PWI Gelar Seminar Peranan Pers Era Digital Dalam Pembangunan Daerah

Liputan6.com, Jakarta – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar seminar bertemakan Peranan Pers Pada Era Digital Dalam Mendukung Pembangunan Daerah. Acara yang digelar di Wisma Antara, Jakarta Pusat itu menghadirkan sejumlah narasumber yang juga kepala daerah.

Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Bogor Bima Arya, dan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menyampaikan, acara tersebut digelar dalam rangka menghadapi era digital yang semakin berkembang. Media mainstream hadir agar dapat bersama dengan pemerintah mengatasi maraknya informasi di media sosial yang bebas.

“Sekarang masalahnya seperti apa media digital kita. Media digital yang benar, bisa objektif, atau apa yang diangkat di situ,” tutur Atal di lokasi, Selasa (22/1/2019).

Menurut Atal, media sosial dengan sumber informasi yang tanpa batas tentu memiliki dampak baik dan buruk. Bagi kepala daerah, memantau situasi kota atau desa yang dipimpinnya menjadi hal yang diperlukan dalam upaya perbaikan dan percepatan pertumbuhan daerah tersebut.

“Media itu kadang-kadang sudah jadi nomor dua. Bagaimana pemerintah daerah membangun daerahnya dari informasi medsos. Di situ dia tahu bahwa di situ juga ada kebenaran,” jelas dia.

Termasuk juga berita bohong atau hoaks yang ada di medsos, media mainstream bersama dengan pemerintah harus dapat bekerjasama menekan itu. Untuk media mainstream, mesti dapat menyajikan informasi yang dapat menangkal hal tersebut.

“Orang semua sudah lari ke medsos. Nah ini saya kira produk-produk pers harus lebih bermutu ke depan. Bisa objektif, faktual, bisa dipertanggungjawabkan. Dan secara kode etik penulisannya harus dipenuhi,” kata Ketum PWI.

2 dari 3 halaman

Kata Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambahkan, percakapan di sosial media seringkali menjadi jauh lebih dominan dibandingkan yang lain. Di sisi lain, informasinya tidak selalu membawa data fakta yang sesuai dengan lapangan.

“Karena itulah media-media ini menjadi preferensi kita, bagi Pemprov DKI. Berkepentingan sekali untuk bisa memberikan informasi yang akurat, yang objektif, lengkap, dan jalur-jalur media konvensional baik online maupun printing maupun televisi, radio, itu yang membantu masyarakat untuk bisa mendapat rujukan,” beber Anies.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sandiaga soal Hoax ‘Luhut Siap Cium Kaki Prabowo’: Sudahlah

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno bicara tentang kabar bohong alias hoax soal Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan yang siap cium kaki capres Prabowo Subianto. Dia meminta semua pihak berhenti produksi hoax karena selama ini rakyat tak pernah menanyakan kabar seperti itu.

“Ini sudah titik ke 1.060 saya. Di titik ke 1.060 itu nggak pernah ada yang nanya gimana Pak Luhut nyium kakinya Prabowo. Nggak pernah. Masyarakat maunya apa, ini ada diskoneksi apa yang masyarakat inginkan, dan elite gunjingkan,” di Desa Kedung Jaya, Babelan, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Dia menyatakan saat ini elite sibuk saling serang dengan pabrik hoax yang tak diketahuinya siapa. Sandiaga kemudian mengajak para elite untuk turun ke masyarakat dan mendengarkan apa yang diinginkan rakyat.


“Ayolah elite belajar untuk mendengar masyarakat, turun ke bawah sambangi masyarakat, tangkap aspriasi, jangan bicarakan isu yang tak penting itu,” ujarnya.

“Elite ini sibuk serang menyerang dengan pabrik hoax dan kami tidak mau menuduh siapa yang di belakang situ dan kami sudah lah bahwa kita gunakan untuk tingkatkan fokus kita,” tambah Sandiaga.

Sandiaga menyatakan pihaknya telah mendeklarasikan antihoax, kampanye damai dan anti-politik uang. Atas dasar itu, dia tak ingin menanggapi hoax yang bermunculan.

“Saya nyatakan kita sudah mendeklarasikan kampanye antihoax, kampanye damai, anti politik uang juga. Jadi sama sama kita berpikir dengan akal sehat kita tak terlalu tanggapi hoax tersebut,” jelas Sandi.

Sebelumnya, Luhut membuat klarifikasi di Facebook soal tulisan berjudul ‘Luhut: Saya Siap Cium Kaki Prabowo Jika Dia Bisa Jadi Presiden!!’. Tulisan itu dimuat di situs https://operain.blogspot.com.

Luhut menegaskan tidak pernah mengatakan hal itu. Dia mendesak pembuat hoax untuk minta maaf sesegera mungkin. Jika tidak, Luhut terpaksa mengambil langkah hukum.

“Ya itu nanti kita siap nuntut. Karena saya nggak pernah bilang begitu, ya,” kata Luhut ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman.
(idn/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mulai Hari Ini, Jumlah Forward Pesan WhatsApp Hanya 5 Kali

JakartaWhatsApp baru saja mengeluarkan kebijakan baru. Mulai hari ini, mereka membatasi jumlah forward pesan hingga lima kali.

Pembatasan ini tidak hanya berlaku di Indonesia, tapi seluruh dunia. Kebijakan tersebut diambil sebagai upaya WhatsApp mengurangi viralnya hoax atau berita bohong yang ada di platformnya.

Hal tersebut diungkap langsung VP Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand saat bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada Senin sore (21/1/2019).

WhatsApp mengaku telah melakukan uji coba fitur pembatasan pesan yang diforward pada Juli-Agustus tahun lalu di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hasilnya cukup menggembirakan.

VP Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand dan Menkominfo RudiantaraVP Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand dan Menkominfo Rudiantara Foto: Kominfo

“Terjadi perubahan perilaku dalam mem-forward pesan. Kami berhasil menguranginya 25% sejak ujicoba dilakukan. Jadi kami tidak sabar melihat perubahan apa selanjutnya,” ujar Victoria.

Sejak dua bulan lalu, WhatsApp mengaku melakukan uji coba beta secara intensif di Indonesia karena dinilai menjadi salah satu negara prioritas. Sehingga fitur pembatasan ini bisa diimplementasikan mulai Selasa (22/1/2019) pukul 12.00 WIB.

Pembatasan jumlah forward pesan pada aplikasi Whatsapp baru berlaku untuk pengguna OS Android. Untuk IOS sedang dalam proses pengembangan. (afr/afr)

Masyarakat Diminta Cermat Memilih Caleg dalam Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta – Peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) Syafuan Rozi Soebhan mewanti-wanti masyarakat tak mencari kucing dalam karung dalam memilih caleg di Pemilu serentak yang digelar 17 April mendatang.

Ia menyampaikan, untuk mengetahui persoalan dialami masyarakat, para caleg seharusnya menyambangi daerah pemilihannya secara langsung. Bukan mengandalkan serangan fajar atau membagikan uang melalui tim suksesnya.

“Kita tidak mau mencari kucing dalam karung karena dibayar, dia (caleg) hibur kita selama kampanye tapi lalu meninggalkan kita dengan kemacetan, pengangguran, jalan yang gelap, sampah dimana-mana, kejahatan luar biasa, narkoba,” pesan Syafuan, Senin (20/1/2019).

Dia meyakini masyarakat mulai cerdas dalam menyikapi pesta demokrasi. Masyarakat, khususnya generasi milenial tak serta merta akan menerima uang dari para caleg yang akan membiarkan daerah pemilihannya terbengkalai.

“Masyarakat mulai sadar untuk jangan mau terima DP. Terima DP nanti di belakang hari kita tidak diurus. Tapi kalau milih orang yang tepat, yang benar, dia akan urus lima tahun ke depan bagaimana jalan kita itu bagus, dari kualitas jalannya, drainase dan lainnya,” lanjut Syafuan.

Pernyataan ini dilontarkan terkait banyaknya petahana yang kembali maju dalam ajang Pemilu 2019. Salah satu petahana tersebut adalah Ahmad Sahroni.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Wilayah

Ahmad Sahroni selaku caleg petahana dari NasDem, mengingatkan masyarakat untuk arif memilih wakil rakyat yang memperhatikan daerah pemilihannya.

“Uang memang penting, bohong kalau kita tidak butuh uang, apa pun sekarang membutuhkan uang, apalagi di ibu kota. Tapi jangan juga kita diperbudak oleh uang sampai membutakan mata memilih wakil rakyat yang hanya mau dipilih tapi tidak mau memperhatikan dapil setelah terpilih,” kata Sahroni.

Sahroni mencontohkan, sebagai wakil rakyat yang terpilih dari Dapil III dirinya tak pernah melewatkan berbagai kesempatan untuk mengunjungi kembali daerah-daerah yang telah mengantarnya ke DPR. Dengan bertatap muka di daerah pemilihannya, kepentingan masyarakat akan diketahui tanpa ditungangi pihak-pihak yang mencoba mencari keuntungan pribadi.

“Selama hampir lima tahun, saya tidak pernah melewatkan jadwal reses, kunjungan kerja maupun sosialisasi empat pilar. Momentum itu saya manfaatkan untuk mendatangi berbagai wilayah di daerah pemilihan secara bergiliran untuk mengetahui apa persoalan dirasakan masyarakat,” ungkap pria yang lekat dengan sebutan Anak Priok ini.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Pendukung Jokowi Gugat Prabowo Soal Pernyataan Selang Cuci Darah di RSCM

Jakarta – Advokat yang tergabung dalam organisasi masyarakat Harimau Jokowi mengajukan gugatan perdata terhadap Capres Prabowo Subianto, terkait pernyataan selang cuci darah di RSCM bisa dipakai lebih dari 1 orang. Gugatan dilayangkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Gugatan tersebut didaftarkan dengan nomor 76/Pdt.G/2019/Pn.JktSel. Adapun pihak yang digugat Harimau Jokowi yakni, tergugat I Prabowo Subianto baik selaku pribadi maupun Capres, tergugat II Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, tergugat III Badan Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dan turut tergugat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

“Hari ini Pimpinan Pusat Harimau Jokowi telah melayangkan gugatan perdatanya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap kasus pembohongan publik yang dilakukan Prabowo Subianto, baik dalam kapasitasnya sebagai pribadi, Ketum Partai Gerindra dan kita juga ajukan kepada BPN Prabowo-Sandiaga,” kata Ketua Harimau Jokowi, Saiful Huda, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019).

Pendukung Jokowi Gugat Prabowo Soal Pernyataan Selang Cuci Darah di RSCMFoto: Advokat yang tergabung dalam ormas Harimau Jokowi mengajukan gugatan perdata terhadap Capres Prabowo Subianto, terkait pernyataan selang cuci darah di RSCM (Yulida-detikcom).

Ia mengatakan Prabowo melakukan kebohongan publik mengenai pernyataannya yang menyebut selang cuci darah bisa dipakai lebih dari satu orang di RSCM bagi pelayanan pasien BPJS Kesehatan. Menurut Saiful perbuatan Prabowo itu menimbulkan kecemasan publik.

“Kebohongan publiknya yang mengatakan RSCM telah melakukan pelayanan publik yang salah yang kebohongan itu terkait 1 selang yang mestinya digunakan 1 orang tapi digunakan 40 orang, (selang) alat cuci darah itu. Padahal menurut RSCM itu salah besar kami tidak melakukan itu kata pihak RSCM ya satu selang ya untuk 1 orang,” ujarnya.

Saiful mengaku sudah menemui pihak manajemen RSCM untuk menjadikannya pihak turut tergugat dalam gugatan. Oleh karenanya ia berharap pihak RSCM mau bersaksi di pengadilan terkait isu tersebut.

“Sebetulnya kami datang ke sana untuk membuat pemberitahuan kepada pihak RSCM bahwa RSCM akan kita libatkan dalam gugatan perdata ini. Tetapi itu bukan sebagai pihak tergugat melainkan turut tergugat agar RSCM sungguh sungguh memberikan kesaksian di dalam pengadilan nanti,” ujarnya.

Menurut Saiful, Prabowo melanggar Pasal 34 ayat 3 a dan b UU tentang partai politik, serta Pasal 1364 KUH Perdata sebagai perbuatan melawan hukum. Menurutnya setelah 2 minggu sejak didaftarkan, penggugat baru akan mendapatkan jadwal sidang.

Sementara itu kuasa hukum Harimau Jokowi, Petrus Selestinus mengatakan akan mengajukan gugatan pidana ke Bareskrim Polri mengenai pernyataan Prabowo itu. Laporan itu akan diajukan dalam waktu dekat.

“Jadi laporan pidana ke Mabes Polri karena Prabowo sebagai calon pemimpin harusnya sikapnya seorang negarawan. Kalau negarawan itu berbicara dan bersikap ke publik harus menyampaikan hal-hal yang benar. Tapi Prabowo justru menyampaikan berita bohong yang seharusnya dia patut menduga bahwa apa yang disampaikan terhadap publik tentang 1 selang dipakai beberapa pasien cuci darah itu harusnya didukung dengan bukti. Dan tujuan dia itu tidak lain untuk menjatuhkan pemerintahan Jokowi sekaligus menjatuhkan reputasi RSCM,” kata Petrus.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyampaikan tentang satu selang alat cuci darah pasien di RSCM pernah dipakai oleh 40 orang. Hal itu disampaikan dalam ceramah akhir tahun yang digelar di kediamannya di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/12/2018). Video itu kemudian diunggah dalam halaman Facebooknya.

Dalam ceramahnya, Prabowo membahas banyak hal, di antaranya menyebut banyak uang di negara ini mengalir ke luar sehingga tidak cukup untuk melayani bangsa Indonesia. Salah satunya masalah kesehatan. Dia mengatakan ada dokter tidak digaji hingga menjadi problem di rumah sakit.

“Saya dapat laporan di RSCM ada alat pencuci ginjal dan seharusnya hal itu punya saluran-saluran dari plastik, dari karet, dan tentunya dipakai satu orang satu kali. Saya dengar ada yang melaporkan kepada saya di RSCM hari ini dipakai 40 orang,” ujar Prabowo.
(yld/nvl)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Luhut: Saya Tak Pernah Bilang ‘Siap Cium Kaki Prabowo Jika Jadi Presiden’

Jakarta – Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan tidak pernah mengatakan siap cium kaki Prabowo Subianto bila jadi presiden. Dia menegaskan situs yang memuat hal itu memuat berita bohong.

Klarifikasi itu disampaikan Luhut lewat akun Facebook resminya, Senin (21/1/2019). Luhut menyebut pemberitaan itu dimuat oleh situs operain.blogspot.com.

“Sehubungan dengan adanya pemberitaan ‘Luhut: Saya Siap Cium Kaki Prabowo Jika Dia Bisa Jadi Presiden!!’ maka dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu, baik secara lisan maupun tulisan,” kata Luhut.

Luhut menegaskan kabar dia siap mencium kaki Prabowo adalah hoax. Dia mendesak situs yang memuat kabar itu untuk minta maaf atau akan mengambil jalur hukum.

“Dengan ini saya menunggu permintaan maaf resmi dari media pihak pemuat berita tersebut, yaitu https://operain.blogspot.com/ ataupun media lainnya, karena telah memuat berita bohong,” ungkapnya.

Luhut membuat klarifikasi ini untuk mengingatkan agar demokrasi berlangsung tanpa ada berita bohong. Di akhir klarifikasinya, dia mengajak publik memilih dengan cerdas.

“Saya sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat memilih dengan cerdas dan dewasa, dengan mengedepankan program kerja dan rekam jejak kedua paslon berdasarkan data yang benar,” tegas Luhut.

Saksikan juga video ‘Eksklusif Menko Luhut: Utang, Infrastruktur, dan TKA China’:

[Gambas:Video 20detik]


Luhut: Saya Tak Pernah Bilang 'Siap Cium Kaki Prabowo Jika Jadi Presiden'


(imk/bar) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Penyebar Hoax Ijazah Palsu Jokowi Terancam 3 Tahun Bui

Jakarta – Polisi menangkap Umar Kholid Harahap (28) yang diduga menyebarkan kabar bohong (hoax) Presiden Joko Widodo (Jokowi) berijazah palsu. Atas perbuatannya, Umar terancam pidana 3 tahun penjara.

“Betul, tersangka adalah ditangkap dan saat ini masih diperiksa,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo ketika dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (19/1/2019).

Umar disangkakan pasal berlapis yakni Pasal 14 ayat 2, Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946, dan/atau Pasal 207 KUHP. Dari ketiga pasal tersebut, ancaman hukuman paling tinggi ada di Pasal 14 ayat 2 UU 1/1946.


Bunyinya sebagai berikut:

Barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun.

Polisi menangkap Umar pada Sabtu (19/1) dini hari pukul 00.30 WIB di kediamannya, Bekasi Timur, Jawa Barat.

Umar menyebarkan hoax ijazah Jokowi palsu lewat akun media sosial Facebook miliknya. Umar beralibi membuat posting-an untuk mencari tahu kebenaran soal ijazah Jokowi palsu.

Kepala SMAN 6 Surakarta memastikan ijazah Jokowi asliKepala SMAN 6 Surakarta memastikan ijazah Jokowi asli (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

“Yang bersangkutan sengaja menyebarkan berita hoax dengan menggunakan akun FB-nya. (Motif) untuk mengetahui kebenaran tentang berita ijazah tersebut,” ujar Dedi.

Sama seperti pernyataan pihak sekolah, Dedi menyatakan ijazah Jokowi asli. “Ijazah Pak Jokowi adalah asli, sesuai penjelasan sekolah,” ucap Dedi.

Umar tidak ditahan. Dia diperiksa di Direktorat Siber Bareskrim Polri. Penyidik menyita beberapa barang bukti dari tersangka, antara lain satu ponsel beserta dua buah SIM card, satu akun Facebook, dan e-mail milik tersangka. Untuk memperkuat alat bukti penyidikan, polisi melakukan tahapan digital forensik terhadap barang bukti yang disita.

Sebelumnya, ijazah SMA Jokowi dituding palsu lantaran tertulis lulus pada 1980. Netizen menganggap SMAN 6 Surakarta tempat Jokowi bersekolah baru berdiri pada 1986. Sementara di ijazah Jokowi tertuliskan SMPP. SMPP adalah Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan yang merupakan cikal bakal SMAN 6 Surakarta.

Kepala SMAN 6 Surakarta, Agung Wijayanto, mengatakan Jokowi merupakan siswa SMPP. Dia memastikan ijazah Jokowi tersebut asli.

“Iya benar ijazahnya asli. Cuma memang capnya berbeda, tulisannya SMPP (SMA 6),” kata Agung saat ditemui detikcom di SMAN 6 Surakarta, Kamis (17/1).
(jbr/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menhub ke Warga Jaksel: Kalau Dengar Hoax di TV, Tutup Saja

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak warga untuk hijrah atau berubah menjadi lebih baik. Salah satunya dengan tidak ikut menyebar kabar bohong alias hoax.

“Kalau saya dengar hoax dari TV, saya tutup saja, mending kita berubah dengar tausiah dari pak kiai, karena kalau hoax itu tidak bisa kita ambil kita sebarkan ke orang lain,” kata Budi saat bertemu warga di Masjid At Taqwa, Grogol Utara, Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019).

Budi juga bercerita soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bercerita soal hijrah merupakan sesuatu yang akan selalu terjadi. Contohnya, menurut Budi, adalah perubahan dari anak-anak menjadi orang tua.
“Beberapa waktu yang lalu pak Presiden mengatakan hijrah, selau dikatakan yang selaku abadi itu adalah perubahan, anak dari kecil jadi besar, kita dari muda jadi tua,” ucap Budi.
Dia menyatakan hijrah bukan cuma terjadi pada diri manusia, tapi juga pada sistem dan fasilitas transportasi di Indonesia. Salah satu yang disebut Budi adalah waktu tempuh antara Surabaya-Solo yang kini lebih singkat.

“Bandara kita sekarang dapat peringkat internasional, itu namanya perubahan, hijrah. Kemarin saya ke Surabaya, ketemu teman-teman, ternyata tidak ada, pada ke solo. Ke Solo biasanya 5 jam sekarang 2 jam,” ujarnya.
(abw/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

FOTO: Melihat Monyet Ekor Panjang Mencari Makan di Suaka Margasatwa Muara Angke

Wakil Presiden, Jusuf Kalla saat melihat makanan prasmanan untuk jurnalis di Main Press Center (MPC) atau Media Center Asian Games di JCC, Jakarta, Selasa (14/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Wapres Jusuf Kalla (JK) mendatangi TPS 03 Kelurahan Pulo, Jakarta Selatan, Rabu (19/4). Ditemani istri, Mufidah Kalla dan sang cucu, JK memberikan suaranya pada Pilkada DKI putaran kedua di TPS bernuansa Betawi tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melukai 5 anggota TNI yang mengawal tim survei Papua Terang di Distrik Wagemuka, Paniai, Papua....
Jubir KPK Febri Diansyah memberi keterangan terkait dugaan TPPU di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/5). KPK menjerat korporasi dengan sangkaan TPPU berkaitan dengan kasus yang menimpa Bupati Kebumen Mohamad Yahya Fuad. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kata-kata Gokil Lucu Ini Akan Musnahkan Stres Pikiranmu

Liputan6.com, Jakarta Terkadang rutinitas yang kamu hadapi membuat penat dan bosan. Ada saatnya kamu memiliki beban pekerjaan yang berat. Kalau sudah seperti itu, stres pun tak dapat dihindari. Pikiranmu jadi tak karuan, fokusmu hilang dan semua pekerjaanmu akhirnya terbengkalai.

Pastinya kamu tidak mau merasakan hal buruk seperti diatas. Apalagi stres juga bisa berdampak membuatmu kehilangan kepercayaan diri. Kamu akan makin sedih dan terpuruk meratapi masalah-masalahmu. Eits, tapi ada banyak cara untuk menghilangkan stres kok. Kamu butuh hiburan?

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk liburan. Kamu bisa merefresh otakmu dengan hal-hal sederhana. Sesederhana membaca kata-kata gokil lucu yang akan menjadi penghiburanmu. Kata-kata gokil lucu cocok bagi kamu yang pikirannya sedang penat dan jenuh. Supaya tidak stress dan nantinya akan berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya kamu simak kata-kata gokil lucu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kata-kata gokil lucu untuk kamu yang ingin menghilangkan stres Jumat (18/1/2019). Tak perlu repot-repot mencari penghibur lain. Berikut kata-kata gokil lucu untukmu.

2 dari 5 halaman

Cara agar berjodoh dengan si dia

Bukan Salah Budi

Berhati hatilah jika ingin membalas budi, karena belum tentu budi yang melakukannya.

Mpok dan Bank Indonesia

Sebenarnya, yang melahirkan uang adalah Mpok Indonesia. Bank Indonesia cuma menanam benih.

Pokoknya Harus Jodoh

Ya Tuhan jika dia bukan JODOHKU, Tolong hapuskan kata BUKAN dari hidup ini.

Jangan Lupa Minta Kembalian

Dimana ada kelebihan, pastilah disitu ada kembalian.

Penyebab Kematian Terbesar

Hasil penelitian para ahli kedokteran, bahwa ternyata 100% penyebab kematian seseorang adalah jantung, yaitu JANTUNGNYA BERHENTI BERDENYUT

Bayar Hutang Dulu Baru Pergi

Ketika seseorang berusaha menjauhi hidupmu, jangan biarkan ia pergi, sebelum dia melunasi semua utangnya.

Jangan Sombong!

Jangan sombong kalau jadi atasan. Di pasar, atasan diobral 10 ribu dapat 3.

Balas Dendam

Jika seseorang melemparmu dengan batu, balaslah dengan bunga..sekalian dengan potnya.

