Sebelum Wisuda, 5 Kegiatan Ini Dapat Dilakukan Bareng Teman Kuliah

Liputan6.com, Jakarta – Setiap fase dalam kehidupan memiliki cerita masing-masing, tak terkecuali masa kuliah. Meski disibukan dengan segudang tugas, momen kebersamaan bareng teman-teman selalu terasa menyenangkan.

Sebelum wisuda, Anda dan kawan-kawan dapat memaksimalkan waktu untuk kembali mengukir kisah. Banyak hal menarik dan pengalaman unik dapat Anda ukir sebelum memilih jalan hidup masing-masing.

Lantas, apa saja kegiatan seru yang bisa Anda dan teman kuliah lakukan sebelum wisuda? Simak ulasan selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Foto Grup

Mengabadikan kebersamaan dalam satu0dua potret akan jadi salah satu kenangan paling indah. Luangkan waktu untuk dapat membuat foto grup yang dapat dilakukan di studio atau di ruang kelas.

2. Traveling Bersama

Traveling bersama akan mempererat jalinan pertemanan Anda dan teman-teman, apalagi menjelang wisuda. Destinasi wisata yang bakal didatangi pun dapat dirundingkan bersama untuk menciptakan momen-momen manis.

3. Menonton Film ke Bioskop

Menyaksikan film ke bioskop juga dapat jadi pilihan Anda dan teman-teman kuliah menjelang wisuda. Menonton beramai-ramai tentu akan terasa lebih menyenangkan.

4. Tukar Kado

Kegiatan ini mungkin acap kali dilakukan tak sedikit orang. Tak melihat harga dari hadiah yang diberi, namun hangatnya kebersamaan. Tukar kado dibarengi dengan pesan manis membuat hari-hari Anda dan teman kuliah kian berkesan.

5. Membuat Acara Bersama

Makan bersama di restoran sebagai bentuk rasa syukur juga dapat dilakukan. Rekomendasi lain Anda dan teman kuliah bisa membuat masakan sendiri dan menikmati keseruan dalam proses pembuatan. (Endah Wijayanti/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

4 Trik Mengatasi Salah Paham dalam Hubungan Cinta

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu kunci hubungan cinta yang langgeng adalah membangun komunikasi yang baik. Namun sulit dipungkiri, akan selalu saja ada perselisihan, perbedaan pendapat, hingga salah paham dalam jalinan asmara.

Terdapat beberapa trik untuk mengatasi salah paham dengan pasangan. Melansir liveabout.com, Jennifer Jeanne Patterson, penulis 52 Fights: A Newlywed’s Confession menjelaskan sejumlah tips dapat dicoba. Apa saja? Simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Jangan Buat Asumsi

Patterson menyampaikan untuk tidak membuat asumsi ketika kesalahpahaman melanda hubungan Anda. Coba untuk selalu melihat segala sisi lebih dahulu tanpa menyimpulkan secara sepihak.

2. Berkata Jujur

Kunci penting lain dalam hubungan adalah adanya kejujuran. Daripada saling menuduh dan menyalahkan, ada baiknya untuk berkata jujur. Selain itu, jangan terlalu lama memendam perasaan dan saling diam. Jalin kembali komunikasi secara perlahan.

3. Jangan Saling Menyindir

Patterson juga menyebut untuk tidak berbelit-belit dan hal yang perlu diingat adalah sarkasme tidak akan menghasilkan sesuatu. Hal ini akan menyebabkan luka dan memperkeruh masalah.

Saling menyindir mengenai permasalahan yang terjadi akan memperburuk suasana. Perasaan pun akan terasa lebih sakit saat hanya diisi dengan sikap menyindir.

4. Jangan Membesar-besakan Masalah

Apabila emosi telah menguasai diri, masalah kecil akan menjadi momok dalam hubungan. Untuk mengatasi salah paham, ada baiknya Anda dan pasangan saling bicara dan mencari akar dari masalah.

Saat salah paham, coba untuk menenangkan diri dan memulai mengingat apa permasalahan yang tengah melanda hubungan. Setelah itu, upayakan menyelesaikan masalah tersebut agar hubungan cinta Anda dan pasangan kembali hangat. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Manfaat Bercinta Usai Bertengkar, Pasutri Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Hal terakhir yang ingin (baca: terpaksa) Anda lakukan ketika bertengkar dengan pasangan adalah saling menyentuh satu sama lain. Tapi, ketika amarah telah mereda dan air mata pun telah dihapus, timbul hasrat untuk mendekat dan bermesraan. Dan berhubungan seks usia bertengkar seringkali menjadi pengalaman bercinta yang begitu berkesan.

Ada penjelasan ilmiah untuk dorongan bercinta usai bertengkar itu. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Valencia di Spanyol mengungkap, ketika pasangan bertengkar, hormon seperti adrenalin, noradrenalin (hormon serta neurotransmiter), serta testosteron dilepaskan. Pelepasan tersebut memicu gairah yang ekstrem.

Pada awalnya gairah yang timbul karena kemarahan itu mungkin tak terasa seksi, tapi secara biologis kita terhubung untuk merespon setiap ancaman pada hubungan. Meski ancaman tersebut diciptakan sendiri. Hal itu dijelaskan oleh psikolog Samantha Joel. Kesadaran akan ancaman yang dikombinasikan dengan pelepasan hormon di otak membuat orang meresponsnya sebagai hasrat seksual.

“Perasaan terancam itu mengaktifkan sistem keterikatan. Sistem yang secara biologis berfungsi menjaga hubungan penting Anda tetap terjaga,” ungkap Joel, mengutip laman Shape.

Ketika sistem itu diaktifkan, maka hal itu akan mendorong Anda untuk meningkatkan kemanan dan kedekatan dengan individu yang Anda anggap penting seperti pasangan. 


Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Manfaat bercinta usai bertengkar

Berikut manfaat bercinta usai bertengkar, seperti dikutip dari laman Bolde.

1. Terasa seperti awal yang baru

Bercinta usai bertengkar terkadang memberi penyegaran pada hubungan dan perasaan lega juga menambah perasaan positif.

Bila Anda merasa bercinta usai bertengkar dengan pasangan terasa lebih menyenangkan dan memuaskan dibandingkan hubungan seks rutin, bisa jadi karena tubuh dan hormon Anda bekerja keras untuk membuat diri dan pasangan bahagia usai drama yang melanda.

2. Menguatkan ikatan

Pertengkaran hebat bisa memicu perasaan rapuh pada Anda dan pasangan. Bertengkar usai bercinta tak ubahnya lem perekat hubungan karena Anda dan pasangan tak hanya menjadi lebih dekat fisik melainkan juga secara emosional.

3. Muara yang baik bagi semua emosi yang muncul

Pertengkaran hebat bisa meninggalkan jejak rasa yang tak nyaman seperti derita, perasaan diacuhkan, marah, serta kebingungan. Perasaan bahagia dan lega muncul ketika hubungan membaik. Perasaan positif itu akan bertahan meski Anda dan pasangan telah berdamai beberapa saat. Mewujudkan emosi positif itu menjadi gairah cinta akan menghasilkan pengalaman yang luar biasa.

Ikut Sukseskan Pariwisata Indonesia, Menpar Apresiasi PHRI

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sekaligus Ketua Umum Program Visit Wonderful Indonesia Haryadi B. Sukamdani. Apresiasi tersebut disampaikan karena berpartisipasi aktif menyukseskan pencapaian kunjungan wisatawan mancanegara.

“Hal ini perlu dipertahankan oleh PHRI, untuk memberikan pelayanan standar maksimal kepada para konsumen yaitu wisatawan,” ujar Arief Yahya saat Rakernas PHRI IV di Jakarta, Senin (11/2/2019), seperti dilansir Antara.

Menurut Arief, wisatawan mancanegara cenderung akan kembali ke sebuah destinasi jika mendapatkan pelayanan akomodasi yang baik. Aplaagi, jika ditunjang pengalamana berwisata yang berkesan.

Arief berharap PHRI terus mendukung pemerintah, sedangkan pemerintah akan terus bekerja melakukan promosi dan branding destinasi wisata di Tanah Air.

“Pemerintah akan bergerak sesuai ruang tugas pokok dan fungsi sekaligus ketentuan yang berlaku. Dan yang terpenting adalah industry lead government dan bukan sebaliknya,” kata Arief.

Dalam kesempatan itu, Hariyadi Sukamdani mengatakan sepanjang 2018 jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sekitar 15,8 juta orang dan pergerakan wisatawan Nusantara sebanyak 265 juta. Target 20 juta wisman pada 2019, lanjut Hariyadi, harus disukseskan dengan strategi yang tepat.

“Tahun ini, kami mendukung pemerinth dengan membuat program-program untuk meningkatkan okupansi di bidang hotel atau restoran. Tidak hanya itu, kami juga membuat strategi untuk produk hot deals yang belum maksimal. Di samping kerja sama businss to business dengan maskapai dan travel online besar. Kami meyakin itu menjadi strategi yang ampuh untuk menggapai target 20 juta wisman,” harap Hariyadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Vladimir Smicer Ungkap Momen Paling Berkesan saat Berkostum Liverpool

Liputan6.com, Jakarta – Vladimir Smicer mengungkapkan salah satu momen paling berkesan baginya selama berkostum Liverpool. Pria yang kini berusia 45 tahun ini menyebut final Liga Champions musim 2004/2005 menjadi yang paling dikenang.

“Tentu saja momen final itu yang paling berkesan karena saya memainkan peran besar di sana,” kata Smicer saat mengunjungi Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Smicer memainkan peran penting saat laga final Liga Champions antara Liverpool vs AC Milan di Istanbul. Satu golnya turut membuat Liverpool menyamakan kedudukan menjadi 3-3. The Reds akhirnya memastikan gelar Liga Champions kelima sepanjang sejarah melalui adu penalti.

Selain mencetak gol di waktu normal, Smicer menjadi algojo terakhir Liverpool. Tak heran, namanya masuk ke dalam daftar legenda The Reds.

“Ketika saya kembali ke Liverpool, banyak yang menanyakan tentang hal itu dan mereka mengapresiasinya,” kata Smicer

2 dari 3 halaman

Bermain bagi LFC Legends

Lebih lanjut, Smicer mengaku setelah pensiun dia tetap masih berhubungan dengan Liverpool. Pria asal Republik Ceko ini masih membela Liverpool legends dalam partai persahabatan.

“Yang terdekat akan ada pertandingan melawan legenda AC Milan di Anfield. Juga akan ada pertandingan di Hong Kong. Saya harap, suporter Liverpool di Indonesia datang menonton,” ujar Smicer.

3 dari 3 halaman

Statistik Smicer di Liverpool

Tahun Aktif: 1999-2005

Main: 183 kali

Gol: 19

Trofi: 1 Piala FA, 2 Piala Liga, 1 Piala UEFA, 1 Liga Champions

Liburan Romantis Tasya Kamila dan Suami di Seminyak Bali

Liputan6.com, Jakarta – Tasya Kamila tampak makin cantik di masa-masa kehamilannya. Ia tengah menanti buah hati pertamanya dengan Randi Bachtiar. Mantan penyanyi cilik ini tidak jarang membagikan deretan potret melalui akun Instagram pribadinya.

Yang terbaru, Tasya mengunggah foto-foto liburan bersama sang suami. Memasuki usia kandungan enam bulan, ia memilih berlibur ke Bali. Dalam unggahan di akun Instagram pada 4 Februari 2019, Tasya dan Randi berpose romantis dan menuliskan sedang berada di Hotel Daun Bali Seminyak.

“Babymoon,” tulis Tasya dalam keterangan foto. Babymoon sendiri populer dalam artian perjalanan atau liburan romantis bersama pasangan tercinta sebelum kehadiran si buah hati ke dunia. Liburan ini dipercaya memiliki efek positif bagi pasangan dan perkembangan bayi.

Dalam foto tersebut, Taysa dan suaminya terlihat berlatarkan matahari terbenam. Unggahan tersebut mendapat banyak pujian dari warganet.

Viewnya cantik banget orangnya juga cantik banget, subhanallah ciptaan Allah luar biasa,” tulis pemilik akun @ameiwindapratiwi. Kawasan Seminyak memang dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah.

Dilansir dari laman bali-indonesia.com, Seminyak berlokasi di sebelah utara kawasan wisata Legian Bali. Seminyak lebih dikenal sebagai tempat untuk mencari villa pribadi, dari yang mewah sampai yang murah.

Daerah ini juga terkenal akan restoran dan bar kelas dunia berstandar internasional.Tempat ini juga memiliki pantai pasir putih, seperti halnya tempat wisata Legian. Bedanya, pantai di sekitar kawasan wisata Seminyak, lebih sepi dan lebih tenang.

Suasana Seminyak sangat berbeda dengan Kuta Bali. Kalau Kuta lebih terkesan kasual dan santai, sedangkan Seminyak yang jadi tempat liburan Tasya Kamila dan suaminya lebih berkesan modern, formal, dan mewah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mengatasi Rasa Jenuh dalam Hubungan Cinta dengan Berlibur Bersama

Liputan6.com, Jakarta – Tiap orang pasti pernah merasa jenuh dan bosan. Begitu juga dalam hubugan asmara. Rasa jenuh dan hambar tidak jarang menghantui pasangan kekasih atau suami istri yang sudah menjalin hubungan asmara cukup lama.

Tak perlu khawatir berlebihan dalam menghadapi hal seperti itu. Hanya saja, jangan sampai perasaan jenuh ini menghancurkan hubungan yang pernah ada. Jangan sampai, rasa bosan membuat Anda maupun pasangan nekat bermain curang di belakang.

Saat menjalin hubungan asmara, siapapun pasti ingin hubungan tersebut selalu bahagia dan jauh dari kata jenuh. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan demi mengatasi rasa jenuh tersebut.

Salah satunya adalah melakukan liburan bersama. Kalau Anda dan pasangan ada mulai merasa jenuh dalam hubungan kalian, sebaiknya segera merencanakan liburan bersama.

Disadari atau tidak, hal ini akan membuat hubungan yang ada terasa lebih hidup lagi. Pergi ke tempat-tempat yang belum dikunjungi sebelumnya juga akan membuat kedekatan kalian lebih berkesan satu sama lainnya.

Dilansir dari laman yourtango.com, melakukan liburan bersama bisa membuat perasaan jadi lebih tenang, bahagia dan segar. Kalau sudah begitu, perasaan cinta ke pasangan akan membaik bahkan bertambah dengan sendirinya. Melakukan liburan bersama juga akan membantu Anda dan pasangan mengingat kembali masa-masa pertama kalian bertemu dan saling jatuh cinta.

Kalau itu terjadi, hubungan asmara yang dijalin pun akan terasa lebih bermakna dan sayang jika harus goyah karena perasaan jenuh serta bosan. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sambut Valentine, Kylie Jenner Luncurkan Koleksi Kosmetik Terbaru

Liputan6.com, Jakarta – Bulan Februari identik dengan Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang. Tiap orang punya cara sendiri dalam menyambut bulan penuh cinta ini. Begitu juga dengan Kylie Jenner.

Artis dan sosialita yang masuk dalam jajaran 30 perempuan terkaya di Amerika Serikat (AS) ini sukses di dunia hiburan maupun bisnis. Salah satu bidang usaha Kylie adalah kecantikan.

Memasuki Februari, energi cinta sepertinya sudah dirasakan sejak dini. Kylie Jenner pun meluncurkan produk kosmetik terbaru miliknya. Melalui akun Instagramnya pada 25 Januari 2019, Kylie Jenner memberikan bocoran akan merilis produk spesial di hari Valentine.

Koleksi tersebut bernuansa merah muda dan berkesan romantis. Koleksi Kylie Cosmetics ini terdiri dari tiga lip set yaitu matte lip color, high gloss, dan lip liner. Selain itu ada juga eyeshadow palette , blush on dan glitter eyeshadow.

Dilansir dari Girlfriend, 31 Januari 2019, koleksi spesial menyambut Valentine ini tak hanya menampilkan nuansa merah muda. Ada juga warna merah dan beberapa warna natural yang dikombinasikan dengan semburat emas pada kemasannya.

Hasilnya, tampilan Kylie Cosmetics terlihat mewah, elegan dan menawan. Ia memilih warna yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan sesuai tampilan yang diinginkan.  Koleksi kosmetik terbaru dari Kylie Jenner ini sudah bisa diperoleh secara online mulai 1 Februari 2019 melalui laman resminya, kyliecosmetics.com.

Tak hanya meluncurkan produk, Kylie Jenner pun tampil spesial untuk koleksi kosmetik terbarunya itu. Dengan rambut merah dan dikuncir ke atas, ia memakai gaun mini merah berkilau dengan latar belakang merah muda.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Saat Risma Semangati Sutopo hingga Kirim Obat

Jakarta – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BPNB, Sutopo Purwo Nugroho, membagikan ceritanya saat bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Risma menyemangati Sutopo hingga berencana mengirim obat.

“Bertemu dengan Bu Risma, beliau langsung menyambut saya. ‘Pak Sutopo harus semangat dan cepat sembuh. Banyak masyarakat yang menunggu informasi Pak Sutopo saat bencana’,” kata Sutopo mengutip ulang pernyataan Risma lewat akun Twitter @Sutopo_PN, Sabtu (2/2/2019).

Sutopo berkesan dengan keramahan dan perhatian Risma terhadap penyakit kanker paru yang dialaminya.

“‘Saya kirim obat ya. Banyak orang yang sembuh kanker minum itu’, kata Bu Risma. Sungguh baik hati Bu Risma,” demikian cuitan Sutopo.

Meski sakit, Sutopo tetap beraktivitas dan sigap memberikan informasi terkini soal bencana. Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDI) memberikan penghargaan kepada Sutopo sebagai Inspirator Terbaik 2018 karena Sutopo dinilai menjadi inspirasi bagi para penyintas kanker.

“Saya selalu bilang, kankerku jangan sakiti aku. Kita sama-sama mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Silakan tetap ada di dalam tubuhku, mungkin kamu memang dituags supaya aku selalu ingat beribadah, mendekatkan diri kepada-Nya dan mengurangi dosa. Aku berterima kasih sudah diingatkan, tapi tolong jangan sakiti saya. Tetap di situ saja dan jangan menyebar,” kata Sutopo, Minggu (16/12/2018) lalu.
(fdn/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Peta Kuno Ini Kuak Sosok Orang Terkaya Sepanjang Sejarah: Dia Seorang Muslim

Liputan6.com, Illinois – Bukan Jeff Bezos atau Bill Gates yang layak menyandang predikat orang terkaya dalam sejarah manusia. Ada seorang pria dari masa lalu lebih tajir daripada bos Amazon dan bos Microsoft itu.

Naskah dari Abad Pertengahan, yang disebut The Catalan Atlas menguak identitasnya. Dalam manuskrip yang menggambarkan rute perdagangan itu terlihat sosok raja dari Afrika Barat yang sedang memegang sekeping uang emas. Namanya adalah Mansa Musa. Ia mungkin adalah orang terkaya di muka Bumi.

Reproduksi atlas tersebut kini dipajang dalam pameran bertajuk ‘Caravans of Gold’ atau Karavan Emas yang dibuka pada Sabtu 26 Januari 2019 di Block Museum of Art di Northwestern University, Evanston, Illinois.

Tema pameran tersebut menyoroti soal kekayaan luar biasa dan pengaruh besar Afrika selama Abad Pertengahan. Peta tersebut dibuat di Majorca, sebuah pulau di Mediterania pada 1375.

“Jelas, Mansa Musa dan Afrika Barat, juga sumber daya emasnya memiliki arti penting yang sangat besar,” kata Kathleen Bickford Berzock, kurator pameran di Block Museum, seperti dikutip dari situs sains Live Science, Kamis (31/1/2019).

Siapa orang terkaya dalam sejarah? Bukan Bill Gates ataupun Henry Ford, namun Mansa Musa I, Kaisar Mali Abad ke-12.

Menurut dia, pameran tersebut bertujuan untuk menghilangkan prasangka atau stereotip tentang Afrika.

Sejumlah sejarawan dan akademis telah banyak mendokumentasikan arti penting Afrika di dunia pada Abad Pertengahan. Namun, di sisi lain, benua itu sering dianggap terbelakang dalam imajinasi publik.

Keterbelakangan itu dipicu serangan kekuatan kolonialis, yang melucuti Afrika dari orang-orang hebat dan sumber dayanya. Juga menghapus banyak warisan budaya dan sejarahnya yang kaya.

“Pameran ini memberi tahu kita banyak hal tentang dunia di mana kita hidup saat ini, untuk memahami sejarah panjang pertukaran dan interaksi pada skala global,” kata Bickford Berzock kepada Live Science.

“Juga membantu orang berpikir tentang sejarah Afrika sebelum keterlibatan Barat, misalnya dalam perdagangan budak Atlantik.”

Mansa Musa pada zamannya adalah sosok fenomenal. Penguasa Mali itu punya kendali penuh atas produksi emas.

Emas yang ditambang di Mali adalah yang paling murni. Yang paling diincar orang-orang kala itu.

“Sulit membayangkan ada orang yang memiliki kekayaan sebanyak itu hari ini,” kata dia, “Pada dasarnya, ia punya akses tanpa batas ke pundi-pundi harta.”

Bahwa Afrika bukan hanya sekadar tempat yang dijarah Eropa untuk bahan mentah, juga tergambar dalam sejumlah artefak.

Benua itu kaya akan budaya, seni patung, seni tekstil, dan lainnya. Salah satu artefak yang dipamerkan adalah sebuah patung, yang menggambarkan seseorang sedang duduk, ditemukan di Nigeria.

Patung itu terbuat dari tembaga yang kemungkinan ditambang di Eropa. Ada juga cetakan koin dinar dari Tadmekka, Mali, masih dengan serbuk emas yang menempel.

Penemuan cetakan itu mengkonfirmasi isi teks-teks bahasa Arab pada saat itu, yang menyebut Tadmekka sebagai sumber dinar, demikian menurut Bickford Berzock. Itu juga yang bikin Mansa Musa jadi orang terkaya.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Mansa Musa ke Makkah

Pada tahun ke-17 kepemimpinannya, 1324, ia melakukan perjalanan ke Makkah. Perjalanan itu menyadarkan dunia akan kekayaan Mali.

Dalam perjalanannya ke Kairo, Mansa Musa I didampingi karavan dan dikawal 60.000 orang, termasuk rombongan 12.000 orang budak yang kesemuanya mengenakan busana brokat dan sutra Persia.

Sang Raja sendiri naik kuda dan diikuti oleh 500 budaknya — masing-masing membawa tongkat emas.

Kemurahan hati dan ketakwaan Mansa Musa, ditambah penampilannya yang menawan menjadikan dirinya sosok yang berkesan.

Ahli sejarah al-‘Umari, yang mengunjungi Kairo 12 tahun setelah kedatangan Mansa Musa, menemukan bahwa para penduduk kota yang populasinya satu juta, kerap memuja-muja sang raja Mali. 

Sang kaisar yang kerajaannya pernah menjadi yang terbesar di dunia dikabarkan melebarkan daerah kekuasaannya dengan menjadi pemilik Ibukota Songhai, Gao.

Di Gao dan Timbuktu — sebuah kota lain di Songhai yang ketenarannya hampir menyaingi Gao.

Sehingga, Mansa Musa meminta Abu Ishaq al-Sahili, penyair dan arsitek Granada yang pernah bepergian dengannya dari Makkah, untuk membangun sebuah masjid.

Masjid Djinguereber, warisan Mansa Musa (Wikipedia)

Masjid Gao itu dibangun dengan batu bata, yang bukan bahan bangunan umum di Afrika Barat.

Menurut Encyclopaedia Britannica, di bawah Mansa Musa, Timbuktu menjadi kota perdagangan penting, dengan armada karavan yang menyambungkan ke Mesir dan pusat perdagangan penting lainnya di Afrika Utara.

Sayangnya, setelah kematian Mansa Musa I pada tahun 1331, pewarisnya tak bisa mempertahankan harta itu. Hasilnya, semua habis untuk membiayai perang.