Pelatih Persib Sarankan Kompetisi Sepak Bola Indonesia Gunakan VAR

Liputan6.com, Bandung – Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic, menyarankan penggunaan Video Assistance Referee (VAR) di kompetisi sepak bola Indonesia. Menurut Radovic, VAR akan membuat sepak bola Indonesia lebih baik.

Pelatih Persib asal Montenegro itu menilai VAR bakal sangat membantu kinerja perangkat pertandingan dalam mewujudkan laga yang adil di sepak bola Indonesia.

“Saya pikir di sini Indonesia bagus kalau pakai VAR, saya berharap bisa pakai VAR,” ujar Radovic, seperti dilansir situs Persib.

Dengan penggunaan VAR, keputusan kontroversial dapat diminimalisir. Sebab, Radovic menyatakan, wasit juga memiliki kelemahan dan keraguan yang dapat dituntaskan dengan VAR review.

“Bisa wasit kasih offside tapi VAR tidak offside. VAR bantu wasit, bantu pemain, bantu coach, bantu suporter karena itu clear,” jelas pelatih yang baru menukangi Persib sejak Desember 2018 itu.

Kemudian, Radovic juga berbicara mengenai kondisi fisik anak-anak asuhannya menjelang program pemusatan latihan di Batam, Kepulauan Riau, awal pekan depan.

Top 10 Berita Bola: Ronaldo Bisa Kembali Lagi ke Real Madrid dengan Satu Syarat

2. 6 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Dicoret Indra Sjafri

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, membawa 24 pemain ke Hanoi, Vietnam, untuk menjalani kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada 22 hingga 26 Maret 2019. Dengan keputusan tersebut, maka ada 6 pemain dicoret oleh Indra Sjafri.

Indra Sjafri tak hanya membawa 23 pemain, tetapi membawa 24 pemain ke Hanoi karena masih ingin melihat lebih lanjut pilihan dari tiga striker yang dimilikinya. Keberhasilan Ezra Walian bermain apik dan mencetak gol dalam laga uji coba kontra Bali United membuat Indra Sjafri membutuhkan waktu untuk memutuskan dua striker yang akan menjadi senjatanya di kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Saat ini, Indra Sjafri memiliki Ezra Walian, Marinus Wanewar, dan Dimas Drajad, yang berposisi sebagai striker. Dengan masuknya Ezra Walian ke dalam skuat Garuda Muda yang berangkat ke Hanoi, maka semua pemain yang dipanggil dari klub luar negeri, termasuk Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani, masuk dalam skuat asuhan Indra Sjafri. Selengkapnya di sini.

3. Real Madrid Inginkan Hazard, Chelsea Minta Harga Sebesar Ini

Real Madrid sudah lama dikaitkan dengan Eden Hazard. Namun bintang asal Belgia itu tak pernah dibiarkan lepas oleh Chelsea.

Dalam beberapa musim terakhir, rumor kehadiran Hazard ke Real Madrid terus bergulir. Terlebih saat Cristiano Ronaldo memutuskan untuk pindah ke Juventus musim ini.

Namun kepergian Hazard ke Real Madrid dikabarkan sulit lagi dicegah. Bintang asal Belgia berusia 28 tahun itu sudah berketetapan hati untuk pindah ke klub ibu kota Spanyol tersebut. Selengkapnya di sini.

Top 10 Berita Bola: Persib Tersisih, Ini 8 Tim di Perempat Final Piala Presiden 2019

2. MU vs Barcelona, Duel yang Berpeluang Menghasilkan Juara Liga Champions

Undian 8 besar Liga Champions berlangsung di markas UEFA, Nyon, Jumat (15/3/2019). Muncul duel glamor yang mempertemukan Manchester United (MU) dengan Barcelona.

Selain itu, hadir derby Inggris antara Manchester City vs Tottenham Hotspur, dengan Juventus meladeni Ajax Amsterdam dan FC Porto bersua Liverpool.

Pertandingan MU kontra Barcelona pada perempat final Liga Champions musim ini layak dikedepankan. Manajer The Red Devils Ole Gunnar Solskjaer bahkan sangat antusias walau rekor menempatkan El Azulgrana sebagai favorit. Selengkapnya di sini.

3. Moyes: MU Bisa Singkirkan Barcelona

Mantan manajer Manchester United (MU) David Moyes mengaku yakin Setan Merah sanggup mengatasi Barcelona di babak perempat final Liga Champions.

Super big match tersaji setelah UEFA menggelar undian untuk babak perempat final Liga Champions, Jumat (15/03). Paul Pogba cs dipertemukan dengan Lionel Messi cs.

Di atas kertas, Barca tentu lebih difavoritkan untuk keluar sebagai pemenang. Mereka termasuk salah satu kandidat juara Liga Champions musim ini. Selengkapnya di sini.

Alessandro Del Piero Ingin Bermain Bola di Pantai Bali

Ini bukan kali pertama Del Piero datang ke Tanah Air. Dia sempat mendatangi Medan, Mei 2018, Del Piero atas undangan Sihar Sitorus.

Pada kesempatan itu dia melakukan berbagai kegiatan, salah satunya melelang berbagai memorabilia yang kemudian ditujukan untuk korban erupsi Gunung Sinabung.

Top 10 Berita Bola: Undian Liga Champions, MU vs Barcelona di Perempat Final

2. Piala AFC U-23: Pelatih Vietnam Remehkan Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Vietnam U-23 Park Hang Seo mengaku lebih takut dengan Thailand daripada Timnas Indonesia U-23. Menurut Park, Thailand jadi lawan paling tangguh bagi Vietnam dalam beberapa tahun terakhir.

Vietnam dan Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 bersama Thailand serta Brunei Darussalam. Vietnam akan menjadi tuan rumah kualifikasi yang rencananya mulai dihelat 22 Maret mendatang.

Park menyebut Thailnad sebagai lawan terberat ketimbang Timnas Indonesia U-23 karena skuatnya beberapa kali dikalahkan tim berjuluk The War Elephants tersebut. Selengkapnya di sini.

3. Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23

Timnas Indonesia U-23 akan memulai laga kualifikasi Piala AFC U-23 2020 pada pekan depan. Garuda Muda, sebutan Timnas Indonesia U-23, tergabung di Grup K.

Dalam Grup K ini, Timnas Indonesia U-23 akan berjumpa dengan Brunei, Thailand, dan Vietnam selaku tuan rumah. Datang sebagai juara Piala AFF U-22, Garuda Muda akan menghadapi Thailand di My Dinh Stadium, 22 Maret 2019.

Di pertandingan kedua, 24 Maret 2019, Garuda Muda akan berjumpa dengan Vietnam. Ini seperi laga ulang babak semifinal Piala AFF U-22, 24 Februari lalu. Selengkapnya di sini.

Satgas Antimafia Bola Bakal Periksa Kembali Joko Driyono Senin Depan

Liputan6.com, Jakarta – Satgas Antimafia Bola Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Pria yang akrab disapa Jokdri itu akan menjalani pemeriksaan lanjutan terkait kasus perusakan dan penghilangan barang bukti skandal pengaturan skor.

“Hari ini Satgas melayangkan surat panggilan kembali kepada saudara Jokdri (Joko Driyono) yang rencana akan dipanggil pada Senin besok,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Pemeriksaan lanjutan itu, kata Dedi, dilakukan untuk melengkapi berkas perkara dari keterangan yang diberikan sebelumnya. Ada sejumlah hal yang masih perlu digali penyidik dari Jokdri terkait kasus tersebut.

Lebih lanjut, Dedi menyatakan bahwa tidak dilakukannya penahanan terhadap Joko Driyonomerupakan subjektivitas penyidik. Namun tidak menutup kemungkinan, penyidik akan memiliki pertimbangan lain untuk melakukan penahanan orang nomor satu di PSSI itu.

“Itu sangat tergantung dari pertimbangan penyidik, karena pemeriksaan juga belum selesai. Pemeriksaan akan dilanjutkan baru Senin besok. Apakah besok, apa yang menjadi pertimbangam penyidik, besok kita putuskan hari Senin,” ucap Dedi.

16 Klub Liga 1 Bertemu Kapolri dan Satgas Anti-Mafia Bola

Jakarta – Total 16 perwakilan klub Liga 1 2019 menggelar pertemuan dengan Kapolri Tito Karnavian dan Satgas Anti-Mafia Bola, Selasa (12/3/2019). Pertemuan ini digelar di Rumah Dinas Kapolri, Jalan Patimura, Jakarta Selatan. Beberapa topik pun, termasuk kasus pengaturan skor, menjadi pokok pembahasan.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengatakan seluruh kontestan Liga 1 2019, minus PSM Makassar dan Kalteng Putra, menghadiri pertemuan tersebut.

“Kami intinya klub Liga 1, semua klub Liga 1 2019, minus PSM dan Kalteng Putra, pertama, berterima kasih. Mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Polri melalui Satgas Antimafia Bola untuk melakukan penindakan kasus-kasus mafia yang ada di sepak bola Indonesia,” ujar Yoyok ketika dihubungi Bola.com, Rabu (13/3/2019).

Yoyok juga berterima kasih kepada Kepolisian yang mendukung dan mengamankan Piala Presiden 2019. Topik ini menjadi pembahasan kedua yang dibicarakan dalam pertemuan kemarin.

“Kedua, kami berbicara dan juga mohon dukungan, arahan terkait Piala Presiden 2019 yang sedang berlangsung. Sejauh ini kan lumayan lancar, terima kasih juga dukungan Polri untuk pengamanan dan lain sebagainya,” imbuh Yoyok.

Berita video tim penyidik Satgas Anti Mafia Bola Polri mengeledah kantor baru PSSI di Fx Tower, Jakarta, Rabu (30/1).

Top 10 Berita Bola: Alasan Zidane Balik Lagi ke Real Madrid

2. Gelandang Barcelona Sudah Menyatakan Ingin Pindah ke MU

Keinginan Philippe Coutinho bergabung ke Manchester United (MU) pada musim panas 2019 sepertinya bukan sekadar rumor. Gelandang serang Barcelona itu dikabarkan sudah memberi tahu para pemain MU.

Coutinho merupakan salah satu transfer besar yang dibuat Barcelona pada Januari 2018 lalu. Pemain internasional Brasil itu dibeli dari Liverpool dengan mahar mencapai 142 juta pound.

Diharapkan menjadi pembeda di lini tengah Barcelona, performa Coutinho sejauh ini masih jauh dari kata memuaskan. Alhasil entrenador Ernesto Valverde pun kerap menaruhnya di bangku cadangan karena performanya yang tidak kunjung konsisten. Baca selengkapnya di sini.

3. Kembali Tangani Real Madrid, Ini Ambisi Zinedine Zidane

Real Madrid sukses membujuk Zinedine Zidane untuk kembali menjadi pelatih. Sosok asal Prancis tersebut pun berjanji memulihkan reputasi klub.

Meninggalkan Estadio Santiago Bernabeu awal musim ini, Zidane menandatangani kontrak baru dengan Real Madrid hingga 2022, Senin (11/3/2019).

“Ini hari spesial. Saya bahagia bisa kembali. Saya mulai bekerja mengembalikan klub ini ke tempat sebenarnya,” kata Zidane, dilansir AS. Baca selengkapnya di sini.

Satgas Antimafia Bola Ikut Pantau Piala Presiden 2019

Liputan6.com, Jakarta – Pertandingan sepakbola Piala Presiden 2019 akan kembali digelar pada 2 Maret hingga 12 April 2019. Sebanyak 20 klub akan ikut serta dalam laga yang berlangsung di Bandung, Bekasi, Megelang, Sleman dan Malang.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam pertandingan itu, Tim Satuan Tugas (Satgas) Anti Mafia Bola akan ikut berperan.

“Satgas Mafia Bola kita juga monitor dan mengawasi piala presiden agar sportivitas terjaga,” kata Ketua Tim Media Satgas Anti Mafia Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di sela-sela acara Millennial Road Safety Festival 2019 berkolaborasi dengan Women’s Cycling Community, di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (10/3/2019).

“Kita ingin semuanya fairplay dan sportif, sehingga dapat menghasilkan tim-tim yang berprestasi,” imbuh dia.

Presiden Jokowi sebelumnya menyampaikan pesan khusus pada suporter saat pembukaan Piala Presiden 2019, Sabtu (3/2/2019) di Stadion Jalak Harupat. Pesan itu disampaikan Presiden yang dibacakan Menteri Pemuda Olahraga, Imam Nahrawi.

Presiden Jokowi sebenarnya direncanakan hadir dalam pembukaan Piala Presiden 2019. Namun ia batal datang karena masih ada kegiatan di Kendari.

7 Bintang Sepak Bola yang Piawai Bermain Instrumen Musik

Pemain Manchester United, Alexis Sanchez, juga pernah menunjukkan keahliannya memainkan alat musik piano. Dalam video perkenalannya ketika baru gabung United, ia terlihat memainkan lagu Glory Glory Man United.

Hanya, banyak yang meragukan apakah Sanchez benar-benar memainkan piano dalam video tersebut. Tetapi, banyak pula yang meyakini, ia memang jago bermain piano.

Pemain yang lainnya, Leighton Baines, dikenal cukup dekat dengan dunia ‘indie’. Baines diketahui berteman dekat dengan dua personil Last Shadow Puppets, Scouser Miles Kane dan Alex Turner. Nama terakhir juga tergabung dalam band populer asal Inggris, Arctic Monkeys.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri di Everton itu merupakan gitaris andal. Ia pernah membawa sebuah gitar untuk menemaninya ketika Inggris bermain di Piala Dunia 2014. Kane mengatakan ia sering mengirimin lagu baru ke Baines.

“Belakangan ini, saya mengiriminya beberapa lagu baru begitu saya selesai melakukan proses mixing. Saya memberinya single terbaru sebelum orang lain mendengarkannya, sebab saya percaya dan tahu betapa senangnya ia saat mendengarkan lagu itu,” ujar Kane kepada Independent pada 2013.