Rayakan Jumat Agung, 113 TPS di Nias Selatan Gelar Pemilu Besok

Liputan6.com, Jakarta – Meski Pemilu Serentak 2019 usai digelar pada 17 April lalu, ternyata belum semua wilayah yang melakukan pencoblosan. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, belum semua daerah melakukan pencoblosan pada Pemilu 2019. Salah satunya di Nias Selatan, Sumatera Utara.

“113 TPS di Nias Selatan itu akan dilaksanakan (pencoblosan) besok hari Sabtu, karena hari Jumat ini sebagian warganya merayakan Jumat Agung,” kata Pramono di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019).

Namun, Pemilu 2019 susulan bukan hanya dilakukan di Nias Selatan. Melainkan juga terjadi di beberapa daerah seperti di Jayapura (Papua) dan di Kalimantan Timur.

“Kemudian di Jayapura itu sudah dilaksanakan, tinggal kita masih menunggu informasi dari bawah yang Tolikara dan Lani Jaya, satu lagi Kalimantan Timur beberapa kabupaten/kota karena itu sifatnya pemilu susulan juga dipastikan apakah bisa dilaksanakan besok,” jelasnya.

Lalu, ada pula beberapa daerah yang sudah melakukan pemilu susulan pada Kamis kemarin. Seperti di Banggai, Sulawesi Tengah dan juga di 24 TPS yang ada di Kota Jambi.

“Pada hari pertama ada sekitar 2 ribuan TPS yang batal melakukan pemungutan suara pada tanggal 17 April, sudah kita pastikan bahwa 391 TPS di Banggai, Sulawesi Tengah sudah melakukan pemungutan suara susulan kemarin. Kemudian 24 TPS di Kota Jambi sudah dilaksanakan kemarin juga,” ujarnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Sandiaga: Saya Disarankan Dokter Cek Darah Besok

Liputan6.com, Jakarta – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan, telah menjalani pemeriksaan kesehatan karena sakit. Karena sakitnya itu pula, dia tidak menghadiri acara syukuran klaim kemenangan bersama capres Prabowo Subianto.

Dalam postingan yang diunggah di akun instagramnya, Jumat (19/4/2019), Sandiaga mengaku disarankan dokter untuk beristirahat.

“Baru saja saya menjalani cek kesehatan oleh dengan Kartariadi Gandadinata, dan hasilnya saya masih harus istirahat dan disarankan untuk cek darah esok hari. Buat teman-teman yang biasanya ikut berlari pagi dan main basket di akhir pekan, saya terpaksa harus absen dulu hingga diperbolehkan oleh dokter,” kata Sandiaga dalam akun instagramnya, Jumat (19/4/2019).

“Selamat berakhir pekan semuanya. Sampaikan salam saya untuk seluruh keluarga dan kerabat. Tetap semangat!” imbuh Sandi.

Pada foto yang diunggah, Sandiaga terlihat menggunakan baju koko putih dan sedang diperiksa dokter. Postingannya tersebut pun mendapat beragam komentar dari warganet. Banyak di antaranya mendoakan kesembuhan Sandiaga.

Sementara itu, Anggota Media dan Komunikasi BPN Prabowo-Sandi, Yuga Aden mengatakan, setelah diperiksa dokter, Sandiaga disebut mengalami gangguan lambung dan radang tenggorokan.

“Hasil pemeriksaan sore ini diketahui Sandiaga memiliki gangguan lambung dan radang tenggorokan,” kata Yuga Aden, Jumat petang.

Yuga menyampaikan, Sandiaga diperiksa dokter Kartariadi yang merupakan ahli penyakit dalam dari RS Awal Bros, Bekasi Barat. Dokter juga menyarankan Sandi mengecek darah dan kolesterol

“Saat diperiksa, Sandiaga sempat bertanya apakah boleh melakukan kegiatan olahraga. Tapi dokternya menyarankan bed rest,” pungkas Yuga.

Ma’ruf Nyoblos di Koja Besok, Lalu Pantau Quick Count di Rumah Situbondo

JakartaMa’ruf Amin akan menggunakan hak suaranya di TPS yang berada di dekat kediamannya di Koja, Jakarta Utara. Namun setelah mencoblos, ia akan langsung kembali ke Rumah Situbondo.

H-1 pelaksanaan Pemilu 2019, Ma’ruf mengaku tidak melakukan hal khusus. Ia menyebut hanya melakukan kegiatan sehari-hari seperti mengaji dan berdzikir.

“Malem di rumah. Biasa kalau di rumah itu ngaji-ngaji, baca Quran, Dzikiran, ngobrol. Besok pagi saya kebetulan nyoblosnya di tempat lama saya. Jadi, nyoblosnya di Tanjung Priok, Koja,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).


Ma’ruf akan mencoblos di TPS 01, RT 007/08 yang berada di Koja, Jakarta Utara. Ia rencana akan tiba di TPS pukul 09.00 WIB.

“Hafal, orang itu kampung saya, Kelurahan Koja. Ternyata TPS-nya itu nomor 01. Dari sini saya berangkat pukul 8 pagi. Saya berharap bisa mencoblos jam 9. Mungkin ngobrol-ngobrol di sana. Berbicara ini dan itu. Kira-kira pukul 12 sudah bisa kembali ke sini, ke Situbondo,” terang Ma’ruf.

Usai mencoblos, Ma’ruf akan memantau hasil quick count di Rumah Situbondo. Apakah kemudian akan bertemu dengan pasangannya, Joko Widodo, sifatnya masih tentatif.

“Saya akan memantau di sini, quick count. Monitor dari sini sampai malam. Kalau besok malem sudah bisa, saya nanti kemungkinan belum jelas ya apa nanti bergabung dengan Pak Jokowi, di mana. Untuk melakukan evaluasi terakhir dari hasil quick count,” jelasnya.

“Kalau hasil manualnya kan, baru hari apa, masih lama tapi dari quick count ini mungkin diharapkan besok malam ini sudah ada. Nanti kita akan bicarakan. Kita lihat besok,” sambungnya.

Ma’ruf pun santai jelang pencoblosan. Ia mengaku tak merasa deg-degan karena merasa telah optimal berusaha.

“Tenang saja. Kan segala sesuatu sudah berusaha, sudah bekerja seoptimal mungkin. Selanjutnya kita serahkan pada Allah SWT, usahanya sudah optimal. Usaha panjang sekali itu. Dan alhamdulillah sampai 7 bulan kita sudah bisa menyelesaikan tugasnya. Nanti kalau sudah kita monitor, bagaimana hasil manualnya, kalau kita sebagai pemenang, kita persiapkan diri,” tutup Ma’ruf.
(elz/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia Diumumkan Besok

Jakarta – Bawaslu akan mengumumkan hasil investigasi kasus surat suara tercoblos di Malaysia. Pengumuman ini direncanakan akan dilakukan besok.

“Insyaallah rencana besok akan disampaikan,” ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat dihubungi detikcom, Senin (15/4/2019).

Afif mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat tripartit membahas surat suara tercoblos tersebut. Rapat tripartit ini dilakukan bersama Bawaslu, KPU dan DKPP di kantor KPU.


“Tadi di KPU, rapat tripartit,” kata Afif.

Namun, Afif menyebut saat ini Bawaslu kembali melakukan pleno internal. Pleno ini tidak hanya membahas hasil investigasi surat suara tercoblos di Malaysia dan pelaksanaan pemilu di luar negeri.

“Kita sedang pleno lengkap berlima, sedang bahas hasil investigasi. Pleno internal Bawaslu khusus bahas pelaksanaan pemilu luar negeri,” tuturnya.

Sebelumnya, Bawaslu dan KPU mengutus anggotanya untuk melakukan klarifikasi kepada PPLN setempat dan menyelidiki keaslian surat suara diduga tercoblos itu. Namun mereka tidak diberi akses oleh kepolisian setempat dan KPU memaklumi hal tersebut karena merupakan wilayah yurisdiksi Malaysia.

Terkait surat suara tersebut, PDRM dikabarkan sudah meminta keterangan dari pihak terkait. PDRM akan membuat kesimpulan dari investigasi yang dilakukan Senin (15/4).

“Belum bisa disampaikan (hasil pemeriksaan). Baru besok akan dibuat suatu kesimpulan sementara hasil pemeriksaan para pihak, kemudian analisis barang bukti yang ditemukan di lapangan,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, kepada wartawan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini.
(dwia/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Perjalanan KRL pada Senin Besok Masih Terganggu Pengoperasian Jalur Dwiganda

Liputan6.com, Jakarta – Pengoperasian Double-double track (DDT) atau jalur dwiganda lintas Jatinegara-Cakung pada Jumat lalu masih dalam tahap normalisasi dan penyesuaian dalam berbagai aspek operasional dan keselamatan perkeretaapian.

Pemerintah bersama PT KAI dan PT KCI hingga hari ini masih memantau penambahan waktu perjalanan KA yang terjadi seusai switch over jalur.

VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba menjelaskan, hasil pemantauan hingga minggu malam ini, penambahan waktu perjalanan masih terjadi meskipun semakin sedikit kelambatannya.

“Kelambatan ini diperkirakan juga masih akan terasa pada esok hari,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Minggu (14/4/2019).

Bila pada Jumat lalu kelambatan mencapai satu jam bahkan lebih, Sabtu tercatat KRL mengalami keterlambatan rata-rata mencapai 20-30 menit, pada hari Minggu ini rata-ratanya telah menurun menjadi 10-20 menit.

“Tambahan waktu perjalanan yang perlu disiapkan pengguna pada Senin besok adalah lebih kurang sama dengan hari Minggu ini,” jelas dia. 

Uji Coba DDT Jatinegara – Cakung Berlangsung hingga Besok

Liputan6.com, Jakarta – Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan hari ini melakukan uji coba pengoperasian double double track (DDT) atau jalur dwi ganda Jatinegara ke Cakung sepanjang 9.5 kilometer.

Uji coba DDT ini akan berlangsung selama dua hari, hingga besok Sabtu 13 April 2019. Selama uji coba, kereta manggarai ke Bekasi akan mengalami keterlambatan.

Pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melalui twitter @CommuterLine mengabarkan, mulai 12 April sehubungan telah dilakukannya Switch Over Stasiun Jatinegara Flow penumpang di Stasiun Jatinegara mengalami perubahan.

“Untuk KRL tujuan Bekasi semula menggunakan jalur 1 menjadi jalur 3 pintu yang dibuka sebelah kiri, untuk rangkaian 12 kereta 2 kereta dari belakang tidak mendapatkan peron. Untuk KRL tujuan Jakarta Kota semula menggunakan jalur 2 menjadi jalur 4 pintu yang dibuka sebelah kiri,” tulis twitter @CommutterLine, Jumat (13/4/2019).

PT KCI memohon maaf atas ketidaknyamanan penumpang, sebab pengoperasian jalur DDT lintas Jatinegara-Cakung berimbas pada keterlambatan sejumlah perjalanan KRL rute Jakarta Kota-Bekasi/Cikarang.

“Saat ini penguraian antrean perjalanan KRL diperkirakan berlangsung hingga sore,” diinfokan PT KCI.

Besok, Prabowo akan Sampaikan Pidato Kebangsaan di Surabaya

Surabaya – Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno akan menyampaikan pidato kebangsaannya. Rencananya, pidato kebangsaan ini akan disampaikan di Dyandra Convention Center, Surabaya.

Tak hanya itu, dalam acara tersebut, Prabowo juga akan menyampaikan gagasan dan pemikirannya. Nantinya, dalam pidato yang dihelat mulai pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB tersebut juga berisi pendidikan politik kepada masyarakat.

“Kita ingin memang Pilpres ini juga menjadi bagian dari pelajaran pendidikan politik kepada warga. Untuk itu hari Jumat Prabowo akan datang ke Surabaya menyampaikan pidato kebangsaan,” kata Ketua Harian Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandiaga Jawa Timur, Anwar Sadad kepada detikcom di Surabaya, Kamis (11/4/2019).

Sadad menambahkan dalam acara tersebut akan ada banyak tokoh yang hadir. Misalnya tokoh intelektual dari perguruan tinggi se-Jatim, tokoh masyarakat, hingga para kiai dan alim ulama. Selain itu, para relawan dan milenial juga dijadwalkan hadir.

“Nantinya di forum, di hadapan tokoh-tokoh baik dari kampus, tokoh masyarakat dari unsur alim ulama, dari milenial dan segala macam,” lanjut Sadad.

Selain itu, Sadad mengatakan acara ini berbeda dengan kampanye pada umumnya. Dia menambahkan Prabowo tak hanya berpidato, namun penyampaiannya nanti didesain menggunakan pendekatan akademik.

“Sifatnya memberikan kuliah, supaya publik tahu pikiran-pikiran Pak Prabowo secara utuh dan bukan dalam format kampanye yang agitatif begitu. Tapi didesain dengan menggunakan pendekatan yang akademik,” imbuh Sadad.

Sementara saat ditanya berapa target yang dibidik dalam penyampaian pidato kebangsaan ini, Sadad mengaku pihaknya tak pernah mentarget. Namun, para relawan tidak pernah lelah untuk terus berjuang mempertebal kemenangan Prabowo-Sandi di Jatim.

“Sebenarnya kita tidak mentarget berapa tapi memang mau tidak mau kan dengan kondisi seperti sekarang, kita tahu bahwa semakin mendekati finish semakin kita rasakan ditemukan berbagai macam bentuk mobilisasi massa yang tidak biasa seperti HUT BUMN yang dimajukan. Ini mau tidak mau kader dan relawan harus bisa menjadikan kemenangan itu lebih tebal lagi,” pungkasnya.
(hil/fat) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kampanye Akbar Prabowo-Sandi, PAN: Kami Putihkan Jakarta Besok

Kampanye akbar rencanaya  akan dimulai dengan salat Subuh berjemaah hingga selesai. Untuk mengantisipasi kemacetan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan koordinasi dan melakukan rekayasa lalu lintas. 

“Sebanyak 820 personel dikerahkan demi suksesnya acara. Tentu ada rekayasa lalu lintas juga. Lalu pola pengamanan tak berbeda jauh dengan kegiatan Asian Games lalu. Terbagi dalam enam zona pengamanan strategi lalu lintas,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf saat dikonfirmasi, Jumat (5/4/2019).

Selain memperkuat personel, Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan mobil patroli, mobil derek, dan ambulans saat Prabowo-Sandi menggelar kampanye akbar. Selain itu, polisi juga telah menyiapkan beberapa kantong parkir.

Berikut rekayasa lalu lintas yang diberlakukan Ditlantas Polda Metro Jaya di seputar SUGBK pada Minggu, 7 April:

1. Fly Over Sekat II dan Ladokgi – kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi – kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke Semanggi, tidak ada yang menuju jalan layang Landokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda

2. Pintu FX Sudirman/Jalan Pintu I Senayan – kendaraan dari arah bundaran Senayan diarahkan lurus ke Semanggi

3. Jl Hang Lekir 2 – arus Lalin dari jalan Pakubuwono VI yang menuju ke arah kampus Mustopo diarahkan ke tol Pakubuwono

4. Jalan Hang Lekir 1 – arus Lalin dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Hang Tuah Raya

5. Perempatan Patal Senayan – kendaraan dari arah jalan patal Senayan 1 yang mengarah di jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri Jalan Tentara Pelajar

6. Pertigaan Tentara Pelajar – kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Permata Hijau

7. TL Palmerah – kendaraan dari Manggala Wanabakti diluruskan ke arah jalan Tentara Pelajar.

Berikut kantong parkir yang telah disediakan:

A. Dalam Senayan – parkir Hellypad yang mampu menampung 200 bus, parkir timur sisi utara yang mampu menampung 200 bus, parkir timur sisi selatan yang mampu menampung 200 bus

B. Luar Senayan – Gedung DPR, Sepanjang Jalan Asia Afrika, sepanjang Jalan Gerbang Pemuda, Gedung Manggala Wanabakti, sepanjang Jalan Gatsu, sepanjang Jalan Tentara Pelajar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Calon presiden no. urut 02 Prabowo Subianto gelar kampanye terbuka di Tegal Jawa Tengah hari Senin (1/4). Dalam orasinya Prabowo sempat sampaikan tentang ada pihak yang mengejeknya.

Jokowi Dijadwalkan Kampanye Akbar di Palembang, Besok

Liputan6.com, Palembang – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan kampanye akbar di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Selasa 2 April 2019 siang. Kampanye terbuka itu akan berlangsung di gedung serba guna, Palembang Sport and Convention Center (PSCC).

Bendahara Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Sumsel, Alvin Kennedy menjelaskan, kampanye berlangsung di ruangan tertutup karena hujan sering mengguyur kota ini. Ada kekhawatiran, hujan dapat mengganggu jalannya kampanye dan kenyamanan pendukung.

Kegiatan kampanye capres 01 semula direncanakan di pelataran objek wisata Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Namun setelah mempertimbangkan faktor cuaca, acara dipindahkan ke PSCC.

Untuk menyemarakkan kampanye akbar Jokowi, pendukung dan simpatisan akan dihibur sejumlah artis seperti Inul Daratista, Virgon, Indra Bekti, dan Aida Saskia.

Kampanye rapat umum capres petahana itu akan dihadiri para relawan pemenangan, pengurus dan simpatisan partai pendukung dengan pengerahan massa sekitar 30 ribu orang.

“Massa sekitar 30 ribu orang dari Kota Palembang dan beberapa daerah di Sumsel lainnya itu dikerahkan untuk menyambut Jokowi mulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang hingga di PSCC,” ujar Alvin di Palembang, Senin (1/4/2019) seperti dilansir Antara.

Untuk memenangkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, TKN memiliki 64 relawan di wilayah Sumsel. Perwakilan relawan pemenangan dipastikan akan hadir semua pada kampanye akbar tersebut.

Pada kampanye tersebut, Jokowi akan menyampaikan program kerja dan keberhasilannya selama empat tahun memimpin bersama Jusuf Kalla.

Jokowi juga akan menyampaikan tiga kartu baru yakni KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah, Kartu Sembako Murah, dan Kartu Pra Kerja,” ujar Alvin.

Ingat! Naik MRT Mulai Besok Tak Lagi Gratis

Jakarta – Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta akan mengakhiri masa uji coba gratis besok. Jadi mulai Senin, 1 April 2019 masyarakat akan mulai dibebani tarif saat naik MRT.

Nantinya masyarakat akan menggunakan kartu yang di tap di pintu masuk setiap stasiun sebagai tiket masuk.

Untuk pembayarannya sendiri MRT Jakarta menyediakan beberapa alternatif metode pembayaran. Mulai dari kartu Jelajah Single Trip, hingga kartu uang elektronik dari beberapa bank.


Mengutip dari keterangan resmi yang diterima detikFinance, Minggu (31/3/2019), Kartu MRT Jakarta Jelajah Single Trip, dapat diperoleh dengan membelinya pada vending machine atau loket manual yang ada di seluruh Stasiun MRT Jakarta.

Untuk Kartu MRT Jakarta Jelajah Multi Trip, pihak MRT masih belum diperjualbelikan karena masih dalam proses perizinan.

Seperti diketahui, MRT mulai dibuka untuk umum sejak 12 Maret 2019 hingga hari ini. Pada kurun waktu tersebut, masyarakat bisa mencoba MRT tanpa tarif alias gratis.

(zlf/zlf)