Miris, PNS Kemenag Pungli Dana Masjid Pasca Gempa di NTB

Jakarta – Staf PNS di Kementerian Agama Lombok Barat berinisial BA kena operasi tangkap tangan (OTT) Polres Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). BA resmi berstatus tersangka kasus dugaan pungutan liar dana rekonstruksi masjid pascagempa.

Kapolres Mataram, Nusa Tenggara Barat, AKBP Saiful Alam, mengungkapkan OTT terhadap BA terungkap dari laporan masyarakat yang menyebut proses pencairan dana rekonstruksi masjid yang lamban.

Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mataram kemudian bergerak menyelidiki dan akhirnya menangkap BA di wilayah Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, pada Senin 14 Januari 2019 sekitar pukul 10.00 Wita.

BA diduga telah meminta atau memalak sejumlah uang kepada pengurus masjid supaya mendapatkan dana rehab dari Kantor Kemenag NTB. BA tertangkap tangan menerima uang Rp 10 juta dari pengurus Masjid Baiturrahman, wilayah Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Masjid tersebut merupakan salah satu masjid yang terdampak gempa pada 5 Agustus 2018 lalu dan penerima dana rekonstruksi pascagempa dari Kemenag RI, yang sumber anggarannya berasal dari dana APBN senilai Rp 6 miliar.

Polisi juga melakukan penggeledahan di kantor Kemenag Perwakilan NTB dengan mengamankan sejumlah dokumen yang diduga berkaitan dana rekonstruksi masjid pascagempa.

“Jadi pascagempa itu kan Kementerian Agama itu mengucurkan dana untuk memberikan bantuan ke masjid-masjid yang ada di NTB, termasuk yang di kabupaten-kabupaten. Dari hasil penyelidikan kami, adanya bangunan yang agak lambat ternyata ada oknum yang bermain,” kata Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam ketika dihubungi detikcom, Selasa (15/1/2019).

Saiful menerangkan dana bantuan untuk renovasi masjid itu sebesar Rp 50-100 juta. Dari bantuan tersebut, BA diduga meminta 10-20 persen. BA diduga melakukan pungutan liar terhadap pengurus empat masjid di Kabupaten Lombok Barat.

“Yang sudah kita amankan ini sebenarnya dia sudah ambil dari empat masjid di wilayah Gunungsari. Setiap masjid yang diberi dana bantuan itu diminta 20 persen,” pungkasnya.

BA telah resmi ditetapkan sebagai tersangka karena melakukan pungutan liar dana rekonstruksi masjid pascagempa.

“Karena yang bersangkutan merupakan pegawai negeri sipil yang bertugas sebagai staf KUA di Gunungsari, makanya disangkakan pada Pasal 12 huruf e Undang-Undang Tipikor,” kata Saiful.

Kini, BA masih diperiksa secara intensif di Mako Polres Mataram. Tidak menutup kemungkinan masih ada pelaku lain yang bakal dibekuk. “Masih satu orang yang ditangkap, sekarang lagi kita proses pemeriksaan untuk dikembangkan,” jelasnya.

Kasatreskrim Polres Mataram AKP Joko Tamtomo menerangkan BA terancam dijerat dengan pasal di UU Tipikor, yang hukuman maksimalnya seumur hidup. “Apabila terbukti, pelaku bisa dijerat dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau penjara paling singkat 4-20 tahun dan denda Rp 200 juta hingga Rp 1 miliar,” tutur Joko.
(aan/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Eks Winger PSMS Ini Kaget Dikontrak Persib

Liputan6.com, Bandung – Frets Butuan akhirnya berlabuh ke Persib Bandung untuk kompetisi 2019. Frets mengaku kaget dikontrak Persib untuk durasi dua tahun.

Musim lalu, Frets merupakan winger andalan PSMS Medan. Namun, PSMS terdegradasi ke Liga 2 dan kontrak Frets tidak diperpanjang.

“Siapa pemain yang tidak mau main di tim Persib. Saya bangga, sampai sekarang saya tidak menyangka bisa main di sini,” ujar Frets di Bandung, seperti dilansir Antara.

Sebelum memutuskan bergabung ke Persib, Frets mengaku mendapat tawaran dari empat tim di Indonesia. Setelah melalui pertimbangan matang, Frets memilih Persib.

Dia sadar konsekuensi bermain untuk Persib. Menurut Frets, butuh mental baja untuk menghadapi tekanan dari Bobotoh yang haus kemenangan dan gelar.

“Itu (tekanan suporter) sudah biasa dalam sepakbola. Saya sendiri sudah siap mental,” terang Frets.

2 dari 3 halaman

Tekanan di Persib

Soal tekanan dan atmosfer di Persib, Frets mendapat banyak informasi dari rekannya Erwin Ramdani yang kini sama-sama bergabung ke ‘Maung Bandung’. Ia pun merasa tertantang bermain di Persib.

“Semoga saya di sini bisa bantu tim dengan kekuatan dan kemampuan yang saya punya. Mudah-mudahan Persib tahun ini juga bisa lebih baik (dibanding tahun lalu),” kata Frets.

3 dari 3 halaman

Sedikit Tegang

Sementara soal kesannya mengikuti latihan, ia mengaku sedikit tegang. Sebab, ia belum dekat dengan para pemain lainnya.

“Saya senang, cukup rileks walaupun agak tegang sedikit karena ini baru latihan. Tapi saya yakin dengan berjalannya waktu saya bisa menyatu dengan tim ini,” jelas Frets.

Saksikan video menarik di bawah ini

James Milner Puji Cara Adaptasi Alisson di Liverpool

Jakarta Pemain Liverpool James Milner menganggap Alisson Becker sebagai pemain yang paling menonjol di timnya pada musim ini.

Milner takjub dengan cara Alisson beradaptasi di Premier League. Ini adalah musim pertama Alisson yang baru didatangkan dari AS Roma pada musim panas 2018.

“Tidak muda datang ke liga yang baru. Ada kehidupan baru dan juga cuaca yang berbeda (ketimbang di Italia). Namun, Alisson sungguh luar biasa dengan keberadaannya di lapangan dan juga penyelamatannya,” ujar Milner.

“Setiap pemain pasti membuat kesalahan. Untuk seorang kiper, ada sedikit perbedaan karena kesalahan biasanya berujung gol. Namun, jika membuat kesalahan, dia tidak terpuruk. Dia akan tetap percaya diri dan bermain seolah tidak terjadi apa-apa.”

“Kami menganggap dia sangat luar biasa sejauh ini. Saya percaya, dia akan menjadi pemain penting untuk Liverpool,” lanjut Milner.

Alisson direkrut dengan biaya transfer 60 juta euro. Pada musim ini, Alisson telah tampil sebanyak 28 pertandingan dan tidak kebobolan dalam 15 laga Liverpool di berbagai ajang.

Sumber: liverpoolfc.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Milan Bakal Lakukan Apa Saja Demi Kalahkan Juve

JeddahAC Milan bakal berhadapan dengan Juventus di Supercoppa Italia. Rossoneri akan melakukan apapun agar pulang dengan trofi.

Duel antara Milan dan Juventus bakal berlangsung di King Abdullah Sports City, Jeddah, Kamis (17/1/2019) dinihari WIB. Terakhir kali kedua tim bertemu di Supercoppa Italia pada 2016.

Milan saat itu menang lewat adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sampai extra time.

Bek Milan, Alessio Romagnoli, sudah siap menyambut laga ini. Dia juga mengatakan bahwa Rossoneri bakal melakukan apa saja demi memenangi pertandingan.
“Saya punya perasaan yang bagus. Sangat menyenangkan berada di sini bermain dalam kompetisi penting seperti ini. Kami sudah mempersiapkan dengan baik dan kami akan melakukan segalanya untuk menang,” kata Romagnoli seperti dikutip dari situs resmi Milan.

Milan sempat mengalami penurunan performa di bulan Desember 2018. Tim besutan Gennaro Gattuso menjalani lima laga beruntun tanpa kemenangan: tiga imbang dan dua kalah. Milan juga cuma mampu cetak satu gol dari lima laga.

Kondisi Milan mulai membaik pada pertandingan terakhir di 2018 dengan mengalahkan SPAL 2-1. Milan kembali menang di pertandingan pertamanya pada 2019 dengan mengalahkan Sampdoria 2-0 lewat extra time di 16 besar Coppa Italia.

“Ini (Supercoppa Italia) bisa menjadi titik balik musim kami. Kami tahu menghadapi salah satu tim terkuat di Eropa. Kami menghormati Juve, tetapi kami juga menyadari kualitas kami,” Romagnoli menambhakan.

“Karena itu, kami harus memastikan bahwa Milan menyusahkan mereka. Ini adalah pertandingan satu leg dan apa pun bisa terjadi,” tegasnya.

(ran/rin)


Liverpool Kehilangan Trent Alexander-Arnold Selama Dua Pekan

Jakarta Kabar buruk kembali menimpa LiverpoolBek kanan, Trent Alexander-Arnold, dikabarkan mengalami cedera lutut dan kemungkinan akan absen selama dua pekan.

Alexander-Arnold menderita masalah lutut setelah laga Liverpool kontra Brighton and Hove Albion, akhir pekan lalu. Namun, Alexander-Arnold sebenarnya masih mampu bermain selama 90 menit.

Setelah pertandingan, Alexander-Arnold mengeluhkan masalah di lututnya. Tim dokter Liverpool kemudian memeriksa kondisi bek tim nasional Inggris itu.

Alexander-Arnold dinyatakan mengalami cedere lutut ringan. Liverpool akan kehilangan pemain yang piawai melakukan tendangan bebas itu selama dua pekan.

Kabar ini semakin menambah krisis pemain belakang Liverpool. Tercatat, beberapa bek The Reds telah lebih dahulu cedera, antara lain Joe Gomez dan Dejan Lovren.

Liverpool tidak lagi memiliki bek kanan lain karena sudah melepas Nathaniel Clyne ke AFC Bournemouth dengan status pinjaman. Pada laga berikutnya, manajer Jurgen Klopp memiliki opsi alternatif di posisi bek kanan dengan memainkan James Milner, Fabinho, atau pemain muda Ki-Jana Hoever.

Sumber: bbc.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Gattuso: Higuain Tak Pernah Bilang Ingin Pergi

Jeddah – Rumor seputar masa depan Gonzalo Higuain terus menghangat. Namun, pelatih AC Milan Gennaro Gattuso menegaskan, Higuain tidak pernah mengatakan ingin hengkang.

Bomber Argentina itu direkrut Milan dari Juventus sebagai pemain pinjaman pada musim panas lalu. Meski sempat tampil menjanjikan, Higuain kini mengalami kesulitan usai hanya mencetak delapan gol dalam 20 penampilannya di semua kompetisi.

Chelsea menjadi klub yang paling santer dikaitkan dengan Higuain di bursa Januari. Manajer klub Maurizio Sarri diyakini menginginkan bereuni dengan El Pipita, usai pernah sukses saat masih berkarier di Napoli. Toh, striker-striker Chelsea: Alvaro Morata dan Olivier Giroud mejan.


Nicolas, agen sekaligus kakak Higuain, dilaporkan telah terbang ke London untuk membahas kepindahan si pemain. Higuain disebut-sebut akan bergabung Chelsea sebagai pemain pinjaman.

“Saya ingin menegaskan bahwa Higuain tidak pernah mengatakan kepada saya bahwa dia ingin pergi. Saya menunggu hal itu,” lugas Gattuso dalam konferensi pers jelang Piala Super Italia melawan Juventus di Jeddah, Arab Saudi.

“Sejujurnya, saya bahkan tidak ingin membicarakan tentang Higuain karena kita di sini untuk Supercoppa,” sambung dia yang dilansir Football Italia.

Milan akan menantang Juventus dalam Piala Super Italia, Kamis (17/1/2019) dinihari WIB. Higuain diindikasikan tidak terpengaruh dengan rumor-rumor di sekelilingnya.

“Saat ini, saya harus mengulang kata-kata yang sama: memang ada banyak rumor, tapi Higuain berlatih dengan baik, bekerja sama dengan semua pemain dan berada di pihak kami,” sahut Gattuso.

“Kita lihat saja apakah dia bermain atau tidak. Dia harus memilih apa yang harus dilakukan, bagaimana menyelesaikan isu ini, tapi untuk sekarang dia berlatih dengan profesionalisme besar. Kalau dia besok bermain, itu karena saya melihat dia dalam bentuk yang bagus dan tenang.”
(rin/raw)


Drama Adu Penalti Kerap Hiasi Duel Juventus Vs AC Milan di Supercoppa Italia

Jakarta – Juventus dan AC Milan akan bentrok pada pertandingan Supercoppa Italia di King Abdullah Sports City, Jeddah, Rabu (16/1/2019). Laga ini menjadi pertemuan ketiga Juve dan Milan di Supercoppa Italia.

I Bianconeri dan I Rossoneri merupakan dua klub dengan koleksi trofi terbanyak di ajang yang telah berlangsung sejak 1988 ini. Juventus dan AC Milan tercatat tujuh kali menjuarai Supercoppa Italia.

Kedua klub berpeluang menambah koleksi trofi juara pada tahun ini. Juve berhak berlaga di Supercoppa Italia dengan status kampiun Serie A musim lalu. Sementara itu, AC Milan merupakan runner-up Coppa Italia, karena titel juara diraih oleh Juventus.

Sejauh ini, La Vecchia Signora dan Il Diavolo Rosso telah dua kali bertemu di Supercoppa Italia, yakni pada 2003 dan 2016. Dari dua pertemuan tersebut, Juventus dan AC Milan sama-sama saling mengalahkan.

Uniknya, kemenangan tersebut diraih lewat drama adu penalti. Kedua klub terpaksa melakoni babak tos-tosan, karena bermain sama kuat 1-1 selama 120 menit.

Pada pertandingan Supercoppa Italia 2003 yang berlangsung di Giants Stadium, New Jersey, Amerika Serikat, Juventus keluar sebagai juara setelah menang 5-3 atas AC Milan.

Sementara itu, dalam laga Supercoppa Italia 2016 di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, giliran Milan yang mengalahkan Juve lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

Lantas, apakah pertemuan ketiga Juventus versus AC Milan di Supercoppa Italia 2018 akan kembali berakhir dengan adu penalti? Layak untuk dinantikan.

Sumber: Berbagai sumber/Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Sepaket Ketajaman dan Kepercayaan Diri untuk Gabriel Jesus

JakartaGabriel Jesus menemukan kembali kepercayaan diri setelah mencetak gol-gol di awal tahun ini. Penyerang Manchester City ini sempat menjalani periode seret gol.

Jesus mencetak tujuh gol sejak pergantian tahun. Dia bikin satu gol ke gawang Rotherham di Piala FA, empat gol ke gawang Burton Albion di Piala Liga Inggris, lalu dua gol ke gawang Wolverhampton Wanderers di Premier League, Selasa (15/1/2019) kemarin.

Jumlah tujuh gol dalam tiga pertandingan itu sudah menyamai total torehannya sepanjang 23 pertandingan sebelumnya. Periode sulit itu pula yang membuat kepercayaan dirinya memudar.

“Saya merasa dalam kondisi bagus dan kepercayaan diri saya kini sudah lebih baik untuk mencetak gol-gol. Itu penting bagi saya karena saya seorang penyerang yang bermain di klub besar, dengan pemain, manajemen, dan staf yang menakjubkan,” ungkap Jesus dikutip Sky Sports.

“Jadi saya perlu mencetak gol-gol, tapi saya membantu tim dengan bermain baik. Tim ini bermain sangat baik untuk memenangi laga kemarin,” tambahnya.

Kembalinya ketajaman Jesus akan krusial untuk upaya City mempertahankan gelar Premier League musim ini. The Citizens sementara ini ada di posisi dua dengan 53 poin dari 22 pekan, tertinggal empat poin dari Liverpool di puncak klasemen.

(raw/ran)

Arsenal Siap Lepas Mesut Ozil ke Juventus atau Inter Milan

London – Masa depan Mesut Ozil bersama Arsenal semakin tak menentu. Sejumlah media di Italia menyebut, manajemen The Gunners siap melepas Ozil ke Juventus atau Inter Milan. 

Emery berharap mendapatkan dana segar dengan menjual Ozil. Dana itu akan digunakan manajer asal Spanyol untuk mendatangkan Denis Suarez dari Barcelona.

Ozil memang tidak masuk skema masa depan Emery di Arsenal.Gaya bermain mantan pemain Real Madrid ditengarai tidak cocok dengan taktik Emery.

Namun, bukan hal yang mudah untuk melepas Ozil ke klub lain. Hal ini dikarenakan Ozil menerima gaji 350 ribu poundsterling per pekan di Arsenal.

Sepanjang musim ini, Ozil, belum memperlihatkan performa yang optimal. Mantan pemain timnas Jerman baru mencetak empat gol dan mengemas dua assist dari 16 penampilan di semua ajang bersama Arsenal.

Sumber: The Sun/Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Demi Cepat Adaptasi di Arsenal, Torreira Tekun Belajar Bahasa Inggris

London – Inggris menjadi negara baru yang disambangi Lucas Torreira untuk berkarier di sepakbola. Bagaimana cara gelandang Arsenal itu adaptasi?

Torreira menjadi bagian Arsenal pada musim panas 2018. Meriam London mendatangkan pria asal Uruguay itu dari Sampdoria dengan harga 26,4 juta pound sterling.

Inggris adalah negara asing kedua untuk Torreira setelah lima tahun di Italia. Dia langsung berusaha keras belajar bahasa Inggris demi mempercepat adaptasi dengan lingkungan di London dan rekannya di Arsenal.


“Yah, saya harus mengatakan itu tidak mudah karena ini adalah kehidupan baru bagi saya, tetapi saya memiliki sikap yang benar, berusaha keras untuk itu dan saya beradaptasi dengan kehidupan di Inggris dan tentu saja bahasanya,” Kata Torreira, dikutip dari situs resmi Arsenal.

“Saya belajar sangat keras karena saya pikir itu sangat penting. Ini bukan hanya fakta bahwa saya di sini, saya juga memerlukan bahasa untuk dapat berkomunikasi dengan rekan satu tim saya di lapangan,” tegasnya.

Pemain 22 tahun ini juga terkesan dengan kota London. Torreira merasa tak akan pernah bosan untuk tinggal di ibu kota Inggris.

“Ini adalah kota yang fantastis. Ada segalanya dan tidak mungkin kamu bosan di sini. Saya sungguh sangat senang,” Torreira mengungkapkan.

“Juga untuk cinta yang diberikan para fans membuat saya merasa sangat senang. Saya berusaha memberikan yang terbaik setiap kali dapat kesempatan bermain,” sambungnya.

Torreira tercatat sudah main 28 kali untuk Arsenal di semua ajang. Sebagai gelandang bertahan, dia mampu menyumbang dua gol dan dua assist.

(ran/rin)