Uang memang penjamin kebahagiaan

Uang memang tak menjamin kebahagian seseorang. Tapi kalau tak punya uang, kebahagiaanmu lebih tak terjamin lagi.

3 dari 5 halaman

Cara agar tetap diingat

Dosa Besar!

Sebuah dosa besar apabila seorang lelaki menggoda istri orang lalu menikahi suaminya.

Obat Darah Rendah

Ternyata air ludah bisa nyembuhin darah rendah. Coba aja ludahin muka temanmu yang sakit darah rendah 2 detik langsung darah tinggi.

Jodoh ditangan Tuhan

Jodoh Itu Di Tangan Tuhan, Tapi Jika Sudah 27 Tahun, Tuhan Lepas Tangan!

Membuang Waktu

Wasting time hanyalah membuang waktu

Cara untuk tetap diingat

Cara terbaik dan mudah untuk membuat orang lain mengingatmu adalah pinjamlah uang mereka.

Hidup dan Katering

Hidup pasti banyak rintangan. Kalau banyak rantangan berarti itu katering.

Semua Pekerjaan terasa ringan

Seberat apa pun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.

Tidak usah Beli makanan mahal

Makanan semahal apa pun tidak akan terasa mahal jika tidak dibeli.

Pacar Orang

Sebenarnya pacar orang adalah pacar kita juga karena kita adalah orang.

4 dari 5 halaman

Cara memecahkan masalah

Takut Istri

Kalau Anda takut berbuat dosa, maka Anda adalah teman orang yang beriman.Jika Anda takut bohong, maka Anda adalah teman orang-orang sholeh.Anda takut berbuat baik, maka Anda temannya setan.Nah, kalau Anda takut sama istri, Anda teman saya!

Sungguh Dosa Besar

Sebuah dosa besar apabila seorang lelaki menggoda istri orang lalu menikahi suaminya.

Mana yang lebih ikut-ikutan

Cewek lebih suka ikut-ikutan dibanding cowok. Buktinya banyak cewek ikut-ikutan suka memakai celana, tapi nggak ada cowok yang ikutan memakai rok.

Pecahkan Masalahmu!

Jangan ragu dalam memecahkan masalah! Kecuali kalo ada tulisannya “memecahkan berarti membeli”.

Kebanyakan Gaya!

Menurut ilmu fisika, tekanan berbanding lurus dengan gaya. Jadi kalau kamu merasa hidupmu banyak tekanan. Mungkin karena kamu kebanyakan gaya.

Teman sejati yang sesungguhnya

Teman sejati itu seperti ingus, dia selalu hadir saat air mata datang dan jatuh.

5 dari 5 halaman

Sukses bukan bensin

Sukses itu dimulai dari diri sendiri, bukan dari nol seperti bensin.

Tinggalkan Jejakmu

Beberapa orang masuk ke kehidupan kita dan meninggalkan “jejak” di hati. Sementara yang lain, masuk ke kehidupan kita dan membuat kita ingin meninggalkan jejak di muka mereka.

Bentuk kepercayaan diri

Apa yang kulakukan saat melihat seseorang yang sangat menarik? Aku menatapnya, tersenyum padanya sampai capek terus…aku turunin deh itu cermin.

Sayang dan saython

Jangan mau dipanggil “Say”. Bisa jadi itu bukan “Sayang”, tapi “Saython”.

Tak Usah dipikirkan

Nggak usah mikirin omongan orang. Mereka aja ngomongnya nggak pakai pikiran.

Demikian kata-kata gokil lucu yang mungkin dapat menghiburmu. Bagaimana, apakah kumu sudah terhibur? Kata-kata gokil lucu ini juga akan menghilangkan stres yang saat ini kamu rasakan. Karena kamu pasti memerlukan penghiburan dalam menjalani pahitnya kehidupan. Bila kamu juga menemui orang yang butuh hiburan, kamu bisa membagikan kata-kata gokil lucu ini pada sahabatmu. Jangan terlalu serius! Hidup cuma sekali maka nikmati dengan santai.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari