Kominfo Bisa Saja Blokir PUBG, Jika…

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah mempertimbangkan fatwa haram untuk game Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG). Mengenai hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) turut menanggapinya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, jika memang PUBG dinilai merusak maka pemerintah bisa saja memblokir game bertema battle royale tersebut.

Pemblokiran tersebut tentunya setelah melewati pengkajian dan adanya laporan yang diajukan kepada Kominfo.

“MUI lembaga independen. Kalau memang (PUBG) dirasakan merusak, dikaji dulu, dan silahkan diajukan ke Kominfo. Kami siap menindaklanjuti permintaan pemblokirannya,” kata Semuel saat dihubungi detikINET, Kamis (21/3/2019).

Pria yang disapa Semmy ini juga mengatakan telah berkomunikasi dengan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh terkait wacana fatwa haram untuk PUBG.

“Tadi saya sudah bicara juga denngan Pak Asrorun Niam Sholeh,” ucapnya.

Wacana fatwa haram PUBG itu awalnya dimunculkan oleh MUI Jabar, yang juga menambahkan masih perlu lebih dulu mengkaji dampak-dampak dari bermain game PUBG. Dikatakan bahwa pada prinsipnya, segala sesuatu yang memberi dampak negatif secara luas akan dilarang oleh MUI.

Hal senada kemudian dilontarkan oleh MUI Pusat. Seperti MUI Jabar terkait wacana fatwa tersebut, dikatakan pula bahwa masih perlu dilakukan kajian lebih lanjut mengenai konten dan dampak yang ditimbulkan oleh PUBG.

PUBG sendiri, kreasi dari pengembang PUBG Corporation yang berbasis di Korea Selatan, merupakan game multiplatform bergenre battle royale. Selain di Windows dan Playstation 4, PUBG juga dapat dimainkan di Xbox (dengan Microsoft Studios sebagai publisher) dan PUBG Mobile (menggandeng Tencent Games sebagai publisher) di perangkat smartphone.

(fyk/krs)

Cadangan Migas RI Disebut akan Habis 20 Tahun Lagi, Kok Bisa?

Jakarta – Peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly Martawardaya mengatakan bahwa cadangan minyak dan gas (migas) milik Indonesia akan habis dalam 20 tahun lagi. Kok bisa?

Menurut Berly hal itu dikarenakan tren konsumsi yang di setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal itu berbanding lurus dengan penambahan jumlah kendaraan di setiap tahunnya.

“Dengan cadangan yang ada dan tren konsumsi di masa mendatang itu juga kurang dari 20 tahun akan habis,” kata dia dalam diskusi media di Tjikini Lima, Kamis (21/3/2019).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan langkah mencegah habisnya produksi migas dalam negeri, yakni dengan meningkatkan produksi energi baru terbarukan (EBT), hingga impor. Dengan begitu, kebutuhan dalam negeri terus terjaga.
“Opsinya itu meningkatkan produksi, produksi EBT-nya atau punya duit banyak dari sektor lain untuk impor. Sebab konsumsi sulit ditekan,” terang dia.

Selain itu, ia juga menyinggung soal RUU Migas agar segera diselesaikan. Dengan begitu harapannya investasi di sektor migas bisa meningkat dan mendorong produksi dalam negeri.

“Nggak ada cara lain, migas digenjot, sistem diperkuat untuk investasi baik dari UU migas dan dorong EBT migas nggak cukup,” tutup dia.

(fdl/fdl)

Wiranto Sebut UU Terorisme Bisa Jerat Penyebar Hoax, Fadli: Ngawur!

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengkritik Menko Polhukam Wiranto yang menyebut pelaku hoax bisa dijerat UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Fadli meminta Wiranto segera mencabut pernyataan tersebut.

“Segera harus dicabut, dan saya kira saya nggak tahu maksud di belakangnya apa. Apakah ini memang sedang mabuk atau apa?” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Fadli menyebut Wiranto ngawur. Menurut Fadli, Wiranto tidak tahu aturan. Dia pun menyebut Wiranto harus diberikan sanksi.

“Pernyataan ngawur seperti ini seharusnya diberikan sanksi karena tidak boleh seorang pejabat pemerintah, apalagi Kemenko Polhukam bicara tidak berdasarkan aturan,” ujarnya.

“Saya kira itu tidak ada hubungan sama sekali sejak awal. Yang namanya terorisme itu ada definisinya, apa itu teroris. Ini nggak ada hubungannya dengan yang ada sekarang,” imbuh Fadli.

Wiranto pada Rabu (20/3) menyebut para penyebar hoax itu sebagai peneror masyarakat. Karena itu, Wiranto menyebut para penyebar hoax itu bisa dijerat pula dengan aturan soal terorisme.

“Kan ada Undang-Undang ITE, pidananya ada. Tapi saya terangkan tadi hoax ini kan meneror masyarakat. Terorisme ada fisik dan nonfisik. Terorisme kan menimbulkan ketakutan di masyarakat. Kalau masyarakat diancam dengan hoax untuk takut datang ke TPS, itu sudah ancaman, itu sudah terorisme. Maka tentu kita Undang-Undang Terorisme,” kata Wiranto.

Polri menyebut hal itu bisa dilakukan saat pelaku hoax teridentifikasi terkait jaringan teroris. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, menerangkan soal Pasal 1 UU Nomor 5 Tahun 2018 mengenai penjelasan soal tindak pidana terorisme.

“Penyidik akan membuktikan dulu siapa yang bersangkutan. Kemudian latar belakangnya apa, unsur kesengajaannya untuk membuat rasa cemas dan takut, bentuk intimidasi psikologis, itu bisa dikenakan. Juga pasal 6 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018, apabila pelakunya memiliki jaringan atau masuk dalam suatu jaringan terorisme,” ujar Dedi.
(tsa/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ternyata Ini Sebabnya Xpander Bisa Salip Fortuner di Luar Negeri

Jakarta – Mitsubishi tak hanya memproduksi Xpander untuk memenuhi konsumen dalam negeri. Setelah meluncur di Indonesia pada Agustus 2017, Mitsubishi memenuhi janjinya untuk mengirim Xpander ke luar negeri tujuh bulan kemudian tepatnya pada April 2018.

Xpander kala itu simbolis dikirim ke Filipina. Kemudian diketahui dalam data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) negara tujuan ekspor Xpander bukan cuma ke Filipina. Tercatat Xpander terkirim ke daerah-daerah di kawasan ASEAN hingga Amerika Latin.

Memasuki awal tahun 2019, ekspor Xpander tampak meningkat. Bahkan melebihi Toyota Fortuner yang selama ini cukup mendominasi ekspor mobil-mobil buatan Indonesia.
Ketika dikonfirmasi, pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) pun mengaku Xpander buatan Cikarang disukai di beberapa negara ASEAN.

“Kami gembira bahwa Xpander diterima dengan baik di Filipina, Thailand dan Vietnam. Kami berkomitmen untuk memenuhi permintaan yang kuat dari pelanggan baik di Indonesia maupun di luar Indonesia,” tutur MMKI HR & GA Director Prianto melalui surat elektronik kepada detikcom, Kamis (21/3/2019).

Dalam data ekspor Gaikindo sepanjang bulan kedua tahun 2019, Mitsubishi pada bulan Februari mengirim 5.805 unit Xpander, sedangkan Fortuner 3.668 unit. Angka yang ditorehkan Xpander itu mengalami kenaikan dari Januari yang hanya mencapai 4.329 unit. Sementara Fortuner malah cenderung menurun dari sebelumnya 3.886 unit.

Sekadar informasi, sepanjang tahun 2018 Fortuner duduk di tempat teratas mobil buatan Indonesia yang paling laris di luar negeri. Toyota tercatat mengirim 52.065 unit Fortuner ke puluhan negara. Sementara Xpander yang baru memulainya pada April 2018, ekspornya mencapai 26.342 unit.

Video Varian Baru Xpander

[Gambas:Video 20detik]

(dry/lth)

5 Cara Mengatur Isi Dompet Menurut Fengshui, Dipercaya Bisa Datangkan Uang

3. Mengatur Struk dan Kertas Lainnya Secara Berkala

Banyak orang yang terbiasa memasukkan struk ke dalam dompet, hingga lama kelamaan membuat dompet menjadi berantakan. Untuk hal ini disarankan agar kamu memilah-milah struk dan kertas-kertas setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa mulai mencatat pengeluaran, itu adalah langkah awal manajemen keuangan.

4. Hanya Masukkan Kartu yang Dibutuhkan

Biasanya akan ada banyak kartu yang dimasukkan ke dalam dompet. Termasuk kartu anggota tertentu, member, dan lain sebagainya, membuat dompet menjadi berantakan.

Kamu disarankan untuk meletakkan kartu identitas, kartu kesehatan di tempat yang terlihat. Singkirkan kartu yang sudah kedaluwarsa dan jarang dipakai agar dompet tidak terlihat terlalu penuh dan tetap rapi.

5. Selalu Mengisi Dompet dengan Uang

Membiasakan diri mengisi dompet dengan barang yang penting saja, termasuk uang adalah hal yang baik. Yang dimaksudkan di sini adalah jangan membiarkan dompet kamu kosong.

Walaupun kamu hanya mempunyai uang sedikit atau hanya uang kecil, tetap kamu harus meletakkannya di dompet. Ketika dompet terisi uang, maka keberuntungan itu pun akan selalu mengikuti

Pelamar Lowongan Kerja BUMN Bisa Tembus 1 Juta Orang

Menteri BUMN Rini Soemarno membuka perekrutan bersama 11 ribu lowongan kerja yang diadakan 110 perusahaan BUMN. Dia pun mengajak para generasi milenial untuk ikut serta mendaftarkan diri jadi pegawai BUMN.

“Untuk pertama kalinya kita lakukan rekrutmen bersama BUMN mulai tahun ini. Kami terus berusaha untuk bagaimana milenial nantinya bisa jadi pegawai dan berusaha memajukan BUMN,” ungkap dia di Lampung BUMN Festival 2019, Bandar Lampung, Jumat, 8 Maret 2019.

Kendati demikian, ia mengatakan, belum semua perusahaan BUMN bisa berpartisipasi dalam sesi perekrutan bersama kali ini. “Tadi ada 110 perusahaan. Padahal sebetulnya BUMN ada 143 perusahaan,” jelasnya.

Dia menginformasikan, 110 perusahaan tersebut bakal menyediakan total sekitar 11 ribu lowongan kerja untuk berbagai posisi. Adapun perekrutan kali ini terbuka untuk banyak lulusan, mulai dari SMA/SMK, Vokasi, S1, hingga S2.

Secara posisi, 9 ribu formasi diantaranya dibuka untuk rekrutmen umum. Sementara 1.000 lainnya disediakan khusus untuk disabilitas, dan 1.000 posisi khusus kawasan timur Indonesia.

Lebih lanjut, Menteri Rini pun menyerukan generasi muda dan milenial agar mau bergabung menjadi pegawai BUMN.

“Kehadiran milenial dengan pemikiran barunya itu bagus. Soalnya BUMN ke depan bisa makin maju, direksinya juga makin semangat kerjanya,” pungkas dia.

Google Stadia Bisa Putar Gim Resolusi 4K

Jakarta Google Stadia jadi sorotan utama pada konferensi internasional para pengembang gim (GDC), di San Francisco, Amerika Serikat, hari ini WIB. Kehadiran platform baru dari sang raksasa teknologi tersebut bakal memanaskan persaingan dengan model konsol lain.

Satu di antara janji Google adalah menghadirkan Stadia dengan kemampuan streaming gim beresolusi 4K dengan mode HDR pada 60fps (frame per second). Bahkan, Google sudah mulai mengembangkan kemampuan bermain gim resolusi 8K (120fps). 

Kemampuan 4K membuat Stadia akan menjadi platform yang menghadirkan ‘sensasi’ khusus ketika para gamer maupun pengunjung berinteraksi dengan nomor gim tersebut. Apalagi Stadia tak memiliki keterbatasan infrastruktur dibanding PS4 dan XBox One.

Saat perkenalan di panggung GDC, Google memerlihatkan Stadia bisa digunakan bermain gim Doom Eternal dan Assassin’s Creed Odyssey via streaming. Hasilnya tak ada masalah berarti.

Namun, beberapa pihak mengirim pesan kalau Stadia bisa mendapat masalah. Satu di antara kemungkinan besar yang akan muncul adalah ketika para pengakses, baik gamer maupun viewer, menyaksikan dari area yang tak memiliki sinyal kuat.

Situs usgamer.net menulis, demo Stadia di arena GDC bisa berjalan lancar karena fasilitas internet super cepat di venue. Sementara itu, janji Stadia yang mengandalkan resolusi 4K tak akan konsisten berlangsung ketika berada di area yang tak mendukung, termasuk di beberapa wilayah Amerika Serikat (AS).

Jack Buser, Direktur Pengembangan Bisnis Gim Google, menyatakan sudah mengantisipasi semua kemungkinan buruk tersebut. “Satu penanda, Anda akan bisa menikmati enaknya layanan ini jika di rumah sudah bisa mengakses lancar YouTube dan Netflix,” sebutnya.

Kini, publik bakal menunggu peluncuran resmi, sekaligus konsumsi massal, terhadap layanan Stadia ini. Buser mengakui, mereka masih terus menyempurnakan sistem agar para pengguna tak menghadapi masalah.

Sumber: usgamer.net

Melihat Ligagame Arena, Pusat E-Sports yang Bakal Megah

6 Efek Tidak Biasa Ini Bisa Terjadi Setelah Orgasme

4. Bersin

Bersin saat orgasme bisa dialami oleh orang-orang. Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti mengapa ini bisa terjadi. Beberapa ahli berspekulasi bahwa ada kaitan kejadian itu dengan persilangan di antara sistem saraf otonom, yang bertanggung jawab untuk refleks seperti bersin, serta gairah seksual.

“Fungsi-fungsi tertentu di otak yang otomatis menjadi sedikit lebih bingung,” kata ahli bedah telinga, hidung, dan tenggorokan Dr. Mahmood Bhutta.

5. Kaki bergetar

Beberapa perempuan melaporkan bahwa kaki mereka gemetar saat mengalami orgasme. Menurut ahli, hal ini disebabkan ketika klimaks berlangsung, ketegangan terbentuk di sekitar otot kita, bukan hanya otot di daerah genital.

Saat seks selesai, ketegangan dilepaskan. Hal ini menyebabkan kram, kontraksi, atau gemetar pada tubuh. Jika ini terjadi, Anda disarankan segera minum air putih atau mengonsumsi makanan berkalium seperti pisang, alpukat, atau yogurt.

6. Seperti kena flu

Ada kondisi langka yang membuat pria mengalami gejala flu seperti demam, kelelahan, dan hidung tersumbat setelah ejakulasi. Ini disebut post-orgamic disease syndrome (POIS).

Tidak banyak yang diketahui tentang hal ini. Genetic and Rare Diseases Information Center mengungkapkan, kondisi itu kemungkinan terjadi akibat gangguan autoimun atau alergi pada air mani. Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi ini setelah orgasme, International Society of Sexual Medicine meminta untuk segera mengunjungi dokter.

Jokowi: Hasil Survei yang Baik Justru Bisa Melemahkan

Jakarta – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan hasil survei Litbang Kompas yang memposisikan dirinya unggul 11,8% dari rivalnya Prabowo Subianto jadi bahan evaluasi dan koreksi. Jokowi mengatakan justru hasil survei yang baik bisa melemahkan.

“Ya itu, justru kalau saya hasil yang baik justru bisa melemahkan kita. Justru menjadikan kita tidak waspada,” kata Jokowi ditemui wartawan di Sekretariat DPD PDIP DKI Jakarta, Jl Tenet Raya, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

Jokowi mengatakan, hasil survei yang tidak baik lah yang justru bisa menjadi pemicu semangat timnya untuk bekerja lebih baik di lapangan. Apalagi, waktu pencoblosan terhitung tidak lebih dari sebulan lagi.
“Tetapi hasil survei yang tidak baik atau kecil malah mendorong, memicu seluruh relawan, kader untuk bekerja lebih militan lagi,” kata Jokowi.
Sebelumnya, Jokowi mengatakan ada banyak lembaga survei di Indonesia yang merilis tingkat elektabilitas sementara untuk Pilpres 2019. Semuanya jadi bahan masukan baginya, termasuk survei Litbang Kompas.

“Ya survei kan banyak sekali kan. Ada berapa? Mungkin ada lebih dari 10. Semuanya kita pakai untuk evaluasi, untuk koreksi, untuk memacu bekerja lebih baik lagi,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, semua hasil survei yang ada akan jadi bahan evaluasi. Hasil survei tersebut juga jadi pemicu semangat bekerja.

“Saya kira semua survei kita lihat sebagai bahan koreksi, sebagai bahan evaluasi untuk mendorong bekerja lebih baik lahi,” kata Jokowi.

Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres yang berlaga di Pilpres 2019, sebulan sebelum hari pencoblosan. Survei digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden, yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut ini hasil survei yang dirilis Litbang Kompas:

Jokowi-Ma’ruf Amin 49,2%
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 37,4%
Rahasia 13,4%.
(jor/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Air Laut Seperti Terbelah di Suramadu Hanya Bisa Dilihat di Ketinggian Tertentu

Surabaya – Fenomena halocline atau gradasi warna lautan di bawah jembatan Suramadu ternyata tidak pernah dilihat oleh para nelayan di sepanjang pantai Kenjeran. Padahal fenomena itu hampir sepanjang hari terjadi.

Salah satu nelayan Solihin (40) yang ditemui detikcom mengaku dirinya hampir setiap hari melaut. Tapi tidak sekalipun menemukan fenomena yang dimaksud.

“Nggak ada. Belum pernah saya ditemui seperti itu di bawah jembatan,” kata Solihin saat melihat rekaman video yang ditunjukan detikcom, Rabu (20/3/2019).

Sama dengan Solihin, nelayan lainnya Sulaiman (50) juga tidak pernah menemui fenomene halocline selama melaut. Namun jika melihat videonya, ia memastikan tempat itu berada tepat di tengah-tengah selat. Karena memang di situ kadang banyak ditemui buih panjang seperti di video.

“Kalau lihat videonya itu di jalur kapal tengah. Itu dalam di situ airnya dan kadang ada banyak buihnya,” ujar Sulaiman.

Sementara itu Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, Ady Hermanto menyebut tidak semua orang memang di posisi tertentu bisa melihat gradasi warna di sekitar Jembatan Suramadu. Sebab, untuk melihat tersebut harus di atas ketinggian tertentu.

“Kalau pas di lautnya (didatangi), pudar. Karena ada parallax namanya sudut pandang yang terlalu jauh jadi kalau melihat harus di ketinggian tertentu. Dan perahu-perahu nelayan memang tidak terlalu bisa melihat,” terang Ady.

Bila dilihat dari atas Jembatan Suramadu, fenomena halocline memang terlihat. Ketinggian antara laut dengan Jembatan Suramadu sekitar 35 meter.

Sedangkan untuk buihnya, lanjut Ady, hal itu disebabkan karena setiap pertemuan air tawar dan air laut selalu terjadi gesekan. Dari gesekan itulah kemudian membentuk buih yang panjang dan lurus.

“Buih-buihnya itu karena setiap ada pertemuan di lautan kan ada mengandung gesekan akhirnya ada buihnya. Jadi di pertemuan itu kalau misalnya di bak kamar mandi kalau ada air yang mancur itu kan ada buih-buihnya,” urainya.

“Nanti bisa ditanya ke nelayan tiap melaut ada tidak buih-buih yang panjang lurus. Pasti nemuin. Kalau ada berarti mereka sebenarnya menemukan (heloclin). Tapi memang mereka tidak bisa melihat karena terlalu rendah untuk melihat posisinya,” tandas Ady.
(iwd/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>