Prinsip yang Bisa Bikin Bisnis Keluarga Berkembang Pesat

Liputan6.com, Jakarta – Dalam studi yang PwC  lakukan menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang akan memperkuat sebuah bisnis keluarga. Studi yang bertajuk ‘Family Business Survey (FBS) 2018’ ini menyebutkan bahwa ada beberapa nilai yang bisa memperkuat bisnis keluarga di tengah ketakutan gagalnya bisnis tersebut.

Dikutip dari laporan PwC, Minggu (17/3/2019), faktor yang pertama yaitu kesetaraan gender, PwC mengungkapkan bahwa kesetaraan gender akan membawa suatu bisnis tumbuh baik. Karena ternyata bukan hanya kaum pria sajalah yang membuat suatu bisnis menjadi tumbuh dan berkembang baik.

Hal inipun dibenarkan oleh Irawati Setiady, Komisaris Utama PT Kalbe Farma Tbk. “Suatu bisnis akan baik jika perusahaan tersebut memiliki jumlah pegawai wanita dan pria yang setara,” ujarnya.

Irawati pun menambahkan bahwa perempuan akan memiliki dampak yang baik bagi suatu bisnis karena mereka dapat memberikan keseimbangan, prespektif dan perencanaan strategi bisnis yang baik.

Selain kesetaraan, faktor lain yang akan memperkuat suatu bisnis yaitu memiliki ambisi dan keyakinan yang besar bahwa bisnis tersebut akan bertumbuh dengan baik.

Untungnya, Indonesia mejadi negara ketiga tertinggi yang memiliki kepercayaan dan ambisi yang kuat terhadap pertumbuhan bisnis keluarganya.

“Temuan survei tahun ini menunjukkan hasil yang positif, di mana Indonesia menjadi negara tertinggi ketiga setelah India dan Nigeria dalam hal ambisi pertumbuhan bisnis keluarga. Angka-angka ini menunjukkan bahwa bisnis keluarga di Indonesia memiliki keyakinan yang besar dan akan terus bertumbuh dalam satu tahun kedepan,” jelas Michael Goenawan, Partner dan Entrepreneurship and Private Business (EPB) Leader dari PwC Indonesia.

Nilai terakhir yang akan memperkuat suatu bisnis yaitu, memiliki perencanaan startegis dan prospek pertumbuhan yang kuat.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan surat sebagai media komunikasi kini sudah semakin jarang digunakan oleh masyarakat. Tak jarang anak-anak zaman sekarang atau mungkin para orang tua muda sekarang ini tidak tahu cara menulis surat yang benar

Walaupun jaman telah berkembang dan kebanyakan orang meninggalkan surat, tapi surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga sekarang.

Surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga saat ini karena dianggap lebih sopan, formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Memang terkadang kamu membutuhkan cara membuat surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa kondisi kamu yang tidak memungkinkan untuk masuk.

Seperti dimana saat kamu sakit atau berhalangan hadir karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Berikut cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah ini sangat gampang, asalkan kamu tahu unsur-unsur apa saja yang seharusnya harus di persiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin.

1.  Tujuan pengiriman surat

Tujuan yang di maksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2.  Alasan Izin

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, unsur ini sangat penting dalam surat izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

4.  Alamat tujuan

5.  Salam pembuka

6.  Kalimat pembuka surat

7.  Isi dalam surat

8.  Salam penutup surat

9.  Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, Namun surat izin bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kamu ketahui dalam membuat surat izin.

3 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dari Orang Tua

Yogyakarta, 09 Mei 2019


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA ………..

di Tempat


Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ………………

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kaliurang KM 5, Yogyakarta

NISN       : 123347


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 09 Mei 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,


Rio Willyanto

4 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah Menghadiri Pernikahan Saudara

Malang, 09 Mei 2019


Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Malang

di Malang


Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :


Nama       : Putri Marino

Kelas        : XII IPA 1

NISN       : 9877690


Memberitahukan bahwa putri saya tersebut diatas tidak dapat masuk sekolah seperti biasa, dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Orang Tua Siswa,


Rio Romario

5 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah dengan Surat Keterangan Dokter

Medan, 09 Mei 2019


Hal : Permohonan Izin Sekolah

Lampiran : 1 Lembar


Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan

Jl. Pendidikan No. 1

Medan


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :


Nama       : Chico Sihombing

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kampung Keling 3 No. 99, Medan

NISN       : 667021


Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut diatas harus beristirahat total selama tiga hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.


Hormat Kami,

Orang tua Siswa,


Rio Sihombing

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Harus Diperhatikan

1. Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.

2. Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas tersebut dengan yang baru. Jangan sampai kamu meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.

3.  Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan bolpoint yang dipakai berwarna hitam.

4. Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah selanjutnya di haruskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

Tiga Nama Masuk Bidikan MU di Bursa Transfer Musim Panas

Liputan6.com, Manchester – Performa Manchester United (MU ) terus menjulang bersama manajer Ole Gunnar Solksjaer. Saat ini, di Liga Inggris, mereka belum terkalahkan di 11 laga: sembilan kali menang dan dua kali imbang.

Namun begitu, mereka tampaknya sudah mulai merancang skuat untuk musim depan. Termasuk mendatangkan sejumlah pemain baru.

Belakangan, dikabarkan ada tiga nama baru dalam bidikan MU di bursa transfer musim panas. Ini merupakan kabar baru lantaran di bursa transfer Januari lalu, tak satu pemain pun mereka datangkan.

TalkSPORT merilis, setidaknya ada tiga nama yang kini dalam pantauan MU di bursa transfer musim depan. Mereka adalah Aaron Wan-Bissaka (Crystal Palace), Kalidou Koulibaly (Napoli), dan Ivan Rakitic (Barcelona).

Untuk mendatangkan ketiga pemain ini, manajemen MU dikabarkan telah menyiapkan dana yang tak sedikit. Diperkirakan mereka siap menggelontorkan uang lebih dari 170 juta pound sterling atau sekitar Rp 3,1 triliun!

2 dari 3 halaman

Wan-Bissaka Bisa Gantikan Valencia dan Young

Wan-Bissaka adalah bek kanan mudah Palace berusia 21 tahun. Kehadirannya di MU tentu akan sangat berguna.

Setidaknya, dia bisa jadi pelapis, atau bahkan pengganti Antonio Valencia atau Ashley Young, yang sudah berusia 33 tahun.Tak heran, harganya lumayan mahal, mencapai 40 juta pound.

Sedangkan Koulibaly merupakan seorang bek tengah yang tangguh. MU bahkan digosipkan sempat menawarkan uang tak kurang dari 95 juta pound kepada Lazio, sebelum memecat Jose Mourinho.

3 dari 3 halaman

Rakitic Ideal

Rakitic juga bisa menjadi pemain yang berguna bagi MU, jika jadi didatangkan. Kemampuannya dalam mengatur permainan tak perlu diragukan lagi.

Peluang MU pun relatif besar mengingat ada kabar Barcelona juga ingin melepas pemain asal Kroasia ini. Hanya memangm harganya pun lumayan mahal, sekitar 39 juta pound.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Bareng Iriana, Jokowi Blusukan di Pasar Sentral Gorontalo

JakartaPresiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo blusukan di Pasar Sentral Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. Jokowi dan Iriana menemui sejumlah pedagang di masing-masing kiosnya di pasar itu.

Dilansir Antara, Jumat (1/3/2019), usai blusukan, Jokowi dan Iriana berdialog dengan para pedagang dan pengusaha mikro penerima pembiayaan Ultra Mikro dari PT Pegadaian.

Acara berlangsung di lantai dua pasar itu. Presiden Jokowi berdialog dengan penerima bantuan ultra mikro yang merupakan bantuan dari Kementerian Keuangan yang disalurkan melalui beberapa institusi seperti PT Pegadaian, PT PNM dan perusahaan ventura, serta koperasi yang telah ditentukan.
“Ada pembiayaan ultra mikro yang kita salurkan melalui Program Mekaar dari PNM, ada bank wakaf mikro di ponpes dan UMi agar usaha mikro dapat berkembang menjadi usaha besar, semua harus melalui usaha keras, disiplin, jujur dan dapat dipercaya,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan para nasabah agar berhati-hati mengelola dana yang diperoleh dari pinjaman. “Hati hati, ini merupakan dana pinjaman agar bisa berkembang dari kecil, nanti kalau sudah berkembang pindah ke KUR,” katanya.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan UMi merupakan pelengkap Program KUR yang disalurkan melalui Pegadaian, PNM dan perusahaan ventura, serta sejumlah koperasi, untuk menjangkau pengusaha ultra mikro. Ia menyebutkan saat ini masih tersedia cukup besar pembiayaan UMi sehingga para pengusaha ultra mikro dapat segera memanfaatkannya melalui lembaga keuangan yang ditentukan.

Selain Menkeu Sri Mulyani, hadir juga dalam acara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.
(gbr/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kesepian dan 4 Penyebab Kegagalan Jalani Hubungan Jarak Jauh

Liputan6.com, Jakarta – Meski perkembangan alat komunikasi berkembang pesat, tapi bukan jaminan seseorang berhasil dalam menjalin hubungan jarak jauh (long distance relationship/LDR). Jarak menjadi salah satu penentu hubungan tetap harmonis.

Berbeda dengan hubungan cinta pada umumnya, hubungan jarak jauh membutuhkan usaha yang lebih besar. Berikut beberapa alasan mengapa orang tak berhasil dalam menjalin hubungan jarak jauh.

Komunikasi Tak Lancar

Alat komunikasi saat ini bukan lagi jadi masalah. Kemajuan teknologi dapat memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan pasangannya. Namun, beberapa orang punya kesibukan yang bisa jadi sulit menyamakan waktu untuk berkomunikasi sehingga mau tak mau hubungan jadi merenggang.

Jarang Bertemu

Intensitas bertemu jadi makin jarang dilakukan karena perbedaan tempat tinggal, baik pulau atau negara. Kondisi itu membuat hidup masing-masing dalam dunia yang berbeda.

Teman Baru

Teman baru bisa menjadi salah satu yang bisa menggoyahkan cinta seseorang. Apalagi, teman baru itu bisa memberikan rasa nyaman.

Kesepian

Rasa kesepian yang datang pada pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh bisa memengaruhi untuk mengakhiri hubungan. Jika orang lain bisa bertemu dengan kekasih atau pacarnya tiap minggu, bahkan setiap hari, lain halnya dengan Anda. Punya pasangan, tapi berada di tempat yang jauh.

Sibuk

Kesibukan juga bisa memengaruhi mereka yang menjalani hubungan jarak jauh. Komunikasi yang jarang akibat kesibukan bisa membuat cinta kian memudar. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan Anies

JakartaJembatan Penyeberangan Orang (JPO) dengan desain artistik di GBK dan Bunderan Senayan siang tadi resmi dibuka Gubernur DKI Anies Baswedan. Seperti apa ‘sensasinya’ saat menjajal JPO yang instagramable ini?

Sekitar pukul 18.00 WIB, Kamis (28/2/2019), lampu warna-warni di JPO GBK sudah menyala. Warna hijau, ungu, merah, hingga kuning menyala bergantian membuat JPO itu jadi menarik perhatian.

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Beberapa pejalan kaki yang melintas di trotoar di sisi GBK asyik berfoto dengan latar belakang JPO yang dibangun menggunakan koefisien luas bangunan (KLB) tersebut. Sementara itu, pelican crossing yang tadinya ada saat JPO direvitalisasi, kini sudah ditutup.

Penyeberang jalan dan pengguna TransJakarta sekarang sudah bisa melintasi JPO yang tetap mempertahankan jalur landai. Kini ada papan petunjuk di jalan masuk JPO yang berisi hal-hal yang boleh dan dilarang dilakukan. Beberapa di antaranya adalah pengguna dilarang merokok, wajib melipat sepeda, hingga pemberitahuan bahwa JPO dilengkapi dengan CCTV. Ada juga larangan bersandar dan memanjat di JPO.

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Naik ke JPO, jalur landainya kini bukan lagi besi. Di antara pengguna yang lalu lalang, ada beberapa orang yang asyik menikmati JPO baru ini dengan cara berfoto. Ada yang selfie dengan ponsel, ada pula yang membawa kamera dan berpose di tengah JPO.

Lima orang petugas Satpol PP tampak lalu lalang di JPO. Sejauh mata memandang, tidak ada pedagang kaki lima di JPO ini. Tempat sampah tersedia di beberapa pojok.

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Ada papan di salah satu sisi JPO yang berisi pesan dari Anies dan makna dari desain JPO tersebut. Begini isinya:

Atas berkat rahmat Allah SWT, Jembatan Penyeberangan Orang ini diresmikan.

“Berjalan kaki, termasuk di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) bukanlah sekadar menuju pekerjaan, mencari penghidupan, atau menuju pulang dan menunggu hari kerja berikutnya.

Berjalan kaki bukanlah sekadar perjalanan, nanun juga harus menjadi pengalaman. Itulah gagasan yang menjadi dasar mengapa jembatan penyeberangan orang dan trotoar perlu dirancang dengan desain yang unik.”

Anies Rasyid Baswedan, Ph.D
(Gubernur DKI Jakarta)

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

Gelora

Simbolisasi dari gejolak dan semangat bangsa Indonesia untuk terus maju dan berkembang.

Representasi dari semangat olahraga yang menjadi ciri khas kawasan area Senayan.

Cincin gelora berupa bidang-bidang pipih berwarna putih dipilih selain untuk optimalisasi cahaya matahari yang dipantulkan ke atas jembatan, juga untuk menangkap transformasi cahaya yang dinamis dari pagi sampai sore hari, hingga munculnya pencahayaan buatan di koridor Sudirman

Menjajal JPO Instagramable di Sudirman yang Baru Diresmikan AniesFoto: JPO di Jalan Sudirman (Farih Maulana/detikcom)

(imk/imk)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menurut Honda, Pergeseran Tren Mobil di Indonesia Dipengaruhi oleh Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta – Industri otomotif yang semakin berkembang membuat perubahan tren mobil terjadi setiap tahunnya. Adanya berbagai pilihan segmen mobil, mampu memberikan warna di pasar otomotif Tanah Air.

Lalu apa sekiranya mobil yang akan menjadi tren di tahun 2019?

Menanggapi hal tersebut, Jonfis Fandy sebagai Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan tren mobil tahun ini diprediksi mengikuti banyaknya mobil baru yang hadir di Indonesia.

“Peluncuran mobil baru kan banyak ke Low SUV dan Low MPV. Dimana mobil barunya, kalau banyak yang luncurkan bisa dongkrak pasar,” kata Jonfis di Ancol, Jakarta Utara.

Jonfis menilai banyaknya produk baru yang hadir di segmen tertentu membuat daya tarik konsumen akan mobil tersebut meningkat. Karena itu, tren Low MPV diprediksi masih besar karena hadirnya 4 mobil baru diawal tahun ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

“Bisa patokan (banyak mobil baru), sama untuk Low SUV, tiga tahun belakang banyak yang datang sehingga market-nya naik 145 persen. Namun tahun lalu turun, 10 persen, karena masuk ke Low MPV. Rush dan Terios kan launching-nya akhir tahun lalu. Xpander kan masuknya ke Low MPV,” ujarnya.

Selain itu, Jonfis menegaskan range mobil di harga Rp 200 juta hingga Rp 300 juta menjadi kendaraan roda empat yang juga banyak diminati saat ini.

“Harga Rp 200 juta sampai 300 juta itu yang memang market-nya besar. Low MPV dan Low SUV kemudian ada juga LCGC,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Isi Lengkap Surat Mandat SBY: AHY Pimpin Pemenangan, Ibas Keseimbangan PD

Jakarta – Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi mandat kepada putra sulungnya yang juga komandan Kogasma PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memimpin pemenangan pemilu partai berlambang mercy itu. Kabar tersebut disampaikan SBY ke para kadernya lewat sebuah surat.

Surat SBY tersebut dibacakan oleh Sekjen PD Hinca Pandjaitan, di Kantor DPP PD, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). SBY tidak bisa fokus dalam pemenangan PD di Pemilu 2014 karena harus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan melawan penyakit kanker darah di Singapura.

“Secara nasional komandan Kogasma saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019,” ujar SBY dalam suratnya.


Berikut isi surat SBY untuk para kader Demokrat yang berisi soal mandat kepada AHY dalam pemenangan Pemilu:

Surat ini adalah tentang surat keputusan dewan pimpinan pusat Partai Demokrat tentang peningkatan intensitas dan efektivitas kampanye pemenangan Pemilihan Umum tahun 2019 yang sekarang sedang berjalan.

1. Kampanye nasional dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh melibatkan seluruh komponen partai yang meliputi Komando Tugas Bersama (Kogasma) yang sudah kami bentuk sejak 2017 lalu, Komisi Pemenangan Pemilu, jajaran organisasi partai dari pusat hingga daerah dan para caleg. Jadi semuanya satu kesatuan, menyeluruh.

2. Secara nasional komandan Kogasma, saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019.

3. Dalam pelaksanaan tugasnya, Komandan Kogasma dibantu oleh koordinator kampanye wilayah timur, saudara Soekarwo, anggota majelis tinggi Partai Demokrat dan koordinator kampanye wilayah barat, saudara Nachrawi Ramli, anggota majelis tinggi Partai Demokrat.

4. Di samping membantu komandan Kogasma, para koordinator wilayah kampanye mengkoordinasikan kampanye yang dilakukan oleh jajaran dewan pimpinan daerah partai di wilayah tugasnya.

5. Wilayah timur kampanye Partai Demokrat meliputi provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan wilayah barat yang menjadi wilayahnya Pak Nachrawi Ramli meliputi provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

6. Selama kampanye tugas-tugas harian DPP Partai Demokrat dilaksanakan oleh Sekjen Partai Demokrat.

7. Ketua fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan, dengan tugas kampanye para anggota DPR RI dari Partai Demokrat, karena 61 anggota DPR RI partai saat ini adalah incumbent yang hampir semuanya adalah Caleg.

8. Setelah kampanye pemilu dilaksanakan seluruh jajaran partai tetap melakukan pengawalan dan pengamanan suara yang diperoleh, baik suara partai maupun suara caleg agar Partai Demokrat tak dirugikan pihak manapun.

9. Susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat tidak ada perubahan, dan semua tetap memiliki tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan. Ini perlu saya ulangi, susunan tidak ada perubahan.

10. Surat ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, Rabu 27 Februari 2019.

Selain surat kepada kadernya, SBY juga mengirimkan surat khusus kepada Hinca. Dalam suratnya, SBY meminta Hinca menjelaskan kepada kader dan media massa soal posisinya saat ini. Berikut isinya:

Surat ini ditujukan kepada Saudara Hinca.

Pak Hinca menyertai penjelasan Pak Hinca kepada media massa tentang peningkatan intensitas dan kapasitas kampanye Partai Demokrat 2019 ini tolong sampaikan hal hal berikut kepada para kader Demokrat di seluruh tanah air.

Pertama dengan tidak dapatnya saya berjuang secara fisik bersama caleg dan kader Demokrat dalam kampanye lanjutan Pemilu 2019 ini saya harap semangat para caleg Demokrat tidak berkurang. Pada hakikatnya hati saya tetap bersama kader dan caleg Demokrat dalam perjuangan maha penting ini.

Saya pribadi juga Ibu Ani yang tengah menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan tetap berdoa kepada Allah SWT semoga perjuangan mulia para kader dan caleg Partai Demokrat berhasil dengan baik. Saya tahu 2 bulan ini saat saat yang paling menentukan untuk partai dan caleg Demokrat. Seperti yang saya lakukan bersama Ibu Ani sebenarnya saya sangat ingin secara fisik berada di lapangan. Namun Allah tidak mengizinkan karena saya harus mendampingi pengobatan dan perawatan kesehatan Ibu Ani yang dilakukan intensif saat ini.

Pesan dan harapan saya terus berjuang secara gigih dan lakukan perjuangan itu dengan cara baik, cerdas dan tepat. Dengarkan harapan dan aspirasi rakyat kemudian perjuangkan dalam Pemilu 2019 ini. Jika kelak para caleg terpilih untuk DPR RI, DPRD dan DPD Kab/Kota, wujudkanlah dan buktikan semua yang dikampanyekan itu Insyallah saudara sekalian berhasil.

Meskipun secara fisik saya tidak bisa aktif dalam kampanye di lapangan, saya percaya Partai Demokrtat tetap memiliki, berpeluang besar untuk mencapai suara. Saya yakin instruksi yang saya keluarkan kepada jajaran partai untuk meningkatkan intensitas dan kapasitas akan dapat dijalankan dengan baik.

Komandan Kogasma AHY dan para koordinator wilayah kampanye saudara Soekarwo dan Nachrawi adalah pemimpin dan kader Demokrat yang tangguh, berkualitas, dan memiliki kemampuan tinggi untuk melaksanakan kampanye di tanah air. Di samping berjuang untuk calegnya di dapil masing-masing, yang lain memperjuangkan juga membantu penuh Kogasma secara nasional.

Saya juga yakin dengan strategi dan taktik pemenangan pemilu yang telah dibekalkan para caleg sukses akan dapat diraih. Di samping itu 14 prioritas sebagai program unggulan yang ditawarkan kepada rakyat akan diperjuangkan Partai Demokrat beserta pemerintah yang dipilihnya adalah jawaban yang diinginkan rakyat.

Saudara Hinca karenanya saya yakin Partai Demokrat bukan hanya siap memenangkan pemilu tapi atas izin Allah yang maha kuasa, Partai Demokrat akan sukses dengan gemilang, Demokrat tidak hanya pandai berjanji tapi pernah memberi bukti pada pemerintahan. Ke depan jajaran Partai Demokrat akan sukses karena semua kebijakan dan program merupakan aspirasi dari rakyat kita juga jawaban dan solusi dari permasalahan.

Ketiga atau terakhir, saya mengamati kontestasi pemilih 2019 ini utamanya pilpres lebih keras dibandingkan dengan pilpres era reformasi sebelumnya. Polarisasi nampak lebih tajam, disertai hubungan antar identitas semakin berjarak. Jika situasi ini berkembang lebih jauh dan melewati batasannya, saya kuatir kerukunan dan keutuhan kita sebagai bangsa akan retak. Ini yang harus kita cegah untuk tidak terjadi pada negeri ini. Untuk itu saya berpesan pada Partai Demokrat untuk turun agar pemilu berjalan damai, demokratis, jujur, dan adil.

Pemilu memang keras tapi tidak sepatutnya menimbulkan perpecahan dan disintegrasi. Diperlukan tanggung jawab dan jiwa kita semua, utamanya elit dan pemimpin bangsa. Semoga praktik berdemokrasi dengan baik dapat dijaga dan dilaksanakan kembali dalam Pemilu 2019 ini. Demikian.

Sampaikan salam hangat saya dan Ibu Ani kepada seluruh kader dan caleg Demokrat. Sampaikan pula salam sayang saya kepada saudara saya rakyat Indonesia Tercinta.

Singapura, 27 Februari 2019
SBY


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.

(elz/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami Ini Mudah, Bisa Langsung Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Seni melipat kertas atau origami adalah seni tradisional yang sudah ada sejak dulu di Jepang. Origami kemudian berkembang menjadi tren hingga saat ini. Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu ori dan kami. 

Jika diartikan satu per satu, ori memiliki artian lipat. Sedangkan kami memiliki arti kertas. Jadi origami berarti lipat kertas. Awal mula kemunculan origami sendiri pun banyak atau bervariasi dalam ragam cerita.

Namun bukti paling kuatnya, origami diklaim berasal dari Negara Jepang. Di Jepang sendiri, hampir seluruh penduduk mengetahui cara dan bisa membuat origami. Kegiatan ini sudah menjadi budaya dan kegiatan rutin bagi penduduk Jepang, bahkan di Jepang kegiatan ini dijadikan ajang perlombaan serta karya seni lainnya.

Kesenian ini menggunakan bahan kertas yang berbentuk persegi. Lalu kertas tersebut dilipat dan dibentuk hingga menyerupai hewan atau benda tertentu seperti katak, kapal, balon, burung, dan bentuk lainnya.

2 dari 5 halaman

Tradisi Jepang turun temurun

Origami merupakan seni melipat kertas yang sering dilakukan di Jepang, maka origami dikenal oleh banyak orang sebagai bagian dari budaya Jepang yang berkembang secara turun temurun. Sampai akhirnya origami dikenal oleh banyak orang dari berbagai Negara.

Dan seni melipat kertas ini pun dikenalkan dan diajarkan di sekolah-sekolah karena dapat meningkatkan kreativitas. Tapi nggak hanya anak-anak sekolah saja yang bisa membuat kerajinan dari kertas ini. Tak jarang orang-orang dewasa pun suka dengan seni melipat kertas ini.

Bagaimana tidak, soalnya dengan kertas origami ini bisa banyak dijadikan aneka ragam bentuk. Hasil karya dari kertas origami itu bisa dijadikan pernak-pernik atau dekorasi ruang di rumah.

Nah, kali ini Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membuat bunga dari kertas origami. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah, karena alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah.

3 dari 5 halaman

1.  Origami Bunga Sederhana

Ini cara membuat bunga dari kertas origami yang sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas origami, seloptip, dan gunting.

Begini caranya:

– Ambil kertas origami ukuran 6”x6”, corak menghadap atas.

– Lipat secara diagonal dalam kedua arah. Pastikan untuk meluruskan sudut dan lipatan dengan tajam. Lipatan yang seharusnya adalah membentuk ‘X’.

– Balik kertas. Lipat dari kiri ke kanan, dan buka kembali.

– Kemudian lipat dari atas turun ke bawah. Kertas kamu seharusnya berbentuk persegi panjang.

– Dengan sayap terbuka di dasar, dorong dengan lembut ujung kiri atas dan kanan atas dari kertas.

– Lipatan di tengah kertas akan terangkat. Keempat sudut akan bertemu di dasar.

– Kamu akan memiliki kertas dengan bentuk wajik persegi.

– Ratakan bentuk wajik. Pastikan ada satu sayap atas di sisi kiri dan satu sayap atas di sisi kanan.

– Putar wajik 180 derajat, hingga sayap yang terbuka ada di atas.

– Lipat bagian bawah kiri dan bawah kanan dari wajik menuju lipatan tengah. Hal ini akan membentuk lipatan seperti laying-layang.

– Balikkan wajik ke sisi belakang, dan ulangi lipatan yang kamu buat pada sisi depan.

– Buka daun bunga dengan pegang ujung atas dari laying-layang.

– Tarik dan lipat ke bawah kira-kita ¾ dari jarak ke bawah laying-layang. Lakukan dengan ibu jari dan jari telunjuk, tekan bagian tengah dari bunga untuk membentuk lipatan kuat.

– Atur daun bunga di sisi sampai pada posisi yang kamu inginkan. Pengaturan dapat dibuat pada semua daun dengan menjepit dasar bunga dekat tangkai.

– Gunakan gunting untuk membulatkan atau membuat bergerigi pinggir bunga. Pinggiran bulat akan membuat bunga menjadi bunga pansy.

4 dari 5 halaman

2. Origami Bunga Bakung  

Selanjutnya cara membuat bunga dari kertas origami, yaitu bunga bakung. Begini cara mudahnya:

Membuat Kelopak Bunga Bakung

–  Siapkan kertas origami sesuai dengan yang kamu inginkan.

–  Letakkan kertas origami dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.  

–  Lipat kertas menjadi dua bagian secara diagonal untuk membentuk segitas besar.

–  Lipat sudut kiri bawah ke sudut kanan bawah, membentuk segitiga yang lebih kecil.

–  Buka kembali segitiga yang lebih kecil.

–  Lipat daun bunga dengan mengambil sudut kiri dari segitiga dan lipat ke atas dari lipatan di tengah.

– Sudut ini akan memanjang melebihi sisi pinggir dari segitiga yang asli dan kurang lebih memiliki tinggi yang sama dengan ujung atasnya.

– Ulangi lipatan ini pada sisi kanan. Coba dengan membuat lipatan ini simetris dengan lipatan yang ada di kiri.

–  Singkirkan bunga terlebih dahulu.

Membuat Tangkai Bunga Bakung

–  Letakkan kertas yang kamu ingin gunakan untuk tangkai dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.

–  Lipatlah kertas menjadi dua bagian secara diagonal.

–  Buka lipatan dan posisikan kertas agar terlihat seperti wajik persegi.

–  Tarik ujung kanan menuju nlipatan di tengah.

–  Cocokkan sisi kanan dari kertas pada lipatan di kanan, pastikan ujung bawah juga lurus.

–   Ulangi dengan sudut kiri.

–   Kalau sudah selesai, kertas kamu akan terlihat seperti laying-layang.

–   Lipat sisi kanan dan kiri menuju lipatan di tengah. Pastikan ujung bawah tepat dan tajam. Lapisan ini harus berada di tengah dan harus rapat.

–  Lipat ujung kanan atas ke bawah menuju lipatan di tengah. Ulangi dengan ujung kiri atas. Lapisan di antara dua sayap ini juga haru srapat.

–  Lipat bagian atas dari laying-layang ke bawah sehingga lipatan berada di atas dua pertiga dari bagian bawah laying-layang.

–   Lipat sisi kiri ke atas sisi kanan mencocokkan semua sisinya. Segitiga yang lebih pendek dan berisi akan sebagai daunnya.

– Putar tangkai sehingga ujung-ujungnya menhadap ke atas. Ambil

Menggabungkan Bunga dan Tangkai Bakung

– Potong sedikit kertas bagian bawah bunga hingga membentuk lubang kecil.

– Masukkan ujung tangkai ke dalam lubang.

– Beri selotip bunga pada tangkai untuk mencegah bungah jatuh.

5 dari 5 halaman

3. Origami Bunga Unik Lainnya

Cara membuat bunga dari kertas lainnya adalah bunga unik. Caranya juga cukup mudah:

Alat dan Bahan:

–  Gunting

–   Lem

–  Kartas origami

Langkah Membuat

–   Bagi kertas origami menjadi dua bagian hingga membentuk segita.

–  Setelah itu satukan kedua ujung hingga membentuk kerucut dengan satu ujung lancip.

–  Setelah itu lem kedua sisi tersebut agar tidak lepas.

–   Buatlah bentuk tersbeut menjadi beberapa buah.

–   Setelah itu, susun bagian demi bagian agar membentuk bunga yang kamu inginkan.

–  Selesai.