Matematika Membuat Kaisar China Bisa Tiduri 121 Wanita Setiap 15 hari

Beijing – Mulai dari pengukuran waktu sampai ke navigasi laut, matematika menjadi poros dasar peradaban kuno.

Perjalanan matematika kita dimulai di Mesir, Mesopotamia, dan Yunani. Tetapi setelah peradaban-peradaban ini menurun, kemajuan matematika terhenti di belahan dunia barat.

Di bagian timur, matematika justru mencapai puncak kejayaannya.

Di Cina kuno, matematika menjadi kunci dalam perhitungan konstruksi Tembok Raksasa yang panjangnya mencapai ribuan kilometer.

Angka-angka menjadi sedemikian penting sehingga memainkan peran krusial dalam menjalankan kehidupan di Istana Kerajaan.

Perencanaan bercinta

Sistem selir di Kekaisaran Cina berusaha memperbesar kemungkinan suksesi. Sistem selir di Kekaisaran Cina berusaha memperbesar kemungkinan suksesi. (Getty Images)

Kalender dan gerakan planet mempengaruhi semua keputusan kaisar, sampai ke perencanaan agendanya baik pada siang hari maupun malam hari.

Penasihat kekaisaran memberikan sistem yang memastikan kaisar dapat meniduri sekian banyak perempuan di istananya.

Sistem tersebut didasari konsep matematika bernama geometric progression. Mitos menyebutkan dalam kurun 15 malam, sang kaisar harus meniduri 121 perempuan yang mencakup:

  • Permaisuri
  • 3 pendamping senior
  • 9 istri
  • 27 selir
  • 81 budak

Jumlah orang dalam setiap kelompok perempuan ini sebanyak tiga kali lipat jumlah orang dalam kelompok sebelumnya, sehingga para ahli matematika dapat membuat jadwal untuk memastikan bahwa pada periode 15 malam, kaisar meniduri semua perempuan di istananya.

Stamina raja Kaisar Kuning, raja pertama Cina. Legenda menyatakan raja pertama Cina memerintahkan salah satu dewanya untuk menciptakan matematika pada 2800 SM. (Getty Images)

Jadwalnya diatur sebagai berikut:

Malam pertama hanya untuk ratu. Kemudian malam selanjutnya untuk tiga pendamping senior. Malam berikutnya untuk sembilan istri, lalu 27 selir dipilih secara bergiliran, sembilan orang setiap malamnya.

Akhirnya, dalam kurun sembilan malam, tiba giliran untuk 81 budak yang dibagi ke dalam sembilan kelompok.

Jadwal ini dibuat untuk memastikan sang kaisar meniduri perempuan kasta tertinggi saat mendekati bulan purnama, ketika kekuatan perempuan atau yin berada pada taraf puncak sehingga bisa menyamai kekuatan pria atau yang.

Menjadi penguasa pastinya harus berstamina. Tujuannya jelas, yaitu untuk mendapatkan calon pewaris takhta kerajaan yang terbaik.

Istana kaisar bukanlah satu-satunya yang bergantung pada matematika. Peran ilmu ini juga penting dalam menjalankan negara.

Kekaguman pada matematika Swipoa Cina Kuno tertarik pada pola angka. (Getty Images)

Kekaisaran Cina Kuno adalah kerajaan yang besar dan tumbuh dengan menerapkan aturan hukum yang ketat, sistem pajak yang luas, serta standarisasi sistem bobot, pengukuran, dan uang.

Mereka telah menggunakan sistem desimal 1.000 tahun sebelum wilayah Barat mengadopsinya. Kekaisaran Cina pun telah menuntaskan soal-soal persamaan matematika dalam cara yang baru dipakai orang-orang Barat pada permulaan abad ke-19.

Menurut legenda, raja pertama Cina, Kaisar Kuning, memerintahkan salah satu dewanya untuk menciptakan matematika pada 2800 SM, dengan keyakinan bahwa angka punya makna kosmik.

Sampai sekarang, orang Cina masih mempercayai angka memiliki kekuatan mistis.

Angka ganjil dianggap perwujudan pria, sedangkan genap adalah perempuan. Angka empat harus selalu dihindari dan angka delapan membawa keberuntungan,

Cina Kuno tertarik dengan pola angka. Mereka mengembangkan versi purba permainan sudoku.

Pada abad ke-6 M, perhitungan matematika Cina Kuno dipakai dalam ilmu astronomi untuk mengukur pergerakan planet. Kini, perhitungan itu masih digunakan dalam kriptografi internet.

(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Berbeda dengan Credit Suisse, Saham RI Jadi Pilihan JP Morgan

Liputan6.com, Jakarta – Credit Suisse, perusahaan sekuritas global dalam laporan terbarunya memangkas atau jual (underweight) pasar saham Indonesia 10 persen dari sebelumnya overweight atau menambah bobot 20 persen saham.

Bila Credit Suisse merekomendasikan memangkas pasar saham Indonesia, JP Morgan masih optimistis dengan pasar saham negara berkembang. JP Morgan merilis global market outlook 2019 pada 20 Desember 2018 dan kembali diperbaharui pada 22 Januari 2019.

JP Morgan menyebutkan investor akan kembali ke pasar keuangan usai alami kerugian pada Desember.  Kestabilan yang tentatif tak menghalangi investor kembali ke pasar berisiko pada awal tahun baru. Hal ini terjadi setelah pasar saham yang volatile sepanjang 2018.

Sejumlah faktor mendukung pasar keuangan global mulai dari momentum pertumbuhan global yang melambat.

Akan tetapi, fase perlambatan tersebut harus berakhir sebelum pertengahan tahun dengan tindakan kebijakan yang mendukung dan fleksibel terutama kebijakan pelonggaran China dan the federal reserve atau bank sentral Amerika Serikat (AS) berhenti menaikkan suku bungan. JP Morgan melihat, risiko resesi ada tetapi kecil kemungkinan terjadi pada 2019.

Lalu bagaimana JP Morgan melihat pasar negara berkembang?

JP Morgan melihat pasar negera berkembang akan bervariasi. Setelah semester II 2018 yang menantang bagi  ekonomi negara berkembang, efek akumulasi kemungkinan akan hasilkan awal lemah pada 2019.

Akan tetapi, JP Morgan mengasumsikan siklus kenaikan mulai terjadi pada kuartal II 2019 yang diikuti siklus yang dorong tekanan pada akhir tahun berakhir. Hal itu disampaikan Head of Currencies, Commodities and EM Research, JP Morgan, Luis Oganes, seperti dikutip dari keterangan JP Morgan, ditulis, Rabu (13/2/2019).

“Usai tantangan yang dihadapi banyak ekonomi negara berkembang pada semester II 2018, kami harap awal tahun cenderung melemah, tetapi prediksi siklus menguat pada kuartal II 2019,” tutur Oganes.

Oganes menambahkan, Amerika Latin, salah satu wilayah yang sedikit lebih cepat pulih pada 2019. Ini karena China berkontribusi besar terhadap perlambatan negara berkembang secara keseluruhan. Brazil siap untuk terus pulih, setelah pemilihan presiden.

Di pasar saham, pertumbuhan pasar saham negara berkembang diharapkan tumbuh dua digit dengan Brazil, Chili, Indonesia dan Rusia menjadi pilihan untuk menambah bobot saham (overweight) yang paling utama.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun bervariasi pada sesi pertama perdagangan saham Rabu pekan ini. IHSG menguat 11,98 poin atau 0,19 persen ke posisi 6.438. Sebanyak 221 saham menguat sehingga mengangkat IHSG. 145 saham melemah dan 117 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham 203.865 kali dengan volume perdagangan saham 6,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,7 triliun. Investor asing jual saham Rp 375,35 miliar di pasar regular.

2 dari 2 halaman

Prediksi Harga Minyak hingga Dolar AS

Selain itu, JP Morgan prediksi harga minyak akan naik pada semester I 2019 hingga akhirnya melambat. Usai harga minyak turun tajam pada akhir kuartal IV 2018, JP Morgan perkirakan harga minyak menguat.

Hal ini didukung dari pandangan the Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) yang memangkas persediaan minyak bersama negara lain non OPEC. Ditambah sentimen dari sanksi Iran dan pertumbuhan persediaan minyak melambat di AS.

Pada akhir tahun, harga minyak akan turun seiring pertumbuhan global melambat. Harga minyak Brent diharapkan mencapai rata-rata USD 73 per barel pada 2019. Kemudian pada 2020, harga minyak akan sentuh USD 64 per barel. Sementara itu, harga emas diperkirakan USD 1.325 per troy ounce pada 2019. Hal ini seiring tekanan terhadap makro ekonomi berakhir.

Lalu bagaimana dengan pergerakan dolar AS?

Dolar AS secara mengejutkan menguat pada 2019. “Tahun ini membawa ancaman lebih kecil dari the Federal Reserve dan perang dagang, tetapi masih ada kekhawatiran siklus mengenai leverage dan perlambatan ekonomi,” ujar Head of Cross-Asset Fundamental Strategy JP Morgan, John Normand.

Analis JP Morgan memperkirakan, ketika pertumbuhan ekonomi AS melemah dan seluruh dunia mengatasi ketertinggalan, dolar AS akan kurang didukung terhadap euro dan mata uang negara maju lainnya pada 2019 terutama semester II 2019.

Mata uang Inggris pound sterling akan tetap stabil tetapi pada akhirnya terus bergerak lebih tinggi didukung proses Brexit berjalan lancar.

Lalu bagaimana dengan tingkat suku bunga global?

JP Morgan prediksi suku bunga akan ketat tapi melambat. Meski pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) di atas tren, the Federal Reserve atau bank sentral AS mengambil risiko kebijakan moneter untuk tidak terlalu agresif. Hal ini seiring melihat kondisi pasar keuangan yang lebih ketat.

JP Morgan prediksi kenaikan suku bunga bank sentral AS sebanyak dua kali pada 2019, sedangkan pasar sudah perhitungkan dan pertimbangkan bank sentral AS untuk menahan neraca.

Mengingat the Federal Reserve yang terus memperketat dengan latar belakang meningkatnya pasokan surat berharga atau treasury, JP Morgan memprediksi imbal hasil 10 tahun surat berharga AS naik menjadi 2,95 persen pada kuartal II 2019 dan menjadi 3,2 persen pada akhir tahun.

Sedangkan imbal hasil obligasi Jerman bertenor 10 tahun diharapkan mencapai satu persen. Di Inggris, saat negosiasi Brexit berlanjut, imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun sekitar 1,75 persen.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Daihatsu Setop Penjualan Copen di Indonesia, Ini Alasannya

Liputan6.com, Sibolga – Merupakan mobil yang hadir dengan desain imut dan masuk dalam golongan premium dari merek Daihatsu, Copen tak lagi dijual di Indonesia.

Sepanjang tahun 2018, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan Daihatsu Copen secara wholesale hanya satu unit.

“Copen itu kalau diingat bukan sebagai volume maker. Jadi Daihatsu punya mobil yang lucu-lucuan bukan penjualan. Sudah setop jadi sekarang kita fokus pada current model,” kata Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di Sibolga, Sumatera Utara.

Saat disinggung alasan Daihatsu setop menjual Copen, wanita yang akrab disapa Amel itu mengaku hadirnya model baru merupakan salah satu faktor mobil pabrikan Jepang tersebut tak lagi dijual.

“Iya bisa jadi, karena kita tak mau jual yang CVT-nya. Kita enggak mau membuat teman-teman di lapangan tak konsentrasi, karena kan kita sedang mengeluarkan model-model baru, konsentrasi di model baru,”ujarnya.

Hingga saat ini, Amel menegaskan tak lagi menjual Daihatsu Copen meski konsumen ingin memesan kendaraan tersebut. “Enggak mau jualan dulu lah ya repot. Kita sampai saat ini enggak mau terima dulu,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Copen

Mobil yang satu ini mengusung desain mini sport, dengan ukuran dimensi 3.395 mm x 1.475 mm x 1.280 mm. serta memiliki bobot bersih 850 Kg dengan catatan mampu mempertahankan performanya maksimum untuk berat total 1040 Kg.

Menggunakan konsep D-Frame, sumbu roda depan dan belakang berjarak 2.230 mm dan ground clearance 115 mm serta radius putar minimum sebesar 4.6 meter.

Mobil ini telah dibenamkan mesin tiga silinder berkapasitas 658 cc, yang telah dilengkapi turbo intercooler, DOHC.

Mesin tersebut daya yang dihasilkan mencapai 64 Tenaga kuda pada 6.400 rpm dan torsi 9.4 kgm pada 3.200 rpm. Dengan daya ini, Daihatsu Copen diklaim mampu melesat dengan kecepatan 170 Km/jam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

KPU Belitung Mulai Rakit Kotak Suara Pemilu 2019

Liputan6.com, Tanjungpandan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai merakit kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019 pada hari ini, Senin (11/2/2019). Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari KPU pusat. 

“Sesuai instruksi melalui surat edaran dari KPU RI maka besok kami mulai merakit dan mengeset kotak suara,” kata Ketua KPU Belitung, Soni Kurniawan di Tanjungpandan, Minggu 10 Februari 2019.

Menurut dia, kebutuhan logistik Pemilu 2019 di daerah itu terdiri dari sebanyak 2.700 kotak suara, 738 bilik suara, 1.058 botol tinta, 64.362 segel dan beberapa logistik lainnya yang telah didatangkan secara bertahap.

KPU Belitung menargetkan waktu penyelesaian perakitan kota suara tersebut selama dua minggu ke depan. Kotak suara kemudian akan dialokasikan sesuai dengan tingkatan dan kebutuhan di masing-masing tempat pemungutan suara.

“Karena merakit ini perlu kehati-hatian, barangnya masih baru dan tersimpan di dalam plastik, maka kami gunakan tenaga personel yang ada di sekretariat KPU,” ujar Soni seperti dilansir Antara.

Selain itu, KPU Belitung telah menyiapkan gudang representatif guna menyimpan keseluruhan logistik Pemilu 2019 di daerah tersebut. 

“Mengingat kebutuhan logistik cukup banyak maka kami sewa gedung olahraga Tanjungpandan nantinya segala penyimpanan dan penyortiran logistik pemilu terpadu kami lakukan di tempat itu,” ucap Soni.

2 dari 3 halaman

Kekuatan Kotak Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan kotak suara Pemilu 2019 berbahan karton atau kardus cukup kuat diperlakukan sesuai dengan fungsinya. Untuk membuktikannya, Liputan6.com akan menguji kekuatan kotak suara itu secara live dalam tautan ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan, kotak suara Pemilu 2019 terbuat dari karton kedap air. Definisi kedap air itu menurutnya adalah kotak suara yang tahan air dalam perlakuan normal.

Selain kedap air, ia menegaskan, kotak suara tersebut juga kuat menahan bobot hingga 70 kilogram.

“Kotak ini didesain untuk menjalankan fungsi sebagai kotak suara, menyimpan dokumen, mengamankan dokumen, tidak jebol ketika diangkat, itu fungsi-fungsi kotak suara. Bukan kemudian kotak suara ditiduri kok jebol, ya jangan ditiduri, wong kotak suara didesain bukan untuk ditiduri,” papar Arief beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Jokowi Kalahkan Prabowo dalam Jumlah dan Tone Percakapan di Medsos

Jakarta – Lembaga Politicawave memantau percakapan di media sosial terkait Pilpres 2019. Hasilnya, Joko Widodo-Ma’ruf Amin lebih banyak dibicarakan daripada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pemantauan ini berlangsung pada periode 28 Januari sampai 4 Februari 2019. Total ada 1.899.881 percakapan terkait kedua kandidat yang dilakukan oleh 267.059 akun.

