Fadli Zon Luncurkan Buku Berisi Catatan Kritis Selama Jadi Pimpinan DPR

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon kembali menelurkan karya lewat sebuah buku. Kali ini, Fadli meluncurkan buku berjudul ‘Kata Fadli’.

Peluncuran buku ‘Kata Fadli’ digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (15/4/2019). Buku ‘Kata Fadli’ merupakan catatan-catatan kritis Fadli selama menjabat sebagai pimpinan DPR periode 2014-2019.

“Buku ini sebenarnya adalah kumpulan ucapan-ucapan, kemudian rilis-rilis pendek, komentar-komentar terhadap berbagai macam peristiwa dari hari ke hari selama 4,5 tahun,” kata Fadli.
Dia mengatakan buku ‘Kata Fadli’ berisikan komentar dirinya terhadap berbagai isu bangsa. Waketum Gerindra ini membahas isu politik hingga ekonomi dalam bukunya. Fadli pun menegaskan catatan-catatan ini dibuatnya berdasarkan data.
“Sebuah kompilasi dari berbagai macam isu, dan isu-isu itu saya tanggapi secara spontan. Dan Tentu berdasarkan juga data. Data-data ini adalah data-data yang ketika itu saya komentari,” ujar dia.

Dalam acara peluncuran ini, turut hadir sejumlah tokoh. Di antaranya Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, ahli ekonomi Rizal Ramli, peneliti LIPI Siti Zuhro, dan budayawan Betawi Ridwan Saidi.
(tsa/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Soal Ujian Berisi ‘Bubarkan Banser’, GP Ansor: Hantu HTI Masih Gentayangan

Jakarta – Beredar soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP yang dianggap mendiskreditkan salah satu ormas Islam, Banser NU. GP Ansor menilai hal ini jadi bukti hantu HTI masih bergentayangan.

“Ini menunjukkan bagaimana hantu HTI masih bergentayangan bahkan di lembaga-lembaga pendidikan. Negara dalam hal ini pemerintah harus segera mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi hal ini.” ujar Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, saat dihubungi detikcom, Rabu (10/4/2019).

Untuk diketahui, GP Ansor merupakan organisasi induk dari Banser NU.

Yaqut juga mengatakan pihaknya telah melakukan investigasi dan tabayun kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut. Berdasarkan hasil tersebut, Yaqut menyebut Kepala Dinas (Kadis) telah menyampaikan permohonan maaf dan mengakui kesalahannya.

“Kami juga sudah lakukan investigasi, kita dapatkan fakta lalu tabayun ke Disdik setempat,” kata Yaqut.

“Kadis menyampaikan permohonan maaf melalui media, Kadis mengakui kesalahan, Kadis mempertegas pernyataan HTI organisasi terlarang dan dibubarkan,” sambungnya.

Soal Ujian Berisi 'Bubarkan Banser', GP Ansor: Hantu HTI Masih GentayanganFoto: Hakim Ghani

Tak hanya itu, Yaqut juga menyebut terdapat sanksi yang akan diterima oleh Kepala Seksi (Kasi) dan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bahasa Indonesia, yaitu berupa pemecatan. Menurut Yaqut, pihaknya juga akan tetap melanjutkan kasus ini dalam proses hukum.

“Sanksi bagi menyatakan lalai baik kepada Kasi Kurikulum maupun kepada tim penyusun soal, Kasi kurikulum dipecat, Ketua MGMP B Indonesia dipecat dan melanjutkan ke proses hukum,” tuturnya.

Diketahui, beredar soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP di Garut yang dianggap mendiskreditkan Banser NU.

Soal ujian mata pelajaran bahasa Indonesia tersebut memuat persoalan pembakaran bendera bertulis kalimat tauhid yang dilakukan oknum Banser saat Hari Santri Nasional di Garut beberapa waktu lalu.

Soal itu dianggap mendiskreditkan Banser dan Nahdlatul Ulama. Soal USBN kurikulum 2006 itu beredar melalui pesan berantai di aplikasi perpesanan WhatsApp. Dalam soal nomor bahasa Indonesia nomor 9 yang berada di halaman 3 tersebut, membahas persoalan pembakaran bendera yang disebut polisi merupakan bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dilakukan oknum Banser saat gelaran Hari Santri Nasional (HSN) di Kecamatan Limbangan, 22 Oktober 2018 lalu.

Atas peristiwa ini, Disdik Garut, Totong, dipolisikan Banser. Pelaporan tersebut terkait dugaan pencemaran nama baik Banser oleh Dinas Pendidikan Garut. Soal ujian yang berisi ‘Bubarkan Banser’ itu dinilai mencoreng nama baik organisasi mereka.

Totong sendiri dengan mewakili Dinas Pendidikan Garut telah menyampaikan permintaan maaf. Totong mengungkapkan naskah soal-soal ujian tersebut dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Garut. Ia juga mengaku telah berulangkali mengingatkan tim pembuat soal, untuk tidak memasukkan soal yang mengandung unsur SARA ataupun soal yang berpotensi menimbulkan polemik.

Disdik Garut kemudian mengambil langkah, dengan menarik soal tersebut dan akan mengulangi ujian dalam waktu dekat. Totong menjelaskan, pihaknya akan menarik soal Bahasa Indonesia yang sudah dipasok ke 134 dari 386 SMP di Garut yang melaksanakan USBN berbasis kertas dan pensil.
(dwia/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU Laporkan 3 Akun Sosmed Berisi Isu Server Diatur untuk Menangkan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyambangi Kantor Bareskrim Siber Polri, Jakarta Selatan. Bersama tujuh komisioner lainnya, mereka melaporkan tiga akun sosial media yang berisikan video yang akhirnya viral terkait isu server KPU diatur untuk memenangkan capres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Ada beberapa hal yang kita laporkan yang sekurang-kurangnya ada tiga akun di media sosial,” tutur Ketua KPU di Kantor Bareskrim Siber Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Arief mengaku menyerahkan salah satu alat bukti berupa rekaman video yang viral itu. Meski begitu, dia enggan membeberkan platform media sosial apa saja dari ketiganya.

“Yang kami laporkan ada akun-akun yang digunakan untuk menyebar video tersebut dan video itu sendiri kami sampaikan di dalamnya ada beberapa orang yang saya tidak tahu siapa dia, tetapi menyampaikan informasi yang tidak benar terkait dengan KPU,” jelas Arief.

KPK Sita 84 Kardus Berisi Uang untuk Serangan Fajar Bowo Sidik Saat Pileg

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita 400 ribu amplop dalam 84 kardus yang disinyalir berisi sekitar Rp 8 miliar dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso (BSP).

Penemuan uang tersebut bermula dari kecurigaan tim penindakan lembaga antirasuah pascamenangkap Bowo Sidik. Alhasil, usai membawa Bowo ke Gedung KPK, tim penindakan kemudian kembali turun untuk menemukan uang-uang yang diduga sudah diterima Bowo sebelumnya.

“Karena diduga penerimaan-penerimaan sebelumnya disimpan di sebuah lokasi di Jakarta, maka tim bergerak menuju sebuah kantor di Jakarta untuk mengamankan uang sekitar Rp 8 miliar dalam pecahan Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu yang telah dimasukkan dalam amplop-amplop pada 84 kardus,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

Basaria menegaskan, uang sekitar Rp 8 miliar yang telah dimasukan ke dalam amplop-amplop di 84 kardus itu akan digunakan untuk kepentingan Bowo dalam Pemilihan Legislatif (Pileg). Bowo akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR periode 2019-2024.

“Ini untuk serangan fajar dirinya yang akan kembali maju sebagai anggota DPR RI dapil Jateng II,” kata Basaria.

Selain menemukan uang-uang dalam amplop tersebut, tim penindakan juga mengamankan uang Rp 89,4 juta yang diduga akan diberikan ke Bowo dari Marketing Manager PT. Humpuss Transportasi Kimia (PT. HTK) Asty Winasty melalui pihak swasta bernama Indung.

“Dari tangan IND (Indung), tim mengamankan uang yang disimpan di amplop coklat tersebut,” kata Basaria.

Berkat Rak Buku Berisi Alquran, Pria Ini Lolos dari Teror New Zealand

Christchurch – Seorang sopir taksi menceritakan bagaimana dirinya bisa lolos dari maut saat berlangsung aksi teror penembakan di masjid New Zealand (Selandia Baru).

Pria bernama Abdul Kadir Ababora tersebut bersembunyi di bawah sebuah rak buru tempat meletakkan Alquran. Entah bagaimana, hal itu membuatnya lolos dari penembakan brutal yang menewaskan 50 orang.

“Itu benar-benar ajaib,” ujarnya seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (18/3/2019). “Ketika saya bangkit, di bagian kiri dan kanan saya hanya ada jasad-jasad,” tuturnya.

Seperti halnya banyak jemaah lainnya yang melakukan salat Jumat di Masjid Al-Noor di Christchurch, Abora datang ke Selandia Baru untuk meninggalkan negaranya yang miskin demi mencari kemakmuran dan kedamaian. Pria berumur 48 tahun itu meninggalkan Ethiopia dan tiba di Selandia Baru pada tahun 2010. Dua pekan lalu, dia dan istrinya menyambut kelahiran anak ketiga mereka.

Namun pada Jumat (15/3) waktu setempat, Brenton Tarrant asal Australia tiba-tiba muncul di Masjid Al-Noor dan menembak membabi-buta para jemaah yang sedang menunaikan salat Jumat.

Ababora mengatakan, imam masjid baru saja memulai khutbahnya ketika tembakan terdengar di luar masjid. Tak lama setelah itu, Tarrant pun masuk ke dalam masjid dan langsung menembak tanpa kenal ampun.

Ababora mengatakan, dirinya langsung menjatuhkan dirinya ke lantai dan berhasil memasukkan badannya ke bawah rak buku tempat meletakkan Alquran. “Saya berpura-pura seolah-olah saya sudah mati,” tuturnya.

Ababora mengatakan, pelaku terus melepaskan peluru dan menembak secara acak. Bahkan Ababora bisa merasakan desingan peluru melewati tubuhnya. “Saya menunggu momen saya, ketika tiap detik tembakan dilepas, saya berkata ‘Ini untuk saya. Ini untuk saya.’ Dan saya kehilangan harapan,” kata Ababora. Dia pun mulai berdoa dan memikirkan keluarganya.

Ketika akhirnya hujan peluru berhenti, Ababora mendapati pemandangan mengerikan di sekitarnya. Banyak orang telah tewas dan darah dimana-mana.

“Ada darah di mana-mana,” tuturnya seraya mengatakan bahwa New Zealand yang selama ini dikenal aman, kini telah berubah. “New Zealand tidak aman lagi,” cetusnya. “Ini brutal,” tandasnya.
(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

19 Kantong Berisi Potongan Jasad Manusia Ditemukan di Meksiko

Mexico City – Jaksa penuntut Meksiko menyatakan mereka sedang menyelidiki penemuan 19 kantong plastik berisi potongan jasad manusia di negara bagian Jalisco. Para ahli forensik sedang bekerja untuk mengidentifikasi potongan jasad tersebut.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (16/3/2019), pihak berewenang menemukan kantong plastik berisi potongan jasad itu pada Kamis (14/3) di saluran air limbah di kota Ixtlahuacan de los Membrillos.

Belum diketahui secara detail apakah potongan jasad itu berasal dari berapa orang. Petugas masih mengidentifikasi dan mencocokkan dengan data laporan orang hilang.
Upaya pencarian dihentikan pada Kamis malam karena alasan keamanan dan dilanjutkan pada Jumat pagi. Jalisco sendiri dalam beberapa tahun terakhir dirusak oleh Kartel Generasi Baru Jalisco, salah satu geng narkoba paling kuat di Meksiko.

Pertempuran antar geng membuat jumlah pembunuhan memecahkan rekor di Meksiko tahun lalu. Angka kekerasan juga tetap tinggi dalam beberapa bulan pertama kepresidenan Andres Manuel Lopez Obrador.
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Petugas Bandara Minangkabau Sita Kemasan Berisi Sosis dari Penumpang

Padang – Petugas Balai Karantina Pertanian Padang, Sumatera Barat, mengamankan sejumlah kemasan berisi sosis di Bandara Internasional Minangkabau. Makanan tersebut disita karena diduga ilegal.

Petugas Balai Karantina Pertanian Padang menyebut tidak memiliki dokumen karantina atau tidak dilengkapi dengan Sanitary Certificate of Animal Product (sertifikat sanitasi produk hewan) dari negara asal.

“Kita amankan dari salah seorang penumpang,” kata Paramedik Veteriner Karantina Padang, Nining, Jumat (8/3/2019).

Ada 9 kemasan yang disita petugas. Penyitaan itu berawal dari kecurigaan petugas Bea Cukai bandara yang melihat benda yang dibalut dengan pakaian dalam sebuah koper.

Setelah diselidiki bungkusan tersebut berisi sosis. Seorang penumpang dari Malaysia yang membawa 9 kemasan seberat 5.550 gram itu.

“Saat ini kita sita. Kalau tak juga dilengkapi, kita lakukan penolakan ke negara asal. Kalau tidak, maka akan dimusnahkan,” ujar Nining.
(zak/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan surat sebagai media komunikasi kini sudah semakin jarang digunakan oleh masyarakat. Tak jarang anak-anak zaman sekarang atau mungkin para orang tua muda sekarang ini tidak tahu cara menulis surat yang benar

Walaupun jaman telah berkembang dan kebanyakan orang meninggalkan surat, tapi surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga sekarang.

Surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga saat ini karena dianggap lebih sopan, formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Memang terkadang kamu membutuhkan cara membuat surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa kondisi kamu yang tidak memungkinkan untuk masuk.

Seperti dimana saat kamu sakit atau berhalangan hadir karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Berikut cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah ini sangat gampang, asalkan kamu tahu unsur-unsur apa saja yang seharusnya harus di persiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin.

1.  Tujuan pengiriman surat

Tujuan yang di maksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2.  Alasan Izin

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, unsur ini sangat penting dalam surat izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

4.  Alamat tujuan

5.  Salam pembuka

6.  Kalimat pembuka surat

7.  Isi dalam surat

8.  Salam penutup surat

9.  Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, Namun surat izin bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kamu ketahui dalam membuat surat izin.

3 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dari Orang Tua

Yogyakarta, 09 Mei 2019


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA ………..

di Tempat


Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ………………

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kaliurang KM 5, Yogyakarta

NISN       : 123347


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 09 Mei 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,


Rio Willyanto

4 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah Menghadiri Pernikahan Saudara

Malang, 09 Mei 2019


Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Malang

di Malang


Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :


Nama       : Putri Marino

Kelas        : XII IPA 1

NISN       : 9877690


Memberitahukan bahwa putri saya tersebut diatas tidak dapat masuk sekolah seperti biasa, dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Orang Tua Siswa,


Rio Romario

5 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah dengan Surat Keterangan Dokter

Medan, 09 Mei 2019


Hal : Permohonan Izin Sekolah

Lampiran : 1 Lembar


Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan

Jl. Pendidikan No. 1

Medan


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :


Nama       : Chico Sihombing

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kampung Keling 3 No. 99, Medan

NISN       : 667021


Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut diatas harus beristirahat total selama tiga hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.


Hormat Kami,

Orang tua Siswa,


Rio Sihombing

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Harus Diperhatikan

1. Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.

2. Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas tersebut dengan yang baru. Jangan sampai kamu meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.

3.  Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan bolpoint yang dipakai berwarna hitam.

4. Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah selanjutnya di haruskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

Unggah Gambar Ini, Syahrini dan Reino Barack Ditagih Foto Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta – Resmi menjadi pasangan suami istri, Syahrini dan Reino Barack kompak mengunggah tiga foto berisi tulisan lafal doa yang berbeda di Instagram. Keduanya pun menambahkan tagar #EnergyOfAkad dalam keterangan foto.

Bermula dari Syahrini yang mengunggah tiga foto masjid dengan sudut pandang berbeda. Masjid tersebut merupakan tempat keduanya melangsungkan akad nikah. Tulisan dalam foto tersebut diawali dengan, “Bismillahi Allahu Akbar.”

Beberapa jam kemudian, Reino Barack ikut mengunggah foto dengan tulisan untaian doa atas pernikahannya dengan Syahrini.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya,” tulisan dalam unggahan Reino Barack, Kamis (28/2/2019).

Namun hingga saat ini, potret hari bahagia kala Syahrini dan Reino Barack mengucap janji suci sehidup semati belum ada satu pun foto mereka yang tersebar ke publik.

2 dari 3 halaman

Ditagih Foto Pernikahan

Kontan saja hal ini membuat warganet makin penasaran dan menagih Syahrini-Reino Barack untuk mengunggah foto pernikahan keduanya di media sosial.

Foto pengantinnya, dong,” ucap @detta_octaviani.

Foto pernikahannya kok enggak dimasukkan, om? Kan kita penasaran,” ujar @octaviafatma.

Tim netizen menunggu foto mempelai berdua,” tutur @senjasore89.

3 dari 3 halaman

Perjalanan Cinta Kilat

Perjalanan cinta Syahrini dan Reino Barack terbilang secepat kilat. Keduanya dikabarkan dekat sejak Reino putus dengan mantan kekasihnya, Luna Maya.

Beberapa waktu lalu, kabarnya Syahrini dan Reino menggelar acara lamaran saat berlibur bersama di Jepang. Hingga akhirnya, kini mereka telah berganti status menjadi pasangan suami istri. (Lavenia/Mgg)

Tiga Pekerja Fasilitas Nuklir Australia Terkena Tumpahan Bahan Kimia

Sydney

Tiga orang pekerja pada fasilitas nuklir Lucas Heights di Sydney, Australia, terpapar bahan kimia berbahaya dan harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani proses dekontaminasi.

Juru bicara Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia (ANSTO) menjelaskan para pekerja tersebut terpapar natrium hidroksida ketika penutup salah satu pipa di pabrik pengobatan nuklir itu terlepas.

Menurut keterangan petugas ambulans setempat, bahan kimia ini terciprat ke bagian lengan dan wajah dua pekerja pria dan seorang pekerja wanita.

Bahan kimia Sodium hydroxide diketahui sangat beracun dan dapat menyebabkan luka bakar yang akut.

Juru bicara ANSTO menambahkan, gedung tempat insiden terjadi tidak terkait dengan fasilitas reaktor nuklir.

“Sebelum jam 8 pagi ini, penutup salah satu pipa terlepas dan menumpahkan sekitar 250ml natrium hidroksida,” katanya.

“Tiga pekerja terkena dampaknya. Petugas layanan darurat datang ke ANSTO dan tiga pekerja tersebut telah dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan,” jelasnya.

“Insiden itu terjadi di bangunan pabrik pengobatan nuklir yang tak terkait dengan reaktor nuklir OPAL,” tambah juru bicara ANSTO.

Fasilitas nuklir Lucas Heights, terletak 40 kilometer ke arah selatan pusat Kota Sydney, sebelumnya telah beberapa kali mengalami kontaminasi.

Pada Agustus 2017, seorang pekerja menderita lecet di bagian tangannya setelah menjatuhkan botol berisi bahan radioaktif. Dia terkontaminasi bahan tersebut melalui sarung tangannya.

Kejadian itu dianggap yang paling serius pada fasilitas nuklir di seluruh dunia pada 2017, seperti dilaporkan Skala Kejadian Nuklir Internasional.

ANSTO menyatakan permintaan maaf kepada pekerja yang terpapar radioaktif tersebut dan menghasilkan langsung membuat rencana aksi.

Pemeriksaan independen terhadap fasilitas ini dilakukan pada Oktober 2018. Ditemukan bahwa fasilitas ini tidak memenuhi standar keselamatan nuklir modern dan harus diganti.

Pada minggu yang sama ANSTO mengkonfirmasi lima orang pekerja terpapar radiasi di fasilitas itu, namun kadarnya kurang dari radiasi rontgen.

Ikuti juga berita lainnya dari ABC Indonesia.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>