WNA Nyelonong ke Anak Krakatau, Badan Geologi: Kami Tak Pernah Beri Izin

Jakarta – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan tak pernah memberi izin pendakian ke Gunung Anak Krakatau. Apalagi saat ini sudah ada imbauan larangan mendekat ke gunung tersebut di luar radius 5 kilometer.

“Kami tidak pernah memberikan izin untuk pendakian, jangankan yang di Krakatau, Gunung Agung, Gunug Merapi yang sedang aktif, kita selalu, setiap pagi memberikan info untuk tidak boleh lakukan pendakian di radius sekian,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Suhendar di Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Pernyataan Rudy itu menjawab terkait adanya WNA yang nyelonong ke Gunung Anak Krakatau. Dia mengatakan seharusnya ada hukuman bagi siapa pun yang masuk ke daerah terlarang gunung tersebut.

Badan Geologi, kata Rudy, sedang mencari siapa pengantar dan pemberi izin WNA mendekat ke Gunung Anak Krakatau.

“Ya harusnya, kita lagi kajian dari sisi kami. Kalau ada apa-apa kan yang ikut tanggung jawab semuanya. Pemerintah kan apalagi ini orang asing, pemerintah ikut tanggung jawab kalau ada apa-apa. Ini kami lagi telusuri dengan teman-teman biro hukum kami. Belum ketemu ini,” jelasnya.

Soal WNA yang nyelonong ke daerah terlarang Gunung Anak Krakatau ini viral di media sosial. WNA tersebut sempat memposting foto-foto kondisi terbaru Gunung Anak Krakatau dari jarak dekat. Tapi setelah unggahannya tersebar, postingan dan akun twitternya hilang.
(idn/imk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fenomena Om Tayo Viral di Media Sosial, Polisi Jombang Beri Peringatan

Liputan6.com, Jombang – Atraksi Om Tayo viral di media sosial. Parahnya banyak sopir di jalan raya ikut-ikutan melakukan atraksi berbahaya ini. Atraksi dimulai ketika orang-orang di pinggir jalan memberikan kode tertentu, lalu sopir dan kendaraannya akan bermanuver layaknya aksi di film Hey Tayo.

Melihat maraknya fenomena Om Tayo, Kepala Satuan lalulintas Polres Jombang, Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana mengimbau para sopir bus dan truk untuk tidak melakukan gerakan atau atraksi Om Tayo di jalan raya.

“Ini sangat membahayakan, kendaraan baik bus atau truk akan berjalan zigzag dengan kecepatan tinggi, tentunya sangat membahayakan jika kehilangan kendali, apalagi kendaraan yang bermuatan” kata Inggal kepada Liputan6.com, Senin (21/1/2019).

Selain itu pihaknya juga akan memberikan imbauan kepada para sopir yang melintas di Kabupaten Jombang, untuk tidak menuruti orang-orang yang berada di pinggir jalan raya dengan memberikan kode untuk melakukan atraksi Om Tayo.

“Sosialisasi tersebut akan kita lakukan terus menerus, jangan sampai ada korban akibat fenomena tersebut di Kabupaten Jombang,” tandasnya.

Inggal juga mewanti-wanti, apabila masyarakat menemukan kendaraan truk bermanuver zigzag di jalan raya silahkan melapor kepada petugas

Sebelumnya juga dikabarkan, akibat atraksi Om Tayo di Bantul Yogyakarta, dua orang pengendara tertabrak truk yang hilang kendali saat melakukan manuver zigzag.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Novel Siap Beri Keterangan Bila Polri Ungkap Tuntas Teror ke KPK

Jakarta – Penyidik KPK Novel Baswedan bicara soal rencana permintaan keterangan dirinya oleh tim gabungan Polri. Novel bersedia memberi keterangan dengan syarat tim gabungan Polri terbuka untuk mengungkap semua teror ke unsur KPK.

“Saya sudah menyampaikan bahwa saya akan memberikan keterangan dengan lengkap apabila tim ini menyampaikan dengan terbuka bahwa akan mengungkap semua serangan terhadap pegawai KPK selama ini,” kata Novel kepada detikcom, Senin (21/1/2019).

Bukan tanpa alasan, Novel mengaku selama ini serangan terhadap pegawai dan pimpinan KPK tak pernah terungkap tuntas. Novel juga bicara soal barang bukti penting yang disebutnya, berdasarkan keterangan penyidik, sudah tidak ada.

“Dalam beberapa kesempatan saya menyampaikan bahwa saya menyakini pemeriksaan yang selama ini dilakukan tidak untuk mengungkap pelakunya. Hal ini selaras dengan pengakuan penyidik bahwa bukti-bukti penting sudah tidak ada lagi, di antaranya adalah sidik jadi, CCTV dan bukti ITE lainnya,” ucap Novel.

Hingga kini, Novel menyatakan belum mendapat konfirmasi apakah dirinya memang bakal diminta keterangan lagi oleh tim dari Polri atau tidak. Dia juga menyinggung soal temuan Komnas HAM yang menyatakan ada abuse of process dalam penyidikan yang selama ini telah dilakukan.

“Saya belum pernah dapat konfirmasi soal itu,” ujar Novel.

“Seolah tim tidak tahu bahwa ada temuan Komnas HAM bahwa penyidikan yang selama ini dilakukan dengan abuse of process. Karena bila tim paham, pasti akan menjadikan titik tolak pemeriksaan pada hal itu,” sambungnya.

Polri sebelumnya mempertimbangkan memanggil Novel Baswedan untuk membantu tim gabungan penyidik mengungkap kasus teror dirinya. Hal tersebut disampaikan Polri usai Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan Novel bakal bekerja sama untuk pengungkapan kasus teror air keras yang terjadi pada 11 April 2017.

“Ya apabila nanti dibutuhkan keterangannya oleh tim, bersedia untuk memberikan keterangan. Novel sendiri sudah menyampaikan secara lisan kepada Pak Agus Rahardjo beberapa hari yang lalu,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

“Tergantung Novelnya, kalau dia ada waktu bisa langsung ke satgas. Setelah diberikan penjelasan oleh Pak Agus, welcome akhirnya semuanya,” sambungnya.
(haf/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Datangi Mapolda Jatim, Keluarga Vanessa Angel Beri Dukungan Moril

Surabaya – Keluarga Vanessa Angel mendatangi Mapolda Jatim. Kehadiran mereka ini untuk memberikan dukungan moril atas kasus hukum yang menimpa Vanessa.

Mereka adalah Tante Vanessa, Reni Setyawan dan anaknya. Mendengar kabar Vanessa diperiksa hari ini, mereka pun sengaja datang untuk bertemu Vanessa.

Saat ditemui, Reni yang merupakan adik almarhumah ibunda Vanessa ini merasa dukungan dari keluarga sangat penting. Untuk itu, dirinya rela menunggu Vanessa hadir memenuhi panggilan penyidik. Terlebih, Vanessa diketahui merasa sendirian.

“Dia merasa sendirian seakan ditinggal keluarga, saya kasih suporrt kita juga dukung Vanessa,” ujar Reni saat ditemui di Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Senin (21/1/2019).
Selain itu, Reni juga merasa prihatin terkait kasus prostitusi yang menjerat keponakannya.

Reni menambahkan sepeninggal almarhum ibu Vanessa, ia memang sudah lama tak pernah bertemu dengan artis FTV tersebut. Selama ini, dia hanya mengetahui pemberitaan terkait Vanessa.

Tak hanya itu, Reni telah mencoba menghubungi nomor lama Vanessa, namun belum ada respon.

“Kami sudah menghubungi nomor lamanya Vanessa Angel tapi hanya di read belum ada respon,” imbuhnya.

Sebelumnya, polisi menetapkan Vanessa Angel sebagai tersangka kasus UU ITE. Hari ini ia dijadwalkan mendatangi Polda Jatim dalam rangka pemeriksaan lanjutan kasus UU ITE yang menjerat Vanessa.
(lll/lll)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tol Pemalang-Batang Retak, Menhub: Struktur Rusak Sedikit Hal Biasa

Sleman – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi angkat bicara mengenai retaknya ruas Tol Pemalang-Batang KM 321. Menurut Budi, pemicu keretakan salah satunya karena struktur tanah yang labil.

“Karena memang struktur tanah di Jawa bagian utara itu agak labil,” kata Budi kepada wartawan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (20/1/2019).

Budi menyebut keretakan itu bukan masalah besar. Dia membandingkan dengan panjangnya ruas jalan dalam proyek tol Trans-Jawa.


“Kalau namanya struktur ada fail sedikit itu jadi suatu hal biasa, kita justru beri toleransi dan kita akan menolong agar perbaikan cepat selesai,” ujarnya.

“Pemicu bisa karena, contohnya pengamatan strukturnya tidak rata, ada tertentu yang ekstrem terjadi. Kita bayangin bangun 1.000 kilometer satu titik ada masalah biasa, seperti waktu di Solo ada sliding sedikit cepat kita selesaikan,” lanjutnya.

Diketahui, ruas jalan Tol Pemalang-Batang KM 321 menuju Kabupaten Batang mengalami keretakan. Pondasi penahan ruas tol kanan-kirinya juga mengalami longsor.

PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR), anak usaha PT Waskita Toll Road menyatakan kerusakan yang terjadi pada kemiringan/kelandaian (slope) jalan tol diakibatkan curah hujan yang tinggi dan membuat air meluap hingga menggerus jalan.

“Terjadinya gerusan pada slope jalan Tol diakibatkan karena gerusan air yang meluap dari saluran akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir,” jelas Pemalang Batang Toll Road dalam keterangan resminya, Sabtu (19/1/2019).

Retaknya jalan tol ini sendiri terjadi pada 16 Januari 2019 lalu. Keretakan terjadi di satu titik ruas jalan Tol Pemalang Batang tepatnya di KM 321 jalur A.

Pemalang Batang Toll Road masih melakukan perbaikan sementara untuk bisa mengamankan pengguna jalan tol dan warga yang tinggal di dekat tol.

“Perbaikan sementara telah dilakukan untuk mengamankan pengguna jalan Tol dan jalan warga Desa Kelangdepok akibat peristiwa tersebut,” ujar Pemalang Batang Toll Road. (zlf/zlf)

3 Tips Ajarkan Kesabaran pada Anak

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang bisa diajarkan pada anak sejak dini yakni kesabaran. Caranya bisa melalui tindakan yang dicontohkan orangtua seperti pengalaman Mommy Silvieana Susanti dari Babyologist berikut ini.

Memang benar ya Moms, bahwa baby belum bisa kita ajarkan sesuatu ketika dia belum bisa diajak berkomunikasi layaknya orang dewasa yang sudah lancar berbicara, tetapi kita bisa mengajarkan mereka melalui tindakan kita.

Contohnya ketika kita mengantre untuk membayar di kasir atau sedang mengantre di toilet. Kita bisa mulai mengajarkan arti dari kesabaran sejak dini ya Moms. Jangan menunggu lagi untuk menanamkan dan mengajarkan sesuatu yang baik kepada anak kita, karena itu yang akan menjadi bekal untuk masa depannya juga.

Nah, bagaimana jika anak susah untuk diajarkan menjadi sabar? Bagaimana jika anak selalu tantrum? Moms bisa mencoba beberapa tips berikut:

1. Ketika sedang mengantre, ajaklah si Kecil dan beri penjelasan apa yang sedang Moms lakukan, dan ketika sudah berhasil mencapai goal, ajak si Kecil bersorak karena sudah mendapatkan sesuatu dengan mengantre.

2. Apabila si Kecil tantrum, tenangkan diri Moms dulu, lalu tenangkan si Kecil dan setelah itu baru beri dia penjelasan dengan kasih sayang ya Moms.

3. Selalu biasakan si Kecil untuk berusaha dulu sebelum pada akhirnya mendapatkan sesuatu, bukannya selalu memberikan apa yang dia minta.

Semoga bermanfaat.

Ini 4 Jenis Beras yang Bikin Angka Harapan Hidup Bertambah Panjang

Liputan6.com, Jakarta – Beras adalah makanan pokok bagi miliaran penghuni Bumi, dan telah ada sejak beribu-ribu tahun silam. Bagi banyak budaya, butir karbohidrat sederhana ini melambangkan makanan, kemakmuran, keindahan, dan bahkan kesuburan.

Dan menurut ahli gizi, asupan beras, yang ditanak menjadi nasi, dapat memberikan campuran nutrisi unggul yang dibutuhkan oleh tubuh aktif untuk menghasilkan performa terbaik.

Namun, sebagaimana dikutip dari Bodybuilding.com pada Sabtu (19/1/2019), popularitas beras kini mulai disangsikan akibat beberapa prasangka, seperti karbohidrat berlebih misalnya, yang berujung pada kambing hitam atas obesitas.

Padahal, beras juga memiliki beberapa varietas yang tidak kalah sehat dibandingkan makanan bebas gluten. Sebagian besar memang langka, namun bukan berarti tidak dapat dicari.

Berikut adalah empat jenis beras dengan kandungan gizi paling sehat, di mana konon mampu meningkatkan angka harapan hidup.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 5 halaman

1. Beras Merah

Warna merah kecoklatan pada beras merah sejatinya berasal dari lapisan dedak yang masih menempel, di mana mengandung beragam kandungan gizi, termasuk vitamin B, fosfor, dan magnesium.

Serat makanan yang disediakan oleh beras merah –sekitar 5 gram dalam setiap cangkir yang dimasak– dapat membantu menekan rasa lapar berlebih, dengan cara memperlambat proses pencernaan.

Nasi merah akan terasa lebih enak jika disantap bersama dengan adonan air kelapa, di mana membuatnya terasa sedikit gurih dan memberikan tekstur lembab pada setiap butir kesatnya.

3 dari 5 halaman

2. Beras Liar

Bentuknya hampir serupa beras merah, namun tumbuh secara alami di tengah hutan subtropis Amerika. Batang tanaman ini berbentuk layaknya ilalang, namun dengan isian butir beras yang ramping dan panjang.

Kini, beras liar telah banyak dibudidayakan, dan diekspor hingga mancanegara, termasuk kawasan Asia. Varietas ini memiliki sejumlah nutrisi baik, seperti fosfor, seng, dan vitamin penguat testosteron, magnesium, serta vitamin B.

Nasi liar memiliki tekstur kenyal dan cita rasa berasap (smokey), namun terasa sedikit pedas di bagian akhir, sehingga cocok disandingkan dengan daging panggang atau salad.

Proses memasaknya cukup lama, sekitar 60 menit, guna menguraikan tekstur gliten pada seluruh butir berasnya.

4 dari 5 halaman

3. Beras Berkecambah

Sebuah studi ilmiah yang dimuat di Journal of Functional Foods menemukan bahwa beras yang berkecambah menyebabkan peningkatan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA), suatu senyawa yang dapat mendukung suasana hati dan kesehatan jantung manusia.

Makanan yang tumbuh seperti nasi lebih mudah dicerna dan lebih cepat dimasak karena kulit luarnya yang keras melunak selama proses tumbuh.

5 dari 5 halaman

4. Beras Hitam

Varietas yang mencolok ini dibudidayakan di China, dan memiliki rasa manis, dengan sedikit aroma kacang dan tekstur kenyal.

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa lapisan dedak beras hitam mengandung anthocyanin, yang merupakan jenis antioksidan serupa dalam beri gelap seperti blueberry, di mana berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Perlu diperhatikan bahwa beras hitam berbeda dengan tampilan sejenis pada ketan, di mana bisa jelas terlihat dari segi tekstur dan rasa. Beras hitam lebih lembek dibnandingkan ketan, dan rasanya juga tidak terasa keras di lambung.

7 Tips agar Bisnis Kecil Laris Manis di Instagram

Liputan6.com, Jakarta – Dewasa ini, Instagram telah menjadi jalur terpopuler bagi para pebisnis karena fiturnya yang interaktif, serta bisa dijadikan sarana mengekspresikan diri. Tentunya bisnis di Instagram tidak semudah memposting foto.

Menurut USA Today, ada kiat seperti menggunakan warna cerah ketika menampilkan bisnis kamu bisa pop di Instagram. Sebab, penggguna platform visual seperti Instagram pasti tertarik dengan konten yang eye-popping.

Penulisan slogan di kafe atau tempat berjualan juga sudah umum terlihat, agar lebih maksimal, pastikan kamu sering memposting kutipan-kutipan tembok itu dengan cara seru agar memancing konsumen untuk datang dan melakukan hal serupa.

Salah satu contohnya adalah akun @joscoffee yang menuliskan kata ‘I love you’ di tembok lalu mempostingnya dengan cara unik di Instagram. Para pelanggan pun bisa datang dan ikut berkreasi.


Ada lagi tips lain bagi para pelaku bisnis kecil agar lebih eksis di Instagram, yakni:

1. Warnai tembok atau salah satu sisi tembok dengan warna yang cerah, jernih, yang “tampil” di Instagram.

2. Buat desain (seperti kutipan) di tembok. 

3. Buat booth Instagram dengan latar belakang keren. Cek Instagram @colorfactoryco atau @museumofpizza untuk mendapat inspirasi contoh menarik.

4. Pastikan nama bisnis kamu selalu telihat di latar belakang foto Instagram kamu.

5. Di lokasi foto tempat bisnis kamu, beri tanda “stand here” agar konsumen tahu di mana harus berdiri agar tidak menutup nama bisnis kamu di foto-foto

6. Adakan “Instagram pic of the day” dengan suatu visual menarik dan ajak konsumen untuk ikut berfoto dan men-tag akun bisnis kamu.

7. Desain peralatan di bisnis kamu, seperti furnitur atau piring, agar menjadi Instagrammable.

Lantas bagaimana bila bisnis kamu tidak mempunyai lokasi fisik? Cek halaman berikutnya.

2 dari 2 halaman

Bisnis Online

Keasyikan berbisnis online adalah kamu tidak perlu menyewa kantor. Sebagai gantinya, kamu tetap harus menampilkan konten-konten keren selain barang agar memancing perhatian.

Berikut tips bisnis kecil agar bisa eksis di Instagram, meski tidak mempunyai lokasi fisik.

1. Siapkan template untuk pos-pos kamu, gunakanlah warna dan font yang sama agar kamu cepat dikenali.

2. Ini cara yang paling populer: siapkan kutipan yang menginspirasi.

3. Buat senang follower kamu dengan postingan seru.

4. Jangan ragu untuk menjadi perfeksionis, posting foto sebagus mungkin.

5. Andalkan Canva, Over, atau Adobe Photoshop Express agar postingan kamu makin keren

6. Insta Stories bukan hanya untuk testimoni. Pakai fitur Stories untuk menampilkan “behind-the-scenes” ketika kamu menjalankan bisnis.

7. Posting lebih dari satu foto (multiple) agar bisa digeser oleh audiens, hal ini akan menambah engagement.

Enda Ungu Mengaku Pernah Ingin Setop Bermusik

Liputan6.com, Jakarta – Franco Wellyjat Medjaya Kusumah atau yang lebih dikenal dengan Enda Ungu, sempat merasakan ketidakinginannya lagi untuk bermain musik. Pria yang memulai karier bermusiknya sebagai gitaris Ungu sejak 2001 itu, mengungkapkannya melalui akun Instagram pada Rabu (16/1/2019).

Enda Ungu mengunggah foto 10 tahun lalu ketika sedang bersama mendiang ayahnya, Medjaja S Kusumah. Pada foto berikutnya, menggambarkan saat dirinya sedang berziarah ke makam sang ayah.

Pada keterangan fotonya, Enda Ungu menyampaikan hasil dari curahan hatinya kepada Makki, bassis sekaligus pendiri band Ungu.

Tadi malam abis ngobrol lama di studio abang gue…Gue tanya ama dia mak, kenapa sekarang gue biasa aja yaah.. menyikapi hidup ini… yang penting cukup.. uda ga usah berlebihan…. gue males lagi berdebat… dengan orang2 yang berbeda dengan gue.. bahkan gue hampir di masa gue ga kepengen lagi main musik…. ga kaya dulu….,” tulis Enda Ungu pada keterangan fotonya.

2 dari 4 halaman

Memberi Kesan Mendalam

Di kalimat selanjutnya, gitaris Ungu itu menyampaikan bahwa jawaban yang diberikan oleh Makki Ungu memberi kesan yang sangat mendalam di hatinya.

Dia cuman menjawab.. karena lu sudah pernah merasakan menguburkan bapakmu… semua akan baik setelah kau merasakan kehilangan yang amat mendalam dalam hidupmu….. .Itulah abang gue @makki_parikesit simpel jawabannya…tapi menusuk hatiii yang paling dalam,” ujar Enda melanjutkan.

Membaca keterangan tersebut, sejumlah warganet pun mendoakan agar Enda Ungu segera mendalami ajaran agama yang dianutnya.

3 dari 4 halaman

Panggilan Hati

Itu saatnya anda berhijrah.. Itu panggilan hati.. Allah lagi rindu,” tulis pemilik akun @arga_nasution210.

Semoga Allah beri hidayah pada jalan yg haq yaitu jalannya Rasul dan para sahabat yaitu manhaj salaf bang,” kata pemilik akun @agusstiawan5.

Semua ada masa nya.. masa di mana Allah memberi sinyal Hidayah. Ambil lah bang bro.. sdh saatnya fokus ke negeri akhirat.. jazakaallah khairan….,” tulis @akunone_moto.

MasyaAllah… Semoga semakin dekat dg Allah. Setiap aktivitasnya dalam rangka mencari ridho Allah bang @mr_enda_ungu . Aamiin…,” tulis @taradisya menambahkan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Meninggalnya Sang Ayah

Diketahui, ayah Enda Ungu, Medjaja S Kusumah, meninggal dunia pada Kamis (8/3/2018) akibat penyakit komplikasi diabetes dan lambung kronis yang dideritanya.

Netizen Kecewa dengan Debat Capres yang Kaku dan Kurang Menarik

Jakarta

Reaksi yang bermunculan dari netizen di media sosial menyatakan kecewa dengan debat perdana presiden dan wakil presiden di Indonesia hari Kamis (17/1/2019) malam yang dianggap tidak menarik dan kaku.

Debat perdana capres

  • Tema debat perdana capres/cawapres Indonesia adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi
  • Pengamat mengatakan debat berlangsung kurang menarik karena para calon seperti sudah menghapalkan jawaban mereka
  • Akan ada empat debat lagi sampai pemilihan umum dan pemilihan presiden dilangsungkan 17 April 2019

Setelah debat selesai, media sosial dipenuhi dengan berbagai komentar, sehingga hashtag #DebatePilpres2019 menjadi nomor satu menjadi topik pembicaraan di Twitter untuk topik dunia.

Namun ketika debat dimulai antara Presiden Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subianto, beberapa pendapat muncul menyatakan bahwa kedua calon presiden hanya mengulangi apa yang sudah disampaikan sebelumnya dan berbicara seperti pidato dan bukan berdebat.

Sebuah pendapat bahkan mengatakan debat ini mirip seperti debat di SMA.

“Ini bukan, namun kompetisi menghapal. Mereka menjawab satu kali jawaban dari lawan dan setelah itu selesai. Murid SMA bahkan lebih baik dari ini dan mereka melakukannya dalam bahasa Inggris.” tulis seseorang di Twitter.

Ketika mendapat pertanyaan mengenai rencana mereka mencegah serangan teroris dan radikalisasi, Prabowo menjawab dengan mengatakan ‘adanya campur tangan dari luar negeri ‘ dan masih tidak adanya ketidakadilan di dalam negeri.

“Saya akan mendukung program deradikalisasi. Saya akan memberikan perhatian serius ke pesantren, ke guru-guru, dan warga kita semua guna meningkatkan taraf hidup mereka – sehingga mereka tidak merasa dikecewakan dan membenci negeri ini.” katanya.

Setelah adanya jawaban yang sama dari kubu lainnya, beberapa komentator mengatakan debat antara kedua calon presiden itu ‘tidak dinamis’, karena masing-masing pihak tidak mempersiapkan pertanyaan lanjutan guna menyerang lawan debat mereka.

“Ini mungkin disebabkan karena mereka tidak menguasai masalah terorisme di Indonesia.”

Indonesian President Joko Widodo delivers a speech dressed in white with running mate Ma'ruf Amin.
Presiden Jokowi dan cawapres Ma’ruf Amin ketika menyampaikan visi mereka dalam debat capres perdana hari Kamis malam. (AP: Tatan Syuflana)

Ini adalah untuk keduakalinyaJokowi-Prabowo menjadi calon presiden

Sama seperti yang biasa terjadi dalam kampanye politik di Indonesia, para capres dan cawapres datang mengenakan seragam yang sama, dengan Prabowo Subianto dan cawapres Sandiaga Uno tiba lebih awal di lokasi debat dengan setelan jas warna biru, dan dasi merah darah.

Presiden Jokowi dan cawapres Mar’uf Amin mengenakan baju putih dan tiba terlambat karena macet.

Ini adalah untuk kedua kalinya Presiden Joko Widodo menghadapi Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden.

Di tahun 2014, Jokowo mengalahkan Prabowo dengan mendapat 53 persen suara.

Namun selama pemerintahannya empat tahun terakhir, para pendukung Prabowo seringkali mempertanyakan latar belakang “keislaman” Presiden Jokowi.

Dan tahun ini Jokowi memilih Ma’ruf Amin, ulama berusia 75 tahun yang sebelumnya menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai pendampingnya.

Sementara itu, Prabowo memilih Sandiaga Uno mantan wakil gubernur DKI Jakarta, seorang pengusaha muda yang sering digambarkan sebagai memiliki daya tarik kuat untuk menggaet generasi milenial di Indonesia.

Indonesian presidential candidate Prabowo Subianto delivers his speech from behind a podium.
Capres Prabowo Subianto didampingi oleh cawapres Sandiaga Uno. (AP: Tatan Syuflana)

Unsur agama menjadi salah satu perhatian utama netizen di media sosial dengan banyak postingan membicarakan doa yang dilakukan kedua pasangan calon sebelum debat dilangsungkan.

Pendukung Jokowi mengirim cuitan bahwa presiden dan Mar’uf Amin sholat di mesjid sebelum debat dimulai.

Yang lain mengatakan bahwa Prabowo dan Sandiaga juga sholat bersama.

Tema debat perdana ini adalah masalah hukum, HAM, terorisme, dan korupsi, namun para pengamat mengatakan karena tema dan pertanyaan sudah dibocorkan sebelumnya, sehingga debat berlangsung kurang menarik.

“Inilah akibatnya bila pertanyaan sudah diberikan kepada para calon.” kata Feri Amsari, Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Padang.

“Debat menjadi kurang menarik karena para calon seperti menghapal jawaban mereka.” katanya kepada televisi lokal ketika debat berlangsung.

Apa yang dilakukan para calon harus dihargai

Dalam pidato pembukaannya, Presiden Jokowi yang menggunakan teks yang sudah dipersiapkan menyampaikan visinya mengenai Indonesia.

Sementara itu, Prabowo tampak lebih percaya diri dalam pidato yang tanpa teks, selain berbicara sendiri, Prabowo juga memberikan kesempatan kepada Sandiaga Uno juga berbicara.

Namun pidato Prabowo dikritik karena hanya mengulangi apa yang sudah disampaikan sebelumnya dalam kampanye.

Meski debat mendapat banyak kritikan, Jokowi mendapat pujian karena lebih berani dalam jawaban-jawaban debat.

Beberapa kali Presiden Jokowi memberi jawaban atas tuduhan lawan dengan mengatakan ‘jangan hanya menuduh, beri bukti dan laporkan ke pihak berwenang.”

Namun banyak netizen merasa kecewa karena kedua calon tidak membahas penuh masalah-masalah utama seperti keterlibatan militer dalam memerangi terorisme, UU ITE yang kontroversial, dan status dan masa depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya juga diduga bahwa kedua pasangan calon sudah setuju untuk tidak membicarakan masalah HAM yang kontroversial.

Namun Usman Hamid dari Amnesty International Indonesia mengatakan apa yang sudah dilakukan para calon harus dihargai.

Indonesian President Joko Widodo and Prabowo Subianto laugh as they sit next to each other in a crowd.
Muncul spekulasi bahwa kedua calon presiden tidak mau membicarakan masalah HAM dalam debat semalam. (AP: Tatan Syuflana)

“Pak Jokowi sudah memberikan komitmen untuk menempatkan masalah HAM lebih penting lagi dan Pak Prabowo juga sudah menyebut pentingnya hal tersebut.” kata Usman Hamid kepada Kompas TV.

Usman Hamid mengatakan kedua calon sudah berjanji untuk menghormati HAM ketika memerangi terorisme dan melakukan deradikalisasi meskipun mereka tidak memberi jawaban rinci mengenai hal tersebut ataupun apakah akan menjadi prioritas ketika mereka nanti berkuasa.

Dalam sesi terakhir, moderator memberikan kesempatan kepada para calon masing-masing dua menit untuk memberikan pendapat akhir mengenai lawan mereka, namun tawaran itu ditolak semua pihak.

Debat yang akan dilangsungkan empat kali lagi dilakukan setiap tanggal 17 sampai pemilu dilangsungkan 17 April 2019.

Debat kedua yang akan dilakukan bulan depan akan membicarakan masalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>