Cara Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula, Gampang Ditiru

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, memulai bisnis sendiri sangatlah mudah. Ingin memiliki penghasilan, namun tidak mengeluarkan banyak pengeluaran untuk jualan merupakan salah satu hal yang diinginkan bagi penjual. Saat ini jualan online sedang eksis-eksisnya, dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan jualan online, semakin banyak usaha yang dipasarkan dan juga menimbulkan persaingan dalam media sosial.

Dengan berjualan online, Anda tidak membutuhkan modal besar. Tetapi, kemungkinan akan mendapatkan keuntungan cukup tinggi. Jadi nggak heran, banyak orang yang berbondong-bondong pindah dari seorang pegawai menjadi penjual online.

Namun perlu diingat, kalau jualan tentunya memiliki hambatannya masing-masing. Sebagai pemula, Anda nggak perlu takut buat memulai berjualan online. Sebagai langkah awal, yuk simal ulasan Liputan6.com mengenai beberapa cara jualan online tanpa modal buat pemula yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Jualan Online

1. Menentukan Mau Apa yang Dijual

Bisnis memiliki 2 macam, yaitu menjual produk dan menjual jasa. Sebelum Anda memulai untuk jualan online, Anda harus benar-benar mengetahui apa yang akan Anda tawarkan ke konsumen. Menawarkan produk, berarti Anda berjualan barang secara online.

Cara jualan online produk ini, dapat Anda lakukan dengan membeli ataupun memproduksi sendiri barang jualan Anda atau bisa juga menggunakan sistem dropship. Nggak hanya berjualan produk fisik, Anda juga bisa berjualan produk digital seperti menjual tiket online, pulsa dan sejenisnya.

Nah, kalau Anda mau menawarkan jasa dalam jualan secara online, ada beberapa contoh penawaran jasa yang bisa Anda coba. Misalnya, jasa pengetikan, jasa penerjemah atau jasa pembuatan website.

Apapun pilihan jualannya, yang terpenting adalah Anda harus benar-benar menyukai bisnis tersebut. Hal ini sangat penting, agar jualan online Anda dapat bertahan dan berkembang dalam jangka waktu panjang.

2. Membangun Pondasi Media Sosial

Memilih untuk jualan online, berarti Anda harus aktif melakukan pemasaran di internet atau media sosial. Soalnya nih, salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda ke khalayak luas, adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Di media sosial, Anda dapat membuat akun jualan online di Instagram, Twitter, Facebook, atau bahkan aplikasi e-commerce.

3. Membuat Website Pribadi

Cara jualan online selanjutnya adalah dengan membuat website khusus jualan Anda. Pada tahap awal, Anda dapat menggunakan media sosial untuk perkenalan bisnisnya. Namun, untuk mengembangkan bisnis Anda, sebaiknya Anda memiliki website pribadi yang nantinya dapat digunakan sebagai ‘tempat jualan’ Anda.

Namun, pembuatan sebuah website membutuhkan biaya hosting yang per bulannya sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000 dan biaya domain sekitar Rp 100.000 per tahun. Jadi per bulannya Anda membutuhkan biaya sekitar Rp 40.000.

Jika Anda mampu mendapatkan keuntungan lebih dari biaya tersebut, maka Anda sudah ‘balik modal’, dan bisa mencoba memanfaatkan website sebagai tempat jualan Anda.

3 dari 5 halaman

Pemasaran yang tepat sasaran

4. Melakukan Pemasaran yang Tepat

Terdapat tiga komunitas orang yang menggunakan internet. Pertama, untuk mencari informasi, kedua untuk mencari hiburan, dan yang terakhir untuk membeli produk atau jasa.

Dengan menggunakan content marketing dan target komunitas yang tepat, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda.

5. Berikan Nilai Tambah

Cara jualan online terakhir yang bisa Anda lakukan, untuk meningkatkan konsumen, adalah dengan memberikan nilai tambah. Agar dapat unggul dibandingkan para pesaing Anda, sebaiknya jualan Anda memiliki nilai tambah. Nilai tambah yang bisa Anda berikan seperti layanan yang cepat dan mudah. Anda pun dapat memberikan kualitas jasa dan produk yang melebihi pesaing Anda.

Nilai tambah tersebut dapat menjadi poin plus untuk membangun kredibilitas Anda di mata konsumen. Semakin bagus nilai tambah Anda, semakin banyak pembeli yang akan mempercayai produk Anda. Dengan memberikan yang terbaik untuk konsumen, bisnis Anda akan lebih berkembang dan bertahan di jangka panjang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menggunakan Media Online untuk Jualan

1. Dapat dijalankan kapan saja

Dengan berjualan online, Anda tidak perlu khawatir waktu Anda akan habis untuk berjualan saja. Berjualan online, Andalah yang menentukan waktu bekerjanya.

2. Modal yang rendah

Jumlah modal menjadi hal yang sensitif bagi seseorang yang ingin memulai bisnisnya. Namun, dengan jualan online, Anda tidak perlu merogoh kocek besar-besaran. Anda hanya memerlukan perangkat seluler atau computer dan sejenisnya serta koneksi internet yang lancar.

3. Dapat dijalankan di mana saja

Anda tidak perlu khawatir ketika Anda harus pergi ke warung atau ke tempat yang jauh. Anda cukup membawa perangkat seluler Anda dan memantau website tempat Anda menjual produk Anda.

4. Dapat menjangkau masyarakat luas

Cakupan jangkauan jualan online juga sangat luas. Hal ini disebabkan karena saat ini setiap orang memakai koneksi internet dan dapat saling terhubung. Dengan syarat salah satu dari mereka mengetahui mengenai seseorang tersebut, maupun informasi yang didapatkannya.

5. Biaya operasional murah

Biaya operasional murah terdengar logis dalam menjalankan jualan online. Hal ini diakibatkan karena Anda hanya perlu menginput produk dan mempromosikannya kepada rekan-rekan Anda. Anda tidak perlu memikirkan ongkos kirim karena konsumen yang akan menanggungnya.

5 dari 5 halaman

Menjadi bos dan membuka lowongan pekerjaan

6. Berpeluang besar

Sebagian masyarakat percaya bahwa membeli produk secara online lebih baik. Hal ini terjadi karena sering sekali harga produk yang sama, lebih murah di toko online daripada di toko offline.  

Inilah yang membuat peluang Anda lebih besar dalam menjalankan jualan online, karena banyak masyarakat yang memiliki pendapat seperti itu.

7. Anda dapat menjadi bos bagi diri sendiri

Saat menjalankan jualan online, Anda dapat membuat peraturan atau bahkan bekerja tanpa peraturan bagi diri Anda sendiri. Hal ini terjadi karena Andalah atasan untuk diri Anda sendiri sehingga tidak ada yang akan mengatur Anda selain konsumen.

8. Tidak membutuhkan tempat tertentu

Anda tidak perlu pusing memikirkan di mana Anda harus membangun gedung untuk berjualan. Pembangunan gedung untuk jualan, belum memastikan bahwa jualan Anda akan lancar. Oleh karena itu, jualan online sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengais rezeki.

9. Membuka lowongan pekerjaan

Di luar sana memang banyak lowongan pekerjaan, akan tetapi tidak memiliki persyaratan kerja sesimpel dan sesederhana di jualan online.

10. Mendapatkan kepercayaan konsumen

Anda dapat memilih untuk berjualan atau berbisnis online di salah satu website yang memang menjamin keamanan transaksi dengan pembeli. Sehingga, pembeli tidak takut lagi dan tidak berpikir bahwa Anda sedang berusaha melakukan penipuan terhadapnya.


Reporter: Nisa Mutia sari

8 Fakta VietJet Air, Maskapai ‘Bikini’ yang Siap Buka Rute ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Saat mendengar kata VietJet Air, pasti akan terlintas maskapai penerbangan asal Vietnam dengan para pramugarinya yang berbikini. Nah, ternyata maskapai satu ini akan membuka rute penerbangan ke Indonesia lho.

Bukan tanpa alasan VietJet Air buka rute ke Indonesia. Indonesia dan Vietnam ternyata berencana memperkuat hubungan di bidang pariwisata. Rencana tersebut digaungkan saat kedatangan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam ke Jakarta, Nguyen Phu Trong, Selasa 22 Agustus 2017 lalu.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah menambah rute penerbangan langsung Jakarta-Ho Chi Minh. Keterangan tersebut disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi. Penambahan frekuensi penerbangan dilakukan pada rute Ho Chi Minh-Jakarta dan sebaliknya akan dilakukan oleh maskapai Vietnam, VietJet Air. Apa saja fakta dari VietJet Air? Berikut fakta VietJet Air yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019)

2 dari 4 halaman

Fakta VietJet Air

1. Maskapai VietJet Air menghadirkan pramugari berbikini pertama di dunia.

Sejak tahun 2011 sebagai salah satu strategi marketing, VietJet Air meluncurkan program pramugari berbikini pertama di dunia. VietJet Air secara resmi menghadirkan pramugari berbikini di rute tertentu penerbangan resmi dunia.

2. VietJet Air yang dikenal maskapai ‘bikini’, baru mendapat izin beroperasi di Indonesia.

Managing Director VietJet Air, Do Xuan Quang mengatakan, penerbangan akan dimulai dengan rute Ho Chi Minh-Denpasar, Bali dengan durasi 3,5 jam. Selanjutnya dilanjutkan dengan rute Ho Chi Minh-Jakarta yang dimulai pada akhir 2019. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Do Xuan Quang pada event ASEAN Tourism Forum (ATF) 2019.

Menurut Do Xuan Quang dalam rilis tertulis, bulan Maret 2019 VietJet Air akan terbang ke Denpasar, Bali. Di enam bulan pertama, maskapai ini akan terbang 4 kali seminggu. Selanjutnya akan 7 kali seminggu. Di akhir tahun 2019, VietJet Air akan buka rute Ho Chin Minh-Jakarta. Penjualan tiket secara umum akan dimulai pada Maret 2019.

3. VietJet Air maskapai LCC.

Maskapai berbasis rendah atau Low Cost Carrier (LCC) ini sudah membuka rute di 35 kota di Tiongkok yang berangkat dari Vietnam.

Sang pemilik juga berencana ingin menjadikan VietJet Air sebagai ‘flying emirates’ dari Asia. VietJet sendiri telah menawarkan opsi rute ke 47 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah domestik maupun luar negeri.

4. VietJet Air jadi maskapai satu-satunya dimiliki secara individu.

VietJet merupakan satu-satunya maskapai dari negara Vietnam yang dimiliki secara individu dan akan segera melantai di bursa saham. Jika penawaran saham perdana, atau lebih dikenal sebagai IPO, itu terjadi, maka hal tersebut akan menjadikan Nguyen Thi Phuong Thao, sang pemilik, sebagai miliarder wanita pertama di Vietnam.

3 dari 4 halaman

Fakta VietJet Air

5. Strategi jitu merebut pangsa pasar.

Saat ini VietJet bersaing ketat dengan Vietnam Airlines, sebuah perusahaan penerbangan nasional Vietnam. Berkat daya tarik para pramugari berbikini ini, VietJet berhasil meraup lebih dari 30 persen pangsa pasar di industri penerbangan dan angka tersebut terus bertambah hingga sekarang.

6. Seragam pramugari sesuai rute penerbangan.

Melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pihak VietJet Air memastikan untuk seragam pramugari akan disesuaikan dengan rute penerbangan.

“Terkait dengan banyaknya sorotan media mengenai pakaian bikini VietJet, kami ingin menegaskan kembali bahwa seragam VietJet sejalan dengan rasa hormat dan kesopanan yang tinggi,”

Khususnya bagi pasar Muslim seperti Indonesia dan Malaysia,” tulis Nguyen dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/8/2017).

7. Dalam 5 tahun, VietJet salip pencapaian maskapai terbesar Vietnam.

Nguyen Thi Phuong Thao (45) sang pemilik mampu membawa VietJet menjadi maskapai besar melebihi perusahaan penerbangan milik pemerintah Vietnam, Vietnam Airlines, hanya dalam waktu kurang dari lima tahun. Belum lama ini, VietJet tercatat melakukan aksi korporasi mencengangkan. Mereka memesan 100 pesawat Boeing 737 MAX 200 senilai USD 11,3 miliar atau setara dengan Rp 153 triliun.

8. Pramugari berbikini pada saat promosi rute baru.

Bos VietJet, Nguyen Thi Phuong Thao, tidak takut dengan sorotan publik dan kontroversi. Di mana, pada 2012, VietJet membuat heboh media dengan menampilkan pelayanan penerbangan dengan pramugari berbikini.

Direktur pengembangan VietJet, Vu Pham Nguyen Tung, mengatakan pramugari berbikini bagian dari promosi bagian kehumasan. Strategi bikini nyatanya cukup ampuh. Caranya berhasil menaikan pamor VietJet. Meski saat ini, layanan tersebut telah ditiadakan, namun, masyarakat tetap mengingat maskapainya.

“Jika suatu ‘keindahan’ dapat membantu pelanggan kami senang maka kami akan selalu mencobanya,” jelas Thao.

4 dari 4 halaman

Buka Penerbangan ke Jakarta, Pramugari Vietjet Air Tak Pakai Bikini

Maskapai VietJet Air yang identik dengan pramugari berbikini ini memang sempat menjadi kontroversi. Dan kini maskapai ‘bikini’ membuka rute penerbangan ke Indonesia.

Terkait kontroversi tersebut, Ibnu Hadi Duta Besar Indonesia untuk Vietnam turut buka suara. Ia menegaskan, penggunaan bikini memang pernah dilakukan maskapai Vietjet Air. Namun, hal tersebut tidak dilakukan di semua penerbangan. Cuma terjadi di satu acara khusus saja.

“Itu bikini itu saya mau jelasin bikini hanya satu event saja. Itu launching perdana ke Nha Trang, itu daerah resort makanya pakai bikini. Dia udah ditegur sama pemerintahnya,” tuturnya.

Untuk pembukaan rute ke Jakarta, Ibnu menegaskan, maskapai tersebut akan mengikuti norma yang berlaku di Indonesia. Dan, tidak akan mengenakan bikini.

“Vietjet itu adalah budget airlines dia akan buka jalur (di Indonesia) enggak pakai bikini. (Pembukaan) lagi dibicarakan. Mudah-mudah sebelum tutup tahun ini (terwujud),” ucapnya.

Pramugari berbikini ini tidak ada di semua penerbangan, mereka hanya sebagai bonus pada rute tertentu. Sejak tahun 2012 pesawat VietJet Air mengejutkan dunia aviasi karena awak kabinnya yang berpenampilan seksi berbikini.

Maskapai Vietnam itu memanjakan penumpang dengan pertunjukan awak kabin berbikini di sepanjang koridor pesawat. Tidak semua penerbangan mendapatkan layanan itu. Menurut pusat penerbangan CAPA, berkat adanya pertunjukan tersebut, kini VietJet menjadi salah satu penerbangan domestik terbesar di Vietnam.


Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Temuan Baru Penyelewengan Carlos Ghosn

Liputan6.com, Jakarta Bukti-bukti baru kembali bermuculan menyangkut kasus Carlos Ghosn. Tim investigasi Nissan dan Mitsubishi merilis hasil kerja mereka.

Dilansir dari Paultan.org, mantan bos aliansi Renault-Mitsubishi-Nissan itu terbukti menerima pembayaran kompensasi kontrak yang tidak sewajarnya dari Nissan-Mitsubishi B.V. (NMBV), mencapai EUR7.822.206,12 atau sekitar Rp126 miliaran (Kurs EUR1 = Rp16.184).

NMBV merupakan perusahaan patungan yang dibentuk oleh Nissan dan Mitsubishi Motors pada Juni 2017. Di perusahaan yang berbasis di Belanda tersebut, Ghosn menempati jabatan direktur.

Dari investigasi tersebut juga terbukti Ghosn tidak berdiskusi terlebih dahulu dengan anggota dewan lainnya, yaitu CEO Nissan Hiroto Saikawa dan CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko dalam pembuatan kontrak dirinya.

Tidak hanya itu, menurut tim investigasi gabungan tersebut, seharusnya Carlos Ghosn terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari anggota dewan lainnya dalam setiap keputusan yang berkaitan dengan kontrak kerja dan kompensasi direktur. Sementara untuk anggota dewan lainnya yaitu Saikawa dan Masuko dilaporkan tidak menerima kompensasi atau pembayaran lain dari NMBV.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dalam penyelidikan tersebut, tim investigasi juga memastikan bahwa setelah pengumuman pembentukan aliansi strategis antara Nissan dan Mitubishi Motors pada 2016, Ghosn, mantan wakil direktur Greg Kelly dan lainnya terbukti mulai menjajaki kemungkinan membayar kompensasi kepada Carlos Ghosn secara rahasia melalui perusahaan patungan tersebut.

Nissan mengungkapkan pandangannya terkait pembayaran yang diterima Ghosn dari NMBV adalah sebab akibat dari kesalahan, dan mereka saat ini sedang mencari cara untuk kembali bersaing di pasar mobil dunia.

Sumber: Otosia.com

Kisah Rony Gunawan, Bos Taksi yang Mobilnya Beroda Delapan

Liputan6.com, Bandung – Modifikasi mobil kini semakin digemari. Dengan mengubah tampilan dasar mobil, memodifikasi kendaraan roda empat jadi terlihat lebih menarik dan unik.

Modifikasi mobil dapat dilakukan dengan cara yang ringan seperti penambahan aksesori untuk mempercantik tampilan. Ada juga yang ekstrem seperti mengubah warna asli kendaraan atau fungsinya.

Rony Gunawan, pengusaha taksi Gemah Ripah asal Bandung ini kembali meluncurkan modifikasi mobil ekstrem.

Sukses menghadirkan Toyota New Limo bermuka dua pada Januari 2018 lalu, pria berusia 72 tahun ini kembali hadir dengan sedan beroda delapan.

Ditemui di pool taksi miliknya di kawasan Babakan Cibeureum, Kota Bandung, tunggangan Rony memiliki enam roda terletak di bagian belakang dan dua di bagian depan.

Walau sudah dimodifikasi, armada taksi yang diambil dari Toyota All New Limo generasi ketiga produksi 2013 ini, tidak ada perubahan pada bagian mesin.

“Kalau mesin tidak ada yang diubah sama sekali. Hanya bagian eksteriornya dicat, rodanya ditambah, sasisnya ada perubahan dan pada bagian pintu yang berubah,” ujar Rony kepada Liputan6.com, Sabtu (19/1/2019).

Rony mengatakan, modifikasi dilakukan sejak 29 Agustus 2018. Sama seperti pendahulunya ‘si muka dua’, mobil beroda delapan ini ditargetkan rampung akhir Januari ini.

“Tinggal di bagian interiornya saja. Mudah-mudahan selesai seperti yang pertama, waktu itu beresnya juga Januari,” katanya.

2 dari 3 halaman

Berawal dari Pool Taksi

Pool Taksi Gemah Ripah milik Rony beralamat di Jalan Babakan Cibeureum No. 21. Tepatnya berada di perbatasan kota Bandung dan Cimahi.

Garasi taksi ini cukup besar. Pada bagian tengah terdapat bangunan utama. Di dalamnya terdapat ratusan mobil taksi Gemah Ripah. Pada bagian luarnya juga terdapat beberapa mobil taksi yang tengah diperbaiki. Mobil-mobil itu akan diremajakan untuk dijual kembali.

“Kalau sekarang dijual paling Rp 75 juta,” kata Roni.

Saat Liputan6.com mengunjungi garasi ini, terlihat sebagian taksi sudah berdebu. Beberapa karyawan ada yang sedang mengelas, mengurusi kelistrikan atau sekadar mencuci mobil.

Rony menjelaskan, usaha taksi miliknya dimulai pada 1991. Dari hanya beberapa unit, usaha transportasi miliknya berkembang hingga memiliki 513 unit taksi.

“Dari 513 mobil sudah pada dijual. Sekarang sisa 200 lebih. Yang tidak beroperasi ada seratus lebih,” kata dia.

Padahal, taksi-taksi konvensional miliknya tidak ada satupun yang bermasalah. Mesinnya masih menyala dengan baik. Tidak juga ada tanda-tanda bekas tabrakan.

“Awal mulai kerasa tidak operasi itu sekitar 2017. Taksi online kan mulai banyak, ya taksi-taksi ini kena imbasnya juga. Akhirnya di parkir di sini,” kata Rony menjelaskan.

Rony mengakui pernah ikut menyampaikan kegundahannya ke beberapa pihak termasuk ikut memprotes keberadaan taksi online. Namun seiring waktu, kehadiran taksi daring tak terbendung.

“Mau bagaimana lagi, sudah banyak yang keluar kerja karena kita kalah bersaing. Dari seribu sopir, sekarang cuma 300 orang. Kerjanya shift, 24 jam kerja lalu besoknya libur,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Ide Spontan

Di balik rasa gundah karena sulitnya persaingan di dunia transportasi, tercetus ide spontan memodifikasi mobil taksi yang menganggur di garasi Rony.

“Awalnya saya bikin modif mobil muka dua karena di pool kita banyak taksi yang tidak beroperasional. Iseng saja saya bongkar dua mobil jadi satu,” ujarnya.

Saat membuat mobil bermuka dua, Rony memanggil dua orang tukang las. Mobil buatan tahun 2012 dibelah jadi dua. Bagian ekor dibuang, hanya mempertahankan bagian depan yang berisi mesin dan transmisi saja.

“Setelah selesai dimodif, saya panggil dua tukang catnya. Jadi hanya empat orang saja yang mengerjakan modifikasi,” katanya.

Rony mengaku tak punya kemampuan menggambar. “Saya tidak bisa gambar, desain juga tidak bisa. Semuanya diukur pakai penggaris saja,” ujarnya.

Setelah mobil muka dua rampung, beberapa bagian mobil ada yang masih tersisa. Waktu itu, Rony berencana ingin membuat sofa dari bangkai mobil.

“Kan ada sisanya bagian belakang. Waktu itu rencana mau dibikin sofa. Kalau bikin roda delapan dengan enam di bagian belakang bagaimana, kemudian kita coba dulu akhirnya bisa. Dananya habis Rp80 juta,” kata Rony menjelaskan proses mobil beroda delapan.

Rony berharap bisa mengantongi surat izin jalan agar mobil bisa digunakan layaknya kendaraan konvensional.

“Kalau bisa mobil ini digunakan di jalan raya. Jadi kalau ada pameran tidak perlu lagi sewa towing. Kalau yang muka dua kan harus pakai towing karena enggak boleh di pakai di jalan raya. Harga sewanya kan mahal,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jawaban Bos Inter Milan Soal Rumur 2 Bintang Real Madrid

Liputan6.com, Milan – Kehadiran Beppe Marotta sebagai CEO Inter Milan pada 13 Desember 2019, membuat sejumlah bintang dikabarkan bakal merapat ke Giuseppe Meazza Stadium.

Bahkan, dua penggawa Real Madrid, Toni Kroos dan Luka Modric, dikabarkan bakal bergabung dengan Inter Milan pada bursa transfer Januari 2019. Inter Milan memang sedang mencari gelandang baru.

Padahal, Inter Milan sudah memiliki Radja Nainggolan. Namun demikian, gelandang asal Belgia itu dinilai tidak dalam performa terbaiknya. Nainggolan sendiri baru mencetak dua gol dari 12 pertandingan Serie A dengan catatan 731 menit bermain.

Bahkan, Inter Milan berani menebus Modric dan Kroos sesuai klausul kontraknya di Real Madrid. Modric, seperti dikutip dari Transfermarkt, berharga sebesar 50 juta euro.

Sedangkan, Kroos, yang masih berusia 29 tahun, harganya mencapai 80 juta euro. Inter Milan pun sudah menyiapkan uang untuk mereka.

2 dari 3 halaman

Jawaban Pelatih Inter Milan

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti pun akhirnya buka suara. Menurutnya, pihak klub masih santai dengan rumor-rumor yang berkembang di media.

“Tidak ada kebingungan sama sekali di dalam klub kami. Kami berada di pertengahan bursa transfer musim dingin, jadi kami menerima seluruh nama dan spekulasi yang berkembang, seperti biasanya.”

“Di media sosial, semua yang berada di Inter harus sadar bahwa semua pesan bersifat terbuka dan dapat dibaca oleh semua orang,” ucap Spalletti, dikutip dari situs resmi Inter Milan.

3 dari 3 halaman

Fokus Prestasi

Ketimbang memikirkan rumor transfer, Spalletti mengatakan, dirinya fokus untuk membantu Inter Milan berprestasi di sepak bola Italia.

“Saya tidak tahu berapa banyak poin yang dapat kami raih pada paruh kedua musim ini. Namun kami tidak boleh membatasi apapun dalam diri kami. Kami adalah Inter, kami memiliki ambisi kuat dan ingin meraih prestasi sebaik mungkin,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ducati: Perpisahan dengan Lorenzo Bukan Salah Siapa-Siapa

Borgo Panigale – Perpisahan Ducati dengan Jorge Lorenzo menjadi sorotan besar di musim 2018. Meski begitu, Ducati menegaskan Lorenzo memberi dampak positif.

Rider Spanyol itu didepak dari Ducati sebelum bergabung Repsol Honda, untuk menggantikan Dani Pedrosa sebagai tandem Marc Marquez mulai musim 2019.

Pada 2016, Lorenzo dikontrak Ducati selama dua tahun dengan kesepakatan yang menapai 30 juta euro. Bayaran yang membuat Lorenzo sebagai salah satu rider dengan gaji tertinggi.


Namun, saat musim belum genap berjalan separuh Lorenzo sudah mengumumkan, dirinya akan meninggalkan Ducati di akhir musim. Yang ironis, juara dunia lima kali itu kemudian sukses meraih kemenangan pertamanya hanya sepekan berselang.

Kabarnya, kepergian Lorenzo dispekulasikan karena ada perselisihan besar dengan CEO Ducati Claudio Domenicali. Meski begitu, sang bos menegaskan bahwa perpisahan dengan Lorenzo bukan kesalahan siapa pun.

“Kami belajar banyak pada sisi teknik dan manusiawi sebagai sebuah tim. Hidup memang seperti ini, sebuah cerita, orang-orang bertemu dan kita memiliki sebuah hubungan yang sangat positif,” kata Domenicali dikutip Crash.

“Hubungan dengan Lorenzo fantastis tapi banyak hal tidak berjalan sesuai yang direncanakan di mana bukan salah siapa-siapa, itu bukan kesalahan Jorge, ya begitulah.”

“Kami rasa kami berada di sini setelah dua tahun yang sangat positif bersama. Kami sudah memenangi banyak balapan dan meningkatkan motornya, sekarang kami melihat masa depan dengan cara yang positif. Kami telah melalui banyak momen buruk, baik dan kami menatap musim 2019 dengan tangguh.” (rin/cas)

Bos Microsoft Sebal Pemerintahan AS Tutup

Jakarta – Amerika Serikat (AS) saat ini sedang menjalani government shutdown, alias penutupan pemerintahan. Hal tersebut mendapat komentar miring dari salah satu presiden Microsoft.

Dikutip detikINET dari CNBC, Sabtu (19/1/2018), adalah Brad Smith, presiden sekaligus Chief Legal Office Microsoft, yang menyebut bahwa government shutdown tidak baik bagi bisnis.

Smith menambahkan, penutupan pemerintahan AS dapat memberikan dampak terhadap Microsoft yang sebagian bergantung pada pemerintah untuk mendapatkan pemasukan. Sekadar informasi, government shutdown sudah berlangsung selama hampir sebulan.

Walau begitu, Smith menyebut bahwa masih terlalu dini untuk berbicara lebih lanjut mengenai hal tersebut. Hal itu merujuk pada apakah government shutdown memang memberikan dampak buruk bagi Microsoft.

Yang jelas, ia menegaskan bahwa penutupan pemerintahan AS sama sekali tidak membantu. Salah satu contohnya, ketika sebuah korporasi tidak bisa mendapat persetujuan untuk menjadi perusahaan publik selama government shutdown berlangsung.

“Kita bisa berdebat selamanya dalam membahas seberapa besar dampak yang diberikan atas tutupnya pemerintahan terhadap ekonomi, tapi ada satu hal yang tidak bisa dibantah, itu tidak membantu,” tegas Smith. (rns/rns)

3 Pemain yang Bakal Tinggalkan Real Madrid Musim Panas Mendatang

Liputan6.com, Madrid – Real Madrid berencana cuci gudang skuat musim panas nanti. Maklum, performa klub masih jauh dari harapan.

Setelah diambil alih bos baru Santiago Solari, penampilan Madrid masih terlihat mengecewakan. Bahkan Sergio Ramos dan kolega belum lama ini menelan kekalahan dari Leganes di ajang Copa del Rey.

Terpuruknya Real Madrid musim ini disebabkan oleh kegagalan Florentino Perez mendatangkan pengganti Ronaldo. Akibatnya, fans merasa sangat frustrasi dan mereka enggan datang ke Santiago Bernabeu musim ini.

Beberapa pemain sudah dikaitkan dengan kepindahannya dari klub. Berikut ini tiga pemain Real Madrid yang berpeluang hengkang pada musim panas seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 4 halaman

1. Keylor Navas

Kiper asal Kosta Rika itu sudah kehilangan tempat di bawah mistar Real Madrid sejak kedatangan Thibaut Courtois dari Chelsea. Di bawah Santiago Solari, pemain berusia 32 tahun itu hanya dimainkan di Copa del Rey sedangkan Courtois di Liga Champions dan La Liga.

Meski mengeluhkan tentang minimnya kesempatan bermain, Navas belum lama ini menandatangani kontrak baru dengan Los Blancos. Kendati demikian, Navas juga dikaitkan dengan klub Premier League Arsenal.

Namun, jika situasinya saat ini di klub tidak berubah, sepertinya mantan pemain Levante itu kemungkinan akan pindah musim panas ini.

3 dari 4 halaman

2. Luka Modric

Luka Modric meraih kesuksesan besar pada 2018 setelah puncaknya memenangkan Ballon d’Or. Namun, musim ini Modric tampil di bawah standar dan dianggap bertanggung jawab atas penampilan buruk timnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, Inter Milan dikabarkan ingin membawa gelandang Kroasia itu ke Serie A lagi. Klub Italia itu sempat berusaha untuk merekrut Modric pada musim panas lalu juga tetapi presiden Florentino Perez tidak merestui transfer tersebut.

Namun, mengingat usia dan performanya, Madrid sepertinya bersedia melepas Modric pada musim panas nanti. Terlebih Madrid sepertinya sedang mempersiapkan penggantinya dengan mendekati bintang Tottenham Hotspur Christian Eriksen.

4 dari 4 halaman

3. Isco

Isco sudah sering dikaitkan dengan pintu keluar dari Real Madrid setelah tidak lagi menjadi pilihan utama Santiago Solari. Hubungan sang gelandang dengan Solari pun dikabarkan sudah tidak harmonis lagi.

Isco sendiri sekarang belum berada dalam performa terbaiknya sehingga penampilannya untuk Los Blancos menjadi berkurang. Pemain internasional Spanyol itu hanya menjadi starter dua kali dalam 16 pertandingan untuk klub musim ini.

Isco sudah dikaitkan dengan sejumlah klub Premier League seperti Chelsea, Arsenal dan juga Manchester City. Mengingat minimnya kesempatan bermain di Madrid dan mendapat cemoohan dari para suporter, Isco bisa meninggalkan klub pada musim panas.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

4 Jurus Jitu Atasi Rasa Gugup dan Detak Jantung yang Begitu Cepat

Liputan6.com, Jakarta – Terkadang rasa gugup dan detak jantung yang begitu cepat sulit dihindari. Biasanya hal ini terjadi ketika sedang ingin bertemu dengan orang yang disukai hingga persentasi di depan atasan serta wawancara kerja.

Nyatanya, rasa gugup dan detak jantung kencang ini normal terjadi pada manusia. Namun, Anda harus bisa melewatinya.

Kadang, rasa gugup yang terlalu besar bisa mengacaukan segalanya. Sehingga diperlukan sejumlah cara untuk bisa meredamnya.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Sabtu (19/1/2019) berikut 4 jurus jitu hadapi rasa gugup dan detak jantung cepat:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Manuver Valsava

Manuver Valsava adalah teknik pernapasan yang mengarah pada upaya perubahan detak jantung yang berdegup kencang.

Bagaimana cara melakukannya:

Pertama, Anda bisa menjepit hidung dengan tangan sebelah kiri. Kedua, tutup mulutmu dengan tangan kanan lalu buang dan hirup napas seolah-olah sedang menggelembungkan balon.

Meski proses ini dirasa tidak nyaman, tetapi Anda harus tetap tahan. Lakukan ini selama 10 sampai 15 menit.

3 dari 5 halaman

2. Gunakan Air Dingin

Metode menggunakan air dingin (air es) sangat efektif untuk merangsang saraf dan membantu mengendalikan detak jantung ke posisi normal.

Jika Anda merasakan detak jantung berdetak cepat dan tak tentu iramanya, maka ambil satu mangkuk besar air dingin dan percikan ke wajah.

Atau, Anda bisa langsung memasukan bagian wajah ke air dingin tersebut. Lakukan secara berulang maka kondisi detak jantung akan normal.

4 dari 5 halaman

3. Minum Air Es

Jika sebelumnya air dingin hanya dibasuk ke muka, maka teknik yang satu ini menyarankan untuk meminum air tersebut.

Ya, sangat simple. Hanya butuh minum air dingin yang nantinya langsung merangsang saraf. Pada gilirannya, air dingin akan membuat detak jantung Anda melambat dan normal.

5 dari 5 halaman

4. Tarik Napas Panjang

Cara yang satu ini memang simpel namun terbukti ampuh. Hanya dengan mengatur napasmu mu sendiri. Jika rasa degdegan telah melanda dan detak jantung sudah tak menentu maka tarik napas panjang.

Tahan napas ini sampai hitungan lima atau selama yang Anda bisa. Lalu buang napas secara perlahan.

Tarik napas kembali lalu buang secara perlahan.

Top 10 Berita Bola: Nodai Kemenangan Juventus, Apa Guna VAR?

Liputan6.com, Jakarta – Kegunaan video assistant referee (VAR) dalam tanda tanya menyusul kemenangan Juventus pada Piala Super Italia. Banyak yang menilai VAR belum maksimal

Juventus mengalahkan AC Milan 1-0 di laga tersebut. Namun, I Rossoneri protes muncul karena VAR melewatkan insiden yang dapat mengubah hasil pertandingan.

Kontroversi mengenai VAR menarik perhatian pembaca kanal bola Liputan6.com dan menjadi berita terpopuler pada Jumat (18/1/2019). Berikut daftar lengkap top 10 hari ini:

1. Nodai Kemenangan Juventus, Apa Guna VAR?

Kontroversi video assistant referee (VAR) mewarnai kemenangan Juventus atas AC Milan pada Piala Super Italia. Berfungsi mengurangi kesalahan wasit, VAR nyatanya tidak menyelesaikan masalah.

Juventus merebut gelar kedelapan Piala Super Italia berkat gol tunggal Cristiano Ronaldo pada laga di King Abdullah Sports City, Kamis (17/1/2019) dini hari WIB.

VAR digunakan pada partai tersebut dan menghasilkan keputusan tepat dengan dianulirnya gol Juventus karena offside dan kartu merah bagi gelandang AC Milan Franck Kessie. Selengkapnya di sini.

2 dari 3 halaman

Berita Populer Lain

2. Siapa Sosok di Balik Ketangguhan David De Gea Bersama MU?

Gawang Manchester United (MU) yang dikawal David De Gea sudah kebobolan 32 gol dari 22 pertandingan Liga Inggris musim ini. De Gea juga baru mencatatkan empat clean sheet untuk Setan Merah, julukan MU.

Tentunya, catatan tersebut sangat mengecewakan. Terlebih, pada musim lalu, di ajang Liga Inggris, De Gea mampu mencatatkan 18 clean sheet. Gawang MU yang dikawalnya hanya kemasukan 28 gol dari 37 pertandingan.

Namun, performanya membaik dalam tiga pertandingan terakhir, De Gea selalu mencatatkan clean sheet. Puncaknya saat MU menang 1-0 atas Tottenham Hotspur, De Gea melakukan 11 penyelamatan. Selengkapnya di sini.


3. Pemain dan Petinggi MU Beda Pendapat soal Solskjaer

Para pemain dan staf pelatih Manchester United (MU) ingin bos sementara Ole Gunnar Solskjaer ditunjuk sebagai manajer permanen klub. Mereka menganggap Solskjaer sudah membawa perubahan untuk MU.

Seperti diketahui, legenda MU Solskjaer ditunjuk sebagai pelatih sementara di Old Trafford setelah Jose Mourinho dipecat bulan lalu. MU bersikukuh bahwa Solskjaer adalah solusi sementara.

Namun, mantan pemain internasional Norwegia itu telah membuat awal yang paling sukses dari manajer mana pun dalam sejarah klub. MU tidak hanya memenangkan enam pertandingan langsung di bawah Solskjaer, tapi juga memainkan gaya sepakbola yang menyerang dan menggairahkan. Selengkapnya di sini.

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap Top 10