5 Festival yang Bikin Liburanmu Lebih Berkesan di Australia

Liputan6.com, Jakarta Melbourne menjadi salah satu destinasi liburan yang paling banyak diburu para traveler. Mereka datang bukan hanya saat musim panas untuk menikmati keindahan pantainya. Tapi ketika musim dingin tiba, Melbourne juga menarik perhatian traveller untuk kembali berlibur dengan atmosfer yang berbeda.

Nah kalau kamu merencakan liburan ke Melbourne dalam waktu dekat, dijamin enggak akan menyesal. Jika kamu dan keluarga ingin menikmati salju dengan cara yang menyenangkan, coba datang ke Mount Buller Resort di Pegunungan Alpen Australia.

Resort seluas 300 hektar ini sangat mudah dijangkau. Kamu cukup menempuh tiga jam perjalanan dari pusat kota. Mount Buller menawarkan berbagai pengalaman menarik untuk pengunjungnya dan menjadi surganya para pecinta ski.

Selain bermain salju di Mount Buller, Anda juga bisa memilih berbagai pilihan kegiatan seru lainnya dalam bentuk festival, dan dijamin menghiburmu selama musim dingin, seperti:

White Night Melbourne

Melbourne merupakan kota dinamis yang penuh dengan kejutan, salah satunya dengan adanya festival musim dingin, seperti White Night. Festival yang sudah berjalan lebih dari enam tahun ini menciptakan kesan tersendiri bagi para pelancong. Bagaimana tidak, White Night memberi kesempatan bagi para pengunjung untuk menikmati Melbourne kapan saja selama 24 jam. Festival White Night Melbourne ini mulai bisa dinikmati pada Agustus 2019 yang lengkap dengan penampilan ekstravagansa musik dan budaya.

Winter Night Market Queen Victoria

Liburan ke Melbourne, enggak lengkap kalau kamu tak datang ke Queen Victoria Market.  Pasar ini beroperasi di atas gedung yang berumur lebih dari 140 tahun ini. Queen Victoria Market berhasil mengukir reputasi multikultur dan membuat para wisatawan penasaran pada keistimewaannya.

Inilah salah satu keistimewaannya saat musim dingin, yaitu Winter Night Market. Alasan kamu wajib datang ke pasar malam musim dingin ini karena Winter Night Market hanya digelar seminggu sekali, yaitu tiap Rabu. Waktu operasionalnya pada jam enam sore sampai 10 malam.

Dalam Winter Night Market, kamu bisa mencicipi lebih dari 60 booth makanan dan minuman favorit dunia. Misalnya menyantap kuliner khas Jepang, Miso Fresh vegan soba noodles yang dipadukan dengan krispinya ayam goreng. Untuk menghangatkan tubuh, kamu juga bisa mencoba Michelson Winery yang menawarkan beragam wine.

Oh ya, pasar malam musim dingin ini dibuka pada Juni sampai awal Oktober 2019. Pengalaman pasar malam di tengah kota, bakal semakin berkesan karena ada lebih dari 130 karya seni, booth fashion, dan musik yang siap menghiburmu.

Winter Masterpieces for Art Aficionados

Terracotta Warriors atau pasukan Terakota adalah salah satu penemuan arkeologi terbesar abad ke-20 peninggalan Qin, kaisar pertama China. Nah jika kamu penikmat karya seni, coba ke Galeri National Victoria. Pada 24 Mei sampai 13 Oktober 2019 ada Winter Masterpieces Series yang ‘menceritakan’ kembali tentang pasukan Terakota. Kamu akan melihat keindahan karya seniman kenamaan asal China, Cai Guo Qiang. 

Delapan prajurit Terakota, dua kuda berukuran sebenarnya, dan dua replika kereta, dibuat dari perunggu yang masing-masing ditarik empat kuda. Semuanya ditampilkan dalam bentuk patung.  Di pameran ini, Cai Guo Qiang juga menciptakan karya seni baru yang terinspirasi dari budaya China, yaitu instalasi burung porselen dengan kesan tiga dimensi.

Belum lagi patung porselen peony yang bakal membuatmu terkesan saat liburan ke Melbourne. Menariknya lagi, kamu bisa melihat ratusan harta karun peninggalan bersejarah China yang diterbangkan ke Melbourne, dari Shaanxi History Museum.

Winter Wonderland Sovereign Hill

Jangan lupa memasukan Sovereign Hill di Kota Ballarat ke dalam daftar kunjunganmu ke Melbourne. Sovereign Hill menjadi destinasi wisata terkenal karena bangunan-bangunan tua masih berdiri kokoh sejak dibangun pada abad ke 18. Paling ditunggu oleh wisatawan saat musim dingin adalah Winter Wonderland Sovereign Hill.

Di Melbourne saat winter, waktu malam pasti akan terasa lebih cepat. Jadi saat jam lima sore, kamu bisa merasakan sensasi salju buatan dan gemerlap lampu yang menyorot bangunan-bangunan tua di Sovereign Hill.

Dekorasi penuh warna alias colourful, alunan musik, dan lalu lalang orang sambil mengenakan pakaian khas budayanya, seakan membawamu kembali ke abad 18.  Oh ya untuk diketahui juga, mengunjungi Sovereign Hill di malam hari cocok banget bagi kamu yang merencanakan liburan bareng keluarga atau sahabat.

Great Ocean Road Chocolaterie & Ice Creamery

Bagi kamu penggemar makanan manis seperti cokelat, wajib banget datang ke festival yang berlangsung pada 1-31 Agustus 2019. Nikmati 31 rasa cokelat panas nan lezat saat liburan di Melbourne. Oh ya, festival ini adalah kesempatanmu, membuat cokelat panas sendiri sesuai pilihanmu. Kamu juga bisa mengikuti kelas selama 45 yang dipastikan menarik!

Jadi sudah siap merekam momen spesialmu di Melbourne? Segera rencanakan perjalananmu menggunakan Singapore Airlines yang menyediakan empat penerbangan harian ke Melbourne. Dua penerbangan dioperasikan menggunakan pesawat B773ER yang dilengkapi dengan kabin next generation, di semua kelas. 

Kabin First Class dengan penambahan panjang tempat tidur sebanyak 82 inci serta lebar kursi sebanyak 35 inci disebut sebagai salah satu produk First Class yang paling luas di industri. Tampil dengan desain fixed-back shell dengan panel samping melengkung untuk privasi tambahan, kabin ini dirancang secara ergonomis dengan penambahan sandaran kepala dan pencahayaan kursi yang dapat disesuaikan.

Untuk kursi Business Class yang baru menawarkan sandaran lebih besar hingga 132 derajat dengan bantalan kursi ergonomis yang ditingkatkan. Dua posisi tempat duduk baru pun telah diperkenalkan ‘Lazy Z’ dan ‘Sundeck’, yang memberikan fleksibilitas lebih besar bagi traveler untuk memilih cara yang disukai untuk bekerja atau bersantai.

Saat dikonversi, kursi ini bisa menjadi tempat tidur datar dengan panjang 78 inci. Bahkan dilengkapi bantal yang empuk untuk meningkatkan kenyamanan. Ruang penyimpanannya juga lebih banyak juga karena ditambah dengan area penyimpanan fasilitas di konsol samping serta dilengkapi area penyimpanan laptop.

Sedangkan Economy Class yang baru juga memberikan kenyamanan tambahan dengan peningkatan ruang pribadi dan ruang kaki. Kursinya juga dilengkapi dengan sandaran punggung yang baru dengan bantalan samping. Sebagai tambahan, sandaran kepala yang dirancang secara ergonomis memungkinkan penyesuaian ketinggian untuk penyangga leher yang lebih nyaman.

Selain kursi, Singapore Airlines juga menciptakan pengalaman bersantap yang lebih nikmat. Menu yang disajikan kaya rasa dengan aroma lembut yang menggoda. Ya, cita rasa itu diperhitungkan matang oleh koki, agar kamu tetap bisa menikmati makanan dengan nyaman meski berada di atas ketinggian 30 ribu kaki. Keistimewaan lain dengan penerbangan ini, Singapore Airlines juga menghadirkan menu special meals yang bisa dipesan 48 jam sebelum keberangkatan untuk alasan khusus seperti alergi makanan, program diet, alasan agama atau membutuhkan makanan khusus untuk balita.

Perut kenyang, sekarang saatnya untuk bersantai sambil menunggu pesawat tiba di Melbourne dengan ditemani lebih dari 1.800 pilihan hiburan mulai dari film, program tv, musik, game interaktif, dan masih banyak lagi.

Segera cek promo dan pesan tiketnya di sini

(Adv)

Kalahkan Rossi, Kemenangan Pertama Rins Jadi Tambah Berkesan

AustinAlex Rins meraih kemenangan pertamanya di kelas MotoGP. Capaian fantastis itu makin berkesan lantaran didapat usai mengalahkan sang idola, Valentino Rossi.

Alex Rins menjadi juara MotoGP Amerika Serikat setelah memenangi duel dengan Rossi. Rider Suzuki itu menyentuh garis finis dengan keunggulan hanya 0,4 detik lebih.

Baik Rins maupun Rossi diuntungkan dengan kecelakaan yang dialami Marc Marquez, yang merupakan juara bertahan di lintasan itu selama enam tahun beruntun.

Ini merupakan kemenangan perdana Rins di kelas MotoGP sejak dia terjun di kelas paling bergengsi tersebut pada musim 2017. Tanda-tanda Rins akan menjadi penantang papan atas sudah terlihat musim lalu saat dia dua kali jadi runner up di seri penutup Malaysia dan Valencia.

“Saya sangat bahagia sampai tak bisa menggambarkannya dengan kata-kata. Pertama-tama, saya berterima kasih pada seluruh fans yang sudah datang ke sini. Juga mereka yang sudah menciptakan motor luar biasa ini,” kata Rins usai balapan tuntas.

Kemenangan pertama ini juga tambah berkesan lantaran dia meraihnya dengan mengalahkan Rossi. Diakui Rins, Rossi adalah pebalap MotoGP idolanya sejak masih kecil.

“Saya memenanginya atas Valentino, itu sesuatu yang luar biasa untuk saya. Dia adalah idola sejak saat saya masih sangat kecil,” lanjut Rins dikutip dari AS.

(din/cas)

Pagi Berkesan di Wae Rebo, Desa Atas Awan

NTT – Simpel namun berkesan. Menyepi dan intim dengan alam. Demikian catatan Hana Adi tentang Desa Wae Rebo yang dimuat di jawapos.com di suatu pagi. Wae Rebo adalah desa yang menjadi salah satu ikon pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Lokasi desa ini terletak di perbukitan Kabupaten Manggarai di Pulau Flores. Kota terdekat dengan desa ini adalah Kota Ruteng. Desa Wae Rebo itu sendiri kerap dijuluki sebagai ‘desa di atas awan’ lantaran keberadaanya di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Kampung adat tradisional ini namanya sudah sangat dikenal. Keindahan alam, budaya dan suasananya yang menyejukkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Cerita dimulai ketika perjalanan menuju Wae Rebo kami dari Labuan Bajo dengan menggunakan mobil mini MPV. Selama hampir empat jam perjalanan menuju Desa Denge, tempat terakhir yang bisa dilewati kendaraan.

Perjalanan menuju Desa Denge melewati sejumlah rute yang berliku dan berpotensi membuat penumpang menjadi mual atau mabuk. Bagi yang punya gejala tersebut, disarankan untuk meminum obat anti mabuk.

Setelah sampai di Desa Denge, kami melanjutkan perjalanan menuju Pos I Wae Lomba sejauh sekitar 4 KM dengan jalur menanjak menggunakan sepeda motor. Biaya ojek Rp 40 ribu – Rp 50 ribu per penumpang. Pos I merupakan titik terakhir motor bisa melintas. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 5,5 – 7 KM.

Di sinilah perjuangan selanjutnya dimulai. Kebetulan, kami melakukan perjalanan di saat Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Jalanan yang lembab dan cuaca dingin mewarnai perjalanan kami.

Pada awal, jalur menuju Wae Rebo akan terus mendaki. Bagi wisatawan yang tidak terbiasa dan memiliki riwayat penyakit jantung, disarankan untuk berhati-hati dengan mengatur ritme perjalanannya.

Selain itu, jalur pendakian yang dilewati masih banyak berupa batu dan tanah. Kondisi jalanan yang lembab serta udara yang mulai mendung membuat kami ekstra hati-hati karena jalur menjadi licin. Apalagi, di kanan maupun kiri jalur adalah jurang tanpa pembatas.

Belum sampai setengah perjalanan, badan kami terlihat basah kuyup dibanjiri keringat. Tak jarang, sebagian beristirahat lantaran fisik tak mendukung dan kelelahan.

Sudah setengah perjalanan, rintik air hujan mulai turun membasahi bumi. Menyambut kedatangan kami dengan semerbak khas musim penghujan di alam bebas. Begitu segar dan menenangkan pikiran.

Hujan seakan tak sendirian menyambut kami. Hewan kecil penghisap darah bernama pacet juga ikut serta. Darah yang keluar dari bagian kaki para pendaki menjadi penanda bahwa hewan yang satu keluarga dengan lintah itu ‘menerima’ kehadiran kami.

Tak terasa, 2 jam lebih perjalanan saya tempuh bersama beberapa rekan yang memang ada di barisan depan. Sementara yang lainnya, masih di belakang kami. Waktu tempuh menuju desa ini pun berbeda-beda, ada yang 2 jam, 3 jam bahkan bisa 4 jam, tergantung dari kemampuan fisik masing-masing.

Sebelum memasuki perkampungan, tamu harus singgah di pos terakhir. Di sana, perwakilan rombongan diminta membunyikan kentongan sebagai tanda tamu tiba. Dari pos tersebut terlihat jelas tujuh rumah adat berbentuk kerucut. Sebelum beraktivitas di kampung, kami diminta untuk wajib mengikuti upacara Waelu’u terlebih dulu.

Upacara itu digelar di rumah utama yang dinamakan Niang Gendang. Rumah adat yang paling besar itu merupakan tempat tinggal ketua adat. Maksud upacara itu untuk memohon ijin dan penghormatan kepada para leluhur Wae Rebo.

Pagi sudah menghilang, berganti siang.

Ikuti berita menarik lainnya dari Jawapos.com

Simak video pilihan berikut:

simak video pilihan berikut:

Juventus vs Atletico Madrid: Rayakan Laga Ke-500, Chiellini Ingin Hasil yang Berkesan

Liputan6.com, Turin – Dini hari WIB nanti, Juventus akan kembali berjuang di Liga Champions. Pada leg kedua yang berlangsung di Allianz Arena, anak asuh Massimiliano Allegri wajib unggul lebih dari dua gol atas Atletico Madrid untuk memastikan tempat di perempat final.

Pasalnya, pada leg pertama lalu, I Bianconeri kalah 0-2 dari lawan yang sama.

Meski bukan laga yang mudah, dukungan dari fans fanatik mereka diharapkan menjadi suntikan semangat tambahan bagi pasukan dari Turin. Ditambah, Juventus dalam tiga laga terakhir belum merasakan kekalahan.

Bagi bek sekaligus kapten Juventus, Giorgio Chiellini ini akan sangat istimewa. Pasalnya, jika dimainkan, ini akan pertandingan ke-500-nya berseragam La Zebrete. Bek Italia itu bergabung bersama Juventus sejak 2005. Dalam 499 penampilannya, ia sukses membubuhkan 35 gol serta 23 assits.

Seperti yang dilansir Football Italia, pemain 34 tahun itu ingin laga nanti menjadi pertandingan yang paling berkesan dalam karier sepak bolanya. Menurutnya, laga Juventus lawan Barcelona merupakan pertandingan dengan kenangan yang terbaik di Liga Champions.

“Saya berharap ini akan menjadi pertandingan yang layak dikenang di antara 500 pertandingan. saya pikir satu kenangan terbaik di Liga Champions adalah menahan imbang 0-0 Barcelona, karena tidak semua dapat clean sheat di Camp Nou. Saya berharap pertandingan nanti akan menjadi yang paling berkesan,” ujar pemain kelahiran Pisa itu.

Top 3: Deretan Chat Kocak Gagal Nembak Gebetan

Liputan6.com, Jakarta – Berbagai cara dan usaha dilakukan para pria dalam merebut hati pujaannya. Apalagi saat menembak gebetan, diusahakan agar momen tersebut menjadi momen paling berkesan bagi sang gebetan.

Banyak pria yang memiliki nyali besar biasanya akan menembak gebetannya secara langsung. Namun, adapula pria yang sungkan menyatakannya secara langsung dan memilih untuk mengungkapkan rasa cintanya melalui pesan singkat atau telepon.

Artikel tentang usaha kocak nembak gebetan lewat chat menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni deretan daftar menu paling absurd. Adapun artikel ketiga terpopuler adalah cara unik pria bersihkan sisik ikan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Usaha Kocak Nembak Gebetan Lewat Chat, Ngenes tapi Bikin Ngakak

Akun Twitter @beni_ristian belakangan melakukan percobaan menembak wanita lewat chat. Entah cuma bercanda atau serius, namun ia menawarkan para wanita untuk menjadi pacarnya lewat chat. Padahal mereka belum saling mengenal. 

Selengkapnya…

2 dari 3 halaman

2. Deretan Daftar Menu Paling Absurd, Bikin Kesal Sekaligus Baper

Setiap tempat atau warung makan pasti menyediakan daftar menu apa saja yang mereka jual untuk mempemudah para pembeli. Nah, biasanya daftar menu berisikan makanan atau minuman apa saja yang disediakan warung tersebut beserta dengan harga per porsinya.

Selengkapnya…

3 dari 3 halaman

3. Anti-Mainstream, Cara Unik Pria Ini Bersihkan Sisik Ikan Viral

Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering diolah dan disenangi oleh banyak orang. Pekerjaan tersebut memang kerap kali dilakukan para wanita. Ya, mulai dari membersihkan hingga mengolah ikan hingga menjadi santapan yang lezat adalah pekerjaan ibu rumah tangga.

Selengkapnya…

Harga CBR250RR, Motor Honda dengan Tampilan Super Sporty dan Canggih

Liputan6.com, Jakarta Dunia otomotif terus berkembang seiringnya perkembangan teknologi saat ini. Salah satu perusahaan produsen otomotif yang terkenal di dunia adalah Honda. Perusahaan asal Jepang ini terus mengembangkan produknya dengan menargetkan pasaran yang sedang trend. Bahkan produk – produk ungggulan Honda mudah sekali ditemui di Indonesia.

Honda telah banyak merilis produk-produk mobil dan motor ke seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Salah satu produk terbaik Honda yang ada di Indonesia adalah motor. Motor keluaran perusahaan Honda banyak diminati oleh masyarakat di tanah air.

Terus berkembangnya zaman, kini banyak anak muda bahkan orang dewasa yang mengaku pecinta otomotif sedang digandrungi oleh motor sport. Salah satu motor sport terbaik di Indonesia adalah Honda CBR250RR.

Dilansir Liputan6.com, Minggu (24/2/2019) dari Astra Honda, produk motor Honda CBR250RR tampil khusus bagi para pecinta motor sport yang senang berkreasi dan modifikasi. Varian utama motor supersport Honda ini juga mendapat penyegaran tampilan sehingga semakin mencerminkan karakter pengendaranya saat dikendarai.

Sebelum menengok harga CBR250RR, berikut ini Liputan6.com ulas spesifikasi dan keunggulan motor Honda satu ini.

2 dari 5 halaman

Tampil Dengan Dua Varian

Honda CBR250RR memiliki dua varian warna baru yaitu Black Freedom dan Bravery Mat Red. Untuk Black Freedom memiliki kesan hitam glossy yang mendominasi. Secara khusus Black Freedom khusus dihadirkan bagi pecinta motor sport yang gemar berkreasi.

Bravery Mat Red hadir dengan tampilan yang berkesan mencolok dengan warna merahnya. Warna merah yang tampak lebih berani dan sporty ini menghadirkan siluet pengendara yang agresif. Tak hanya Black Freedom dan Bravery Mat Red, Honda CBR250RR juga hadir dengan warna lainnya yaitu Mat Gunpowder Black Metallic dan Honda Racing Red.

Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM menjelaskan bahwa Honda hadir dengan varian baru dan tampilan khusus dipasarkan dengan harga CBR250RR yang lebih kompetitif sehingga diharapkan dapat mewujudkan harapan konsumen tentang motor sport.

3 dari 5 halaman

Body dan Dimensi

Honda CBR250RR in mengusung mesin 2 silinder (parallel Twin Cylinder) dan memiliki fitur serta teknologi yang lebih canggih. Sebanding dengan harga CBR250RR, motor ini merupakan hasil produk motor sport terbaru oleh Honda yang merombak besar untuk jenis motor sport 250cc miliknya.

Untuk body Honda CBR250RR memiliki panjang 2.060 mm, lebar 724 mm serta tinggi 1.098 mm. motor sport ini juga dilengkapi dengan tangka bahan bakar pada sisi dean dengan kapasitas 14.5 liter dengan desain tangka yang elegan dan furturistik.

Alasan Honda CBR250RR laris manis di Indonesia memang bukan tanpa alasan. Tampilan belakang Honda CBR250RR bahkan terlihat sporty dengan tajam. Dipatok dengan harga CBR250RR yang tak murah, tak membatasi para pecinta motor sport di Indonesia untuk memburunya.

Bagian depan disematkan lampu yang mengadopsi LED. Begitupun bagian belakang. Honda CBR250RR juga dilengkapi dengan dua lubang knalpot yang hanya dimiliki oleh motor sport ini.

Honda CBR250RR memiliki sistem kopling Multiplate Wet Clutch with Coil Sping dengan starter electric. Dilengkapi dengan tenaga maksimal sebesar 28,5 kW (38,7 PS) / 12.500 rpm.

4 dari 5 halaman

Jantung Pacu

Mesin Honda CBR250RR dilengkapi dengan sistem pendingin liquid cooled yaitu Auto Electric Fan sehingga mampu menstabilkan suhu mesin. Dilengkapi juga denga teknologi PGM-FI untuk mengoptimalkan sistem pembakaran Honda CBR250RR agar lebih hemat bahan bakar dan juga ramah lingkungan.

Untuk kecepatannya, motor ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 38,7 PS pada 12.500 rpm. Torsi puncak mencapai 23,3 Nm pada 10.000. Harga CBR250RR yang dibanderol sekitar Rp 60 juta tak membuat banyak orang berhenti mencarinya. Pasalnya dari Honda CBR250RR ini kamu bisa memilih salah satu riding mode yang terdiri dari Comfort mode, Sport dan Sport+.

5 dari 5 halaman

Harga CBR250RR dari Berbagai Varian

Hadir dengan tampilan baru, lebih sporty dan dilengkapi dengan teknologi canggih, tak heran jika harga CBR250RR dibanderol cukup kompetitif. Namun semua itu akan terbayarkan dengan rasa nyaman dan kecanggihan dari Honda CBR250RR.

Harga CBR250RR yang dipatok berdasarkan dari sistem pengeremannya. Motor Honda CBR250RR disediakan dengan dua varian yaitu ABS dan Non-ABS. keduanya menggunakan sistem pengereman Hydarulic Disc dua piston di rem depan dan Hydraulic Disc satu piston di bagian belakang.

Untuk harga CBR250RR sendiri pada tahun 2019 ini cukup bervariasi sesuai dengan tipenya. Harga CBR250RR BAS Bravery Mat Red dipatok harga Rp 70.725.000. Untuk harga CBR250RR ABS Black Metallic sebesar Rp 70.725.000. Harga CBR250RR BAS Honda Racing Red, sekitar Rp 71.325.000.

Harga CBR250RR STD Black Freedom dibanderol harga Rp 59.900.000. Harga CBR250RR STD Bravery Mat Red, dipatok Rp 64.725.000. Untuk harga CBR250RR STD Black Metallic Rp 64.725.000, dan harga CBR250RR STD Honda Racing Red Rp 65.325.000.

Demikian artikel tentang harga CBR250RR sesuai dengan varian, tipe dan sistem pengeremannya. Semoga artikel diatas dapat memberimu referensi sebagai pecinta motor sport. Memiliki motor sport dengan lekukan bodi yang tajam akan membuatmu terkesan keren dengan Honda CBR250RR.

Restoran Sumatra, Pelepas Rindu Masakan Indonesia di Kamboja

Phnom Penh – Salah satu tantangan saat meliput event di luar negeri adalah soal makanan, tak terkecuali di Piala AFF U-22 2019. Beruntung di Kamboja, tepatnya di Phnom Penh ada ‘Restoran Sumatra’ yang menyajikan masakan khas tanah air.

Kesan pertama jika melihat namanya yakni ‘Restoran Sumatra’ ekspektasi yang diharapkan tentu saja tempat ini menyajikan masakan-masakan dari Pulau Sumatra. Pada kenyataannya, tak sekadar masakan Sumatra, restoran yang terletak di 67, Street 123 Sangkat Toul Tum Poung, Phnom Penh, itu menyajikan berbagai masakan dari seluruh nusantara. 

Restoran Sumatra berdiri sejak 2009 ketika sang pemilik, Markus, melihat peluang bisnis di Kamboja. Pria asal Yogyakarta itu kemudian memutuskan untuk berhenti dari tempat kerjanya sebagai koki di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta.

Markus memberanikan diri untuk membuka restoran di Phnom Penh, Kamboja, dengan modal dua meja saja. Lambat laun, usaha yang dirintisnya mampu berkembang dan sejauh ini sudah dua kali pindah ke tempat yang lebih besar hingga akhirnya menetap di lokasi sekarang.

“Pada 2008, saya punya kesempatan jalan-jalan ke Kamboja kemudian saya melihat adanya peluang untuk memulai bisnis makanan Indonesia. Saya melihat hanya ada orang asing dan saya yakin mereka suka makanan Indonesia. Saya mulai akhirnya Restoran Sumatra pada 2009,” kata Markus.

Pemilihan nama Restoran Sumatra ternyata punya filosofis. Menurut Markus, nama tersebut dipilih karena mengacu pada lagu yang terkenal di Kamboja yakni Leahaey Sumatra.

“Ada seorang laki-laki Kamboja yang pergi ke Indonesia dan jatuh cinta sama wanita Sumatra. Akan tetapi, tidak jadi menikah. Lalu dia kembali ke Kamboja dan menciptakan satu lagu yang judulnya Leahaey Sumatra yang berarti Selamat Tinggal Sumatra. Jadi, nama Sumatra itu sudah familiar di telinga masyarakat Kamboja,” ujar Markus.

Restoran Sumatra sendiri memiliki menu favorit yang kerap dipesan para pengunjung. Menurut Markus, menu favoritnya adalah terong balado. 

“Ada sate, rendang, dan terong balado. Itu merupakan makanan yang cukup favorit di restoran kami,” ujar Markus.

Dengan biaya sekali makan tak sampai 7 dollar AS, Anda yang sedang berada di Kamboja sesaat akan terobati dengan masakan nusantara. Apalagi lokasi restoran ini yang tak jauh dari pusat kota Phnom Penh, Kamboja dan kerap memberikan potongan harga sebesar 30 persen untuk Warga Negara Indonesia. 


2 dari 2 halaman

Pernah Dicicipi Pejabat Negara Hingga Jusuf Kalla

Sejak berdiri pada 2009, Restoran Sumatra menjadi salah satu masakan Indonesia di Phnom Penh, Kamboja, yang jadi favorit pengunjung. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sebagai salah satu tempat yang menyajikan masakan nusantara, tak jarang Restoran Sumatra menerima tamu-tamu penting. Markus berkata, sudah empat kali pergantian Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, selalu mampir ke restorannya.

Selain menyediakan makan di tempat, Markus menyebut Restoran Sumatra juga sering menerima pesanan katering. Salah satu yang paling berkesan buat Markus adalah ketika dipercaya untuk memasak makanan untuk Wakil Presiden Jusuf Kalla pada awal Januari 2019.

“Pasti Bapak Duta Besar sudah berganti hingga empat kali dan selalu mampir ke sini. Begitu juga ketika ada event di KBRi itu juga mereka pesan dari kami,” ucap Markus.

“Selain itu, kami pernah melayani Bapak Jusuf Kalla yakni pesanan untuk pesawat pribadinya. Kemudian Ibu Megawati dan ada beberapa anggota DPR yang pernah ke sini juga,” kenang Markus.

Sumber: Bola.com

MU vs Liverpool: De Gea Siap Balas Dendam

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) menghadapi Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford Stadium, Minggu (24/2/2019). Kiper MU, David De Gea menyiapkan aksi balas dendam.

Pada pertemuan pertama di Anfield Stadium, 16 Desember 2018, Setan Merah, sebutan MU, tak berkutik. Tim yang kala itu dinakhodai Jose Mourinho kalah 1-3.

Itu menjadi kekalahan pertama MU dari Liverpool setelah enam pertemuan sebelumnya. De Gea sendiri merasa tertantang membawa Setan Merah kembali ke jalur kemenangan atas Liverpool.

“Ini merupakan pertandingan yang sangat istimewa, untuk penggemar, klub, dan pemain. Ketika kita bermain di Old Trafford, kami selalu mendapat kesempatan lebih (untuk menang),” ucap De Gea, dikutip dari situs resmi klub.

“Tentu saja kami bertujuan untuk menikmati pertandingan. Kami juga akan mencoba yang terbaik untuk memenangkan pertandingan,” kata kiper MU berusia 28 tahun itu melanjutkan.

2 dari 3 halaman

Tren Positif

De Gea terlihat sangat percaya diri melawan Liverpool. Terlebih, Setan Merah sedang berada dalam tren positif sejak dinakhodai Ole Gunnar Solskjaer.

Setelah kalah 0-2 dari Paris Saint-Germain di Liga Champions pekan lalu, MU berhasil bangkit. Setan Merah mencatatkan kemenangan 2-0 atas Chelsea di ajang Piala FA.

“Kami sedang berada dalam kurva yang mengarah ke atas. Tim bermain dengan baik dan mengambil banyak poin. Namun, kami harus terus bekerja keras dengan banyak intensitas,” ujar De Gea.

3 dari 3 halaman

Momen Manis

De Gea sendiri mengaku punya satu momen yang tak terlupakan di laga melawan Liverpool. Itu terjadi pada 14 Desember 2014 ketika Setan Merah menang 3-0 atas Liverpool di Old Trafford Stadium.

“Saya sudah banyak memainkan pertandingan melawan mereka. Mungkin pertandingan di Old Trafford yang kami menang 3-0, sangat berkesan. Itu salah satu pertandingan yang menonjol dan menjadi pengalaman terbaik,” katanya mengakhiri.


Saksikan video pilihan berikut ini:

5 Cara Bungkus Kado Unik dan Kreatif, Bisa Kamu Coba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hadiah akan menjadi lebih bermakna jika diberikan dengan cara dan tampilan yang manis. Oleh sebab itu, cara bungkus kado pun harus kreatif agar kadomu menjadi lebih terkenang dan berkesan bagi si penerima. Ada banyak kreasi atau cara bungkus kado unik dan kreatif.  Banyak orang yang belum paham bagaimana cara bungkus kado unik dan kreatif. 

Kado adalah sebuah hadiah yang berupa barang dan atau bisa saja bukan berupa barang secara fisik. Kado itu biasanya diberikan kepada orang yang dinilai istimewa, atau diberikan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap istimewa bagi orang tersebut.

Membungkus kado terkadang terlihat mudah, namun sebenarnya dibutuhkan ketekunan dan kreativitas. Berikut cara bungkus kado unik dan kreatif yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

2 dari 6 halaman

1. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Baju

Beberapa waktu belakangan ini kado bentuk baju memang sangat populer. Cara bungkus kado bentuk baju juga cukup mudah. Bahan-bahannya pun cukup mudah di dapat dan tidak ribet. Siapkan satu kertas kado secukupnya, selotip, dan gunting.

· Cara bungkus kado pertama, rekatkan kedua ujung kertas dengan ukuran yang sama menggunakan selotip atau lem.

·  Lipatlah ujung bawah keatas sekitar 8cm kemudian tarik sisi atasnya ke bawah.

·  Jika sudah berbentuk datar lipat kedua sisi yang telah ditarik tadi lalu rekatkan masing-masing sisinya.

·  Setelah kertas kado berbentuk kotak dan bagian bawahnya tertutup rapat masukkan kado. Lalu dibagian atas sekitar 5cm gunting bagian sisi kanan dan kirinya.

·  Lipat kertas yang sudah digunting tadi sampai membentuk kerah baju dan rekatkan dengan solasi atau lem.

·  Pada sisi tadi yang digunting rekatkan kembali menggunakan lem supaya terlihat lebih rapi. Bisa juga digunting miring sedikit pada bagian pinggir atas supaya lebih terlihat seperti baju. Jika ingin terlihat lebih cantik, bisa ditambahkan pita.

3 dari 6 halaman

2. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Tas

Cara bungkus kado unik bentuk tas juga bisa jadi alternatif yang pas dan mudah. Cara bungkus kado bentuk tas ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Bisa langsung ditiru untuk membuat bungkus kado yang unik dan kreatif. Cukup siapkan kertas kado, pita, slotip, lem dan cutter atau gunting.

– Cara bungkus kado pertama, lipat kedua sisi dengan lipatan di satu sisi lebih banyak. Lekatkan kedua ujungnya menggunakan lem kemudian lipat bagian bawanya kira-kira seperempat dari bungkus kado. Rapikan kemudian rekatkan dengan isolatip hingga membentuk datar seperti paper bag.

– Untuk bagian atasnya bisa langsung dilipat kemudian tempelkan pita yang sudah disediakan. Atau lipat bagian atasnya, setelah merekatkannya dengan selotip, buatlah lubang di sisi kanan dan sisi kiri untuk memasang tali.

4 dari 6 halaman

3. Cara Bungkus Kado Unik dan Cantik

Ada cara bungkus kado yang gampang untuk ditiru. Kalau kamu suka gambar menggambar, mungkin cara bungkus kado simple ini akan jadi lebih mudah. Biar lebih terkesan kamu bisa membuat bungkus kado dengan desain gambaran kamu sendiri. Bungkus kado dengan kertas krep akhir-akhir ini lagi banyak dipakai untuk membuat bungkus kado yang unik dan cantik.

– Cara bungkus kado pertama siapkan kertas krep secukupnya sesuaikan ukurannya dengan kado yang akan diberikan. Lalu siapkan juga spidol beberapa warna, pastikan warnanya tidak mati kalau dipasangkan dengan bungkus kado.

– Cara bungkus kado selanjutnya, bungkus kadonya dengan bentuk sesuai kreasi yang kamu suka. Setelah kado berhasil dibungkus seperti biasa kemudian coret-coret bungkus krepnya dengan gambar yang kamu inginkan.

– Buatlah bentuk yang simple dan tidak terlalu ramai. Ulangi coretan sampai kertas kadonya penuh dengan gambar kamu.

5 dari 6 halaman

4. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Permen

Cara bungkus kado unik lainnya, Kamu bisa mencoba membuat bungkus kado yang bentuknya mirip dengan permen. Bentuknya unik dan cara membuatnya juga cukup simple. 

Siapkan kertas kado dan sesuaikan dengan besarnya kado yang akan diberikan. Siapkan juga solasi bening atau solasi bermotif lucu yang cocok dengan kertas kadonya, jangan lupa juga untuk menyiapkan tali.

·  Cara bungkus kado, kemudian bentuklah kadonya memanjang, lalu tempatkan kado diatas kertas. Setelah itu, gulung kertas kado bersamaan dengan kadonya. Jika sudah membentuk gulungan, rekatkan kertasnya menggunakan solasi yang sudah disediakan.

·  Dibagian sisi bawah dan atas (batas kado yang ada di dalam kertas), rekatkan supaya membentuk permen. Tarik pelan-pelan bagian ujungnya supaya lebih mekar. Gunakan tali yang tadi disiapkan pada bagian perekat ujungnya supaya lebih lucu.

6 dari 6 halaman

5. Cara Bungkus Kado Unik dan Lucu

Selanjutnya cara bungkus kado yang lucu adalah dengan menambahkan pernak-pernih hiasan kertas seperti confetti. Kamu tahu kan kalau confetti itu cukup meriah dan unik? Ide ini bisa digunakan dalam membuat bungkus kado yang beda dari yang lain. Bahan yang perlu disiapkan adalah bungkus kado polos, kertas krep warna-warni, gunting, selotip, lem.

– Cara bungkus kado unik dengan tema ini, kamu harus memotong krep yang disediakan secukupnya.

– Setelah kado dibungkus dengan kertas dan sudah terlihat rapi, oleskan lem ke bagian kertasnya.

– Bisa kamu oleskan secara merata atau hanya setengah bagiannya saja agar terlihat lebih lucu. Lalu tempelkan kertas krep yang tadi sudah dipotong, selang-seling warnanya supaya tampak lebih hidup.

Sebelum Wisuda, 5 Kegiatan Ini Dapat Dilakukan Bareng Teman Kuliah

Liputan6.com, Jakarta – Setiap fase dalam kehidupan memiliki cerita masing-masing, tak terkecuali masa kuliah. Meski disibukan dengan segudang tugas, momen kebersamaan bareng teman-teman selalu terasa menyenangkan.

Sebelum wisuda, Anda dan kawan-kawan dapat memaksimalkan waktu untuk kembali mengukir kisah. Banyak hal menarik dan pengalaman unik dapat Anda ukir sebelum memilih jalan hidup masing-masing.

Lantas, apa saja kegiatan seru yang bisa Anda dan teman kuliah lakukan sebelum wisuda? Simak ulasan selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Foto Grup

Mengabadikan kebersamaan dalam satu0dua potret akan jadi salah satu kenangan paling indah. Luangkan waktu untuk dapat membuat foto grup yang dapat dilakukan di studio atau di ruang kelas.

2. Traveling Bersama

Traveling bersama akan mempererat jalinan pertemanan Anda dan teman-teman, apalagi menjelang wisuda. Destinasi wisata yang bakal didatangi pun dapat dirundingkan bersama untuk menciptakan momen-momen manis.

3. Menonton Film ke Bioskop

Menyaksikan film ke bioskop juga dapat jadi pilihan Anda dan teman-teman kuliah menjelang wisuda. Menonton beramai-ramai tentu akan terasa lebih menyenangkan.

4. Tukar Kado

Kegiatan ini mungkin acap kali dilakukan tak sedikit orang. Tak melihat harga dari hadiah yang diberi, namun hangatnya kebersamaan. Tukar kado dibarengi dengan pesan manis membuat hari-hari Anda dan teman kuliah kian berkesan.

5. Membuat Acara Bersama

Makan bersama di restoran sebagai bentuk rasa syukur juga dapat dilakukan. Rekomendasi lain Anda dan teman kuliah bisa membuat masakan sendiri dan menikmati keseruan dalam proses pembuatan. (Endah Wijayanti/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini: