PNS Kemenag Korupsi Dana Masjid NTB, Menag: Sanksi yang Berat!

Jakarta – Polisi menangkap PNS Kemenag Kantor Wilayah NTB, SL, terkait pungli dana rehab masjid pascagempa. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mendukung upaya kepolisian untuk mengusut praktik pungli tersebut dan meminta pelaku dihukum seberat-beratnya.

“Saya mendukung sepenuhnya aparat penegak hukum untuk menuntaskan penyelidikan kasus tersebut sehingga hukum bisa ditegakkan,” kata Menag Lukman dalam siaran pers yang diterima detikcom, Minggu (20/1/2019).

“Saya minta ketika yang bersangkutan jelas terbukti bersalah secara hukum, maka yang bersangkutan haruslah mendapatkan sanksi yang seberat-beratnya sesuai dengan hukum dan ketentuan berlaku,” lanjutnya.

Menag mengaku terkejut, sedih, kecewa mendapati kabar adanya kasus pungutan liar ini. Apalagi, itu diduga dilakukan oknum staf Kantor Urusan Agama (KUA) dan terkait dana bantuan mesjid untuk korban gempa.

Kepada ASN Kemenag yang jumlahnya lebih dari 225ribu, Lukman berpesan agar menjaga nama baik Kemenag. Caranya, jangan melakukan tindakan yang tidak terpuji dan melanggar aturan hukum.

“Bagi ASN Kemenag yang lain saya pesankan bahwa kasus ini benar-benar menjadi pelajaran yang sangat berharga. Sekali lagi saya minta seluruh ASN Kemenag untuk menarik pelajaran dan mengambil hikmah dari kejadian ini,” tutur Menag.

(rvk/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bakal Bebas 24 Januari, Ahok Tinggal Urus Administrasi

Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bakal bebas murni pada 24 Januari. Kini, Ahok tinggal mengurus persyaratan administrasi terkait kebebasannya.

“Karena bebas murni yang dipersiapkan hanya administrasi persuratan dan berkas narapidana yang bersangkutan untuk surat bebas,” kata Kasubag Kasubag Publikasi Humas Ditjen Pemasyarakatan (PAS) Rika A kepada detikcom, Sabtu (19/1/2019).

Rika menyatakan tak ada program khusus yang harus dijalani Ahok jelang bebas. Alasannya, Ahok bebas murni.
“Tidak (ada program khusus), karena yang bersangkutan bebas murni,” ucapnya.

Dia menyatakan berkas-berkas itu bakal dipersiapkan oleh pihak yang membebaskan Ahok. Dalam hal ini adalah pihak Lapas Cipinang.

“Dari pihak yang akan membebaskan,” ujar Rika.

Ahok sebelumnya menulis surat terkait dirinya yang bakal bebas pekan depan. Isinya, Ahok meminta para pendukungnya alias Ahokers tak menjemput di Mako Brimob, tempat Ahok ditahan saat ini.

“Saya mendengar ada yang mau menyambut hari kebebasan saya di Mako Brimob, bahkan ada yang mau menginap di depan Mako Brimob. Saya bebas tanggal 24 Januari 2019, adalah hari Kamis, hari orang-orang bekerja,” tulis Ahok lewat surat yang ditulis tangan pada Kamis (17/1/2019). Surat itu diunggah di akun media sosial @basukibtp.

“Saya sarankan demi untuk kebaikan dan ketertiban umum bersama dan untuk menolong saya sebaiknya saudara-saudara tidak melakukan penyambutan apalagi menginap,” sambungnya.

Ahok divonis bersalah dan dihukum 2 tahun penjara dalam kasus penodaan agama karena ucapannya terkait surat Al Maidah ayat 51. Dia telah menjalani masa hukuman sejak 2017.
(haf/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Akan Bebas, Abu Bakar Ba’asyir Tetap Tolak Taat Pancasila

Jakarta

Pendiri Jamaah Anshorut Tauhid (JAT), Abu Bakar Ba’asyir, yang mendekam di penjara dalam kasus terorisme, dijadwalkan akan segera dibebaskan.

Begitu bebas, Abu Bakar Ba’asyir akan kembali berdakwah, seperti diungkapkan seorang putranya, Abdul Rochim Ba’asyir. Betapapun, kesibukan dakwah itu kemungkinan akan jauh berkurang.

“Kondisi beliau sudah tidak seperti dulu dan sudah tua. Kegiatan dakwah mungkin akan berkurang. Beliau akan lebih banyak beristirahat di rumah,” ujar Rochim.

Putra bungsu Ba’asyir itu juga mengatakan bahwa keluarganya sangat bersyukur atas bebasnya pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki itu.

“Untuk syukuran keluarga dengan mengundang tetangga dan sekitarnya. Insyaallah nanti pesantren juga akan melakukan persiapan untuk penyambutan. Hari ini akan koordinasi dengan pesantren,” kata Rochim.

“Hanya taat kepada Islam” Bebasnya Abu Bakar Ba’asyir setelah persyaratan bebas bersyarat “diringankan” dengan menekankan ia hanya akan “taat kepada Islam.”

Pemilihan kata-kata dalam surat pernyataan itu, menurut Yusril Ihza Mahendra, penasihat hukum pasangan calon Presiden/Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin, disepakati setelah Ba’syir menolak menandatangani dokumen pembebasan bersyarat yang mencakup taat kepada Pancasila.

“Yang harus ditandatangani Pak Ba’asyir agak berat bagi beliau karena beliau punya keyakinan yang dipatuhi hanya Allah, hanya Tuhan dan beliau menyatakan hanya taat kepada Islam. ‘Jadi kalau saya diminta tanda tangan taat kepada Pancasila, saya tak mau’,” kata Yusril tentang isi percakapannya dengan Ba’syir di Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor.

“Beliau hanya ingin taat kepada Islam dan kita memahaminya…Tak ada pertentangan antara Islam dan Pancasila dan tak mau berdebat panjang dengan Pak Ba’asyir,” tambah Yusril dalam wawancara dengan wartawan BBC News Indonesia, Endang Nurdin, Jumat (18/01).

Ba’asyir telah menjalani hukuman selama sembilan tahun dari 15 tahun hukuman penjara karena dinyatakan bersalah pada Juni 2011 dalam kasus mendanai pelatihan teroris di Aceh dan mendukung terorisme di Indonesia.

Ulama berusia 81 tahun ini sebelumnya ditahan di Nusakambangan, Cilacap, namun dipindahkan ke LP Gunung Sindur, Bogor dengan alasan kesehatannya menurun.

Yusril mengatakan Ba’asyir telah mendapatkan remisi tiga kali dan berhak untuk bebas bersyarat dan menyatakan telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo untuk membebaskannya dari penjara dengan “pertimbangan kemanusiaan” karena “sudah berusia 81 tahun dengan kondisi kesehatan yang semakin menurun, dengan pembengkakan kakinya yang berwarna hitam.”

Namun, Abdul Rochim Ba’asyir mengakui bahwa kondisi kesehatan bapaknya semakin membaik setelah mendapatkan perawatan rutin selama menjadi tahanan di LP Gunung Sindur.

“Kaki beliau yang bengkak sudah mulai berkurang dan keluhan sering kram dan pinggang sering sakit,” ungkap Rochim.

Proses administrasi pembebasan Ba’asyir tidak akan memakan waktu lama namun dia sendiri meminta waktu tiga sampai lima hari untuk berkemas, kata Yusril.

Tak lagi mendukung ISIS Peneliti terorisme Sidney Jones menyatakan Ba’asyir sempat dibaiat sebagai pengikut gerakan yang menamakan diri ISIS, yang muncul saat Ba’asyir sudah di dalam penjara.

Namun Sidney menyatakan pengaruh dua putra Ba’asyir menyebabkan ulama ini tak lagi menjadi pendukung gerakan kekhalifahan itu.

“Melalui pengaruh anaknya Ba’asyir tak lagi pro ISIS… jelas anaknya Abdul Rochim dan Abdul Rosyid tidak mendukung ISIS. Itu bisa berarti bahwa mereka bisa mempengaruhi bapaknya dan kalau begitu, mungkin tak jadi risiko kalau sudah bebas. Karena jelas unsur pro-ISIS adalah kelompok yang paling berbahaya di Indonesia sekarang ini,” kata Sidney.

Putra Ba’asyir, Abdul Rochim, yang ikut mendampingi Yusril Ihza Mahendra mengatakan ayahnya akan langsung pulang ke Solo setelah dibebaskan, “kemungkinan Senin atau Selasa”.

Menyusul serangan bom Bali pada 2002, Ba’asyir ditetapkan sebagai tersangka dan divonis dua tahun enam bulan setelah dinyatakan berkomplot dalam kasus terorisme tersebut. Setelah bebas pada Juni 2006, ia kembali ditahan pada Agustus 2010 dengan tuduhan terkait pendirian kelompok militan di Aceh.

Ba’asyir ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus serangan bom di Bali pada 2002. Ia divonis 2,6 tahun penjara setelah dinyatakan berkomplot dalam kasus itu.

Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) pada tahun 2012 ditetapkan oleh Departemen Luar Negeri AS, dalam daftar organisasi teroris asing (FTO).

Saat itu, JAT dicurigai terlibat dalam berbagai kejahatan antara lain perampokan bank untuk mendanai kegiatan mereka, termasuk serangan bom bunuh diri di sebuah gereja di Solo, Jawa Tengah tahun lalu dan sebuah masjid di Cirebon, Jawa Barat.

JAT didirikan oleh Ba’asyir setelah keluar dari Jemaah Islamiah, yang dinyatakan berada di belakang bom Bali 2002 dan beberapa kasus terorisme.


(nvc/nvc) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Abu Bakar Ba’asyir Bebas, Jokowi: Sudah Saya Pikirkan Sejak Awal Tahun Lalu

Fokus, Bogor – Rencana pembebasan bersyarat pemerintah disyukuri dan disambut baik Abu Bakar Ba’asyir. Apalagi, setelah sembilan tahun menghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) membuat dirinya mudah menderita sakit.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (19/1/2019), terpidana teroris Abu Bakar Ba’asyir, Jumat siang, 18 Januari kemarin, terlihat sehat saat menunaikan ibadah salat Jumat di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Bukan hanya itu, wajah pendiri Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) itu tampak gembira mendengar kabar bebas bersyarat yang akan diterimanya. Pelaksanaan pembebasan sendiri masih menunggu proses administrasi pihak Lapas Gunung Sindur.

Sementara itu, di sela-sela kunjungannya ke Garut, Jawa Barat, Presiden Jokowi membenarkan pemberian bebas pada Abu Bakar Baasyir, semata-mata alasan keamanan. Selain itu, juga atas alasan kemanusiaan serta telah melalui pertimbangan panjang sejak awal tahun lalu.

Abu Bakar Baasyir divonis 15 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta pada Juni 2011 silam. Amir Jamaah Anshorut Tauhid tersebut dinilai terbukti bersalah karena telah melakukan tindak pidana terorisme. (Galuh Garmabrata)

Gayus Tambunan dan Vonis Puluhan Tahun Penjara yang Tak Membuat Jera

Liputan6.com, Jakarta – Nama Gayus Tambunan menjadi sosok yang sangat populer di 2010-2011. Pegawai Ditjen Pajak ini menghebohkan Tanah Air dengan sejumlah kasus mafia pajak yang melibatkan banyak pejabat. Kasusnya juga menghancurkan citra aparat perpajakan dan meruntuhkan semangat reformasi yang diusung Menteri Keuangan Sri Mulyani kala itu.

Namun, hukuman yang harus dijalani juga setimpal. Menurut catatan Sejarah Hari Ini (Sahrini) Liputan6.com, Pria bernama lengkap Gayus Halomoan Partahanan Tambunan itu harus meringkuk lama di penjara. Akibat ulahnya, pria kelahiran Jakarta, 9 Mei 1979 itu memiliki akumulasi vonis selama 29 tahun penjara.

Karma itu berawal Rabu, 19 Januari 2011, atau tepat 8 tahun lalu. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 7 tahun penjara dan denda Rp 300 juta atau subsider 3 bulan kurungan terkait kasus mafia pajak terhadap Gayus. Hukuman Gayus ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 500 juta.

Dalam sidang putusan yang dipimpin hakim Albertina Ho itu, Gayus terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan menguntungkan PT Surya Alam Tunggal (SAT) dalam pembayaran pajak serta merugikan keuangan negara sebesar Rp 570 juta.

Selain itu, Albertina Ho dkk juga menegaskan, sebagai peneliti pajak di Direktorat Banding, Gayus juga terbukti menyalahi wewenangnya. Dia telah menerima keberatan pembayaran pajak PT SAT.

“Terdakwa telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” kata Albertina.

Tak hanya itu, hakim juga menyatakan Gayus Tambunan terbukti telah menyuap penyidik Direktur II Badan Reserse dan Kriminal Komisaris Polisi Arafat Enanie. Hakim menyatakan Gayus memberikan uang melalui pengacaranya Haposan Hutagalung agar tidak ditahan dan sejumlah harta bendanya tidak disita.

Gayus Tambunan juga dinyatakan bersalah menyuap hakim Muhtadi Asnun sebesar Rp 50 juta. Uang ini untuk memuluskan perkara penggelapan pajak dan pencucian uang senilai Rp 25 miliar.

Vonis 7 tahun dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu menjadi hukuman pembuka buat Gayus Tambunan sebelum akhirnya berlipat ganda.

2 dari 4 halaman

Akumulasi Hukuman Gayus

Tak lama usai putusan 7 tahun penjara, jaksa mengajukan banding. Pengadilan Tinggi Jakarta akhirnya mengabulkan banding tersebut dan menjadikan hukuman Gayus 8 tahun penjara.

Tak puas dengan putusan ini, Gayus mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Namun, MA menolak dan justru memperberat hukuman Gayus menjadi 12 tahun penjara.

Tak puas, Gayus pun mengajukan Peninjauan Kembali atau PK. MA kembali menolak. Gayus tetap divonis 12 tahun penjara terkait kasus menyuap penyidik, hakim dan merekayasa pajak.

“Menolak permohonan kuasa pemohon Untung Sunaryo terhadap pemohon Gayus Halomoan Partahanan Tambunan,” tulis website MA pada Jumat 22 November 2013.

Dengan ditolaknya PK tersebut, Gayus harus meringkuk di penjara selama 30 tahun. Pasalnya, selain kasus yang membuat dia dipenjara 12 tahun, Gayus juga dihukum untuk tiga kasus lainnya.

Tiga kasus itu adalah penggelapan pajak PT Megah Citra Raya dengan vonis 8 tahun penjara, kasus pemalsuan paspor dengan vonis 2 tahun penjara dan hukuman 8 tahun penjara dalam kasus pencucian uang dan penyuapan penjaga tahanan.

Namun, dalam perjalanannya MA kemudian ‘menyunat’ hukuman Gayus menjadi 29 tahun penjara. MA menilai vonis yang dijatuhkan kepada mantan pegawai Ditjen Pajak itu melebihi aturan yang ada.

Dilansir dari website MA pada Selasa 17 Januari 2017, MA menyebut total kejahatan yang dilakukan Gayus ada empat kasus, tiga di antaranya tindak pidana korupsi yang dituntut secara terpisah dengan total vonis 28 tahun penjara.

Gayus tidak terima dengan vonis Nomor 52 K/Pid.Sus/2013 itu karena total hukuman yang ia terima dalam kasus korupsi tersebut selama 28 tahun penjara.

MA kemudian mengabulkan keberatan tersebut dengan menjadikan hukuman Gayus 26 tahun penjara untuk tiga kasus pidana korupsi.

Di luar itu, MA memvonis Gayus 3 tahun dalam kasus pemalsuan paspor yang dia gunakan bepergian selama di dalam tahanan. Dengan begitu total hukuman yang dijalani Gayus adalah 29 tahun penjara.

3 dari 4 halaman

Nonton Tenis dan Melancong

Berstatus tahanan dan mendekam di penjara, tak membuat Gayus berhenti membuat heboh. Berbekal paspor palsu dengan nama Sony Laksono, Gayus berhasil terbang ke Bali dan kemudian ke sejumlah negara.

Pada 5 November 2010, sosoknya tertangkap kamera tengah duduk di tengah penonton tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions di Nusa Dua, Bali. Dia tampil sebagai pria dengan rambut agak panjang dari biasanya, berkacamata dan mengenakan jaket hitam.

Meski sempat membantah, Gayus akhirnya mengaku dirinya memang pergi ke Bali untuk menonton pertandingan tenis.

Setelah diusut, dia juga tercatat bepergian ke Macau pada 22-24 September 2010. Sementara itu, pada 30 September 2010 hingga 2 Oktober 2010, Gayus pergi ke Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura dengan paspor atas nama Sony Laksono.

Paspor palsu yang dibawanya itu lalu dibuang di suatu tempat di Jakarta.

Tak cukup itu, Gayus yang sejak Mei 2012 dipindahkan ke Lapas Sukamiskin dari Lapas Cipinang, Jakarta Timur kembali berulah.

Pada 9 September 2015, dia kedapatan tengah makan di sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Ketika itu Gayus tidak sendiri, melainkan ditemani dua teman perempuannya.

Aksi Gayus terekam dalam foto itu beredar luas di dunia maya.

Kemenkumham Kantor Wilayah Jawa Barat pun memberi sanksi disiplin tingkat menengah kepada dua pegawai negeri sipil (PNS) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1A Sukamiskin, Bandung karena lalai saat mengawal Gayus Halomoan Tambunan di luar penjara.

Karena ulahnya tersebut, Gayus kemudian dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Selasa 22 September 2015.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

4 Eks Pejabat Negara Ini Bergaji Fantastis Tapi Masih Korupsi

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto berjanji menaikkan gaji pejabat negara, untuk mencegah korupsi bila terpilih menjadi pemimpin Indonesia pada periode 2019-2024. Dia bersama Sandiaga Uno juga berencana menaikkan gaji penegak hukum.

“Ini strategi kami. Kita harus menaikkan gaji hakim, demikian juga jaksa dan polisi. Supaya tidak ada korupsi,” kata Prabowo dalam debat putaran pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019 malam.

Hal senada juga ditegaskan oleh Prabowo, saat melakukan pidato kebangsaan di JCC awal pekan ini. Menurut dia, perbaikan pendapatan mereka adalah sesuatu yang vital untuk kemajuan bangsa

“Kita berniat perbaiki gaji hakim, jaksa, dan polisi. Bila perlu berkali-kali lipat gaji mereka. Karena hakim, jaksa dan polisi yang baik itu sangat vital bagi pemerintah republik Indonesia,” lantang Prabowo dalam pidato Indonesia Menang di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 14 Januari 2019.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah benar gaji pejabat negara dan penegak hukum kurang sehingga memicu perilaku korup? Apakah benar solusi ini mampu memberantas korupsi?

Catatan Liputan6.com, tak semua terpidana korupsi bergaji rendah. Berikut ini ulasannya:

2 dari 6 halaman

1. Setya Novanto, Mantan Ketua DPR

Sulit dilupakan bagaimana kasus Setya Novanto bergulir bak drama. Menjabat sebagai Ketua DPR saat itu, pria yang akrab disapa Setnov itu terjegal dugaan korupsi pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2013.

Majelis hakim Pengadilan Tipikor menyatakannya secara sah bersalah dan mengganjarnya dengan vonis 15 tahun penjara.

Menurut hakim, Setya Novanto terbukti menyalahgunakan jabatan dan kedudukannya sebagai ketua Fraksi Golkar di DPR pada saat itu, dan melakukan pembicaraan juga pembahasan terkait penganggaran e-KTP.

Nilai korupsi Novanto kala itu mencapai total USD 7,3 juta.

Lalu berapa sebenarnya gaji seorang wakil rakyat?

Mengacu pada Surat Edaran Setjen DPRRI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 tentang Gaji Pokok dan Tunjangan Anggota DPR RI, total penghasilan (take home pay) seorang Anggota DPR RI yang merangkap sebagai Ketua Alat Kelengkapan adalah Rp 54,9 juta.

Sedangkan penghasilan untuk seorang Anggota DPR RI yang merangkap sebagai Anggota Alat Kelengkapan adalah Rp 51,5 juta.

Sebagai bahan perbandingan, seorang Anggota DPR RI periode 2004-2009 menerima gaji bulanan sebesar Rp 46,10 juta. Namun, masih ditambah dengan biaya tunjangan, biaya reses, dan gaji ke-13. Sehingga, setiap anggota DPR RI diperkirakan dapat membawa pulang penghasilan mencapai Rp 1 miliar per tahun.


3 dari 6 halaman

2. Patrialis Akbar, Mantan Hakim MK

Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar divonis 8 tahun penjara. Dia tersandung kasus korupsi, lantaran terbukti menerima suap dari pengusaha impor daging, Basuki Hariman dan stafnya Ng Fenny.

Putusan hakim tindak pidana korupsi menyatakan, Patrialis dan orang dekatnya, Kamaludin, menerima US$ 50.000 dan Rp 4 juta.

Suap ini diberikan, agar Patrialis dapat membantu Basuki memenangkan putusan perkara Nomor 129/PUU-XIII/2015 terkait uji materi atas Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, diajukan ke MK.

Lalu berapa gaji seorang hakim MK?

Jika membaca Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2014 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim Agung dan Hakim Konstitusi, mungkin banyak yang akan iri.

Pasal 3, Berdasarkan Pasal 22 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi, yang menuliskan hak keuangan serta fasilitas bagi Hakim Agung dan Hakim Konstitusi.

Jika melihat besaran gaji pokok seorang Hakim Konstitusi adalah Rp 4,2 juta, namun tunjangan jabatannya mencapai hampir Rp 73 juta atau 18 kali gaji pokok. Angka itu akan terus membesar sesuai dengan jabatan sang hakim.


4 dari 6 halaman

3. Djoko Susilo, Eks Kakorlantas Polri

Sebagai penegak hukum, Djoko Susilo justru terbukti bersalah melakukan korupsi. Dia yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Eks jenderal polisi ini dinyatakan bersalah karena melakukan tindak pidana korupsi secara bersama dalam pengadaan proyek simulator ujian surat izin mengemudi roda dua dan roda empat, dengan anggaran Rp 196,8 miliar pada 2010 dan 2011 yang merugikan keuangan negara Rp 121,380 miliar.

Selain itu, Djoko Susilo diketahui melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) periode 2003–2010 dan 2010–2012 secara bersama-sama dan gabungan beberapa kejahatan.

Pada periode 2003-2010, Djoko memiliki total aset senilai Rp 54,6 miliar dan US$ 60.000. Sedangkan, total penghasilan diperolehnya sebagai pejabat Polri ketika itu berkisar Rp 407 juta, ditambah penghasilan lain sekitar Rp 1,2 miliar.

Kemudian, pada periode 2010-2012, saat menjabat sebagai Direktur Lantas Babinkam Polri, Kepala Korlantas, dan Gubernur Akpol, penghasilan Djoko diketahui senilai Rp 235,7 juta ditambah penghasilan lainnya senilai Rp 1,2 miliar. Namun, dalam periode ini, Djoko membeli aset senilai Rp 63,7 miliar.

Lalu berapa sebenarnya penghasilan Polri setingkat jenderal polisi?

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2015. Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), untuk pangkat (jenderal/laksamana/marsekal/jenderal) adalah Rp 5.646.100.

Tentunya angka tersebut belum beserta tunjangan.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan tunjangan kinerja untuk anggota Polri angkanya mencapai 70 persen, hal ini ingin terus ditingkatkan hingga mencapai 100 persen. Pada level Komisaris Besar, mereka dapat membawa pulang Rp 30 juta per bulan.

“Kalau tunjungan kinerjanya 100 persen, seorang kombes bisa membawa pulang sekitar Rp25 juta hingga Rp30 juta per bulan,” kata Tito di Akpol, Semarang, pada 9 Desember 2018.

Mengutip laman seskab, pada 30 Oktober 2018, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selain tunjangan kinerja, Pegawai di Lingkungan Polri yang diangkat sebagai pejabat fungsional dan diberikan tunjangan profesi, menurut Perpres ini, tunjangan kinerja diberikan sebesar selisih antara tunjangan kinerja dengan tunjangan profesi kelas jabatan yang sama.

5 dari 6 halaman

4. Zumi Zola, Eks Gubernur Jambi

Zumi Zola, eks Gubernur Jambi menerima vonis hakim pengadilan tindak pidana korupsi selama 6 tahun penjara. Dia dinyatakan bersalah, lantaran menerima gratifikasi dan melakukan suap pada anggota DPRD Provinsi Jambi.

Hakim menyatakan, Zumi gratifikasi diterima senilai Rp 37,4 miliar, US$ 173 ribu dan 100 ribu dolar Singapura, sejak Februari 2016 hingga November 2017. Selain itu, Zumi menerima 1 unit mobil Toyota Alphard.

Lalu berapa sebenarnya besaran gaji seorang gubernur?

Menurut Keputusan Presiden RI Nomor 86 tahun 2001 menyebutkan besarnya tunjangan jabatan Kepala Daerah Provinsi adalah sebesar Rp 5,4 juta, lalu ada gaji gubernur sebesar Rp 3 juta sesuai Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan. Totalnya menjadi Rp 8,4 juta.

Akan tetapi, Prabowo tidak menyebutkan tunjangan operasional. Tunjangan operasional seorang gubernur mendapat tambahan dari PP Nomor 109 tahun 2000, yakni 0,12-0,15 dari Pendapatan Asli Daerah.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kalapas Gunung Sindur Sebut Belum Terima Permohonan Pembebasan Ba’asyir

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Lapas Gunung Sindur Bogor, Agus Salim mengaku belum menerima permohonan dari pihak mana pun terkait pembebasan bersyarat (PB) maupun grasi terhadap terpidana kasus terorisme Ustaz Abu Bakar Ba’asyir.

“Belum. Kakanwil belum ada komunikasi dengan saya,” kata Agus saat dihubungi, Jumat (18/1/2019).

Agus juga menegaskan, pihaknya belum mendapat laporan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat terkait adanya permohonan Abu Bakar Ba’asyir yang berstatus narapidana bebas tanpa syarat.

“Kalau Kakanwil mungkin iya (sudah ada komunikasi) soal ini. Itu kan ranahnya Dirjen, Kakanwil, menteri dan Pak Yusril,” ujar Agus.

Sebelum mengunjungi Lapas Gunung Sindur, dirinya hanya diminta oleh Kanwil Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat untuk memfasilitasi kedatangan pengacara pasangan capres cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin itu menemui Ba’asyir.

“Cuma minta tolong difasilitasi silaturahmi ketemu Pak Yusril dengan Pak Ba’asyir. Itu aja,” terang Agus.

Dirinya mengaku baru mengetahui informasi adanya rencana pembebasan masa hukuman amir Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) ini dari Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, saat mengunjungi Abu Bakar Ba’asyir di Lapas Gunung Sindur, siang tadi.

“Kami enggak tahu. Itu yang menyampaikan Pak Yusril,” terang Agus.

2 dari 2 halaman

Yusril Temui Ba’asyir

Pakar hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra sebelumnyq menemui terpidana teroris Abu Bakar Ba’asyir di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019) siang.

Yusril tiba di lapas Gunung Sindur sekitar pukul 09.30 WIB, didampingi anak bungsu Ba’asyir, Abdul Rochim Ba’asyir dan pengacaranya Achmad Michdan.

Kedatangan Ketua Umum PBB ini diutus Presiden Joko Widodo untuk menemui Ustaz Ba’asyir terkait rencana pembebasan Ustad Ba’asyir. Jokowi berpendapat bahwa Ba’asyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan.

“Pada waktu itu ada niatan dari Pak Presiden untuk membebaskan beliau. Memang saya juga mengutarakan demikian,” terang Yusril.

Karena itu, Jokowi meminta dirinya untuk menelaah, berdialog dan bertemu Baasyir di Lapas Gunung Sindur terkait hal ini.

“Seminggu lalu saya sempat menemui beliau. Semua pembicaraan dengan beliau kemudian saya laporkan ke Pak Jokowi,” kata dia.

Pada Juni 2011, Ba’asyir divonis penjara 15 tahun karena dinyatakan bersalah ikut mendanai pelatihan teroris di Aceh dan mendukung terorisme di Indonesia.

Ba’asyir sempat menjalani tahanan di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Namun dipindahkan ke LP Gunung Sindur Bogor dengan alasan kesehatan yang menurun.

“Dan sampai saat ini beliau sudah menjalani hukuman selama 9 tahun,” kata dia.

Berdasarkan keinginan Jokowi, lanjut Yusril, Ba’asyir dibebaskan tanpa syarat. Hal ini mengingat kondisinya sudah lanjut usia.

“Dan ini bukan mengalihkan beliau jadi tahanan rumah. Kami jelaskan Pak Ba’asyir ini betul-betul dibebaskan,” kata dia.

Terkait hal ini, tambah Yusril, Ba’asyir sudah menyetujuinya dan menyatakan ingin kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Namun, Ba’asyir meminta waktu karena harus mengemas barang-barangnya.

“Jadi beliau menerima semua dan akan tinggal di rumah anaknya Pak Abdul Rochim. Tapi beliau minta waktu 2-3 hari untuk mengemas barang-barangnya,” kata dia.

Sementara itu, Ustaz Abu Bakar Baasyir mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah berupaya membebaskannya dari hukuman penjara.

“Saya kenal sejak lama dengan Pak Yusril. Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar,” ujar Baasyir.


Saksikan video pilihan berikut ini:

6 Hal Tak Terduga yang Bisa Terjadi Setelah Orgasme

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak pasangan, orgasme bisa jadi menyenangkan dan memiliki efek relaksasi. Tapi kadang-kadang, ada hal tak terduga yang dapat terjadi, seperti misalnya sakit kepala, bersin atau menangis.

Berikut ini, ada beberapa hal yang dapat terjadi saat atau setelah orgasme, seperti dikutip Huffingtonpost, Jumat (18/1/2019).

1. Sakit kepala

Setelah kesenangan itu muncul, beberapa pasangan melaporkan sakit kepala. Mayo Clinic melaporkan, sakit kepala ini sering terjadi pada pria yang memiliki migrain.

Dalam kebanyakan kasus, sakit kepala akan mereda selama beberapa menit, tapi ada pula yang mengalaminya selama beberapa jam atau beberapa hari.

“Ada beberapa orang yang melaporkan sakit kepala hebat saat sebelum, atau selama orgasme. Tidak jelas alasan sakit kepala ini, meskipun ada anggapan terjadi lonjakan adrenalin yang mengalir melalui tubuh saat bercinta,” kata Laurie Mintz, penulis Becoming Cliterate: Why Orgasm Equality Matters—And How to Get It.

Sebagian besar sakit kepala selama seks ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi dalam beberapa kasus, jika Anda juga mengalami gejala seperti muntah dan leher kaku sebaiknya periksa ke dokter.



Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 6 halaman

2. Menangis

Kepuasan bercinta lewat orgasme juga bisa membuat seseorang mengeluarkan air mata. Apa sebabnya? Para ahli tidak yakin mengapa hal ini terjadi tetapi mengingat semua perubahan psikologis dan fisiologis yang terjadi selama seks, maka perubahan emosi ini dinilai wajar.

“Kondisi ini dikenal sebagai disforia postcoital. Seseorang bisa merasa sedih, kewalahan, menangis atau emosional setelah orgasme,” kata terapis seks Vanessa Marin.

Beberapa orang yang memiliki trauma seksual dapat mengalami disforia postcoital, bahkan setelah berhubungan seks yang baik.

“Jika Anda memiliki masalah seperti ini, sebaiknya jangan ragu untuk berbicara dengan terapis. Khususnya bila Anda merasa malu, bersalah atau sedih setelah berhubungan seks,” kata psikolog dan terapis seks Rachel Needle.

3 dari 6 halaman

3. Sangat gembira

Bukan rahasia lagi kalau orgasme bisa sangat menyenangkan. Tetapi bagi orang-orang tertentu, perasaan positif pascaseks ini bisa meningkat.

“Bagi sebagian orang, perasaan euforia tampak luar biasa. Suasana hati mereka meningkat, mereka merasa lebih positif, dan harga diri mereka meningkat. Sekali lagi, kami tidak tahu mengapa orgasme dapat memicu reaksi yang berbeda pada orang yang berbeda,” ujar kata Marin.

4 dari 6 halaman

4. Bersin

Para peneliti tidak yakin mengapa bersin dan orgasme bisa terjadi pada beberapa orang. Spekulasi pakar adalah mungkin ada hubungannya dengan sistem saraf otonom, yang bertanggung jawab untuk refleks seperti bersin, serta gairah seksual.

“Kami masih belum tahu,” ujar Dr. Mahmood Bhutta, ahli bedah telinga, hidung dan tenggorokan yang mempelajari fenomena ini.

Menurutnya, fungsi-fungsi tertentu yang otomatis sedikit bingung di otak.

5 dari 6 halaman

5. Kaki gemetar

Beberapa wanita melaporkan kaki gemetar setelah mereka mengalami orgasme. Selama klimaks, ketegangan terbentuk di sekitar otot kita, dan bukan hanya otot-otot di daerah genital. Ketika seks selesai dan ketegangan dilepaskan, beberapa orang mengalami kram, gemetar atau kontraksi.

Jika ini terjadi pada Anda, cobalah minum air putih dan makan sesuatu dengan kalium, seperti pisang, alpukat, atau yoghurt.

“Ketahuilah apa yang membuat Anda kembali tenang, dan pastikan untuk tetap terhidrasi,” kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi Jessica Williams.

6 dari 6 halaman

6. Flu

Post-orgasmic disease syndrome (POIS) adalah kondisi langka di mana pria mengalami gejala seperti flu seperti demam, kelelahan dan hidung tersumbat setelah ejakulasi.

Tidak jelas penyebab POIS, tetapi beberapa peneliti berpikir itu mungkin terkait dengan gangguan autoimun atau alergi terhadap sperma, menurut Genetic and Rare Diseases Information Center.

Sebuah tinjauan penelitian dari Universitas Tulane mencatat bahwa POIS mempengaruhi kehidupan pasien sehingga pemeriksaan lebih lanjut diperlukan bila Anda flu setelah orgasme.

50 Status FB Lucu yang Singkat dan Kocak, Dijamin Bikin Followersmu Suka

Liputan6.com, Jakarta Buat Anda yang aktif sebagai pengguna media sosial, khususnya facebook atau fb, pasti tidak asing dengan status-status yang hadir di timeline-mu. Namun, buat Anda yang bosan dengan status yang gitu-gitu aja, kini saatnya membuat status yang seru dan bisa menghibur. Baik untuk diri Anda sendiri, maupun orang lain.

Dengan membuat status fb lucu, Anda juga bisa menarik perhatian pengguna media sosial lainnya. Apalagi saat ini media sosial menjadi salah satu pilihan untuk berinteraksi dengan orang dari seluruh penjuru dunia.

Seberapa penting sih emang status fb lucu itu? Status fb lucu gunanya untuk menarik perhatian teman-teman Anda pastinya. Kalau statusnya garing, followers atau yang mau follow Anda mengira Anda orang yang tidak asyik termasuk di kehidupan nyatanya.

Kalau tidak pandai dalam membuat status fb lucu, Anda bisa mencari inspirasi di mana saja. Nah, kali ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber beberapa contoh kata-kata kocak yang singkat buat status FB lucu, Jumat (18/1/2019). Rangkuman berikut ini bisa Anda jadikan sebagai status fb lucu. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir dianggap garing dan tidak gaul oleh teman-teman.

2 dari 6 halaman

Status fb lucu

1. Semuanya lucu, selama hal itu terjadi pada orang lain. – Will Rogers

2. Jika aku memenangkan penghargaan untuk kategori kemalasan, aku akan mengirim orang mengembalikannya untukku.

3. Ikuti kata hatimu, tapi jangan lupa libatkan juga otakmu.

4. Jangan takut malam. Kan selalu ada rembulan yang bersinar dikala malam.

5. Kalau namamu bukan Google, berhentilah berlagak seperti kamu tahu segalanya.

6. Beberapa orang seperti awan. Ketika mereka hilang, hari-hari kita akan menjadi indah.

7. Nggak masalah kalau kamu nggak suka sama aku. Nggak semua orang punya selera yang bagus. 8. Aku menyadari kalau satu satunya bahasa yang benar-benar kugunakan secara fasih adalah bahasa sarkasme. – Jae

9. Aku cinta sarkasme. Itu seperti memukul orang tepat di wajahnya, tapi dengan menggunakan kata kata.

10. Jika kamu mulai membenci dirimu sendiri, ingatlah bahwa kamu tak sendirian. Banyak yang benci kamu juga maksudnya.

3 dari 6 halaman

Mulutnya dilotion biar nggak ngomong kasar

11. Mbak, daripada tangan, mending mulutnya aja yang di-lotion deh. Biar enggak kasar.

12. Sesungguhnya kasih sayang tidaklah cukup tanpa diimbangi dengan kasih uang.

13. Sebenarnya wanita rela dimadu. Asal pria rela diracun.

14. Jangan ragu dalam memecahkan masalah! Kecuali kalo ada tulisannya “memecahkan berarti membeli”.

15. Jika suatu hari aku lihat kamu pake mobil mewah, aku paling cuma bisa nunduk. Karena aku… pakai helikopter.

16. Debat lawan cewek jangankan bisa menang. Bisa draw aja udah syukur.

17. Madu itu sama dengan racun, karena dimadu sama sakitnya dengan diracun.

18. Kalau ngomong jangan tinggi tinggi. Nanti mulutmu kesamber pesawat.

19. Sukses itu dimulai dari diri sendiri. Bukan dari “0”. Emang isi bensin.

20. Hati hati yang suka nulis status “otw”. Siapa tahu begal baca.

4 dari 6 halaman

Cantik di semua kondisi, baik karena turunan maupun tanjakan

21. Sekuat apapun laki laki pasti akan meneteskan air mata… kalau matanya… dicolok.

22. Pada update ucapan selamat hari ibu. Giliran disuruh Ibu beli tempe aja kabur.

23. Jangan jual mahal ah. Nanti aku cicil loh.

24. Besar pasak daripada tiang. Aku uda sesak pingin dipanggil sayang. – Babe Cabita

25. Cowok yang ngerokok pake sumpit gantengnya tidak menyebabkan kanker, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin.

26. Jangan cuek aja, nanti aku diambil orang lagi.

27. Kamu cantik karena turunan, pas nanjak ehh jelek lagi.

28. Jangan ngaku tampil apa adanya. Kalau berpergian harus mandi dan dandan dulu.

29. Air susu dibalas dengan air kopi item, jadi kopi susu deh.

30. Berhentilah untuk menuntut ilmu karena ilmu itu tidak bersalah.

5 dari 6 halaman

Kejebak hujan dan kenangan sama-sama bikin gundah gulana

31. Kejebak hujan aja nggak enak, apalagi kejebak kenangan masa lalu.

32. Mantan itu bukan untuk dikenang! Emang mantan mu pahlawan.

33. Masalah tidur adalah malam susah tidur dan pagi susah bangun.

34. Melarikan diri tak bisa menyelesaikan masalah, kecuali masalah kegemukan.

35. Saat pagi, kasur dan WC sama-sama berusaha merebut perhatian kita.

36. Seberat apapun pekerjaan, apabila tidak dikerjakan maka akan terasa ringan.

37. Seenak-enaknya makanan, jauh lebih enak kalo dibayarin.

38. Sukses berawal dari mimpi. Itulah mengapa aku sering tidur.

39. Banyak kesamaan belum tentu jodoh. Contohnya, sama-sama pakai camera 360, pas ketemuan sama-sama kaget lihat muka aslinya.

40. Wanita cantik itu auranya yang ke mana-mana. Bukan auratnya yang ke mana-mana.

6 dari 6 halaman

Cintaku tak pernah kempes seperti ban kereta api

41. Aku tanpamu bagaikan nasi kucing kehilangan karet. Berantakan dan tak karuan!

42. Cintaku padamu seperti ban kereta api. Tidak akan kempes!

43. Asiknya yang malam mingguan diajak muter-muter sama kipas angin.

44. Calon pacar paling diidamkan adalah anak IT. Kalau laptop rusak service gratis.

45. Sisa duit tinggal 3M, mapuluh, maratus, dan marebu.

46. Jodoh emang gak bakal kemana, tapi saingan adanya dimana – mana.

47. Dimatamu aku bagaikan alif sesudah lam, terlihat tapi gak dianggap.

48. Jaman sekarang orang baik udah langka, kayak tabung gas 3 kg.

49. Jam segini itu adalah jam dimana tenggorokan sama perut ngebully habis.

50. Harapan adalah alasan terbaik untuk kita bersusah payah.


Reporter: Nisa Mutia sari

Prasetio Edi: Ahok Menikah 15 Februari 2019

Jakarta – Basuki T Purnama akan bebas dari penjara pada 24 Januari 2019 pekan depan. Kurang dari sebulan kemudian, tepatnya pada 15 Februari 2019, pria yang akrab disapa Ahok ini akan menikah.

“Benar, Pak Basuki Tjahaja Purnama merencanakan pernikahannya tanggal 15 Februari,” ujar Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi kepada detikcom, Jumat (18/1/2019).

Prasetio merupakan sahabat Ahok. Politikus PDIP ini juga merupakan mantan ketua timses Ahok-Djarot saat Pilgub DKI 2017.

Ahok akan menikahi Puput Nastiti Devi. Puput merupakan mantan ajudan dari mantan istri Ahok, Veronica Tan.

Selain pernah menjadi ajudan Vero, Puput juga pernah bertugas di Polda Metro Jaya bagian Direktorat Objek Vital. Terakhir diketahui, Puput bertugas di Detasemen Pelayanan Markas Mabes Polri.

Ahok bercerai dengan Veronica Tan lewat keputusan pengadilan yang diketok pada 4 April 2018. Seluruh proses perceraian dilalui Ahok saat masih berada di balik jeruji besi.

Ahok dipenjara sejak 9 Mei 2017 karena diputus bersalah dan dihukum 2 tahun penjara. Dia dinyatakan bersalah dalam kasus penistaan agama.
(rjo/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>