Mueller, Hummels, dan Boateng Tak Lagi Masuk Rencana Jerman

Munich – Tak akan ada lagi nama Thomas Mueller, Mats Hummels, dan Jerome Boateng di timnas Jerman. Joachim Loew ingin Jerman diisi wajah-wajah baru.

Ketiga pemain Bayern Munich tersebut merupakan bagian dari skuat yang mengantar Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Namun empat tahun kemudian, Jerman gagal total di Piala Dunia 2018 usai tersingkir di fase grup.

Loew mengunjungi Munich untuk memberi tahu secara pribadi kepada Mueller, Hummels, dan Boateng tentang keputusannya itu. Loew ingin membangun fondasi baru untuk masa depan Die Mannschaft.


“Jerome Boateng, Mats Hummels, dan Thomas Mueller tak akan lagi ada di skuat tim nasional (Jerman). Saya berterima kasih kepada Mats, Jerome, dan Thomas untuk tahun-tahun luar biasa, unik, dan penuh kesuksesan yang kami habiskan bersama,” ujar Loew kepada Bild seperti dilansir Sky Sports.

“Tapi, timnas sekarang adalah tentang membangun fondasi untuk masa depan. Kami ingin memberikan tim wajah-wajah baru dan saya cukup yakin ini adalah langkah tepat,” tambah dia.

Manajer Jerman, Oliver Bierhoff, mendukung keputusan Loew. Meski demikian, ia yakin Mueller, Boateng, dan Hummels akan tetap sukses bersama Bayern.

“Thomas, Mats, dan Jerome telah meraih banyak hal sampai sekarang untuk sepakbola Jerman. Mereka akan melanjutkan itu di level klub. Saya merasa masih terkoneksi dengan mereka dan bersyukur akan waktu yang sempat dihabiskan bersama-sama di timnas,” kata mantan striker Jerman tersebut.

Boateng (30 tahun), Hummels (30 tahun), dan Mueller (29 tahun) memperkuat Jerman dalam periode yang bersamaan. Sampai saat ini, Boateng punya 76 caps, Hummels 70 caps, dan Mueller 100 caps bersama timnas Jerman.

(nds/raw)

La Liga: Data dan Fakta Levante vs Real Madrid

Liputan6.com, Jakarta – Real Madrid menghadapi Levante pada lanjutan La Liga 2018/2019, Senin (25/2/2019) dini hari WIB. Berikut data dan fakta pertandingan di Ciutat de Valencia nanti.

* Pada pertemuan pertama di La Liga musim ini, ketika masih dilatih Julen Lopetegui, Real Madrid dikalahkan Levante 1-2 di Santiago Bernabeu. Madrid tertinggal oleh gol Jose Luis Morales (7′) serta penalti Roger Marti (13′), dan hanya bisa menipiskan selisih skor lewat gol Marcelo dari assist Karim Benzema (72′).

* Hasil 1-2 pada jornada 9 itu adalah satu-satunya kekalahan Real Madrid dalam 12 laga terakhirnya melawan Levante di La Liga (M9 S2 K1).

* Dalam laga tandangnya melawan Levante di La Liga musim lalu, Real Madrid meraih hasil imbang 2-2. Real Madrid dua kali unggul melalui Sergio Ramos (11′) dan Isco (81′), Levante dua kali menyamakan skor lewat Emmanuel Boateng (42′) dan Giampaolo Pazzini (89′).

* Real Madrid tanpa kemenangan dalam tiga laga terakhirnya melawan Levante di La Liga, kandang dan tandang (M0 S2 K1).

* Real Madrid tak terkalahkan dalam lima laga tandang terakhirnya melawan Levante di La Liga (M4 S1 K0).

* Real Madrid selalu mencetak minimal dua gol dalam lima laga tandang terakhirnya melawan Levante di La Liga.

2 dari 3 halaman

Statistik Levante

* Levante hanya menang dua kali dalam sepuluh laga terakhirnya di La Liga (M2 S3 K5).

* Levante tak terkalahkan dalam tiga laga kandang terakhirnya di La Liga: seri 2-2 vs Girona, menang 2-0 vs Real Valladolid, seri 0-0 vs Getafe.

* Gol terbanyak untuk Levante di La Liga 2018/19 sejauh ini: Roger Marti (9).

* Assist terbanyak untuk Levante di La Liga 2018/19 sejauh ini: Ruben Rochina (5).

3 dari 3 halaman

Statistik Real Madrid

* Real Madrid kalah 1-2 menjamu Girona di laga terakhirnya La Liga. Real Madrid tak terkalahkan dalam delapan laga sebelum itu di semua kompetisi (M7 S1).

* Real Madrid meraih lima kemenangan beruntun di La Liga sebelum kalah melawan Girona.

* Real Madrid selalu menang dalam tiga laga tandang terakhirnya di La Liga: 2-1 vs Real Betis, 4-2 vs Espanyol, 3-1 vs Atletico Madrid.

* Real Madrid tak terkalahkan dalam lima laga tandang terakhirnya di La Liga (M4 S1 K0).

* Real Madrid selalu mencetak minimal dua gol, juga selalu kebobolan, dalam empat laga tandang terakhirnya di La Liga.

* Casemiro selalu menyumbang satu gol dalam dua penampilan terakhirnya untuk Real Madrid di La Liga.

* Gol terbanyak untuk Real Madrid di La Liga 2018/19 sejauh ini: Karim Benzema (10).

* Assist terbanyak untuk Real Madrid di La Liga 2018/19 sejauh ini: Luka Modric (4).


Sumber: Bola.net

Debut Bersama Barcelona, Rumah Boateng Malah Kemalingan

Liputan6.com, Barcelona – Kevin-Prince Boateng belum sebulan bergabung dengan Barcelona. Namun, nasib sial sudah menimpa gelandang berpaspor Ghana tersebut saat melakoni dengan bersama klub asal Katalan itu.

Rumah yang ditempati Boateng sejak bergabung dengan Blaugrana, belum lama ini disatroni maling. Peristiwa itu terjadi ketika Boateng memperkuat Blaugrana saat melawan Real Valladolid, Sabtu (16/2/2019), dalam lanjutan kompetisi La Liga.

Seperti diketahui, rumah Boateng berada di distrik Sarria, wilayah selatan dari pusat kota Barcelona. Ternyata, keamanan masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintahan Kota Barcelona.

Seperti dilansir Football Espana, akibat kejadian itu, Boateng harus kehilangan uang sebesar 300 ribu euro. Bukan hanya itu, perhiasan senilai 400 ribu euro juga raib digondol maling.

Ini juga bukan peristiwa kemalingan pertama bagi pemain Barcelona. Sebelumnya, kediaman bek kiri Blaugrana, Jordi Alba, juga diterobos maling saat timnya tengah melawan Inter Milan dalam laga fase grup Liga Champions pada November 2018.

2 dari 2 halaman

Menang Atas Valladolid

Barcelona sendiri mengalahkan Real Valladolid dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-24 Liga Spanyol musim 2018/19. Lionel Messi jadi pahlawan setelah gol semata wayangnya dalam pertandingan itu tercipta pada menit ke-43.

Boateng sendiri saat rumahnya kemalingan, sesungguhnya dia sedang melakoni debut dengan seragam Barcelona di Liga Spanyol. Boateng merupakan diketahui merupakan pemain pinjaman dari klub Liga Italia, Sassuolo.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lionel Messi Kembali Cetak Rekor Baru

Liputan6.com, Barcelona – Gol Lionel Messi ke gawang Real Valladolid dalam lanjutan Liga Spanyol memili arti sangat penting. Tak hanya menjadi penentu kemenangan Barcelona, tapi juga menjadi rekor khusus bagi pemain berjuluk La Pulga.

Barcelona mengalahkan Valladolid pada laga pekan ke-24 Liga Spanyol, Minggu (17/2/2019) dini hari WIB. Bermain di Camp Nou, Barca memetik kemenangan dengan skor 1-0.

Gol tunggal Blaugrana dicetak Lionel Messi pada menit ke-42. Pemain berusia 31 tahun mencetak gol dari eksekusi penalti usai Kevin-Prince Boateng dijatuhkan bek lawan.

Ini adalah gol Lionel Messi ke-21 di Liga Spanyol musim ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Baru untuk Messi

Dengan tambahan satu gol ke gawang Real Valladolid, maka Lionel Messi kini telah mencetak 30 gol di semua kompetisi. Dalam catatan Opta, Messi telah mengukir sebuah rekor gol yang prestisius. Rekor yang bakal sulit dipecahkan pemain lain.

Dalam catatan Opta, Messi mampu mencetak 30 gol atau lebih dalam sebelas musim beruntun. Tentu saja itu bukan rekor yang sembarangan.

Messi sudah memulainya pada musim 2008/09 yang lalu. Ketika itu, dia mampu mencetak 30 gol untuk Barca. Sepanjang 11 musim, catatan gol terbaik Messi terjadi pada musim 2011/12. Dalam satu musim kompetisi, Messi mencetak 73 gol.

Nah, mampukah Messi melanjutkan catatan apiknya tersebut pada musim depan?

3 dari 3 halaman

Catatan Buruk

Selain mencatatkan sebuah rekor gol, Lionel Messi juga menyisakan sebuah catatan buruk usai laga melawan Real Valladolid. Sebab, La Pulga kembali gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

Barca mendapatkan dua penalti dan semua dieksekusi oleh Messi. Satu penalti jadi gol dan penalti kedua mampu ditepis oleh Jordi Masip.

Sementara, sepanjang 90 menit bermain, Opta mencatat Messi melepaskan 12 kali tendangan. Jumlah ini paling banyak yang pernah dicatatkan oleh seorang pemain dari lima liga top Eropa.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Barcelona vs Real Valladolid: Rotasi Demi Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal merotasi pemainnya saat menghadapi Real Valladolid di Camp Nou, Senin (18/2/2019). Ini untuk menjaga-jaga kondisi pemain sebelum laga Liga Champions menghadapi Olympique Lyon pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Tak hanya itu, laga leg kedua semifinal Copa del Rey juga ada di pikiran pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Barcelona masih dihantui bayang-bayang kegagalan di Liga Champions musim lalu.

Dimana mereka harus takluk dengan cara menyakitkan dari AS Roma. Meski unggul 4-1 di Camp Nou, AS Roma kalahkan Barcelona 3-0 di Olimpico sehingga mereka unggul gol tandang 4-4.

Valverde ingin memastikan bintangnya tampil penuh saat Lyon. Namun tanpa mengecilkan pentingnya laga Real Valladolid di lanjutan Liga Spanyol nanti.

Dua bintang Lionel Messi dan Luis Suarez bakal jadi target rotasi. Namun seperti dilansir as, hanya Messi yang kemungkinan dicadangkan.

2 dari 2 halaman

Pulih Total

Tim medis Barcelona juga mengindikasikan Messi bakal pulih total kalau diistirahatkan lawan Valladolid. Dia akan pulih dari masalah jaringan otot dan pencernaan yang membuatnya sulit tampil 100 persen.

Suarez mungkin tampil jadi starter tapi tidak akan main 90 menit. Posisinya akan digantikan Kevin Prince Boateng.

Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Pique dan Clement Lenglet juga akan diistirahatkan. Barcelona benar-benar fokus ke laga melawan Lyon.

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Hasil Liga Jerman: Bayern Kandaskan Schalke

Munich – Tiga poin direbut Bayern Munich di pekan ke-21 Liga Jerman. Menjamu Schalke, Bayern tampil sebagai pemenang dengan skor akhir 3-1.

Pada pertandingan di Allianz Arena, Minggu (10/2/2019) dinihari WIB, Bayern unggul 2-1 di babak pertama. Jeffrey Bruma mencetak gol bunuh diri lalu Schalke menyamakan skor berkat gol Ahmed Kutucu.

Tak lama berselang, Robert Lewandowski membawa Bayern kembali di depan. Serge Gnabry memastikan kemenangan Bayern dengan mencetak gol ketiga usai jeda.

Kemenangan ini menandai kebangkitan Die Roten setelah dibekap Bayer Leverkusen 1-3 di pekan lalu. Bayern masih di peringkat kedua dengan 45 poin, memangkas jarak dengan Borussia Dortmund di puncak yang mengoleksi 50 poin.

Sementara itu Schalke masih bertahan di papan tengah. The Royal Blues menghuni peringkat ke-13 usai mengumpulkan 22 poin.

Bayern memperoleh keuntungan saat pertandingan baru bergulir 11 menit. Saat mengawal Lewandowski, Bruma salah mengantisipasi sehingga membobol gawangnya sendiri.

Schalke merespons pada 14 menit kemudian. Weston McKinnie mengirim operan terobosan yang membebeaskan Kutucu di depan gawang sebelum melepaskan sepakan keras kaki kanan yang tidak mampu dihentikan Sven Ulreich. Skor kini 1-1.

Kedudukan seimbang hanya bertahan dua menit saja. Lewandowski mencetak gol untuk membawa Bayern kembali memimpin dalam kedudukan 2-1.

Dari tepi kotak penalti, James Rodriguez mengirim operan kepada Lewandowski yang dituntaskan dengan tembakan ke sudut bawah gawang, Keunggulan ini bertahan sampai turun minum.

Schalke melancarkan tekanan ke pertahanan Bayern yang nyaris menciptakan gol penyama. Kombinasi McKennie dan Kutucu melahirkan serangan balik cepat meski bisa diselamatkan Ulreich. Bola rebound jatuh di jalur McKennie tapi sontekannya dari jarak dekat masih gagal.

Schalke semakin dekat dengan gol keduanya. Umpan silang Caligiuri melepaskan umpan silang yang disambut dengan sundulan ke tiang jauh.

Sebelum pertandingan genap berjalan sejam, Bayern memberi pukulan telak kepada Schalke lewat gol Gnabry di menit ke-57. Lewandowski mencoba melakukan tendangan salto yang mengarah ke sudut bawah gawang disundul oleh Gnabry untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Susunan Pemain

BAYERN MUNICH: Ulreich, Boateng, Hummels, Alaba, Kimmich, James Rodriguez (Javi Martinez 78′), Thiago, Goretzka, Gnabry (Davies 89′), Coman (Ribery 68′), Lewandowski

SCHALKE: Faehrmann, Oczipka, Bruma, Sane, Rudy (Mascarell 33′), Caligiuri, Konopylanka, Bentaleb, Serdar (Harit 54′) Uth (Kutuchu 73′), McKennie
(rin/mrp)


Ini Perubahan Skuat 16 Besar Liga Champions

Liputan6.com, Nyon – Sebanyak 16 tim terbaik Eropa musim ini sudah mendaftarkan skuat untuk babak gugur Liga Champions. Seluruh peserta melakukan perubahan demi memperbesar peluang menjadi juara.

UEFA meminta para klub Liga Champions itu mendaftarkan maksimal tiga pemain baru pada Jumat (1/2/2019).

Dalam pengumuman yang baru dirilis pekan ini, terlihat strategi klub dalam melakukan pergantian jelang bergulirnya laga perdelapan final pekan depan.

Mereka mencoret nama yang pergi pada bursa transfer Januari dan menggantikannya dengan rekrutan anyar. Atletico Madrid contohnya. Los Colchoneros mendaftarkan Alvaro Morata yang diboyong dari Chelsea.

Klub lain menerapkan kebijakan berbeda menyikapi pulihnya pemain yang cedera. Dengan Alex Oxlade Chamberlain sudah kembali berlatih setelah melewatkan paruh pertama musim 2018/2019, Liverpool pun mencantumkan namanya untuk putaran gugur.

Berikut perubahan skuat tim 16 besar Liga Champions musim ini:

2 dari 3 halaman

Perubahan Skuat

Ajax

Masuk: Lisandro Magallan, Lassina Traore, Bruno Varela

Keluar: Dennis Johnsen, Azor Matusiwa, Luis Orejuela, Kaj Sierhuis, Maximilian Wober

Atletico Madrid

Masuk: Alvaro Morata, Nehuen Perez, Ricard Sanchez

Keluar: Gelson Martins, Darío Poveda, Cristian Rodriguez, Salomon

Barcelona

Masuk: Jeison Murillo, Kevin-Prince Boateng, Moussa Wague

Keluar: Rafinha, Munir, Denis Suarez

Bayern Munchen

Masuk: Alphonso Davies, Joshua Zirkzee

Keluar: Sandro Wagner, Frank Evina

Borussia Dortmund

Masuk: Leonardo Balerdi, Herbert Bockhorn

Keluar: Jeremy Toljan, Shinji Kagawa

Juventus

Masuk: Martin Caceres, Leonardo Spinazzola

Keluar: Medhi Benatia, Juan Cuadrado

Liverpool

Masuk: Ki-Jana Hoever, Alex Oxlade-Chamberlain, Ben Woodburn

Keluar: Nathaniel Clyne, Dominic Solanke, Pedro Chirivella, Kamil Grabara

Lyon

Masuk: Malcolm Barcola, Lucas Tousart

Keluar: Zachary Brault, Jordan Ferri

3 dari 3 halaman

Tim Lain

Manchester City

Masuk: Claudio Bravo, Gabriel Jesus, Philippe Sandler

Keluar: Brahim Diaz, Luke Bolton, Eliaquim Mangala

Manchester United

Masuk: –

Keluar: Marouane Fellaini

PSG

Masuk: Leandro Paredes, Metehan Guclu

Keluar: Tim Weah, Yacine Adli

Porto

Masuk: Pepe, Fernando Andrade Santos, Francisco Soares

Keluar: Vincent Aboubakar, Riechedly Bazoer, Chidozie Awaziem, Sergio Oliveira, Rui Pedro

Real Madrid

Masuk: Brahim Diaz, Diego Altube Suarez, Jaume Grau

Keluar: Kiko Casilla

Roma

Masuk: Daniel Cerantola Fuzato

Keluar: Zan Celar, Luca Pellegrini

Schalke

Masuk: Rabbi Matondo, Jeffrey Bruma, Bastian Oczipka

Keluar: Abdul Rahman Baba, Naldo, Franco Di Santo, Jannis Kubler

Tottenham Hotspur

Masuk: Juan Foyth

Keluar: Mousa Dembele

Lionel Messi Siap Tampil di El Clasico

– Ernesto Valverde memilih untuk memasukkan nama Lionel Messi ke dalam skuat Barcelona yang akan menghadapi Real Madrid di semifinal Copa del Rey. Hal itu membuat Real Madrid patut waspada dengan kehadiran Messi.

Messi sempat dikhawatirkan tak bisa membela Barcelona karena mengalami cedera paha. Namun, setelah melihat Messi berlatih pada Selasa (5/2/2019), Valverde memutuskan kalau Messi berpeluang tampil.

Kehadiran Messi diharapkan Barcelona karena masih memberikan kontribusi positif pada musim 2018-19. Sejauh ini, Messi sudah mencetak 29 gol dan 17 assist dari 27 penampilan.

Fakta itu membuktikan peran krusial Messi untuk Barcelona. Valverde tidak bisa sembarangan mengistirahatkan Messi dalam sebuah pertandingan karena bisa memengaruhi peluang Barcelona untuk menang.

Namun, Messi diprediksi tidak akan tampil penuh pada laga tersebut. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga kodisi fisik Messi. Barcelona akan menjalani jadwal yang berat hingga Maret mendatang.

Barcelona masih akan menjalani El Clasico dan pertandingan di Liga Champions akan kembali bergulir. Sebelumnya, Messi optimistis kalau Barcelona bisa meraih treble winners. Untuk bisa mewujudkannya Messi harus bisa menjaga kondisi fisiknya agar bisa tetap membantu Blaugrana.

Selain itu, Ousmane Dembele dan Jasper Cillessen dipastikan absena pada laga melawan Real Madrid karena mengalami cedera. Dembele dan Cillessen masih menjalani pemulihan di ruang perawatan Barcelona.

2 dari 2 halaman

Skuat Barcelona untuk Laga Melawan Real Madrid

Kiper: Marc-Andre ter Stegen, Inaki Pena

Bek: Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jeison Murillo, Jordi Alba, Sergi Roberto, Thomas Vermaelen

Gelandang: Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur Melo, Carles Alena, Arturo Vidal

Penyerang: Phil Coutinho, Luis Suarez, Lionel Messi, Malcom, Kevin-Prince Boateng

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Barcelona Dapatkan Emerson

BarcelonaBarcelona kembali mendapatkan pemain muda. Kali ini, Blaugrana sukses mengamankan jasa Emerson, bek muda asal Brasil.

Di situs resmi klub, Barcelona mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Atletico Mineiro untuk transfer Emerson. Pemain berusia 20 tahun itu sepakat dihargai 12 juta euro atau sekitar Rp 191,8 miliar.

Emerson baru akan bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2019. Hingga akhir musim, Ia masih akan berseragam Mineiro.

Emerson merupakan pemain muda Brasil yang beroperasi di bek kanan. Sejauh ini, di posisi bek kanan, Barcelona masih kerap bergantian memainkan Sergi Roberto dan Nelson Semedo.

Emerson menjadi rekrutan kelima Barcelona di bursa transfer Januari. Sebelumnya raksasa La Liga itu sudah mendatangkan Jeison Murillo, Kevin Prince Boateng dan dua pemain muda lainnya, Jean-Claire Todibo serta Frenkie de Jong.

Adapun Barcelona juga sudah melepas dua pemain di musim dingin kali ini. Munir El Haddadi dilepas ke Sevilla, dan Denis Suarez dipinjamkan ke Arsenal.

(yna/nds)