Bersama Keluarga, Anies Hadiri Anugerah Gelar Pahlawan Kakeknya

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri prosesi pemberian gelar pahlawan nasional kakeknya Abdurrahman (AR) Baswedan di Istana Negara. Anies bersama ibunya Aliyah Rasyid dan sanak saudaranya menghadiri penganugerahan tersebut.

Anies bersiap menuju Istana dari Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018) sekitar pukul 12.00 WIB. Anies tampak menggunakan jas, sementara Aliyah Rasyid tampak menggunakan kebaya.

“Kami akan menghadiri pemberian gelar pahlawan nasional pada kakek kami AR Baswedan kebetulan saya pribadi tumbuh besar bersama dengan kakek satu rumah di Jogja,” kata Anies.

Anies mengaku punya kedekatan dengan kakeknya karena sering berinteraksi saat dirinya masih kecil. Salah satu jasa AR Baswedan, menurut Anies, adalah perannya mendorong Indonesia diakui kemerdekaannya oleh Mesir.

“Salah satu peran yang sering disebut adalah salah satu misi diplomatik ke Mesir untuk mendapatkan pengakuan de jure dan de facto dari Mesir sebagai negara pertama,” jelasnya.

AR Baswedan diketahui pernah terlibat menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). AR Baswedan adalah salah satu diplomat pertama Indonesia dan berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia dari Mesir.
(fdu/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *