Prabowo: Saya dan Sandiaga Akan Bentuk Kabinet Bersih

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden Prabowo Subianto berjanji akan membangun kabinet dan tata pemerintahan yang bersih apabila ia terpilih menjadi presiden.

Hal tersebut disampaikan Prabowo saat menyapa warga Banten, di rumah Aspirasi Desmon J Mahesa, Serang, Sabtu (16/3/2019).

“Saya bersumpah akan bekerja dan membela rakyat Indonesia. Saya bersama wakil saya Sandiaga Uno dan koalisi akan membentuk kabinet bersih. Saya punya tim dari pakar dan ahli yang menyatakan kita bisa mensejaterakan rakyat. Mereka sudah menghitungnya,” kata Prabowo dikutip dalam keterangan pers.

Prabowo menegaskan akan mewakafkan hidupnya berbakti kepada Indonesia. “Saya hanya manusia biasa, masih banyak orang yang lebih baik dari saya. Sisa hidup saya, saya persembahkan untuk negara dan bangsa ini. Saya hanya minta agar Allah memberi kekuatan dan diberi kesehatan untuk membela rakyat saya. Setelah saya menjalankan tugas saya, saya siap dipanggil Allah, saya akan tersenyum bangga saat dipanggil Allah nanti,” katanya.

Pada kunjungannya ke Banten, Prabowo juga melakukan silahturahmi dengan tokoh ulama Banten yakni Abuya Murtadlo Dimyathi di Majelis Ta’lim Wal Istigotsah Ad Dimyathiyyah di Cidahu, Cadasari, Pandeglang.

BPN Tuding Koalisi Jokowi Produksi Koruptor, TKN: Memang Parpol 02 Bersih?

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menjawab tudingan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga soal ‘koalisi Jokowi banyak produksi koruptor’. TKN menilai, korupsi bisa terjadi dari parpol mana saja, termasuk dari koalisi 02.

“Memangnya parpol pendukung 02 bersih? Tidak ada yang korupsi? Soal korupsi itu juga terjadi kepada parpol mana saja. Yang penting adalah bagaimana negara ini memiliki sistem untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelaku korupsi tanpa dilakukan intervensi politik dari siapapun termasuk oleh Presiden Jokowi,” kata Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Sabtu (16/3/2019).

Ace kemudian menyinggung kasus korupsi yang menjerat dari parpol koalisi 02 yakni Politikus PAN atau Wakil Ketua DPR nonaktif, Taufik Kurniawan. Oleh karenanya, dia mengatakan tak perlu asal menuding. Menurutnya, yang harus dilakukan yakni menguatkan KPK untuk terus memberantas korupsi.

“Soal korupsi juga terjadi pada partai-partai pendukung 02. Yang paling mutakhir adalah Wakil Ketua DPR dari salah satu parpol pendukung 02. Sebelum ada 2 orang Ketua Umum parpol yang menjadi pendukung 02 yang terjerat kasus korupsi antara lain soal sapi dan Hambalang di era sebelumnya,” paparnya.

“Oleh karena itu, sekarang tugas kita adalah bagaimana kita memperkuat KPK agar dapat berperan kuat dalam melakukan pemberantasan korupsi,” lanjut Ace.

Ace melanjutkan, pemberantasan korupsi yang saat ini dilakukan KPK mendapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi. Pelaku korupsi di era Jokowi ditindak tegas tanpa tebang pilih.

“Bahkan Pak Jokowi menyampaikan dengan tegas tanggal 13 Maret yang lalu bahwa tidak ada alasan untuk benarkan korupsi. Dan tidak ada alasan bagi kita untuk menunda aksi berantas korupsi. Ini telah dibuktikan oleh Presiden Jokowi dengan tidak pernah mengintervensi proses hukum kasus korupsi, demi melindungi siapapun termasuk Ketum parpol pendukungnya,” paparnya.

Ketua DPP Partai Golkar itu melihat serangan kubu Prabowo-Sandiaga saat sini seperti sedang mencoba mencari keuntungan dari kasus Rommy. Dia menyarankan untuk menyerahkan kasus Rommy ke KPK.

“Terlihat sekali kubu 02 berharap mengais-ngais keuntungan elektoral dengan kasus OTT-nya Rommy. Lebih baik kita serahkan pada mekanisme hukum yang berlaku. Hormati KPK yang sekarang sedang bekerja. Kami sangat prihatin atas apa yang menimpa Rommy,” kata Ace.

Sebelumnya, juru bicara BPN Andre Rosiade menyebut OTT terhadap Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) merupakan puncak gunung es penanda banyaknya kader koalisi 01 yang terjerat korupsi. BPN mengungkit pernyataan Prabowo soal korupsi sudah stadium 4.

“Penangkapan Ketum PPP Rommy ini adalah puncak gunung es bahwa koalisi Pak Jokowi ini adalah koalisi parpol yang banyak memproduksi koruptor dan juga mengkonfirmasi pernyataan Pak Prabowo mengenai perilaku korupsi di Indonesia sudah di stadium 4,” ucap Andre kepada wartawan, Jumat (15/3).
(idn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Memburuknya Krisis Air Bersih di Filipina Picu Penyelidikan Hukum

Liputan6.com, Manila – Senat Filipina memerintahkan penyelidikan hukum terhadap krisis air bersih yang kian memburuk di ibu kota Manila, di kabar terakhir menunjukkan distrik bisnis utama, Makati, telah terdampak dan kemungkinan akan berlangsung berbulan-bulan.

Manajemen Manila Water Company, yang puluhan ribu pelanggannya terpukul oleh krisis air bersih sejak pekan pertama Maret, akan menghadapi penyelidikan pada 19 Maret, kata Senator Grace Poe dalam sebuah pernyataan.

Manila Water, yang memasok air bersih ke lebih dari setengah wilayah ibu kota, mengatakan situasi akan kembali normal ketika hujan datang, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Kamis (14/3/2019).

Krisis air bersih awalnya melanda puluhan desa di Filipina. Namun, dalam hitungan hari, kondisi tersebut meluas hingga ke berbagai kota besar, termasuk Manila dan Quezon City yang padat penduduk.

“Kami menyerukan penyelidikan ini karena masyarakat sudah haus akan kebenaran, sekarang mereka tidak punya air untuk diminum dan dibersihkan,” kata Poe.

Lebih banyak daerah, termasuk pusat bisnis Makati diprediksi tidak akan memiliki persediaan air bersih selama enam jam setiap harinya mulai Kamis ini, tulis Manila Water di halaman Facebook-nya.

Manila Water mengatakan awal pekan ini, bahwa krisis air bersih itu disebabkan oleh meningkatnya permintaan dan keterlambatan pengoperasian pabrik pengolahan air Cardona, yang seharusnya menambah pasokan.

Musim kemarau di Filipina yang datang lebih cepat, kian memperburuk kondisi pasokan air.

Simak video pilihan berikut: 

Seorang ibu mendatangi warung internet di kota Nueva Ecija, Filipina. Diketahui bahwa anaknya menolak berhenti bermain gim online meski sudah 48 jam bermain.

Bersih dan Nyaman, Jokowi Ingin Pasar Ikan Modern Muara Baru Seperti di Jepang

Liputan6.com, Jakarta Kesan kumuh, jorok, becek dan bau tampaknya tak akan terlihat lagi di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta. Ini setelah pasar tersebut memiliki bangunan baru, yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (13 Maret 2019).

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara seluas 2 hektare (ha) dibangun di atas 4,15 ha lahan dengan anggaran sebesar Rp 150,69 miliar. 

Pasar ikan modern ini dibangun sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Perikanan Nasional.

Dalam sambutannya, Jokowi bercerita mengenai awal mula keberadaan pasar ikan ini. Instruksi awal diberikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membangun sebuah pasar ikan modern pada 2016.

Jokowi bermimpi jika Indonesia bisa memiliki pasar ikan seperti di Tsukiji, Jepang. “Saya bangga bisa hadir di PIM Muara Baru. Karena kita sudah bisa membalik persepsi. Dulu persepsinya banyak orang, yang namanya pasar ikan pasti kotor becek bau. Tidak nyaman. PIM Muara Baru ini persepsi kalau dari luar, kelihatannya bersih nyaman dan tidak kalah dengan tempat belanja di Mall,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan bahwa PIM terdiri dari 896 unit lapak untuk jualan, 155 kios maritime, 8 unit food court, dan fasilitas lain. Jokowi berharap agar pedagang bisa menggunakan bangunan yang sudah modern ini dengan baik.

“Disertai pola kerja baru dan kebiasaan baru. Kualitas ikan dijaga agar tetap segar. Mari dijaga kebersihan keamanan dan kenyamanan,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut bahwa Pasar Ikan Modern di Muara Baru ini merupakan yang pertama di Indonesia. Kedepannya, dia ingin provinsi lain juga memiliki pasar modern tersebut.

“Saya ingin ini dikembangkan di seluruh Indonesia dengan melaksanakan jaminan mutu. Sekaligus terobosan one stop shopping dengan standar higienitas sekaligus destinasi wisata,” ungkap Susi di lokasi.

Ingin tahu suasana saat Presiden Jokowi meresmikan Pasar Ikan Muara Baru, simak dalam video berikut:

Presiden Jokowi meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Cerita Jokowi Mimpi Punya Pasar Ikan Bersih Seperti Tsukiji

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menunggu-nunggu kehadiran pasar ikan modern (PIM) Muara Baru. Hal itu dilakukan selama 2,5 tahun.

Menurut Jokowi hal itu bermula saat ia melihat pasar ikan di negara maju yang bersih dan nyaman, seperti di Jepang. Ia pun langsung memerintahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk segera membangun.

“Juli 2015 berarti 2,5 tahun yang lalu saya perintahkan kepada Bu Susi, ‘Bu apakah tidak bisa sih kita ini bangun pasar ikan modern yang bersih seperti di Tokyo, Tsukiji’. Jawabannya, bisa. Ya sudah cepat kerjakan, bangun, saya nggak mau tahu di mana yang penting bangun,” ungkap dia saat peresmian di PIM Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019).

Akhirnya, setelah menunggu sekian tahun ia pun bisa meresmikan pasar ikan modern seperti yang ada di negara maju. Sebab, dengan begitu bisa menghapus penilaian negatif terhadap pasar ikan.

Selama ini, kata Jokowi, pasar ikan selalu dinilai memiliki kondisi yang kotor dan membuat masyarakat kurang nyaman berbelanja.

“Saya tunggu-tunggu nggak jadi-jadi dan Alhamdulillah malam ini kita telah memiliki pasar ikan modern PIM di Muara Baru, Jakarta. Saya senang karena kita sudah bisa membalik persepsi, dulu persepsinya banyak orang yang bilang pasar ikan pasti kotor,” terang dia.

Adapun peresmian dilakukan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

(eds/eds)

El Nino Bikin Sebagian Ibu Kota Filipina Kehilangan Pasokan Air Bersih

Liputan6.com, Manila – Beberapa wilayah di ibu kota Filipina tengah menderita kekurangan air bersih, akibat pembatasan pasokan, menyusul kondisi kering akibat hantaman gelombang panas El Nino.

Manila Water Co dan Metro Pacific Investments Corp, dua-duanya berada di bawah naungan Ayala Corporation Maynilad Water Services Inc, mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa pihaknya telah menerapkan penyesuaian operasional, yang mengakibatkan rendahnya pasokan air di beberapa area tertentu di Metro Manila, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Sabtu (9/3/2019).

Untuk diketahui, seluruh wilayah Manila kini dihuni oleh sekitar 12,9 juta orang, dengan sebagian besar tinggal di area padat penduduk dan jaringan air bersih terbatas.

Di saat bersamaan, masyarakat di wilayah yang seharusnya tidak terpengaruh oleh pengurangan pasokan air bersih, mulai melakukan penimbunan, termasuk meningkatnya permintaan terhadap jasa layanan air swasta.

Manila Water mengatakan kondisi yang sama akan dialami oleh berbagai wilayah utama ibu kota Filipina, seperti distrik bisnis Makati, Marikina dan Pasig.

Beberapa kota satelit di sekitar Manila, seperti di Las Pinas City, Muntinlupa City, dan beberapa bagian dari provinsi Cavite di selatan, diprediksi akan terdampak dalam beberapa hari ke depan.

Otoritas pemerintah pada layanan air bersih dan sistem drainase telah meminta konsumen untuk menggunakan air dengan bijak di tengah kondisi El Nino, yang mungkin berlanjut hingga Juni mendatang, terutama di Filipina utara. 

Sementara itu, ketinggian di Bendungan Angat, yang memasok sebagian besar kebutuhan air untuk wilayah Metro Manila, turun menjadi 201,7 meter pada Jumat 8 Maret, dari sebelumnya 204,6 meter pada 1 Maret, lapor otoritas terkait.

Simak video pilihan berikut:

Masyarakat miskin di Filipina memungut makanan sisa dari tempat sampah yang kemudikan diolah, dijual dan dikonsumsi. Makanan sisa ini diberi nama Pag-Pag.

Garap Tol Trans Sumatera, Laba Bersih Hutama Karya Naik 73 Persen

Liputan6.com, Jakarta – PT Hutama Karya (HK) telah bertransformasi dari perusahaan konstruksi menjadi pengembang infrastruktur dan operator jalan tol. Transformasi bisnis tersebut meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Direktur Keuangan Hutama Karya Anis Anjayani mengatakan, transformasi bisnis Hutama Karya dimulai sejak 2016. Sebelumnya, pada 2014-2015, Hutama Karya mendapat penugasan dari pemerintah untuk membangun Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS). Penugasan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 yang kemudian diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2015.

“Penugasan Jalan Tol Trans-Sumatera berdampak positif pada kinerja Hutama Karya. Selama lima tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan pendapatan Hutama Karya mencapai 43 persen, pertumbuhan laba bersih 73 persen, dan pertumbuhan aset 76 persen,” ujar dia di Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Pada 2016, pendapatan Hutama Karya sebesar Rp 8,82 triliun, sedangkan pada 2018 sudah meningkat 200 persen menjadi Rp 26,54 triliun. Tahun ini, pendapatan perseroan diproyeksi mencapai Rp 34,32 triliun atau naik 29,3 persen dibandingkan 2018.

Sementara itu, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi atau earnings before interest, taxes, depreciation, and amortization (EBITDA) pada 2016 sebesar Rp 730 miliar, sedangkan 2018 mencapai Rp 3,26 triliun atau meningkat 346,5 persen. Tahun ini, EBITDA diproyeksi mencapai Rp 5,27 triliun atau naik 61,6 persen dibandingkan 2018.

Hutama Karya juga berhasil mencetak peningkatan laba bersih secara signifikan. Pada 2016, laba bersih perseroan sebesar Rp 300 miliar, sedangkan 2018 telah mencapai Rp 2,2 triliun atau melonjak 633 persen. Tahun ini, laba bersih diproyeksi sebesar Rp 2,2 triliun atau sama dengan 2018.

Adapun total nilai aset Hutama Karya per akhir 2018 mencapai Rp 68,95 triliun atau meningkat 190,5 persen dibandingkan 2016 yang senilai Rp 23,73 triliun. Tahun ini, nilai aset diproyeksi tembus Rp 101,1 triliun atau meningkat 46,6 persen dibandingkan 2018.

2 dari 3 halaman

PMN

Anis menegaskan, saat ini, Hutama Karya bersama Kementerian Keuangan dan lembaga keuangan juga tengah mengembangkan berbagai skema pembiayaan yang inovatif untuk menyukseskan pembangunan JTTS.

Untuk mendukung kesuksesan pembangunan tersebut, pemerintah telah mengalokasikan Penyertaan Modal Negara (PMN) yang jumlahnya hingga 2019 menjadi sebesar Rp 16,1 triliun. Selain itu, pemerintah telah memberikan penjaminan atas pinjaman HK senilai Rp 54,9 triliun.

“Dengan demikian, Hutama Karya bisa mendapatkan pembiayaan yang kompetitif dengan tenor yang lebih panjang sesuai nature project,” tutur Anis.

Pada 2015, Hutama Karya menerima PMN sebesar Rp 3,6 triliun, sedangkan pada 2016 sebesar Rp 2 triliun. Tahun ini, nilai PMN untuk HK mencapai Rp 10,5 triliun.

Sementara itu, penjaminan pemerintah untuk plafon Medan-Binjai senilai Rp 481 miliar, plafon Palembang-Sp Indralaya Rp 1,24 triliun, Plafon Bakauheni-Terbanggi Besar Rp 15,59 triliun, sekuritisasi aset JORR S Rp 6,5 triliun, plafon Pekanbaru-Dumai Rp 12,26 triliun, monetisasi aset Akses Tj Priok Rp 4,5 triliun, dan plafon Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Rp 14,36 triliun.

Selain PMN dan penjaminan, pemerintah juga memberikan dukungan konstruksi. Dukungan konstruksi untuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (80 km) senilai Rp 8,37 triliun dan Kuala Tanjung-Tb Tinggi-Parapat (50 km) senilai Rp 7,74 triliun. Di sisi lain, pemerintah memberikan dukungan aset berupa sekuritisasi aset JORR S dan monetisasi aset Jalan Tol Akses Tj Priok.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Santiago Bernabeu yang Belum Bersih dari Asap Rokok

Madrid – Tak berbeda seperti di Indonesia, Santiago Bernabeu ternyata belum bebas asap rokok. Suporter dengan bebasnya merokok di tribun, lalu membuang puntung sesukanya.

Merokok sejauh ini memang masih diperbolehkan di Bernabeu. Hal itu yang dirasakan detikSport ketika menonton pertandingan El Clasico di stadion berkapasitas 81 ribu tempat duduk itu, Sabtu (2/3/2019) malam waktu setempat.

Sedari pertandingan belum dimulai, orang-orang dengan bebas bisa mengepulkan asap dari rokok tradisional atau elektrik yang mereka bawah ke stadion. Bahkan saat laga sudah dimulai pun, pemandangan seperti itu terlihat biasa saja.

Kepulan asap itu terbilang sangat mengganggu, terlebih nyaris tidak ada jarak antar bangku penonton. Alhasil, Ini akan jadi masalah besar buat mereka yang tidak merokok. Padahal ada masalah lain yang harus dihadapi oleh orang Asia seperti saya: udara dingin malam hari di kota Madrid.

Meski banyak anak-anak yang menonton, sebagian suporter itu tak menghentikan aktivitas merokok mereka.

Sampah dan puntung rokok berserakan di Santiago BernabeuSampah dan puntung rokok berserakan di Santiago Bernabeu Foto: M Resha Pratama/detikSport

“Ya, memang seperti itulah. Para penonton di Spanyol sini memang suka merokok saat pertandingan. Memang mengganggu, tapi ini sudah jadi tradisi di sepakbola negara ini,” ujar perwakilan LaLiga yang ikut menemani detikSport, Christopher Collins, saat berbincang dengan detikSport.

Jangan heran juga ketika laga usai, maka Anda bisa menemukan puntung rokok bertebaran di banyak sisi tribun. Bahkan para suporter ini juga mengepulkan asap di lorong stadion saat halftime.

Saat mengunjungi Bernabeu hari Kamis (28/2) atau sehari setelah El Clasico di leg kedua semifinal Copa del Rey, banyak sampah seperti panganan ringan khas Spanyol yang berbentuk kuaci serta puntung rokok. Untungnya petugas kebersihan Bernabeu selalu sigap membersihkan sehari setelah pertandingan.

Fenomena ini sebenarnya bertentangan dengan undang-undang anti tembakau sudah diberlakukan di seluruh Spanyol sejak 2011. Larangan merokok diberlakukan di semua ruang publik tertutup, termasuk bar, restoran, klub malam. Merokok juga dilarang di taman bermain anak atau di tempat-tempat seperti sekolah atau rumah sakit.

Apalagi sebagian besar klub-klub Eropa dan terutama Premier League sudah memberlakukan larangan merokok di dalam stadion. Di Spanyol, Barca jadi tim pertama yang mulai memberlakukan larangan merokok di dalam stadion pada 2011. Sebelumnya Barca cuma melarang penonton merokok di lorong pintu masuk stadion.
(mrp/din)

Punguti Sampah, The Jawara Ajak Masyarakat Hidup Bersih

Liputan6.com, Jakarta – Kondisi lingkungan yang kotor, membuat grup band The Jawara untuk gundah. Band beranggotakan Ferdy (vokalis), Tile (gitar), Irul (gitar), Indra (bass) dan Leo (drum) itu langsung turun tangan membersihkan sampah di pesisir pantai.

Vokalis The Jawara, Ferdy, merasa begitu antusias menjalani kegiatan bersih-bersih tersebut. Selama ini ia merasa cukup prihatin dengan kondisi lingkungan yang dipenuhi dengan sampah.

“Saya hobi plesir ke pantai, saya lihat sampah berserakan di mana-mana. Miris ya melihat keadaan pantai seperti itu,” ungkap Ferdy The Jawara, baru-baru ini di Jakarta.

Selain itu, Ferdy The Jawara berharap kegiatan yang dilakukannya bersama restoran cepat saji ini dapat bermanfaat untuk masyarakat. Ia juga ingin menanamkan budaya hidup bersih tanpa sampah.

2 dari 2 halaman

Pelestarian Lingkungan

“Band The Jawara mendukung penuh kegiatan KFC dalam pelestarian lingkungan. Walaupun tidak seluruhnya, semoga aksi ini menjadi panutan bagi pengunjung pantai lainnya,” jelas pencetak hits “Racun Cinta” ini.

“Dan semoga apa yang dilakukan The Jawara lewat program KFC Untuk Laut Indonesia ini bisa menanamkan kesadaran diri untuk menjaga kebersihan laut dari sampah,” Ferdy menandaskan.

5 Negara dengan Tingkat Krisis Air Bersih Terparah di Dunia

Liputan6.com, Jakarta – – Air adalah hal vital yang dibutuhkan oleh umat di seluruh dunia. Apakah itu untuk minum, memasak, mandi hingga mencuci.

Tanpa air, maka manusia akan sulit bertahan hidup. Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang juga mengalami masalah air bersih (di sejumlah daerah).

Namun, ada sejumlah negara di dunia yang sudah dalam kondisi ‘lampu merah’ dalam urusan ini. Bahkan, krisis air bersih di sini bisa membuat masyarakat kehilangan nyawa.

Seperti dikutip dari laman Seametrics.com, Jumat (16/11/2018), berikut 5 negara yang mengalami krisis air bersih terparah di dunia:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Libya

Sementara di Libya mengalami pergolakan politik, kondisi di negara yang terletak di Benua Afrika ini juga mengalami krisis air bersih.

Padahal, negara ini dikenal tandus dan membutuhkan pasokan air untuk kehidupan. Sumber air di Libya sulit diakses. Ditambah perubahan rezim yang bertindak semaunya dan memutus aliran air di sejumlah wilayah, termasuk ibu kota Tripoli.

Tak hanya masalah air, kekacauan juga terjadi karena banyak warga hidup tanpa bahan bakar dan makanan.

3 dari 6 halaman

2. Sahara Barat

Sering digambarkan sebagai gurun karena namanya, negara ini sebenarnya adalah rumah bagi ribuan pengungsi yang mengalami penderitaan.

Hal ini terjadi karena mereka mengalami kekurangan makanan dan air secara terus menerus. Konflik yang terjadi di negara ini juga jadi pelopor permasalahan.

4 dari 6 halaman

3. Djibouti

Negara yang terletak di kawasan Afrika Timur ini telah lama menjadi target bantuan kemanusiaan dari UNICEF dan UNHCR.

Salah satu bantuan yang dilakukan oleh organisasi dunia ini adalah pemberian bantuan air bersih. Iklim yang panas dan juga insfrastruktur buruk selalu jadi masalah.

Tak heran jika ada sejumlah orang yang meninggal lantaran kondisi ini.

5 dari 6 halaman

4. Yaman

Yaman adalah sarang konflik dan titik utama bagi teroris yang berasal dari kawasan Timur Tengah. Banyak warga di negara ini yang bergantung pada negara lain untuk mencakup air bersih.

Selain karena faktor konflik, negara ini juga memiliki masalah pasokan air bersih dan sumber air.

Pertikaian politik memperumit masalah ini. Beberapa ahli memproyeksikan ibu kota Sanaa di Yaman akan menjadi kota besar pertama di dunia yang kehabisan pasokan air.

6 dari 6 halaman

5. Yordania

Yordania berada dalam posisi yang tidak menguntungkan karena berada di Timur Tengah yang gersang dan terpecah secara politik.

Negara ini harus sangat bergantung pada sumber daya air alami sendiri, yaitu Laut Mati dan Sungai Yordan. Karena peningkatan desertifikasi dan populasi yang meningkat, sumber air kian menipis.