Bos Facebook Jadi Orang Terkaya Paling Berpengaruh di Dunia

Liputan6.com, Palo Alto – Bos Facebook Mark Zuckerberg terpilih menjadi tokoh berpengaruh di dunia versi Time 100. Zuck, demikian akrab disapa, menjadi sosok paling kaya dalam daftar itu.

Dalam daftar Time 100, Mark Zuckerberg berada dalam kategori titan bersama tokoh masyarakat tersohor seperti Mohamed Salah (atlet), Ryan Murphy (sutradara), Bob Iger (bos Disney), dan Jerome Powell (pemimpin Federal Reserve).

Dalam tulisan persembahan yang ditulis Sean Parker (mantan partner Zuckerberg), bos Facebook disebut masih sederhana dan agak pemalu, walau ia telah mengubah dunia.

“Ia masih orang yang agak pemalu, serta ramah, seperti yang saya temui 15 tahun lalu. Ia masih bisa mengutip dari film-film favoritnya, dan ia tinggal di rumah sederhana di Palo Alto, California,” tulis Parker.

Mark Zuckerberg juga tidak dipandang sebagai sosok materialistis. Tujuannya adalah mengembangkan potensi Facebook ke arah yang baik.

Mengingat beragam kontroversi yang terjadi pada Facebook, Sean Parker menyebut Zuck akan berhadapan dengan pilihan-pilihan berat terkait privasi dan investigasi pemerintah.

“Mark perlu berhadapan dengan pilihan-pilihan berat. Harapan saya adalah ia tetap setia pada cita-cita yang menjadi fondasi perusahaannya – memilih mempromosikan nilai-nilai universal seperti kesantunan ketimbang sensasionalisme, intimasi ketimbang status sosial, dan martabat manusia ketimbang tribalisme – atau dalam Zuckspeak, yakni ‘kebaikan,'”, tulis Parker.

Mark Zuckerberg adalah orang terkaya nomor delapan di dunia versi Forbes 2019. Berkat Facebook, kekayaannya mencapai USD 62,3 miliar atau Rp 876 triliun (USD 1 = Rp 14.000).

5 CEO Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Liputan6.com, New Jersey – Saat mendengar kata CEO, mungkin yang terbayang di pikiran Anda adalah laki-laki yang kreatif dan mampu mengembangkan bisnis seperti Mark Zuckerberg dengan Facebooknya, Bill Gates dengan Microsoftnya dan lainnya.

Namun, bukan berarti tidak ada CEO wanita yang turut andil dalam bisnis di seluruh dunia. Meski jumlahnya tidak sebanyak CEO pria, mereka tetap memiliki peran besar.

Dilansir dari Forbes, berikut lima CEO wanita paling berpengaruh di dunia:

1. Marry Barra

Siapa yang menyangka kalau CEO General Motors adalah seorang wanita? Ya, Marry Barra yang mendedikasikan hidupnya dengan menjadi teknisi Pontiac Motor Division sebelum menjadi CEO GM patut diacungi jempol atas kerja kerasnya.

Barra merupakan CEO wanita pertama yang memimpin perusahaan otomotif. Pada 2017, ia mendapat penghasilan USD 22 juta atau sekitar Rp 308,94 miliar (asumsi kurs Rp 14.043 per dolar AS).

Barra masuk ke dalam daftar World’s Most Powerful Woman milik Forbes dan menduduki peringkat 4.

Suara Jokowi Malah Turun di Banten, Ma’ruf Amin Tak Berpengaruh

Jakarta – Menggandeng Ma’ruf Amin yang merupakan putra asli Banten ternyata tak mampu mengerek suara Jokowi di wilayah itu. Meski menang secara nasional versi quick count, suara Jokowi malah turun di Banten.

Berdasarkan hasil rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2014 di Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta, Selasa (22/7/2014) silam, perolehan suara Jokowi vs Prabowo adalah sebagai berikut:

– Jokowi-JK 42,90% (2.398.631 suara)
– Prabowo-Hatta 57,10% (3.192.671 suara)
Total suara sah: 5.591.302


Empat setengah tahun berselang, Jokowi dan Prabowo kembali bertarung di Pilpres 2019. Jokowi menggandeng Ma’ruf Amin, Prabowo bersama Sandiaga Uno.

Berikut hasil quick count perolehan suara di Banten versi Indo Barometer, data per Rabu (17/4/2019) pukul 23.24 WIB dengan suara masuk 97,83%:

– Jokowi-Ma’ruf Amin: 37,05%
– Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 62,95%

Begitu pun data dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Data yang masuk ke CSIS sebanyak 94,12 % menunjukkan

– Jokowi-Ma’ruf Amin 44,65%.
– Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 55,35 %

Kekalahan bahkan terjadi di tingkat TPS tempat para pentolan tim sukses Jokowi-Ma’ruf Amin memilih. Di TPS 23 Cipocok Jaya, Kota Serang, tempat Ketua DPD Golkar Banten Tatu Chasanah dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, pasangan 01 kalah telak. Pasangan Jokowi di tempat ini mendapatkan 83 suara sedangkan Prabowo mendapatkan 140 suara.

Ketua TKD Banten Asep Rakhmatullah mengakui bahwa sosok Ma’ruf Amin tak berpengaruh pada pemilih di Banten. Pemilih di daerah ini menurutnya tidak bisa diyakinkan hanya dengan pemahaman atau program. Bahkan, di TPS-nya sendiri memilih, ia mengakui keunggulan Prabowo.

“Bayangkan Kiai Ma’ruf yang orang Banten tidak bisa mengubah. Mau pakai cara apapun, dikasih apapun bergeming. Jadi kalaupun disuguhi program, apapun kata dia (pemilih), bener ya bener, hasil lembaga survei kata dia (pemilih) mah bohong,” ujarnya.

Tapi, Asep menolak jika kekalahan versi hitung cepat Jokowi di Banten disebut sebagai kelalaian tim sukses. Tim menurutnya sudah melakukan kerja-kerja pemenangan, tapi memang kesulitan mengubah pola pemilih di tanah jawara.

Ia mengakui jika merujuk pada hitung cepat, target 55% suara untuk Jokowi-Ma’ruf Amin di luar harapan.

“Makanya kita semalam diskusi hasil daripada laporan setiap DPC, apa penyebabnya,” ujarnya.
(bri/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Daftar Anak Muda Indonesia Paling Berpengaruh di Asia Versi Forbes

Liputan6.com, Jakarta – Forbes Asia kembali merilis daftar anak muda yang mampu mengubah dunia. Dalam daftar yang diberi tajuk Forbes 30 Under 30 Asia ini terdapat 23 nama yang berasal dari Indonesia.

Para anak muda atau milenial ini dipilih dari 23 negara. Mereka tersaring dari antara 2.000 orang oleh juri yang kompeten.

Kali ini ada beberapa negara yang baru masuk dalam daftar tersebut yaitu Mongolia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Laos.  Indonesia sendiri berada di peringkat ke 7 penyumbang anak muda berprestasi terbanyak setelah China, India, Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Australia.

Banyak yang melihat bahwa bisnis yang dibangun oleh milenial merupakan bisnis jangka pendek. Namun patut dicatat, di tahun ini anak muda tersebut tidak hanya mendorong perubahan di wilayahnya tetapi juga memberikan pondasi yang dalam untuk jangka panjang terutama di negara berkembang.

Mereka menggunakan teknologi untuk membangun industri kecil dan menengah.

Siapa saja anak muda di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut? Dikutip dari laman Forbes, Kamis (4/4/2019), berikut nama-namanya:

1. Amanda Cole, 28 tahun

Founder Sayurbox

Kategori Industry, Manufacturing & Energy 2019

2. Angky William, 28 tahun

Founder Stoqo

Kategori Retail & Ecommerce 2019

3. Aries Susanti, 24 tahun

Atlet panjat tebing peraih medali emas Asian Games 2018 dan 3 kali juara dunia IFSC Climbing Worldcup 2018.

Kategori Entertainment & Sports 2019

4. Aruna Harsa, 26 tahun

Founder Dekoruma

Kategori Consumer Technology 2019

5. Benz Budiman, 25 tahun

Founder Pomona

Kategori Media, Marketing & Advertising 2019

6. Denica Flesh, 28 tahun

Founder SukkhaCitta

Kategori Social Entrepreneurs 2019

7. Ellen Nio, 29 tahun

Founder Patamar Capital

Kategori Finance & Venture Capital 2019

8. Gitta Amelia, 23 tahun

Founder EverHa

Kategori Finance & Venture Capital 2019

9. Haryanto Tanjo, 30 tahun

Founder Moka

Kategori Enterprise Technology 2019

10. James Prananto, 29 tahun

Founder Kopi Kenangan

Kategori Retail & Ecommerce 2019

11. Hendra Kwik

Cofounder Payfaaz

Kategori Finance & Venture Capital 2019

12. Jefriyanto

Cofounder Payfaaz

Kategori Finance & Venture Capital 2019

Ini Penjelasan di Balik Beda Gaya Bersin, Ukuran Lubang Hidung Berpengaruh

Dihimpun Liputan6.com dari Reader’s Digest, Kamis (28/3/2019), gaya bersin seseorang ditentukan oleh berbagai faktor, yang utama yaitu anatomi tubuh. Dorongan udara yang keluar melalui lubang hidung dan mulut akan memproduksi suara yang berbeda tiap orangnya.

Maka tak heran jika ukuran lubang hidung pun mempengaruhi besar kecilnya suara bersin seseorang. Tak hanya itu, ukuran paru-paru juga berperan, lho. Misalnya, semakin besar kapasitas yang dimiliki paru-paru, maka semakin keras pula suara yang dihasilkan.

Selain anatomi tubuh, negara tempat tinggal juga menjadi salah satu faktor dari beda gaya bersin seseorang. Lebih lanjut, ternyata ada fakta menarik lainnya yang berkaitan dengan gaya bersin. Menurut para ahli, gaya bersin tiap orang dapat mengungkap kepribadian.

Daripada penasaran, yuk ungkap kepribadian seseorang dilihat dari cara bersinnya, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari Reader’s Digest, Kamis (28/3/2019).

OTT Romahurmuziy, Bachtiar Nasir: Tindak-tanduk Ketua Partai Islam Berpengaruh

Jakarta – Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Bachtiar Nasir berbicara mengenai operasi tangkap tangan KPK terhadap Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy). Bachtiar menekankan bahwa segala tindak tanduk politisi berlatarbelakang Islam berpengaruh terhadap umat.

“Malam ini kami belum dapat kepastian, apakah ketua PPP menjadi tersangka atau tidak di KPK. Dan kita harus mengedepankan prinsip praduga tak bersalah dan agar menjaga situasi politik nasional dalam kondisinya yang kondusif,” ujar Bachtiar di Hotel Balairung Matraman, Jl. Matraman Raya No.19, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2019).

“Tapi pada saat yang sama atas nama Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia, kami mengimbau kepada para politisi, apa lagi menyatakan dirinya sebagai politisi Muslim, apa lagi menjadi ketua partai mengatasnamakan Islam, bahwa segala tindak-tanduk anda sangat besar pengaruhnya terhadap Islam dan umat Islam di Indonesia,” imbuhnya.
Bachtiar turut memberikan pesan kepada elite untuk selalu takwa terhadap Allah SWT. Yang terakhir, ia berpesan kepada umat Islam untuk menjaga tali persaudaraan.

“Untuk itu, kami ingin, memberikan masukan, jagalah Akhlaqulkarimah, takwa selalu kepada Allah SWT, dan kedua, jadilah teladan dalam berpolitik dan jauhi hal-hal yang bisa menciderai Islam dan umat Islam, akibat perlakuan Anda sebagai orang yang harusnya menjadi teladan di negeri ini,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak enam orang, termasuk Rommy, diamankan KPK dalam sebuah OTT di Surabaya, Jawa Timur. Diduga OTT tersebut terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Rommy dan lima yang lain selanjutnya menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim. Sementara Rommy diperiksa, pada Jumat pagi menjelang siang, sekitar pukul 11.00 WIB, tampak mobil keluar-masuk di kediaman Rommy di Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur. Sejumlah orang juga terlihat membawa dokumen ke mobil.

KPK menyita sejumlah besar uang rupiah terkait OTT ini. Namun belum diungkap jumlahnya.
(dkp/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang hubungan orangtua dengan anak. Adalah tugas orangtua untuk membimbing anak-anaknya. Namun kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan bisa berdampak pada kehidupan masa depannya.

Salah satu contohnya, saat orangtua membuat keputusan untuk anak-anaknya, mereka tidak membiarkan anaknya mandiri. Padahal setiap anak berhak untuk membuat pilihan dengan dukungan dan sesuai dengan usia mereka.

Kalau itu terjadi, ketika dewasa mereka akan sulit bertahan dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Berita kedua yang banyak diminati masih seputar pernikahan Syahrini dengan Reino Barack.

Pakaian yang dikenakan keduanya saat lamaran dirancang oleh Danny Satriadi. Danny bukan orang baru bagi Syahrini. Dalam sejumlah unggahan, desainer itu menyebut perempuan yang kerap disapa Incess itu sebagai true friend.

Sejumlah potret d media sosial pun menggambarkan kedekatan mereka. Salah satunya saat Syahrini dan Danny terlihat bersama-sama duduk di jet pribadi. Berita ketiga yang menarik perhatian adalah tentang pria yang tak kunjung menikah. Para perempuan tentu ingin menjalin hubungan dengan pria yang serius yaitu dan bisa diajak berkomitmen.

Namun terkadang, mencari pria yang serius itu tak mudah, beberapa dari mereka ragu untuk berkomitmen dan terikat pernikahan. Secara umum, ada tiga alasan utama kenapa seorang pria tak kunjung menikah.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Orangtua bertanggung jawab untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Namun, terkadang mereka kurang memahami bagaimana cara mendidik anak.

Kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan menciptakan pandangan yang berdampak pada kehidupan masa depannya. Dilansir dari brightside.me, Rabu, 27 Februari 2019, berikut kesalahan orangtua yang dilakukan kepada anaknya.

Selanjutnya…

Makna Gambar Burung Bangau di Belakang Gaun Pertunangan Syahrini

Syahrini baru saja melangsungkan pernikahannya di Jepang, Rabu, 27 Februari 2019 lalu. Momen pernikahan Syahrini dan Reino Barrack pun dinanti masyarakat karena digelar tertutup.

Lewat unggahan foto di akun Instagramnya @princesyahrini pada Minggu, 3 Maret 2019, rasa penasaran kebenaran tentang berita pernikahan itu mulai terjawab. Ia mengunggah video pertunangan yang digelar di Tokyo, Jepang, yang menampilkan Reino Barrack berlutut meminta Syahrini menikah dengannya.

Selanjutnya…

3 Alasan Pria Tak Kunjung Ajak Menikah

Menjalin hubungan khusus dengan seseorang memang terasa indah dan membuat hidup lebih berwarna. Di sisi lain, sebagai orang dewasa dan usia tentu terus bertambah wajar kalau kita ingin menikah.

Anda tentu ingin bertemu dan menjalin hubungan dengan pria yang serius yaitu bisa diajak berkomitmen dan menjalin hubungan cinta yang tidak hanya sekedar pacaran.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Liputan6.com, Jakarta – Orangtua bertanggung jawab untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya.  Namun, terkadang mereka kurang memahami bagaimana cara mendidik anak.

Kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan menciptakan pandangan yang berdampak pada kehidupan masa depannya. Melansir dari brightside.me, Rabu, 27 September 2019, berikut kesalahan orangtua yang dilakukan kepada anaknya.

Anak tidak pernah diajarkan untuk mengambil keputusan sendiri

Ketika orangtua membuat keputusan untuk anak-anaknya, mereka tidak membiarkan anaknya mandiri. Setiap anak berhak untuk membuat pilihan dengan dukungan dan sesuai dengan usia mereka. Ketidakmampuan dalam mengambil keputusan membuat orang tidak mampu memecahkan masalah. Jika hal itu terjadi pada anak, ketika dewasa mereka akan sulit bertahan dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. 

Berdebat di depan anak

Jika orangtua terus berdebat, anak-anak mungkin berpikir bahwa mereka yang harus disalahkan. Mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi dan berpikir mereka bersalah. Ketika dewasa nanti biasanya mereka mencoba menghindari konflik yang berbeda atau sebaliknya, melecehkan orang lain.

Di masa depan, anak perempuan yang sering melihat orangtuanya debat akan secara tidak sadar menunjukkan kepada pria bahwa mereka lebih kuat. Mereka akan berpikir bahwa laki-laki dapat mengulangi perilaku ayahnya. Selain itu, mereka sering memahami bahwa apa yang mereka lakukan adalah buruk dan dapat menyebabkan masalah.

Orangtua menuntut yang tidak mungkin

Seorang anak mempercayai orang dewasa dalam kehidupan mereka, terutama orang tuanya sendiri. Mereka akan berjuang untuk melakukan semua yang diperintahkan. Jika gagal, mereka mulai berpikir bahwa mereka adalah pecundang yang tidak pantas dicintai.

Di kehidupan dewaasa, mereka akan selalu terlalu fokus pada kesuksesan. Jika mereka gagal melakukan yang terbaik (menurut pendapat mereka), mereka akan merasa tidak bahagia, dan bahkan tertekan. Orang-orang ini juga biasanya berusaha mencegah anggota keluarga mereka dari bahagia.

2 dari 2 halaman

Terlalu Memanjakan Anak

Memenuhi keinginan anak adalah fenomena normal. Orangtua sering memperbolehkan anak untuk menonton TV atau bermain game, sehingga tidak mengganggu mereka. Tidak masalah jika situasi ini tidak sering terjadi. Tetapi, kebanyakan orangtua membiarkan kebiaasan buruk anaknya dan lebih memanjakan karena mereka terlalu sibuk.

Anak yang mendapat perlakuan ini biasanya tidak dapat menjalani kehidupan secara mandiri dan akan bergantung kepada orang lain. Mereka juga tidak mengerti apa yang mereka inginkan dan itu mempengaruhi kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai masalah.

Sebagai seorang ayah, tidak cukup memperhatikan anak

Kebanyakan ayah lebih sibuk untuk bekerja dan lupa untuk memperhatikan anaknya. Sebenarnya ayah merupakan seseorang yang dapat menjadi bagian dari perkembangan pribadi anak. Apa yang terjadi jika anak tidak mendapatkan perhatian dari seorang ayah?

Anak laki-laki mungkin akan berperilaku sama seperti ayahnya dulu. Sedangkan, anak perempuan biasanya mengalami kesulitan dalam membangun hubungan romantis. Masalahnya, wanita memilih pria yang menyerupai ayah mereka. Mereka ingin memiliki keluarga yang bahagia, tetapi pengalaman masa kecil mereka membuat mereka merasa curiga terhadap pria.

Meremehkan perasaan anak Anda

Terkadang anak-anak marah tentang hal yang terlihat konyol bagi orang dewasa. Tetapi alih-alih mendapat dukungan, mereka malah mendapat penilaian (Seperti “Itu buruk,” “Itu bagus,” atau “Anak laki-laki tidak menangis”) atau perintah (Seperti “Berhenti menangis” atau “Jangan marah”). Begitulah perasaan dan emosi diremehkan.

Semakin seseorang memahami dan mengendalikan perasaannya, makan tersebut akan semakin tangguh. Dalam kehidupan orang dewasa, anak-anak seperti ini tidak dapat membagikan emosi mereka dan menekan amarah mereka sampai meledak. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Tangan Gaib di Balik Pembuatan Badik Pusaka Raja Bone

Liputan6.com, Bone – Indonesia dikenal dengan keberagaman suku dan budayanya. Salah satu daerah yang dikenal memiliki banyak suku adalah Provinsi Sulawesi Selatan, yakni suku Bugis, Makassar, dan Toraja.

Meski ketiga suku di Sulawesi Selatan tersebut memiliki ragam tradisi yang berbeda, ada satu yang sama. Yakni, senjata khas yang kemudian disakralkan bernama badik. Senjata tradisional ini juga digunakan suku Mandar di Sulawesi Barat (pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan).

Badik bagi suku-suku di Sulawesi Selatan memiliki fungsi sama. Selain dianggap benda pusaka, badik juga dianggap pelindung. Badik untuk membela harga diri, baik sifatnya individu maupun keluarga. Harga diri masyarakat Sulsel dan Sulbar memang dijunjung tinggi yang kemudian dikenal dengan istilah Siri atau Siri’ Na Pacce.

“Budaya Siri sudah menyatu dalam tingkah laku masyarakat Sulsel yang terdiri dari tiga suku besar tadi, yakni Bugis, Makassar dan Toraja,” ucap Puang Nasir seorang tokoh masyarakat di Kabupaten Bone, Sulsel kepada Liputan6.com, Sabtu (5/11/2016) lalu.

Menurut Nasir, dahulunya badik tak bisa lepas dari pinggang seseorang ke mana pun ia pergi. Demikian juga ketika mereka merantau, badik menjadi barang sakral yang wajib ikut dan menemani dalam perantauan.

“Apalagi badik pusaka leluhur, tentunya selain digunakan untuk jaga diri dari gangguan orang jahat, badik demikian dianggap bisa menolak bala, nah badik pusaka masih diyakini dapat menjadi azimat dan berpengaruh ke arah baik atau buruknya bagi pemilik atau pemegang badik tersebut,” ujar Nasir.

Masyarakat Bugis Bone memiliki beberapa macam jenis badik khas. Yang paling dikenal dan disakralkan di Bone adalah badik jenis Gecong. Badik ini dahulunya hanya digunakan seorang raja atau kalangan bangsawan.

“Badik Gecong adalah badik Raja Bone yang paling disakralkan dan hampir di setiap acara adat masyarakat Bone, badik gecong hadir dalam rangkaian diantaranya pencucian badik pusaka raja Bone maupun acara tradisi tolak bala di Bone,” Nasir mengungkapkan.

Badik Gecong lebih akrab disebut oleh masyarakat Bugis Bone dengan nama kawali. Badik ini asalnya dari daerah bagian selatan Kabupaten Bone yang disebut Kampung Kajuara.

Berdasarkan cerita dan keyakinan masyarakat Kajuara, badik Gecong milik raja tersebut dibuat langsung oleh makhluk halus dan pembuatannya pun di malam hari.

“Orang di Kajuara, Bone percaya badik raja (gecong) dibuat makhluk halus. Pada malam hari pembuatannya hanya didengar suara palu yang terus berbunyi bertalu-talu hingga jelang pagi. Paginya itu badik sudah jadi,” kata Nasir.

2 dari 2 halaman

Kesaktian Badik Lagecong

Badik gecong ukurannya hanya berkisar 20-25 sentimeter. Adapun cirinya mirip dengan badik khas suku Makassar yang bernama badik Lompo Battang (perut besar). Hanya saja, bilahnya agak membungkuk, di mana hulunya agak kecil dan melebar selanjutnya bagian ujung sangat meruncing.

Pada umumnya, badik gecong yang pada masa lalu hanya digunakan oleh raja maupun bangsawan suku Bugis Bone tersebut berbahan besi dan bajanya berkualitas tinggi serta mengandung meteorit yang tampak menonjol pada permukaannya.

“Badik gecong ini mempunyai pamor yang disebut oleh masyarakat Bugis sebagai timpalaja atau mallasoancale yang letaknya dekat hulunya. Bahannya pun dari besi baja yang berkualitas tinggi serta mengandung meteorit yang menonjol di permukaan,” Nasir menjelaskan.

Selain badik gecong, masyarakat Bugis Bone, menurut Nasir, juga mengenal badik jenis Lagecong. Senjata ini dikenal sebagai badik perang. Di mana badik tersebut memiliki racun yang mematikan.

“Jenis badik lagecong paling banyak dicari karena sangat dikenal dengan badik paling mematikan atau masyarakat bugis pada umumnya kenal dengan mosonya atau racunnya,” Nasir menerangkan.

Badik lagecong hingga saat ini jadi buruan karena diyakini bisa menaklukkan semua senjata lainnya jika berhadapan dengan badik lagecong.

“Iya, banyak orang percaya demikian bahwa semua alat perang akan tunduk pada badik lagecong tersebut,” Nasir mengungkapkan.

Menurut Nasir, badik lagecong diambil dari nama sang empu atau masyarakat Bugis kenal dengan sebutan Pandre yang kala itu bernama lagecong. Namun, ada juga yang berpendapat badik jenis lagecong diambil dari bahasa Bugis, “Gecong” atau “Geco” yang bermakna sekali sentuh langsung mati.

“Sampai saat ini masih banyak yang percaya kalau badik lagecong yang asli terbuat dari daun nipah yang terapung di air dan melawan arus,” tokoh masyarakat Bugis itu memungkasi.


Saksikan video menarik pilihan berikut:

OMD Dinobatkan Sebagai Global Media Agency of The Year

Liputan6.com, Singapura – OMD Worldwide, yang merupakan bagian dari Omnicom Media Group Agency, dinobatkan sebagai Global Media Agency of the Year oleh Adweek, publikasi perdagangan iklan mingguan asal Amerika.

Dalam memilih OMD, Adweek menilai dari segi kinerja perusahaan yang mengesankan setelah tahun 2017. Adweek menganggap bahwa OMD mampu mempertahankan lebih dari US$ 2,6 miliar bisnisnya selama 2018.

“Merupakan sebuah kehormatan besar karena telah dinobatkan sebagai Global Media Agency of the Year oleh Adweek. Kami tidak hanya memenangkan lebih dari 300 titinada di semua geografi pada tahun lalu, tetapi pada saat yang sama, kami juga menggandakan tingkat retensi kami dan meningkatkan peringkat klien kami empat kali berturut-turut sepanjang 2018,” kata Florian Adamski, CEO Global OMD melalui pernyataan tertulisnya yang Liputan6.com terima Kamis (28/2/2019).

“Kami juga konsisten untuk tetap menjadi agensi paling bergengsi di Cannes Lions Festival of Creativity. Ketika Anda melihat semua ini, hasilnya sangat mencengangkan. Namun semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa kerja keras, kemauan, dan kemampuan beradaptasi dari orang-orang kami, atau kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh klien dan mitra kami. Saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai dan berharap untuk membangun fondasi ini lebih kuat pada tahun 2019 dan seterusnya,” lanjutnya.

Menurut Adweek, turnaround (proses penyelesaian atau waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas) dimulai dari adanya perubahan kepemimpinan, dengan penunjukan Florian Adamski menjadi Global CEO pada akhir 2017 dan secara lateral, ketika dia membangun tim eksekutif dan regionalnya, dengan perpaduan bakat yang dimilikinya ketika memimpin Omnicom dan karyawan dari industri yang lebih luas.

Keputusan yang lebih baik menggabungkan brand promise dan posisi kompetitif. Untuk memastikan hal itu tak hanya sekadar slogan, banyak inisiatif dilakukan untuk menginformasikan setiap aspek bisnis dan memberdayakan kemampuan OMD.

Selain itu, peran dari platform teknologi baru (Omni) dan proses perencanaan media (OMD Design) berpengaruh dalam turnaround. Omni adalah platform pemasaran presisi yang dibuat oleh Omnicom. Kemudian, secara paralel, OMD menata kembali proses perencanaan mereka melalui OMD Design.

Kemitraan teknologi terbaik di kelasnya, yang dipandu oleh proses unik, bertujuan memberdayakan OMD untuk menciptakan pengalaman yang lebih bernilai dan berharga, agar memberikan hasil bisnis yang lebih baik.

Adweek menyimpulkan bahwa, setelah bertahun-tahun mendominasi pasar global, meskipun tahun 2017 adalah tahun tersulit, OMD –yang kliennya mencakup McDonald’s, PepsiCo, Apple dan Renault Nissan Alliance– kini kembali berada di puncak permainannya.

Di Asia Pasifik, kembalinya peran OMD antara lain penunjukan yang sukses dari bisnis-bisnis terkenal seperti Suncorp dan Belong di Australia; The Warehouse Group di Selandia Baru; Singtel di Singapura; Wipro dan Levi’s di India; serta WH Group, Papadai, Toutiao dan Amway di Tiongkok.

Hal ini juga dibuktikan dengan perluasan hubungan jaringan dengan Beiersdorf di seluruh Asia Tenggara dan keberhasilan retensi bisnis McDonald di China dan Taiwan pada tahun 2018.

Stephen Li, CEO OMD APAC, menambahkan, “Kami sangat senang bisa kembali menduduki puncak setelah melalui tahun yang luar biasa –dan penting– bagi jaringan kami. Sepanjang tahun 2018, kami telah mengambil langkah besar untuk memastikan bahwa kami terus memberikan proposisi nilai kami untuk menjadi mitra bisnis sejati bagi klien kami, mendorong kinerja bisnis nyata bagi perusahaan mereka.”

“Penghargaan terbaru ini adalah validasi dari semua upaya dan perkembangan kami. Kami menantikan untuk melanjutkan momentum kemenangan luar biasa ini dengan klien kami hingga 2019 dan seterusnya,” pungkasnya.


Saksikan video pilihan berikut ini: