Gempa Magnitudo 5,3 Terjadi di Aceh, Tak Berpotensi Tsunami

JakartaGempa bumi magnitudo 5,3 terjadi di Aceh. Titik gempa berada di sebalah barat laut Kota Sabang.

“Gempa magnitudo 5,3 pukul 04.57 WIB,” tulis akun Twitter BMKG, Jumat (19/4/2019).

Titik koordinat gempa yakni 7.35 LU,94.10 BT. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di laut. BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

(zak/fai)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gempa M 5 Terjadi di Aceh, Tak Berpotensi Tsunami

Jakarta
Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5 terjadi di Aceh. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” sebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter resminya, @infoBMKG, Kamis (18/4/2019).

Gempa tersebut terjadi pukul 04:16 WIB. Pusat gempa berada di 346 km barat daya Calang, Aceh Jaya, Aceh.

Titik koordinat gempa berada di 3,25 Lintang Utara dan 92,79 Bujur Timur. Kedalaman pusat gempa ada pada 10 km.

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut perihal dampak gempa terkait ada atau tidaknya korban dari gempa tersebut.
(ibh/dnu)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

MK Petakan Jenis-jenis Konflik Pemilu yang Berpotensi Digugat

Jakarta – Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Aswanto memetakan jenis-jenis kesalahan pemilu yang akan digugat ke MK. Hal itu bisa ditelisik di sidang-sidang di Pemilu 2014, 2009 dan 2004.

“Dalam perkara sebelumnya banyak dijumpai alat bukti berupa berita acara penghitungan suara yang tidak ditandatangani oleh saksi-saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tidak adanya tanda tangan para saksi dalam berita acara bukan berarti penghitungan suara tersebut menjadi tidak sah,” kata Aswanto sebagaimana dilansir website MK yang dikutip detikcom, Minggu (14/4/2019).

Selanjutnya Aswanto mengingatkan syarat-syarat dapat dibukanya kotak suara di mana persoalan ini pernah terjadi dalam sengketa pilkada serentak 2017. Kemudian, jika ada caleg yang mendalilkan perolehan suara di TPS, maka yang harus menjadi bukti adalah dokumen resmi yang berasal dari KPU.
“Selama ini ada para pihak yang membuat berkas sendiri mirip dengan dokumen yang resmi dikeluarkan oleh KPU,” ujar Aswanto.

Aswanto membagi pengalamannya dalam menangani sengketa hasil pemilu legislatif 2014. Saat itu, dirinya bersama hakim konstitusi Maria Farida Indrati dan hakim konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi sempat dipersoalkan ke Dewan Etik MK karena dinilai lalai dalam membuat putusan.

Pelapor dalam laporannya mengatakan putusan yang dibuat oleh panelnya tidak mencantumkan siapa yang berhak mendapatkan kursi.

“MK dalam sengketa pemilu legislatif hanya memutus penghitungan suara yang benar, sementara untuk penetapan kursi merupakan kewenangan KPU,” kata Aswanto menegaskan.

Selanjutnya, Aswanto menjelaskan perbedaan lain dalam penanganan sengketa hasil penghitungan perolehan suara antara pilkada dan pemilu legislatif. Menurutnya, perkara perselisihan hasil pemilu legislatif tidak dibatasi oleh selisih perolehan suara seperti yang berlaku dalam pilkada.

Aswanto mengingatkan kepada para peserta, KPU telah mencoret 300 caleg dari sebelas partai yang tersebar di berbagai provinsi dan hal tersebut juga berpotensi akan menjadi perkara di MK. Aswanto mengungkapkan, ada keadaan psikologis dari para caleg yang kalah belum puas jika belum diputus oleh MK.

Oleh sebab itu, Aswanto meminta panitera pengganti MK harus teliti dalam membedakan berkas-berkas dokumen yang digunakan dalam pilkada dengan pemilu legislatif dan pemilu Presiden/Wakil Presiden.
(asp/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Real Madrid Berpotensi Tanpa Sergio Ramos Selama 3 Pekan

Jakarta Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, mengalami cedera pada betisnya. Akibat cedera tersebut, Ramos terancam absen membela El Real selama dua hingga tiga pekan.

Pemain 33 tahun itu mengalami cedera ketika mengikuti sesi latihan bersama Real Madrid. Berdasarkan hasil pemeriksaan, cedera yang dialami Sergio Ramos masuk dalam grade satu.

“Setelah diadakan pemeriksaan hari ini kepada pemain kami, Sergio Ramos oleh Layanan Medis Real Madrid, yang bersangkutan didiagnosis mengalami cedera grade I soleus kiri. Pengamatan terus di lakukan,” bunyi pernyataan resmi Los Blancos.

Akibat cedera tersebut, pemain timnas Spanyol itu bakal melewatkan empat pertandingan yang akan dijalani Real Madrid, termasuk ketika bersua Leganes dalam laga pekan ke-32 La Liga di Estadio Municipal de Butarque, Senin (15/4/2019).

Sebelum pertandingan kontra Leganes, Sergio Ramos juga tidak tampil dalam pertandingan melawan Eibar di Santiago Bernabeu, 6 April 2019. Meski tanpa Ramos, Real Madrid meraih kemenangan 2-1.

5 Bintang yang Jadi Incaran Real Madrid Musim Depan

5 Faktor yang Buat Jokowi Berpotensi Menang Versi LSI Denny JA

Masih menurut Ardian, faktor kedua ialah kepuasan mayoritas publik terhadap program-program Jokowi seperti, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan, Pembangunan Infrastruktur, Program Dana Desa, dan Beras Sejahtera.

“Program-program yang populer dan dipersepsikan sukses ini menjadi kekuatan pembeda dari penentang (Prabowo-Sandi),” klaim Ardian.

Faktor ketiga ialah pasangan Jokowi-Maruf mendapatkan dukungan telak dari tiga segmen pemilih utama, yaitu segmen minoritas, Wong Cilik, dan kalangan Muslim, terutama mereka yang terafiliasi dengan Nahdatul Ulama (NU).

“Ketiga segmen utama ini adalah pemilih loyal Jokowi-Maruf,” jelas Ardian.

Faktor keempat, figur Jokowi lebih disukai dibandingkan Prabowo. Menurut Ardian, hampir semua aspek personal yang melekat di diri Jokowi disukai masyarakat dibandingkan personal Prabowo.

Dan terakhir, faktor kelima adalah faktor yang diamati secara kualitatif.

“Faktor tersebut adalah antara lain: citra tempramental Prabowo yang semakin sering terlihat dan viral ke publik, persepsi Jokowi yang lebih unggul debat dibandingkan Prabowo, dan kehawatiran publik terhadap eksklusivisme Parbowo-Sandi,” jelas Ardian.

Gempa Berpotensi Tsunami di Sulteng, Warga Banggai Diminta Mengungsi

Jakarta – Gempa magnitudo 6,9 terjadi di Sulawesi Tengah berpotensi tsunami. Warga di dekat titik gempa, tepatnya di Kabupaten Banggai, diimbau mengungsi.

“Kalak (Kepala Pelaksana, red) BPBD Kabupaten Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat bahwa masyarakat di Kecamatan Toili diminta untuk mengungsi,” ujar Kapusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (12/4/2019).

Sutopo menjelaskan, Kecamatan Toili merupakan daerah yang paling terdampak gempa. Potensi tsunami juga diprediksi di lokasi tersebut.

“Gempa terasa kuat di Banggai. Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kecamatan Toili,” ucapnya.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 18.40 WIB. Gempa berada di kedalaman 10 km. lokasi gempa berada di 1.90 LS,122.54 BT.

(rvk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gempa M 6,9 di Sulteng Berpotensi Tsunami

Jakarta – Gempa magnitudo 6,9 terjadi di Sulawesi Tenggara. Gempa tersebut terjadi pada pukul 18.40 WIB.

Gempa itu berpotensi menimbulkan tsunami. BMKG pun menimbulkan peringatan dini tsunami.

“Peringatan dini tsunami di Sulteng,” tulis akun @InfoHumasBMKG, Jumat (12/4/2019).

Gempa berada di kedalaman 10 km. lokasi gempa berada di 1.90 LS,122.54 BT.
(rvk/tor)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

4 Pemain Manchester United dan Barcelona yang Berpotensi Tukar Seragam Musim Depan

Selain Rashford, Barcelona juga sedang memantau Ander Herrera, yang belum memperpanjang kontraknya bersama MU. Masa bakti Herrera bersama Setan Merah bakal berakhir di penghujung musim ini.

Dalam tiga bulan terakhir, Herrera menjadi salah satu pemain kunci Manchester United. Ia menjadi pilar lini tengah United bersama dengan Paul Pogba dan Nemanja Matic, di mana ia memberikan kontribusi yang besar bagi Setan Merah.

Rumor ketertarikan Barcelona terhadap Herrera sejatinya bukan berita baru. Tim asal Catalunya itu sempat mencoba untuk mendatangkan Herrra di bursa transfer musim panas yang lalu.

Pelatih Barca, Ernesto Valverde merupakan mantan manajer Herrera di Athletic Bilbao. Valverde dikabarkan sangat menyukai etos kerja Herrera sehingga ia ingin menggaet mantan anak asuhnya tersebut.

Final Piala Presiden 2019 Persebaya Vs Arema Berpotensi Pecahkan Rekor Penonton

Jakarta Piala Presiden 2019 berpeluang memecahkan rekor penonton secara kolektif sepanjang penyelenggaraan. Apalagi partai final tahun ini mempertemukan dua kekuatan besar sepak bola Indonesia, Persebaya Surabaya kontra Arema FC.

Sampai babak semifinal berakhir, data yang dikeluarkan panitia penyelenggara menjabarkan sebanyak 395.727 orang telah menjadi saksi pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2019. Mereka tersebar dan menonton 38 pertandingan yang telah digelar.

Hal itu berarti, dalam satu pertandingan Piala Presiden 2019 memiliki rataan penonton sebanyak 10.414 orang. Jumlah tersebut menjadi indikasi adanya peningkatan jumlah penonton pada Piala Presiden 2019.

Jumlah penonton yang sudah dikumpulkan pada pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2019 bahkan sudah mendekati angka rekor tahun lalu. Pada edisi 2018, tercatat 423.114 orang menonton Piala Presiden dengan rataan 10.578 orang per pertandingan.

Dengan selisih jumlah penonton Piala Presiden 2018 dan yang sudah terkumpul tahun ini, 27.387 orang, artinya, bukan hal yang mustahil muncul rekor baru penonton secara kolektif. Apalagi final Piala Presiden 2019 menggunakan format baru, yakni kandang tandang, buat masing-masing tim.

Laga final Piala Presiden 2019 akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Selasa (9/4/2019) Kemudian laga kedua digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Jumat (12/4/2019)

Data menunjukkan, kedua stadion venue final Piala Presiden 2019 memiliki kapasitas di atas 30 ribu. Stadion Gelora Bung Tomo dengan kapasitas 50 ribu, sedangkan Stadion Kanjuruhan berada di angka 42.449.

Berita video highlights semifinal Piala Presiden 2019 antara Madura United menghadapi Persebaya yang berakhir dengan skor 2-3. Persebaya melaju ke final usai menang dengan agregat 4-2.

Survei LSI Denny JA: Hanya 5 Parpol Berpotensi Lolos ke Gedung DPR

Liputan6.com, Jakarta – Hasil survei LSI Denny JA menyebutkan ada lima partai politik yang berpotensi lolos ambang batas parlemen sebesar 4 persen dan melenggang ke Gedung DPR RI. Kelimanya yaitu PDIP, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PKB.

“Lima partai politik yang berpotensi lolos parlemen karena elektabilitasnya konsisten di atas empat persen yaitu PDIP, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKB,” kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Dia mengungkap, elektabilitas kelima parpol tersebut adalah PDIP 24,6 persen, Partai Gerindra 13,4 persen, Partai Golkar 11,8 persen, Partai Demokrat 5,9 persen, dan PKB 5,8 persen.

Sementara itu lima parpol yang masuk partai papan tengah yaitu PKS 3,9 persen, Partai Perindo 3,9 persen, PAN 3,1 persen, PPP 2,9 persen, dan Partai Nasdem 2,5 persen.

“Hanura, PBB, PKPI punya potensi lebih besar tidak lolos parlemen karena tidak pernah melewati angka elektabilitas 1 persen dalam survei LSI Denny JA sejak Agustus 2018,” ujarnya.