Kuasai Blok Migas hingga Kontrak Migas Gross Split, Kebijakan Jokowi di Sektor Energi

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) melahirkan beberapa kebijakan terkait pengolahan sumber daya alam (SDA), khususnya pada sektor minyak dan gas bumi (migas) serta mineral dan batubara (minerba) selama kurun 4 tahun. SDA merupakan salah satu yang akan dibahas pada Debat Capres hari ini.

Berdasarkan catatan Liputan6.com, Minggu (17/2/2019), kebijakan pada sektor migas dari hulu yang terjadi pada Era Jokowi, antara lain penyerahan pengolahan Blok Migas Mahakam ke PT Pertamina (Persero) per 1 Januari 2018. Ini setelah 50 tahun‎ blok migas yang terletak di Kalimantan Timur tersebut dikelola PT Total E&P Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga memutuskan peralihan kontrak pengolahan Blok Rokan ke Pertamina‎ dari Chevron Pacific Indonesia setelah kontraknya habis pada 2021. Chevron telah menggarap blok migas yang menjadi tulang punggung produksi minyak nasional ini selama 50 tahun.

Untuk tata kelola ‎hulu migas, pemerintah mengeluarkan terobosan berupa kontrak bagi hasil migas gross split. Sistem bagi hasil ini diyakini lebih transparan, efektif dan efisien dalam penghitungan split bagi hasil migas antara pemerintah dengan kontraktor, ketimbang kontrak bagi hasil cost recovery yang digunakan sebelumnya.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan, saat ini total wiayah kerja migas yang telah menggunakan skema gross split menjadi 39. Terdiri dari 14 dari blok eksplorasi, 21 dari perpanjangan atau alih kelola, 4 yang amandemen.

“Setelah ‎dua WK yaitu WK Lampung III dan WK GMB Muralim, mengamandemen kontrak bagi hasil migas yang semula menggunakan skema bagi hasil cost recovery menjadi gross split, jumlahnya menjadi 39,” kata Arcandra.

2 dari 2 halaman

Minerba

Pada sektor minerba, tentunya Pemerintah Jokowi mencatatkan sejarah atas kesepakatan perubahan status Freeport Indonesia dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Adapun salah satu ketentuan didalamnya adalah pelepasan saham Freeport Indonesia ke PT Indonesia Asaham Alumunium (Inalum) sehingga holding BUMN tambang tersebut menjadi pemilik saham mayoritas sebesar 51 persen.

Pada sektor batu bara, pemerintah membuat kebijakan harga patokan tertinggi batu bara sebesar USD 70 per ton untuk sektor kelistrikan. Kebijakan tersebut bertujuan untuk membuat tarif listrik tetap stabil.

Pemerintah pun telah berniat untuk menahan tarif listrik sepanjang 2019 tidak mengalami kenaikan. Rencana tersebut akan diterapkan untuk seluruh golongan pelanggan.

Bahkan PT PLN (Persero) memberikan diskon tarif listrik kepada pelanggan R-I 900 Volt Amper (VA) Rumah Tangga Mampu(RTM) mulai 1 Maret 2019, ‎insentif ini diberikan karena adanya efisiensi digolongan ini, serta terjadinya penurunan harga minyak dan kurs dollar.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan,‎ dengan pemberlakuan insentif ini maka pelanggan golongan R-1 900 VA RTM hanya membayar tarif listrik sebesar Rp 1.300 per kilowatt hour (kWh) dari tarif normal sebesar Rp 1.352 per kWh.

“Penurunan tarif ini berlaku bagi 21 juta pelanggan listrik R-1 900 VA RTM,”tandasnya.

Tahun Depan, Teknologi Pengereman AEB Bakal Jadi Fitur Standar Mobil

Liputan6.com, Jakarta 40 negara yang dipimpin oleh Jepang dan Uni Emirat Arab belum lama ini mengajukan permohonan penerapan Advanced Emergency Braking system (AEB). Teknologi ini akan digukakan pada mobil-mobil baru dan kendaraan komersial ringan. Kiranya teknologi ini akan diterapkan pada tahun depan.

Dilansir Carscoops, tujuan dari aturan penggunaan AEB tak lain untuk meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya. Ada 3 negara yang akan menggunakan aturan yang telah mereka buat sendiri di dalam negerinya. Ketiga negara tersebut yaitu Amerika Serikat, Cina dan India.

Tercatat pada 2016, dari 9.500 angka kematian yang terjadi di Uni Eropa, 38 persen di antaranya disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Lima puluh persen mayoritas korban tewas dari kecelakaan di jalan raya menimpa sang pengemudi. Sedangkan, untuk pejalan kaki sebesar 40 persen.

Menurut sebuah studi dari Euro NCAP dan Australasian NCAP menyatakan bahwa dengan penggunaan sistem AEB berdampak terhadap penurunan angka kecelakaan hingga 38 persen. Komisi Eropa juga memprediksi bahwa dengan kehadiran sistem ini dapat menyelamatkan lebih dari 1.000 nyawa setiap tahunnya di Uni Eropa.

2 dari 3 halaman

Aturan di Amerika Serikat

Sementara itu, Amerika Serikat telah memberlakukan persyaratan yang ketat dan selaras secara  internasional untuk menggunakan sistem AEB pada kecepatan rendah yaitu di kisaran 60 km/jam.

Aturan di Amerika Serikat tersebut berlaku untuk mobil yang saat ini sedang dalam masa produksi atau masih berbentuk prototipe agar ke depannya tidak perlu lagi memasang fitur tersebut.

Untuk sementara, rancangan peraturan tersebut sudah mendapat lampu hijau dan disetujui oleh Partai Kerja untuk kendaraan otomatis/otonomi dan terhubung (GRVA) di Forum Dunia UNECE. Diharapkan, aturan ini segera disetujui agar para produsen mobil dapat segera mengadopsi AEB pada kendaraan terbarunya.

Untuk Amerika Serikat, mereka telah memiliki perjanjian dengan 20 produsen mobil  yang menyatakan bahwa setiap kendaraan baru harus memiliki sistem AEB pada September 2022. Diketahui ada 4 merek mobil yaitu Tesla, Mercedes-Benz, Toyota dan Volvo yang sudah menjadikan aturan ini sebagai suatu fitur standar dari mobil mereka.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Keuntungan Menggiurkan dari Usaha Penyewaan Motor Listrik Migo

Liputan6SCTV, Jakarta – Maraknya penyewaan motor listrik atau Migo yang belum dilengkapi dengan payung hukum menimbulkan polemik di masyakarat. Penyewaan motor listrik itu sudah menjamur di berbagai daerah di Jakarta seperti Warakas dan Matraman.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (17/2/2019), motor listrik dianggap sebagai terobosan teknologi kendaraan yang ramah lingkungan. Dengan kondisi baterai penuh, motor listrik tersebut bisa melaju sejuah 40 kilometer dengan kecepatan maksimum 40 km per jam.

Untuk mengendarainya, cukup dengan mengakses aplikasi penyewaan dari smartphone, penyewa dapat membawa satu unit motor listrik, dengan tarif Rp 3 ribu per 30 menit yang bisa dibawa berjalan-jalan kemana pun. Bahkan seringkali penyewa menggunakan motor listrik ke jalan raya.

Tanpa SIM dan kendaraan ber-STNK, mengemudi di jalan raya tentu saja termasuk perbuatan melanggar hukum. Berdasarkan aturan yang berlaku, mengemudi di jalan raya harus dilengkapi dengan surta izin mengemudi (SIM) dan kendaraan pun wajib terdaftar, atau memiliki STNK.

Namun demikian, selain menyenangkan bagi para penyewa, motor listrik tersebut merupakan usaha yang menggiurkan. Hanya cukup menyediakan rumah sebagai pangkalan motor listrik, sang pemilik sudah bisa mendapatkan keuntungan Rp 700 ribu per bulan. (Galuh Garmabrata)

Diincar Banyak Klub, Koulibaly Fokus Tampil Bagus buat Napoli Saja

Naples – Bek Napoli, Kalidou Koulibaly, dikaitkan menjadi incaran beberapa klub besar akhir-akhir ini. Tapi, fokusnya kini hanya tampil oke bersama Partenopei.

Manchester United, Chelsea, hingga Real Madrid dan Barcelona dikabarkan tertarik untuk mendatangkan bek asal Senegal itu.

Para klub peminat jelas harus menrogoh kocek dalam-dalam untuk mendatangkan Koulibaly. Dia baru saja menandatangani kontrak baru dengan Napoli yang berlaku sampai 2023.

Mantan pemain Genk ini merasa tersanjung karena banyak klub yang meminatinya. Koulibaly hanya fokus untuk terus bermain bagus bersama Napol.

“Masa depan saya? Saya tidak tahu apakah pantas dianggap salah satu bek terkuat. Saya hanya selalu mencoba memberikan yang terbaik,” ujarnya kepada Rai Sport.

“Sejak berada di sini, saya selalu mencoba tumbuh bersama Napoli. Saya punya banyak motivasi untuk terus berkembang dan terus bermain seperti ini,” tambah dia.

“Senang rasanya banyak tim yang memantau saya. Tapi, saya ingin mendemonstrasikan di lapangan bahwa memang sedang berada di level terbaik dan ingin memperlihatkan itu juga pada masa depan,” tutur bek Senegal tersebut.

(cas/yna)

Tahun Politik Tak Hambat Bisnis Properti

Liputan6.com, Jakarta – Mengamati data Rumah.com Property Index dan data nasional, pasar properti nasional di tahun 2019 dipastikan akan lebih positif, melanjutkan tren yang telah terbentuk di sepanjang 2018.

Meski kepuasan terhadap upaya Pemerintah dalam menjaga harga hunian tetap terjangkau sedikit menurun, namun mayoritas merasa optimistis dengan iklim properti Indonesia saat ini. Kendati begitu, berbelitnya proses pengurusan KPR bisa menjadi penahan laju pasar properti nasional.

Kebijakan Pemerintah yang melonggarkan Loan To Value (LTV) atau uang muka membuka kesempatan bagi para pencari properti untuk membeli rumah dengan uang muka yang serendah-rendahnya.

Secara umum, pasar properti Indonesia di tahun ini tidak akan begitu terpengaruh dengan keadaan politik.

Pasar properti akan terus merangkak naik dan menuju pemulihan, sehingga ini merupakan kesempatan yang tepat untuk membeli properti. Baik untuk dihuni atau dipakai sendiri maupun sebagai sarana investasi.

Simak juga: Mau tahu kebutuhan konsumen properti saat ini? Temukan jawabannya dalam Riset Konsumen Properti di Rumah.com!

Senada, menurut pengembang PT Bakrie Swasakti Utama sebagai anak usaha Bakrieland Development Tbk (ELTY), situasi politik yang akan terus ramai hingga semester satu 2019 diyakini tak akan berdampak signifikan terhadap aktivitas penjualan.

“Sebab kami punya target pasar yang spesifik, sehingga kami tetap optimistis penjualan tiga proyek yang ada di kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan, yakni The Masterpiece, The Empyreal serta Ocea Condotel, akan memenuhi target di tahun 2019,” kata Hermon Simanjuntak, Sales & Marketing Division Head PT Bakrie Swasakti Utama.

Ia melanjutkan, “Buktinya di Januari, empat unit apartemen telah terjual. Berbanding bulan yang sama tahun lalu, dimana hanya terjual 2 unit itu sudah bagus.”

The Masterpiece dan The Empyreal yang berada di megasuperblok terpadu Rasuna Epicentrum dibanderol dengan harga jual mulai Rp 3 miliaran. Terkini, unit di kedua apartemen hanya tersisa sekitar 5% dari total keseluruhan 463 unit.

Sementara Ocea Condotel ditawarkan mulai dari Rp 1 miliaran – Rp 2 miliaran. Kondotel ini mengusung konsep arsitektur modern, yang dibangun di atas lahan seluas 12.582 meter persegi dengan ketinggian 32 lantai dan berjumlah 324 unit.

“Ocea Condotel sangat ideal untuk ajang investasi, bisa digunakan investor sebagai penginapan pribadi namun dalam batas waktu tertentu. Pemiliknya bisa stay sampai 25 kali dalam satu tahun, mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku,” ujar Hermon.

2 dari 2 halaman

Peluang Itu Tetap Ada

Kilas balik di tahun lalu, Colliers International Indonesia menemukan fakta bahwa masyarakat Jakarta lebih memilih menabung daripada membelanjakan uangnya ke dalam bentuk properti.

Alasan turunnya minat dipicu oleh pertumbuhan harga tahunan apartemen, yang tercatat lebih rendah (2,5%) dari tingkat inflasi 2018 sebesar 3,13%.

Sedangkan di tahun ini, diperkirakan permintaan apartemen bakal cenderung stagnan. Hal tersebut disebabkan konsumen lebih menunggu sampai pemerintahan baru terbentuk.

Di samping itu, adanya potensi kenaikan suku bunga dan kemungkinan pelemahan rupiah akibat ketidakpastian global turut menjadi penyebab.

(Cek Rumah.com/Panduan untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan terkait KPR dan membeli rumah sampai mengurus sertifikat rumah)

Kendati demikian, pangsa hunian vertikal tetap memiliki peluang dari efek lanjutan relaksasi Loan To Value (LTV) serta penurunan pajak properti (PPnBM dan Pajak Barang Sangat Mewah).

Untuk itu, terkait rencana penjualan ketiga produk, PT Bakrie Swasakti Utama berupaya menarik minat konsumen dengan mengimplementasikan strategi yang sudah terbukti berhasil pada tahun lalu.

“Tahun lalu properti disebut lesu, tapi penjualan kami masih tetap ada. Lalu sales di awal tahun ini sendiri sudah cukup memuaskan, meski belum mencapai 100% dari target yang ditentukan tiap bulannya. Dan kami tetap yakin, di akhir tahun semua produk yang tersisa akan sold out,” Hermon menjelaskan.

Beberapa metode penjualan yang bakal dilakukan diantaranya menyiasati uang muka (Down Payment) agar bisa lebih rendah dari harga normal. Ada juga komponen lain seperti gratis biaya-biaya terkait urusan perbankan.

“Namun teknik ini situasional, mana yang lebih disukai calon customer itu yang akan kami gencarkan. Sebab penetrasi kami lakukan lewat dua cara, baik konvensional dan digital,” tukasnya.

Dapatkan ulasan lebih mendalam tentang Rumah.com Property Outlook 2019 di sini (https://www.rumah.com/insights/rumah-com-property-market-outlook-2019-326)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Marak Sewa Motor Listrik, Bagaimana Legalitasnya?

Liputan6.com, Jakarta – Penyewaan motor listrik kini marak di Jakarta. Tak jarang penyewa membawa motor listrik hingga ke jalan raya. Hal ini menimbulkan polemik karena motor listrik tidak dilengkapi STNK dan pengendara pun sering kali merupakan anak-anak yang belum memiliki SIM.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (16/2/2019), penyewaan motor listrik sudah menjamur di berbagai daerah di Jakarta, seperti Warakas dan Matraman.

Motor listrik bernama Migo ini dianggap sebagai terobosan teknologi kendaraan yang ramah lingkungan.  

Dengan kondisi baterai penuh, motor listrik bisa melaju sejauh 40 km dengan kecepatan maksimum 40 km per jam. Untuk mengendarainya, cukup dengan mengakses aplikasi penyewaan dari smartphone penyewa.

Dengan tarif Rp 3.000 per 30 menit, Migo bisa dibawa berjalan-jalan kemana pun. Bahkan seringkali penyewa menggunakan motor listrik ke jalan raya.  

“Saya belum punya SIM buat naik motor ini” ujar Tiara, salah satu penyewa. 

Tanpa SIM dan kendaraan ber-STNK, mengemudi di jalan raya termasuk perbuatan melanggar hukum. Berdasarkan aturan yang berlaku mengemudi di jalan raya harus dilengkapi dengan SIM, kendaraan wajib terdaftar atau memiliki STNK.  

“Peraturan sudah ada ya…. Kalau kendaraan yang beroperasi di jalan harus ada registrasinya,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf.  

Meski demikian, selain menyenangkan bagi para penyewa, motor listrik merupakan usaha yang menggiurkan. Hanya cukup menyediakan rumah sebagai pangkalan motor listrik, sang pemilik sudah bisa mendapatkan keuntungan Rp 700 ribu per bulan.  

Menanggapi maraknya motor listrik di jalan raya, pedagang menyatakan sudah mengimbau penyewa untuk tidak menggunakan motor listrik ke jalan raya.  

“Diharap motor ini hanya digunakan di kawasan perkampungan saja. Untuk jemput anak sekolah atau ke pasar,” ujar pengusaha motor listrik, Rahayu Budi.  

Karenanya, masyarakat berharap payung hukum penggunaan motor listrik segera dibuat agar manfaat dari kemajuan teknologi bisa maksimal dirasakan masyarakat. (Karlina Sintia Dewi)

LTMPT Terapkan Pendaftaran SNMPTN 2019 Sistem Ganjil-Genap, Ini Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Untuk kedua kalinya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memperpanjang masa pendaftaran dan finalisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pada awalnya masa pendaftaran SNMPTN dijadwalkan berakhir pada 14 Februari 2019. Namun dikarenakan banyak para calon peserta SNMPTN 2019 yang belum melakukan pendaftaran dan finalisasi, maka LTMPT memperpanjang masa pendaftaran hingga Sabtu 16 Februari 2019.

Jadwal pun kembali berubah. Dikarenakan belum optimalnya akses untuk pendaftaran dan finalisasi SNMPTN 2019, maka masa pendaftaran diperpanjang lagi hingga Selasa, 19 Februari 2019 pukul 22.00 WIB. Hal ini berdasarkan surat edaran LTMPT bernomor 01/Peng.LTMPT/2019 tentang perpanjangan masa pendaftaran dan finalisasi SNMPTN 2019.

Surat edaran ini disampaikan Ravik Karsidi selaku Ketua LTMPT. Surat edaran ini terpampang dalam laman LTMPT. Berikut yang disampaikan oleh Ravik Karsidi pada pengumumannya, Jumat (15/2/2019) lalu sebagaimana Liputan6.com kutip, Sabtu (16/2/2019).

“Memperhatikan akses untuk Pendaftaran dan Finalisasi SNMPTN 2019 yang masih belum optimal, siswa dimohon tenang dan akan dilakukan pelayanan pendaftaran sampai dengan SELASA tanggal 19 Februari 2019 pukul 22.00 WIB. Jika ada siswa yang masih belum dapat melakukan pendaftaran dan finalisasi, maka akan dicarikan solusi yang pada prinsipnya tidak merugikan siswa.”

2 dari 3 halaman

LTMPT Terapkan Mekanisme NISN Ganjil-Genap

Pada SNMPTN 2019 ini, LTMPT menerapkan mekanisme pendaftaran NISN Ganjil-Genap. Informasi ini dapat dilihat melalui akun twitter resmi sekretariat SNMPTN @SekreSNMPTN.

“Untuk memberikan kesempatan lebih baik kepada siswa untuk mendaftar, sistem snmptn menerapkan giliran untuk login berdasarkan NISN ganjil genap. NISN ganjil diberikan giliran pada jam ganjil (13.00-14.00 wib, 15.00-16.00 wib, dst), dan sebaliknya.”

Begitu kurang lebih pernyataan resmi dari sekretariat SNMPTN. LTMPT melalui sekretariat SNMPTN menjelaskan bahwa mekanisme pendaftaran calon peserta SNMPTN diatur dengan mekanisme NISN Ganjil genap.

Bagi pemilik Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ganji hanya dapat mulai melakukan pendaftaran pada jam ganjil seperti 13.00-14.00, 15.00-16.00, 17.00-18.00 dan seterusnya.

Sebaliknya jika calon pendaftar SNMPTN memiliki nomor genap, maka mereka hanya dapat mulai mendaftar pada jam genap seperti 12.00-13.00, 14.00-15.00, 16.00-17.00 dan seterusnya.

Namun meski demikian, masih banyak calon peserta yang belum berhasil melakukan pendaftaran dikarenakan server tidak dapat diakses dengan baik.

3 dari 3 halaman

Cara Mendaftar SNMPTN 2019 Menurut LTMPT

LTMPT menjadwalkan Pengumuman Hasil SNMPTN akan diumumkan pada 23 Maret 2019. Dengan diperpanjangnya pendaftaran SNMPTN 2019 hingga 19 Februari mendatang, masih ada kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk mendaftarkan diri.

Berikut cara mendaftar SNMPTN 2019

– Siswa pendaftar login menggunakan NISN dan password ke laman SNMPTN 2019 snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

-Pastikan pendaftar mendaftar pada jam yang sudah ditentukan sesuai mekanisme NISN ganjil genap.

– Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

– Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

– Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman snmptn.ac.id.

– Tahap terakhir siswa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Pengumuman dari hasil seleksi SNMPTN 2019 akan dilakukan pada 23 Maret 2019. Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

Harga Emas Antam Naik Rp 4.000 Jadi Rp 672 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta – Harga emas PT Aneka Tambang Tbk Antam) atau harga emas Antam naik Rp 4.000 menjadi Rp 672 ribu per gram pada perdagangan Sabtu (16/2/2019). Pada perdagangan Jumat kemarin, harga emas Antam dibanderol Rp 668 ribu per gram.

Harga untuk pembelian kembali emas Antam atau buyback emas Antam juga naik menjadi Rp 597 ribu per gram atau naik Rp 6.000. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 597 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 07.12 WIB, sebagian besar emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.960.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.370.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

2 dari 3 halaman

Rincian Harga

Berikut ini rincian harga Emas Antam untuk berbagai ukuran:

* Pecahan 0,5 gram Rp 360.500

* Pecahan 1 gram Rp 672.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.293.000

* Pecahan 3 gram Rp 1.918.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.180.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.295.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.630.000

* Pecahan 50 gram Rp 31.185.000

* Pecahan 100 gram Rp 62.300.000

* Pecahan 250 gram Rp 155.500.000

* Pecahan 500 gram Rp 310.800.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 621.600.000.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tampak Bersih, 10 Benda di Rumah Ini Padahal Harus Rutin Dibersihkan

Liputan6.com, Jakarta Rumah menjadi tempat untuk menghabiskan banyak waktu bersama keluarga atau dengan orang-orang terdekat. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Oleh karena itu, banyak orang yang akhirnya memberikan perhatian lebih untuk perawatan rumahnya. Hal ini dilakukan pemilik agar selalu mendapat kenyamanan di rumah mereka sendiri.

Namun terlepas dari usaha kamu untuk membersihkan, ternyata rumah itu tidak selalu benar-benar bersih seperti apa yang kamu inginkan. Hal ini karena ada area-area penting di rumah yang ternyata kamu abaikan saat proses bersih-bersih.

Berikut benda-benda di rumah yang tampak bersih tapi harus rutin dibersihkan seperti Liputan6.com lansir dari Boldsky, Jumat (15/2/2019).

2 dari 6 halaman

Barang-barang Elektronik dan Gagang Pintu

1. Barang-barang Elektronik

Pasti kamu memiliki sejumlah barang elektronik di rumah seperti handphone atau keyboard pada komputer. Nah, contoh dua alat elektronik ini pasti sering kamu pinjamkan atau dipakai dengan anggota keluarga lainnya.

Terlihat sepele, namun ternyata kamu juga perlu membersihkan barang-baramg elektronik yang sering digunakan bergantian ini, lho. Mengapa? Karena hal ini untuk mencegah penyebaran kuman dari satu anggota ke anggota keluarga lainnya. Kamu bisa membersihkannya dengan lap basah disinfektan yang dilakukan setiap seminggu sekali.

2. Gagang Pintu

Benda satu ini hampir disentuh oleh semua anggota keluarga maupun orang lain di rumah. Benda inilah merupakan salah satu sarang kuman dan bisa menyebar. Oleh karena itu, kamu perlu secara rutin untuk membersihkan gagang pintu.

Kamu bisa coba membersihkannya dengan disinfektan setiap tiga atau empat hari. Hal ini berlaku juga pada gagang lainnya seperti gagang lemari es dan lain sebagainya. Membersihkannya secara rutin juga dapat menghindari kamu dari penyebaran kuman di dalam rumah.

3 dari 6 halaman

Remot dan Tempat Cuci Piring

3. Remot

Benda ini juga menjadi langgangan bergilir berpindah dari tangan satu ke tangan yang lain. Menyebabkan benda ini menjadi tempat penyebaran kuman. Oleh karena itu, kamu juga perlu melakukan pembersihan secara rutin setidaknya sebulan sekali.

Caranya, lepas baterai remot terlebih dahulu. Kemudian ambil kain lembut dan semprotkan dengan tetasan larutan pembersih ke seluruh badan remot. Selain itu, bersihkan bagian-bagian lainnya yang terdapat noda. Setelah bersih semua, keringkan dan masukkan kembali baterai remot.

4. Tempat Cuci Piring

Sama halnya dengan alat elektronik lainnya. Tempat mencuci piring juga perlu kamu bersihkan secara rutin. Kamu perlu membersihkan kran terlebih dahulu. Setelah itu kamu bersihkan seluruh bagian tempat cuci piring.

Caranya, taburkan secangkir soda kue ke seluruh bagian tempat mencuci piring, tak terkecuali dengan lubang saluran airnya. Setelah itu, sikat setiap bagiannya dan siram dengan air bersih.

4 dari 6 halaman

Filter Udara dan Spons

5. Filter Udara

Kalau rumah kamu menggunakan filter udara, pastikan kamu juga menggantinya setiap 30 hingga 60 hari. Kalau kamu tidak membersihkan penyaring atau filter udara ini, maka benda itu akan menjadi sarang kuman dan bisa membawa sejumlah penyakit ke dalam keluargamu.

6. Spons

Biasanya, spons digunakan untuk mencuci piring atau mencuci kendaraan. Tak perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk menjaga agar benda ini selalu steril, kamu bisa membersihkannya dengan rutin. Kamu bisa membersihkannya dengan air dan dimasukkan ke dalam microwave. Diamkan spons di dalam microwave sekitar dua menit. Hal ini akan membunuh sekitar 99 persen kuman.

5 dari 6 halaman

Eksterior Toilet dan Saklar

7. Eksterior Toilet

Memberihkan bagian dalam toilet memang harus dilakukan secara rutin. Namun jangan lupa juga untuk membersihkan bagian luarnya. Bagian luar toilet dapat menjadi sama kotornya dengan bagian lainnya..

Pastikan kamu juga harus membersihkan dudukan, tutup, dan area luar toilet lainnya. Gunakan pembersih disinfektan untuk membersihkan pegangan flush, karena ini merupakan tempat bersarangnya kuman juga.

8. Saklar

Sama seperti pegangan pintu, saklar juga menjadi pusat untuk dipegang oleh semua anggota keluarga bahkan orang lain. Ini membuat saklar menjadi tempat bersarangnya kuman.

Kamu perlu membersihkannya dengan menggunakan lap dan disinfektan. Pastikan kamu melakukannya setidaknya seminggu sekali.

6 dari 6 halaman

Saluran Wastafel dan Wadah Garam

9. Saluran Wastafel

Tak jarang kamu membuang berbagai sisa makanan ke lubang atau saluran wastafel. Hal ini menyebabkan wastafel menghasilkan kuman dan bau. Untuk menghindarinya, kamu perlu mengeringkan saluran setiap dua minggu sekali.

Caranya, alirkan air dan masukkan potongan es batu. Hal ini akan bantu untuk membersihkan saluran pembuangannya. Atau, kamu juga bisa memasukkan kapur kecil ke dalamnya. Setelah itu berikan beberapa tetes perasan lemon agar kuman menghilang dan agar wastafel tetap segar.

10. Wadah Garam dan Merica

Benda satu ini juga menjadi tempat yang menyimpan banyak kuman penyebab flu dan cenderung berkembang di rumah. Tenang, cukup mudah untuk membersihkan bagian ini.

Pastikan kamu menyeka tutup garam dan merica setiap malam sambil membersihkan meja makan. Perlu juga untuk mengosongkan isinya setiap beberapa bulan sekali dan rendam wadah ke dalam air panas yang dicampurkan dengan beberapa tetes disinfektan dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu dibilas dengan air bersih dan keringkan.

Migo Dilarang Polisi Mengaspal di Jakarta, Ini Ketentuannya

Jakarta – Polda Metro Jaya menegaskan sepeda listrik Migo dilarang beroperasi di jalanan Ibu Kota. Migo tidak boleh mengaspal sebelum mengantongi izin operasi.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir menjelaskan ketentuan operasional sepeda listrik diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

“Jadi, kendaraan sepeda listrik itu ada batasan kecepatannya. Ketentuannya diatur dalam Pasal 12 ayat (3) PP No 55 Tahun 2012,” kata Nasir saat dihubungi detikcom, Jumat (15/2/2019) malam.

Pasal 12 ayat (3) PP No 55 Tahun 2012 berbunyi:

“Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b sampai dengan huruf e tidak berlaku untuk Kendaraan Bermotor yang dirancang dengan kecepatan tidak melebihi 25 (dua puluh lima) kilometer per jam pada jalan datar.”

Sedangkan Pasal 12 ayat (2) berbunyi:

“Motor penggerak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi persyaratan:
a. mempunyai daya untuk dapat mendaki pada jalan tanjakan dengan sudut kemiringan minimum 8 (delapan derajat) dengan kecepatan minimum 20 (dua puluh) kilometer per jam pada segala kondisi jalan;
b. motor penggerak dapat dihidupkan dari tempat duduk pengemudi;
c. motor penggerak Kendaraan Bermotor tanpa Kereta Gandengan atau Kereta Tempelan, selain Sepeda Motor harus memiliki perbandingan antara daya dan berat total Kendaraan berikut muatannya paling sedikit sebesar 4,50 (empat koma lima puluh) kilo Watt setiap 1.000 (seribu) kilogram dari JBB atau JBKB;
d. motor penggerak pada Kendaraan Bermotor yang digunakan untuk menarik Kereta Gandengan, Kereta Tempelan, bus tempel dan bus gandeng, selain Sepeda Motor harus memiliki perbandingan antara daya dan berat total Kendaraan berikut muatannya paling sedikit sebesar 5,50 (lima koma lima puluh) kilo Watt setiap 1.000 (seribu) kilogram dari JBB atau JBKB; dan
e. perbandingan antara daya motor penggerak dan berat Kendaraan khusus atau Sepeda Motor ditetapkan sesuai dengan kebutuhan lalu lintas dan angkutan serta kelas jalan.”

Sementara sepeda listrik Migo memiliki kecepatan di atas 25 Km/Jam.

“Migo kecepatannya mencapai 45 Km/Jam, maka dia harus mendapatkan izin operasional terlebih dahulu dari Kemenhub kalau DKI Jakarta dari Dishub. Nah, dia belum punya izin itu,” paparnya.

Setelah mendapat izin operasi, Migo harus mendapatkan izin laik jalan. Setelah mendapatkan izin laik jalan, agar kendaraan tersebut bisa beroperasi di jalan raya, maka Migo harus meregistrasikannya di Samsat.

“Setelah dapat izin itu baru diregistrasikan di kepolisian, setelah diregistrasi baru diberikan identitas kendaraan dalam bentuk STNK,” katanya.

Selama aturan itu belum dipenuhi, maka Migo dilarang beroperasi di jalan umum atau jalan raya.

“Kalau di gang, area perkebunan atau area perumahan yang tidaka da rambu-rambu lalu lintas, masih boleh,” tuturnya.

Karena belum mengantongi izin tersebut, maka polisi akan menindak Migo ketika kedapatan beroperasi di jalan umum.

“Tindakannya diberhentikan dan kendaraannya dikandangkan,” ujar Nasir.

Saksikan juga video ‘Layanan Penyewaan Sepeda Listrik Kini Menyapa Jakarta’:

[Gambas:Video 20detik]

(mea/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>