Jelang Debat, Ketum Golkar: Jokowi Berpengalaman Tangani Masalah Pertahanan

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Rosan Roeslani menjelaskan, tidak ada persiapan khusus dari Jokowi untuk debat capres paada 30 Maret 2019.

Simulasi debat pun tidak dilakukan karena padatnya jadwal kampanye Jokowi saat ini. Namun, Rosan memastikan bahwa Jokowi pasti akan siap dalam menghadapi debat capres nanti.

“Ya kalau debat capres bapak presiden sih tidak ada persiapan yang khusus karena ini kan yang sudah beliau lakukan sehari-hari gitu ya, dalam kegiatan beliau,” tutur Rosan di The Hall, Senayan City, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Dia mengatakan, Jokowi saat ini tengah kampanye di sejumlah daerah seperti Banyuwangi, Jember, Malang, Lhokseumawe, Pekanbaru, hingga ke Kalimantan.

“Ini persiapannya ya karena beliau sudah menjalani ini semua jadi tidak ada persiapan khusus, nggaklah. (Tanggal) 29 balik, 30 debat, dan habis itu berangkat lagi ke Manado, ke Makassar, dan muter lagi. Jadi ya kegiatan beliau akan sangat-sangat padat,” kata Rosan.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: merdeka

Jokowi: Belum Berpengalaman kok Coba-Coba

Liputan6.com, Malang – Calon presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut calon pemimpin Indonesia harus orang yang sudah berpengalaman. Karena, tidak mudah memimpin sebuah negara berpenduduk 269 juta dengan segala keberagamannya.

“Ini adalah negara besar, jangan sampai dinahkodai oleh yang belum pengalaman. Jangan coba–coba, karena ini menyangkut 269 juta penduduk Indonesia,” kata Jokowi di depan ribuan pendukungnya saat Kampanye Terbuka di Gor Ken Arok Kota Malang, Senin (25/3/2019).

Ia menceritakan pengalamannya saat terjun dari dunia usaha ke pemerintahan kota, butuh dua tahun untuk belajar. Hingga dipercaya dua periode sebagai Wali Kota Solo. Kemudian 2 tahun jadi Gubernur DKI Jakarta. Hingga sekarang ini sudah 4,5 tahun menjadi presiden.

“Padahal itu (jadi wali kota) hanya di satu kota. Sedangkan sekarang ini negara, tapi belum pengalaman kok coba-coba,” ujar Jokowi.

Tidak mudah memimpin sebuah negara besar dengan keberagaman suku, agama, ras dan golongan. Negara ini dianugerahi keberagaman dengan 1000 lebih bahasa daerah. Dari Aceh sampai Papua. Aset besar bangsa ini, kerukunan dan persatuan yang harus terus dijaga.

“Jangan sampai persatuan dan kerukunan itu terpecah gara–gara pesta demokrasi seperti pemilihan kepala daerah maupun pemilihan presiden,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Calon presiden nomor urut 01 ini menggelar kampanye terbuka di GOR Ken Arok, Malang. Ia tiba sekitar pukul 19.00 setelah sebelumnya juga menghadiri serangkaian kampanye terbuka di Jember dan Banyuwangi.

Jokowi hadir didampingi beberapa Tim Kampanye Nasional (TKN) seperti Erick Thohir, Rosan Roeslani, Hastyo Kristianto, Abdul Kadir Karding. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tampak pula hadir di kampanye itu.

Jokowi: Mengurus Negara Tidak Mudah, Berikan Kepada yang Berpengalaman

Liputan6.com, Bandung – Calon presiden nomor urut 01, Jokowi menghadiri acara deklarasi Alumni Jabar Ngahiji, Gebrakan Satu Jabar Bandung Ngahiji di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Jalan Dipatiukur, Minggu (10/3/2019).

Dalam kunjungannya itu Jokowi memberikan pidato. Ia meminta pendukungnya berhati-hati dalam memilih pemimpin.

Hal itu terkait pengalamannya mengurus negara. Ia mengatakan, Indonesia adalah negara besar, di mana penduduknya 269 juta jiwa yang tersebar di 34 provinsi.

“Kita sadar bahwa mengelola negara sebesar Indonesia ini tidak mudah, tidak gampang,” ujar Jokowi.

Jokowi bersyukur karena sudah berpengalaman di pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo dua periode, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden.

“Pengalaman itulah yang menambah dorongan motivasi dan memudahkan saya mengelola pemerintahan,” kata Jokowi.

“Jadi perlu saya ingatkan lagi, dengan negara sebesar Indonesia mengelolanya tidak mudah tidak gampang. Jadi jangan diberikan kepada yang belum berpengalaman,” sambung Jokowi yang disambut riuh para hadirin.

Sebelum memberi sambutan, Jokowi sempat menyimak deklarasi dari perwakilan Jabar Ngahiji, Nila Oktaviani.

“Kami rakyat Jabar Ngahiji, alumni perguruan tinggi, relawan, komunitas Jabar, meneguhkan tekad untuk memenangkan Jomin (Jokowi-Amin) dalam Pilpres 2019. Kami bertelad akan memerangi hoaks, fitnah, dan upaya menghancurkan kokoh bentengnya pancasila,” kata Nila.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah genap berjalan empat tahun.

Ternyata Begini Solusi Jitu Menggalang Sponsor Buat Pensi

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa bulan ke depan SMA Tulus Sentosa akan mengadakan pentas seni atau pensi. Ya, sebagai sekolah yang memiliki rekam jejak ciamik dalam membuat pentas seni keren tiap tahun, tentu menginginkan pensi tahun ini jauh lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. 

Tono sebagai ketua OSIS didapuk membuat perencanaan pensi spektakuler yang tak akan dilupakan seluruh siswa di sekolah, sekaligus akan jadi buah bibir sekolah-sekolah saingannya. 

Mendapat mandat tersebut waktu dan pikiran dicurahkan oleh Tono. Tiap bel pulang sekolah berbunyi Tono semangat mengumpulkan seluruh pengurus OSIS untuk menyusun proposal yang berisi berbagai perencanaan terkait pensi, mulai dari tema pensi, pengisi acara, acara sampingan, kuis, dan lain sebagainya. 

Setelah brainstorming berminggu-minggu, akhirnya proposal pamungkas berisi acara pensi impian tersusun dengan rapi dan tak sabar untuk segera diselenggarakan. Namun, ada satu hal yang menjadi tantangan, yaitu persoalan budget. 

Tono memutar otak untuk mendapatkan sponsor, segala cara ia tempuh, mulai dari menghampiri perusahaan-perusahaan sekira berpotensi memberikan dana sampai meminta bantuan para alumni. Mendekati deadline dana terkumpul jauh dari harapan, alhasil banyak aktivitas pensi di-down grade. Memang, pensi tetap berjalan tapi jauh dari harapan dan terkesan biasa-biasa saja. 

Pengalaman di atas adalah sepenggal gambaran kekecewaan yang sering dialami oleh para pengurus OSIS kala ingin menyelenggarakan sebuah pentas seni. Mereka seringkali terlalu fokus membuat perencanaan hingga mengabaikan persiapan dalam mencari sponsor. 

Padahal, pencarian sponsor erat kaitannyan dengan skill negosiasi dan kemampuan korespondensi. Karena itulah penting sekali memilih orang-orang yang cakap, pandai berbicara dan komunikatif sehingga mereka bisa memengaruhi klien atau pihak sponsor agar bersedia mendukung pensi.

Mencari sponsor memang tergolong sulit, apalagi bagi mereka yang belum berpengalaman menyelenggarakan sebuah event. Sekalinya dapat kesempatan presentasi ke sponsor ada saja yang membatalkan kucuran dananya. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari penyampaian presentasi yang tak berjalan mulus hingga ketidakjelasan proposal yang ternyata tak sampai ke tangan sponsor. 

Kalau masih kesulitan mencari sponsor sekarang tak perlu khawatir, agar peluang menggaet sponsor lebih besar manfaatkan saja Hiventory. Hiventory adalah tempat bertemunya para kreator event dan sponsor. Tim Hiventory akan membantu untuk mengemas event agar bisa mendapatkan pendanaan dan eksposur besar dari sponsor ternama.

Segera kunjungi https://www.hiventory.com/, daftarkan event pensi dan tunggu balasan dari Hiventory. 


(Adv)

Bek PSG Berencana Balik Lagi ke Valencia

Liputan6.com, Jakarta Bek Paris Saint-Germain (PSG) Juan Bernat mengaku bahwa suatu hari ia ingin kembali ke klub masa kecilnya Valencia.

Seperti diketahui, pemain berusia 25 tahun itu meninggalkan Valencia ke Bayern Munchen pada musim panas 2014. Setelah itu ia bergabung dengan PSG musim panas lalu.

Valencia adalah klub hatiku – tempat aku tumbuh, tempat aku berkembang,” kata Bernat kepada Movistar, seperti dikutip ESPN.

“Lebih baik bagi saya untuk meninggalkan dan untuk meningkatkan karier saya di tempat lain dan saya seorang profesional yang telah menikmati peluang dan potensi luar biasa.

“Saya tidak bisa mengatakan tanggal, tetapi suatu hari saya ingin kembali ke Valencia dan memenangkan trofi bersama klub.”

2 dari 3 halaman

Kontrak 3 Tahun

Bernat sudah mencetak tiga gol dari 74 penampilan tim utama di Mestalla. Bek kiri asal Spanyol itu didatangkan PSG dengan transfer 15 juta euro (Rp 256 miliar).

Bernat mendapatkan kontrak selama tiga tahun hingga 30 Juni 2021.

3 dari 3 halaman

Pemain Berpengalaman

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, saat itu mengaku senang dengan kedatangan Bernat. Ia menilai pengalaman yang dimiliki pemain berusia 25 tahun akan berguna buat tim mengarungi persaingan di Ligue 1 dan Liga Champions.

“Juan pemain berpengalaman, pernah bermain di dua klub besar Eropa, dan dia merupakan penggawa timnas Spanyol,” kata Al-Khelaifi.

Melempem di Liga Champions, Cristiano Ronaldo Dipercaya Akan Bikin Hal Hebat

Liputan6.com, Turin – Cristiano Ronaldo menjadi inspirasi bagi pemain-pemain Juventus sejak didatangkan pada musim panas 2018. Ia memotivasi skuat racikan Massimiliano Allegri ini untuk memberikan kemampuan terbaik, juga terus meningkatkan level di sesi latihan.

Sayangnya, Cristiano Ronaldo tak begitu bersinar di Liga Champions. Saat membela Real Madrid, ia biasanya sudah mencatat dua digit gol begitu memasuki fase grup Liga Champions.

Tapi, torehan tersebut menurun drastis bersama Juventus. Bintang asal Portugal itu mungkin kesulitan dengan tim barunya.

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini menyebut Cristiano Ronaldo mungkin tidak begitu moncer di Liga Champions musim ini. Meski demikian, ia percaya CR7 masih akan meraih hal-hal hebat seperti biasanya.

2 dari 3 halaman

Baru Satu Gol

Sejauh ini, setelah mencapai leg pertama 16 besar Liga Champions, Ronaldo baru mencetak 1 gol dari 6 pertandingan. Jumlah tersebut tentu menurun drastis dari koleksi gol Ronaldo biasanya.

Sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions, musim lalu Ronaldo mencetak 15 gol dalam 11 laga. Ia juga 12 gol pada musim 2016/17.

“Mungkin Ronaldo tidak tampil begitu baik di Liga Champions seperti yang dia lakukan dahulu, tapi dia selalu meraih banyak hal penting,” kata Mancini di Sportskeeda.

“Dia tampil baik di Serie A. Saya pikir, dengan levelnya saat ini, semua liga sulit. Liga di Italia sama sulitnya di Inggris, dan sedikit lebih mudah dari Spanyol, tapi bagi saya, dia menjalani musim yang bagus.”

3 dari 3 halaman

Juventus Kembali

Bagaimanapun, Juve akan mengharapkan kemampuan terbaik Ronaldo ketike menjamu Atletico Madrid pada leg kedua 16 besar Liga Champions mendatang. Juve takluk 0-2 di leg pertama lalu, yang artinya mereka wajib menang dengan skor besar dan tidak kebobolan.

“Juve-Atletico? Mereka tahu laga ini akan berjalan sulit, tidak ada ramuan ajaib apa pun untuk membuat comeback, tapi Juve merupakan tim berpengalaman dan mereka pernah come back dari ketinggalan 3-0 di kandang dari Real Madrid musim lalu,” tandas dia.

Sumber: Bola.net

Pelatih Persib Sudah Pantau Saepulloh Maulana Sejak Lama

Liputan6.com, Bandung Rekrutan anyar Persib Bandung, Saepulloh Maulana diperkenalkan dalam sesi latihan di Lapangan Sabuga Bandung, Senin (25/2/2019). Pelatih Miljan Radovic mengaku sudah mengenal sosok bek tengah kelahiran Bogor, 22 Desember 1988 itu.

Radovic menyatakan ia sempat beberapa kali melihat aksi Saepulloh melalui tayangan video saat ia masih berada di Montenegro. “Ya saya tahu soal kemampuan dia, beberapa pertandingan saya nonton video penampilan dia. Sebelum dia datang, saya nonton beberapa gim,” tutur Radovic.

Menurut pelatih 43 tahun ini, Saepulloh bukan pemain berstatus uji coba di Persib. Namun ia tetap akan melakukan pengecekan terkait kondisi eks pemain Mitra Kukar tersebut.

“Harus cek semua, dia pertama latihan hari ini kita cek dulu. Saya tidak bisa bicara sekarang karena cek dulu bagaimana dia kondisi bagus atau tidak bagus tapi saya pikir dia kondisi bagus,” kata Radovic.

Setelah mendapatkan Saepulloh, Radovic menyebut Persib masih mengincar beberapa pemain yang akan datang dalam waktu dekat untuk memperkuat skuatnya.

2 dari 3 halaman

Pemain Baru Lagi

Namun demikian, ia enggan menjelaskan siapa sosok pemain yang dinantikannya tersebut. Yang jelas, Radovic mengindikasikan Persib akan mendatangkan beberapa pemain baru lagi.

“Dia (Saepulloh) datang dan saya berharap dua pemain lagi datang,” ujarnya. Radovic berharap terkait kedatangan dua pemain baru ini bisa datang secepatnya. “Saya berharap bisa cepat,” katanya.

3 dari 3 halaman

Dua Pemain Incaran

Sejauh ini, ada dua sosok pemain yang dikabarkan tengah mendekat ke Persib. Mereka adalah Fabiano Beltrame dan striker asing asal Asia yang diperkirakan adalah striker asal Pakistan, Saadullah Khan.

Fabiano merupakan pemain belakangan yang sangat berpengalaman bermain di Liga Indonesia. Dia juga pernah membela beberapa klub besar Indonesia, seperti Persija Jakarta dan Arema FC.

Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand U-22: Adu Strategi Indra Sjafri lawan Alexandre Gama

Jakarta – Duel Timnas Indonesia U-22 lawan Thailand di final  Piala AFF U-22 2019 bukan sekadar ajang perebutan gelar. Laga ini juga menjadi media perburuan rekor pribadi kedua pelatih: Indra Sjafri di kubu Indonesia dan Alexandre Gama (Thailand).

Timnas Indonesia U-22 melaju ke final Piala AFF 2019 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Pencapaian ini menjadi yang terbaik buat Indra Sjafri bersama tim yang baru dibentuk tak genap dua bulan lalu itu.

Menukangi Timnas Indonesia U-22 juga menjadi pengalaman anyar buat Indra Sjafri. Pria asal Sumatra Barat itu selama ini selalu identik sebagai pelatih kelompok U-19.

Indra Sjafri sebelumnya pernah merasakan gelar juara bersama Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF 2013. Kini, Indra Sjafri bertekad untuk menjadikan final kedua miliknya sebagai pencatatan rekor baru dengan mempersembahkan gelar juara.

Tak hanya Indra Sjafri, Alexandre Gama pun memiliki tekad yang sama. Sebagai asisten pelatih, pria asal Brasil itu sebelumnya lebih berpengalaman sebagai asisten pelatih. Alexandre Gama pernah menukani tim sekelas Timnas Korea Selatan pada 2011 sebagai asisten dengan pencapaian terbaik peringkat ketiga Piala Asia 2011.

2 dari 2 halaman

Rekor Gama

Adapun untuk gelar, Gama belum sekalipun mampu mencatatkan namanya. Jadi, gelar Piala AFF U-22 2019 bakal mencetak rekor pribadi atas namanya sendiri untuk pertama kalinya. Bisa dipastikan, apapun akan dilakukan Gama demi bisa memberi kebanggaan untuk Timnas Thailand U-22 sekaligus nama pribadinya.

Memiliki skuat yang mayoritas turunan dari Timnas U-19, Indra Sjafri yang berasal dari Ranah Minang diharapkan tak akan kesusahan untuk mengatur anak asuhnya. Hal itu sudah terlihat di mana penampilan Timnas Indonesia mulai mencapai pick performance sejak babak penyisihan sampai semifinal.



Persiapan Debat Pilpres Ketiga, BPN: Sandiaga Akan Sampaikan Data Valid

Liputan6.com, Jakarta – Pasangan calon wakil presiden akan menjalani debat pilpres ketiga pada Minggu 17 Maret 2019. Tema yang akan diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Pipin Sopian mengaku, Sandiaga tak akan bersifat menyerang kepada Ma’ruf pada saat debat pilpres ketiga nanti.

“Bang Sandiaga insyaAllah siap dengan santun tanpa harus menyerang seperti Pak Jokowi, beliau akan menyampaikan data-data yang valid,” kata Pipin di Media Center Pemenangan Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

Saat ditanyakan tema apa yang akan lebih difokuskan oleh Sandiaga pada saat debat pilpres ketiga nanti. Ia mengaku tak ada yang difokuskan secara khusus oleh Sandiaga.

“Fokusnya adalah bagaimana semua program kesejhateraan itu berpihak kepada masyarakat,” ujarnya.

Lalu, saat disinggung apakah Sandiaga akan menjawab dengan ayat-ayat seperti apa yang dilakukan Ma’ruf pada debat Pilpres pertama. Sandiaga pun akan siap melakukan hal tersebut jika diperlukan.

“Bang Sandiaga juga siap, kenapa tidak. Tapi kita enggak taulah nanti kita lihat ada kejutan-kejutan,” pungkasnya.


2 dari 2 halaman

Persiapan Maruf Amin

Calon Wakil Presiden nomer urut 01 Ma’ruf Amin mengaku sudah mantap untuk melakukan debat ketiga pada 17 Maret 2019. Ma’ruf pun sudah beberapa kali melakukan latihan terkait tema debat seputar kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

“Ya kita sudah siap saja. Ya sudah beberapa kali (latihan) saya lupa itung,” kata Ma’ruf Amin di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 24 Februari 2019.

Dia mengatakan semua isu sudah dipelajari. Dan seluruh pernyataan pun kata dia sudah diantisipasi.

“Semua isu yang kita monitor. Kita antisipasi semua. Kan kita enggak akan tau yang mana yang akan muncul. Karena itu sekuat isu, apa yang kira-kira berkembang di kalangan masyarakat. Isu yang didapatkan cawapres 02 itu semua kita antisipasi,” kata Ma’ruf Amin.

Ditempat yang sama Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir mengatakan, format debat pun tidak berubah. Dia menilai Ma’ruf Amin sudah berpengalaman.

“Dia figur ulama besar. Dia juga tokoh ekonomi syariah. Kita menjaga saja beliau untuk tidak terkaget-kaget karena kan kalau debat jawabannya 1-2-3 menit. Itu saja yang kita jaga. Supaya massage-messagenya bisa konkret dan insyaAllah cawapres kita figur yang sangat baik, ulama besar, track record jelas, insyaAllah jauh dari konflik pribadi,” kata Erick.


Reporter: Nur Habibie


Saksikan video pilihan berikut ini:

Alasan Pelatih Timnas Indonesia Tunjuk 3 Asisten

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy membeberkan alasan di balik keputusannya menunjuk Yeyen Tumena, Joko Susilo, dan Alan Haviludin, sebagai asisten.

Ketiga asisten pelatih Timnas Indonesia itu diperkenalkan pada Senin (25/2/2019) di Kantor PSSI, Jakarta. Dalam sesi itu, hanya Yeyen dan Joko yang hadir. 

“Dengan coach Yeyen, saya sudah sering berkomunikasi dan mengenal dia. Dia sangat memahami sepak bola Indonesia, terutama sebagai pemain timnas,” kata Simon.

“Kemudian saya bicara dengan coach Yeyen dan muncul nama coach Joko, kemudian Alan akan mendampingi kami di sektor kiper,” imbuh mantan pelatih Bhayangkara FC itu.

Simon meyakini ketiga pendampingnya itu sangat memahami sepak bola Indonesia, terutama terkait dengan pengalaman di klub dan akademi. 

Sebagai contoh Joko Susilo. Pelatih asal Cepu ini sudah lama menangani Arema, baik tim senior maupun junior. Sebelum dipanggil timnas, Joko merupakan direktur Akademi Arema. Menurut Simon, hal ini sangat penting bagi timnas untuk memiliki tim pelatih yang berpengalaman di klub.

“Saya tahu coach Joko adalah orang yang sangat mencintai pekerjaannya dan dia konsisten di Arema. Lalu ketika saya menawari pekerjaan ini, dia menyanggupi,” ucap Simon menambahkan.

Setelah mengumumkan tiga asisten pelatih, Simon langsung memberi tugas untuk memantau pemain di turnamen pramusim Piala Presiden. 

Selain itu, tim pelatih juga langsung bekerja untuk pemusatan latihan. Rencananya, Timnas Indonesia akan menjalani TC mulai 6-21 Maret. 

TC di Australia digelar sampai 17 Maret. Timnas Indonesia akan melanjutkan pemusatan latihan di Bali hingga 21 Maret. Setelah itu, mereka akan menghadapi Myanmar dalam laga uji coba internasional yang digelar pada 25 Maret 2019.


Sumber: Bola.com