Penampakan PLTU Paiton, Pembangkit Terbesar di Asia Tenggara Berumur Setengah Abad

Liputan6.com, Surabaya – Lokasinya berada di kawasan pesisir Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton unit 1 dan 2 akan berumur seperempat abad atau 25 tahun pada 23 Maret 2019 ini.

Selama bertahun-tahun, PLTU Paiton turut mengalirkan listrik ke seluruh wilayah di Jawa dan Bali.

Liputan6.com berkesempatan melihat langsung keberadaan pembangkit yang diresmikan Presiden Soeharto ini, pada Jumat (22/3/2019).

Pembangkit pengguna batu bara ini dikelola Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) Unit Pembangkitan Paiton, anak usaha PT PLN (Persero) untuk unit 1 dan 2 yang berkapasitas 2×400 megawat (Mw). 

Kemudian Unit 3 milik PT Paiton Energi Company (PEC) 1×800 mw, Unit 5-6 PT Jawa Power 2×610 mw, Unit 7-8 PEC 2×610 mw, dan Unit 9 PLN 1×660 mw.

Luas lahan kompleks PLTU Paiton mencapai 400 hektare. Pembangkit ini memiliki  total kapasitas daya 4.600 Mw. Tak heran, PLTU Paiton menjadi kompleks pembangkit tenaga uap terbesar di Asia Tenggara.

Adapun daya yang dialirkan PLTU Paiton mencapai 20 persen saat beban puncak pada sistem interkoneksi Jawa-Bali yang mencapai 27.000 Mw.

“Pada usia yang 25 tahun ini, kami tetap berhasil menjadi salah satu pembangkit dengan tingkat gangguan terendah di Indonesia,” kata General Manager PJB UP Paiton unit 1-2 Mustofa Abdillah di Kantor PJB UP Paiton di Probolinggo, Jawa Timur.

Meski berumur seperempat abad, pengelola PLTU Paiton berupaya terus menjaga kesinambungan antara pembangkit dengan lingkungan sekitar. Upaya tersebut tak sia-sia.

PJB UP Paiton memperoleh penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa PROPER Emas selama dua tahun berturut-turut, pada 2017 dan 2018.

Kategori Emas diberikan kepada perusahaan yang dinilai sangat baik dalam pengelolaan lingkungannya. Dengan berbagai kriteria yang harus dipenuhi.

“Pada 2019 ini, kami bertekad memperoleh Proper Emas lagi. Kami ingin mencetak hattrick atau ketiga kalinya berturut-turut,” Mustofa Abdillah.

Sejumlah program pun disiapkan PJB Paiton demi mempertahankan gelar Proper Emas yang terkait dengan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar dan lingkungan.

Cara Merawat Kelinci dengan Baik Agar Berumur Panjang

Liputan6.com, Jakarta Kelinci merupakan salah satu pilihan hewan peliharaan yang menggemaskan. Dulunya kelinci termasuk hewan liar yang hidup di Afrika hingga daratan Eropa. Di Indonesia, kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti “anak kelinci”. Hal ini menunjukkan bahwa kelinci dibawa ke Indonesia bersama dengan pemerintah kolonial.

Dari catatan sejarah, kelinci pertama kali dibawa ke tanah Jawa oleh orang-orang dari Belanda pada tahun 1835 sebagai ternak hias. Namun Indonesia rupanya mempunyai spesies kelinci sendiri. Spesies kelinci ini dapat ditemui di Pulau Sumatera yaitu kelinci sumatera (Nesolagus netscheri). Spesies ini baru ditemukan pada tahun 1972.

Kelinci adalah hewan peliharaan yang unik. Mereka memiliki kebutuhan khusus untuk menjalani hidup yang panjang, bahagia dan sehat. Pada umumnya umur kelinci mencapai 5 hingga 10 tahun bahkan bisa lebih.

Seperti hewan peliharaan lainnya, memelihara kelinci membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup. Kelinci mungkin mudah dicintai, tetapi mereka tidak semudah itu dirawat. cara merawat kelinci memang susah susah gampang.

Nah jika Anda tertarik untuk menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaaan, ada baiknya Anda mengetahui cara merawat kelinci dengan baik agar kelinci dapat berumur panjang. Berikut cara merawat kelinci dengan baik yang berhasi Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (7/3/2019):

2 dari 7 halaman

Memilih kandang

Cara merawat kelinci yang pertama adalah menyiapkan tempat tinggal yang cocok untuknya. Setiap pemilik kelinci harus tahu bahwa tempat paling aman bagi kelinci untuk tinggal adalah di dalam ruangan. Kelinci seharusnya tidak ditaruh di luar. Kelinci domestik berbeda dari kerabat liar mereka. mereka tidak mentolerir suhu ekstrem dengan baik, terutama di bulan-bulan musim panas.

Bahkan di kandang yang aman, kelinci berisiko dari pemangsa. Hanya dengan melihat atau mendengar suara binatang buas di dekatnya dapat menyebabkan kelinci begitu tertekan sehingga mereka dapat menderita stres hingga serangan jantung dan benar-benar mati ketakutan.

Jika ingin menaruhnya didalam kandang, kelinci membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dengan mudah. Sangkar kelinci harus berukuran minimal lima kali ukuran kelinci. Kelinci Anda harus dapat benar-benar berbaring di kandangnya dan berdiri dengan kaki belakangnya tanpa menabrak kepalanya di atas kandang.

Jika Anda meletakkan kelinci di kandang kawat, pastikan untuk melapisi lantai dengan kardus atau bahan lainnya. Letakkan kotak kardus atau “kondominium kelinci” di dalam kandang sehingga kelinci memiliki tempat yang nyaman untuk bersembunyi, dan hormati kebutuhan kelinci akan waktu tenang (kelinci biasanya tidur di siang dan malam hari, serta bermain main saat fajar dan senja).

Ketika kelinci ditaruh di kandang, mereka harus dikeluarkan selama beberapa jam setiap hari untuk berolahraga. Selain berlari dan melompat, kelinci juga senang menjelajahi lingkungan mereka. Ini adalah waktu yang ideal untuk bermain dan berinteraksi dengan kelinci. Pastikan bahwa ia memiliki area aman untuk bermain dan menjelajah.

3 dari 7 halaman

Siapkan kotak kotoran

Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air kecil dan besar di satu area. Manfaatkan ini dengan menyiapkan kotak kotoran kucing berukuran sedang atau tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan atau air.

Jika kelinci Anda bebas berkeliaran di beberapa ruangan di rumah Anda, ada baiknya Anda memiliki kotak kotoran di beberapa tempat. Banyak kelinci menikmati menghabiskan waktu bersantai di kotak kotorannya, jadi pastikan ukurannya cukup besar.

4 dari 7 halaman

Makanan seimbang

Cara merawat kelinci yang sangat penting diperhatikan adalah pemberian makanan. Kelinci memiliki sistem pencernaan yang kompleks, sehingga sangat penting bagi mereka untuk mendapatkan makanan yang tepat.

Banyak masalah kesehatan pada kelinci disebabkan oleh makanan yang tidak sesuai dengan fisiologi pencernaan mereka. Makanan dasar kelinci harus terdiri dari makanan berikut:

– Rumput jerami

Kelinci membutuhkan rumput jerami yang membantu sistem pencernaan mereka dan menyediakan serat yang diperlukan untuk membantu mencegah masalah kesehatan seperti bola rambut, diare, dan obesitas.

– Sayuran

Selain jerami, makanan dasar kelinci dewasa harus terdiri dari sayuran berdaun hijau gelap seperti daun selada, peterseli, daun ketumbar dan lainnya. Varietas ini sangatlah penting, jadi beri kelinci Anda tiga sayuran berbeda sekaligus.

Saat memperkenalkan sayuran baru ke pola makan kelinci, coba satu per satu dengan jumlah terbatas.

– Buah dan camilan

Sementara jerami dan sayuran adalah dasar dari makanan sehat, kelinci juga menikmati camilan. Kartun dan penggambaran fiksi kelinci lainnya akan membuat kita percaya bahwa wortel adalah dasar dari makanan kelinci yang sehat.

Banyak kelinci menikmati wortel, tetapi mereka adalah sayuran bertepung dan harus diberikan hanya sebagai hadiah. Camilan lain yang mungkin dinikmati kelinci Anda adalah apel (tanpa batang atau biji), blueberry, pepaya, stroberi, pir, persik, prem, atau melon.

Buah-buahan ekstra-manis seperti pisang, anggur, dan kismis juga baik, tetapi harus diberikan dalam jumlah sedikit.

– Pelet

Jika Anda memilih untuk menjadikan pelet sebagai bagian dari makanan kelinci Anda, yang terbaik adalah menggunakannya sebagai suplemen untuk sayuran hijau tua, bukan sebagai pengganti atau makanan utama.

Pelet ini hanya boleh diberikan dalam jumlah kecil (1/8 -1/4 cangkir per lima pon berat badan per hari, disebarkan selama dua kali pemberian makan setiap hari).

Juga, pastikan untuk membeli pelet berbasis Timotius. Banyak merek pakan kelinci mengandung biji, jagung, dan makanan lain yang terlalu tinggi kalori untuk dijadikan dasar bagi diet kelinci yang sehat.

– Air

Kelinci harus selalu memiliki persediaan air bersih yang cukup. Pastikan untuk mengganti air kelinci Anda setidaknya sekali sehari. Air dapat disimpan dalam botol atau mangkuk.

Jika Anda menggunakan botol sipper, perhatikan kelinci baru untuk memastikan mereka tahu cara menggunakan botol, dan bersihkan botol setiap hari sehingga tabungnya tidak tersumbat. Jika Anda menggunakan mangkuk, pastikan mangkuk itu cukup berat untuk menghindari tumpahnya air.

5 dari 7 halaman

Makanan yang Harus Dihindari

Dengan sistem pencernaan sensitif, ada sejumlah makanan yang harus dihindari kelinci. Ini termasuk tomat, kol, jagung, kacang-kacangan, kacang polong, kentang, bit, bawang merah, kelembak, bambu, biji-bijian, dan banyak lagi lainnya.

Juga, jangan memberi cokelat, permen, apa pun yang berjamur pada kelinci. Jika Anda tidak yakin tentang makanan tertentu, tanyakan kepada dokter hewan.

karena kelinci suka mengunyah, pastikan semua kabel listrik berada di luar jangkauannya. Mengunyah kabel yang tersambung dapat menyebabkan cedera parah atau bahkan kematian. Jauhkan juga kelinci dari benda-benda beracun seperti insektisida, rodentisida, dan bahan pembersih.

Selain itu perlu diketahui bahwa tanaman umum seperti lidah buaya, azalea, Calla lily, Lily of the Valley, philodendron, dan berbagai macam umbi tanaman dapat beracun bagi kelinci.

6 dari 7 halaman

Cara Memegang Kelinci

Kelinci adalah hewan rapuh yang harus dipegang dengan hati-hati. Akibatnya, jika tidak pegang dengan baik, kelinci yang memberontak dapat mematahkan tulang mereka sendiri. cara merawat kelinci dengan baik juga berkaitan dengan cara memegangnya.

Banyak orang yang mengangkat atau menggendong kelinci dengan memegang telinganya. Namun hal ini adalah salah besar. Untuk mengambil kelinci, letakkan satu tangan di bawah bagian depan kelinci dan tangan lainnya di bawah punggungnya.

Angkat dengan hati-hati dengan kedua tangan dan bawa ke tubuh Anda. Jangan biarkan tubuh kelinci menggantung bebas, jangan pernah mengangkat perut, dan jangan pernah mengangkat kelinci di telinganya.

Kelinci saling merawat sekitar mata, telinga, bagian atas hidung, bagian atas kepala, dan bagian belakang, sehingga mereka akan menikmatinya jika Anda membelainya di kepala mereka. Seperti hewan peliharaan lainnya, setiap kelinci akan memiliki preferensi individu tentang di mana ia suka disentuh.

Kelinci tidak memiliki kemampuan untuk memuntahkan atau membatukkan bola rambut seperti kucing, jadi cobalah untuk menghilangkan bulu yang rontok ketika Anda memiliki kesempatan untuk melakukannya.

7 dari 7 halaman

Pelihara Lebih dari Satu Kelinci

Cara merawat kelinci dengan baik agar berumur panjang adalah tidak membiarkannya hidup sendirian. Kelinci adalah hewan sosial dan sebagian besar akan jauh lebih bahagia sebagai bagian dari pasangan atau trio daripada hidup sendiri.

Jika Anda belum memiliki kelinci, pertimbangkan untuk mengadopsi kelinci sepasang. Kelinci adalah makhluk yang kompleks secara sosial, psikologis, dan fisiologis. Mereka membutuhkan banyak perhatian dan pengawasan khusus.

5 Cara Jitu Agar Ban Berumur Panjang

Liputan6.com, Jakarta Ban merupakan satu-satunya komponen pada kendaraan bermotor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, kondisi ban harus dipastikan dalam kondisi baik. 

Tapi, biasanya ban sudah mulai licin setelah satu tahun pemakaian jika setiap hari bercengkerama dengan aspal. Lalu, supaya ban sedikit lebih awet dan tak mudah licin, menurut Corsa Tire, Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Pertama, selalu jaga tekanan angin sesuai dengan ketentuan standar yang tercantum pada ban. Supaya kinerja ban tetap optimal.

Kedua, jangan jorok. Selalu jaga kebersihan ban dengan rajin mencuci ketika sudah mulai tampak kotor. Dengan begitu, karet kompon ban lebih awet dan tidak mudah mengeras sehingga daya cengkeram terhadap permukaan jalan tetap terjaga dengan optimal.

Ketiga, pakailah cairan yang aman dan memenuhi syarat untuk mengkilapkan ban. Jangan sembarangan dan asal memilih cairan pengkilap ban.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Keempat, Hindari kontaminasi yang berlebihan antara permukaan karet ban dengan zat yang mengandung minyak karena akan merusak struktur karet yang mudah mengembang dan memicu kerobekan pada ban.

Kelima, ada peran tukang tambal ban untuk menjaga ban. Sebab, tukang tambal ban yang tak profesional atau handal bisa merusak struktur ban. Apalagi jika menggunakan alat-alat yang tidak tepat.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Tragis! Anak 12 Tahun di China Tewas Usai Lindungi Adik dari Kebakaran

Beijing

Seorang anak perempuan berumur 12 tahun di China tewas akibat luka-luka bakar parah karena melindungi adiknya dari kebakaran. Dengan tubuhnya dan sebuah selimut, dia melindungi adik laki-lakinya dari kobaran api di rumah mereka.

Pada 22 Februari dini hari waktu setempat, Chen Zimo dan adik laki-lakinya sedang tidur di kamar mereka, ketika tiba-tiba api berkobar di rumah mereka di Changde, provinsi Hunan, China selatan. Demikian dilaporkan media lokal, Xiaoxiang Morning Post seperti dilansir Straits Times, Jumat (1/3/2019).

Dilaporkan Xiaoxiang Morning Post, ketika ayah anak-anak tersebut, yang tidur di kamar lain, menyadari rumah mereka terbakar, dia bergegas masuk ke kamar anak-anak tersebut. Di kamar itu, sang ayah menemukan bahwa kedua anaknya sudah tak sadarkan diri. Tubuh anak laki-lakinya, Mozi yang berumur 5 tahun, ditutupi selimut, begitu pula dengan tubuh anak perempuannya yang terbungkus selimut.

Gadis kecil itu menderita luka bakar 55 persen di sekujur tubuhnya, sedangkan adiknya mengalami luka-luka bakar 28 persen. Saat ini, kondisi Mozi stabil di rumah sakit, namun sang kakak meninggal setelah lima hari dirawat di rumah sakit.

Setelah kebakaran itu, Chen melakukan upaya penggalangan dana secara online untuk membayar biaya perawatan rumah sakit anak-anaknya itu. Dalam waktu tujuh jam, dana sebesar 1 juta yuan berhasil terkumpul.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kenalkan! Eha Penjual Kopi Starling di Cilegon Nekat Jadi Caleg

Cilegon – Caleg DPRD Kota Cilegon dapil 1 Cibeber-Cilegon dari PPP, Eha Soleha (44) sehari-hari menjadi pedagang starling alias Starbuck Keliling alias kopi keliling. Namun, hal itu tidak mengurungkannya maju ke panggung demokrasi.

Eha tinggal di kontrakan petak sekitar 500 meter dari Pasar Induk Kranggot. Ia tinggal bersama kedua orang tua dan anaknya yang masih berumur kira-kira 12 tahun.

Tak ada kursi di ruangan. Televisi tabung seadanya disimpan di lantai. Di beberapa tempat, terlihat pakaian dan mukena bergelantungan.

Setiap hari, ia berjualan di pasar mulai pukul 01.00 WIB dini hari sampai 08.00 WIB pagi. Dari kediamannya, ia bawa 3 termos dan keranjang berisi kopi saset.
Tengah malam jelang fajar adalah waktu paling efektif jualan kopi di pasar karena banyak pelanggan. Pekerjaan ini, sudah dilakukan hampir tiga tahun dengan penghasilan Rp 75 ribu perhari.

Pada pertengahan tahun lalu, Eha bercerita ada pelanggannya tiba-tiba menawarinya menjadi caleg di PPP. Pelanggan tukang sayur itu kebetulan pengurus PAC Kecamatan Cibeber yang sedang mencari sosok caleg perempuan. Meski sempat ragu, ia malah tertarik ikut.

“Saya ditawari teman, saya bilang nggak punya uang. Katanya udah nggak apa-apa, saya diminta beberapa kali, ditelponin, ya udah saya hormati (terima),” kata Eha saat ditemui detikcom di Cilegon, Banten, Jumat (1/3/2019).

Rencana pencalegan ini rupanya sempat ditentang oleh keluarga. Eha diminta mundur karena tak punya modal. Tapi terlanjur mendaftar dan lolos daftar calon tetap (DCT), ia memutuskan untuk terus maju.

“Yah mau gimana lagi, kalau orang tua mah ngedoain aja,” kata orang tua Eha menimpali.

Sejak resmi jadi caleg itulah Eha mengaku semangat melakukan kampanye di pasar. Waktu berjualan ia manfaatkan untuk memperkenalkan diri sebagai caleg dari PPP nomor urut 6. Respons pelanggan menurutnya rata-rata terkejut, bahkan ada yang tidak percaya.

“Walah caleg kopi. Eh ada uangnya nggak. Emangnya punya uang nyaleg,” kata Eha menirukan suara pelanggannya.

“Doain saya sih, kata saya. Terus saya jalan lagi” ujarnya.

Kampanye di pasar itu ia juga sering bagi-bagi stiker dan kartu nama. Ia mengaku dimodali partai untuk dua barang ini. Ia mengaku memang tidak punya modal selain dari jualan kopi keliling.

(bri/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tinggalkan MU, Rossi Jalani Trial di LA Galaxy

Liputan6.com, Manchester – Giuseppe Rossi akhirnya meninggalkan MU setelah sempat berlatih bersama beberapa waktu terakhir. Amerika Serikat menjadi tujuan baru eks pemain Setan Merah tersebut.

Rossi sempat digadang-gadang sebagai salah satu pemain dengan segudang talenta pada usia mudanya. Manchester United (MU), yang kala itu diasuh Sir Alex Ferguson, lalu membajaknya dari skuat muda Parma pada tahun 2004.

Sayangnya, ia gagal menembus skuat utama. Bersama The Red Devils, ia hanya mampu mengantongi lima penampilan saja di Premier League. Alhasil, ia harus bergonta-ganti klub guna mendapatkan kesempatan bermain yang lebih.

Rossi sempat menemukan performa terbaiknya bersama Villarreal. Tapi, cedera parah yang dialaminya membuatnya harus tersingkir dari klub asal Spanyol itu pada tahun 2013. Setelah mondar-mandir di tim lain, ia akhirnya berakhir tanpa klub di tahun 2018 lalu.

Pada Januari 2019, ia sempat turut serta dalam sesi latihan MU yang diasuh oleh Ole Gunnar Solskjaer. Kehadirannya di tempat latihan memantik rumor soal dirinya bergabung dengan The Red Devils untuk sisa musim ini.

Namun tak lama berselang, kabar tersebut ditampik langsung oleh Solskjaer. Alhasil, Rossi pun kembali terluntang-lantung mencari klub baru untuk melanjutkan kiprahnya di dunia sepak bola.

2 dari 2 halaman

Ke LA Galaxy

Lama tak terdengar kabar soal dirinya, hingga rumor soal masa depannya kembali muncul baru-baru ini. Rossi disebut sedang melakoni masa percobaan dengan klub yang berbasis di kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Menyusul unggahan di Instagram yang menunjukkan dirinya sedang terbang ke Amerika, La Gazzetta dello Sport mengklaim bahwa Rossi akan segera bergabung dengan LA Galaxy. Di klub tersebut, ia bisa dipasangkan dengan mantan penyerang MU, Zlatan Ibrahimovic.

Namun media lainnya, The Athletic, menebar laporan yang berbeda. Disebutkan bahwa pria berumur 32 tahun tersebut akan melakoni sesi percobaan bersama rival sekota LA Galaxy, yakni Los Angeles FC.

Klub yang bermarkas di Banc of California Stadium itu tak memiliki nama-nama mentereng. Meskipun demikian, mereka tetap mampu mencatatkan torehan apik dengan finis di peringkat tiga klasemen Grup B Major League Soccer dengan koleksi 57 poin.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Survei Cyrus Network: Elektabilitas Jokowi 57,5%-Prabowo 37,2%

Jakarta – Lembaga Survei Cyrus Network merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih menggungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei dilakukan pada 18-23 Januari 2019 terhadap 1.230 responden, populasinya penduduk Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Responden laki-laki dan perempuan sama-sama 50 persen. Responden yang tinggal di wilayah desa 51 persen dan kota 49 persen.

Responden terpilih diwawancara menggunakan metode face to face. Margin of error survei +/- 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
Tingkat elektabilitas ini diambil dengan memberikan pertanyaan ‘apakah responden telah tetap dalam memilih?’. 77,5 persen responden mengaku telah menetapkan pilihannya.

“Kalau ditanya apakah pilihan anda sudah tetap, masih akan berubah atau tidak. Nah 77,5 persen bilang sudah tetap dan sekitar 15,1 persen itu masih mungkin berubah dan 7,4 persen tidak menjawab,” ujar CEO Cyrus Network Hasan Nasbi di Hotel Akmani Jakarta, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).

Angka ini terdiri dari 47,8 persen memilih Jokowi dan 29,7 persen memilih Prabowo. Hasan mengatakan hal ini membuat tingkat kepastian pemilih Jokowi lebih tinggi.

“Jadi tingkat kepastian pemilih Jokowi sedikit di atas Prabowo,” kata Hasan.

Berikut hasil survei elektabilitas capres-cawapres oleh Cyrus Network pada Januari 2019:

-Joko Widodo-Maruf Amin: 57,5 persen.
Kategori pemilihan sudah tetap: 47,8 persen.
Kategori pemilihan masih mungkin berubah: 8,2 persen.
Tidak menjawab: 1,5 persen.

-Prabowo Subianto-Sandiaga: 37,2 persen.
Kategori pemilihan sudah tetap: 29,7 persen
Kategori pemilihan masih mungkin berubah: 6,5 persen
Tidak menjawab: 1,0 persen

-Belum memutuskan dan tidak menjawab: 5,3 persen.
Kategori pemilihan sudah tetap: 0,0 persen.
Kategori pemilihan masih mungkin berubah: 0,4 persen.
Tidak menjawab: 4,9 persen.
(dwia/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Eks Pengacara Akui Trump Beri Uang Tutup Mulut ke Bintang Porno

Washington – Mantan pengacara pribadi Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Michael Cohen, mengakui bahwa Trump memang telah memberikan uang tutup mulut kepada bintang porno, Stormy Daniels yang pernah menjadi selingkuhannya.

Hal tersebut disampaikan Cohen saat bersaksi di depan Komite Pengawas Dewan Perwakilan Amerika Serikat pada Rabu (27/2) waktu setempat seperti dilansir AFP, Kamis (28/2/2019). Cohen memperlihatkan apa yang dia sebut sebagai bukti dana talangan yang dia terima dari Trump untuk uang tutup mulut. Menurut Cohen, pembayaran uang sebesar US$ 35.000 tersebut ditandatangani oleh Trump setelah menjadi presiden.

Sebelumnya, Cohen telah mengungkapkan bahwa dirinya telah membayar sejumlah uang kepada seorang bintang porno yang mengaku berhubungan seks dengan Trump. Di gedung Kongres AS pada Rabu (27/2) waktu setempat, Cohen menunjukkan salinan bukti transfer sebesar US$130.000 (Rp 1,8 miliar) kepada Stormy Daniels supaya bintang porno itu tidak bersuara mengenai perselingkuhan mereka. Pembayaran itulah yang membuat Cohen divonis bersalah atas pelanggaran aturan soal pendanaan kampanye.
Di Kongres AS, Cohen juga memperlihatkan salinan cek sebesar US$35.000 (Rp 490 juta) tertanggal Agustus 2017, yang merupakan salah satu dari rangkaian cek yang menurutnya berasal dari Trump untuk mengganti uang tutup mulut yang telah dibayarkan Cohen atas nama Trump.

“Cek-cek lainnya untuk menalangi saya atas pembayaran uang tutup mulut, diteken oleh Don Jr. (putra Trump) dan Allen Weisselberg (kepala keuangan Organisasi Trump),” ujar Cohen.

Sebelumnya, Stormy Daniels mengklaim bahwa dirinya dan Trump bertemu pada Juli 2006 di sebuah turnamen golf selebritis dan kemudian berhubungan intim. Itu adalah awal mula hubungan terlarang keduanya. Saat itu, Trump baru menikahi Melania selama setahun dan putra mereka, Barron masih berumur 3 bulan.

Trump telah membantah berhubungan seks dengan Daniels.
(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kemendagri Minta Pencetakan e-KTP WNA Ditunda Setelah Pemilu 2019

Jakarta – Isu kepemilikan e-KTP oleh TKA China di Cianjur, hingga NIK-nya yang masuk DPT Pemilu 2019, bikin heboh. Untuk meminimalisasi kegaduhan, Kemendagri meminta agar pencetakan e-KTP bagi WNA ditunda hingga setelah Pemilu 2019.

“Ini saya beri arahan ke daerah agar daerah berhati-hati, kalau bisa KTP-el WNA dicetak setelah nanti pileg-pilpres. Ini dalam rangka menjaga agar tidak terjadi kegaduhan,” kata Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Rabu (27/2/2019).

Zudan mengatakan perlu ada sosialisasi lebih masif soal kewajiban WNA memiliki e-KTP yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Kemendagri ingin menjaga suasana tetap kondusif.
“Oleh karena itu, agar semuanya kondusif, ditahanlah sampai 50 hari ke depan. Bolehlah dicetak tanggal 18 April,” ujarnya.
Seorang WNA memang bisa memiliki e-KTP tapi dengan syarat yang ketat. Hal itu diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Namun kepemilikan e-KTP itu tak membuat WNA memiliki hak pilih di pemilu. Hak pilih hanya untuk WNI.

Berikut ini bunyinya (UU ini menggunakan istilah KTP-el untuk e-KTP):

Pasal 63

(1) Penduduk Warga Negara Indonesia dan Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin
atau pernah kawin wajib memiliki KTP-el.

(2) Dihapus.

(3) KTP-el sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku secara nasional.

(4) Orang Asing sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib melaporkan perpanjangan masa berlaku atau mengganti KTP-el kepada Instansi Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal masa berlaku Izin Tinggal Tetap berakhir.

(5) Penduduk yang telah memiliki KTP-el wajib membawanya pada saat bepergian.

(6) Penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya memiliki 1 (satu) KTP-el.
(eva/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU Tegaskan TKA China di Cianjur Tak Masuk Daftar Pemilih Pemilu 2019

JakartaKPU telah menjelaskan duduk perkara kemunculan Nomor Induk Kependudukan (NIK) tenaga kerja asing (TKA) China di Cianjur di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Pada intinya, TKA China berinisial GC itu sebenarnya tidak masuk ke DPT.

“Poin pentingnya adalah bapak GC dengan NIK ini tidak ada di DPT Pemilu 2019. Poin pentingnya itu,” kata Komisioner KPU, Viryan Aziz, di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa NIK di e-KTP GC, yang beredar di media sosial, muncul di DPT Pemilu 2019 ketika dimasukkan dengan nama seorang WNI berinisial B. Ternyata, NIK di e-KTP si B berbeda dengan NIK di DPT yang bersumber dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pilkada Serentak 2018.

Masalahnya ada di perbedaan NIK Pak B (warga negara Indonesia) di e-KTP dengan DPT yang bersumber dari DP4 Pilkada 2018. Pak B tetap bisa mencoblos di Pemilu 2019 sementara GC (warga negara China) tidak bisa mencoblos.

Hasil ini didapat KPU setelah melakukan penelusuran di lapangan dengan menemui langsung B. Selanjutnya, KPU juga akan melakukan koordinasi lanjutan untuk memastikan tidak ada WNA di DPT Pemilu 2019.

“Dengan adanya kekhawatiran publik bahwa WNA asing masuk dalam DPT, KPU segera berkoordinasi dengan Dukcapil Kemendagri. KPU akan minta data by name by adress warga negara asing yang memiliki KTP elektronik,” ungkap Viryan.

“Kemudian KPU akan melakukan sinkronisasi data DPT, apakah ditemukan atau tidak dan itu akan segera kami lakukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, baik Kemendagri maupun KPU sudah menegaskan bahwa WNA tidak bisa mencoblos meskipun memiliki e-KTP. Aturan soal e-KTP bagi TKA sendiri tercantum dalam Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Khusus aturan soal TKA dengan kondisi tertentu wajib punya e-KTP ada di pasal 63 dengan keterangan WNI dan orang asing yang memiliki izin tinggal tetap yang telah berumur 17 tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP-el atau e-KTP.
(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>