Mahasiswa Tolak Tambang Bertahan di Kantor Gubernur Aceh, Bikin ‘Makam’

Banda Aceh

Mahasiswa yang berunjuk rasa menolak izin usaha pertambangan masih bertahan di kantor Gubernur Aceh. Saat sedang istirahat, massa mencabut paving block di lapangan upacara dan merangkai menjadi tulisan serta menyusun ‘bingkai’ kuburan.

Pantauan detikcom, mahasiswa dari berbagai kampus ini menghentikan aksi orasi sekitar pukul 19.00 WIB, Rabu (10/4/2019). Meski aksi berhenti namun massa tetap bertahan di halaman kantor gubernur Aceh di Jalan Teuku Nyak Arief Banda Aceh.

Saat rehat itu, sebagian mahasiswa membakar ban bekas dan membuat api unggun. Sementara beberapa mahasiswa mengumpulkan botol air mineral serta sampah untuk dibakar.

Mahasiswa tolak tambang bertahan di depan kantor gubernur Aceh, Rabu (10/4/2019) malamMahasiswa tolak tambang bertahan di depan kantor gubernur Aceh, Rabu (10/4/2019) malam Foto: Agus Setyadi-detikcom

Namun entah siapa yang memulai, tiba-tiba mahasiswa mencopot paving block yang dipasang di lapangan upacara. Mereka menyusunnya menjadi ‘bingkai’ kuburan.

“Kita akan menggelar aksi ini sampai dengan merdeka, sampai dengan izin PT EMM dicabut dan sampai dengan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah hadir menjumpai kita dan mengeluarkan statement secara terbuka bahwa beliau bersama rakyat,” kata Koordinator Korps Barisan Pemuda Aceh (BPA) Mutawali kepada wartawan di lokasi.

Mahasiswa tolak tambang bertahan di depan kantor gubernur Aceh, Rabu (10/4/2019) malamMahasiswa tolak tambang bertahan di depan kantor gubernur Aceh, Rabu (10/4/2019) malam Foto: Agus Setyadi-detikcom


Hingga pukul 22.30 WIB, para mahasiswa masih bertahan di lokasi. Arus lalu lintas di depan kantor gubernur juga sedikit padat karena banyak pengguna jalan yang menghentikan kendaraan mereka.

Suasana kantor gubernur sendiri saat ini pagar rusak dan plang nama dicopot. Pada plang yang sebelumnya bertuliskan “Kantor Gubernur” kini diganti dengan tulisan “Disegel”.

(fdn/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Liga Champions Jadi Syarat Pogba dan De Gea Bertahan di MU

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) punya kesempatan besar untuk mempertahankan dua pilar andalannya, Paul Pogba dan David de Gea. Keduanya kabarnya tidak akan meninggalkan Old Trafford bila MU memastikan tempat di Liga Champions musim depan. 

Dalam sebulan terakhir ada banyak rumor yang beredar terkait masa depan Paul Pogba dan De Gea. Kedua pemain ini disebut mulai menjalin komunikasi dengan beberapa klub elite Eropa yang tertarik membajak mereka dari MU musim panas nanti.

Pogba sejauh ini dirumorkan tengah ‘main mata’ dengan klub La Liga, Real Madrid. Sementara De Gea kabarnya tengah digoda dengan kontrak yang besar dari juara Ligue 1, PSG.

Dilansir The Times, kedua pemain ini masih memiliki niatan untuk bertahan di Old Trafford. Namun mereka hanya mau memperpanjang kontraknya di MU jika Setan Merah memastikan diri bermain di Liga Champions musim depan.

Isco Putuskan Bertahan di Real Madrid, Liverpool Gigit Jari

Jakarta Isco Alarcon memutuskan untuk bertahan di Real Madrid setelah Zinedine Zidane kembali. Hal itu membuat klub peminat gelandang Spanyol itu gigit jari.

Isco sempat kehilangan tempat di skuat utama Real Madrid ketika klub itu ditangani Santiago Solari. Kabar akan hengkangnya Isco pun menyeruak.

Liverpool, Manchester United, Manchester City, dan Juventus mengambil ancang-ancang untuk memboyongnya pada bursa transfer musim dingin 2019. Namun, Isco memutuskan untuk bertahan, setidaknya hingga akhir musim 2018-19.

Menuju akhir musim, manajemen Real Madrid memecat Santiago Solari dan menunjuk Zinedine Zidane kembali. Peristiwa itu menjadi berkah bagi Isco.

Zidane merupakan pelatih yang percaya dengan kemampuan Isco. Hal itu pun dibayar lewat performa positif yang ditunjukkan Isco untuk Real Madrid.

Setelah kembali menjadi pilihan utama, Isco pun disebut membulatkan tekad untuk bertahan di Real Madrid. Zidane dikabarkan menjamin tempat Isco pada musim mendatang.

https://www.vidio.com/watch/1580263-barcelona-siap-tampung-isco-dari-real-madrid

Kampanye di GBK, Sandi: Pak Ali Bertahan Jual Ikan di Tengah Banjir Produk Impor

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden Sandiaga Uno mengajak para relawan dan simpatisan memilih Prabowo-Sandiga di Pilpers 2019 nanti. Sandi pun menganti singkatan TPS yang sejatinya Tempat Pemungutan Suara menjadi Tusuk Prabowo Sandiaga.

“Mau cari kerja mudah, jawabanya Tusuk Prabowo Sandi. Mau harga-harga terjangkau jawabnya tusuk Prabowo-Sandi,” ucap Sandiaga, Minggu (7/4/2019).

Sandiaga mengatakan, masyarakat sudah lama menginginkan perubahan. Ia mengetahui hal tersebut setelah menjelajahi 1.500 daerah di Indonesia. Sandi menyebut beberapa orang yang pernah mengadu ke hadapnnya.

“Ibu Ida di Bali sampaikan beban listik. Listrik sekarang turun atau naik?. Ibu Lis di Cibitung cemaskan masa depan  pekerjaaan. Cari kerja sekarang gampang atau susah? Kita hidup di industri namun penangguran masih dirasakan berat,” ucap Sandiaga.

“Terbayang wajah letih Abu yang merugi karena biaya sewa lahan tinggi. Pak Ali nelayan di Bayuwangi harus bertahan menjual ikan seiring banjir produk-produk impor,” lanjut Sandiaga.

Sandiga memberikan jawaban atas permasalahan masyarakat tersebut yakni dengan memilih pasangan Prabowo-Sandiaga. 

“Prabowo-Sandi akan menyelesaiakan memberikan solusi masalah ekonomi kita,” tandas Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Caewapres Sandiaga Uno berkampanye di Lamongan. Sandi berkampanye di hadapan ribuan nelayan Lamongan. Prabowo-Sandi Berjanji akan mensejahterakan kehidupan para nelayan

Dirayu Klub Qatar, David Luiz Pilih Bertahan di Chelsea

Menurut laporan tersebut, Luiz tengah didekati oleh tim asal Qatar. Klub yang identitasnya dirahasiakan ini dikabarkan ingin menggunakan jasa sang bek di musim panas nanti.

Mereka benar-benar serius untuk mendatangkan sang bek. Mereka dikabarkan menawarkan kontrak berdurasi 3 tahun di Qatar.

Tidak hanya itu, Luiz juga mendapatkan kenaikan gaji yang signifikan. Klub itu disebut siap membayar Luiz sebesar 220 ribu pounds per pekan, di mana angka ini naik drastis dari gajinya yang bernilai 130 ribu pounds per pekan di Chelsea.

Madura United vs Persebaya: Bajul Ijo Pantang Bertahan

Liputan6.com, Madura – Persebaya Surabaya akan menantang Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan (SGRP), Pamekasan pada leg kedua semifinal Piala Presiden 2019, Sabtu (6/4/2019) malam WIB. Di laga ini, Bajul Ijo, sebutan Persebaya, sudah unggul agregat 1-0.

Namun keunggulan tersebut belum aman. Madura United diyakini akan berjuang mati-matian untuk bisa menyegel satu tiket ke final. Laskar Sape Kerrab diwajibkan untuk mengejar defisit satu gol dan meraih kemenangan dengan selisih dua gol untuk bisa aman melaju ke final.

Faktor itu membuat pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman menegaskan, timnya akan tampil menyerang. “Kami tidak akan bertahan,” katanya di situs resmi Persebaya,

“Dengan kemenangan (1-0) di leg pertama, Persebaya belum aman untuk melangkah ke babak final. Namun, kami bertekad ingin melaju ke final. Pertandingan di sini akan berat dan kami akan berusaha untuk bisa unggul di sini,” ucap Djanur, sapaan akrab Djadjang.

Dia juga menegaskan, dirinya tak terlalu risau dengan mepetnya persiapan Green Force. Sebab situasi serupa juga dirasakan oleh Madura United. Karena itu dia tidak akan terlalu banyak melakukan banyak perubahan materi pemain.

Persebayamemiliki materi (pemain) yang tidak jauh beda (kualitas), terbukti saat melakukan pergantian di leg pertama kemarin tidak merubah ritme dan malah menaikkan tempo. Artinya kami memiliki (komposisi) pemain yang sama baiknya,” ujar Djanur.

Fans Chelsea Tuntut Mundur, Sarri Ngotot Bertahan

Liputan6.com, Cardiff – Sorakan untuk mundur yang tertuju kepada pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, sempat terdengar di penjuru markas Cardiff City. Namun pelatih asal Italia tersebut tampaknya tak berniat untuk memenuhi tuntutan itu, setidaknya dalam waktu dekat ini.

Kondisi Chelsea yang sempat tertinggal atas Cardiff dalam laga pekan ke-31 Premier League tersebut membuat para penggemarnya frustrasi. Mereka lalu mengumandangkan sorakan untuk menuntut eks nahkoda Napoli itu segera mundur dari jabatannya.

Bisa dibilang, itu adalah reaksi puncak atas serangkaian hasil buruk yang dituai The Blues di sepanjang tahun 2019 ini. Sorakan itu sendiri sejatinya telah banyak terdengar setelah Eden Hazard dkk dipermak Manchester City enam gol tanpa balas bulan Februari lalu.

Meskipun para penggemar telah mengekspresikan kekesalannya, tapi Maurizio Sarri tampak enggan melepaskan jabatannya sebagai pelatih Chelsea. Ia merasa masih punya tanggung jawab untuk memperbaiki torehan The Blues dari musim lalu.

“Tidak, tidak, saya ingin bertahan di sini,” tutur Sarri seperti yang dikutip dari Daily Star. “Saat saya tiba, tim ini tertinggal 30 poin dari City di klasemen, berada di peringkat lima, dan saya ingin bertahan di sini serta memperbaiki hasil itu,” sambungnya.

“Ini bukanlah tugas yang mudah. Ada perbedaan di antara City, Liverpool, dan kami. Kami sdang berjuang dan mencoba, kami harus berlatih dengan sangat baik,” lanjutnya.

BI Ungkap Rahasia RI Bertahan di Tengah Lesunya Ekonomi Global

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengungkapkan rahasia ketahanan ekonomi Indonesia tetap terjada di tengah gempuran gejolak ekonomi global sepanjang 2018. Seperti diketahui, tahun lalu merupakan waktu yang berat bagi hampir semua negara berkembang atau emerging market di dunia termasuk Indonesia.

“Apa pelajaran yang bisa dipetik dari 2018? Kenapa Indonesia bisa mampu jaga ketahanan bahkan dorong pertumbuhan ekonomi yang cukup baik? Kuncinya sinergi sinergi sinergi,” kata dia dalam acara peluncuran buku laporan ekonomi 2018, di Gedung BI, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Dia melanjutkan, sinergi yang kuat antara semua pemangku kepentingan dapat mampu mengatasi banyak masalah. Selain itu, sinergi juga akan mampu meningkatkan kinerja masing-masing pihak.

“Saya tidak segan – segan kumandangkan sinergi. Apapun sulitnya tantangan, masalah yang kita hadapi, hasil sinergi kuat dan hasilkan kinerja lebih baik. sinergi mampu jaga ketahanan dan pertumbuhan ekonomi lebih baik,” tegasnya.

Selain itu, dia menyatakan bauran kebijakan BI sepanjang 2018 telah optimal didukung sinergi yang kuat bersama pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) serta dunia perbankan dan dunia usaha.

Dia juga menyinggung kebijakan moneter BI yang telah mengerek suku bunga acuannya selama beberapa kali sepanjang 2018 telah mampu menjaga stabilitas nilai tukar serta likuiditas. Ini pun berperan positif kepada ekonomi Indonesia.

“Jaga kestabilan global kita secara preventif naikkan suku bung, bukan karena inflasi tinggi tapi menahan arus pembalikan modal asing dan menguatnya dolar, kita imbangi keseimbangan nilai tukar sesuai fundamentalnya. Mulai triwulan 4 tahun lalu arus modal balik ke Indonesia dan mampu memulihkan kondisi jadi stabil dan tahan,” ujarnya.

Dunia Tak Ramah Sejak 2018, Indonesia Mampu Bertahan

Liputan6.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) meluncurkan buku laporan perekonomian Indonesia sepanjang 2018. Peluncuran tersebut merupakan tradisi BI setiap tahun.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengungkapkan, buku tersebut berisi laporan menyeluruh kondisi perekonomian Indonesia serta dinamika global yang mempengaruhinya.

“Memuat secara menyeluruh, dinamika global maupun domestik, dan respons yang ditempuh BI. Juga memuat prospek dan tantangan ke depan, arah kebijakan BI, dan koordinasi kami dengan OJK dan LPS,” kata dia dalam acara peluncuran, di Gedung BI, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Dia mengungkapkan, pada 2018 bukan merupakan tahun yang baik untuk Indonesia. Perekonomian domestik banyak terpengaruh oleh dinamiko global yang penuh ketidakpastian.

“Sejak tahun 2018 dunia tidak ramah, termasuk ke Indonesia, bahkan semakin menjadi-jadi sejak saya jadi Gubernur BI,” ujar dia.

Beberapa ketidakramahan tersebut di antaranya adalah The Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat (AS) yang sangat agresif mengerek suku bunga acuannya, perang dagang antara AS dan China, ekonomi global yang melambat, turunnya harga komoditas serta ketidakpastian keluarnya Inggris dari Eropa (Brexit).

Hal tersebut di atas membuat negara-negara berkembang atau emerging market termasuk Indonesia, mengalami kesulitan. Banyak dana asing yang kabur keluar sehingga memukul nilai tukar mata uang di negara emerging market tak terkecuali rupiah.

Kendati demikian, Indonesia ternyata cukup tangguh menghadapi semua gejolak ekonomi tersebut.

“Kita patut bersyukur, harus bersyukur bahwa kinerja ekonomi Indonesia pada tahun 2018 cukup baik. Stabilitas bisa kita pulihkan, inflasi terkendali, nilai tukar dapat dikendalikan, stabil, bahkan menguat. Stabilitas ekonomi terjaga, mengendalikan defisit transaksi berjalan, stabilitas ketahanan pangan,” ujarnya.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi pada 2018 juga berada pada rentang yang cukup baik. “Pertumbuhan ekonomi bisa dijaga momentumnya terus meningkat, 5,13 persen di tengah negara lain alami resesi, ini capaian cukup baik. Meski ekspor msh sulit didorong tapi sumber  dalam negeri konsumsi dan investasi bida ditingkatkan,” ujar dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com