KPK Sita Duit di Laci Menag, Jokowi: Beri KPK Kewenangan Penuh Periksa Kasus

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan menghormati kewenangan KPK dalam pengusutan kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag dengan tersangka Romahurmuziy. Dalam pengusutan kasus, KPK menggeledah ruang kerja Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dan menyita duit ratusan juta.

“Kita berikan kewenangan penuh kepada KPK untuk memeriksa kasus ini,” kata Jokowi kepada wartawan di sela Rakernas Perindo di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2019).

Selebihnya, Jokowi menolak berkomentar. Sebab kasus dugaan suap jual beli jabatan sedang ditangani KPK.

“Saya tidak mau komentar, karena ini masih dalam proses pemeriksaan. Jadi saya tidak mau komentar ya,” kata Jokowi.

KPK melakukan penggeledahan ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Senin (18/3). KPK menyita uang sebanyak Rp 180 juta dan USD 30 ribu.

“Seluruh barang bukti yang disita, kami duga terkait penanganan perkara nanti akan kami telusuri satu per satu bukti-buktinya, klarifikasi-klarifikasinya dan informasi-informasi lain yang relevan,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK.

Dalam kasus ini, ada 3 orang yang ditetapkan KPK sebagai tersangka. Mereka ialah Rommy sebagai tersangka penerima serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin sebagai tersangka pemberi.

Rommy diduga menerima duit suap Rp 300 juta dari Haris dan Muafaq. Duit itu diduga diberikan keduanya agar Rommy, yang merupakan anggota DPR dan eks Ketua Umum PPP, membantu proses seleksi mereka untuk jabatan yang saat ini diduduki.

(fdn/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Fadli Beri Atensi

Jakarta – Aktivis Neno Warisman tidak memenuhi panggilan permintaan klarifikasi Bawaslu DKI Jakarta terkait acara Munajat 212 hari ini. Bawaslu DKI menyebut akan ada pemanggilan ulang untuk Neno.

Pemanggilan ulang untuk Neno ini mendapat respons dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Fadli menilai pemanggilan ulang itu tidak perlu dilakukan.

“Saya kira beliau jadwalnya padat kali ya, padat sekali. Saya kira juga Bu Neno nggak ada masalah apa-apa ya, untuk apa dipanggil lagi?” kata Fadli kepada wartawan usai memberikan klarifikasi di kantor Bawaslu DKI, Jalan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (18/3/2019).


Neno seharusnya memberikan klarifikasi terkait kegiatan Munajat 212 bersama dengan Fadli hari ini. Keduanya pertama kali panggil Bawaslu DKI untuk memberikan klarifikasi terkait acara Munajat 212 pada 11 Maret ini.

Namun mereka berhalangan hadir saat itu. Hari ini, Fadli yang berkesempatan memenuhi panggilan Bawaslu, namun Neno kembali tidak memenuhi panggilan.

Fadli sendiri, dalam klarifikasinya ke Bawaslu DKI menegaskan tidak ada kampanye politik pada Munajat 212. Kegiatan Munajat 212 disebut politikus Gerindra itu berisikan zikir dan doa.

“Jadi saya diminta klarifikasi terkait kehadiran saya dalam Munajat 212 tanggal 21 Februari lalu. Kami memberikan klarifikasi, penjelasan bahwa kehadiran saya di sana adalah sebagai Wakil Ketua DPR diundang oleh panitia dan tentu saja tidak melakukan kegiatan kampanye,” papar Fadli.

Saat malam Munajat 212, Neno membacakan puisi berisi doa yang berujung kontroversi. Sejumlah pihak memberi respons negatif atas puisi tersebut.

Namun, Neno sendiri mengaku tak mau mendengar anggapan terhadap puisinya itu. Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu menyatakan hanya mendengar hal-hal yang baik.

“Nggak, aku nggak mau dengar. Aku hanya mendengar hal-hal yang baik, yang positif gitu,” kata Neno di Al Jazzeerah Polonia, Jalan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Minggu (3/3).
(zak/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kerabat Beri Sinyal Kuat Mbappe Gabung Real Madrid

Presiden Real Madrid, Florentino Perez juga berjanji ingin membawa Mbappe dan Neymar musim depan. Ini sebagai respon dengan kembalinya Zidane sebagai pelatih.

Meski ini dinilai sebagai keseleo lidah, namun kerabat Mbappe meyakini jalan menuju Madrid sedang terbuka. Kerabat Mbappe yang tidak disebutkan namanya itu ungkapkan soal itu kepada Le Journal du Dimanche pada 2017 dulu.

“Kalau saya gabung Madrid di usia 18 tahun, apa yang akan saya lakukan di usia 23? Saya lihat Mbappe akan main di Madrid,” ujar sang kerabat itu.

WNI Ditusuk Orang Tak Dikenal di Jepang, KBRI Tokyo Beri Pendampingan

Tokyo – KBRI Tokyo mendapat laporan adanya seorang WNI yang ditusuk orang tidak dikenal di Sano, Jepang. KBRI turun tangan menyusul insiden ini.

Dijelaskan oleh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu, Lalu M Iqbal, WNI asal Cilacap bernama Tri Eko Muzakir Rahman ditusuk orang tidak dikenal di kawasan prefektur Tochigi pada Minggu (17/3) pukul 12.00 waktu setempat. Eko mengalami luka serius setelah ditusuk.

“Menurut pengakuan, korban tidak mengenal orang yang menyerangnya dengan senjata tajam tersebut. Akibat penusukan tersebut korban mengalami luka serius di bagian tangan dan bagian muka,” ujar Iqbal dalam keterangannya, Selasa (19/3/2019).
Iqbal mengatakan, kepolisian Tokyo sudah menangkap pelaku. Pelaku tengah diperiksa.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu M IqbalDirektur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu M Iqbal (Foto: dok. PWNI dan BHI Kemlu)

“Kepolisian Tokyo telah berhasil menangkap pelaku dan saat ini masih melakukan penyidikan guna mengungkap motif penusukan tersebut,” kata Iqbal.

KBRI Tokyo turun tangan untuk memberikan pendampingan dan bantuan. Pihak Kemlu juga sudah menghubungi keluarga Eko di Cilacap, Jawa Tengah.

“Sejak memperoleh informasi dari Kepolisian Tokyo, KBRI terus memberikan pendampingan dan bantuan yang diperlukan. Kemlu juga telah menghubungi orang tua korban di Cilacap,” ujar Iqbal.
(dkp/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anies Sambangi Lokasi Kebakaran di Krukut, Beri Bantuan Rp 100 Juta

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi lokasi kebakaran di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat. Saat tiba, Anies menyempatkan mengelilingi lokasi kebakaran.

Tak hanya itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga memberikan bantuan kepada korban berupa uang yang dapat dimanfaatkan secara bersama.

“Tadi saya serahkan bantuan senilai Rp 100 juta kepada Pak RW nanti dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan yang membutuhkan sifatnya dana. Karena dari pemerintah sifatnya barang,” kata Anies Baswedan, Senin (18/3/2019).

Anies mengatakan, terdapat sekitar 225 rumah dengan 660 kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran. Tak hanya itu, dia juga menyebut Pemprov DKI Jakarta memberikan modal untuk perbaikan rumah.

“Nanti pemerintah akan memberikan bantuan untuk modal awal perbaikan Rp 2,5 juta per rumah untuk nanti mereka memperbaiki lagi tempatnya,” ucapnya.

Selain itu, Anies Baswedan menyebut Pemprov DKI Jakarta langsung memberikan bantuan saat dan usai peristiwa itu terjadi. Dia menyebut mulai dari pemadaman yang cepat hingga penanganan kebutuhan.

“Mulai tempat pengungsian sementara, makan minum kebutuhan dasar MCK semua disiapkan dan khusus anak-anak sekolah disiapkan lengkap setiap anak akan mendapatkan seragam dan kebutuhan sekolahnya,” kata Anies.

Cak Imin Beri Nilai Penampilan Debat Sandiaga 10, Maruf Amin 90

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memberikan nilai 10 dari 100 untuk performa debat cawapres 02, Sandiaga Uno. Jagoannya, cawapres 01 Ma’ruf Amin, dia berikan nilai 90 dari 100.

“Skor kalau 100, 90 (Ma’ruf) lawan 10 (Sandiaga) lah,” kata Cak Imin itu di Jombang, Jawa Timur, Senin (18/3/2019).

Menurut Cak Imin, Sandiaga tidak berani mengeksplorasi tema debat. Mantan Wagub DKI Jakarta itu disebut hanya mengulang-ulang penyampaian saja

“Pak Sandi mengulang-ulang sesuatu. Itu saja dan temanya jadi terbatas padahal temanya luas sekali,” katanya.

Program yang ditawarkan Sandiaga pun, menurut Cak Imin hanya memodifikasi gagasan kubu 01 saja. Seperti Rumah Siap Kerja Sandiaga yang meniru Kartu Pra-Kerja Joko Widodo.

“Ya modifikasi ya. Dan kurang kaya tema dan isu,” imbuh wakil ketua MPR itu.

Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf itu mengatakan, berbeda dengan Sandiaga, Ma’ruf menyajikan data-data dan visi misi detail ketika debat.

“Saya sendiri sangat kagum karena data-data yang begitu konkret, target-target yang jelas,” kata Cak Imin.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Anies Beri Bantuan Rp 100 Juta untuk Korban Kebakaran Krukut Jakbar

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan bantuan untuk korban kebakaran di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat. Anies memberikan bantuan berupa uang untuk pembangunan pascakebakaran.

Anies menyebut, terdapat sekitar 225 rumah di RW 05, yang hangus terbakar. Masing-masing rumah akan mendapat bantuan sebesar Rp 2,5 juta. Sedangkan khusus untuk RW mendapat Rp 100 juta rupiah.

“Insyaallah, kita bantu perumahan Rp 2,5 juta. Insyaallah jadi modal awal. Saya titipkan kepada Pak RW bekal, yang nilai Rp 100 juta dipegang untuk uang mendadak. Musyawarahkan pemanfaatan, bukan untuk keluarga satu per satu tapi bersama. Jadi dipakai untuk hari ke depan,” ujar Anies kepada warga di lokasi, Senin (18/3/2019).

Anies menjamin Pemprov DKI Jakarta mencukupi kebutuhan pengungsi. Dia berpesan kepada masyarakat menjaga kesehatan selama dalam pengungsian.

“Kebutuhan dasar insyaallah Pemprov akan bantu. Tempat tinggal sementara, kebutuhan makan, pakaian. Makan ada. Bapak Ibu jaga kesehatan. Bapak Ibu harus cukup istirahat. Anak juga sempatkan istirahat. Pastikan makanan anak bergizi sehat, dari dinas sosial insyaallah aman,” ucap Anies.

Kepada wartawan, Anies menyebut bantuan Rp 2,5 juta berasal dari pemerintah. Pemerintah akan mencari pos anggaran untuk membantu.

“Nanti anggarannya kita atur tapi seperti yang kemarin kita menggunakan Bazis. Kita lihat apakah nanti posnya masih ada. Tapi langkahnya sama seperti ketika kejadian dua bulan lalu (kebakaran di Tomang),” kata Anies.

Namun, bantuan Rp 100 juta kepada RW, berasal dari uang pribadinya. “Iya, kalau itu dana dari saya,” sebutnya.
(aik/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Souness: Chelsea Cuma Bisa Dominasi, Tanpa Beri Ancaman

(AFP/Ben Stansall)

“Anda menyaksikannya di babak pertama, Chelsea pasti luar biasa dalam lima lawan lima. Lihat statistik yang mereka miliki dengan 2/3 kepemilikkan bola, mereka benar-benar mendominasi banyak hal. Mereka memiliki sentuhan dua kali lebih banyak dengan bola dan mereka tetap kalah 0-2,” kata Souness di Soccerway.

“Jika Anda memiliki bola sebanyak itu, di mana Anda memainkannya? Anda memainkannya di daerah pertahanan Anda sendiri. Chelsea bermain seperti ini pertandingan lima lawan lima. Statistik akan menunjukkan kepada kita bahwa mereka seperti tim lima pemain. Anda mengeluarkan Hazard, tak ada lagi ancaman dari Chelsea,” Souness menambahkan.

Identifikasi Korban Lama, Ethiopian Airlines Beri Tanah Untuk Dikuburkan

Addis AbabaUnited Nations workers mourn their colleagues during a commemoration ceremony for the victims at the scene of the Ethiopian Airlines Flight 302 plane crash, near Addis Ababa, Ethiopia Keluarga dan kolega mengunjungi lokasi jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines ET-302 di Addis Ababa, Ethiopia. (Reuters)

Maskapai Ethiopian Airlines menawarkan sekantung tanah dari lokasi jatuhnya pesawat ET-302 sebagai pengganti 157 penumpang yang tewas, untuk dikuburkan pihak keluarga.

Tanah dari lokasi jatuhnya pesawat Boeing 737 Max-8 tersebut telah dipersiapkan untuk upacara pemakaman di Addis Ababa, yang digelar Minggu (17/3), demikian laporan Kantor berita Reuters.

Otoritas setempat menyebut keluarga bisa menunggu hingga enam bulan hingga seluruh korban bisa diidentifikasi.

Beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah memberlakukan larangan terbang bagi Boeing 737 Max-8, setelah jatuhnya ET-302 pada 10 Maret.

Ini merupakan insiden kedua yang melibatkan pesawat jenis tersebut, setelah jatuhnya JT-610 dari Maskapai Lion Air di perairan Indonesia, tahun lalu.

Menteri transportasi Ethiopia Dagmawit Moges mengatakan pada Sabtu (17/03) dibutuhkan “waktu yang lama” bagi tim penyelidik untuk menemukan penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

“Investigasi dengan magnitudo sebesar itu membutuhkan analisis yang cermat serta waktu penyelidikan yang cukup lama untuk menghasilkan sesuatu yang konkret,” ujar Moges dalam konferensi pers.

Keluarga korban pesawat ET-302 diminta menyediakan sampel DNA untuk diserahkan ke kantor Ethiopian Airlines, baik di Addis Ababa, atau di kantor cabang lainnya di seluruh dunia.

Adapun sertifikat kematian akan diterbitkan dalam waktu dua minggu mendatang.

Candles burn during a commemoration ceremony for the victims at the scene of the Ethiopian Airlines Flight 302 plane crash, near Addis Ababa, Ethiopia Keluarga membakar lilin di lokasi jatuhnya pesawat ET-302 di Addis Ababa, Ethiopia. (Reuters)

“Tanah itu ditawarkan sebagai pengganti karena sulit mengidentifikasi bagian tubuh jenazah dan menyerahkannya kepada pihak keluarga,” kata salah seorang kerabat korban. “Tapi kami akan terus menunggu hingga kami mendapatkan jenazah ataupun bagian tubuh orang yang kami cintai.”

Sebanyak 157 penumpang dari 30 negara berada dalam penerbangan ET-302 dari Addis Ababa menuju Nairobi, Kenya.

Investigasi penyebab kecelakaan tersebut kini dilakukan tim penyelidik gabungan dari seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat dan Prancis.

Kotak hitam pesawat, yang terdiri dari rekaman data penerbangan (FDR) dan rekaman suara kokpit (CVR), telah ditemukan dan tim penyelidik berharap bisa menemukan titik terang dari tragedi tersebut.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pelatih Real Madrid Beri Sinyal Pemain yang Bakal Keluar dan Masuk

Liputan6.com, Jakarta Manajer Real Madrid, Zinedine Zidane, menjelaskan renananya di bursa transfer musim panas mendatang. Namun, pelatih asal Prancis ini tak mau menjelaskan dengan gamblang rencana itu.

Usai kembali ke Bernabeu, Zidane berhasil membawa klubnya meraih kemenangan. Real Madrid sukses mengalahkan Celta Vigo 2-0 di Bernabeu, Sabtu malam (16/3/2019).

Dalam keterangan pada media usai laga, Zidane berniat untuk melakukan perubahan di akhir musim. “Akan ada perubahan di musim panas, tetapi saat ini saya tidak bisa mengatakan lebih dari itu.

“Saya memiliki tim yang terdiri dari 23-25 ​​pemain, dan saya tidak akan berada di sini setelah setiap pertandingan kami yang tersisa dan kami akan menyatakan siapa yang akan bertahan dan siapa yang akan pergi,” kata pelatih Real Madrid itu.

Zinedine Zidane akhirnya kembali ke pelukan Real Madrid. Sempat memutuskan mundur di awal musim, Zidane kembali ke Bernabeu setelah sembilan bulan absen melatih.