“Pasangan Jokowi-Ma’ruf mengungguli Prabowo-Sandiaga pada jumlah percakapan, yakni sebesar 57.25%. Sementara Prabowo-Sandiaga meraih 42.75% percakapan,” ungkap Direktur Eksekutif PoliticaWave Yose Rizal lewat keterangan tertulis, Jumat (8/2/2019).

Percakapan terkait pasangan Jokowi-Ma’ruf dilakukan oleh sebanyak 61.25% akun, sementara Prabowo-Sandiaga diperbincangkan oleh sebanyak 38.75% akun. Politicawave juga mengukur sentimen percakapan terhadap kedua kandidat.

“Pada sisi sentimen percakapan, pasangan Jokowi-Ma’ruf diperbincangkan secara positif oleh netizen sebesar 80% dan percakapan negatif sebesar 20%. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga meraih jumlah percakapan positif sebesar 74% dan percakapan negatif sebesar 26%,” paparnya.

Politicawave juga memantau kelompok akun yang membicarakan kedua kandidat di media sosial. Jokowi-Ma’ruf diperbincangkan oleh akun politik sebesar 92%. Dari kelompok ini, sebanyak 60% akun merupakan akun-akun pendukung Jokowi-Ma’ruf yang giat menaikkan tagar dukungan. Sementara 40% akun dari kelompok ini merupakan akun-akun pendukung Prabowo-Sandiaga. Di sisi lain, kelompok akun-akun non-politik mendapat porsi 8% dengan bobot percakapan positif sebesar 87% dan negatif sebesar 13%.

Sementara itu, pasangan Prabowo-Sandiaga diperbincangkan oleh kelompok akun yang didominasi oleh akun politik sebanyak 89%. Sebanyak 65% adalah akun pendukung Prabowo-Sandiaga sementara 35% lainnya adalah akun-akun pendukung Jokowi-Ma’ruf. Kelompok akun-akun non-politik mendapat porsi 11% dengan bobot percakapan positif sebesar 6% dan negatif sebesar 94%.

Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini
(imk/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Komentar Bos Yamaha Indonesia Terkait NMax Terbaru

Liputan6.com, Jakarta – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi menghadirkan Yamaha NMAX empat tahun lalu. Dengan banderol kurang dari Rp30 juta, skuter matik premium tersebut sukses menarik minat konsumen di pasar nasional.

Memasuki tahun 2019, banyak penggemar motor pabrikan otomotif berlambang garpu tala tengah menunggu hadirnya NMax terbaru. Meski telah santer terdengar kabar terkait hal tersebut, Yamaha Indonesia enggan memberikan komentar terkait generasi terbaru matik pabrikan Jepang tersebut.

“Maaf saya tidak bisa bicara soal new product, sesuatu yang baru, biar waw nanti saatnya. Kami punya banyak ide untuk produk baru, tapi kami masih konsentrasi dengan model saat ini dan mohon maaf kami belum bisa bicara,” kata Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto.

Meski demikian, Morimoto menegaskan pihaknya pasti akan melakukan pembaruan terhadap skutik bertubuh bongsor tersebut.

“Pada saatnya jelas akan kami perbarui. Tetapi waktunya belum sekarang. Lagi-lagi saya tidak bisa mengatakan apapun,” ujar Morimoto.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebagai informasi, Nmax dibenamkan mesin berkapasitas 155 cc yang mampu menghasilkan daya 14,8 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Yamaha sudah membekali Nmax dengan teknologi variable valve activation (VVA) untuk performa lebih unggul di setiap rentang putaran mesin. Melengkapi itu, bobot Nmax di angka 127 kg.

Konsumsi Obat Penghilang Nyeri, Pemicu Sunarti Jadi Obesitas?

Liputan6.com, Bandung Saat berat badan wanita asal Karawang Jawa Barat, Sunarti, mulai di atas bobot normal, ia mulai mengonsumsi obat penghilang nyeri di warung.  Kemungkinan ia mengonsumsi obat tersebut untuk menghilangkan rasa pegal yang ketika berat badannya terus bertambah.

Menurut Kepala IGD RSHS Bandung Dodi Tavianto, rasa pegal yang dialami oleh Sunarti kemungkinan besar karena otot-ototnya lelah untuk menahan berat badan yang kian hari bertambah.

Dodi memperkirakan Sunarti tidak mengetahui efek samping usai mengonsumsi obat penghilang rasa pegal.

“Dari hasil analisis kami, dia sudah mengonsumsi obat-obatan untuk nyeri tulang sejak enam bulan yang lalu,” kata Dodi pada Senin (4/2/2019).

Dodi menuturkan sebenarnya obat-obatan penghilang rasa pegal tersebut seharusnya tidak boleh dijual bebas di pasaran. Jika dikonsumsi, harus berdasarkan resep dokter. Akibatnya, lanjut Dodi, efek samping yang terjadi tidak bisa dihindarkan seperti bertambahnya nafsu makan.

2 dari 2 halaman

Menu makan dibantu ahli gizi

Dodi berharap dengan dipindahkanya ruangan perawatan Sunarti dari Instalasi Gawat Darurat (IGD) ke ruang rawat inap Fresia 2 RSHS, asupan makan pasien obesitas itu terkontrol dibantu ahli gizi

“Nanti masalah itu dilakukan di ruangan, dikonsultasikan dengan ahli gizi. Menunya, karbohidrat, protein, lemak dan lain sebagainya ahli gizi yang menentukan setelah pasien di ruangan,” tutur Dodi.

Pasien perempuan Sunarti yang mengalami kegemukan (obesitas) datang ke IGD RSHS tanggal 31 Januari 2019 pukul 20.42 WIB dengan keluhan sesak napas rujukan dari RSUD Karawang.

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung memindahkan perawatan pasien perempuan Sunarti, yang mengalami kegemukan (obesitas) dari ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) ke ruang rawat inap Fresia 2. Pemindahan ruangan itu dilakukan, usai dilakukan perawatan selama satu hari di IGD pada hari Jumat (01/02/2019) pukul 18.00 WIB.


Saksikan juga video menarik berikut

Deretan Mobil Listrik Buatan Cina yang Populer di Negaranya

Liputan6.com, Beijing – Pemerintah Cina merupakan salah satu negara yang mendukung perkembangan mobil hybrid dan juga listrik. Sebagai ilustrasi, negara Tirai Bambu tersebut secara nasional memberi subsidi atau insentif 3.000 yuan untuk kendaraan hybrid biasa, 50 ribu yuan untuk hybrid plug-in (yang dilengkapi dengan charger ke colokan listrik) dan 60 ribu yuan untuk mobil listrik murni.

Senada dengan Cina, Pemerintah Guangzhou memberi subsidi para pembeli mobil hybrid baru dengan potongan harga 10.000 yuan atau sekitar Rp. 15juta.

Karena itu, wajar bila saat ini beberapa pabrikan asalnya mulai melakukan produksi dan menjual mobil listrik dengan harga terjangkau di Cina.

Sedikitnya terdapat dua mobil listrik karya pabrikan otomotif Cina yang saat ini mulai dijual. Beberapa diantaranya bahkan pernah datang ke Indonesia, meski belum dijual.

2 dari 3 halaman

Berikut Daftar Mobil Listrik Asal Cina

Baojun

Pada gelaran GIIAS 2018 awal Agustus lalu, Wuling Motors Indonesia secara resmi memperkenalkan mobil listrik Baojun E100. Belum dijual di Tanah Air, induknya di Cina bahkan telah mengeluarkan adiknya yang tampak lebih modern dan futuristik, Baojun E200.

Nissan Sylphy

Diproduksi di Cina oleh perusahaan joint venture Nissan dengan mitranya Dongfeng Motor Group. Nissan Sylphy merupakan model listrik Nissan pertama yang dibuat di Cina khusus untuk konsumen Cina. Mobil diproduksi di pabrik Dongfeng Nissan, tepatnya di pabrik Huadu.

Senia R7 EV400 SUV

Memiliki bobot 150 kilogram, mobil disegmen SUV ini diklaim mampu mecapai kecepatan 140 kilometer per jam. Dengan motor listrik yang dibenamkan, mobil ramah lingkungan ini mampu menyemburkan tenaga hingga 107 Tk.

Besturn B30 EV

Hadir pertama kali dalam ajang otomotif Beijing Auto Show, Besturn B30 EV diharapkan mampu menjadi salah satu mobil listrik andalan di China. Mendapat perubahan baterai pada tahun 2017, mobil ini mampu menempuh jarak lebih panjang, dari 180km ke 205km.

Junpai D80E EV SUV

Hadir untuk memeriahkan segmen SUV, mobil ini diklaim mampu mecapai kecepatan 160 kilometer per jam. Dengan motor listrik yang dibenamkan, mobil ramah lingkungan ini mampu menyemburkan tenaga hingga 188 Tk.


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tangani Obesitas Sunarti, RSHS Kerahkan 11 Dokter Spesialis

Liputan6.com, Bandung Sunarti (39), wanita asal Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, diketahui mengidap obesitas. Untuk memulihkan kondisi berat badannya, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung membentuk tim dokter.

Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi mengungkapkan, pihak RSHS sudah melakukan pemeriksaan kondisi tubuh, gizi, dan penyakit atau potensi komplikasi yang bisa saja berada di tubuh Sunarti yang dirawat sejak Jumat (1/2/2019) lalu.

“RSHS sudah membentuk tim yang melibatkan 11 multidisiplin ilmu kesehatan. Perawatan dan pemeriksaan terhadap pasien membutuhkan waktu untuk mendapatkan diagnosa pasti. Setelah itu melakukan tindakan apa yang dilakukan Ibu Sunarti,” ujar Nina dalam jumpa pers di RSHS, Senin (4/1/2019).

Tim dokter terdiri dari spesialis jantung, paru, gizi, nutrisi, psikiatri dan lain-lain. Pihak RSHS tidak langsung menerapkan program diet kepada Sunarti yang memiliki bobot 148 kilogram, namun mengatur pola makanan yang tak jauh beda dari jam dan kebiasaan makan Sunarti selama ini.

Menurut ketua tim dokter penanganan Sunarti, Arto Yuwono, pihaknya tak bisa dalam waktu singkat menangani permasalahan obesitas. Sebab, penanganannya harus dilakukan secara komprehensif, sehingga diketahui penyebab dan upaya menanggulanginya.

“Sekarang memang kita sudah mulai bekerja hari ini menyusun satu tim. Lebih detil penyakit lainnya belum bisa kita sampaikan karena efektifnya baru hari ini. Namun sejak beberapa hari dirawat, pasien mengalami keluhan berat badan sangat berlebih, ia juga mengeluh sesak nafas dan rasa sakit di badan,” papar Arto.

Sementara, anggota tim penanganan Sunarti, Hikmat Permana menyebut obesitas bisa menyerang siapa saja. Orang yang mengalami permasalahan kelebihan berat badan akan berdampak pada semua organ tubuh.

“Dan tentu saja kualitas hidupnya berpengaruh. Terutamanya aktivitas yang jadi beban. Untuk itu, RSHS akan membantu seoptimal mungkin beban kesehatan pada pasien tersebut,” ujar Hikmat.

Sebelumnya, Sunarti dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung pada pekan lalu. Perempuan yang menderita obesitas itu mendapat penanganan medis dokter RSHS setelah sempat ditangani di RSUD Karawang.


Simak juga video pilihan berikut ini: