Naik Takhta 1 Mei, Putra Mahkota Siap Penuhi Tugas Jadi Kaisar Jepang

Tokyo – Putra Mahkota Naruhito akan naik takhta menjadi kaisar Jepang pada 1 Mei 2019. Naruhito siap memenuhi tugasnya menjadi kaisar Jepang menggantikan ayahnya, Akihito yang akan turun takhta 30 April 2019.

“Saya siap jalani tugas saya sebagai simbol (negara) dengan selalu berada di samping warga Jepang, dan berbagi suka dan duka dengan warga,” ujar Naruhito dalam acara ulang tahunnya yang ke-59, seperti dilansir Japan Times, Sabtu (23/2/2019).

Putra Mahkota juga menyatakan kesiapannya untuk mengeksplorasi hal baru sambil melanjutkan warisan Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko. “Saya ingin mengejar apa yang dituntut dari keluarga Kekaisaran sesuai dengan perubahan zaman,” ujarnya.
Saat ini, takhta kaisar Jepang masih dijabat Akihito. Dia bertakhta sejak 1989, menggantikan ayahnya, Kaisar Hirohito, yang meninggal dunia.
Turun takhtanya Akihito pada April mendatang akan menjadi yang pertama kalinya seorang kaisar Jepang turun takhta dalam kurun waktu dua abad. Dewan Urusan Rumah Tangga Kekaisaran, yang terdiri atas anggota parlemen, anggota kerajaan, dan hakim-hakim Mahkamah Agung, pada hari Jumat (1/12) telah menyetujui waktu turun takhta tersebut. Dewan tersebut dikepalai oleh Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe.

Tahun lalu, Akihito, yang genap berumur 84 tahun pada 23 Desember mendatang, telah menyampaikan niatnya mengundurkan diri. Akihito menyatakan dirinya khawatir bahwa usia dan kondisi kesehatannya akan membuatnya sulit melakukan tugas-tugasnya. Kaisar pernah menjalani operasi jantung dan perawatan untuk kanker prostat.
(dkp/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara bermain CoC di PC, Buat Kamu Pecinta Game

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang hobi main game tentu sudah tak asing lagi dengan game CoC (Clash of Clans) ini kan? Bagaimana tidak, game yang berlatar belakang kolosal ini sudah dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia setiap bulannya. Permainan ini juga dimainkan dari berbagai kalangan dari anak kecil hingga dewasa.

CoC atau kepanjangan dari Clash of Clans adalah adalah sebuah game strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy, elixir dan dark elixir.

Mulai dari membangun prajurit yang andal, upgrade wall (tembok) agar kuat, membangkitkan Barbarian King dan Archer Queen, bahkan hingga membangunkan sang Golem.

Dalam permainan CoC sangat membutuhkan Gold dan Exilir untuk mencapai kemenangan. Seperti yang kita ketahui sendiri, untuk mendapatkan keduanya sangatlah sulit. Apalagi bila kita dihadapkan kepada yang reproduksi Dark Exilir, tingkat kesulitannya sudah mencapai batas maksimal.

Bermain CoC memang menyenangkan kamu pun bisa melepas penat setelah lelah bekerja, ataupun bermain ketika bosan. Sayangnya, jika bermian CoC melalui smartphone maka akan membuat baterai smartphonemu cepat habis.

Pasalnya bermain CoC di smartphone jika dipaksa akan membuat handphone terasa panas, hal ini akan membuat handphonemu berumur pendek. Enggak mau kan kalau smartphone kamu jadi rusak karena terlalu sering bermain CoC?

Maka tidak sedikit orang yang memilih bermain CoC lewat PC. Selain tampilan layar yang lebih besar kamu pun lebih nyaman bermain di PC. Apakah bisa bermain CoC lewat PC?

Tentu bisa, beberapa orang tidak mengetahui jika bermain CoC bisa dilakukan melalui PC ataupun laptop kesayanganmu. Nah, bagaimana cara bermain CoC di PC? Jangan khawatir pada artikel ini, kamu akan mengetahui cara bermain CoC di PC.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika handphone kamu rusak karena terlalu sering bermain CoC. Kamu pun bisa langsung mempraktkikan cara bermain CoC di PC ini di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan cara bermain CoC di PC. Dalam bermain CoC di PC melibatkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat laptop bisa mengemulasi Android di PC atau laptop. Namun pada artikel ini akan menggunakan BlueStack untuk bermain CoC di PC.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara bermain CoC di PC bisa kamu coba!

2 dari 3 halaman

Cara Bermain Coc di PC dengan BlueStacks

1. Langkah pertama, unduh BlueStacks di http://www.bluestacks.com/ di PCmu

Setelah mengunduh, kemudian lakukan penginstallan. Kemudian kamu akan diminta masuk dengan akun Google. Jadi pastikan untuk memiliki akun Google ya.

2. Setelah itu, Klik tombol ‘search’ oranye dan temukan ‘Clash of Clans’

Google Play akan menanyakan ID dan kata sandi Google Anda, maka Anda dapat pergi ke menu utama Google Play, kemudian tulis di kolom pencarian ‘Clash of Clans’ kemudian klik Instal.

3. Setelah menginstal, cukup klik ‘Run’ untuk membuka game.

Nah, sekarang kamu pun bisa bermain CoC lewat PC kesayanganmu. Untuk memperbesar dan memperkecil, cukup gunakan tombol + dan – pada keyboard.

Jangan lupa untuk memulihkan desa di ponselmu sebelumnya kamu perlu bermain CoC di PC atau laptop. Pastikan juga bahwa laptop atau PCmu memiliki speseifikasi RAM yang cukup mumpuni untuk bermain game CoC ini.

3 dari 3 halaman

Tips Bermain CoC

Setelah mengetahui cara bermain CoC di PC, sebaiknya kamu mengetahui tips bermain CoC agar permainanmu mencapai kemenangan. Walau banyak dimainkan dan terlihat mudah, CoC ternyata memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk clasher pemula. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

1. Pantau lawan

Mempelajari lawan sebelum berperang adalah hal yang wajib kamu lakukan di dalam CoC., dengan memantau lawan kamu bisa mengetahui tata letak bangunan penting yang patut diserang lebih awal.

2. Pilih lawan yang tepat saat Clan Wars

Saat akan melakukan Clan Wars, ada baiknya kamu menyerang desa yang tidak memiliki bintang untuk awalnya. Selain lebih mudah, desa yang belum memiliki bintang ini menawarkan lebih banyak loot yang bisa diambil.

3. Gabung dengan Clan

Gabung Clan lain bilamana level kamu sudah memungkinkan. Lewat clan ini, kamu kamu pun akan lebih mudah membantu saat kamu diserang atau menyerang clasher lainnya.

4. Level Town Hall

Satu hal penting yang perlu kamu ingat saat akan menyerang town hall (TH) clasher lain, yaitu level Town Hall. Hanya karena Town Hall clasher lain lebih rendah, bukan berarti TH tersebut layak untuk di raih.

5. Jangan boros Gems

Seperti yang sudah kamu ketahui, gems merupakan ‘mata uang’ penting di dalam permainan CoC. Daripada kamu menghamburkan gems untuk mempercepat proses di dalam permainan, ada baiknya kalau kamu menyimpan gems yang dimiliki untuk keadaan yang super mendesak.

Uraian di atas adalah cara bermain CoC di PC yang bisa kamu praktikan. Amat sangat mudah bukan?


MotoGP Indonesia di 2021, Rossi Masih Balapan?

JakartaMotoGP Indonesia rencananya akan dimulai 2021. Pertanyaannya kini, apakah publik Indonesia masih bisa melihat aksi Valentino Rossi dua tahun lagi?

Indonesia sudah meneken kesepakatan dengan Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP mulai musim 2021. Kontrak berdurasi tiga tahun, yang artinya Indonesia menjadi tuan rumah balapan untuk Marc Marquez dkk sampai 2023.

Untuk pertama kalinya sejak 1997, Indonesia akan jadi tuan rumah balapan kelas primer tersebut. Saat masih berformat GP 500cc, Indonesia dua kali menggelar balapan setelah pertama tahun 1996.

Tentunya fans Indonesia akan sangat menantikan realisasi sebenarnya dari balapan MotoGP 2021 yang rencananya akan digelar di sirkuit jalan raya Mandalika, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, para penggila MotoGP tentunya ingin menyaksikan aksi Rossi di lintasan secara langsung, setelah selama ini lebih banyak melihat lewat layar kaca. Ya, Rossi masih jadi magnet utama untuk balapan MotoGP meski sudah berumur 40 tahun.

Tapi, pertanyaan besar adalah apakan Rossi nantinya masih membalap di MotoGP? Memang Rossi tetap membalap di musim 2019 ini bersama Yamaha yang juga jadi musim ke-19-nya di ajang ini.

Meski begitu, melihat performa Rossi belakangan ini yang mulai menurun, fans mulai khawatir bahwa Rossi sudah menyerah mengejar gelar juara dunia dan ingin pensiun menikmati masa tuanya. Memang Rossi belum berikrar kapan akan gantung helm, tapi dengan usianya saat ini, maka hal itu tinggal menunggu waktu saja.

Bapak Rossi, Graziano, beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan harapan bahwa sang anak akan tetap membalap sampai usia 46 tahun, sama seperti nomor favoritnya di motor.

Sebagai catatan, pebalap tertua yang pernah memenangi balapan MotoGP adalah Fergus Anderson pada usia 44 tahun 237 hari di MotoGP Spanyol 1953. Apakah Rossi bisa membalap sampai setua itu? Kita tunggu saja.

(mrp/din)

Terperosok ke Selokan Saat Main Hujan, Bocah di Surabaya Tewas

Patroli Indosiar, Surabaya – Seorang bocah berumur 2,5 tahun ditemukan tewas di di Jalan Tambak Dalam Baru, Surabaya, Jawa Timur. Korban tewas setelah terperosok ke dalam selokan saat bermain hujan.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (21/2/2019), sang anak ditemukan tersangkut di tumpukan selokan selebar 1,5 meter. 

Menurut warga, korban awalnya bermain dengan kakaknya yang berusia 7 tahun. Korban diduga terperosok saat air selokan meluap ke jalan karena hujan yang turun hingga terbawa arus.  

Jasad korban ditemukan tim gabungan 500 meter dari lokasi terperosok. Polsek Asemrowo Surabaya, telah memeriksa sejumlah saksi untuk dimintai keterangan terkait tewasnya korban. (Karlina Sintia Dewi)

Tajam Bersama AC Milan, Harga Piatek Melambung

Liputan6.com, Milan – Krzysztof Piatek langsung menunjukkan ketajamannya bersama AC Milan. Tak heran, Direktur Genoa, Giorgio Perinetti menyebut mantan pemainnya itu punya harga yang melambung hingga dua kali lipat.

Piatek menunjukkan kualitasnya sebagai bomber berbahaya sejak awal musim ini. Padahal, Genoa yang membawanya berlabuh di Italia mendatangkan sosok berumur 23 tahun tersebut dari klub antah berantah Polandia, yakni Cracovia.

Catatan 19 gol dari 21 penampilan di semua kompetisi bersama Genoa membuat banyak klub-klub besar kepincut. Dan AC Milan menjadi tim yang beruntung karena berhasil mendatangkannya dengan harga 36 juta euro di bulan Januari kemarin.

Bisa dibilang, AC Milan melakukan perjudian besar dengan membeli Piatek seharga 36 juta euro. Sebabnya, klub raksasa Italia tersebut sedang dalam pantauan UEFA karena regulasi Financial Fair Play yang nyaris membuatnya gagal berpartisipasi di kancah Eropa.

Untungnya, dampak instan langsung diberikan oleh Piatek. Enam gol dari lima pertandingan, termasuk dua gol ke gawang Napoli di ajang Coppa Italia, membuat ingatan fans AC Milan soal kepergian Gonzalo Higuain ke Chelsea langsung sirna.

2 dari 2 halaman

Waktu Singkat

Hanya butuh empat laga, tanpa perlu melewati proses adaptasi, jadi bukti bahwa Piatek merupakan calon penyerang kelas dunia. Bahkan Perinetti meyakini bahwa harga ‘New Lewandowski’ tersebut sudah mencapai angka 80 juta euro di bursa transfer.

“Menurut teori, Piatek telah menggandakan nilanya, sebab ia sekarang berharga tidak kurang dari 70-80 juta euro,” ujar Perinetti kepada La Gazzetta dello Sport belum lama ini.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Derita Anak Gajah Hidup dengan Belalai Terpotong

Liputan6.com, Lampung – Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim kembali mengajak peduli pada nasib gajah betina bernama Erin yang berumur sekitar lima tahun. Erin mengalami cacat akibat jeratan pemburu liar separuh belalainya terputus.

Setelah sebelumnya sejumlah pihak menunjukkan kepedulian pada nasib gajah Erin itu, kini perhatian kembali datang dari Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim.

Prihatin dengan kondisi Erin, Cusnunia Chalim, melalui akun instagramnya Noenia_ch mengunggah video pendek Erin disertai keterangan ajakan peduli kembali terhadap satwa berbadan besar, berbelalai, dan termasuk salah satu spesies satwa langka yang dilindungi di dunia tersebut.

Dilansir Antara, pada akun instagramnya, Chusnunia menulis Erin adalah gajah kesayangannya. Dia menulis ajakan menengok Erin di Taman Nasional Way Kambas dan berpesan tidak lupa membawa makanan kesukaannya.

2 dari 2 halaman

Harus Menunduk Ketika Makan

Makanan yang disukai Erin, kata Chusnunia, adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Ini Erin, kesayanganku, yang belalainya terkena jerat hingga putus. Alhamdulillah mahot-mahot sayang pada Erin, ayo berkunjung ke Way Kambas, tengok Erin kecil, jangan lupa bawa makanan ya, bisa pisang, sayur-sayuran, kacang panjang, jagung, Erin suka macam-macam sayuran, bantu rawat Erin ya,” tulis Chusnunia Chalim di akun IG-nya itu pula.

Erin berada di Pusat Konservasi Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Gajah betina Erin yang berumur sekitar lima tahun itu, belalainya telah terpotong akibat jerat, dan diselamatkan Tim Elephant Response Unit (ERU) Way Kambas pada tahun 2016.

Namun, sampai dengan saat ini untuk makan Erin harus menunduk, bahkan terkadang disuapi oleh pengasuhnya (mahot/pawang).

Tahun 2018 lalu, Erin telah mendapat perhatian banyak pihak, termasuk dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


Simak video pilihan berikut ini:

Tanishq Abraham, Bocah 11 Tahun yang Sudah Punya 3 Gelar Sarjana

Liputan6.com, Jakarta Bisa menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dan menyandang gelar sarjana memberi kebahagiaan tersendiri. Bahkan, kebahagiaan itu terasa berlipat-lipat lantaran gelar yang didapat tidak hanya satu.

Secara logika, tidak mungkin anak umur 11 tahun sudah mendapatkan gelar sarjana. Umumnya, orang yang memiliki gelar sarjana sudah pasti melewati jenjang sekolah SD, SMP dan SMA.

Seorang bocah laki-laki 11 tahun dianggap sebagai anak ajaib. Tanishq Abraham lahir di Sacramento, California, pada 18 Juni 2003. Bocah ini lahir dari pasangan Bijou Abraham dan Taji Abraham.

Ayahnya, Bijou adalah seorang software engineer lulusan Cornell University, dengan nilai SAT sempurna untuk matematika. Sedangkan ibunya, Taji, adalah seorang dokter hewan, yang akhirnya meraih gelar Doktor setelah sempat menunda risetnya demi mengembangkan kejeniusan anaknya, Tanishq.

2 dari 4 halaman

Kecerdasan Tanishq Terlihat Sejak Kecil

Kecemerlangan Tanishq sendiri sudah terlihat sejak kecil. “Semuanya sudah terlihat sejak dia berada di taman kanak-kanak,” ungkap ibunya dilansir Liputan6.com dari Daily Mail, Senin (18/2/2019).

Pada usia 4 tahun, dia menjadi salah satu anggota termuda dari Mensa Internasional, sebuah organisasi non-profit untuk orang-orang yang IQ nya berada di tingkat 2% tertinggi dari populasi dunia. Tanishq mengaku suka belajar sejak berumur 4 tahun. Dia suka ke perpustakaan untuk belajar tentang dinosaurus dan luar angkasa.

Tanishq juga pernah mengikuti diskusi tentang paleontologi di UC Berkeley. Bahkan dia sempat ingin mengikuti kuliah paleontologi, namun tak mendapat izin karena masih terlalu muda.

Bosan dengan sekolah umum, akhirnya Tanishq disekolahkan dengan metode homeschooling oleh orang tuanya, hingga usia 7 tahun. Dia menyelesaikan berbagai tingkat sekolah dan kelas online dalam rentang umur 5-7 tahun, dan berkali-kali mendapatkan skor A dengan nilai tertinggi. Dia juga sempat menjadi headline di berbagai media, berkat kelulusannya dari tingkat SMA dengan IPK 4.0.

3 dari 4 halaman

Lulus dengan Tiga Gelar Sekaligus

Tanishq berhasil menggemparkan Amerika Serikat karena mampu meraih tiga gelar sarjana sekaligus. Tanishq menerima gelar sarjana di jurusan Matematika, Fisika, dan Bahasa Asing. Bocah ini diwisuda dari American River College (ARC) di Sacramento, California, Amerika. Bahkan, Tanishq pun berhasil lulus dengan nilai 4 sempurna ketika diwisuda bersama lebih dari 1800 mahasiswa lainnya.

Tanishq sudah terdaftar sebagai mahasiswa di kampus tersebut sejak usianya masih 7 tahun. Meski berhasil jadi lulusan termuda di tahun ini, pihak kampus belum bisa memastikan apakah Tanishq menjadi mahasiswa termuda dengan 3 gelar sarjana sepanjang sejarah dunia pendidikan atau tidak.

Setelah lulus dengan tiga gelar sekaligus, Tanishq ternyata masih punya ambisi besar untuk melanjutkan studinya di jurusan kedokteran. Menurut Tanishq, dirinya ingin menjadi seorang doktor dan peneliti kesehatan. Kelak setelah dewasa, ia pun berharap bisa jadi presiden Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Menjadi Pembicara Termuda NASA

Di usianya yang baru 11 tahun, Tanishq adalah pembicara termuda NASA yang fasih berbicara tentang kehidupan di Mars. Dalam konferensi Lunar Science yang diadakan oleh badan penerbangan antariksa AS itu, bocah cerdas itu diberi kesempatan 1,5 menit untuk berpidato.

Dia memang terkenal memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terhadap bidang astronomi. Tak lupa, dia juga begitu tekun mengikuti perkembangan kemungkinan penjelajahan ke Mars.

Ketika wahana antariksa milik NASA, Curiosity, menemukan air (H2O), sulfur (S), dan klorin yang mengandung senyawa seperti perklorat (CIO4) dan klorometana (CH3CL) di planet Mars. Tanishq yang berusia 9 tahun berkesempatan untuk berbicara soal hal tersebut melalui wawancara online dengan Direktur THNKR Danny Stolzman.

Potong Cakar Singa, Kebun Binatang Ini Tuai Kecaman

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kebun binatang di Gaza, Palestina, baru-baru ini tuai kecaman. Hal lantaran adanya sebuah video yang memperlihatkan staf kebun binatang tersebut memotong cakar dari seekor singa betina yang masih berumur 14 bulan.

Seorang dokter hewan bernama Fayyaz al-Haddad dilaporkan ke pihak berwajib karena memotong cakar anak singa. Dalam video yang beredar sang singa betina muda itu tampak ditenangkan dan juga dibaringkan di atas meja operasi.

Sang dokter hewan tersebut pun menjahit luka pada telapak kaki singa betina tersebut. Luka tersebut diakibatkan karena cakar pada singa dipotong dengan pemotong kawat dan juga gunting.

Namun beberapa hari setelah sang dokter melakukan perawatan pada luka tersebut, ia justru memotong cakar singa lebih dalam lagi. Hal ini dilakukan agar para pengunjung dapat bermain dengan sang singa yang ada di Kebun Binatang Rafah.

Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Senin (18/2/2019), pemilik kebun binatang, Mohammed Jumaa, menjelaskan mengapa para bayi singa dipotong cakarnya.

“Saya mencoba mengurangi agresi singa betina, sehingga dapat bersahabat dengan pengunjung.” Kata Jumaa yang dikutip dari worldofbuzz.

Sementara itu, dokter hewan yang melakukan prosedur operasi pun mengatakan bahwa ia ingin membawa senyum dan juga kebahagiaan kepada anak-anak. Selain itu ia pun ingin meningkatkan jumlah pengunjung ke kebun binatang tersebut. Menurutnya sang singa betina tidak kehilangan sifat bawaannya hanya karena dipotong cakarnya.

2 dari 2 halaman

Tuai kecaman dari beberapa lembaga

Menurut American Society for Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), mengatakan bahwa mengamputasi tulang tulang akhir pada seekor kucing termasuk kuku dan cakar dapat mencegah cakar tumbuh kembali. Namun sang dokter yang melakukan operasi tersebut, membantah hal itu. Ia mengklaim bahwa kuku cakar bisa tumbuh kembali dalam 6 bulan.

Cakar kucing sendiri adalah bagian yang vital karena cakar adalah salah satu senjata mereka untuk pertahanan diri. Ras kucing menggunakan cakar untuk menangkap mangsa dan juga menyelesaikan perselisihan atau melarikan diri dari hewan lain atau ancaman.

Sebagian dari kelompok kucing besar juga sering memberi tanda wilayah kekuasan dengan cakar yang di goreskan pada pohon.

Sekelompok relawan hewan yang bernama Four Paws juga menyatakan bahwa menghilangkan cakar pada kucing besar seperti singa sangat menyakitkan bagi hewan liar. Banyak dari para relawan yang menganggap bahwa tindakan yang diambil oleh kebun binatang tersebut sangat tak manusiawi.

Karena prosedur yang dilakukan oleh kebun binatang sendiri sama seperti mengamputasi jari manusia. Para relawan berharap singa tersebut dapat dipindahkan ke tempat yang lebih baik. Selain itu mereka juga berharap tak a a lagi perlakuan buruk terhadap binatang di kebun binatang.

Bagaimana Memperpanjang Umur Aki Mobil Bensin dan Diesel?

Liputan6.com, Jakarta Aki pada kendaraan menjadi komponen penting. Tanpa tenaga listrik yang tersimpan di aki, mobil tidak bisa dihidupkan kecuali didorong. Akan sangat sulit bila mobil bertransmisi otomatis. Makanya, aki sangat penting keberadaannya.

Selain penyimpan listrik, aki juga berfungsi kestabilan tegangan pada kendaraan. Hampir semua komponen berhubungan dengan aki.

Dengan fungsi yang lumayan kompleks dan pemakaian normal, aki biasanya akan berumur sekitar dua tahun untuk kendaraan bermesin bensin. Lalu jika mobil bermesin diesel, apakah bedanya?

Kepala bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, menjelaskan, pada dasarnya pemakaian dan umur aki baik untuk mesin bensin maupun diesel, relatif sama.

Tapi jika melewati rentang waktu itu, ada baiknya aki harus sering diperhatikan. Supaya tahu jika ada gejala daya aki mulai berkurang atau tidak.

“Biasanya ketika menyalakan mesin di awal terasa berat, itu salah satu tanda bahwa masa aki tidak akan lama lagi,” ujar Sapta, seperti dikutip dari laman Auto2000.

2 dari 3 halaman

Tips Merawat Aki

Selain itu, untuk menjaga umur atau usia pakai aki agar lebih awet, bisa juga dengan mempertahankan atau tidak menambah beban aki. Sebaiknya tetap berada di tegangan 12V.

“Selain itu juga biasakan memastikan semua lampu kendaraan dalam keadaan mati sebelum meninggalkan mobil ketika parkir. Itu salah satu yang bisa menjaga keawetan aki,” tutur Sapta.

Jika jenis akinya adalah basah, maka jangan sampai cairan yang ada di dalamnya berkurang. Usahakan harus selalu penuh sampai dengan batas amksimal.

“Kalau air akinya kurang juga lama-lama bisa menyebabkan aki menjadi lemah. Jadi jika sering melakukan servis berkala, kondisi aki juga akan terjaga jika selalu diawasi oleh teknisi yang andal,” tandasnya.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Selain Toyota Corolla, Land Cruiser Bakal Menggunakan Mesin Hybrid

Liputan6.com, Jakarta – Toyota Land Cruiser generasi terakhir telah berumur sebelas tahun. Mengingat umurnya sudah cukup panjang, Toyota berencana untuk melahirkan all new Toyota Land Cruiser di Jepang pada tahun mendatang.

Sedangkan versi preview-nya akan dipamerkan saat Tokyo Motor Show akhir Oktober tahun ini.

Menurut Best Car, Land Cruiser 2020 akan mendapatkan chassis baru. Begitu juga dengan mesinnya yang juga baru.

Mesin 5.7L V8 akan diganti oleh mesin twin turbocharger 3.5L V6. Mesin baru itu akan dipadukan dengan transmisi otomatis 10-percepatan yang menggantikan gearbox 8-percepatan.

Menariknya lagi, Land Cruiser 2020 juga akan memiliki versi hybrid.

Sedangkan fitur keselamatannya, ada Toyota Safety Sense. Paket teknologi keselamatan itu termasuk bisa membuat Land Cruiser 2020 mendeteksi pedestrian saat malam hari dan juga bisa meminimalisir kecelakaan.

Selain Land Cruiser, Toyota sebenarnya juga sedang menyiapkan Lexus LX 2020. Toyota pun berusaha untuk membuat kedua SUV itu memiliki perbedaan.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Toyota Corolla Hybrid Meluncur Tahun Depan, Intip Spesifikasinya

Setelah Toyota Camry, rupanya Toyota akan menyematkan sistem hybrid pada Corolla. Toyota Corolla hybrid sebelumnya diperkenalkan pada Los Angeles Auto Show 2018.

Dilansir Caranddriver.com, Toyota Corolla hybrid akan masuk pasar otomotif Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020 mendatang. Hal itu tak terlepas dari popularitas sedan tersebut di negeri Paman Sam.






Nantinya, Toyota Corolla hybrid dibekali mesin yang sama dengan Toyota Prius hybrid. Dengan kata lain, mobil itu mengandalkan dapur pacu 4-silinder 1.800cc yang dipadu sepasang motor listrik.

Tentu tenaga yang dihasilkan pun sama seperti Toyota Prius hybrid, mencapai 121 Tk. Jantung penggerak Toyota Corolla hybrid pun dikawinkan dengan penggerak roda depan.

Selain itu, Toyota Corolla hybrid juga dilengkapi 3-mode berkendara, yaitu Normal, Eco, dan Sport. Pembeda antara ketiganya adalah sensitifitas respon mesin terhadap injakan pedal gas.


Dapur pacu ini juga memiliki EV (electric vehicle) mode. Dengan kata lain, Toyota Corolla hybriddapat berjalan hanya dengan motor listriknya saja, layaknya BMW i8 Roadster.

Supaya berbeda dengan versi konvensionalnya, Toyota Corolla hybrid akan dibekali berbagai komponen baru, seperti pelek aluminium 15 inci dan emblem special. Selebihnya, eksterior mobil ini tetap sama.

Selain itu terpasang pula instrumen panel touchscreen 8-inci baru. Layar tersebut memiliki fitur baru untuk memantau pengisian dan kapasitas baterai motor listrik, sistem hybrid, dan eco accelerator guidance.

Sayangnya, masih belum ada bocoran terkait harga Toyota Corolla hybrid. Yang jelas, nominalnya akan jauh lebih besar dibanding versi mesin konvensionalnya lantaran berbagai fitur tambahan tersebut.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: