Barcelona Tak Harus Selalu Menang dengan Cara Indah

Liputan6.com, Barcelona – Barcelona hanya menang 1-0 atas Real Valladolid dalam laga lanjutan kompetisi La Liga Spanyol di Camp Nou, dini hari tadi WIB. Gol tunggal Blaugrana dicetak Lionel Messi pada menit ke-43 melalui titik penalti.

Dalam kemenangan tipis itu, permainan Barcelona mendapat kritik. Tim asuhan Ernesto Valverde juga dinilai melanjutkan tren penampilan mengecewakan, kendati kali ini berbuah tiga poin, setelah tiga laga sebelumnya selalu imbang.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, yakin performa para pemainnya akan kembali seperti semula. Dia mengakui bahwa Barcelona bermain di bawah rata-rata saat mengalahkan Real Valladolid.

“Di babak pertama, serangan kami kurang mengalir dan tidak menggerakkan bola dengan kecepatan yang diperlukan,” ujar Valverde, seperti dilansir Marca.

“Mereka mengubah sistem mereka dan kami tidak bergerak dengan bebas dan tidak bisa memainkan bola dengan cepat tetapi penjaga gawang mereka tampil baik,” papar pelatih asal Spanyol ini.

2 dari 3 halaman

Tantangan Lain

Menurut Valverde, Barcelona tidak harus selalu memenangkan pertandingan dengan cara bermain menghibur nan indah. Pada laga selanjutnya, Barcelona akan berkunjung ke markas Olympique Lyon di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2/2019) dini hari WIB. 

“Beberapa pertandingan dimenangkan seperti itu, dan pada Selasa (melawan Lyon) akan menjadi tantangan lain bagi kami,” terang eks pelatih Athletic Bilbao ini.

3 dari 3 halaman

Performa Tertinggi

“Saya melihat tim sudah siap untuk memberikan yang terbaik sekarang dan kembali ke performa tertinggi. Terkadang Anda tidak akan bermain brilian di setiap pertandingan tetapi ada empat pertandingan penting yang akan datang dan kami akan bergerak selangkah demi selangkah,” jelas pelatih berusia 55 tahun ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

3 Pemain Chelsea yang Layak Dilepas Musim Depan

London – Musim ini, Chelsea mengalami periode sulit, meski sempat menjalani star bagus. Performa Eden Hazard tampak tidak konsisten. Mereka pun terlempar dari persaingan juara Premier League.

Puncaknya, Chelsea menelan kekalahan memalukan dengan skor 6-0 saat berkunjung ke markas Manchester City. Kekalahan itu membuat mereka terlempar dari posisi empat besar.

Maurizio Sarri memang harus bertanggung jawab atas performa buruk yang ditunjukkan Chelsea belakangan ini. Namun, Chelsea juga perlu melepas pemain yang tidak memberikan kontribusi buat klub.

Berikut ini tiga pemain yang sudah tidak pantas berada di Chelsea pada musim depan seperti dilansir Madaboutepl.

2 dari 4 halaman

Danny Drinkwater

Mantan gelandang Leicester City ini nyaris tidak melakukan apa pun di Stamford Bridge setelah datang ke Chelsea pada 2017.

Sarri ingin menyingkirkan mantan juara Premier League itu pada musim panas lalu, tetapi transfer itu tidak terwujud. Chelsea bahkan kesulitan untuk menemukan peminat bagi Drinkwater selama bursa transfer musim dingin awal tahun ini.

Meninggalkan Stamford Bridge bisa menjadi hal yang logis tidak hanya untuk klub tetapi juga untuk sang pemain. Drinkwater masih bisa memberi manfaat bagi tim papan tengah Premier League, tetapi bukan bagi The Blues.

3 dari 4 halaman

Willian

Meski Willian dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik Chelsea, tetapi itu sebagian besar karena The Blues kurang punya kedalaman di lini serang.

Bahkan, Willian sudah gagal tampil pada level yang diharapkan dari pemain internasional Brasil itu. Ia sekarang tengah berjuang dengan cedera dan performanya selama beberapa tahun terakhir.

Di bawah Sarri, Willian tidak bisa menunjukkan performa yang mengesankan. Sang pemain sudah terlibat dalam delapan gol dan catatan itu menyamai pencapaian Pedro yang kesulitan menjadi starter pada musim ini.

Oleh karena itu, Chelsea harus mencari upgrade dari Willian pada musim panas jika mereka ingin bersaing dengan klub papan atas lainnya pada musim depan dan menjual pemain Brasil itu akan membantu mendanai langkah tersebut.

4 dari 4 halaman

Marcos Alonso

Marcos Alonso adalah salah satu pemain penting di bawah kepemimpinan Antonio Conte. Mantan bek Fiorentina itu memainkan peran kunci dalam taktik Conte, terutama dalam memberi dukungan serangan dari posisi sayap.

Namun, pemain Spanyol itu kesulitan membuat dampak besar di bawah Sarri, dan kurang solid dalam bertahan dan tidak banyak memberikan kontribusi saat menyerang. Dengan demikian, The Blues mungkin ingin mencari pemain yang lebih baik di posisi bek kiri.

Alex Sandro, sebagai contoh, bisa menjadi target yang menarik bagi raksasa London Barat karena mereka harus menjadi tim yang lebih kuat untuk menantang gelar pada musim depan.

Sumber: Bola.net

Ma’ruf Amin Terima Dukungan dari Pewaris Kesultanan Banten

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin menerima dukungan dari Kesultanan Banten di Pilpres 2019. Ma’ruf juga didoakan agar lancar dan selalu diberikan kesehatan dalam mengikuti gelaran pesta demokrasi tersebut.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Sultan Banten, Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni, saat berkunjung ke rumah Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019). Sultan Banten dan Ma’ruf Amin menggelar pertemuan pertutup selama kurang lebih satu jam.

“Yang saya hormati KH Ma’ruf Amin. Terimakasih atas penerimaannya kedatangan kami dari Kesultanan Banten. Saya selaku pewaris Kesultanan Banten, Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni. Kedatangan kami ke sini sebetulnya selain bersilaturahmi dengan saudara sendiri. Juga mendoakan niat pak kiai Ma’ruf Amin yang insya Allah ke depan ikut berpartisipasi terhadap kelangsungan Indonesia ini. Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah,” kata Bagus Hendra usai pertemuan.

Dukungan ini disampaikan sebab menurut Bagus Hendra seorang umara memerlukan pendamping ulama. Sosok Ma’ruf Ami dinilai cocok untuk mengisi peran tersebut.

“Kami dukung dari kesultanan. Karena umarah ini harus ada pendampingnya ulama. Seperti halnya dulu Kesultanan Banten, ada ulama, umaro dan Kesultanan Banten. Nah inilah sosok KMA perlu kita dukung,” ujarnya.

Dia berharap Ma’ruf Amin bisa menjadikan Indonesia semakin maju. Jika Ma’ruf terpilih, dia juga berharap pemerintah bisa mengakui total keberadaan Kesultanan Banten.

“Alhamdulillah beliau ini juga seorang ulama, ketua MUI. Kita tahu kadarnya, beliau tidak mungkin mau artinya disalahgunakan dan sebagianya oleh pihak lain. Beliau punya jati diri saya pahami itu. Oleh karenanya saya dukung dari Kesultanan Banten. Semoga nanti bisa menselaraskan posisinya sebagai wakil presiden bisa membawa bangsa ini tidak terperosok, tetap mengangkat akidah sesuai dengan al-quran dan sunah rasul. Semoga pemerintahan Indonesia ini nanti bisa total mengakui Kesultanan Banten sebagaimana dahulu kalanya,” paparnya.

Menerima dukungan tersebut, Ma’ruf Amin mengaku terkesan. Dia menyebut rombongan dari Kesultanan Banten merupakan kerabat dan keluarganya sendiri.

“Sore ini saya menerima Sultan Banten. Ratu Bagus Bambang Wisanggeni berkunjung ke tempat saya dan semua penggawanya. Setelah saya tadi pagi menghadiri harlah NU di Cipayung ke serang ada Banten bermunajat untuk keselamatan bangsa dan negara. Sore ini saya sudah di rumah, dan Alhamdulillah kemudian silaturahmi dengan Sultan Banten. Ini sebenarnya kita dalam kekerabatan ya, keluarga,” ujar dia.

Selain itu, pertemuan juga membahas terkait pengembangan ekonomi keumatan di bidang bambu. Ide itu disebut Ma’ruf sangat kreatif.

“Oleh karena itu saya sangat terkesan juga adanya ide kretif dari penggawa Banten dalam rangka menggembangkan ekonomi keumatan melalui bambu. Ini bambu, bukan kayu tapi diolah sedemikan rupa. Ini seperti kayu, jadi bambu ini bisa dibuat nanti… Bisa dijelaskan bisa dibuat apa saja, bisa digunakan untuk pembangunan rumah, nanti akan dijelaskan ahlinya,” imbuh dia.

(knv/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Keliling Asia, Putra Mahkota Arab Saudi Incar Sekutu dan Kerja Sama Potensial

Liputan6.com, Islamabad – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tiba di Pakistan pada Minggu 17 Februari 2019. Hal itu menandai dimulainya tur Asia selama sepekan ke depan.

MBS, julukan akrabnya, disebut akan menggali potensi kerja sama yang menguntungkan, sekaligus memperkuat sekutu di Asia Raya.

Dikutip dari Channel News Asia pada Minggu (17/2/2019), MBS akan berada di ibu kota Pakistan, Islamabad, hingga hari Senin esok.

Kunjungan Mohammed bin Salman dilakukan di tengah kian meningkatnya ketegangan di wilayah Asia Selatan dan sekitarnya, terutama terkait tuduhan Iran bahwa Pakistan mendukung eksistensi kelompok militan.

Setelah Pakistan, MBS akan melakukan perjalanan ke India, di mana ia akan bertemu Perdana Menteri Narendra Modi dan Menteri Perminyakan Dharmendra Pradhan.

Dia diperkirakan akan menyelesaikan perjalanan dengan berkunjung ke China pada hari Kamis atau Jumat mendatang.

Dua perhentian singkat yang semula dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu dan Senin di Indonesia dan Malaysia, ditunda tanpa penjelasan.

Perjalanan ke Asia itu terjadi lima bulan setelah krisis diplomatik pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, seorang kritikus sengit terhadap MBS, di konsulat Arab Saudi di Istanbul memicu krisis diplomatik.

Riyadh awalnya membantah pembunuhan itu, kemudian memberikan beberapa laporan yang bertentangan tentang kematian Khashoggi, dan sekarang mengklaim dia terbunuh dalam operasi yang tidak sah.

Turki mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya belum mengungkapkan semua informasi yang telah mereka temukan dalam kasus tersebut, yang meluncurkan gelombang kritik dan telah sangat merusak citra kerajaan Negeri Petrodolar.

Tetapi bagi para analis, tur Asia –lawatan terbesar di kancah internasional bagi MBS sejak partisipasinya dalam KTT G20 di Argentina– tampil sebagai pembuktikan ke pihak Barat, bahwa Arab Saudi masih memiliki teman di wilayah Asia yang sedang naik daun.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Pembuktian tentang Akses Internasional

Menurut James N Dorsey, seorang peneliti di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam di Singapura, lawatan tersebut adalah pembuktian bahwa MBS masih memiliki “akses internasional dan dia dapat berfungsi … sebagai perwakilan paling senior Arab Saudi di luar raja”.

Sementara menurut Li Guofu, direktur studi Timur Tengah di China Institute of International Studies, sebuah lembaga think tank yang berafiliasi dengan pemerintah Beijing, mencatat bahwa kasus Khashoggi terus menimbulkan kemarahan di negara-negara Barat, sehingga mengunjungi mereka akan “tidak nyaman”.

“Tidak bepergian ke Barat bukan berarti bahwa dia tidak bisa datang ke Timur. Arab Saudi juga membuat penyesuaian strategis, dan Asia adalah arah utama baru diplomasi Saudi,” katanya.

Negara-negara Asia, tambahnya, “memiliki karakteristik khusus yang penting – yaitu, kami tidak ikut campur dalam urusan internal negara lain”.

Perjalanan pangeran juga termasuk komponen ekonomi yang penting.

“China adalah pembeli minyak mentah terbesar Saudi, dan klien terbesar Arab Saudi lainnya adalah Asia, yakni India, Jepang, Korea Selatan,” kata Dorsey.

“Asia ada tujuan potensial bagi industri minyak dan investasi Arab Saudi, menyusul optimisme bahwa masa depan ekonomi global akan bertumpu di Asia,” kata Karen Young, seorang analis di American Enterprise Institute.

Sarri Masih Dapat Dukungan Pemain Chelsea

Liputan6.com, London – Bek Chelsea, David Luiz, menegaskan bahwa Maurizio Sarri masih mendapat dukungan dari skuat The Blues. Menurut Luiz, timnya masih punya masa depan di bawah manajer Italia tersebut.

Chelsea baru saja meraih kemenangan 2-1 saat berkunjung ke markas Malmo dalam ajang Liga Europa. Hasil itu merupakan respon positif setelah mereka menelan kekalahan telak 0-6 di kandang Manchester City di Premier League.

Kekalahan tersebut merupakan yang terburuk bagi Chelsea dalam 28 tahun terakhir. Tak hanya itu, The Blues juga terlempar dari posisi empat besar.

Hasil memalukan tersebut membuat posisi Maurizio Sarri sebagai manajer Chelsea terancam. Bahkan belakangan ini muncul kabar bahwa hubungan Sarri dengan para pemain tidak harmonis.

Namun, Luiz memberikan pembelaan terhadap sang manajer. Menurut pemain Brasil itu, Chelsea masih bisa meraih kesuksesan bersama Sarri.

“Ya, [kami memiliki] masa depan luar biasa. Dalam beberapa pertemuan, ada pertanyaan jika seeorang tidak percaya, mereka dapat mengatakannya. Tapi tidak ada yang berkata apa pun. Ini karena semua orang percaya,” kata Sarri seperti dilansir Goal International.

“Hal terpenting bagi kami adalah mempertahankan filosofi kami, percaya pada apa yang kami lakukan. Kami melakukan itu lawan Malmo; kami berusaha main sejak awal hingga akhir.

“Kami melakukan apa yang ia ingin kami lakukan dan kami berusaha meningkat. Ini bagian dari proses. Kami kalah melawan mungkin tim terbaik dunia Manchester City. Mereka lebih baik dari kami sejak awal hingga akhir. Kami kalah di beberapa laga karena itu bagian dari proses.”

2 dari 2 halaman

Kemenangan Atas Malmo

Setelah takluk dari Manchester City, Chelsea berhasil bangkit dengan mengalahkan Malmo pada ajang Liga Europa. Mereka meraih kemenangan berkat gol yang dicetak Ross Barkley dan Olivier Giroud.

Sementara satu gol balasan tuan rumah dihasilkan oleh Anders Christiansen di sepuluh menit jelang akhir laga. Meski menang dengan skor tipis, Luiz tetap senang dengan kemenangan tersebut.

“Ya itu penting, untuk menempatkan pikiran kami pada tujuan kami musim ini. Kami menjalani pertandingan hebat melawan tim yang sulit dan tidak pernah mudah bermain di sini. Itu suasana yang hebat. Tim lainnya hebat secara fisik dan taktik.

“Mereka berjuang sampai akhir tetapi kami mengendalikan permainan. Kami bisa saja mencetak gol lebih banyak tetapi mereka terkadang berbahaya. Kami masih menang dan itulah tujuan kami. Tidak pernah bagus kebobolan gol; itu adalah bagian dari tugas kami bukan untuk tidak kebobolan sama seperti bagian dari tugas kami untuk mencetak gol.

“Itu masih malam yang positif karena kami menang, tetapi itu akan sulit di Stamford Bridge.”

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Dipijit Menteri Basuki, Susi Pudjiastuti Tertawa Senang

Liputan6.com, Jakarta – Kekompakan menteri Presiden Jokowi kerap kali terjadi dalam pertemuan-pertemuan yang bersifat formal dan non formal. Kali ini, giliran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang mendapat perhatian.

Dalam foto yang diperoleh merdeka.com, nampak Menteri Basuki tengah memijat kaki Menteri Susi saat berada di suatu ruangan. Menteri Susi lantas tertawa lebar mendapat perlakuan Menteri Basuki.

Kepala Biro Kerja Sama dan Humas KKP, Lily Aprilya Pregiwati, mengatakan ruangan tersebut merupakan ruang tunggu Bandara Fatmawati, Bengkulu. “(Foto) Ini Ibu (Menteri Susi) di VIP room Bandara Fatmawati,” ujarnya kepada merdeka.com, Jakarta, pada Jumat 15 Febuari 2019.

Lily mengatakan, hari ini memang Menteri Susi dan menteri lainnya sedang mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bengkulu. “Hari ini presiden kunjungan ke Bengkulu dan didampingi beberapa menteri,” jelasnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo tengah membangun dan menata sebuah Kampung Nelayan yang terletak di Sumber Jaya Kota Bengkulu yang diharapkan bisa menjadi ‘prototype’ bagi kampung-kampung nelayan yang lain.

“Paling tidak kita ada ‘prototype’ dari penataan kampung nelayan kalau sudah benar dikoreksi betul baru seluruh kampung nelayan digarap seperti ini,” kata Presiden Jokowi setelah meninjau Kampung Nelayan Sumber Jaya Kota Bengkulu, seperti dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi melihat kampung tersebut belum sepenuhnya rampung dibangun atau baru di bawah 20 persen rampung. Dari mulai sertifikat, fasilitas, hingga bangunan rumah belum terbangun sempurna namun sudah mulai tampak tertata rapi.

“Kurang lebih hasilnya akan seperti ini (lebih tertata rapi),” katanya.

2 dari 3 halaman

Kampung Sumber Jaya

Kampung Sumber Jaya, Bengkulu, dibangun di lahan seluas 12 hektare menampung 800 kepala keluarga (KK). Anggaran digelontorkan melalui Kementerian PUPR senilai Rp50,7 miliar dengan kontraktor PT Tirta Restu Ayunda.

Saat meninjau kampung tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Reporter : Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sejak Pagi Melekat di Museum, Mengenal Seluk-Beluk Cokelat Sejati

Liputan6.com, Yogyakarta – Cokelat nyaris menjadi makanan favorit setiap orang. Rasa manis dan citra cokelat yang identik dengan kebahagiaan, cinta, dan kesenangan juga menjadi daya tarik tersendiri.

Sayangnya, sebagai negara penghasil cokelat terbesar ketiga di dunia, belum banyak orang Indonesia yang memahami seluk beluk cokelat secara detail. Kebanyakan orang hanya suka mengonsumsi cokelat tanpa mengetahui seperti apa cokelat yang sesungguhnya.

“Kebanyakan yang dijual di swalayan atau pasar itu cokelat compound dan itu berbeda dengan cokelat sebenarnya yang berasal dari massa kakao,” ujar Tri Widiantoro, koordinator Museum And Factory Chocolate Monggo Bantul, beberapa waktu lalu.

Museum cokelat yang berdiri sejak Januari 2017 ini memberi edukasi kepada masyarakat mengenai cokelat yang sesungguhnya. Lantas, dari mana cokelat sejati itu muncul?

Museum ini tidak hanya menjelaskan sejarah dan latar belakang cokelat, melainkan juga jenis cokelat dan cara pembuatan serta pengolahan yang tepat.

Cokelat yang paling sehat adalah yang mengandung massa kakao paling tinggi, seperti cokelat hitam. Cokelat susu dan putih memiliki nutrisi lebih rendah, sedangkan cokelat compound sama sekali tidak sehat.

Ia menuturkan sebagian besar orang Indonesia tidak tahu jenis kakao. Persepsi yang salah soal cokelat semakin kuat ketika mereka berpikir cokelat rasanya manis dan cokelat diberi nama cokelat karena warnanya yang coklat.

Menurut Tri, petani kakao di Indonesia memilih untuk mengganti pohon kakao dengan tanaman lain karena sering dianggap tidak menguntungkan. Cokelat yang dihasilkan dari biji kakao kurang berkualitas.

“Padahal itu karena pengolahan biji kakao menjadi cokelat yang tidak tepat,” ucapnya.

2 dari 3 halaman

Salah Persepsi Mengolah Cokelat

Tri bercerita, kebanyakan orang menikmati kakao hanya buahnya saja. Buah dimakan dan bijinya dibuang, padahal biji kakao itulah asal muasal cokelat.

“Kalau pun ada yang mengolah, biasanya hanya dicuci saja bijinya dan berujung pada menghasilkan cokelat berkualitas rendah, karena hanya menjadi bubuk kakao,” tutur Tri.

Ia mengungkapkan, mengolah biji kakao harus melewati proses fermentasi. Caranya, memasukkan biji ke dalam kotak kayu yang bagian pinggirnya berlubang. Setelah itu, biji ditutup dengan daun pisang dan didiamkan selama tujuh hari.

Jika proses fermentasi selesai, maka barulah biji kakao dicuci, dibersihkan dari selaput, dan dikeringkan.

“Fungsi fermentasi, mengurangi rasa pahit, meningkatkan rasa cokelat, dan membersihkan selaput putih di biji kakao,” ucap Tri.

Setelah biji kakao kering, proses selanjutnya adalah roasting. Cangkang biji dipisahkan dan bisa dimanfaatkan untuk pupuk. Isi cangkang disebut nibs yang biasa digunakan untuk cokelat.

Satu biji nibs mengandung 54 persen cocoa butter. Nibs digiling menjadi kakao liquor yang berbentuk cair. Di sinilah letak perbedaan cokelat dengan kopi. Cokelat dapat meleleh karena mengandung minyak (cocoa butter).

Setelah digiling, nibs yang masih cair disimpan di dalam kotak sampai menggumpal dan menjadi kakao massa.

Kakao massa digiling kembali menggunakan stone grinder. Alat dari batu dipilih karena tidak akan mempengaruhi rasa cokelat. Kakao massa yang sudah digiling, dipress kembali menjadi kakao butter.

“Komposisi kakao butter ditambah kakao massa ditambah gula menjadi cokelat yang siap dikonsumsi,” kata Tri.

Ia mengungkapkan cokelat compound bukan cokelat yang sesungguhnya karena menggunakan bahan ampas dari cokelat butter ditambah gula dan minyak kepala sawit. Persentase komposisi tertingginya pun berupa gula.

3 dari 3 halaman

Belajar Mencetak dan Mencicipi Cokelat

Museum And Factory Chocolate Monggo didirikan oleh seorang Belgia bernama Thierry Detournay. Sejak 2005, ia berjualan cokelat yang diberi merek Monggo.

Di atas lahan seluas tiga hektare di Sribitan, Bangunjiwo, Bantul ini museum, pabrik, show room, dan kafe cokelat Monggo berdiri. Untuk mencapai lokasi ini tidak sulit, cukup masuk dari Desa Wisata Kasongan menuju ke barat dan memakan waktu sekitar 10 menit.

Untuk masuk ke museum ini sebenarnya gratis. Pengunjung membayar tiket Rp 10.000 dan mendapatkan voucher belanja di show room dengan nominal yang sama.

Tidak hanya berkunjung ke museum ditemani pemandu, pengunjung juga bisa memilih paket aktivitas. Ada dua paket aktivitas yang ditawarkan, yakni creating experiece dan tasting experience.

Creating experience adalah praktik mencetak cokelat. Paket ini dibanderol harga Rp 200.000 untuk 20 keping cokelat dan maksimal diikuti 10 orang. Apabila lebih dari 10 orang, maka setiap orang dikenakan biaya tambahan Rp 20.000.

Untuk paket tasting experience, per orang harus membayar Rp 50.000. Mereka bisa mencicipi beragam jenis cokelat dari awal sampai proses akhir.

Museum ini buka setiap hari kerja mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dan akhir pekan mulai pukul 09.00 sampai 19.00 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Top 3 Berita Hari Ini: Berkemeja Putih, Bunga Citra Lestari Bersandar di Tubuh Ashraff Sinclair

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini dimulai dari berita pasangan Bunga Citra Lestari (BCL) dan Ashraff Sinclair. Pasangan yang juah dari gosip ini selalu terlihat mesra dan kompak. Meski sudah mempunyai anak, BCL dan Ashraff tetap romantis.

Baru-baru ini mereka melakukan sesi foto bersama. Keduanya sama-sama mengenakan kemeja putih dan celana pendek dengan warna yang sama. Tubuh aktris dan penyanyi cantik itu bersandar pada beberap bantal di belakangnya. Foto hasil jepretan @wongsim, makeup @bubahalfian, dan penata rambut @ardndut @picavela itu mendapat banyak pujian dari warganet.

Mereka menilai Bunga dan Ashraff sebagai pasangan yang romantis. Berita lainnya yang banyak diminati adalah tentang putri almarhum Uje (Ustadz Jeffry Al Buchori) yaitu Adiba Khanza Az-Zahra.

Tanpa terasa, Adiba sudah beranjak remaja. Putri Uje dan Umi Pipik ini sempat bermain sinetron dan film. Salah satunya bermain di film CJR The Movie pada 2015. Namun setelah itu Adiba lebih memilih fokus pada pendidikan dan masuk pesantren.

Kini saat menjelang dewasa, dilansir dari dream.co.id, 27 Januari 2019, Adiba justru gemar mendesain busana muslim. Hobinya itu tercermin dari gaya busana yang dipakainya. Berita ketiga yang menarik perhatian adalah liburan Glenn Alinskie bersama Chelsea Olivia dan putri meeka, Nastusha.

Mereka memilih berlibur di Belanda dan mengunggah sejumlah foto di media sosial. Ini bukan kali pertama keduanya mengunjungi negeri Kincir Angin tersebut.

Saat di Belanda, Glenn dan Chelsea langsung mengenang tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi 10 tahun lalu. Bahkan ada salah satu studio foto di Amsterdam yang masih menyimpan foto mereka dengan menggunakan baju khas Belanda.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Mari kita simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Berkemeja Putih, Bunga Citra Lestari Bersandar di Tubuh Ashraff Sinclair

Kemesraan Bunga Citra Lestari atau BCL dan Ashraff Sinclair tak lepas dari sorotan. Terbaru, BCL mengunggah sebuah foto saat sedang bersandar di tubuh suaminya itu.

“Mr & Mrs Sinclair 😊,” jelas Bunga sebagai keterangan foto, Kamis, 14 Februari 2019.

Selanjutnya…

Beranjak Remaja, Putri Pertama Mendiang Uje Kini Eksis di Medsos

Lama tak terdengar kabarnya, putri pertama almarhum Jeffry Al Buchoridan Pipik Dian Irawati kini sudah beranjak remaja. Dia adalah Adiba Khana Az-Zahra atau biasa disapa Adiba. Ia pun mulai eksis di media sosial (medsos) dan kerap mengunggah foto-foto dirinya dengan pakaian dan hijab yang modis.

Ia tumbuh menjadi sosok gadis yang cantik. Gayanya selalu santun dan sederhana. Berbeda dengan adiknya, Abidzar yang memilih menekuni dunia tarik suara dengan membentuk boyband, dara kelahiran 6 Juni 2000 ini belum berniat untuk menekuni dunia hiburan.

Selanjutnya…

Liburan di Belanda, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie Kenang Momen 10 Tahun Lalu

Pasangan suami istri Glenn Alinskie dan Chelsea Olliva kembali menikmati liburan di Belanda. Namun kali ini tidak berdua, mereka berlibur bersama putri mereka Nastusha Olivia Alinskie. Pasangan yang menikah pada 1 Oktober 2015 itu sudah memiliki seorang putri kecil berusia dua tahun.

Bukan kali pertama Chelsea dan Glenn berkunjung ke Belanda. Sebelumnya mereka juga pernah berlibur ke negeri Kincir Angin tersebut. Perempuan berusia 26 tahun itu pun menceritakan begitu istimewanya Belanda dalam perjalanan cintanya di media sosial.

Selanjutnya…


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kata Prabowo Harga Beras dan Daging RI Tertinggi di Dunia, Benarkah?

Jakarta – Kritik keras Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto kembali bikin heboh. Kali ini Prabowo menyinggung soal harga beras, dan daging sapi. Prabowo menyebut harga komoditas tersebut di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat berkunjung ke Blora, Jawa Tengah, Kamis (14/2/19).

Lantas, benarkah apa yang dikatakan Prabowo? Bagaimana data berbicara? Baca berita selanjutnya.

(ang/ang)

Top 3 Berita Hari Ini: Bertandang ke Kalimantan Selatan, Ada 4 Makanan Khas yang Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini adalah tentang kuliner khas Kalimantan Selatan. Ada sejumlah makanan khas yang harus Anda coba kalau berkunjung ke salah satu provinsi di pulau Kalimantan yang merupakan pulau terbesar di Indonesia.

Salah satunya adalah katupat kandangan. Makanan ini berasal dari daerah Kandangan di Hulu Sungai Selatan. Makanan ini berupa ketupat yang disajikan bersama sayur gabus kuah santan.  Lalu ada mi bancir. Sajian mi ini hampir sama dengan mi-mi lain di Indonesia.

Mi bancir disajikan dengan kuah yang gurih dan lezat. Berita selanjutnya yang diminati masih seputar Ani Yudhoyono yang sedang menjalani perawatan di Singapura. Istri dari mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menderita penyakit kanker darah.

Sejak dirawat, ibu Ani mendapatkan banyak dukungan dan untaian doa dari berbagai pihak, mulai dari keluarga hingga pesohor negeri. Ada pula momen manis kebersamaan Ani dengan cucu-cucunya.

Ada foto Ani Yudhoyono yang sedang terbaring di rumah sakit mendapat pelukan hangat dari cucunya, Airlangga Satriadhi Yudhoyono. Di potret selanjutnya, pelukan cucu dibalas Ani sekaligus memberi ciuman sayang. Satu lagi berita yang menarik perhatian adalah tentang kawasan wisata di Jepang yang sarat dengan nilai sejarah.

Misalnya saja di Noboribetsu Date Jidaimura yang berlokasi di Noboribetsu, kota kecil sekitar satu jam dari Sapporo, Hokkaido. Sejak di gerbang masuk, sapaan ‘irasshaimase’ langsung diterima pengunjung dari para penjaga yang berkostum samurai dan tak keberatan berfoto bareng.

Kalau beruntung, Anda juga bisa bertemu ninja yang berpakaian hitam-hitam dan berfoto dengannya. Kadang dia berpose mematung hingga tak bisa dibedakan antara manusia asli, lain waktu ia beraksi dengan ala Naruto.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Bertandang ke Kalimantan Selatan, Ada 4 Makanan Khas yang Wajib Dicoba

Kalimantan Selatan salah satu provinsi di Kalimantan memiliki beragam budaya dan kuliner yang menggugah selera. Secara geografis provinsi ini berada di bagian tenggara Pulau Kalimantan.

Bertandang ke Kalimantan Selatan kurang lengkap jika tak mencicipi kuliner yang memiliki ciri khas dan cita rasa unik. Berikut beberapa kuliner khas Kalimantan Selatan yang wajib Anda coba

Selanjutnya…

Peluk Hangat Cucu untuk Ani Yudhoyono yang Berjuang Melawan Kanker Darah

Istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura sejak awal Februari lalu. SBY pun memberi pernyataan resmi perihal sakit yang diderita sang istri.

“Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di Tanah Air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah,” kata SBY dalam keterangan video yang diterima Liputan6.com, Rabu, 13 Februari 2019.

Selanjutnya…

Memutar Waktu ke Zaman Edo di Noboribetsu Date Jidaimura

Zaman Edo menjadi salah satu periode penting sejarah Jepangyang hingga kini mewarnai spirit kehidupan warga setempat. Saat itu, shogun berkuasa melebihi kekuatan kaisar dan samurai begitu dihormati.

Bila tak ada gambaran seperti apa zaman Edo, bayangkan saja serial animasi Samurai X. Para lelaki memanjangkan rambut dan mengikatnya dengan gaya khas, berkimono, dan membawa pedang yang disebut katana ke mana-mana, sementara para perempuan menggelung rambutnya dan juga berkimono dalam keseharian.

Selanjutnya…


Saksikan video pilihan di bawah ini: