Lionel Messi Kembali Cetak Rekor Baru

Liputan6.com, Barcelona – Gol Lionel Messi ke gawang Real Valladolid dalam lanjutan Liga Spanyol memili arti sangat penting. Tak hanya menjadi penentu kemenangan Barcelona, tapi juga menjadi rekor khusus bagi pemain berjuluk La Pulga.

Barcelona mengalahkan Valladolid pada laga pekan ke-24 Liga Spanyol, Minggu (17/2/2019) dini hari WIB. Bermain di Camp Nou, Barca memetik kemenangan dengan skor 1-0.

Gol tunggal Blaugrana dicetak Lionel Messi pada menit ke-42. Pemain berusia 31 tahun mencetak gol dari eksekusi penalti usai Kevin-Prince Boateng dijatuhkan bek lawan.

Ini adalah gol Lionel Messi ke-21 di Liga Spanyol musim ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Baru untuk Messi

Dengan tambahan satu gol ke gawang Real Valladolid, maka Lionel Messi kini telah mencetak 30 gol di semua kompetisi. Dalam catatan Opta, Messi telah mengukir sebuah rekor gol yang prestisius. Rekor yang bakal sulit dipecahkan pemain lain.

Dalam catatan Opta, Messi mampu mencetak 30 gol atau lebih dalam sebelas musim beruntun. Tentu saja itu bukan rekor yang sembarangan.

Messi sudah memulainya pada musim 2008/09 yang lalu. Ketika itu, dia mampu mencetak 30 gol untuk Barca. Sepanjang 11 musim, catatan gol terbaik Messi terjadi pada musim 2011/12. Dalam satu musim kompetisi, Messi mencetak 73 gol.

Nah, mampukah Messi melanjutkan catatan apiknya tersebut pada musim depan?

3 dari 3 halaman

Catatan Buruk

Selain mencatatkan sebuah rekor gol, Lionel Messi juga menyisakan sebuah catatan buruk usai laga melawan Real Valladolid. Sebab, La Pulga kembali gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

Barca mendapatkan dua penalti dan semua dieksekusi oleh Messi. Satu penalti jadi gol dan penalti kedua mampu ditepis oleh Jordi Masip.

Sementara, sepanjang 90 menit bermain, Opta mencatat Messi melepaskan 12 kali tendangan. Jumlah ini paling banyak yang pernah dicatatkan oleh seorang pemain dari lima liga top Eropa.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kelelahan, BOOM ID Optimistis Bisa Kalahkan TNC Predator di Final DOTA 2 Asia Pacific Predator League 2019

Liputan6.com, Jakarta – LAPORAN DARI BANGKOK, THAILAND

Wakil Indonesia, BOOM ID, melangkah ke final pentas DOTA 2 Asia Pacific Predator League 2019. Pada laga puncak di Stadion Nimibutr, Bangkok, Thailand, Minggu (17/2/2019), BOOM akan bersua TNC Predator dari Filipina.

BOOM ID mengawali turnamen Asia Pacific Predator League 2019 dengan hasil yang kurang memuaskan. Pada round 2 upper bracket dengan sistem BO3 (Best of 3), BOOM menelan kekalahan 1-2 dari wakil tuan rumah, Alpha Red.

Turun ke lower bracket, laju Khezcute dkk. tak terbendung. Mereka menang 2-1 atas Flash Gamming (Myanmar), membungkam X (Singapura) dengan skor 2-0, mengalahkan yG (Mongolia) 2-0, dan menang 2-1 atas Lotac (Malaysia).

Pada final lower bracket, Sabtu (16/2/2019), BOOM ID menghadapi sang juara bertahan, Geek FAM (Malaysia). BOOM pun berhasil membalas kekalahan di final Asia Pacific Predator League 2018. Mereka menang mudah 2-0 atas Geek.

Pada partai puncak grand final DOTA 2 Asia Pacific Predator League 2019, BOOM ID bersua TNC Predator. Sejak awal turnamen, TNC melenggang mulus hingga ke final, setelah mengalahkan Lotac (2-1), yG (2-1), dan juga Geek FAM (2-0).

Menjalani empat pertandingan sejak Sabtu pagi hingga hampir tengah malam, para pemain BOOM ID mengalami kelelahan. Meski begitu, Dreamocel, Mikoto, Fbz, Jhocam dan Khezcute tetap yakin bisa mengatasi perlawanan TNC.

“Kami cukup kelelahan setelah menjalani pertandingan yang panjang. Tetapi, kami tetap optimistis menghadapi TNC, karena kami juga sering menghadapi mereka pada saat latihan. Terakhir kali latihan melawan mereka, kami meraih hasil yang cukup positif dan bisa (mengalahkan TNC),” ujar kapten BOOM ID, Khezcute.

“Biasanya pro player tidak terlalu berpengaruh dengan kelelahan. Kalau sudah berada di stage, rasa lelah itu langsung hilang dan lebih fokus pada game nya,” lanjut pria bernama lengkap Alfi Nelphyana tersebut.

Berikut ini URL yang bisa mengarahkan ke live streaming Grand Final DOTA 2 Asia Pacific Predator League 2019 yang berlangsung di Bangkok, Thailand:

https://www.youtube.com/watch?v=QBlBZJxYwnI

https://www.youtube.com/watch?v=0A5Ym8vozQc

Paus Fransiskus Pecat Eks Kardinal AS yang Terlibat Kekerasan Seks Anak

Vatican CityPaus Fransiskus memecat mantan Kardinal Amerika Serikat (AS) Theodore McCarrick yang dituduh melakukan kekerasan seksual terhadap seorang remaja sekitar 50 tahun lalu. McCarrick menjadi Kardinal pertama dalam Gereja Katolik yang dipecat terkait kasus pelecehan seksual.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (16/2/2019), McCarrick yang kini berusia 88 tahun ini sebelumnya telah mengundurkan diri dari College of Cardinals Vatikan pada Juli 2018. Dengan kata lain McCarrick yang sudah kehilangan status Kardinal-nya, kini dipecat dari jabatannya sebagai seorang pastor.

Pemecatan ini dilakukan setelah pengadilan Vatikan pada Januari lalu menyatakan McCarrick bersalah telah melakukan kekerasan seksual terhadap seorang remaja di bawah umur. Putusan pengadilan Vatikan itu menyatakan McCarrick bersalah atas ‘dosa-dosa melanggar Sixth Commandment dengan anak di bawah umur dan dengan orang dewasa, dengan melakukan penyalahgunaan wewenang’.

Diketahui bahwa Sixth Commandment Gereja Katolik Roma mengatur soal larangan berzina. Laporan-laporan menyebut McCarrick juga melakukan hubungan intim dengan para murid seminari yang sudah dewasa.
McCarrick mengajukan banding atas putusan itu namun ditolak. Putusan pengadilan Vatikan itu dikonfirmasi oleh Paus Fransiskus pada Februari lalu, setelah dia menyatakan upaya banding lanjutan tidak diperbolehkan.

McCarrick yang mantan Uskup Agung Emeritus Washington DC, diketahui pernah menjadi sosok sangat berpengaruh di kalangan Gereja Katolik. Dia dinonaktifkan dari tugasnya sebagai pastor sejak Juli 2018. Hal itu diputuskan Vatikan setelah McCarrick mengundurkan diri dari gelar kehormatan sebagai Kardinal AS. Dia kemudian tinggal dalam pengasingan di Kansas.

Tahun 2017 lalu, Vatikan meminta Keuskupan Agung New York untuk menyelidiki McCarrick yang saat itu masih menjabat sebagai Kardinal berpengaruh di AS, setelah seorang pria menuduh McCarrick pernah mencabulinya tahun 1970-an.

Tuduhan itu terjadi beberapa dekade lalu, dengan korban saat itu masih berusia 16 tahun. Dalam tanggapannya, McCarrick menyatakan dirinya ‘sama sekali tidak ingat’ soal tuduhan yang diarahkan terhadapnya itu.

Pemecatan McCarrick ini diumumkan menjelang digelarnya konferensi Vatikan yang secara khusus membahas ‘perlindungan anak-anak’ dalam lingkungan Gereja Katolik. Konferensi itu dijadwalkan akan digelar pada 21-24 Februari mendatang di Vatikan dan akan dihadiri para Presiden Konferensi Episkopal atau uskup-uskup senior. Lebih dari 100 uskup senior dari seluruh dunia akan hadir dalam rapat ini.

Skandal pelecehan seksual, terutama terhadap anak-anak, oleh para pastor telah mengguncang Gereja Katolik Roma. Paus Fransiskus menjanjikan kebijakan ‘nol toleransi’ bahkan untuk para pejabat tinggi gereja sekalipun.

(nvc/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Barcelona vs Real Valladolid: Rotasi Demi Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal merotasi pemainnya saat menghadapi Real Valladolid di Camp Nou, Senin (18/2/2019). Ini untuk menjaga-jaga kondisi pemain sebelum laga Liga Champions menghadapi Olympique Lyon pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Tak hanya itu, laga leg kedua semifinal Copa del Rey juga ada di pikiran pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Barcelona masih dihantui bayang-bayang kegagalan di Liga Champions musim lalu.

Dimana mereka harus takluk dengan cara menyakitkan dari AS Roma. Meski unggul 4-1 di Camp Nou, AS Roma kalahkan Barcelona 3-0 di Olimpico sehingga mereka unggul gol tandang 4-4.

Valverde ingin memastikan bintangnya tampil penuh saat Lyon. Namun tanpa mengecilkan pentingnya laga Real Valladolid di lanjutan Liga Spanyol nanti.

Dua bintang Lionel Messi dan Luis Suarez bakal jadi target rotasi. Namun seperti dilansir as, hanya Messi yang kemungkinan dicadangkan.

2 dari 2 halaman

Pulih Total

Tim medis Barcelona juga mengindikasikan Messi bakal pulih total kalau diistirahatkan lawan Valladolid. Dia akan pulih dari masalah jaringan otot dan pencernaan yang membuatnya sulit tampil 100 persen.

Suarez mungkin tampil jadi starter tapi tidak akan main 90 menit. Posisinya akan digantikan Kevin Prince Boateng.

Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Pique dan Clement Lenglet juga akan diistirahatkan. Barcelona benar-benar fokus ke laga melawan Lyon.

HEADLINE: Format Beda, Akankah Debat Menguak Orisinalitas Jokowi Vs Prabowo?

Liputan6.com, Jakarta – Debat kedua Pilpres 2019 menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Debat yang akan menghadirkan sosok dua calon presiden, Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto.

Harapan besar terselip pada tahapan pemilu ini. Pemilik hak suara, tentunya ingin diyakinkan dengan jawaban para calon. Bukan hanya dengan debat kusir tekstual seperti yang dikatakan publik tentang debat pertama 17 Januari 2019.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, debat pertama lalu berlangsung kaku. Masyarakat tak mampu menangkap esensi dari visi misi yang disampaikan. Justru hal remeh-temeh yang dipergunjingkan.

“Sebab, jawaban capres pada debat pertama tak mencerahkan. Kita berharap sesuatu yang menarik dan memukau, lebih ke esensi programnya dan pencerahan pada debat kali ini. Esensi dari debat itu kan transfer knowledge, pencerahan, edukasi untuk yang menonton,” kata Siti saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) berusaha mengakomodasi harapan tersebut dengan merombak sejumlah aturan dalam debat capres pertama yang digelar Minggu 17 Februari 2019 di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta. Seperti, tak akan memberikan kisi-kisi dan berjanji memperbanyak interaksi antarkandidat.

Kedua kubu sendiri optimistis akan memberikan yang terbaik pada debat kali ini. Baik Jokowi maupun Prabowo, mantap dengan persiapan dan kemampuan masing-masing calon untuk menjawab pertanyaan panelis dan beradu argumen.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menyebut, pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup merupakan tema yang paling ditunggu-tunggu calon petahana. Sebab, tema tersebut merupakan prioritas pemerintahan Jokowi bersama Jusuf Kalla.

“Terkait dengan debat, kami sudah menyiapkan dengan baik. Ada tim yang secara khusus menyiapkan bagaimana on stage-nya nanti Bapak Jokowi terkait dengan tema energi, SDA, lingkungan, pangan, infrastruktur. Itu merupakan hal yang selama ini menjadi skala prioritas bagi pemerintahan Pak Jokowi dan berkesinambungan ke depan dengan dukungan rakyat,” kata Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, dalam konferensi pers di Jalan Cemara, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Buktinya, lanjut dia, banyak kepala daerah yang memberikan dukungan kepada Jokowi pada Pilpres 2019. Dia yakin, kepala daerah tersebut merasa aspirasinya ditindaklanjuti oleh pemerintahan Jokowi-JK. 

Dia bahkan menjamin, Jokowi bakal memberi gagasan yang orisinal dalam debat nanti. “Seperti yang kami janjikan, di debat kedua ini akan menampilkan gagasan yang lebih visioner. Tetapi berdasarkan pada prestasi dan kinerja Pak Jokowi sendiri,” ujar Hasto.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, Johnny G Plate mengatakan capres nomor urut 01 akan menekankan peta jalan atau roadmap ketahanan energi, juga soal kebijakannya. Begitupula pada permasalahan ketahanan pangan. Jokowi-Ma’ruf Amin pun akan melanjutkan pembangunan infrastruktur dengan meningkatkan nilai tambah dari hasil kebijakan itu.

Keempat, kata dia, Jokowi-Ma’ruf Amin akan mengungkap soal pembangunan yang ramah lingkungan hidup.

“Kami saat ini juga sedang menanti, katanya, akan ada pidato kebangsaan dari Prabowo. Dan berharap mudah-mudahan pidato kebangsaan ini memberi referensi dalam rangka menambah khasanah, dan informasi program, visi dan misi untuk Indonesia maju dan Indonesia yang lebih hebat. Tapi tidak ditandai dengan isu-isu paradoks serta tidak ditandai juga dengan memberikan gambaran Indonesia sebagai bangsa inferior. Indonesia adalah bangsa besar, penuh optimisme, bangsa yang setara dan sejajar dengan bangsa lainnya.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso menyebut, konsep-konsep yang ditawarkan Prabowo dalam debat kedua pilpres diyakini akan membuka mata publik. Prabowo akan memberikan kejutan besar pada debat.

“Nanti akan ada kejutan dari beliau kuasai bidang masalah pangan, energi, energi terbarukan, konsentrasi beliau yang akan bangun swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air. Itu kata-kata kuncinya dan ada di pikiran beliau,” ucap Priyo di Kantor KPU Pusat, Kamis 14 Februari 2019.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Ferry Juliantoro mengatakan, kesiapan Prabowo bisa dilihat dari pidato kebangsaan yang digelorakannya di Semarang kemarin. Pada bidang infrastruktur, sambung dia, Prabowo berjanji melakukan pembangunan yang berkaitan langsung dengan produksi masyarakat. Prabowo-Sandi juga akan mengurangi semaksimal mungkin impor.

“Jadi genjot pangan yang bisa diproduksi dalam negeri, energi juga harus dirintis kilang-kilang minyak yang baru, kilang dari dulu sampai sekarang tidak diperbaharui,” kata Ferry kepada Liputan6.com, Jumat 15 Februari 2019.

Tim BPN Bidang Materi Debat Ledia Hanifa menuturkan, Prabowo tinggal melakukan finalisasi persiapan debat capres.

“Beliau kan sudah punya konsep sendiri soal itu tema terkait debat, kita bisa baca di bukunya Paradoks Indonesia itu. Kita tinggal menambahkan update datanya saat ini saja, bahan-bahan juga sudah disiapkan BPN. Tapi pondasi basic-nya buku itu, dan beliau juga sudah paham tentang isu dari tema debat,” ucap Ketua DPP PKS itu kepada Liputan6.com.

Lalu, bagaimana cara menakar orisinalitas kedua calon?

Pengamat politik dari LIPI, Indria Samego mengatakan, orisinalitas ini sangat penting. Dia menilai, konten atau substansi dari gagasan memang ukuran utama dari orisinalitas kedua calon presiden.

Masyarakat bisa menilai orisinalitas seseorang dari idenya untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Idenya belum banyak dibahas atau tidak. Mungkin bahkan, idenya belum pernah dicetuskan oleh seseorang.

“Saya kira kalau menilai orisinalitas, dari konten, substansi. Misalnya, bagaimana Prabowo kalau terpilih jadi Presiden menyelesaikan persoalan pengangguran lapangan kerja, pendidikan, sumber daya yang berkualitas misalnya atau energi gitu, yang belum atau tidak banyak dibahas. Kalau mengulang sesuatu yang ada di dokumen-dokumen ya tidak orisinal. Memang, dia bisa jawab. Tapi itu, kayak cerdas cermat,” kata Indria kepada Liputan6.com.


Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Diprediksi Lebih Menarik

Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial The Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes memprediksi, debat capres ini bakal lebih menarik daripada debat capres cawapres 17 Januari 2019. Calon petahana, kata dia, tak akan menyerang lawannya. Tapi tidak juga bertahan.

“Petahana akan menyampaikan beberapa hal yang dianggap penting gitu ya, seperti infrastruktur, pangan segala macam untuk meyakinkan pemilih,” kata Arya ketika dihubungi Liputan6.com.

Sementara, kubu pesaing diduga akan berbalik menyerang karena ada beberapa isu yang menjadi titik celah bagi pesaing. Misalnya, soal impor, kemudian juga swasembada pangan.

“Kemungkinan yang akan lebih menyerang dari pesaing kalau kita lihat dari temanya. Misalnya soal yang swasembada pangan itu menjadi pintu masuk begitu juga dengan impor beras dan juga soal infrastruktur. Tapi soal tiga hal itu, petahana sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi pertanyaan yang bertendensi serangan,” ujar Arya.

Menurut dia, debat kali ini bukan soal menang atau kalah. Pada debat kedua, lanjut dia, kedua calon dituntut benar-benar mampu memberikan kesan kepada pemilih, mereka mampu menyelesaikan tantangan di bidang yang ditemakan.

“Saya tidak tahu siapa yang akan diuntungkan ya. Tetapi ini adalah panggung yang harus dimanfaatkan oleh kedua kandidat untuk benar-benar memastikan bahwa mereka lebih baik dari pesaingnya. Dan panggung juga untuk meyakinkan pemilih untuk benar-benar tidak beralih dan bagi yang belum memilih, mereka akan menjatuhkan,” tutur Arya.

Terlebih, KPU memberikan waktu yang relatif fleksibel kepada Jokowi dan Prabowo untuk saling bertanya dan menanggapi. “Itu harus dimanfaatkan oleh kedua kandidat untuk menguji keorisinalitasan,” sambung dia.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang juga sebagai panelis debat kedua pilpres, Joni Hermana mengatakan, pihaknya akan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang berbeda format dengan debat pertama pilpres untuk memunculkan orisinalitas kedua kandidat.

“Kita berusaha untuk memberi pertanyaan-pertanyaan yang lebih tidak normatif. Jadi, dalam hal ini kita juga menginginkan agar tidak ada jawaban yang sama dari keduanya, yang normatif,” kata Joni, di Jakarta, Jumat 8 Februari 2019.

Selain itu, model pertanyaan yang dibuat berbeda ini bertujuan agar masyarakat lebih mengetahui konsep yang dimiliki dari masing-masing paslon.

“Sehingga memberi gambaran kepada audiens dan masyarakat sejauh mana kemampuan dan konsep yang ingin mereka kembangkan secara baik. Jadi intinya sebetulnya seperti itu,” ujar Joni.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Debat

Debat merupakan salah satu sarana penting bagi peserta Pilpres 2019 untuk memantapkan atau bahkan merebut hati pemilih. Ini terbukti pada debat perdana lalu yang dinilai cukup berpengaruh pada perubahan karakteristik calon pemilih masing-masing paslon capres-cawapres.

Terdapat perubahan angka solid voters atau pemilih mantap dan swing voters atau pemilih yang masih mungkin berubah pada pasangan Jokowi-Ma’ruf maupun Prabowo-Sandi.

Berdasarkan hasil survei terbaru Populi Center, jumlah solid voters pasangan nomor urut 1 Joko Widodo-Ma’ruf Amin meningkat dari sebelum debat sebesar 88,9 persen menjadi 90,8 persen usai debat.

Sementara solid voters pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meningkat dari 82,6 persen menjadi 85,5 persen.

Sedangkan swing voters Jokowi-Ma’ruf menurun dari angka 8,6 persen sebelum debat menjadi 6,2 persen usai debat. Penurunan juga terjadi pada swing voters untuk pasangan Prabowo-Sandi dari angka 13,3 persen menjadi 11,3 persen.

“Paslon Jokowi-Ma’ruf harus berhati-hati karena kenaikan solid voters lebih banyak terjadi pada paslon Prabowo-Sandi. Temuan ini sifatnya indikatif mengingat jumlah responden yang terbatas,” ujar peneliti Populi Center Dimas Ramadhan di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Kamis 7 Februari 2019.

Lebih lanjut, jumlah masyarakat yang mengetahui dan menyaksikan langsung debat perdana capres-cawapres pada 17 Januari lalu cukup banyak ketimbang yang tidak mengetahui. Namun ketertarikan mereka untuk memperbincangkan debat relatif kecil yakni 35,6 persen berbanding 64,4 persen.

Penilaian masyarakat terhadap manfaat debat capres pun beragam. Dari total 1.486 responden di seluruh Indonesia, 33,9 persen menilai manfaat debat untuk mengetahui visi, misi, dan program kerja kandidat. Sementara 10,8 persen menilai debat dapat membantu memberikan pertimbangan menentukan pilihan. Sementara 6 persen menganggap debat untuk mengetahui latar belakang kandidat.

“Sebanyak 3,7 persen menilai debat tidak atau kurang ada manfaatnya, 3,2 persen menilai debat untuk mengklarifikasi isu yang beredar, dan 42,5 persen sisanya tidak menjawab,” ucap Dimas.

Dari pemaparan visi, misi, dan program kerja kandidat pada debat perdana, yang dianggap paling realistis oleh masyarakat adalah yang disampaikan Jokowi-Ma’ruf yakni sebesar 55,7 persen. Sementara yang menilai visi, misi, dan program kerja Prabowo-Sandi paling realistis hanya sebesar 29,8 persen. Lainnya, 14,5 persen, tidak menjawab.

Sebanyak 53,1 persen responden juga menilai bahwa paslon nomor urut 1 unggul pada debat perdana capres-cawapres tersebut. Sedangkan 31,1 persen menilai paslon nomor urut 2 yang unggul. 15,8 persen sisanya tidak menjawab.

“Kemudian pilihan pascadebat, dengan pertanyaan setelah menyaksikan debat pertama, siapa pasangan yang akan anda pilih untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024? 62,5 persen menjawab Jokowi-Ma’ruf, 36,4 persen menjawab Prabowo-Sandi, dan 1,1 persen tidak akan memilih,” kata Dimas.

Untuk diketahui, survei tersebut dilakukan dengan metodologi wawancara tatap muka pada 20-27 Januari 2019 di 34 provinsi seluruh Indonesia. Besaran sampel adalah 1.486 responden, dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Hasil survei memiliki margin of error sebesar 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk menjamin distribusi sampel yang memadai, setiap kelurahan terpilih dialokasikan 10 responden dari dua RT.

Proporsi gender ditentukan 50:50. Besaran sampel tiap wilayah dialokasikan sesuai dengan proporsi daftar pemilih tetap (DPT) dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta – Saat akan berkendara motor, hal utama agar motor dapat melaju ialah memuntir handle gas. Namun apabila pada saat menarik handle gas terjadi ketidakstabilan seperti motor akan mogok, pasti pengendara akan merasa tak nyaman.

Terlebih bagi anda yang sudah memiliki motor berteknologi injeksi dan kurang mengerti apa penyebab dan cara memperbaiki motor agar nyaman digunakan kembali.

Berikut 6 penyebab gas motor injeksi tidak stabil seperti dilansir Honda Cengkareng, Jumat (15/2/2019).

1. Saringan Udara Tidak Berfungsi

Fungsi utama saringan atau filter udara ialah menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar agar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu. Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan tidak stabil.

Motor juga akan mendadak mati atau mogok bila filter udara yang kotor tetap digunakan. Filter udara menjadi kotor dapat disebabkan lingkungan yang berdebu dan usia pemakaian. Pastikan pemilik kendaraan sering cek kondisi saringan udara.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Jarak Renggang Busi Tidak Tepat

Busi dengan pengaturan kerenggangan yang sesuai dapat bekerja dengan baik. Ukuran kerenggangan mempengaruhi suhu pengapian busi, sehingga akan berpengaruh terhadap pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin.

Memperbesar kerenggangan busi akan menghasilkan percikan api yang lebih besar, sehingga beberapa mesin yang dimodifikasi biasanya bisa lebih maksimal.

Meski demikian, pemasangan busi yang tidak tepat dapat menyebabkan insulator retak sedangkan cara pengencangan busi yang terlalu keras dapat menyebabkan ulir patah. Hal inilah yang menyebabkan tarikan gas tidak stabil pada motor injeksi.

3. Setelan Klep Tidak Sesuai

Penyebab gas tidak stabil dapat juga diakibatkan oleh setelan klep yang tidak sesuai. Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan klep atau valve.

Jika setelan klep terlalu rapat tidak sesuai standar, klep akan cepat membuka dan lebih lama menutup, pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk.

Apabila setelan klep terlalu renggang berarti klep terlambat membuka dan cepat menutup. Apabila hal ini terjadi pada klep masuk maka pemasukan campuran bahan bakar udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit.

4. Putaran Stasioner Mesin Kurang Dari Standar

Terlihat sepele namun bila diabaikan dapat berakibat tidak baik pada motor khususnya pada tarikan gas. Apabila putaran stasioner terlalu rendah, dapat menyebabkan tarikan gas tidak stabil.

Setelan putaran stasioner kurang dari standar menjadi penyebab utama dari tarikan gas tidak stabil.

5. Terjadi Kerusakan Sensor Injeksi

Injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar, dengan mengubah partikel-partikel menjadi kabut. Injektor pada sistem PGM-FI bisa menciptakan partikel bahan bakar terhalus di dunia.

Namun bila injektornya kotor akibat mengkonsumsi bensin yang kurang bagus, dapat mempengaruhi kualitas semprotan bensinnya. Efeknya, tarikan gas motor menjadi tidak stabil.

6. Kurang Tekanan Bahan Bakar

Setiap motor Honda injeksi dilengkapi dengan pompa bahan bakar atau fuel pump. Tekanan pada pompa bahan bakar dapat diukur dengan menggunakan alat yang dinamakan fuel pressure gauge.

Ukuran tekanan bahan bakar ini disesuaikan dengan tipe dari masing-masing sepeda motor itu sendiri. Apabila tekanan bahan bakar kurang dari standar, penyebabnya ialah tarikan gas tidak stabil.



5 Cara Sembuhkan Flu dengan Aktivitas Sederhana, Sering diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Saat musim hujan, penyakit yang kerap menghantui adalah flu. Influenza atau flu merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Meski terkesan sepele, penyakit flu cukup menganggu dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Seseorang dapat menderita flu disebabkan sejumlah faktor, yaitu ketika musim dingin daya tahan virus lebih kuat karena tingkat kelembaban rendah, penularan virus melalui udara, dan kurangnya paparan sinar matahari juga berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh.

Penularan virus influenza berawal saat seseorang batuk, bersin, dan bicara. Udara yang terinfeksi tersebut dapat menular ke orang lain dengan media udara, menggunakan barang-barang secara bersama dan kemudian berpindah ke tangan, mata, hidung atau mulut.

Gejala dari infeksi virus influenza dapat langsung dirasakan atau dapat tertunda hingga 10 hari setelah terinfeksi. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah dapat dengan mudah tertular virus influenza.

Pada dasarnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika terus dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Banyak orang yang menyepelekan penyakit flu. Padahal penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular.

Sebenarnya ada beberapa aktivitas yang kurang disadari dapat mempercepat proses penyembuhan flu. Beberapa orang sering mengabaikan aktivitas-aktivitas ini saat terserang flu. Berikut 5 aktivitas yang dapat sembuhkan flu namun sering diabaikan dliansir Liputan6.com dari WebMD, Jumat(15/2/2019).

2 dari 3 halaman

Cara cepat sembuhkan flu ini sering diabaikan

Tetap di rumah dan banyak istirahat

Penyakit flu adalah penyakit menular. Anda tidak dapat mengabaikan sakit flu yang Anda derita. Ketika Anda sakit, Anda harus menjaga diri Anda sendiri. Tubuh Anda membutuhkan energi ekstra ketika melawan infeksi. Jika Anda sedang flu, terutama jika Anda demam, Anda akan merasa lebih lemah dan kelelahan. Mengabaikan penyakit flu bisa membuat gejala yang Anda derita lebih buruk.

Pada hari pertama saat mendapat gejala flu, hubungi kantor atau sekolah Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin beristirahat selama beberapa hari. Manfaatkan waktu ini untuk mengistirahatkan tubuh. Meringkuk di sofa, habiskan waktu untuk membaca, menonton DVD, atau tidur agar Anda dapat melawan virus yang sedang menyerang. Cobalah untuk tidur dengan bantal ekstra di bawah Kepala Anda. Mengangkat kepala akan membantu meringankan hidung tersumbat.

Tidur yang cukup adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan ketahanan tubuh Anda terhadap kuman. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam semalam hampir tiga kali lipat berisiko terkena flu. Jika Anda sedang flu dan gejalanya membuat Anda tidak bisa tidur, cobalah untuk tidur siang. Anda perlu istirahat tambahan.

Minum Banyak Cairan dan Makan yang Cukup

Pastikan Anda mendapat lebih banyak cairan saat terkena flu. Tidak semua harus berupa air putih. Jus buah, minuman isotonik, dan sup dengan kaldu juga dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat flu.

Cairan akan menjaga sistem pernapasan Anda agar tetap terhidrasi dan membantu mengubah lendir yang jahat dan kental menjadi cair yang bisa Anda keluarkan. Hal ini baik karena jika lendir menumpuk di paru-paru Anda dapat menyebabkan infeksi.

Saat Anda sedang tidak enak badan, Anda mungkin tidak nafsu makan. Tetapi Anda harus tetap makan, cobalah makanan ringan dan bergizi untuk membantu Anda pulih dari flu. Buah dan sayuran seperti pisang atau wortel dapat menjadi pilihan tepat untuk disantap saat flu.

3 dari 3 halaman

Sakit flu sering disepelekan

Uapi Tubuh Anda

Untuk dapat menurunkan demam Anda dapat mengompres badan Anda dengan handuk basah. Anda juga dapat duduk di kamar mandi beruap. Duduklah di kamar mandi dengan pintu tertutup. Nyalakan shower dengan air hangat. Biarkan shower menjadi panas sampai ruangan terisi dengan uap lembab.

Aktivitas ini dapat melembabkan saluran hidung Anda dan dapat membantu Anda rileks. Jika Anda pusing karena flu, lakukan teknik penguapan ini sambil duduk di kursi terdekat.

Berhenti Merokok

Merokok memang buruk bagi paru-paru Anda, bahkan ketika Anda sedang dalam keadaan sehat. Meski begitu, para perokok memiliki resiko lebih banyak terserang flu dibandingkan dengan ornag yang tidak merokok. Gejala flu yang dihadapi juga lebih buruk dan akan bertahan lebih lama dalam tubuh.

Sel-sel yang rusak di paru-paru Anda akan membuat Anda lebih sulit melawan flu. Jika Anda sakit, berhentilah merokok.

Segera Minum Obat

Flu kadang disertai demam, hal ini karena tubuh Anda sedang mengeluarkan panas untuk melawan virus flu. Biasanya, demam flu akan berlangsung tiga hingga lima hari. Terkadang Anda juga menderita batuk dan pusing.

Kerap disebut sebagai penyakit sepele, banyak orang yang tak segera minum obat kala terserang sakit flu. Padahal segera minum obat merupakan langkah yang penting.

Obati demam dan rasa sakit yang menyertai flu dengan obat yang dijual bebas di apotik. Tanyakan kepada dokter Anda mana obat yang tepat untuk Anda.

BATE vs Arsenal: Cech Singgung Kualitas Lapangan

Liputan6.com, London – Arsenal secara mengejutkan kalah 0-1 dari tuan rumah BATE Borisov di babak 32 besar Liga Europa, Jumat (15/2/2019) dinihari WIB. Usai pertandingan, kiper Arsenal, Petr Cech menyinggung soal kualitas lapangan stadion Borisov Arena.

Menurut Cech, meski buruk, kualitas lapangan sejatinya tidak berpengaruh signifikan terhadap penampilan Arsenal.

“Dengan lapangan yang lebih baik, kami mungkin bisa memaksimalkan kesempatan karena Anda punya arena yang lebih baik untuk pemain. Tetapi ini berlaku untuk kedua tim,” kata Cech seperti dilansir situs resmi Arsenal.

Arsenal sebetulnya lebih dijagokan menang kendati berstatus sebagai tim tamu. Maklum, tim asuhan Unai Emery lebih unggul dalam soal materi pemain.

Sayangnya, Cech dan kawan-kawan gagal mengonversi keunggulan kualitas itu menjadi gol. Satu gol Stanislaw Drahun di menit 45 gagal dibalas hingga pertandingan usai.

Arsenal malah harus kehilangan Alexandre Lacazette, lima menit sebelum laga usai karena diusir wasit. “Tidak peduli berapa banyak kesempatan yang kami buat untuk menang, kami ternyata tidak bisa menciptakan gol,” ujar Cech.

2 dari 3 halaman

Tetap Yakin

Meski kalah, Cech tetap yakin Arsenal bisa membalikkan keadaan pada leg kedua di Emirates Stadium. Hanya saja, ia mengakui kekalahan ini menyulitkan posisi Arsenal karena harus menang di leg kedua.

“Kami mendapatkan hasil yang tidak kami inginkan. Kami ingin mencetak gol dan ingin menang, kami ingin menempatkan diri kami di posisi yang baik untuk leg kedua. Tetapi kami membuat diri kami kesulitan,” ujar Cech.

“Kami harus memastikan kami memenangi leg kedua di kandang dan saya yakin kami bisa melakukannya,” kata Cech mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Lima Pertandingan Arsenal Berikutnya

Jumat (22/2/2019) Arsenal vs BATE

Minggu (24/2/2019) Arsenal vs Southampton

Kamis (28/2/2019) Arsenal vs Bournemouth

Sabtu (2/3/2019) Tottenham Hotspur vs Arsenal

Minggu (10/3/2019) Arsenal vs Manchester United

Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak yang Sukses Berkarier di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Usaha startup kini tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Dengan adanya usaha ini, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk berbelanja online sehingga tak perlu repot keluar rumah. 

Salah satunya adalah startup Bukalapak yang namanya sangat familiar di Indonesia. ‘From zero to hero’ mungkin jadi predikat yang cocok untuk Achmad Zaky sebagai pendiri salah satu startup terbesar di Indonesia.

Lantas, sebenarnya apa alasan predikat tersebut pantas untuk disematkan di nama Achmad Zaky, yang kesuksesannya kini menjadi inspirasi banyak muda-mudi di Indonesia?

Yuk simak selengkapnya profil pendiri Bukalapak yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/2/2019).

2 dari 7 halaman

Kehidupan Pribadi Achmad Zaky

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986 ini mewarisi darah Jawa yang kental akan budayanya. Di usianya yang ke 32 ini, pencapaian Achmad Zaky bukanlah tanpa sebab. Kesuksesannya sekarang tak lain dan tak bukan adalah berkat kedua orangtuanya yang senantiasa mendukung langkahnya.

Di samping itu, di balik keberhasilannya, ada seorang wanita yang berkontribusi siang dan malam untuk dirinya. Dia adalah Diajeng Lestari, wanita yang menjadi tambatan hati Zaky yang mengakhiri masa lajangnya pada 17 Oktober 2010 silam.

Keduanya pun berkarier di bidang yang sama dengan memanfaatkan internet untuk berbisnis. Tak mau kalah dari suaminya, pada tahun 2011, Diajeng mencoba peruntungan dengan mendirikan hijup.com. Dari pernikahannya itu, Laiqa Anzani datang untuk melengkapi manisnya kehidupan rumah tangga Achmad Zaky dan istri.

3 dari 7 halaman

Riwayat Pendidikan

Ketertarikan Achmad Zaky dengan dunia teknologi rupanya sudah tumbuh sejak dirinya menggeluti buku-buku pemrogaman yang dibelikan oleh pamannya, yaitu pada tahun 1997 silam. Pada saat itu, di usianya yang baru 11 tahun, Zaky sudah bisa mengoperasikan komputer berkat kontribusi pamannya.

Karena ketekunannya itu, saat menduduki bangku sekolah menengah atas di sebuah sekolah di Solo, Zaky berhasil meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer. Bahkan, dirinya menang hingga tingkat nasional.

Ingin menyelami bakatnya lebih dalam di dunia komputer, pada tahun 2004 Zaky pun melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung, tepatnya di jurusan Teknik Informatika. Usut punya usut, Zaky sempat mendapat IPK sempurna di semester pertamanya, lho.

Kesuksesan akademisnya itu tidak Zaky raih semata-mata hanya dengan belajar. Pasalnya, Zaky menyempatkan waktunya selama kuliah untuk mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di kampusnya. Zaky berkontribusi dalam menggagas ShARE Global Student Think-Tank bersama teman-temannya yang lain.

Tak hanya itu, dia juga mendirikan Entrepreneur Club ITB yang sekarang lebih dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Serta, aktif dalam organisasi Amateur Radio Club (ARC) ITB.

4 dari 7 halaman

Prestasi Achmad Zaky saat Kuliah

Prestasi yang ditorehkan Zaky selama berkuliah juga tidak kalah cemerlangnya. Dirinya sering menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional. Misalnya, pada tahun 2007 Zaky berhasil menyabet juara II dalam perlombaan yang diadakan salah satu operator seluler Indonesia, yaitu Indosat Wireless Innovation Contest.

Dalam ajang tersebut, Zaky menciptakan perangkat lunak yang ia juluki MobiSurveyor, yang berfungsi untuk mempermudah aktivitas manusia khususnya dalam perhitungan survei secara cepat. Berkat kreativitasnya itu, Zaky dianugerahi Merit Award dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.

Tak ketinggalan, Zaky juga sempat mengenyam pendidikan di Oregon State University selama dua bulan berkat beasiswa yang dia dapat dari pemerintah Amerika Serikat. Selang satu tahun, suami dari Diajeng Lestari ini kembali terbang ke Amerika Serikat untuk mewakili kampus tercintanya dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

5 dari 7 halaman

Perjalanan Karier

Bakat dan prestasi yang Achmad Zaky peroleh sewaktu mengenyam pendidikan mengantarnya pada kesuksesannya sekarang ini. Ayah satu anak ini mulai merintis kariernya dengan membentuk sebuah usaha startup dengan harapan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

Lantas, Zaky mulai mencoba peruntungan dengan mendirikan usaha Bukalapak yang secara resmi dibuka tahun 2011. Zaky cukup percaya diri meskipun dia harus membangun usahanya dari bawah. Awal berdirinya usahanya itu mungkin tidaklah begitu pesat. Namun, kepercayaan dirinya membuahkan hasil yang luar biasa.

“Jujur saya memang resah saat mau mendirikan Bukalapak. Orang-orang kira saya bakal gelar lapak di pinggir pasar. Saya sih, enggan bilang ke keluarga, apalagi orangtua saya itu guru. Nah, saya di situ coba untuk lawan, makin percaya diri. Tidak apa-apa gagal, yang penting prosesnya,” ujar Zaky.

6 dari 7 halaman

Melihat Peluang

Zaky awalnya mengajak para pedagang di mall untuk bergabung dengan Bukalapak. Namun, saat itu usaha startup yang terhitung masih belum familiar rupanya sedikit menyulitkan Zaky. Klien pertama yang ia dapat hanyalah pedagang kecil yang mengaku dagangannya di toko kurang laku.

Pada akhirnya, Zaky mulai melihat peluang dari pedagang yang usahanya belum berkembang untuk bergabung di Bukalapak. Alhasil, berkat boomingnya internet pada saat itu, startup Zaky yang pada awalnya hanya dia rintis di mall menjadi semakin berkembang dengan banyaknya minat investor untuk menanamkan modalnya.

7 dari 7 halaman

Masuk Daftar Pemuda Terkaya di Indonesia

Bukalapak menjadi satu dari beberapa startup unicorn di Indonesia. Tentunya, hal ini tidak lepas dari kerja keras sang pendiri sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky. Pada pertengahan tahun 2018, majalah Globe Asia mempublikasikan daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Kerja keras Achmad Zaky menuntunnya masuk sebagai satu dari beberapa anak muda pendiri startup yang ada di daftar tersebut.

Mengutip dari daftar yang dibuat Globe Asia, jumlah harta kekayaan Zaky diperkirakan sebanyak US$ 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun saat daftar itu dibuat. Nggak kebayang kan, berapa kekayaan Zaky di tahun 2019 ini?

Terlebih lagi, Zaky sempat tercatat masuk dalam jajaran 10 pengusaha muda berusia di bawah 30 tahun paling berpengaruh di Asia Tenggara periode tahun 2015 yang dibuat oleh media online Tech in Asia.

Bailly Yakin MU Melaju di Liga Champions

Liputan6.com, Manchester – Eric Bailly mengungkapkan MU belum menyerah untuk melaju di Liga Champions. Bek asal Pantai Gading itu percaya MU bisa bangkit bersama Ole Gunnar Solskjaer.

MU menelan kekalahan perdana sejak Solskjaer menggantikan Jose Mourinho Desember lalu. Mereka kalah 0-2 dalam laga yang digelar di Old Trafford dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Tugas berat pun menanti MU untuk lolos ke babak selanjutnya. Mereka harus menang dengan selisih tiga gol atau 2-0 untuk berlanjut ke babak extra time.

“Solskjaer memberikan kami harapan. Dia berusaha keras agar kami bangkit lagi,” ujar Bailly seperti dilansir Evening Standard.

“Jadi untuk sekarang kami akan melupakan kekalahan kemarin. Masih banyak laga yang harus dijalani dan berpikir soal masa depan.”


2 dari 3 halaman

Kesalahan

Sayangnya dalam laga leg kedua nanti MU takkan diperkuat Paul Pogba. Gelandang timnas Prancis itu dikartumerah pada babak kedua.

“Kami sebenarnya tampil bagus di babak pertama. Pertahanan kami tampil luar biasa,” kata Bailly.

“Namun kami membuat kesalahan pada gol pertama. Setelah itu kami coba memberikan yang terbaik tapi gagal,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Hasil Liga Champions

Hasil lengkap Liga Champions pekan ini:

MU 0-2 PSG

AS Roma 2-1 Porto

Ajax 1-2 Real Madrid

Tottenham 3-0 Borussia Dortmund

Saksikan video pilihan di bawah ini