Bicara Integritas Parpol, Cak Imin Singgung Ideologi Berkarya

Jakarta – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin menyinggung ideologi Partai Berkarya. Dia mengaku tak tahu ideologi apa yang dianut Berkarya.

Hal tersebut diungkapkan Cak Imin ketika memberikan sambutan di acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang diselenggarakan KPK di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2018).

Awalnya dalam pidatonya, Cak Imin mengatakan mendukung penuh sistem ingeritas partai politik (SIPP) yang dibuat oleh KPK. Dia juga menyebut PKB akan membantu KPK dalam pemberantasan korupsi.

Setelah itu, dia pun menyinggung SIPP yang dibuat KPK itu memiliki ideologi (dasar pemikiran) seperti PKB yang ideologinya NU dan PDIP yang ideologinya disebut mengikuti Bung Karno. Kemudian, dia menyindir Partai Berkarya yang belum jelas ideologinya.

“SIPP ada beberapa komponen ini, salah satu cara mudah adalah partai harus punya ideologi, tanpa ideologi semua integritas partai politik sia-sia. Kalau PKB ideologinya NU, PDIP Soekarno, saya nggak tahu kalau Partai Berkarya ini ideologinya, Pak Harto atau apa, terserah yang jelas ada idea yang mengikat seluruh sistem integritas partai dalam satu cita-cita,” ujar Imin ketika memberikan sambutan.

Menurut Imin, partai politik harus memiliki ideologi agar integritas parpol efektif di Indonesia.

“Dari situ akan turun sampai ke bawah politik paling murah adalah politik berbasis ideologi, berbasis cita-cita untuk meraih target politik. Karena itu menurut saya, satu-satunya untuk merengkuh konsep sistem integritas partai politik yang paling murah dan efektif adalah re-ideologisasi partai di Indonesia,” pungkasnya.
(zap/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *