MU vs Barcelona, Duel yang Berpeluang Menghasilkan Juara Liga Champions

Konsensus menunjukkan tim yang memenangkan Liga Champions memang layak mendapatkannya karena menyisihkan lawan berat. Musim lalu, Real Madrid menyingkirkan Juventus dan Bayern Munchen menuju final. Sementara rival tersulit Liverpool cuma Manchester City. Los Blancos lalu menumbangkan The Reds di partai penutup.

Contoh-contoh lain bertebaran, salah satunya saat Barcelona terakhir kali mengangkat trofi. Mereka berturut-turut menumbangkan Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Bayern Munchen untuk ke duel puncak. Sementara meski menaklukkan Real Madrid di 4 besar, finalis lain Juventus cuma bersua Borussia Dortmund dan AC Monaco pada putaran sebelumnya.

Barcelona, yang sudah ditempa lawan tangguh, akhirnya terlalu perkasa bagi La Vecchia Signora dan menang 3-1 di final. Berkaca pada itu, tidak berlebihan jika rasanya pemenang laga MU vs Barcelona pada akan menghadirkan juara Liga Champions musim ini.

Dapat Potongan Harga, MU Berpeluang Boyong Alderweireld

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) berpeluang mendapat potongan harga Toby Alderweireld. Ini membuat peluang Setan Merah mendapatkan bek asal Belgia itu semakin terbuka lebar. 

Alderweireld sempat menjadi idaman bagi MUpada bursa transfer awal musim 2017/18 lalu. Saat itu, Jose Mourinho begitu ngebet untuk dibelikan eks pemain Southampton tersebut. Tapi, rencana MU terbentur harga yang mahal.

Ketika itu, Spurs hanya bersedia melepas Alderweireld dengan harga 70 juta pounds. Meskipun Mourinho memintanya, tapi direksi MU memutuskan untuk tidak membawanya ke Old Trafford karena harga yang mahal.

Toby Alderweireld masih punya kontrak di Tottenham Hotspur sampai 30 Juni 2020 mendatang. Namun, dalam kontrak itu ada sebuah klausul yang memungkinkan dia pindah pada awal musim 2019/20 dengan harga tertentu.

Dikutip dari The Mirror, pada musim panas mendatang, klausul buy out dalam kontrak Alderweireld akan aktif. Dan, nilai dalam klausul tersebut adalah 26 juta pounds atau sekitar Rp 491 miliar.

Harga tersebut jauh lebih murah dari yang pernah diminta oleh Spurs pada awal musim 2018/19 lalu. Tentu saja, kondisi tersebut jadi angin segar bagi Manchester United yang sudah lama membidik servis pemain berusia 30 tahun tersebut.

Peneliti Senior LIPI: Prabowo-Sandi Berpeluang Rebut Suara NU

Liputan6.com, Jakarta – Peneliti Senior Bidang Politik LIPI Syamsuddin Haris menanggapi hasil survei nasional Konsepindo. Lewat pemaparan data survei tersebut, diketahui suara pemilih Nahdliyin ternyata tidak 100 persen ke pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

Padahal, cawapres Ma’ruf Amin adalah mantan pemimpi tertinggi dari ormas Islam tersebut.

“Mengejutkan bagi saya yaitu preferensi pilihan publik mengaku NU yang diasumsi mendominasi ke Jokowi-Ma’ruf ternyata tak demikian,” ungkap Haris saat menjadi pembicara rilis suvei nasional Konsepindo di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu 13 Maret 2019.

Dari hasil survei nasional Konsepindo kategori basis pemilih muslim, sebanyak 52,2 persen responden menjatuhkan pilihannya ke Jokowi-Ma’ruf. Sementara 38,8 persen menyatakan dukungannya ke paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga dan 9,0 persen responden belum menjawab atau undecided voters.

“Dengan ini masih ada peluang Badan Pemenangan Nasional (BPN) untuk mencari simpati kalangan Nadhliyin supaya dukungan ke Prabowo-Sandi bisa meningkat khususnya di Jawa karena konsentrasi Nahdliyin kan di Jawa,” jelas dia.

Pemilih dari kalangan Muhammadiyah juga menunjukkan tren yang sama. Sebanyak 46,2 persen responden dari Muhammadiyah menjatuhkan pilihan ke Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 31,3 persen bermuara ke Prabowo-Sandi. Lalu 22,5 persen menyatakan belum memilih.

“Asumsinya kan Muhammidiyah ke Prabowo tapi hasil survei sebaliknya,” singkat Haris.

IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan, Awasi Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang lanjutkan penguatan pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

Analis PT Indosurya Sekuritas, William Suryawijaya menuturkan, IHSG masih akan dapat terus mempertahankan level support yang sehingga IHSG berpotensi lanjutkan kenaikan. Ini akan ditopang kuatnya fundamental ekonomi dan membaiknya kinerja emiten.

“Sehari jelang rilis data ekonomi neraca perdagangan, IHSG berpotensi naik. IHSG akan bergerak di kisaran 6.336-6.498,” ujar William dalam catatannya, Kamis (14/3/2019).

Sementara itu, Analis PT Binaartha Sekuritas,Nafan Aji menuturkan, secara teknikal, IHSG berpeluang menguat. Ini juga mempertimbangkan penutupan perdagangan kemarin, IHSG naik 0,37 persen ke 6.377. Pada support pertama dan kedua di kisaran 6.351,10-6.324,64. Sedangkan resistance di kisaran 6.390,80-6.404,04.

“Berdasarkan indikator, MACD mendekati area negatif. Meski pun demikian, stochastic sudah berhasil membentuk pola golden cross di area oversold,” kata dia.

Nafan memprediksi, IHSG bergerak di kisaran 6.324-6.404 pada Kamis pekan ini.

Sedangkan, Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi juga prediksi IHSG lanjutkan penguatan di kisaran 6.350-6.427.

IHSG Berpeluang Melemah, Pantau Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta – Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melemah pada perdagangan saham Senin pekan ini.

Analis PT Indosurya Sekuritas, William Suryawijaya menuturkan,  IHSG berpotensi menguat pada awal pekan. Hal ini dipengaruhi rilis data penjualan ritel yang diperkirakan meningkat. Selain itu, rilis data cadangan devisa Februari meningkat menjadi USD 123,3 miliar.

William menilai, hal tersebut menunjukkan kondisi fundamental ekonomi solid dan kuat. Aliran dana investor asing diharapkan kembali masuk ke pasar modal Indonesia sehingga berdampak positif untuk IHSG.

Dengan ada sentimen itu diharapkan dapat mendorong IHSG bergerak di zona hijau. “IHSG akan bergerak di kisaran 6.336-6.498,” ujar William.

Sementara itu, Kepala Riset PT Samuel International, Harry Su menuturkan, IHSG berpotensi melemah. Hal ini seiring perlambatan pertumbuhan global dapat mempengaruhi pertumbuhan Indonesia.

Dalam laporan analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji menilai, secara teknikal, IHSG berpeluang turun. IHSG akan bergerak di kisaran 6.341-6.462 pada Senin pekan ini.

“IHSG ditutup melemah signifikan 1,16 persen pada pekan lalu di kisaran 6.363. Berdasarkan indikator, MACD masih membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, stochastic dan RSI berada di area oversold. Di sisi lain terlihat long black opening marubozu candle yang mengindikasikan adanya potensi pelemahan lanjutan,” tutur Nafan.

Andi Arief Berpeluang Direhab, Ini Tandanya Seseorang Kecanduan Narkoba

Jakarta – Bareskrim telah menguji urine Wasekjen Demokrat Andi Arief. Urine Andi Arief positif mengandung sabu.

“Kami sudah juga melakukan tes urine, terhadap saudara AA dan positif sabu,” kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dikutip dari detiknews, Senin (4/3/2019).

Seorang pengguna tidak langsung mengalami ketergantungan usai mengonsumsi narkoba. Namun konsumsi dalam jangka waktu tertentu bisa menyebabkan ketergantungan, yang pada akhirnya akan mengancam kesehatan dan keselamatan pengguna.

“Dalam International Classification of Diseases (ICD) ada 12 kondisi yang menandakan seseorang mengalami ketergantungan. Pengguna cukup memiliki 3 dari 12 tanda tersebut untuk masuk pusat rehabilitasi,” kata peneliti dr Hari Nugroho peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neurosience (IMAN) pada detikHealth, Senin (4/3/2019).

Tanda pertama adalah peningkatan toleransi zat narkoba pada pengguna. Pada gejala ini, pengguna memerlukan dosis yang lebih besar dibanding saat pertama menggunakan narkoba untuk mendapatkan efek yang sama.

Tanda kedua adalah munculnya gejala putus zat pada pengguna yang keinginannya mengonsumsi narkoba tidak terpenuhi. Gejala withdrawal ini beragam mulai dari sakit kepala, diare, gemetar, lelah, hingga sulit mengendalikan emosi.

Tanda ketiga adalah tanda yang berkaitan dengan kondisi psikososial pengguna. Tanda ini meliputi kehidupan pribadi yang mulai terganggu, memprioritaskan konsumsi zat dibanding kepentingan lainnya, dan muncul keluhan dari lingkungan sekitar akibat menggunakan narkoba.

Bila 3 tanda tersebut muncul, dr Hari menyarankan pengguna segera menghubungi pusat rehabilitasi dengan keinginan sendiri atau dibantu lingkungan sekitar.

(up/up)

9 Lawan Terakhir Man City dan Liverpool, Siapa Lebih Berpeluang Juara?

Jakarta – Persaingan Liverpool dengan Manchester City mendekati garis finis karena Liga Inggris 2018/19 tinggal menyisakan sembilan laga. Siapa lebih berpeluang juara?

Kedua tim menghuni dua posisi teratas di klasemen sementara dengan selisih satu poin saja. City tetap di peringkat pertama dengan 71 poin, setelah Liverpool gagal merebut kembali posisi puncak menyusul hasil seri 0-0 di markas Everton.

Di sisa sembilan pertandingan itu, kedua tim sama-sama masih harus bertanding melawan dua tim di enam besar; Liverpool menghadapi Tottenham Hotspur dan Chelsea, sementara City akan melakoni duel kontra Spurs serta Manchester United.


Liverpool sedikit diuntungkan karena memainkan satu laga kandang lebih banyak [5], dibandingkan City [4]. Laga-laga kandang Si Merah meliputi Burnley, Tottenham, Chelsea, Huddersfield Town, dan Wolverhampton di pekan terakhir.

Sementara itu City akan menghadapi Watford, Cardiff City, Tottenham, dan Leicester City di Etihad. Ini artinya, Derby Manchester akan digelar di markas MU, Old Trafford.

Beberapa lawan Liverpool dan City merupakan tim-tim papan bawah. Namun, duel-duel ini berpotensi berjalan tricky karena lawan akan lebih termotivasi untuk menghindari degradasi..

Berikut adalah 9 pertandingan terakhir Liverpool dan City

Liverpool: Burnley (K), Fulham (T), Tottenham (K), Southampton (T), Chelsea (K), Cardiff (T), Huddersfield (K), Newcastle United (T), Wolverhampton (K).

Man City: Watford (K), Fulham (T), Cardiff (K), Crystal Palace (T), Tottenham (K), Man United (T), Burnley (T), Leicester (K), Brighton (T).

*K: kandang
** T: tandang
(rin/fem)

3 Pelatih yang Doyan Bongkar Pasang Skuat, Jose Mourinho Salah Satunya

Jakarta – Jose Mourinho dikenal sosok pelatih dan manajer yang gemar memborong pemain bintang dan membongkar pasang tim. Pria asal Portugal itu kerap meminta dibelikan pemain baru di tim yang dilatihnya termasuk saat di Manchester United.

Selama 2,5 musim di Old Trafford, Jose Mourinho telah menghabiskan 455 juta euro atau sekitar Rp 7,2 triliun untuk membeli pemain baru. Mereka antara lain Paul Pogba, Nemanja Matic, Alexis Sanchez, dan Romelu Lukaku.

Namun selama karier kepelatihannya, Jose Mourinho juga gemar menjual pemain. Sudah puluhan pemain yang dijual mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu.

Yang bikin fans MU jengkel, tingkah boros Mourinho itu ternyata tak mampu mendatangkan prestasi, sehingga akhirnya dia dipecat dan digantikan Ole Gunnar Solksjaer.

Berikut 3 pelatih yang ahli menjual pemain, termasuk Jose Mourinho:

2 dari 4 halaman

Jose Mourinho (510,59 Juta Pound)

Jose Mourinho kini berstatus bebas. Pria asal Portugal itu belum kembali melatih klub setelah dipecat Manchester United pada Desember 2018.

Sepanjang karier kepelatihannya, mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu telah menjual total 64 pemain. Nilainya 510,59 juta pound atau sekitar Rp 9,2 triliun.

Sejumlah pemain yang pernah dijual Mourinho antara lain Mohamed Salah, Romelu Lukaku, serta Kevin De Bruyne. Mereja jadi pemain hebat di klub lain.

3 dari 4 halaman

Massimiliano Allegri (595,59 Juta Pound)

Massimiliano Allegri berpeluang memenangkan Scudetto Liga Italia kelima bersama Juventus. Selain itu, perekrutan Cristiano Ronaldo pada 2018 membuat Juventus diunggulkan meraih trofi Liga Champions musim ini.

Selama karier kepelatihannya, Allegri telah menjual 100 pemain. Jumlahnya mencapai 595,59 juta pound atau sekitar Rp 10,8 triliun.

4 dari 4 halaman

Leonardo Jardim (785,66 Juta Pound)

AS Monaco kembali menunjuk Leonardo Jardim, kurang dari empat bulan setelah digantikan legenda Arsenal Thierry Henry. Pelatih berusia 44 tahun itu sebelumnya sukses membawa Monaco juara Ligue 1 2016/17.

Namun, terpuruknya prestasi Monaco di musim ini diakibatkan kesalahan klub. Sebab dalam beberapa tahun terakhir, klub telah menjual sejumlah pemain terbaik.

Mereka di antaranya Kylian Mbappe (PSG), Bakayoko (Chelsea), Benjamin Mendy (Manchester City), Bernando Silva (Manchester City), Fabinho (Liverpool), dan Thomas Lemar (Atletico Madrid).

Secara total, Jardim telah menjual 52 pemain di lima klub yang telah dilatihnya sejauh ini. Nilai seluruh pemain itu mencapai 785,66 juta pound.

Sumber: Bola.net

IHSG Diprediksi Bakal Tertekan

Liputan6.com, Jakarta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi terkoreksi pada perdagangan saham Jumat (1/3/2019). IHSG kemungkinan tertekan dengan diperdagangkan pada level 6.418-6.585.

Dari sisi global, pasar akan menantikan data harga konsumen Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis pada pekan ini. Sedangkan dari domestik, pemerintah mencatat isu-isu geopolitik seperti pembicaraan dagang AS-China masih berlanjut.

Tak hanya itu, Pertemuan Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un menandakan bahwa risiko geopolitik berpeluang melandai.

“Melihat hal ini, IHSG kemungkinan masih akan tertekan pada kisaran support dan resistance di level 6382-6494,” ungkap Head of Research PT Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi Taulat.

Adapun menurut Analis PT Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan, IHSG secara teknikal menunjukan potensi pelemahan di rentang 6.374-6.561.

Saham-saham rekomendasi hari ini ialah sebagai berikut:

Saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT JAPFA Tbk (JPFA), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Kemudian saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), serta PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

2 dari 2 halaman

Penutupan Kemarin

Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) betah di zona merah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Aksi jual investor asing menekan laju IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Kamis (28/2/2019), IHSG merosot 82,33 poin atau 1,26 persen ke posisi 6.443,34. Indeks saham LQ45 tergelincir 1,53 persen ke posisi 1.006,09. Sebagian besar indeks saham acuan tertekan.

Sebanyak 282 saham melemah sehingga menekan laju IHSG. 124 saham menguat belum mampu menahan pelemahan IHSG. 126 saham diam di tempat. Pada Kamis pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.526,93 dan terendah 6.433,34.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 473.327 kali dengan volume perdagangan saham 14,6 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 10,7 triliun.

Investor asing jual saham Rp 1,25 triliun di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) di kisaran Rp 14.065. 10 sektor saham kompak tertekan. Sektor saham aneka industri turun 4,81 persen, dan bukukan penurunan terbesar. Disusul sektor saham manufaktur tergelincir 1,7 persen dan sektor saham tambang merosot 1,69 persen.

Di tengah tekanan IHSG, ada sejumlah saham yang mampu menguat. Saham-saham itu antara lain saham OCAP naik 24,58 persen ke posisi 294 per saham, saham HDFA melonjak 21,62 persen ke posisi 180 per saham, dan saham TOBA menanjak 7,84 persen ke posisi 1.720 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain saham TINS merosot 13,29 persen ke posisi 1.370 per saham, saham CINT tergelincir 12,41 persen ke posisi 254 per saham, dan saham ARII terpangkas 6,59 persen ke posisi 850 per saham.

Bursa saham Asia kompak tertekan. Indeks saham Hong Kong Hang Seng merosot 0,43 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi turun 1,76 persen, dan bukukan penurunan terbesar di Asia.

Selain itu, indeks saham Jepang Nikkei susut 0,79 persen, indeks saham Thailand melemah 0,56 persen, indeks saham Shanghai merosot 0,44 persen dan indeks saham Singapura tergelincir 1,15 persen.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji menuturkan, ada sejumlah faktor pengaruhi IHSG. Pertama, minimnya sentimen positif dari dalam negeri. Kedua, lesunya aktivitas manufaktur dan non-manufaktur di China yang ditandai dengan turunnya data indeks.

Ketiga, meredanya optimisme terhadap hubungan perdagangan AS dengan China akibat pernyataan dari ketua perwakilan dagang AS Robert Lighthizer.

Keempat, Belum tercapainya kesepakatan denuklirisasi di kawasan Semenanjung Korea pada perundingan tingkat tinggi antara AS dan Korea Utara di Vietnam. “Kelima krisis Kashmir menyebabkan para pelaku pasar memindahkan asetnya kepada instrumen yang bersifat safe haven seperti emas, yen, dan swiss franc,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Isi Lengkap Surat Mandat SBY: AHY Pimpin Pemenangan, Ibas Keseimbangan PD

Jakarta – Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi mandat kepada putra sulungnya yang juga komandan Kogasma PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memimpin pemenangan pemilu partai berlambang mercy itu. Kabar tersebut disampaikan SBY ke para kadernya lewat sebuah surat.

Surat SBY tersebut dibacakan oleh Sekjen PD Hinca Pandjaitan, di Kantor DPP PD, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). SBY tidak bisa fokus dalam pemenangan PD di Pemilu 2014 karena harus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan melawan penyakit kanker darah di Singapura.

“Secara nasional komandan Kogasma saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019,” ujar SBY dalam suratnya.


Berikut isi surat SBY untuk para kader Demokrat yang berisi soal mandat kepada AHY dalam pemenangan Pemilu:

Surat ini adalah tentang surat keputusan dewan pimpinan pusat Partai Demokrat tentang peningkatan intensitas dan efektivitas kampanye pemenangan Pemilihan Umum tahun 2019 yang sekarang sedang berjalan.

1. Kampanye nasional dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh melibatkan seluruh komponen partai yang meliputi Komando Tugas Bersama (Kogasma) yang sudah kami bentuk sejak 2017 lalu, Komisi Pemenangan Pemilu, jajaran organisasi partai dari pusat hingga daerah dan para caleg. Jadi semuanya satu kesatuan, menyeluruh.

2. Secara nasional komandan Kogasma, saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019.

3. Dalam pelaksanaan tugasnya, Komandan Kogasma dibantu oleh koordinator kampanye wilayah timur, saudara Soekarwo, anggota majelis tinggi Partai Demokrat dan koordinator kampanye wilayah barat, saudara Nachrawi Ramli, anggota majelis tinggi Partai Demokrat.

4. Di samping membantu komandan Kogasma, para koordinator wilayah kampanye mengkoordinasikan kampanye yang dilakukan oleh jajaran dewan pimpinan daerah partai di wilayah tugasnya.

5. Wilayah timur kampanye Partai Demokrat meliputi provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan wilayah barat yang menjadi wilayahnya Pak Nachrawi Ramli meliputi provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

6. Selama kampanye tugas-tugas harian DPP Partai Demokrat dilaksanakan oleh Sekjen Partai Demokrat.

7. Ketua fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan, dengan tugas kampanye para anggota DPR RI dari Partai Demokrat, karena 61 anggota DPR RI partai saat ini adalah incumbent yang hampir semuanya adalah Caleg.

8. Setelah kampanye pemilu dilaksanakan seluruh jajaran partai tetap melakukan pengawalan dan pengamanan suara yang diperoleh, baik suara partai maupun suara caleg agar Partai Demokrat tak dirugikan pihak manapun.

9. Susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat tidak ada perubahan, dan semua tetap memiliki tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan. Ini perlu saya ulangi, susunan tidak ada perubahan.

10. Surat ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, Rabu 27 Februari 2019.

Selain surat kepada kadernya, SBY juga mengirimkan surat khusus kepada Hinca. Dalam suratnya, SBY meminta Hinca menjelaskan kepada kader dan media massa soal posisinya saat ini. Berikut isinya:

Surat ini ditujukan kepada Saudara Hinca.

Pak Hinca menyertai penjelasan Pak Hinca kepada media massa tentang peningkatan intensitas dan kapasitas kampanye Partai Demokrat 2019 ini tolong sampaikan hal hal berikut kepada para kader Demokrat di seluruh tanah air.

Pertama dengan tidak dapatnya saya berjuang secara fisik bersama caleg dan kader Demokrat dalam kampanye lanjutan Pemilu 2019 ini saya harap semangat para caleg Demokrat tidak berkurang. Pada hakikatnya hati saya tetap bersama kader dan caleg Demokrat dalam perjuangan maha penting ini.

Saya pribadi juga Ibu Ani yang tengah menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan tetap berdoa kepada Allah SWT semoga perjuangan mulia para kader dan caleg Partai Demokrat berhasil dengan baik. Saya tahu 2 bulan ini saat saat yang paling menentukan untuk partai dan caleg Demokrat. Seperti yang saya lakukan bersama Ibu Ani sebenarnya saya sangat ingin secara fisik berada di lapangan. Namun Allah tidak mengizinkan karena saya harus mendampingi pengobatan dan perawatan kesehatan Ibu Ani yang dilakukan intensif saat ini.

Pesan dan harapan saya terus berjuang secara gigih dan lakukan perjuangan itu dengan cara baik, cerdas dan tepat. Dengarkan harapan dan aspirasi rakyat kemudian perjuangkan dalam Pemilu 2019 ini. Jika kelak para caleg terpilih untuk DPR RI, DPRD dan DPD Kab/Kota, wujudkanlah dan buktikan semua yang dikampanyekan itu Insyallah saudara sekalian berhasil.

Meskipun secara fisik saya tidak bisa aktif dalam kampanye di lapangan, saya percaya Partai Demokrtat tetap memiliki, berpeluang besar untuk mencapai suara. Saya yakin instruksi yang saya keluarkan kepada jajaran partai untuk meningkatkan intensitas dan kapasitas akan dapat dijalankan dengan baik.

Komandan Kogasma AHY dan para koordinator wilayah kampanye saudara Soekarwo dan Nachrawi adalah pemimpin dan kader Demokrat yang tangguh, berkualitas, dan memiliki kemampuan tinggi untuk melaksanakan kampanye di tanah air. Di samping berjuang untuk calegnya di dapil masing-masing, yang lain memperjuangkan juga membantu penuh Kogasma secara nasional.

Saya juga yakin dengan strategi dan taktik pemenangan pemilu yang telah dibekalkan para caleg sukses akan dapat diraih. Di samping itu 14 prioritas sebagai program unggulan yang ditawarkan kepada rakyat akan diperjuangkan Partai Demokrat beserta pemerintah yang dipilihnya adalah jawaban yang diinginkan rakyat.

Saudara Hinca karenanya saya yakin Partai Demokrat bukan hanya siap memenangkan pemilu tapi atas izin Allah yang maha kuasa, Partai Demokrat akan sukses dengan gemilang, Demokrat tidak hanya pandai berjanji tapi pernah memberi bukti pada pemerintahan. Ke depan jajaran Partai Demokrat akan sukses karena semua kebijakan dan program merupakan aspirasi dari rakyat kita juga jawaban dan solusi dari permasalahan.

Ketiga atau terakhir, saya mengamati kontestasi pemilih 2019 ini utamanya pilpres lebih keras dibandingkan dengan pilpres era reformasi sebelumnya. Polarisasi nampak lebih tajam, disertai hubungan antar identitas semakin berjarak. Jika situasi ini berkembang lebih jauh dan melewati batasannya, saya kuatir kerukunan dan keutuhan kita sebagai bangsa akan retak. Ini yang harus kita cegah untuk tidak terjadi pada negeri ini. Untuk itu saya berpesan pada Partai Demokrat untuk turun agar pemilu berjalan damai, demokratis, jujur, dan adil.

Pemilu memang keras tapi tidak sepatutnya menimbulkan perpecahan dan disintegrasi. Diperlukan tanggung jawab dan jiwa kita semua, utamanya elit dan pemimpin bangsa. Semoga praktik berdemokrasi dengan baik dapat dijaga dan dilaksanakan kembali dalam Pemilu 2019 ini. Demikian.

Sampaikan salam hangat saya dan Ibu Ani kepada seluruh kader dan caleg Demokrat. Sampaikan pula salam sayang saya kepada saudara saya rakyat Indonesia Tercinta.

Singapura, 27 Februari 2019
SBY


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.

(elz/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>