua mobil,” jelas Dhani saat berbincang dengan wartawan di bilangan Jakarta Selatan.

Lanjutnya, momen 100 tahun ini bakal jadi gimik yang menarik. Pasalnya, dengan konsumen yang cukup loyalis untuk jenama asal Inggris tersebut, memiliki mobil edisi khusus seperti sebuah kebanggan tersendiri, dan hal tersebut akan sangat dimanfaatkan untuk mengangkat penjualan.

“Khusus untuk beberapa ada yang limited edition, pertama Mulsanne yang akan diproduksi sebanyak 100 unit. Setelah itu, akan diluncurkan segera Continental GT yang centenary dan hanya akan diproduksi 100 unit,” tegasnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, versi convertible atau atap terbuka untuk Continental GT dan Bentayga juga bakal dihadirkan. Dua model ini, juga tidak lepas dari spesifikasi 100 tahun, yang sepertinya bakal menjadi senjata andalan untuk menjual produknya tahun ini.

Untuk diketahui, tampilan edisi 100 tahun Bentley ini baru bisa terlihat saat Geneva Motor Show Maret mendatang. Kemungkinan besar, konsumen pun baru bisa mendapatkan unitnya akhir tahun maupun tahun depan.

Namun Dhani menjamin, pemilik yang melakukan pemesanan pada 2019, mendapatkan mobil mewah edisi khusus ini.

“Edisi 100 tahun, sesuatu yang memberikan energi untuk meningkatkan penjualan,” pungkas Dhani.

AC Milan Bakal Boyong Pemain Bintang Lagi

Liputan6.com, Jakarta Presiden AC Milan, Paulo Scaroni, menyebut Rossoneri bisa saja mendatangkan nama besar, jika aturan Financial Fair Play (FFP) memperbolehkannya. Selama ini, aturan FFP telah membuat pergerakan AC Milan di bursa transfer semakin terbatas.

AC Milan telah berurusan dengan FFP sejak masa peralihan musim 2017-2018 ke 2018-2019. Akibat belanja besar-besaran di musim kemarin yang tidak diimbangi oleh pemasukan yang sepadan, mereka pun langsung masuk dalam pantauan regulasi UEFA tersebut.

Setelah perjuangan yang cukup panjang, AC Milan berhasil terhindar dari hukuman larangan bermain di ajang Eropa pada musim ini. Hanya saja, ada sanksi lain yang sedang menanti mereka pada tahun 2021 mendatang.

Beberapa bulan yang lalu, UEFA menyatakan bahwa AC Milan dibolehkan berpartisipasi di ajang Eropa setidaknya hingga tahun 2021 nanti. Tapi, untuk tahun selanjutnya, partisipasinya akan bergantung pada kondisi keuangannya.

2 dari 3 halaman

Asal FFP Mengizinkan

Jika neraca keuangannya di tahun 2021 nanti tidak seimbang, maka Milan dipastikan tak boleh mengikuti kompetisi Eropa pada dua musim setelahnya. Selain itu, sebelum 2021, jumlah pemain yang diikutkan dalam ajang Liga Champions ataupun Liga Europa juga dibatasi.

FFP benar-benar menjadi momok untuk klub raksasa Italia tersebut. Maka dari itu, Scaroni menyatakan bahwa Milan bisa saja memboyong pemain dengan nama besarnya, selama FFP memperbolehkannya.

“Saat saya bertemu seorang fans klub, yang bertanya ‘Presiden, kenapa anda tak membeli nama besar lainnya?’, saya menjawab, ‘tentu saja, bila FFP memperbolehkannya’,” tutur Scaroni kepada Il Sole 24.

3 dari 3 halaman

Paham Jika Fans Tak Mengerti

Proses perekrutan pemain sendiri, dijelaskan Scaroni kepada sang penggemar, tidak serta merta mencatut nama dan membayarnya dengan sejumlah uang saja. Namun ia mafhum, sebab ada banyak fans yang tidak paham dengan aturannya.

“Saya juga menjelaskan ke mereka soal mekanisme yang membuat anda bisa membeli pemain, hanya dengan sumber daya yang berasal dari keuntungan klub,” tambahnya.

“Mereka terkadang bingung saat saya memberitahunya, karena mereka tak tahu peraturan itu. Sepak bola telah berubah drastis dan semua orang di dalamnya harus beradaptasi dengan itu,” tandasnya.

Meskipun sedang dikekang FFP, namun Milan masih bisa belanja pemain di bulan Januari kemarin dengan nominal uang yang tak sedikit. Mereka mendatangkan Lucas Paqueta dan Krzysztof Piatek dengan total biaya sebesar 72 juta euro.

Sumber: bola.net

Barcelona Capai Kesepakatan untuk Boyong Luka Jovic

Barcelona – Barcelona dikabarkan surat kabar Jerman, Frankfurter Allgemeine pada Senin (11/2/2019), telah mencapai kesepakatan personal dengan striker Eintracht Frankfurt, Luka Jovic.

Rumornya Barcelona sudah bertemu dengan agen Jovic. Kedua belah pihak kini berharap dapat menyelesaikan proses transfer Jovic pada musim panas nanti.

Kabar ini membuat Barcelona berhasil memenangi persaingan dengan beberapa klub benua Biru, termasuk Real Madrid yang menginginkan Jovic. Striker berusia 21 tahun itu beberapa hari sebelumnya mengungkapkan keinginan bermain di Liga Champions musim depan.

Jovic tampil memikat bersama Eintracht Frankfurt di Bundesliga musim ini. Ia telah mencetak 14 gol sekaligus menempatkannya sebagai pemuncak daftar topskorer sementara Bundesliga.

Keinginan Barcelona mendatangkan Jovic merupakan bagian dari rencana masa depan tim yang bermarkas di Camp Nou. Striker asal Serbia diplot sebagai suksesor Luis Suarez yang kini berusia 32 tahun.

Sumber: Sport

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Juventus Tak Akan Boyong Paul Pogba

, Turin – Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menyatakan kalau timnya tidak berniat untuk membeli Paul Pogba. Menurutnya, kemungkinan tersebut tak pernah ada.

“Media seperti berfantasi mengenai kemungkinan Paul Pogba kembali ke Juventus. Hal itu sama sekali tidak mungkin,” ujar Allegri.

“Saya tak akan menipu diri saya sendiri jika mengatakan ada kemungkinan ia kembali ke Juventus. Sangat sulit untuk membawanya kembali ke Italia,” ungkap Allegri.

Sebelumnya, Paul Pogba disebut meminta Juventus untuk membelinya kembali ketika Jose Mourinho masih menangan Manchester United. Pogba mengalami masa-masa sulit di bawah kendali Mourinho.

Pogba selalu menjadi sasaran kritik Mourinho dan manajer asal Portugal itu dinilai tak bisa mengeluarkan performa terbaik Pogba. Kritikan pun terus datang untuk Pobga mengenai penampilannya bersama Manchester United.

Hal itu menimbulkan spekulasi kalau Manchester United akan melepasnya. Juventus dan Barcelona disebut sebagai klub yang berniat menyelamatkan karier Pogba.

Namun, pergantian manajer Manchester United, dari Mourinho ke Ole Gunnar Solskjaer. mengubah nasib Pogba. Ia kembali menjadi mesin utama Manchester United dan sudah mengantarkan klub tersebut bangkit.

Hal itu membuat Juventus mengurungkan niat untuk membawa Pogba kembali ke Italia karena sang pemain sudah menikmati permainannya di Manchester United.

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Keraton Kartasura, Riwayatmu Kini

Solo – Rabu Pahing 17 Muharam 1670 (1745 M) menjadi hari yang bersejarah bagi Kerajaan Mataram Islam. Itulah hari berpindahnya kerajaan tersebut dari Kartasura ke Keraton Surakarta.

Saat itu, rombongan besar mengular, dua ratus prajurit berkuda dan prajurit lima batalion menjadi saksi atas perpindahan itu. Dipimpin raja mereka, Sri Susuhunan Paku Buwana II, beserta keluarga raja dan pejabat Kerajaan Mataram Kartasura.

Seluruh harta kerajaan diboyong. Sepasang pohon beringin yang masih muda, singgasana, bangsal pengrawit, gajah dan burung kesayangan Sri Baginda, arca-arca emas untuk upacara, pusaka Kyai Ppangarab-arab dan pusaka Kyai Butamancak, kitab-kitab pusaka, dan tak ketinggalan pula pusaka Nyai Setomi.

Bedol negara. Tidak hanya keluarga raja dan petinggi kerajaan, tetapi juga tukang patri emas, tukang besi, penjahit, tukang kayu, tukang batu, abdi dalam keraton, peniup terompet, abdi dalem dapur dengan segala perkakasnya, semuanya ikut boyong.

“Ini jalan yang dilalui mereka dua ratus lima puluh tahun yang lalu,” kata Sarosa Suyowiyoto, menunjuk Jalan Slamet Riyadi, Kartasura.

Jalan kabupaten itu membujur Barat ke Timur di sisi utara situs Keraton Kartasura, tidak jauh dari jalan Deandles (Jalan Raya Solo-Semarang). Jika ditarik lurus ke timur, jalan beraspal itu akan tembus sampai di Keraton Surakarta.

Enam puluh enam tahun sebelum peristiwa perpindahan tersebut, Keraton Kartasura secara resmi pertama kali didiami oleh Sunan Amangkurat II (1677-1702) meski pembangunannya belum selesai benar. Pada 11 September 1680, Raja Mataram yang semula bernama Pangeran Adipati Anom menempati Kartasura. Kartasura adalah keraton sekaligus ibu kota baru Kerajaan Mataram pengganti keraton yang lama di Plered, Yogyakarta.

Pemilihan lokasi keraton dan ibukota Kerajaan Mataram yang baru diserahkan kepada tokoh-tokoh kerajaan. Setelah melakukan survei, mereka berembuk dan akhirnya menetapkan tiga lokasi yang dianggap tepat untuk membangun keraton.

Lokasi yang diusulkan adalah Wanakerta, Logender, dan Tingkir. Ketiga lokasi ini semuanya layak dijadikan lokasi baru kerajaan. Logender, misalnya, daerahnya terbuka dan cukup air. Sedangkan Tingkir, selain cukup air wilayahnya juga sejuk. Kondisi yang sama juga ada di Wanakerta. Daerah itu bahkan dekat dengan bekas wilayah Pajang dan Mataram.

Tujuh bulan lamanya keraton dibangun dan mendekati selesai. Bentengnya yang luas dan tebal baru dibuat dari gundukan tanah berkeliling dan disangga dengan papan di luar dan di dalamnya, agar tidak runtuh. Semak berduri mengelilingi bagian depan benteng, dan parit berair mengelilingi seluruh kedhaton. Di luar tembok benteng baluwarti bagian selatan terdapat alun-alun.

Loji Kumpeni terletak agak jauh di bagian utara dari alun-alun utara. Semua bangunan hampir belum ada yang berdinding bata, masih berbilik bambu dan beratapkan rumbia. Keraton Kartasura baru kelihatan megah dan sempurna pada tahun 1682.

Saat Sunan Amangkurat II untuk pertama kali memasuki istananya yang baru, nama Wanekerta diganti menjadi Kartasura Hadiningrat. Dua puluh tiga tahun pemerintahannya penuh dengan pemberontakan demi pemberontakan.

“Semua barang peninggalan keraton Kartasura sekarang berada di Keraton Surakarta. Sebagian disimpan di Museum Radyapustaka (Solo),” ujar Sarosa.

Tebeng atau hiasan pintu Keraton Kartasura, misalnya, sekarang dipasang di bagian atas pintu depan Museum Radyapustaka. Di museum itu juga tersimpan lonceng perunggu besar, kursi meja, perlengkapan kuda, dan wayang kulit. Rongsokan mesin jam yang besar teronggok di salah satu ruang museum. Benda itu pernah diletakkan di alun-alun Keraton Kartasura.

Baca berita menarik lainnya di titiktemu.id.

2 dari 3 halaman

Riwayatmu Kini

Kini, menyaksikan bekas Keraton Kartasura (1680-1745) sungguh menyedihkan. Tembok batu-bata di luar keraton atau baluwarti telah hancur dan rata dengan tanah, hanya menyisakan beberapa bagian di beberapa tempat. Padahal, dulu ukuran tembok luar mencapai lebih 1 km x 1 km. Tinggi benteng itu lebih dari lima meter dengan ketebalan 2,5 meter.  Di atas tembok itulah pada zamannya prajurit keraton melakukan patroli dengan kuda.

Di dalam tembok baluwarti kini dipenuhi dengan perumahan permanen, ladang, dan makam. Selain alun-alun, tempat tinggal puteri keraton (keputren) dan petamanan keraton berubah menjadi permukiman padat. Sitihinggil, tempat yang ditinggikan di depan alun-alun, sebagian telah pula menjadi permukiman. Puing-puing bangunan kuno yang tersisa adalah gedung obat (mesiu), bangunan pos jaga tentara Belanda.

Tak ada kolam penuh air di Balekambang di sisi tenggara keraton. Sebagai gantinya adalah rumah-rumah dan lapangan sepakbola, dan gundukan tanah setinggi lebih dari 20 meter.

Masyarakat sekitar menyebutnya Gunungkunci. Di puncak “gunung” itu terdapat makam keramat. Pada masa kejayaan Keraton Kartasura, Gunung Kunci adalah Segoroyoso atau tempat rekreasi keluarga keraton yang dibangun pada masa Paku Buwana I (1704-1709).

Buku Babad Tanah Jawi menggambarkan kompleks ini sangat kokoh. Bentengnya saja dibuat dua lapis, yakni Baluwarti di bagian terluar dan Sri Manganti pada bagian dalam. Di sekeliling Benteng Baluwarti terdapat parit lebar berair dan tanaman semak berduri sebagai alat pertahanan.

Namun, kini benteng Baluwarti sudah hancur, hanya sekitar 100 meter yang masih berdiri, selebihnya telah menjelma jadi permukiman warga. Di dalam benteng Sri Manganti terdapat bangunan utama keraton, masjid agung, gedong obat tempat menyimpan mesiu, dan sejumlah bangunan pendukung lain.

Keraton Kartasura memang tinggal puing. Tidak ada lagi yang tersisa kecuali nama-nama toponim. Di dalam tembok Baluwarti misalnya, terdapat tempat-tempat dengan nama Keputren, Sitinggil, alun-alun, Kandangmacan, Sayuran, Bale Kambang, Sanggrahan, Gedung Obat, Pasar, Pelembatok, Sri Penganti, Manggisan, Krapyak, dan Bakalan.

Sementara, bangunan utama keraton atau tempat kediaman raja seluruhnya menjadi area makam kerabat Keraton Surakarta dan penduduk setempat. Salah satunya adalah Kanjeng Raden Ayu Adipati Sedahmirah, pujangga cantik kesayangan Paku Buwana X.

3 dari 3 halaman

Sumbangan Sukarela

Menurut juru kunci, makam-makam penduduk setempat juga banyak yang berasal dari kalangan keraton. Dulu mereka ditugaskan oleh pihak keraton untuk mengurusi keraton Kartasura yang telah ditinggalkan.

Menurut kepercayaan Jawa, bila keraton pusat kejayaan dan kebesaran sebuah kerajaan telah dirusak oleh tangan- tangan kotor, tempat itu sudah tidak boleh didirikan pusat pemerintahan lagi. Dan bekas keraton Kartasura pun kini dijadikan makam.

“Sejak Paku Buwono X wafat, tidak ada lagi yang memperhatikan tempat ini,” kata Haris, abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta yang dipercaya menjadi juru kunci benteng. Haris mengaku telah berupaya sekuat mungkin untuk merawatnya. Namun, karena keterbatasan dana, ia tidak bisa berbuat banyak.

“Selama ini biaya perawatan hanya mengandalkan sumbangan dari pengunjung dan peziarah. Ada juga bantuan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah, Rp 200 ribu setiap bulan,” kata Haris.

Pemasukan tersebut, menurut Haris, hanya cukup untuk membiayai perawatan ringan. Terlebih sejak 2005 pihak Keraton Surakarta tidak lagi mengizinkan ada aktivitas ziarah malam Jumat ke tempat ini. Praktis, pemasukan yang didapatkan menurun tajam.

“Pendopo yang dibangun Paku Buwono X itu, kondisinya sudah sangat parah. Namun, apa boleh buat, tidak ada dana untuk memperbaikinya,” kata Haris sembari menunjuk sebuah bangunan pendopo kecil di tengah benteng.

Kondisi bangunan yang berjarak sekitar 15 meter dari rumah tinggal Haris itu memang sudah parah. Lantainya yang terbuat dari semen dan batu bata sudah pecah di sana-sini. Kerangka kayu penyangga atapnya sudah mulai miring, sebagian Sudah dimakan rayap.

Untuk membiayai semua pekerjaan perawatan mereka hanya mengandalkan dari sumbangan sukarela para pengunjung. Kalau pun tidak cukup, terpaksa Haris harus merogoh kocek sendiri. Untuk jerih payah yang dilakukannya itu, pihak Keraton Solo memang memberikan gaji kepada Haris, meski sangat minim.

“Gaji saya dari keraton hanya Rp 100 ribu per bulan, kemudian bantuan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah Rp 200 ribu setiapbulan,” ujar Haris.

Kondisi di bekas keraton itu kini sepi, kalau pun ada pengunjung biasanya tidak lama. Ada juga beberapa wisatawan asing yang datang, sementara untuk domestik biasanya berasal dari pelajar.

“Para pelajar biasanya datang bulan April dan Mei, untuk mengetahui sejarah petilasan ini,” ujarnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Barcelona Segera Boyong Penyerang Sassuolo ke Camp Nou

Barcelona – Barcelona bakal membuat transfer mengejutkan pada Januari 2019. Blaugrana santer disebut akan memboyong penyerang Sassuolo, Kevin-Prince Boateng, ke Camp Nou.

Seperti dilansir The Guardian, Barca akan meminjam Boateng dari Sassuolo hingga akhir musim ini. Barcelona juga memiliki opsi untuk mempermanenkan status si pemain dengan banderol 8 juta euro (Rp 129 miliar) pada bursa transfer musim panas 2019.

Skuat Catalan memang membutuhkan pemain untuk menjadi pelapis Luis Suarez di lini depan. Saat ini, Suarez hanya satu-satunya penyerang yang dimiliki oleh Los Cules, setelah melepas Paco Alcacer ke Borussia Dortmund dan Munir El Haddadi ke Sevilla.

Rencananya, Kevin-Prince Boateng akan tiba di Barcelona pada Senin (21/1/2019) waktu setempat. Dia pun bakal menyelesaikan kesepakatan sebelum nantinya resmi menjadi pemain Barca.

Kehadiran Kevin-Prince Boateng diharapkan bakal menambah solid lini depan Barcelona. Apalagi, sang pemain juga bisa tampil sebagai false nine yang kerap menjadi andalan pelatih El Barca, Ernesto Valverde, ketika Luis Suarez absen.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

2 dari 2 halaman

Komentar Kevin-Prince Boateng

Mantan pemain AC Milan itu pun mengaku akan segera berseragam Barcelona. Bagi Boateng, bisa memperkuat Los Cules merupakan sebuah kesempatan besar dalam kariernya.

“Barca, saya datang! Saya sedih meninggalkan Sassuolo tetapi ini adalah peluang besar (dalam karier saya),” ujar Boateng.

“Jangan tanya saya tentang Real Madrid, itu hanya masa lalu (sebagai pendukung Madrid). Saya hanya ingin fokus pada Barcelona, ​​dan saya berharap bisa mencetak gol di Santiago Bernabeu pada laga El Clasico berikutnya,” lanjut pemain 31 tahun tersebut.

Kevin-Prince Boateng diprediksi tidak akan kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain di Spanyol. Pasalnya, dia pernah berseragam Las Palmas pada musim 2016-2017. Bersama Las Palmas Boateng mencetak 10 gol dari 29 pertandingan di seluruh ajang.

Sumber: The Guardian/Bola.com